Page 4 of 7 FirstFirst ... 23456 ... LastLast
Results 61 to 80 of 126

Thread: Pendemo Lurah Susan: Ucapan Salam di Lenteng Agung Jadi Good Morning

  1. #61
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    salam baik dong om, ditambah pake cipikacipiki dengan kolega kadang
    segen kalau dengan yang lebih tua, tapi misal dengan cewe lebih muda
    mungkin aja ada yang merasa akidahnya tergerus

  2. #62
    [MENTION=152]itsreza[/MENTION]:

    ya kan salam boleh menggunakan cara masing2
    intinya yng diberi salam ngerti maksudnya
    meski tanpa ikut2an budaya cipika-cipiki misalnya.
    mbregegeg ugeg-ugeg hemel-hemel sak dulito

  3. #63
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    betul-betul-betul om. salam itu bentuk sapaan
    dalam rangka menghormati orang lain, tentu saja
    bertujuan baik. Sedangkan masalah keyakinan itu
    urusan individu.

  4. #64
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    15,804
    Yaudahlah, mending lurahnya ngalah aja, pake "assalamu alaikum", suka apa enggak emang mayoritasnya orang islam sih dan "assalamu alaikum" itu sekarang dah gak cuma milik orang islam aja tuh, selain itu lurah kan salah satu abdi/pelayannya masyarakat, yaudah sih turutin aja apa kemauan warganya

    daripada ngomong

    Kwolowolo lowo,

    c3L@m44tt p@6eee,

    kwkwkwkwkwk..

    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  5. #65
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,946
    emang yang demo seberapa banyak toh? gembar-gembornya aja yang heboh. salam segala dibahas dan jadi alasan. enak bener mau nyetir orang dengan cara begitu.
    lanjut aja buk, menjalani tanggung jawab sebagai lurah. yang bandel2 itu lempar ke jokowi.
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  6. #66
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,417
    Jadi ndak kocak lagi deh..

  7. #67
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Lebih baik pake salam motivasional:

    "Salam Sukses Untuk Anda ! LUAR BIASA !!"

  8. #68
    Mending pake SALAM JEBRET!

  9. #69
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    15,804
    Salah AHAY!!!

    ---------- Post Merged at 06:01 PM ----------

    Salam AHAY!!!
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  10. #70
    pelanggan tetap
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    1,352
    salam jebret, salam ahay atau salam motivasinya di simpen dulu ya
    nunggu para kaum agamawan di negeri ini lebih pinter dan lebih dewasa


  11. #71
    pelanggan setia Alethia's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Posts
    4,059
    akikaaah, akikah...yey rempong dweh
    Jangan kamu bilang dirimu kaya, bila tetanggamu memakan bangkai kucingnya.
    -Rendra

  12. #72
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    Quote Originally Posted by Alethia View Post
    akikaaah, akikah...yey rempong dweh
    apaaaa?
    kenapa kak [MENTION=657]Alethia[/MENTION] panggil aku rempong?


  13. #73
    pelanggan setia porcupine's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Bintan
    Posts
    4,132
    Itukan Afika za....
    ~Radio Kopimaya~

  14. #74
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    kok om porcupine tau nama anak kecilnya? jangan jangan om por
    Spoiler for ...:

  15. #75
    pelanggan setia Fere's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Depan RSJ-KM
    Posts
    6,120
    #numpangnyeletuk

    Quote Originally Posted by mbok jamu View Post
    Lha.. Nobody home, mendoakan siapa?




    Betul, mbok bisa tegur orang tapi bukankah lebih baik kalau orang itu sendiri menyadari bahwa Assalamualaikum is not just to say hi in Arabic, bahwa Assalamualaikum itu ada isinya, ada esensinya, bahwa itu doa?

    Kalau hanya untuk memberi tahu bahwa kita ada di luar rumahnya, bisa pencet belnya atau ketok pintunya toh? Mosok doa dipakai buat tereak-tereak..
    Idealnya memang begitu mbok j, tapi nggak jarang lho--dan bahkan sering, orang
    itu baru menyadari kesalahannya ketika ditegur. Menurut Qur'an Nabi juga pernah
    mengalami kondisi seperti itu (Surat 'Abasa)

    Nggak semua rumah --setidaknya di Indonesia, itu ada belnya yang bisa dipencet2
    mbok j, dan biasanya ketika bertamu orang itu ketuk pintu dulu baru dilanjut salam.
    Karena kalo hanya dengan ketok pintu kadang orang yang di dalam nggak denger,
    mungkin lagi di belakang, di lantai atas ato lagi nonton tipi dsb..



    wokeh silahkeun dilanjut dagelannya..

  16. #76
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    Quote Originally Posted by Fere View Post
    Nggak semua rumah --setidaknya di Indonesia, itu ada belnya yang bisa dipencet2
    ga ada bel bisa pake ini om, lebih banyak ditemukan di rumah warga, kalau diketok sekampung keluar menyambut




    silahkan back to topic

  17. #77
    pelanggan tetap Asum's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    1,217
    Quote Originally Posted by 234 View Post
    Kalo menurutku, ucapan "assalamu alaikum" itu pada dasarnya adalah salam (budaya) Arab, bukan eksplisit Islam.
    ...
    Itu kan menurut logika anda


    Rasulullah saw pernah bersabda :

    حق المسلم على المسلم ست قيل ما هن ؟ يا رسول الله قال إذا لقيته فسلم عليه وإذا دعاك فأجبه وإذا استنصحك فانصح له وإذا عطس فحمد الله فسمته وإذا مرض فعده وإذا مات فاتبع
    HAK seorang muslim atas muslim yang lain ada enam. Ditanyakan, apa saja itu ya Rasulullah ?. Beliau menjawab : "Jika kamu bertemu dengannya maka ucapkanlah salam kepadanya, jika dia mengundangmu maka datanglah, jika dia meminta nasehat kepadamu maka berilah nasehat, jika dia bersin lalu mengucapkan Alhamdulillah maka doakanlah, jika dia sakit maka jenguklah, dan jika ia meninggal maka iringilah jenazahnya “ (HR. Muslim No.2162, dalam Bab : Hak Muslim kepada Muslim lainnya membalas salam).


    Dari dalil di atas, maka mengucapkan salam merupakan perkara yang disyari'atkan, BUKAN sekedar budaya Arab semata (arabic kaffah <= kata seorang ahli klenik)

    Bagaimana cara mengucapkan salam nya tersebut ? Apakah sekedar mengucapkan kata "salam" saja seperti orang Kristen yang mengucapkan "shalom" ?


    Imran bin Hushoin ra menceritakan :

    أن رجلا جاء إلى النبي صلى الله عليه و سلم فقال السلام عليكم قال قال النبي صلى الله عليه و سلم عشر ثم جاء آخر فقال السلام عليكم ورحمة الله فقال النبي صلى الله عليه و سلم عشرون ثم جاء آخر فقال السلام عليكم ورحمة الله وبركاته فقال النبي صلى الله عليه و سلم ثلاثون
    Bahwa seorang laki-laki yang datang kepada Nabi kemudian mengucapkan "Assalamu ‘alaikum". Maka Nabi saw berkata, “sepuluh -pahala-”. Kemudian datang orang yang lain mengucapkan "Assalamu ‘alaikum warahmatullah". Maka Nabi saw berkata, “Dua puluh -pahala-”. Kemudian datang yang lainnya lagi mengucapkan "Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wa barakatuh". Maka Nabi saw berkata, “Tiga puluh -pahala-.” (Sunan At-Tarmidzi No.2689, apa yang dikatakan dalam pasal salam)

    Dalil ini menunjukkan bahwa, minimal salam -yang mendapat pahala 10- adalah ucapakan "Assalamu ‘alaikum", dan ini sesuai sunnah yang diganjar pahala bagi yang mengucapkannya

    Bagaimana jika mengucapkan salam selain kalimat salam syar'i di atas ? Dapat pahala atau tidak ?


    Sebaiknya ikuti yang sudah jelas petunjuk dan pahalanya saja ...
    أَلَا سَأَلُوا إِذْ لَمْ يَعْلَمُوا ؟ فَإِنَّمَا شَفَاءُ الْعِيِّ السَّؤَالُ
    ”Mengapa mereka tidak bertanya jika tidak mengerti ? Sesungguhnya obat dari kebodohan adalah bertanya” (Sunan Abu Dawud no.336)

  18. #78
    pelanggan setia spears's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    6,733
    om [MENTION=17]Asum[/MENTION].. terima kasih atas penjelasan soal salamnya.
    soalnya saya kalo assalamualaikum liat2 orangnya. kalo saya suka ma orang itu, saya pake "assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh"
    karena khan itu doa..mana doanya indah dan sapu jagat lagi

    klo saya bete or ga suka ma orgnya, saya pake "selamat pagi", "good morning"..soalnya saya ga mau rugi, ga mau mendoakan org tsb...hehehheee. (yah saya sadar sih doain org ga bole pilih2. tp aku tahap keimanannya masih dlm tahap itung2an kayak gitu)

    terus, kalo dirumah ga ada orang, katanya sih yg jawab salam kita adalah malaikat. jadi, ga rugi ngucap salam klopun ga da org. di doain malaikat gitu lho.
    apa benar itu om asum??perkara yg jawab itu malaikat? coz itu kata org tua

    Quote Originally Posted by Asum View Post
    Dari dalil di atas, maka mengucapkan salam merupakan perkara yang disyari'atkan, BUKAN sekedar budaya Arab semata (arabic kaffah <= kata seorang ahli klenik)

    kayaknya aku tahu siapa ahli klenik tsb....wuakakakkakakakkakakaka
    *ketawa ngakak lebar2 ampe atit peyut*
    Last edited by spears; 28-09-2013 at 12:52 PM.

    love came down and rescue me, i am yours, i am forever yours

  19. #79
    Nah, tuh, yang bawa dalil dah datang.
    Bakal rame nggak nih?

  20. #80
    ^Maaf, biar pada nggak salah paham, itu maksudnya yang bawa dalil itu adalah Asum ya. Thanks.

    Kop [MENTION=17]Asum[/MENTION]
    Sekalian mo nanya. Kalo soal pemimpin itu bagaimana dalilnya? dan kalo bisa berserta tafsirnya.
    Apakah memang dinisbatkan ke setiap pemimpin atau pemimpin tertentu saja?

Page 4 of 7 FirstFirst ... 23456 ... LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •