Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 28

Thread: Pastur, Pendeta, Paus dan Biarawati

  1. #1
    pelanggan setia Matsugawa Dana's Avatar
    Join Date
    Dec 2011
    Location
    " Anata No Kokoro No Naka Ni Iru yo "
    Posts
    2,274

    Pastur, Pendeta, Paus dan Biarawati

    Maaf.saya hanya ingin menanyakan,apa pengertian dari Pastur , Pendeta dan Paus di dalam agama Kristen Protestan dan Katholik?

    Terimakasih.
    Last edited by Matsugawa Dana; 04-09-2013 at 11:43 PM.
    Jual CD Soundtrack Anime dan Tokusatsu.Bagi yang berminat,bisa hubungi gue di :

    085703046062 (Only for SMS) , (022) 7306150 (Only for Calling)

    Gue tunggu ya.Bye.

  2. #2
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,029
    Ta pindah di sini yak, silahkan dijawab oleh temanteman...

    ps : ga sekalian nanya pengertian bruder, frater?

  3. #3
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,049
    sekalian deh.. bruder, frater, seminari, ekaristi, misa. Err.. apalagi ya?
    Lomba peluk2an di Citos: 30 November 2013
    Lomba dorong2an di Candra Naya (dkt Glodok): 8 Desember 2013

  4. #4
    pelanggan setia serendipity's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,769
    Quote Originally Posted by Matsugawa Dana View Post
    hanya ingin menanyakan,apa pengertian dari Pastur , Pendeta dan Paus di dalam agama Kristen Protestan dan Katholik?
    Dalam Kristen, pendeta adalah seorang pengajar umum dalam jemaat.
    Ia memiliki kewajiban untuk menentukan suasana dalam jemaat sehingga jemaat dapat lebih giat memenuhi panggilannya sebagai sebuah persekutuan yang belajar-mengajar.Selain itu, pendeta juga merupakan seorang pengajar khusus, dimana ia harus melibatkan diri secara langsung sebagai seorang pengajar. Terdapat tiga wadah dimana pendeta dapat secara langsung mengajar, yaitu pada kelas Katekhisasi, kelas pendidikan teologi jemaat, dan mimbar.

    Pastor (juga dilafalkan Pastur) adalah sebutan bagi pemimpin agama di lingkungan Gereja Kristen. Di Indonesia, sebutan ini biasanya digunakan untuk imam di lingkungan Gereja Katolik Roma, sementara di negara-negara berbahasa Inggris, biasanya di lingkungan Gereja Protestan.

    Kata pastor sendiri berasal dari bahasa Latin pastōr yang berarti gembala.

    Paus (dari bahasa Belanda: pausbahasa Latin: papa, "ayah", dari bahasa Yunani: πάππας, pappas, "ayah") adalah Uskup Roma, pemimpin spiritual Gereja Katolik, dan kepala negara Kota Vatikan. Komunitas beriman yang mengakui Suksesi Apostolik menganggap Uskup Roma sebagai penerus St. Petrus. Demikian pula umat Katolik meyakini bahwa paus adalah Wakil Kristus, sedangkan komunitas-komunitas beriman lainnya tidak mengakui Primasi Petrus di antara para uskup. Jawatan paus disebut "kepausan"; yurisdiksi gerejawinya disebut "Tahta Suci" (bahasa Latin: Sancta Sedes) atau "Tahta Apostolik" (disebut Tahta Apostolik atas dasar hikayat kesyahidan Santo Petrus dan Santo Paulus di Roma).

    Para uskup terdahulu yang menduduki Tahta Keuskupan Roma digelari "Wakil Petrus" di kemudian hari para Paus diberi gelar yang lebih berwibawa yakni "Wakil Kristus"gelar ini pertama kali digunakan oleh Sinode Romawi pada tahun 495 untuk menyebut Sri Paus Gelasius I, seorang penganjur supremasi kepausan di antara para patriark. Menurut sumber-sumber yang ada, Marselinus (wafat 304) adalah Uskup Roma pertama yang menggunakan gelar Paus.
    You were born with the ability to change someone's life - don't ever waste it.

  5. #5
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,049
    Seren, kalau Ortodoks Yunani ada Paus-nya sendiri ya?

    Sumpah, aku baru tahu kalau Paus dari Bahasa Belanda yang berarti Papa.
    Lomba peluk2an di Citos: 30 November 2013
    Lomba dorong2an di Candra Naya (dkt Glodok): 8 Desember 2013

  6. #6
    pelanggan setia serendipity's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,769
    Quote Originally Posted by kandalf View Post
    Seren, kalau Ortodoks Yunani ada Paus-nya sendiri ya?
    Iya bener, Gelar Paus Gereja Ortodoks Koptik saat ini dipegang oleh Shenouda III.
    You were born with the ability to change someone's life - don't ever waste it.

  7. #7
    pelanggan setia Fere's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Depan RSJ-KM
    Posts
    6,115
    Kalo yg musti hidup selibat itu sapa aja kak seren..?

  8. #8
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,029
    Hidup selibat itu hidup melajang.

  9. #9
    pelanggan setia serendipity's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,769
    Quote Originally Posted by Fere View Post
    Kalo yg musti hidup selibat itu sapa aja kak seren..?
    kak Fere mau tau banget apa mau tau aja?

    Selibat Rohaniawan Katolik -> aturan di beberapa gereja partikular yang membentuk Gereja Katolik yang hanya memperbolehkan pria yang tidak menikah saja yang dapat ditahbiskan menjadi imam. Aturan yang sama juga dijunjung oleh beberapa gereja lainnya dalam hal pentahbisan menjadi gembala (uskup, pendeta, rasul) gereja tersebut.

  10. #10
    pelanggan setia Matsugawa Dana's Avatar
    Join Date
    Dec 2011
    Location
    " Anata No Kokoro No Naka Ni Iru yo "
    Posts
    2,274
    Kalo yang memimpin Misa hari Minggu,di Gereja Indonesia itu,Pastur atau Pendeta?
    Jual CD Soundtrack Anime dan Tokusatsu.Bagi yang berminat,bisa hubungi gue di :

    085703046062 (Only for SMS) , (022) 7306150 (Only for Calling)

    Gue tunggu ya.Bye.

  11. #11
    pelanggan Casanova Love's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    451
    Pastur dan Romo itu jabatan di kalangan Gereja Katolik di Indonesia.
    Pemimpin umat Katolik sedunia itu adalah Paus.
    Nama ibadah umat Katolik adalah Misa.

    Kl Gembala Sidang dan Pendeta itu jabatan di kalangan Gereja Protestan di Indonesia.
    Nama Ibadah umat Protestan adalah Kebaktian.

  12. #12
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,349
    Quote Originally Posted by Casanova Love View Post
    Pastur dan Romo itu jabatan di kalangan Gereja Katolik di Indonesia.
    Pemimpin umat Katolik sedunia itu adalah Paus.
    Nama ibadah umat Katolik adalah Misa.

    Kl Gembala Sidang dan Pendeta itu jabatan di kalangan Gereja Protestan di Indonesia.
    Nama Ibadah umat Protestan adalah Kebaktian.
    Koreksi dikit, pastur juga udah mulai banyak dipake kristen protestan,
    tambahan dikit bedanya antara Misa dan kebaktian ada di perayaan Ekaristi ( Khatolik), kalo di kristen protestan ga ada, yg laennya bisa dibilang sama
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  13. #13
    pelanggan Casanova Love's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    451
    Betul Surjadi,

    Pastor (bacanya dg lafal inggris) juga digunakan oleh Kristen Protestan khususnya jemaat aliran Karismatik utk merujuk pd jabatan 'Gembala'.
    Jd kalangan karismatik scr luas (universal) mmiliki 5 jabatan, yaitu 'Apostle', 'Prophet', 'Evangelist', 'Pastor', dan 'Teacher'.
    Beberapa aliran karismatik di Indonesia sudah menggunakan jabatan 'Pastor' utk 'Gembala', namun gelar resminya tetap Pendeta krn gelar pendeta, pdm dan pdp itu ada sertifikat resminya.

  14. #14
    [MENTION=471]Casanova Love[/MENTION]:

    jabatan atau katakanlah predikat yng disebutkan itu
    ada atau harus melalui assessment tertentu gak?
    mbregegeg ugeg-ugeg hemel-hemel sak dulito

  15. #15
    pelanggan Casanova Love's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    451
    Sepertinya ada ujiannya.
    Jabatan pendeta itu resmi dan tercatat jd harus ada pengesahannya.

    Tp ya jangan tanya saya apa aja isi ujiannya dan apakah passing grade-nya tinggi or terstandarisasi.

  16. #16
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,029
    [MENTION=14]pasingsingan[/MENTION],

    saya bantu jawab yang pendeta yah. Tapi ini dalam konteks pendeta di GKJ.

    Pemanggilan Pendeta dari seorang yang belum berjabatan Pendeta, dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:
    harus melalui proses pencalonan Pendeta, pemilihan, pemanggilan, pembimbingan, pendampingan, ujian calon Pendeta, vikariat, dan penahbisan.

    Pemanggilan Pendeta yang belum berjabatan Pendeta dilakukan sebagai berikut:

    (1) Pencalonan dan Pemilihan.
    Gereja yang akan memanggil Pendeta menyampaikan program pemanggilan Pendeta kepada Klasis. Klasis melakukan visitasi dan pendampingan. Tujuan visitasi dan pendampingan itu untuk meneliti kelayakan Gereja pemanggil dan bakal calon Pendeta yang akan dipanggil.

    (2) Pembimbingan dan pendampingan calon Pendeta terpilih.
    Majelis Gereja menyampaikan permohonan kepada Sidang Klasis, agar dilakukan pembimbingan dan ujian calon Pendeta.
    Sidang Klasis menunjuk Tim Pembimbingan yang sekaligus merupakan Tim Penguji bagi calon Pendeta terpilih.
    Materi pembimbingan terdiri atas: Khotbah, Pokok-pokok Ajaran GKJ, Tata Gereja dan Tata Laksana GKJ, Sejarah GKJ.
    Berlangsung sekurang2nya selama 6 bulan
    Majelis Gereja membentuk Tim Pendamping untuk mendampingi perilaku calon Pendeta dalam hal kesalehan, tanggung jawab, kedisiplinan, kesetiaan, kerajinan, ketekunan dalam pelayanan, kemampuan berinteraksi sosial, dan kepemimpinan.

    (3) Ujian calon Pendeta.
    1. Ujian calon Pendeta adalah ujian untuk meneliti kehidupan calon Pendeta terpilih tentang kelayakan perilaku, pandangan teologis, pemahaman wawasan konteks GKJ, dan potensi keterampilan pelayanannya sebagai Pendeta.
    2. Ujian calon Pendeta dilaksanakan di dalam Sidang Klasis setelah:
    a. Pemeriksaan syarat-syarat administrasi dinyatakan
    b. Majelis menyampaikan surat pernyataan bahwa dari segi perilaku calon Pendeta terpilih yang bersangkutan layak sebagai Pendeta.
    c. Tim Pembimbing menyatakan bahwa calon Pendeta terpilih telah mengikuti pembimbingan dan layak untuk menempuh ujian calon Pendeta.

    3. Materi ujian terdiri atas:
    a. Khotbah.
    b. Pokok-pokok Ajaran GKJ.
    c. Tata Gereja dan Tata Laksana GKJ.
    d. Sejarah GKJ.

    4. Penguji calon Pendeta terdiri atas:
    a. Tim Pembimbing yang sekaligus penguji yang
    b. Utusan Utama (primus) Gereja-gereja ke sidang
    c. Visitator Sinode.

    5. Ujian calon Pendeta dilaksanakan dengan menggunakan tata tertib ujian calon Pendeta yang diputuskan oleh sidang Klasis yang menyelenggarakan ujian tersebut, yang dibuat dengan mengacu pada Pedoman Ujian calon Pendeta yang berlaku di Sinode GKJ. ditunjuk oleh persidangan Klasis.

    6. Di dalam sidang tertutup diputuskan layak atau tidaknya calon Pendeta terpilih untuk ditahbiskan sebagai Pendeta.
    Keputusan tersebut disampaikan di dalam sidang terbuka. Apabila calon Pendeta terpilih dinyatakan layak tahbis,
    Sidang Klasis menyampaikan Surat Keputusan kelayakan calon Pendeta terpilih tersebut untuk ditahbiskan sebagai Pendeta.

    7. Apabila calon Pendeta terpilih tersebut dinyatakan tidak layak tahbis, Gereja yang bersangkutan hanya boleh mengajukan permohonan untuk diselenggarakan ujian calon Pendeta bagi calon Pendeta terpilih tersebut sekali lagi.

    (4) Masa Vikariat.
    1. Bagi calon terpilih Pendeta yang telah lulus dalam ujian wajib menjalani masa Vikariat sekurang-kurangnya selama 1 (satu) tahun.
    2. Pada masa Vikariat ini calon terpilih Pendeta disebut sebagai Vikaris.
    3. Vikaris memanfaatkan masa Vikariat untuk memantapkan pemahaman dan pendalaman makna panggilan, serta membangun relasi dengan segenap pihak.
    4. Pada masa Vikariat seorang Vikaris dapat batal untuk ditahbiskan sebagai Pendeta apabila:
    a. Mengundurkan diri dengan alasan yang dapat
    b. Tidak taat pada Alkitab, Pokok-pokok Ajaran GKJ,
    c. Berperilaku yang menyebabkan kehidupan Gereja tidak

    5. Pembatalan seorang Vikaris untuk ditahbiskan sebagai Pendeta dilakukan melalui prosedur:
    a. Majelis Gereja Pemanggil atas dasar keputusan dipertanggung-jawabkan, Sidang Majelis Gereja mengusulkan rencana pembatalan tersebut kepada Sidang Klasis.
    b. Sidang Klasis menanggapi usulan Majelis Gereja
    c. Jika Sidang Klasis menyetujui usulan pembatalan itu,
    d. Jika Sidang Klasis menolak usulan pembatalan itu
    e. Jika dalam masa perpanjangan itu Vikaris tersebut
    f. Jika setelah masa perpanjangan Vikariat satu tahun

    Pemanggil tersebut dengan melakukan klarifikasi terhadap Vikaris dan pihak-pihak yang dipandang perlu dan selanjutnya mengambil keputusan.
    maka Majelis Gereja Pemanggil mengumumkan hal pembatalan tersebut dalam kebaktian hari Minggu 2 (dua) minggu berturut-turut.
    maka Majelis Gereja Pemanggil memberi kesempatan bagi Vikaris untuk memperpanjang masa Vikariat selama 1 (satu) tahun atau memberi kesempatan Vikaris menerima panggilan dari Gereja lain.

    menerima panggilan dari GKJ lain, maka Gereja Pemanggil tersebut memberlakukan ketentuan proses pemanggilan dalam pasal ini dengan tanpa pembimbingan dan ujian calon Pendeta. telah dijalani ternyata Vikaris itu tetap tidak layak ditahbiskan sebagai Pendeta atau tidak ada Gereja lain yang memanggil, maka Majelis Gereja Pemanggil mengusulkan kepada Sidang Klasis untuk mengesahkan keputusan Majelis Gereja Pemanggil menghentikan proses penahbisan Vikaris tersebut sebagai Pendeta. Majelis Gereja Pemanggil mengumumkan hal tersebut dalam kebaktian hari Minggu 2 (dua) minggu berturut-turut.

    (5) Penahbisan Pendeta.
    Penahbisan seorang Vikaris menjadi seorang Pendeta dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Nama Vikaris dan rencana penahbisannya diwartakan dalam kebaktian hari Minggu 2 (dua) minggu berturutturut
    2. Penahbisan Pendeta dilaksanakan di dalam kebaktian khusus dengan menggunakan pertelaan yang berlaku di Sinode GKJ.
    3. Dalam kebaktian tersebut Majelis Gereja menyerahkan:
    (1) Alkitab.
    (2) Alat-alat Pelayanan Sakramen.
    (3) Surat Keputusan Penahbisan dari Majelis Gereja.

    sumber : Tata Gereja dan Laksana GKJ Pasal 7 dan 8
    Last edited by etca; 23-09-2013 at 05:19 PM.

  17. #17
    waah ....
    terimakasih pencerahannya yak
    ternyata emang ada fit n proper tesnya
    itulah yng saya maksudkan sbg semacam assessment
    mbregegeg ugeg-ugeg hemel-hemel sak dulito

  18. #18
    pelanggan setia Matsugawa Dana's Avatar
    Join Date
    Dec 2011
    Location
    " Anata No Kokoro No Naka Ni Iru yo "
    Posts
    2,274
    Apakah ada pantangan dalam Makanan untuk mereka yang disebutkan di atas?Seperti halnya agama Budha yang dimana Pendeta nya dilarang memakan daging melainkan sayur?

    Summon [MENTION=28]PERMANDYAN[/MENTION]
    Last edited by Matsugawa Dana; 08-03-2014 at 09:26 PM.
    Jual CD Soundtrack Anime dan Tokusatsu.Bagi yang berminat,bisa hubungi gue di :

    085703046062 (Only for SMS) , (022) 7306150 (Only for Calling)

    Gue tunggu ya.Bye.

  19. #19
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,029
    ^
    setahu saya enggak ada aturan khusus mengenai pantangan makan daging.

    Untuk bhikkhu tergantung alirannya kali yak, kalau Mahayana biasanya para bhikkhu memang ketat ga makan daging. Beda ama aliran Theravada, semisalkan umat ngasih makanan berdaging ke bhikkhu, ya mereka makan kok. fyi, bhikkhu tidak diperkenankan ambil makanan sendiri ke piring, melainkan diambilin oleh umat yang menjamu mereka. Kalau bhikkhu Theravada asal Sri Lanka biasanya emang masih kolot ga mau makanan daging, beda dengan bhikkhu asal Thailand masih mau makan daging kalau dikasi umat.

  20. #20
    pelanggan setia Matsugawa Dana's Avatar
    Join Date
    Dec 2011
    Location
    " Anata No Kokoro No Naka Ni Iru yo "
    Posts
    2,274
    Oh ya Moderator.

    Sepertinya Judulnya agak dirubah atau ditambahin dikit.Karena saya sekarang ingin menanyakan,apa itu Biarawati?Dan apa saja tugas dari Biarawati tersebut?benarkah seorang Biarawati juga tidak boleh Menikah,seperti layaknya Pastur,Pendeta dan Paus?
    Jual CD Soundtrack Anime dan Tokusatsu.Bagi yang berminat,bisa hubungi gue di :

    085703046062 (Only for SMS) , (022) 7306150 (Only for Calling)

    Gue tunggu ya.Bye.

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •