Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 24

Thread: - Mengapa Angka 13 Dianggap Bawa Sial ? -

  1. #1
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,753

    Lightbulb - Mengapa Angka 13 Dianggap Bawa Sial ? -




    Kita kadung gandrung dengan angka-angka, dengan perhitungan. Mau menikah, hampir seluruh anggota keluarga hibuk pilah-pilih hari. Ingin punya nomor ponsel baru, jejarian lekas tangkas bongkar tumpukan kartu SIM di gerai pulsa. Bahkan kadang hati ini tergerak juga untuk mengkalkulasi nama yang kita sandang: Membawa peruntungankah ia, atau justru bikin buntung?

    Kita bisa menyebut kecenderungan semacam itu sebagai efek dari numerologi, yang dijabarkan Wikipedia sebagai suatu sistem, tradisi, atau kepercayaan akan adanya ikatan mistis antara angka-angka dengan benda-benda atau makhluk hidup. Para ahli numerologi percaya bahwa segala yang terhampar di bumi dapat diubah ke dalam bentuk angka. Tiap angka mewakili spektrum maha luas yang mencakup hal-hal positif dan membangun serta elemen-elemen negatif yang meluluhlantakkan.

    Banyak yang menahbiskan Pythagoras sebagai bapak dari numerologi barat, seperti dapat dibaca di buku The Complete Idiot's Guide to Numerology. Sebuah adagiumnya menegaskan pengakuan itu: "Dunia dibangun di atas kekuatan angka-angka."

    Namun sesungguhnya praktik numerologi telah jauh lebih tua dari umur dari sang bapak. Sebutlah misalnya aksara Ibrani, yang berdasar atas angka-angka. Pun, dalam kebudayaan Yunani, angka-angka tertentu dianggap lebih mulia atau nista dari yang lainnya. 888 dianggap sebagai menyimbolkan pikiran sang Maha. Variasi bahasa Yunani atas Yesus - 'lesous' - tegak lurus dengan angka 888. Angka 666 mewakili sang Fana. Perjanjian Baru menyebut 666 sejajar dengan Iblis.

    Praktik dari numerologi, yang dianggap sebagai tingkatan terendah, menyentuh aspek magis angka-angka, yang hasilnya kerap dianggap sebagai ramalan. Pythagoras tak menyarankan hal itu. Tapi, masih banyak pihak yang mengaitkan praktik yang menjurus klenik itu dengannya.

    Contoh dari praktik serupa dapat terlihat dari kepercayaan yang berkembang di Cina. Dalam tradisi bangsa itu, angka 4 (empat) dianggap membawa kesialan karena secara fonetis bunyinya mirip dengan kata 'mati' (bahasa Kanton). Itu yang bikin banyak gedung yang menyundul langit jakarta tak mengimbuhkan satuan 4 di pada lift, hanya jika pemiliknya warga keturunan Tionghoa.

    Namun, uniknya, angka 4 dalam bahasa Shanghai bunyinya seturut dengan kata 'air', yang dianggap hoki, karena air dianggap punya hubungan dekat dengan uang.

    Kiranya, tidak ada yang melebihi popularitas angka 13 dalam hubungannya dengan takhyul. Dunia mesti berterima kasih terhadap film-film produksi Hollywood yang telah menyebarkan kepercayaan masyarakatnya atas angka 13. Dalam kepercayaan itu, segala yang mengungkit angka 13 akan dihindari: Tanggal 13 (terutama Jumat, seperti hari ini), lantai ke 13, meja tamu berjumlah 13, dan seterusnya.

    Bahkan, seperti yang diterakan dalam about.com, ada legenda yang beredar yang mengatakan bahwa jika ada 13 orang duduk semeja ketika makan malam, salah satunya akan mati pada tahun itu. Bangsa Turki lebih nekat lagi. Saking sebalnya mereka dengan 13, mereka tega menghilangkan kata untuk angka itu dari kamus.

    Jangan tersenyum dulu. Kini saatnya anda menghitung jumlah huruf pada nama anda. Jika jumlahnya 13, anda akan meraih keberuntungan yang dikaruniakan oleh setan. Simaklah nama penjahat kelas kakap dunia ini, yang terdiri atas 13 aksara: Jack the Ripper, Charles Manson, Jeffrey Dahmer, Theodore Bundy, dan Albert De Salvo.

    Mereka yang bergidik dengan angka 13 tercatat menderita Triskaidekaphobia. Dan, mereka yang cemas dengan hari Jumat yang bertanggal 13 disebut menderita paraskevidekatriaphobia. Konon, ketakutan yang mereka alami itu disebabkan oleh hal-hal berikut, seperti dikutip dari situs Associated Content:


    - Bangsa Ibrani kuno menganggap 13 sebagai angka sial sebab huruf ketiga belas dalam alfabet Ibrani merupakan aksara 'M', huruf pertama kata 'mavet', yang artinya kematian.

    - Last Supper yang termasyhur itu dihadiri oleh 13 orang. Judas adalah yang pertama berdiri, pun yang pertama wafat.

    - Para Ksatria Templar ditangkap dan dieksekusi pada tanggal 13 Oktober 1307.

    - Di tengah masyarakat yang patriarkal, 13 dianggap sebagai angka feminin dan karenanya dianggap pembawa sial.



    Sumber : http://life.viva.co.id/news/read/170...gap-bawa-sial-
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  2. #2
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    15,716
    Gak caya ah
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  3. #3
    pelanggan setia Agitho_Ryuki's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    mBantul, Ngayogyokarto, Hadiningrat
    Posts
    2,517
    13 adalah nomor punggungku..
    Barangsawijine purwo marang kawitan, Bandar sejatining wujud. Yuk lakone.. BUTHO CAKIL sido NGEMUTTT PEN.....THUNG!!

  4. #4
    pelanggan tetap Alip's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Posts
    1,635
    Sesungguhnya angka 13 dianggap sial karena alasan psikologis praktis, yaitu karena sebelumnya ada angka 12 yang merupakan angka pertama dengan kemungkinan pembagi yang lumayan banyak.

    Katakanlah nenek moyang kita mau pergi berburu... kalau jumlahnya sedikit, mereka bisa berburu dalam satu kelompok. Katakanlah sampai lima orang. Lalu masih dianggap wajar kalau berburu berkelompok sampai tujuh orang, karena jumlahnya belum terlalu besar dan masih mudah diatur (mungkin ini makanya angka tujuh banyak dianggap berkah).

    Paling asyik adalah 12. Dengan mudah nenek moyang kita bisa mencari kombinasi yang memungkinkan.
    • Mau dua kelompok terdiri dari enam orang?
    • Mau tiga kelompok terdiri dari empat orang?
    • Mau empat kelompok terdiri dari tiga orang?
    • Mau enam kelompok terdiri dari dua orang?


    Pokoknya gampang ngaturnya tergantung apa dan bagaimana sifat perburuannya nanti...

    Lalu datanglah orang ke-tiga belas...

    kepala suku akan bilang, "matik loe... gimana ngaturnya?". kalau membiarkan orang ke tiga belas ini berburu sendiri, sama saja nyuruh dia cari mati.

    Tentu saja sebenarnya masih bisa diakali... masukkan saja dia ke salah satu kelompok. Beres. Makanya kesialan di sini lebih merupakan alasan psikologis.

    Tapi mungkin buat para pendahulu kita, menjadi orang ketigabelas akhirnya diterjemahkan bawa sial. Apalagi kalau memang ada alasan politis, misalnya kepala suku mau menyingkirkan seseorang -karena dia mengincar istri orang itu- maka diundilah orang itu jadi orang ketigabelas dan dibuat aturan harus berburu sendiri terpisah dari kelompok... duerrr... jadilah peburu ketigabelas selalu jadi sarapan binatang buas...

    Buat saya angka 4, dan 13 merupakan angka keberuntungan, karena di gedung saya tidak ada lantai 4, 13, 14, dan 24... jadi kalau kebakaran, saya yang di lantai 26 sebenarnya cuma perlu turun 22 lantai, bukan 26.... *gak_nyambung
    "Mille millions de mille milliards de mille sabords!"

  5. #5
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,315
    angkanya wahyudi ?

  6. #6
    dokter RSJ - KM ancuur's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    RSJ - KM Jabatan:____ Dokter Jiwa
    Posts
    15,694
    tapi di indonesia masih di yakini angka 13 itu sial...
    coba saja dichek di lift ada angka 13 gak? paling 12A

  7. #7
    di kantornya trans tv juga ga ada lantai 4

    dulu pernah baca kalo orang2 jepang menghindari pemakaian angka 4 dan 9 di rumah sakit
    soalnya bermakna kematian dan penderitaan

    bener ga om [MENTION=239]ancuur[/MENTION]?


    "Maybe not all of our efforts will be rewarded. But without effort, you will get nothing"
    Takahashi Minami

    ------------------------------------------------------------------
    Thread paling Hot di l AKB48 Glossary l 48Fams l My Blog

  8. #8
    dokter RSJ - KM ancuur's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    RSJ - KM Jabatan:____ Dokter Jiwa
    Posts
    15,694
    Quote Originally Posted by Kingform View Post
    di kantornya trans tv juga ga ada lantai 4

    dulu pernah baca kalo orang2 jepang menghindari pemakaian angka 4 dan 9 di rumah sakit
    soalnya bermakna kematian dan penderitaan

    bener ga om [MENTION=239]ancuur[/MENTION]?
    9 gue gak tau...
    klo 4 iya.. karna 4 = shi = shinu = 死ぬ = mati ..
    no handphone klo yg ada no 4 nya bakalan jarang yg beli..

  9. #9
    Barista kupo's Avatar
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    Jog Ja karta
    Posts
    3,849
    angka 4 itu dibaca si .. bunyi nya mirip dengan si yg berarti mati .. makanya di china dan jepang angka 4 di anggap pembawa sial

    woh.. udah diterangin pak dokter..
    Last edited by kupo; 30-08-2013 at 06:04 PM.

  10. #10
    pelanggan setia Ronggolawe's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    5,137
    Quote Originally Posted by ancuur View Post
    tapi di indonesia masih di yakini angka 13 itu sial...
    coba saja dichek di lift ada angka 13 gak? paling 12A
    Grha Citra Caraka (Gedung Telkom Jakarta) lengkap
    tuh dari lantai 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,13,14.

  11. #11
    pelanggan tetap 234's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    737
    Paling asyik adalah 12.
    coba saja dichek di lift ada angka 13 gak? paling 12A
    Lho bukannya itu malah bisa bikin 'celaka duabelas' yak?

    saya yang di lantai 26 sebenarnya cuma perlu turun 22 lantai, bukan 26....
    Bukannya justru angka 26 adalah dobel sial (2x13)? Setidaknya itu menurut 'teori (angka) konspirasi' disini: http://m.kompasiana.com/post/catatan...gan-angka-26-/

    klo 4 iya.. karna 4 = shi = shinu = ?? = mati ..
    angka 4 itu dibaca si .. bunyi nya mirip dengan si yg berarti mati ..
    Kalo orang Jawa bindeng/sengau bilang 'papat' jadi 'whahwhat' bunyinya mirip dgn 'wafat'. *maksa*
    Gusti iku dumunung ing atine wong kang becik, mulo iku diarani Gusti... Bagusing Ati.

  12. #12
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,753
    Kayanya bangunan kuno ya , yang lengkap nomornya ?

    Kalo bangunan modern ga lengkap nomornya.

    Entah ga ada nomor 4 ato 13 , ato nomor berawalan dan berakhiran 4. Ato angka yang dijumlah sama dengan 4 , misal 22.

    Di perumahan modern juga gini , ga lengkap nomornya.
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  13. #13
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Kalo guru matematika percaya beginian bakal repot...

    6+7=12a (rumah2 di jakarta itu nomer 10,11,12,12a,14 dst...)

  14. #14
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    Gwe lahir tgl 13, dan hidup gw ga selalu sial tuh

  15. #15
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Yg jelas ini kepercayaan impor dari eropa.

  16. #16
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Quote Originally Posted by BundaNa View Post
    Gwe lahir tgl 13, dan hidup gw ga selalu sial tuh
    Biar lebih beruntung coba akte lahirnya diganti jadi tanggal 12a

  17. #17
    dokter RSJ - KM ancuur's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    RSJ - KM Jabatan:____ Dokter Jiwa
    Posts
    15,694
    Quote Originally Posted by Ronggolawe View Post
    Grha Citra Caraka (Gedung Telkom Jakarta) lengkap
    tuh dari lantai 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,13,14.
    gedung2 baru kebanyakan memang sudah gak percaya sama mistik begonoan

  18. #18
    pelanggan setia Fere's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Depan RSJ-KM
    Posts
    6,120
    Quote Originally Posted by 234 View Post
    Kalo orang Jawa bindeng/sengau bilang 'papat' jadi 'whahwhat' bunyinya mirip dgn 'wafat'. *maksa*
    "Wafat" kan bukan bahasa jawa pakde..

  19. #19
    pelanggan tetap 234's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    737
    Iya, yg denger memang bukan orang Jawa. Yg Jawa itu yg ngomong.
    Gusti iku dumunung ing atine wong kang becik, mulo iku diarani Gusti... Bagusing Ati.

  20. #20
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Orang jawa percaya:

    1 itu menjijikan
    2 itu menyakitkan
    3 itu memalukan
    4 itu mematikan
    5 itu menyegarkan (jeruk limo.. Maksa)
    6 itu saat menanam
    7 itu saat keluar
    8 itu enak (kue wolu)
    9 itu sombong (songong)

    Sekian penjelasan dari saya

Page 1 of 2 12 LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •