Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 22

Thread: - Macam-macam Batik di Indonesia -

  1. #1
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,753

    Cool - Macam-macam Batik di Indonesia -

    BERBAGAI MACAM BATIK YANG ADA DI INDONESIA....

    Sebagai warga Negara Indonesia kita harus bisa berbangga hati. Karena di Indonesia banyak sekali keanekaragaman suku, budaya, adat istiadat, agama, dan kesenian yang begitu beraneka ragam. Salah satunya dalam bidang fashion. Di Indonesia terdapat kain bermotif yang tidak dapat dikunjungi di negara lain dan memiliki corak yang unik sekaligus menarik. Kain tersebut biasa kita sebut dengan kain batik. Corak dan motif batik Indonesia sendiri sangat banyak, ada yang merupakan motif asli dari nenek moyang bangsa kita dan ada juga yang merupakan akulturasi dengan bangsa lain.

    Di bawah ini merupakan macam-macam batik yang terdapat di Indonesia :



    1. Batik Kraton



    Batik Kraton awal mula dari semua jenis batik yang berkembang di Indonesia. Motifnya mengandung makna filosofi hidup. Batik-batik ini dibuat oleh para putri kraton dan juga pembatik-pembatik ahli yang hidup di lingkungan kraton. Pada dasarnya motifnya terlarang untuk digunakan oleh orang “biasa” seperti motif Parang Barong, Parang Rusak termasuk Udan Liris, dan beberapa motif lainnya.



    2. Batik Sudagaran



    Motif larangan dari kalangan keraton merangsang seniman dari kaum saudagar untuk menciptakan motif baru yang sesuai selera masyarakat saudagar. Mereka juga mengubah motif larangan sehingga motif tersebut dapat dipakai masyarakat umum. Desain batik Sudagaran umumnya terkesan “berani” dalam pemilihan bentuk, stilisasi atas benda-benda alam atau satwa, maupun kombinasi warna yang didominasi warna soga dan biru tua. Batik Sudagaran menyajikan kualitas dalam proses pengerjaan serta kerumitan dalam menyajikan ragam hias yang baru. Pencipta batik Sudagaran mengubah batik keraton dengan isen-isen yang rumit dan mengisinya dengan cecek (bintik) sehingga tercipta batik yang amat indah.




    3. Batik Petani




    Batik yang dibuat sebagai selingan kegiatan ibu rumah tangga di rumah di kala tidak pergi ke sawah atau saat waktu senggang. Biasanya batik ini kasar dan kagok serta tidak halus. Motifnya turun temurun sesuai daerah masing-masing dan batik ini dikerjakan secara tidak profesional karena hanya sebagai sambilan. Untuk pewarnaan pun diikutkan ke saudagar.



    4. Batik Belanda




    Warga keturunan Belanda banyak yang tertarik dengan batik Indonesia. Mereka membuat motif sendiri yang disukai bangsa Eropa. Motifnya berupa bunga-bunga Eropa, seperti tulip dan motif tokoh-tokoh cerita dongeng terkenal di sana.



    5. Batik Jawa Hokokai



    Pada masa penjajahan Jepang di pesisir Utara Jawa lahir ragam batik tulis yang disebut batik Hokokai. Motif dominan adalah bunga seperti bunga sakura dan krisan. Hampir semua batik Jawa Hokokai memakai latar belakang (isen-isen) yang sangat detail seperti motif parang dan kawung di bagian tengah dan tepiannya masih diisi lagi, misalnya motif bunga padi.

    Marilah kita jaga semua kekayaan yang ada di negeri kita. Jangan sampai timbul lagi masalah yang sama seperti masalah Malaysia menghakpatenkan kekayan bangsa kita untuk negaranya. Mari kita lestarikan semua kekayaan di negeri kita.




    sumber : Berbagai Macam Batik di Indonesia | Agustina Dewi C
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  2. #2
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,050
    Kukira berdasarkan motifnya seperti motif parang dan semacamnya.

  3. #3
    pelanggan setia heihachiro's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    little nong
    Posts
    2,610
    secara tradisional, batik dibedakan jadi 2, batik keraton dan batik pesisir

    batik keraton itu cuma ada di Jogja, Solo, dan Cirebon, di mana di kota-kota tersebut memang ada keratonnya. Sedangkan batik pesisir umumnya ada di kota-kota di pantai utara Jawa, mulai dari Indramayu, Cirebon, Pekalongan, dan Lasem. Batik pesisir lebih cerah dan lebih bebas dalam hal warna dan disain, berbeda dengan batik kraton yang cenderung kaku dan mengusung warna-warna gelap. Selain itu, motif-motif batik keraton biasanya punya nilai filosofis, sedangkan motif-motif batik pesisir lebih ke kontemporer meskipun bisa juga memiliki cerita di baliknya. batik kompeni, batik buketan, batik encim, jawa hokokai, dan motif-motif batik Lasem masuk kategori batik pesisir

    menurut proses pembuatannya, batik dibedakan menjadi batik tulis dan batik cap, meskipun belakangan ini dikenal juga batik print/cetak.
    yang disebut "batik" pada hakikatnya adalah proses pewarnaannya, yaitu menggunakan malam/lilin untuk menutupi sebagian kain, biasanya mori (tapi bukan Mako Mori ), sehingga menghalangi pewarnanya. Jadi, yang bisa disebut "batik" adalah batik tulis dan batik cap, karena masih melalui proses pelilinan dalam pewarnaannya. Batik printing yang langsung mencetak motif batiknya (beserta pewarnanya) tidak bisa disebut batik, itu hanyalah "kain bermotif batik". Tetapi konon saat ini sudah ada mesin cetak yang mencetak lilin/malam di kainnya untuk kemudian diwarnai secara manual, kalau keadaannya demikian maka hasilnya bisa disebut "batik"

    saat ini banyak disainer Indonesia yang menggunakan motif-motif batik dalam karyanya, pun demikian dengan budaya kontemporer saat ini yang semakin banyak menampilkan motif batik. Tetapi pada hakikatnya, jika kain itu tidak melalui proses pelilinan maka tidak bisa juga disebut kain batik, hanya bisa disebut kain bermotif batik. Proses pembuatannya itulah yang membuat UNESCO memasukkan batik dalam kategori World Heritage dari Indonesia, bukan dari Malaysia. Sebagai konsekuensinya, masyarakat Indonesia pada umumnya dan pemerintah Indonesia pada khususnya diwajibkan untuk melakukan usaha-usaha pelestarian batik.
    next year™

  4. #4
    pelanggan tetap thin.king's Avatar
    Join Date
    Jun 2013
    Posts
    803
    tanya, batik ini aslinya dari jawa kemudian diadaptasi di daerah lain dengan motif khas daerahnya atau dari awal sudah menyeluruh di nusantara.

  5. #5
    pelanggan setia heihachiro's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    little nong
    Posts
    2,610
    asalnya dari Cina, kemudian berasimilasi sedemikian rupa di Jawa selama beratus-ratus tahun yang hasilnya malah lebih mengakar kuat di Jawa (terutama setelah diadopsi oleh keraton-keraton)

    kalo liat motif-motif batik Lasem, di situ yang masih keliatan sekali pengaruh Cina-nya, warnanya biasanya dominan merah (warna hoki kalo di budaya Cina), dan motifnya juga ada yang menggambarkan naga/liong. Lasem sendiri dulunya disebut Lao Sam (cmiiw), pengusaha batiknya justru banyak yang keturunan Tionghoa di situ. Selain itu, di Pekalongan ada motif batik Encim, kalo ngga salah pengusahanya sekarang merupakan keturunan ke-3 dari pengusaha batik Tionghoa ternama di Pekalongan sejak masa kolonial yang menggagas motif tersebut, tentunya dengan pengaruh budaya Cina

    ---------- Post Merged at 12:45 AM ----------

    di luar Jawa setahu saya yang ada budaya membatiknya di Bengkulu (atau Palembang? koreksi kalau saya salah). Di tempat-tempat lain kebanyakan budayanya kain tenun, bukan kain lukis (ala batik)

    kalau sekarang hampir di seluruh nusantara ada sentra batik, sepertinya itu terjadi setelah masa kemerdekaan, atau malah bisa jadi sejak Indonesia dapet penghargaan UNESCO untuk world heritage untuk batik tersebut, termasuk program pemerintah untuk melestarikan dan memasyarakatkan batik itu sendiri
    next year™

  6. #6
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,118
    Batik pesisir warnawarnanya pun cenderung gonjreng.
    Beda ama batik keraton yang warnanya terkesan kalem.

  7. #7
    batik palembang ada.tapi g seterkenal songket.karena secara ekonomis batik dan songket punya nilai jual yg beda. lagipula disini ibu2 kurang mau pake kain batik ke kondangan.maunya pake songket.
    motif batik palembang biasanya bunga2 besar..tidak ada gambar hewan seperti batik di jawa karena kebudayaan islam di palembang melarang ada gambar hewan.

    http://batiknusantara.net/detail_batik.php?id=7

    http://desainbajubatik.com/gambar-de...-palembang.htm

    http://yundahamasah.blogspot.com/201...mbang.html?m=1

  8. #8
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,753
    ada juga batik 3 negeri , buatan :

    1. Tjoa Siang Swie
    2. Tjoa Siang Hing
    3. Tjoa Tjoen Kiat
    4. Tjoa Siang Gwan
    5. Tjoa Giok Tjian
    6. Tjoa Siang Lie
    7. Tjoa Tjoen Tiang (Totot)
    8. Tjoa Tjaw Tiong


    disebut 3 negeri , karena pembuatannya dilakukan di 3 daerah. zaman kolonial Belanda dulu , kabupaten disebut negeri.

    harganya 10 juta ke atas.
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  9. #9
    Barista kupo's Avatar
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    Jog Ja karta
    Posts
    3,849
    kalau suka batik, wajib mampir ke museum batik ulen sentalu jogja...

  10. #10
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,753
    batik 3 negeri adalah masterpiece di zamannya , sekitar tahun 1910 - 1930.

    untuk buatan Nyonya Tjoa Giok Tjian sendiri , panjangnya 2 meter , dibatik di Lasem , dan diberi warna merah darah pada sebagian motif.

    kemudian dibawa ke Pekalongan , untuk diberi warna biru pada bagian motif lain.

    terakhir warna coklat yang khas disebut sogan untuk latar belakang didapat di Solo.

    konon katanya air di 3 daerah itu memiliki kandungan berbeda , sehingga menghasilkan karakter warna yang khas.

    ditulis ulang dari Jawa Pos , 5 April 2013.


    ---------- Post Merged at 10:30 AM ----------

    Batik buatan keluarga Tjoa, keluarga pembatik turun temurun yang karyanya sangat diminati dan terkenal hingga saat ini.
    Kopi Tutung sendiri merupakan jenis pembatikan yang menggunakan pewarna alam.
    Warna dari batik ini sangat khas, terdiri dari kombinasi warna biru, merdah dan coklat tua seperti warna kopi gosong (tutung).

    Kalaupun ada beberapa yang warnanya muda atau biasa disebut Kopi Tutung Albino,
    tetap menjadi incaran para kolektor.
    Karena keindahan, kehalusan dan kerumitan motifnya, harga per helai batik Kopi Tutung saat ini sudah sangat tinggi, setengah tahun lalu saya pernah menanyakannya dan harganya sudah di atas Rp 10juta.

    Berhubung harganya yang selangit dan juga karena perawatannya sulit (kainnya sudah tua sehingga rentan jika dipakai sebagai kain dalam berbusana) maka saya memilih untuk mengoleksi kopi tutung dalam bentuk aksesori saja.

    Saat ini saya punya beberapa koleksi tas, clutch dan dompet dari jenis kain ini.
    Dan memang cantik sekali semuanya.
    Sangat detil, sangat halus.
    Saya punya yang warnanya gelap hingga yang albino.
    Dua di antara koleksi saya disertai dengan sign pembatiknya, sangat jarang dan sulit
    ditemukan!

    Disayang-disayang, dieman-eman deh pemakaiannya.
    Dan penyimpanannya juga mesti hati-hati.
    Disimpan di kotak khusus dalam dalam ruangan yang kering dan tidak kena matahari langsung.
    Jangan lupa berikan silica gel agar tidak lembab dan terhindar dari ngengat.

    Berbatik yuuuk!












    sumber : http://soksibuk.com/2013/05/koleksi-...u-kopi-tutung/
    Last edited by lily; 15-07-2013 at 11:33 AM.
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  11. #11
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,753
    Tjoa Giok Tjiam Family




    Sebuah keluarga pembuat batik di Indonesia yang menjadi legenda saat ini di dunia pembatikan secara turun temurun sejak tahun 1910 di Solo.




    Susunan Silsilah Tjoa Giok Tjiam





    Tjoa Giok Tjiam, pionir dari keluarga Tjoa yang membuat batik, lalu menurunkan ke anak - anaknya yaitu Tjoa Tjoen Kiat dan Tjoa Tjoen Tiang. kemudian Tjoa Tjoen Kiat menurunkannya kepada ketiga anaknya, Tjoa Siang Gwan, Tjoa Tjing Nio ( memakai nama suaminya Sie Djien Soen ), TjoaSiang Swie.

    Kemudian anak dari Tjoa Tjoen Tiang hanya Tjoa Siang Hing yang membuat batik.

















    Hasil karya para maestro Tjoa Family

























    sumber : http://bartedo-museum.blogspot.com/2...am-family.html
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  12. #12
    pelanggan setia red>,<hair's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    kanatakara
    Posts
    2,824
    Haiss mantan bos penggemar batikk
    koleksi dia 1 lemari
    cuman d simpen
    range harga dr 100an rb ampe jutaan

    jd inget pas ikut pelatihan batik
    peserta d wajib'in bikin desain motif sendiri dr sekitar

    yg cew uda d tebak pasti tanaman (bunga, buah n daun)
    klo yg cow bedaaaaa bgt
    ada yg bikin motif pion catur, topeng, cicak dll

    Anugurihiitusomi

  13. #13
    dokter RSJ - KM ancuur's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    RSJ - KM Jabatan:____ Dokter Jiwa
    Posts
    15,694


    batik Bin House
    pernah ikut fashion show di tokyo, jepang
    dia customer aku di Garuda Inflight Magazine
    setiap terbitan selalu memasang iklan, pernah
    dapet hadiah baju dan syalnya seneng banget


    Josephine Werratie Komara 57.
    sejak lahir menyandang nama
    Tionghoa, Ang Siok Bin, yg dlm
    bahasa Mandarin berarti elegan
    dan sophisticated. Dan memang
    benar, perempuan ini sepanjang
    karyanya mampu menampilkan
    karya2 elegan dan menakjubkan
    dengan sentuhan tangannya yg
    sangat perfeksionis.

    Alamat: Bin House, Jl Purworedjo
    Menteng, Jakarta Pusat,










  14. #14
    adooh..cakep2 ya..bikin ngiler. batik yg selalu saya pake ya daster.wkwkw. ngoleksi banyak saking sukanya.

  15. #15
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,673
    saya ada 2 scarf batik
    sala satunya kemaren ga sengaja nyangkut, trus ada benang yang ketarik, huaaaaaa ugh, sebel banget. padahal masi baru

  16. #16
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,118
    Quote Originally Posted by kupo View Post
    kalau suka batik, wajib mampir ke museum batik ulen sentalu jogja...
    huaaa jadi pengen, buka jam berapa sampai jam berapa yak?

  17. #17
    pelanggan setia heihachiro's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    little nong
    Posts
    2,610
    ngomong2 batik,



    ngga sekedar tempel logo klub-nya
    next year™

  18. #18
    dokter RSJ - KM ancuur's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    RSJ - KM Jabatan:____ Dokter Jiwa
    Posts
    15,694


    Bin House ternyata bikin tas..
    maklum dah lama gak mengikuti lagi perkembangannya.
    ____________________________________________

    Cashmere Silk - Bin House

















    motifnya keren2.. pantes aja muahal






  19. #19
    pelanggan setia Matsugawa Dana's Avatar
    Join Date
    Dec 2011
    Location
    " Anata No Kokoro No Naka Ni Iru yo "
    Posts
    2,359
    Spoiler for Batik Kamen Rider Heisei:


    Ini Batik Lebaran gue.dimana di Batik tersebut,banyak sekali terdapat Logo Kamen Rider.
    Last edited by Matsugawa Dana; 19-07-2013 at 05:35 PM.
    Jual CD Soundtrack Anime dan Tokusatsu.Bagi yang berminat,bisa hubungi gue di :

    085703046062 (Only for SMS) , (022) 7306150 (Only for Calling)

    Gue tunggu ya.Bye.

  20. #20
    dokter RSJ - KM ancuur's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    RSJ - KM Jabatan:____ Dokter Jiwa
    Posts
    15,694
    berarti MD lebaran mau nyamar jadi Kamen Rider Heisei

Page 1 of 2 12 LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •