PDA

View Full Version : rasa gurih



ndugu
17-04-2013, 11:58 PM
sebenarnya gimana sih rasa gurih itu? :cengir:

asin kah? manis kah? pait? asem?
apakah nano2 itu gurih? :cengir:

itsreza
18-04-2013, 12:02 AM
ini jawabannya: http://en.wikipedia.org/wiki/Umami

ndugu
18-04-2013, 12:15 AM
basic killer thread you, za :cengir:

itsreza
18-04-2013, 12:19 AM
kasih thanks juga dong ndugu -_-

Neptunus
18-04-2013, 01:06 AM
Lhah.... udahan nih threadnya?
(╮-)╮┳━┳ (╯□)╯ ┻━┻

ndugu
18-04-2013, 01:16 AM
:lololol:

neptunus: lempar mejanya ke reza aja, killer thread dia :cengir:

heihachiro
18-04-2013, 02:33 AM
all hail msg :ninja:

Fere
18-04-2013, 03:07 AM
upil.. :cengir:

noodles maniac
18-04-2013, 08:08 AM
Wuah fere si penikmat upil ::hohoho::

---------- Post Merged at 07:08 AM ----------

Wuah fere si penikmat upil ::hohoho::

---------- Post Merged at 07:08 AM ----------

Wuah fere si penikmat upil ::hohoho::

etca
18-04-2013, 10:23 AM
ndugu kan suka makan ebi tuh, udang kering.
nah itu rasanya gurih asin.. :)


oia nano-nano itu dulunya muncul istilah itu karena ada produk permen nano-nano
rasanya manis, asin, asem.
http://3.bp.blogspot.com/-MCiZP4IQt7g/TyS5BRYxFAI/AAAAAAAAAJU/TVC-vXfRjbQ/s1600/nanonano.jpg

marmut gondrong
18-04-2013, 10:30 AM
Kalau umami yg ada di iklan msg itu yah?

Apakah umami sama dg gurih?

itsreza
18-04-2013, 10:52 AM
iya yang diiklan itu, /uːˈmɑːmi/, a savory taste - gurih



+1

kupo
18-04-2013, 11:02 AM
saya pernah mengalami selama 3 bulan, lidah ga bisa merasakan manis... kalau asin dan asam masih bisa terasa.. tapi tanpa manis ternyata ga bisa ngerasain umami dengan benar.. rasanya jadi aneh... ::grrr::

Hai_Lee
18-04-2013, 12:51 PM
sebenarnya gimana sih rasa gurih itu? :cengir:

asin kah? manis kah? pait? asem?
apakah nano2 itu gurih? :cengir:

Dulu pernah pas pesen makanan di restoran jepang, ditanya sama mbaknya mau yang rasa manis apa gurih. Saya tanya dia gurih itu rasa apa, dia pun bingung jelasinnya ::ngakak2:: dia jawab," ya gurih, masa si mba ga tau rasa gurih sih?"::doh::

itsreza
18-04-2013, 01:45 PM
harus minta gurih dong, tapi ga pakai glutamate :cengir:

noodles maniac
18-04-2013, 01:55 PM
Coba dilist, rasa itu ada...

Manis
Asam
Asin
Pedes
Pahit
Gurih
Sepet???

Semua rasa hampir ada di rujak, kecuali gurih ::ungg::

desah_angin
23-04-2013, 06:51 PM
Kalo menurut bos nya Umami di Indonesia (Bang Ozi, Ajinomoto), Umami ga bisa dikategorikan dengan gurih. Rasa dasar itu konon dibagi 4, yaitu manis, asin, asem, pahit. Nah, yang kelima ini rasa umami. Gak bisa disebut gurih juga karena umami ini pada dasarnya ada di setiap bahan alami, mostly fermented. Misalnya ngerebus bayem atau buncis, dimakan gitu aja, ada rasa "enak"nya, nah itulah umami.
Ada yang ngakalin dengan kombinasi gula + garam, tapi itu yang terjadi adalah rasa gurih, beda dengan umami.

Penemu umami pertama kali adalah jepang, disana mereka membuat rasa umami dari ganggang laut yang dikeringkan, dan digunakan sebagai zat penyedap masakan. Akhirnya, karena kebutuhan industri, dibuatlah sintetisnya yang sering disebut2 dengan nama MSG :D

Begitulah yang saya tangkep ketika dicemplungin ke pabriknya di Sidoarjo ::hohoho::

Yuki
23-04-2013, 06:58 PM
pedas emangnya bukan rasa dasar? Gurih itu satu tingkat di bawah pedas

Misalnya ngerebus bayem atau buncis, dimakan gitu aja, ada rasa "enak"nya, nah itulah umami.
oh kalau begitu, umami itu satu tingkat di atas hambar

Alethia
23-04-2013, 07:51 PM
gurih itu kalau pas ada cewe cakep lewat, pake rok mini warna merah dan baju nerawang
terus kamu suit2in
terus di samperin deh ama cewe itu

terus PLAK
ditampar, dua kali..kanan kiri

gurih::up::

noodles maniac
23-04-2013, 08:13 PM
gurih itu kalau pas ada cewe cakep lewat, pake rok mini warna merah dan baju nerawang
terus kamu suit2in
terus di samperin deh ama cewe itu

terus PLAK
ditampar, dua kali..kanan kiri

gurih::up::

Buat gw mah itu pedes... :tonjokkeras:

Alethia
23-04-2013, 08:22 PM
ah, si nudel mah ngajain OOT terus

ibu ndugu, gurih itu perpaduan antara rasa asin dan manis....kalau di lidah, titik pengecap rasa gurih itu ada di tengah2. (kalau ga salah)

sekian
wasallam

Bi4rain
14-05-2013, 11:50 PM
pedas emangnya bukan rasa dasar? Gurih itu satu tingkat di bawah pedas

oh kalau begitu, umami itu satu tingkat di atas hambar

this.....entah kenapa jadi ingin ::ngakak2::

BundaNa
15-05-2013, 01:26 PM
gurih satu tingkat dibawah pedas? bukannya gabungan antara asin dan manis ya?

Yuki
15-05-2013, 08:02 PM
katanya seperti rasa sayur, berarti di atas hambar dong, rasa sayuran itu kan nyaris hambar ;D

gurih kok ada rasa manisnya sih? Gurih itu kan rasa asin dicampur rasa pedas jadi gurih

imo

BundaNa
16-05-2013, 10:56 AM
gurih ada rasa pedasnya ya? soalnya kalau pake slogan umami, gak kerasa pedasnya::hihi::

Yuki
16-05-2013, 11:36 AM
bundana pernah nyobain makanan ringan kaya chitato, lays, cheetos, piatos, taro beserta sepupu-sepupunya? ;D

itu gurih kan? Ada rasa pedasnya kan.....

noodles maniac
16-05-2013, 12:08 PM
Gw tetep menganggap gurih = umami ah -_-


bundana pernah nyobain makanan ringan kaya chitato, lays, cheetos, piatos, taro beserta sepupu-sepupunya? ;D

itu gurih kan? Ada rasa pedasnya kan.....

Nah kalo gw bilang itu mah asin bukan gurih deh, yuki :cengir:

Susah nih definisiin gurih, dibilang asin tapi ya bukan asin :kesal:

BundaNa
16-05-2013, 07:52 PM
bundana pernah nyobain makanan ringan kaya chitato, lays, cheetos, piatos, taro beserta sepupu-sepupunya? ;D

itu gurih kan? Ada rasa pedasnya kan.....

kalo pedas bukannya emang karena flavornya yang menggunakan kata pedas ya...seperti balado dll::hihi::

jadi belum jelas nih *memperkeruh suasana