PDA

View Full Version : Kebersihan VS Alergi



AsLan
31-01-2013, 11:34 PM
Anak anak yg tinggal dilingkungan bersih cenderung menderita Alergi.

mari kita baca laporannya:


Alergi Banyak Diderita Anak Orang Kaya


KOMPAS.com - Jumlah anak-anak yang menderita alergi diprediksi bakal terus meningkat. Dalam sebuah penelitian di Amerika Serikat terungkap bahwa alergi kebanyakan diderita oleh anak-anak yang berasal dari keluarga mampu.

Anak-anak berusia 1-9 tahun dari keluarga kaya berisiko tinggi menderita alergi kacang dibandingkan dengan anak dari ekonomi lemah.

Kesimpulan itu didapatkan berdasarkan analisa informasi dari 8.306 anak dan orang dewasa yang diambil contoh darahnya dalam survei nasional tahun 2005-2006. Sekitar 9 persen partisipan studi mengalami peningkatan level antibodi pada kacang yang menandakan mereka berpotensi alergi kacang.

Menurut Dr.Sandy Yip, peneliti studi itu, hasil tersebut menguatkan hipotesis higienis. Dalam hipotesa itu disebutkan mereka yang tinggal di lingkungan bersih cenderung memiliki sistem imun yang lebih sensitif sehingga berpotensi alergi.

Alergi masih menyimpan banyak misteri. Salah satu dugaan ialah sistem kekebalan tubuh tak siap menghadapi hal dari luar yang dianggap sebagai ancaman. Bahkan, ancaman paling lemah, seperti serbuk sari.

Hasil studi itu juga menguatkan studi yang dipublikasikan awal tahun ini yang mengungkapkan anak-anak di perkotaan lebih sering mengalami alergi makanan dibanding dengan anak di daerah pedesaan.

Editor : Asep Candra
Tweet



Terlalu Bersih, Anak Justru Rentan Alergi


KOMPAS.com - Lingkungan yang bersih memang bisa mencegah penyebaran penyakit dan infeksi. Namun, sesekali anak perlu dibiarkan "berkotor-kotor" karena lingkungan yang terlalu bersih justru menyebabkan anak rentan alergi.



"Alergi atau asma memang berbanding terbalik dengan infeksi. Makin bersih lingkungan, makin rentan terkena alergi.
Dalam dunia kedokteran ini disebut dengan hygine hypothesis," jelas dr. Zakiudin Munasir, Sp.A (K), ahli alergi dan imunologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dalam media edukasi mengenai alergi di Jakarta (21/2/2012).

Dia mencontohkan, kasus asma di negara Inggris yang mencapai 40 persen dari populasi, sedangkan di Indonesia tidak sampai 5 persen. "Tapi kasus infeksi di negara kita tinggi," ujarnya.

Alergi juga bisa timbul pada anak yang sering mendapatkan obat antibiotik. "Antibiotik akan mematikan kuman-kuman di dalam tubuh sehingga tidak ada yang menekan reaksi alergi," katanya.

Menurut hipotesis higienis, akibat lingkungan yang terlalu bersih, termasuk penggunaan sabun antibakteri, akan menyebabkan tubuh tidak lagi perlu melawan bakteri dan menciptakan lebih banyak protein pelawan alergen. Seperti diketahui, sistem imun kita bukan cuma didesain untuk melawan infeksi (bakteri, jamur, virus), tetapi juga zat asing seperti alergen.

Untuk mencegah alergi, Zakiudin menyarankan agar anak diperkenalkan kepada kuman. "Tetapi bukan kuman yang menyebabkan sakit. Misalnya dengan vaksinasi atau pemberian prebiotik," katanya.

Meski berbakat alergi, namun alergi juga bisa dicegah dengan cara menghindari alergen atau pencetus alergi.
Misalnya menghindari paparan tungau debu, makanan yang menimbulkan alergi, tidak memberikan susu sapi terlalu dini pada bayi, serta menghindari paparan asap rokok.


Hal ini memperkuat pandangan tradisional yg mengatakan bahwa memelihara hewan baik bagi anak2 dan menjauhkan mereka dari kemungkinan terkena alergi.

Yuki
31-01-2013, 11:43 PM
anak-anak penyewa payung di kala hujan, boro-boro sakit

tapi orang rumahan jangankan kena rintik-rintik, udara dingin seminggu kemaren aja bikin pusing sampe ke kepala belakang ::arg!::

ndugu
01-02-2013, 07:06 AM
Makanya,hidup jangan terlalu bersih dan sheltered :cengir:
Skali2 kotor dan ujan2an, bakal menguatkan badan dalam jangka panjang :cengir:

lily
01-02-2013, 08:33 AM
Hal ini memperkuat pandangan tradisional yg mengatakan bahwa memelihara hewan baik bagi anak2 dan menjauhkan mereka dari kemungkinan terkena alergi.

dari kecil , saya tinggal serumah ama anjing , dari yang minim 5 sampe paling banyak 17 , tetep aja saya alergi sampe sekarang ga ilang - ilang. padahal saya juga suka bobo ama anjing saya sekasur.

anjing saya juga minum dari dispenser yang sama ama saya.

---------- Post Merged at 08:33 AM ----------

prebiotik itu Yakult kan ya ?

jadi kalo misal banyak minum Yakult , alergi bisa berkurang ya ?

serendipity
01-02-2013, 01:46 PM
Yuki: Kalo pusing di kepala belakang itu bukan karena anak orang kaya atau miskin, tapi karna ada pengentalan darah. Makanya kepala terasa berat

kupo
01-02-2013, 04:18 PM
prebiotik itu Yakult kan ya ?

jadi kalo misal banyak minum Yakult , alergi bisa berkurang ya ?

kayaknya ga ada hubungannya... .. aku sering minum yakult, tapi ga berasa apa2 ::ungg::


Yuki: Kalo pusing di kepala belakang itu bukan karena anak orang kaya atau miskin, tapi karna ada pengentalan darah. Makanya kepala terasa berat
bisa juga kolestrolnya tinggi.. kebanyakan makan enak :D


dulu waktu masih SD aku punya teman yang betul2 dijaga sama ortunya, kalau siang harus tidur siang cukup, makan harus yg bersih, ga boleh jajan/makan makanan yg dijual di luar... ternyata badannya jadi ringkih gampang sakit.
pernah aku ajak jajan bakso diam2 ternyata besoknya dia sakit tipes.. aku kena di omelin sama orunya, ngajak jajan sembarangan.. padahal yg makan orang 6, yg lain sehat smua cuma dia seorang yg KO.... ::hihi::

cha_n
01-02-2013, 04:50 PM
kalau lingkungan kita steril semua gpp pola hidup sehat dijaga banget. kalau di indonesia ya susah lah. mending dari awal udah dilatih ;))

serendipity
01-02-2013, 05:16 PM
kupo: ho oh bisa juga kolesterol

aniwey alergi udang atau alergi debu termasuk penyakit orang kaya? ::ungg::

AsLan
01-02-2013, 05:32 PM
dari kecil , saya tinggal serumah ama anjing , dari yang minim 5 sampe paling banyak 17 , tetep aja saya alergi sampe sekarang ga ilang - ilang. padahal saya juga suka bobo ama anjing saya sekasur.

anjing saya juga minum dari dispenser yang sama ama saya.

---------- Post Merged at 08:33 AM ----------

prebiotik itu Yakult kan ya ?

jadi kalo misal banyak minum Yakult , alergi bisa berkurang ya ?

berarti anjingnya lily juga sangat bersih, jadi tetap saja jarang "latihan perang" melawan kuman, setelah itu kena debu sedikit saja tubuh mengira ada serangan kuman sehingga mengerahkan semua "peralatan tempur" mulai dari peradangan, pengeluaran lendir, pembengkakan dll

prebiotik salah satunya itu yakult atau vitacharm atau yogurt, tapi saya gak yakin yg beginian bisa membuat tubuh "berlatih tempur" karena bakteri dari situ sangat jinak, gak membangkitkan daya tahan tubuh.

lily
01-02-2013, 06:35 PM
Saya dari kecil minum Yakult tiap minggu , kok tetep ya alergi macem - macem.

Alergi debu , hawa dingin , susu sapi.

Abis lairan , alergi seafood. Tapi karena doyan , ya makan terus , akhirnya ilang juga (soalnya kayanya ini alergi sementara sih , munculnya aja dadakan pas saya abis lairan).

Saya pas check darah , kata dokter pernah kena virus rubella ato tokso (lupa saya) , tapi udah ada antibodi di tubuh saya , jadi hasilnya negatif.

@kupo : itu kejadian di saya. Mama saya over protective soal makanan. Saya ga bole jajan di pinggir jalan.

Rumah saya kan di jalan raya , kebetulan sebelahnya sekolah Muhammadiyah. Biasa kalo jam pulang sekolah , kan rame tuh jualan pentol dll. Saya suka suruh pembantu beliin di depan rumah.

Akhirnya thypus plus DB. Berat saya turun 20 kilo dalam 2 minggu.

Abis gitu , ga jajan. Kapok.

Udah lewat beberapa bulan , kumat , jajan lagi. Kena lagi thypus.

Akhirnya ama Mama dan Koko saya ditegesin ga bole jajan di luar.

Terus kita pindah rumah. Ga ada lagi bapak yang jual jajanan sekolah :nangis2:

Tapi tetep , sekarang saya suka nitip ke adik saya , kan kerja di gereja , banyak jajanan pentol disana.

Abis makan , badan adem panas euy. Tapi tetep doyan.

# mania pentol ::ngakak2::

kupo
01-02-2013, 07:01 PM
Pentol itu bakso yg ditusuk lidi, makannya dicelup bumbu?... itu makanan kegemaran saya... sampai sekarang tetap suka, tapi sekarang ga pernah beli, kalau pengen banget ya bikin sendiri :D

-----------------------------
sent from my android HD2

lily
01-02-2013, 07:14 PM
Iya ditusuk lidi , dan dicelup bumbu saos tomat. Kenapa saya bisa thypus ya makan itu ? Bingung juga. Kurang bersih kali ya...

Oiya kalo makan gorengan ato minuman di pinggir jalan , juga bisa sakit tenggorokan. Be careful.

Buat sendiri gimana ya caranya ?

mbok jamu
01-02-2013, 08:11 PM
Demam tifoid, atau typhoid adalah penyakit (http://id.wikipedia.org/wiki/Penyakit) yang disebabkan oleh bakteri (http://id.wikipedia.org/wiki/Bakteri) Salmonella enterica (http://id.wikipedia.org/wiki/Salmonella_enterica), khususnya turunannya yaitu Salmonella (http://id.wikipedia.org/wiki/Salmonella) Typhi. Penyakit ini dapat ditemukan di seluruh dunia, dan disebarkan melalui makanan dan minuman yang telah tercemar oleh tinja (http://id.wikipedia.org/wiki/Tinja).

dari wikipedia

Yuki
01-02-2013, 08:30 PM
Yuki: Kalo pusing di kepala belakang itu bukan karena anak orang kaya atau miskin, tapi karna ada pengentalan darah. Makanya kepala terasa berat

bisa juga kolestrolnya tinggi.. kebanyakan makan enak


dulu waktu masih SD aku punya teman yang betul2 dijaga sama ortunya, kalau siang harus tidur siang cukup, makan harus yg bersih, ga boleh jajan/makan makanan yg dijual di luar... ternyata badannya jadi ringkih gampang sakit.
pernah aku ajak jajan bakso diam2 ternyata besoknya dia sakit tipes.. aku kena di omelin sama orunya, ngajak jajan sembarangan.. padahal yg makan orang 6, yg lain sehat smua cuma dia seorang yg KO....

jadi inget waktu bangun rumah dulu, ayah saya makan mie ayam, tukang bangunannyapun makan, saya yg ngeliat jadi ngiler lalu pesen mie ayam juga

besoknya saya sakit perut, ayah saya langsung ngedumel "dasar perut menak" ;D

lily
01-02-2013, 08:50 PM
@mbok : HEH ? Tinja ??? Tinja means poop ??? :muntahdarah: :iamdead:

AsLan
01-02-2013, 10:26 PM
lebih tepatnya, typus itu karena makanan terkontaminasi Tinja Manusia

lily
01-02-2013, 10:42 PM
HEH !? Gile dicampur poop !?

Mampus !

Hoek :muntahdarah: :iamdead:

Syukurlah terakhir makan udah berminggu - minggu yang lalu. Udah keluar di WC. Menjijikkan.

Pantesan abis makan badan adem panas. Selalu gitu.

kupo
02-02-2013, 09:58 AM
Iya ditusuk lidi , dan dicelup bumbu saos tomat. Kenapa saya bisa thypus ya makan itu ? Bingung juga. Kurang bersih kali ya...

Oiya kalo makan gorengan ato minuman di pinggir jalan , juga bisa sakit tenggorokan. Be careful.

Buat sendiri gimana ya caranya ?

cara bikin bakso pentol mirip bikin cilok
aku dulu dapat resepnya dari internet


bahan
200 gr tepung kanji
4 sdm munjung tepung terigu
1 btg seledri rajang halus
royco rasa sapi
bila mau tambahakan sedikit daging sapi giling
250 ml air panas
bumbu halus:
sdm merica bulat
1 sdm peres garam
2 butir bawang putih

pelengkap :
sambal pecel instant, saus sambal, kecap manis


Cara membuat :

-Campur tepung kanji, tepung terigu, dan irisan seledri aduk biar tercampur rata.
-Campur bumbu halus dengan air panas.
-Tambahkan royco secukupnya
-tambahkan sedikit daging sapi giling
-Campur antara bahan tepung dan air berbumbu uleni sampai bisa dibentuk (sewaktu memasukan air sedikit demi sedikit ).
-Didihkan air lalu adonan dibentuk sebesar kelereng,masukan kedalam air mendidih sampai terapung, angkat.
-Biar hangat terus, taruh dalam dandang panas.
-Sajikan dengan sambal pecel beri sedikit saus sambal dan kecap manis.


biar ga kena thypus.. kalau baru kepengin bakso pentol, bikin sendiri aja.. :)

lily
02-02-2013, 10:09 AM
Ntar Senin saya liat ya , kalo pake BB , ga keliatan spoiler nya.

Makacih ya kupo :)

Porcelain Doll
02-02-2013, 01:11 PM
cara bikin bakso pentol mirip bikin cilok
aku dulu dapat resepnya dari internet


bahan
200 gr tepung kanji
4 sdm munjung tepung terigu
1 btg seledri rajang halus
royco rasa sapi
bila mau tambahakan sedikit daging sapi giling
250 ml air panas
bumbu halus:
sdm merica bulat
1 sdm peres garam
2 butir bawang putih

pelengkap :
sambal pecel instant, saus sambal, kecap manis


Cara membuat :

-Campur tepung kanji, tepung terigu, dan irisan seledri aduk biar tercampur rata.
-Campur bumbu halus dengan air panas.
-Tambahkan royco secukupnya
-tambahkan sedikit daging sapi giling
-Campur antara bahan tepung dan air berbumbu uleni sampai bisa dibentuk (sewaktu memasukan air sedikit demi sedikit ).
-Didihkan air lalu adonan dibentuk sebesar kelereng,masukan kedalam air mendidih sampai terapung, angkat.
-Biar hangat terus, taruh dalam dandang panas.
-Sajikan dengan sambal pecel beri sedikit saus sambal dan kecap manis.


biar ga kena thypus.. kalau baru kepengin bakso pentol, bikin sendiri aja.. :)

peres garam itu apa ya?

kupo
02-02-2013, 01:28 PM
peres garam itu apa ya?
peres = tingginya sama dengan pinggiran sendok, jangan munjung (munjung itu bhs indonesianya apa ya? ::hihi::)

Porcelain Doll
02-02-2013, 01:33 PM
munjung itu menggunduk ::hihi::

mbok jamu
02-02-2013, 06:01 PM
HEH !? Gile dicampur poop !?
Bukan dicampur tapi dicemari. Makanan itu diproses dalam lingkungan yang tidak bersih, mungkin dekat WC. ::hihi::




biar ga kena thypus.. kalau baru kepengin bakso pentol, bikin sendiri aja.. :)

Bakso pentol itu berarti bakso yang lebih banyak tepung daripada dagingnya ya? Soalnya mbok kalau bikin bakso, lebih banyak daging daripada tepungnya.

Jadi trit kuliner. ;D

lily
02-02-2013, 06:16 PM
Ya ampun jorok banget ya ternyata. Hiks.

I promise to my self... Ga bakal makan pentol lagi.

Ga bakal makan jajanan pinggir jalan lagi. Jorok.

BTT , saya baru ingat saya juga alergi telor. Tapi saya suka makan telor. Tiap abis makan telor , kulit saya bentol - bentol merah , sakit.

Tapi sekarang ada telor anti alergi sih.

Yang paling mengganggu saya itu alergi debu ama alergi hawa. Pokoknya yang buat bersin - bersin , itu yang mengganggu.

Ama pas alergi seafood , gatal sebadan , sampe minum obat anti alergi.

Saya sampe hafal semua obat anti alergi.

red>,<hair
02-02-2013, 06:39 PM
eh bener lo yg d bilang mbok jamu ... tetangga ada tu sumur ama toiletnya deket bgt
tiap ada acara d sana g ada yg menyentuh minuman yg d hidangkan karena g sampe ati buat minum ::ungg::

kupo
02-02-2013, 08:34 PM
^^ red, tetanggamu sehat2 saja? Jangan2 untuk minumnya dia pakai aqua?... atau udah kebal.. ::hihi::

Ck..ck.ck.. Ternyata lily alerginya komplit ya.. apa betul kalau alergi susah disembuhkan?


berarti anjingnya lily juga sangat bersih, jadi tetap saja jarang "latihan perang" melawan kuman

Anjingnya lily jenis maltese termasuk anjing yg tidak menyebabkan alergy/ hypo alergic

-----------------------------
sent from my android HD2

red>,<hair
02-02-2013, 09:13 PM
keknya uda kebal de .... n g mungkin pke aqua
ekonomi mereka pas2an
n mereka merasa wajar tu masak pke aer d sumur mereka

ul.malik
02-02-2013, 09:47 PM
munjung itu menggunduk ::hihi::

menggunduk apaan? :tanya:
munjung apa juga? ::doh::

sumpe gw klonengan
02-02-2013, 10:02 PM
mungkin maksudnya menggunduk itu menggunung ul :cengir:

munjung = menggunduk = menggunung

klo g salah yak ::hihi::

etca
02-02-2013, 10:05 PM
hayahhh OOT

http://3.bp.blogspot.com/-oyQmypKy0Hg/UBXjbmX7aKI/AAAAAAAABF4/uqV47SZkc0E/s1600/sugarSpoon.jpg
ini gula munjung = menggunduk = berupa gundukan

kalau peres gulanya rata dengan permukaan sendok.
melafalkan peres tidak sama dengan peres yang berarti memeras. :)


Biar ga OOT.
Alergi... err bejibun, kalau ga salah ada 27 macam alergi yang diderita semasa kecil ::doh:::iamdead:.
Inget nominalnya karena sama ama tanggal bday.
Saya bukan dari keluarga yg kaya. tapi berhubung dari umur batita udah menderita bermacam2 alergi.
Alhasil selama di rumah ortu, gaya hidupnya kudu teratur di bawah pengawasan ortu.
Ga boleh kena hujan, ga boleh kena angin, ga boleh makan ini itu, ga boleh tidur terlalu larut malam dll dsb.
SD ga pernah jajan di kantin lantaran malu beli di kantin. mendingan makan bekal dari rumah.
Baru kenal yg namanya jajan, icip sana sini n makanan luar rumah ala warteg pas jaman nge-kost sewaktu kuliah.

Ketawa termasuk bikin alergi ga sih
Saya kalau kebanyakan ketawa ngakak bisa asma euy?! ::grrr::


Alergi bukan ga bisa disembuhkan, tapi pas di kala sehat.
sedikit demi sedikit perlu didekatkan dengan pemicu alergi tsb.
nanti akan membentuk toleransi yg lebih besar terhadap pemicu alergi.
Kalau dalam keadaan sudah drop, jangan didekatkan dengan pemicu alergi deh..
Bisabisa malah gampang drop.
Anggur yang enak itu, saya ga bisa makan banyakbanyak... ::grrr::

serendipity
02-02-2013, 10:16 PM
dulu pernah alergi udang, cuma entah kenapa alerginya bisa ilang secara perlahan-lahan

kata dokter kalo mau menghilangkan alergi coba minum susu, dan it works for me :D

red>,<hair
02-02-2013, 10:23 PM
klo abis konsumsi engga gatal2 cuman mulas2 termasuk alergi g y? ::ungg::

AsLan
02-02-2013, 10:27 PM
melawan alergi dengan sengaja memaparkan diri dengan zat2 alergen, tapi dengan dosis sangat kecil dan waktu sangat lama :


KOMPAS.com - Pada zaman Romawi Kuno, para raja sengaja meminum racun untuk merangsang sistem imun tubuh mereka bereaksi, sehingga mereka menjadi kebal dengan racun. Para ahli pengobatan modern sepertinya mengadaptasikan metode ini untuk mengatasi alergi.

Sebuah studi dilakukan para ilmuwan dari National Institutes of Health Amerika Serikat untuk menguji metode ini. Mereka berhasil menemukan, alergi kacang dapat berkurang dengan pemberian kacang pada pasien alergi.

Penelitian ini melibatkan 40 orang dewasa dan remaja yang menderita alergi kacang. Para peneliti pertama kali melakukan uji pendahuluan untuk menetapkan berapa banyak jumlah kacang yang dapat ditolerir oleh setiap peserta. Kemudian 20 peserta diberikan terapi sublingual, yaitu mereka diberi sejumlah kecil bubuk kacang yang mereka ditempatkan di bawah lidah mereka. Setengah lainnya diberikan bubuk plasebo. Secara bertahap, kedua kelompok menerima penambahan bubuk sedikit demi sedikit.

Hasilnya ternyata cukup mencengangkan. Setelah 44 minggu penelitian, 14 dari 20 peserta yang diberikan bubuk kacang, atau sebanyak 70 persennya, mampu menahan hingga 10 kali lipat jumlah paparan kacang daripada yang mereka mampu terima di awal penelitian. Sedangkan hanya tiga orang pada kelompok plasebo yang mampu mengatakan hal yang sama.

Menurut para peneliti, hasil ini pasti menarik bagi mereka yang menderita alergi makanan, dengan catatan mereka tidak boleh serampangan dalam melakukan metode ini. Sebab reaksi alergi berbeda pada setiap orang, dan percobaan yang para peneliti lakukan masih dalam skala kecil. Jumlah bubuk kacang yang diberikan pada peserta bahkan jauh lebih kecil daripada kandungan kacang biasa dimasak di dapur.

Waktu pembiasaan diri terhadap alergi pun cukup lama. Bahkan, setelah sebulan dilakukan uji, para peserta hanya bisa menunjukkan reaksi lebih baik pada kacang yang hanya berjumlah sedikit, yaitu sebagian kecil dari satu ons bubuk kacang. Sebagian besar peserta pun mengalami efek samping ringan seperti mulut gatal hingga ada yang mengalami reaksi sangat parah sehingga membutuhkan obat penawar.

Studi yang dimuat dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology ini pun menyatakan bahwa metode pengurangan alergi ini tidak sepenuhnya dapat menyembuhkan alergi. Namun ada keadaan dimana para penderita alergi cukup baik dalam menahan paparan kacang, yaitu saat memakan makanan yang dimasak dengan alat masak bekas memasak kacang.

etca
02-02-2013, 10:34 PM
alerginya kacang itu efeknya apa sih?
kalau gw seringnya jadi batuk. apalagi yang namanya kacang kulit.
kalau bibir jadi gatal n berasa tebal aneh. itu kalau abis makan roti yang ada almondnya.

eh almond itu termasuk kacang2an bukan siy?
kacang almond? #eh

@seren
gw padahal dari dulu dibiasakan sering minum susu loh.
tapi teuteup aja alergian. ::ungg::

serendipity
02-02-2013, 10:37 PM
^ iya almond itu termasuk kacang

cuma kalo gatel abis makan kacang, itu normal ca. Gw barusan makan kacang dan ngerasa batuk2.. ya tinggal minum air putih aja si :P

oh iya selain minum susu gw juga minum vitamin C, soalnya ini yang paling bagus buat kulit. Nyokap pernah makan udang, kebetulan langsung alergi dan kemudian ada u c 1000.. abis minum itu 30 menit kemudian bentol ama gatelnya ilang :cengir:

AsLan
02-02-2013, 10:47 PM
alergi kacang efeknya parah loh... bikin kulit bengkak2, kalo pembengkakan terjadi di saluran nafas bisa tewas karena mampet.


kalo dibiasain minum susu masih gak bisa berarti bukan alergi susu tapi lactose intolerensa, memang kekurangan enzim lactase.

---------- Post Merged at 10:47 PM ----------


^ iya almond itu termasuk kacang

cuma kalo gatel abis makan kacang, itu normal ca. Gw barusan makan kacang dan ngerasa batuk2.. ya tinggal minum air putih aja si :P

oh iya selain minum susu gw juga minum vitamin C, soalnya ini yang paling bagus buat kulit. Nyokap pernah makan udang, kebetulan langsung alergi dan kemudian ada u c 1000.. abis minum itu 30 menit kemudian bentol ama gatelnya ilang :cengir:

yang ini betul banget.

Vitamin C itu salah satu pilihan untuk mengatasi alergi.

kalo mau mendapat vitamin c dari buah, harus buah yg langsung dikupas karena vitamin c sangat cepat dirusak oleh oksigen.

lily
03-02-2013, 08:43 AM
Oiya saya baru ingat , saya alergi antibiotik Ciprofloxacin. Taunya pas ama dokter disuruh minum itu , dalam hitungan 30 menit , kulit saya melepuh di banyak tempat , termasuk pipi. Awalnya merah terus melepuh , jadi lecet gitu. Sakit. Trus dikasi penawar nya , tapi saya lupa. Yang pasti saya trauma ama Cipro , soalnya melepuhnya dalam hitungan 30 menit abis minum obat. Tapi akibatnya sembuhnya lama. Kulit saya jadi bercak - bercak item kayak Dalmatian.

@kupo : dulu pas saya kecil , saya tumbuh bersama banyak anjing. Ada Pom , Teckel , Samoyed , German Shepherd , Rottweiler , Chow Chow , dan banyak lagi. Maltiese punyanya pas taon 2000 ke atas.

Emang alerginya udah dari lahir , turunan.

Makanya laen kali semisal mo berumah tangga , check dulu apa calonnya ada alergi ga.

Kasian kalo anaknya sampe alergi ini itu.

Saya menurunkan bakat alergi saya ke O. Sedih saya , tiap dia kena alergi. Apalagi pas bayi , alergi susu sapi. Parah banget efeknya di mukanya ama pernafasan. Saya tau itu pasti nurunnya dari saya. Soalnya Papanya ga ada alergi ini itu.

Tapi , saya bersyukur alergi debu O , ga separah saya.

Waktu saya kecil , saya dibebasin ama ortu saya. Kan mereka pulang malam.

Jadi saya suka sepedaan tiap pulang sekolah sampe jam 5 sore , keliling perumahan.

Suka ujan - ujanan juga.

Suka makan Indomie sehari 3.

Suka jajan sembarangan bareng pembantu.

Makanan saya tiap hari krupuk putih bisa sampe 20 sehari , sampe pembantu bilang , "Non lama - lama terbang , makan cuma krupuk ama Indomie." -> ::ngakak2::

Pernah juga , saya kan ASMA. Ga bole ama ortu deket kucing. Saya nekad pelihara dalam kardus kosong. Malemnya ASMA kumat , saya ga berani bilang Mama. Saya berdoa sambil sesak nafas.

Belom kapok. Tetap aja pelihara kucing , tapi abis gitu cuci tangan.

Wah kalo dipikir - pikir pas saya kecil , jorok banget. Pegang binatang , ga cuci tangan. Naek sepeda ujan - ujanan. Suka masuk bawah tanah (bawah jalan raya) sambil maen rumah - rumahan.

Saya juga suka jemur matahari , sambil manjat rumah sebelah (kosong). Sambil menembus rumput dan ilalang di rumah sebelah.

Dari saya kecil , Mama suka kasi saya vitamin macem - macem , ga tau apa aja. Gede - gede dan banyak.

Ya tetap alergi sampe sekarang :nangis2:

Emang udah takdir kali ya ::ngakak2::

kupo
04-02-2013, 01:47 PM
kalau saya ga ada alergi, istri saya ada alergi dingin dan debu.. tapi ga terlalu parah..

btw.. alergi itu dipengaruhi oleh gender ga si? kayaknya dari orang2 yg aku kenal, kebanyakan yg punya alergi parah itu wanita.

kupo
04-02-2013, 06:06 PM
Bakso pentol itu berarti bakso yang lebih banyak tepung daripada dagingnya ya? Soalnya mbok kalau bikin bakso, lebih banyak daging daripada tepungnya.

Jadi trit kuliner. ;D

Sensasinya beda mbok.. kalau bakso tepung, digigit ga gampang menyerah.. ::hihi::

-----------------------------
sent from my android HD2

lily
04-02-2013, 07:03 PM
kalau saya ga ada alergi, istri saya ada alergi dingin dan debu.. tapi ga terlalu parah..

btw.. alergi itu dipengaruhi oleh gender ga si? kayaknya dari orang2 yg aku kenal, kebanyakan yg punya alergi parah itu wanita.

ga tau sih...

anak saya cowok , juga alergi. alergi dia sih yang parah makanan. kalo kayak debu ama hawa , ga terlalu , fisiknya lebi kuat.

om Aslan juga katanya alergi laktosa , tapi ga tau parah ga.

Mama saya cewek , juga ga ada alergi. Malah Papa saya yang alergi.

---------- Post Merged at 07:03 PM ----------

eh tapi ini bener ga sih ???

yang om Aslan tulis di post 1 ???

Alergi Banyak Diderita Anak Orang Kaya.

soalnya dulunya keluarga Papa saya lebi mapan dari keluarga Mama saya.

dan yang punya alergi Papa saya. Mama saya enggak.

terus ada nih temen saya , cerita...

pas dia hamil anak pertama , mengonsumsi macem - macem vitamin dari dokter , complete edition lah. anaknya ada alergi.

pas dia hamil anak kedua , ga mengonsumsi apapun , cuma mengonsumsi makanan yang biasa dimakan sama kayak sebelom hamil. anaknya ga alergi apa - apa.

apa ngaruh ya , kalo kita berusaha menyehatkan badan kita pake ini dan itu , malah punya alergi ?

serendipity
04-02-2013, 07:38 PM
^ kayanya gak terlalu ngaruh sih Ly

temenku biasa aja ekonominya, tapi alerginya banyak juga. Yang ekonominya mapan ada juga yg alerginya ga sebanyak yg ekonominya rendah

AsLan
04-02-2013, 09:55 PM
ya intinya penyebab seseorang menderita alergi itu masih misterius, sama seperti penyebab asma, juga belum ketahuan secara pasti.

etca
04-02-2013, 11:49 PM
err babe pernah berkata, tentang salah satu yang diduga penyebab gw asma ... *ga tahu bener atau enggaknya*
waktu masih bayi, lahir dari rahim nyokap. ama susternya dibersihinnya ga tuntas. sempat jeda gitu.
pas dokter kandungannya ngeh kalau gw ini anaknya babe. *halagh.. pake acara beginian ::doh::
langsung diminta bersihin ulang, terutama kotoran yang di hidung.

gw inget waktu kecil alergi debu n hawa dinginnya peka banget.
sampaisampai di atas gw tempat bobo, dipasang lampu bolam yang wattnya gede.
supaya anget. *berasa kek anak ayam aja ;D

AsLan
05-02-2013, 12:35 AM
udah pasti gak bener tuh :))

serendipity
05-02-2013, 04:59 PM
err babe pernah berkata, tentang salah satu yang diduga penyebab gw asma ... *ga tahu bener atau enggaknya*
waktu masih bayi, lahir dari rahim nyokap. ama susternya dibersihinnya ga tuntas. sempat jeda gitu.
pas dokter kandungannya ngeh kalau gw ini anaknya babe. *halagh.. pake acara beginian ::doh::
langsung diminta bersihin ulang, terutama kotoran yang di hidung.

gw inget waktu kecil alergi debu n hawa dinginnya peka banget.
sampaisampai di atas gw tempat bobo, dipasang lampu bolam yang wattnya gede.
supaya anget. *berasa kek anak ayam aja ;D

setau gw orang yg kena asma, kadar stressnya jauh lebih besar dari orang lain.. atau emang udah bakat asma dari dulu

lily
05-02-2013, 06:00 PM
Saya kalo di hawa dingin , asma euy.

Stres lumayan sering sih , dikit - dikit kepikiran.

Murni Adiwiyono
19-02-2013, 04:29 PM
Mungkin memang banyak anak orang kaya yang banyak terkena alergi, tapi yang saya tahu banyak juga anak orang yg gak punya atau pas-pasan yg bisa terkena alergi. Miisalnya alergi debu dan alergi dingin. Karena saya termasuk yang alergi dingin. Banyak teman saya sampai bilang saya katro atau ndeso karena tidak suka kerja di ruangan ber-ac, tapi ya biariin deh daripada badan saya yang bentol-bentol.
Pernah saya ke dokter karena alergi saya sudah parah, jadi tiap pagi dan sore badan saya bentol2 alias biduran (bhs Jawa), akhirnya diberi obat dan saran dari dokter harus memperanyak mengkonsumsi sayuran dan buahan2an, serta makanan yang mengandung kalsium.

Porcelain Doll
19-02-2013, 07:59 PM
Biduran ya? Akhir2 ini kayanya alergi dingin g pindah atau berkembang jadi gatel2
Kalo dulu dingin sedikit sinusnya langsung kambuh, sekarang jadi gatel2 di bagian kaki aja.
Pernah ke dokter dan dikasih obat cuma kayanya ga mempan dan g juga kurang suka kalo harus minum obat terus

AsLan
19-02-2013, 09:56 PM
bagi yg sering biduran karena hawa dingin, cobain sarannya serendipity tuh... cepet2 minum vitamin C 1000ml

lily
20-02-2013, 09:33 AM
maksudnya UC 1000 ya ?

pas saya alergi kemaren yang sampe bersin terus , saya sehari minum 3 botol UC 1000 , tapi kok tetep pilek ya ?

ga berasa membaik , akhirnya saya minum CTM. besoknya baru sembuh.

AsLan
20-02-2013, 10:04 AM
berarti gak mempan, ya udah minum obat aja.

btw lain kali jangan minum vitamin C lebih dari 1000mg sehari.

kupo
20-02-2013, 10:07 AM
jangan terlalu banyak vitamin C.. kalau over ga baik buat tubuh lo..


Kebutuhan Vitamin C sehari-hari adalah 60 mg - 100 mg per hari pada kondisi normal dan pada kondisi tidak normal bisa meningkat 2 kali lipat. Tubuh hanya bisa menyimpan 100 mg / kg BB atau rata -rata 6 g. Karena sifatnya larut air, maka yang tidak digunakan akan di buang melalui urine dan tidak di simpan. Oleh karena itu setiap hari di butuhkan asupan yang seimbang.
( http://cybermed.cbn.net.id/cbprtl/cybermed/detail.aspx?x=Health+News&y=cybermed|0|0|5|4803)

http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2011/08/13134617111874704895.jpgkidsgen.blogspot.com

Efek Konsumsi Vitamin C dosis tinggi
Vitamin C dosis tinggi efeknya tidak selalu baik, karena kelebihan dari deposit sebanyak 6 gram akan di keluarkan melalui ginjal, Pada pemakaian jangka lama akan menyebabkan endapan sitrat pada sistem organo urinary tract dan menyebabkan kerusakan ginjal.
Vitamin C dosis tinggi yang digunakan secara parenteral (tidak melalui saluran pencernaan) dapat menyebabkan aritmia jantung dan kerusakan ginjal berat. Kegagalan penggunaan kontrasepsi oral yang mengandung etinil estradiol juga dilaporkan akibat penggunaan dosis besar. (http://jennyapril5.multiply.com/journal/item/11/VITAMIN_C_DOSIS_TINGGI_DAPAT_MENYEBABKAN_KANKER)
Efek lain adalah berkaitan dengan kanker, yaitu pada pemakain vitamin C dosis tinggi pada waktu yang lama (minimal 6 Minggu) maka akan merangsang terjadinya perubahan galur-galur DNA sel kita, sehingga dimungkinkan sel sel tubuh kita akan berprilaku menyimpang dan salah satunya menjadi sel metaplastik dan ini yang menjadi cikal bakal kanker tergantung pada DNA sel mana yang telah mengalami metaplastik tersebut.

http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2011/08/13134617901952860847.pnglivingintherealworld.net

Sekarang ini konsumsi Vitamin C dosis tinggi menjadi lifestyle orang-orang modern. Sebenarnya pemakaian dosis tinggi masih diperkenankan sepanjang tidak dilakukan dalam waktu yang lama seperti diatas, karena dosis tinggi dalam short time tersebut penting untuk meningkatkan cadangan/deposit yang mungkin turun sampai titik terendah menuju ke peaknya kembali -/+ 6000 mg. Tapi ini masih ada catatan bila tidak terdapat efek samping dari vitamin C tersebut terhadap organ lain, misalnya terhadap lambung, gastritis, ulkus peptikum, dll.

sumber (http://kesehatan.kompasiana.com/makanan/2011/08/16/efek-vitamin-c-dosis-tinggi-387132.html)

lily
20-02-2013, 10:22 AM
wih ternyata gawat juga ya efeknya buat tubuh...

bisa ginjal dan kanker...


Efek lain adalah berkaitan dengan kanker, yaitu pada pemakain vitamin C dosis tinggi pada waktu yang lama (minimal 6 Minggu)

ehm ini maksudnya kanker beneran ato kantong kering ? ::ngakak2::

syukurlah saya baru mengonsumsi UC 1000 3 botol selama 2 minggu , belom terlambat untuk berhenti.

btw sekarang sih saya minum CDR sehari 2 kali , bole ga sih ?

kupo
20-02-2013, 01:31 PM
cdr sehari minum sekali saja udah cukup, karena CDR mengandung vitamin C dosis tinggi.. 1000mg..
kalau minum lebih dari satu, tubuh tidak mampu menyerap, akhirnya dibuang lewat kencing atau keringat.. percuma malajh bikin ginjal kerja ekstra

AsLan
20-02-2013, 09:44 PM
gw juga minum CDR tiap hari, tapi...

satu tablet gw pecahin jadi kecil2, mungkin jadi 5-7 butir, jadi sehari paling cuma 100 mg lebih.
gw sayang ginjal, soalnya selain vitamin c gw juga minum suplemen kalsium dan sering makan daging, semua itu membebani ginjal.

jadi makan suplemen boleh2 aja, cuma dosisnya kecil.

lily
20-02-2013, 09:52 PM
hmm... gitu ya...

saya juga minum macem - macem sih...

saya pikir minum CDR gapapa hiks...

abis dulu pas menyusui , saya juga tiap hari minum CDR. soalnya kan bagus buat tulang dll...

sekarang sih juga minum obat dokter ada 3 buah tiap malem sebelom bobo ama CDR sehari 2 kali. ::arg!::

hari ini gara - gara baca thread ini , udah saya kurangi jadi 1.

kupo
22-02-2013, 08:55 AM
dari pada minum 1 macam suplemen dalam dosis banyak (cdr + UC 1000) mendingan minum cdr sekali saja trus tambahin minum madu, atau suplemen lain yg fungsinya beda.. biar tidak overdosis .. :)

lily
22-02-2013, 09:03 AM
Kemaren CDR abis , belom minum lagi.

Madu saya juga minum sih.

Trus minum bird nest juga.

Ama susu Amino Collagen Premium.

Kalo kayak susu ama bird nest ama madu gitu , apa juga memperberat kerja ginjal ?

kupo
22-02-2013, 09:53 AM
buseet ... lengkap amat minum suplemen nya.. ::hihi:: .. kalau kebanyakan suplemen juga tidak baik lo.. minumnya di gilir saja hari ini apa, besok yg lainnya ..:D
saya tidak tahu apakah susu, bird nest dan madu memperberat kerja ginjal. saya cuma pernah dengar kalau susu sifatnya asam, jadi kalau lambung bermasalah, minum susu bisa bikin tambah parah.
kalau madu saya dengar sebaiknya diminumnya dicampur dengan air putih, jangan langsung ditelan gitu saja.. tapi alasannya kenapa saya tidak tahu.

Btw, saya punya saudara yang turun temurun berprofesi jadi sinshe, dia punya toko obat / jamu. nah sekarang dia baru riset soal autis pada anak, menurut dia hampir semua anak yang autis itu lahir dari orang tua yang cukup mapan, berpendidikan dan mampu secara ekonomi serta kebanyakan tinggal di kota besar.
nah orang tua ini kebanyakan pada waktu hamil mereka minum berbagai suplemen yang membantu perkembangan otak janin. dan setelah bayi lahir dan agak besar, ternyata mengidap autis. saudara saya ini curiga ada hubungan antara suplemen yg diminum untuk membantu pertumbuhan otak dengan autis pada anak. karena banyak anak autis yang otaknya sangat cerdas.

terlepas dari benar atau tidaknya kecurigaan saudara saya itu, saya jadi agak ngeri untuk makan berbagai suplemen secara berlebih, saya pikir lebih aman kalau suplemen dikonsumsi secukupnya saja. :)

lily
22-02-2013, 10:03 AM
lo ? kupo kan cowok , ga bakal lairin baby dong...

soal autis... saya mo cerita nih...

ada temen Mama , punya anak. anaknya kan hamil , trus selama hamil makan seafood tiap hari supaya anaknya pinter. segala macem seafood dimakan.

pas lahir , anaknya autis.

trus sample rambutnya diambil , dikirim ke Amerika. di test disana , ternyata ketauan anak ini tercemar mercury dari seafood yang dimakan ama Mamanya selama hamil.

makanya pas hamil , saya ga ngoyo makan seafood sih , dan saya selalu makan yang matang banget.

kalo soal suplemen , saya minum dari dokter sih.

trus sisanya , kayak bird nest ama susu Amino itu , saya minum sejak saya belom hamil.

pengen kulit halus sih.

pertama minum bird nest , batuk - batuk saya , lama - lama sih udah enggak.

kalo madu sesekali sih...

saya masi ingat temen saya cerita...

pas hamil anak pertama , dia banyak minum suplemen , setelah lahir , anaknya alerginya banyak.

pas hamil anak kedua , dia ga minum suplemen apapun , setelah lahir , anaknya ga alergi apa - apa.

ngaruh gitu ya ???

kupo
22-02-2013, 10:21 AM
lo ? kupo kan cowok , ga bakal lairin baby dong...

soal autis... saya mo cerita nih...

ada temen Mama , punya anak. anaknya kan hamil , trus selama hamil makan seafood tiap hari supaya anaknya pinter. segala macem seafood dimakan.

pas lahir , anaknya autis.

trus sample rambutnya diambil , dikirim ke Amerika. di test disana , ternyata ketauan anak ini tercemar mercury dari seafood yang dimakan ama Mamanya selama hamil.

makanya pas hamil , saya ga ngoyo makan seafood sih , dan saya selalu makan yang matang banget.

kalo soal suplemen , saya minum dari dokter sih.

trus sisanya , kayak bird nest ama susu Amino itu , saya minum sejak saya belom hamil.

pengen kulit halus sih.

pertama minum bird nest , batuk - batuk saya , lama - lama sih udah enggak.

kalo madu sesekali sih...

saya masi ingat temen saya cerita...

pas hamil anak pertama , dia banyak minum suplemen , setelah lahir , anaknya alerginya banyak.

pas hamil anak kedua , dia ga minum suplemen apapun , setelah lahir , anaknya ga alergi apa - apa.

ngaruh gitu ya ???

oh iya.. saya lupa kalau saya cowok.. ::doh:: ...... ::hihi::


maksud saya itu contoh saja.. kalau ada sesuatu yg di boost secara berlebih mungkin menghasilkan sesuatu yang tidak kita harapkan.

menurut wikipedia:
Alergi atau hipersensitivitas tipe I adalah kegagalan kekebalan tubuh (http://id.wikipedia.org/wiki/Tubuh) di mana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umumnya imunogenik (antigenik) atau dikatakan orang yang bersangkutan bersifat atopik. Dengan kata lain, tubuh manusia bereaksi berlebihan terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing dan berbahaya, padahal sebenarnya tidak untuk orang-orang yang tidak bersifat atopik. Bahan-bahan yang menyebabkan hipersensitivitas tersebut disebut alergen (http://id.wikipedia.org/wiki/Alergen).

nah mungkin teman lily yg waktu hamil minum suplemen, anaknya punya daya tahan tubuh yg berlebih atau over karena terpicu oleh suplemen yg diminum... ..itu mungkin saja kan? ::ungg::

lily
22-02-2013, 12:15 PM
jadi benernya pas hamil , perlu ga minum suplemen ? or vitamin alami dari makanan ?

kupo
22-02-2013, 12:23 PM
menurut saya lebih baik vitamin alami dari makanan, suplemen seperlunya saja.. atau minum suplemen kalau dianjurkan dokter

lily
22-02-2013, 12:28 PM
makacih ya kupo :) keabisan thanks... :nangis2: