PDA

View Full Version : - Bentrok Etnis Bali dan Etnis Samawa -



lily
22-01-2013, 06:35 PM
http://thumbnails104.imagebam.com/23346/3b99f1233458343.jpg (http://www.imagebam.com/image/3b99f1233458343)



Kerusuhan antaretnis terjadi di kabupaten Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat, Selasa (22/1/2013). Bentrokan itu terjadi antara etnis Bali dan etnis Samawa atau Sumbawa .

Hingga sore ini, tercatat 5 mobil dan 4 rumah serta 1 Hotel Tambora milik warga Bali dirusak dan dibakar warga Sumbawa. Meski begitu, dilaporkan belum ada korban jiwa maupun luka dari etnis Bali akibat kerusuhan ini.

Kerusuhan itu berawal dari adanya informasi meninggalnya seorang gadis etnis Sumbawa dengan tubuh penuh luka lebam dan pakaian dalam robek. Namun saat keluarga korban melaporkan hal tersebut ke Mapolres Sumbawa, pihak kepolisian justru menyatakan gadis tersebut tewas akibat kecelakaan, sementara keluarga korban mengaku anak gadisnya ini berpacaran dengan seorang anggota polisi dari etnis Bali.

Akibatnya, siang tadi warga melakukan aksi unjuk rasa di depan Mapolres Sumbawa Besar, namun karena jawaban dari pihak kepolisian tetap sama, warga akhirnya melakukan perusakan dan pembakaran di sepanjang Jalan Baru dan Jalan Tambora yang letaknya tak jauh dari Mapolres Sumbawa Besar.


sumber : http://news.liputan6.com/read/494134/sumbawa-rusuh-5-mobil-dan-4-rumah-dibakar


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Meskipun Sultan Sumbawa, Bupati dan Ketua DPRD Sumbawa serta Dandim 1607 telah menemui massa, namun suasana di Sumbawa besar semakin mencekam. Hotel Tambora yang tepat berada di samping kantor Bupati Sumbawa akhirnya dibakar massa.
Api mulai terlihat sekitar pukul 17.45 wita bermula dari Toko Dinasti yang sebelumnya telah dijarah massa dan saat ini kobaran api semakin membesar. Ribuan massa berkerumun didepan Hotel tersebut.

Beberapa rumah, mobil, dan sepeda motor dilokasi berbeda juga ikut dibakar massa.

Meskipun Kapolda NTB sudah berada di kantor Bupati Sumbawa, namun kerusuhan tetap melebar.

Bahkan beberapa teriakan massa mensyaratkan, aksi tidak akan berhenti sampai ditemukannya oknum Polisi bernama ES yang diduga telah melakukan pembunuhan terhadap mahasiswi Sumbawa.


sumber : http://www.sumbawanews.com/berita/kerusuhan-sumbawa-hotel-tambora-dibakar-massa

lily
22-01-2013, 07:19 PM
TNI dan Polri Tidak Berkutik, Massa Bongkar Habis Toko Dinasti



http://thumbnails101.imagebam.com/23347/f6560a233460232.jpg (http://www.imagebam.com/image/f6560a233460232)
( Massa menjarah toko Dinasti)


Aksi massa yang menuntut pengungkapan meninggalkannya seorang mahasiswa Sumbawa berujung pada kerusuhan yang disertai penjarahan beberapa toko dan kios yang berada di Sumbawa Besar, Selasa (22/01). Salah satu toko menjadi Korban adalah toko Dinasti yang tepat berada disamping Hotel Tamboran dan depan RSUD Sumbawa.

Meskipun aparat TNI dari Dandim 1607 dan aparat dari Polres Sumbawa berada di lokasi kerumunan massa, namun aparat tersebut tidak bisa berbuat banyak. Aparat hanya coba melokalisir lokasi penjarahan dan kerusuhan.

Massa terus mengobrak-abrik Toko Dinasti, hampir semua isi toko tersebut dikeluarkan dan terdengar suara hantaman keras dari dalam toko tersebut.



http://thumbnails107.imagebam.com/23347/8e936b233460242.jpg (http://www.imagebam.com/image/8e936b233460242)
( oknum masyarakat yang berhasil membawa hasil jarahan)


Massa yang berhasil mendapatkan jarahan dari toko tersebut kemudian membawanya kerumah masing-masing, bahkan Sumbawanews berhasil mendokumentasikan sebuah sepeda motor yang sedang membawa sekarung barang dari lokasi jarahan.

Sekitar pukul 17.33 wita, Kapolda NTB mendarat menggunakan Helikopter di Kantor Bupati Sumbawa dan langsung mengadakan rapat koordinasi di Kantor Bupati Sumbawa. Selain dihadiri oleh jajaran Muspida Sumbawa, rapat tersebut juga dihadiri oleh Sultan Sumbawa.

Hingga berita ini dionlinekan, massa tetap melakukan penjarahan. Bahkan beberapa teriakan massa mensyaratkan, aksi tidak akan berhenti sampai ditemukannya oknum Polisi bernama ES yang diduga telah melakukan pembunuhan terhadap mahasiswi Sumbawa.

Massapun berupaya membakar Pura lainnya yang berada di sekitar Sumbawa, namun upaya ini bisa diantisipasi oleh aparat keamanan setempat.

sumber : www.sumbawanews.com

---------- Post Merged at 07:19 PM ----------


Kerusuhan Sumbawa, Foto-Foto Ratusan Pasien Dievakuasi ke Bandara


Kerusuhan di Sumbawa semakin melebar, ratusan pasien yang berada di RSUD Sumbawa ikut dievakuasi ke dua lokasi yakni RS Rujukan NTB dan Bandara Sultan Kaharuddin IV.

Berikut Foto-foto evakuasi pasien dari RSUD Sumbawa:



http://thumbnails104.imagebam.com/23347/f1140c233460633.jpg (http://www.imagebam.com/image/f1140c233460633) http://thumbnails108.imagebam.com/23347/268222233460680.jpg (http://www.imagebam.com/image/268222233460680) http://thumbnails101.imagebam.com/23347/a213a3233460696.jpg (http://www.imagebam.com/image/a213a3233460696) http://thumbnails104.imagebam.com/23347/220cb5233460698.jpg (http://www.imagebam.com/image/220cb5233460698) http://thumbnails106.imagebam.com/23347/163d66233460701.jpg (http://www.imagebam.com/image/163d66233460701) http://thumbnails104.imagebam.com/23347/3de0ca233460703.jpg (http://www.imagebam.com/image/3de0ca233460703) http://thumbnails104.imagebam.com/23347/f9cb38233460707.jpg (http://www.imagebam.com/image/f9cb38233460707) http://thumbnails103.imagebam.com/23347/9e420f233460709.jpg (http://www.imagebam.com/image/9e420f233460709) http://thumbnails104.imagebam.com/23347/6a2ee0233460711.jpg (http://www.imagebam.com/image/6a2ee0233460711) http://thumbnails103.imagebam.com/23347/020394233460714.jpg (http://www.imagebam.com/image/020394233460714) http://thumbnails106.imagebam.com/23347/61378f233460716.jpg (http://www.imagebam.com/image/61378f233460716) http://thumbnails107.imagebam.com/23347/d5b8b0233460719.jpg (http://www.imagebam.com/image/d5b8b0233460719) http://thumbnails104.imagebam.com/23347/ddc07c233460721.jpg (http://www.imagebam.com/image/ddc07c233460721)

opi77
22-01-2013, 09:40 PM
Kenapa etnis bali lagi yah...dilampung dulu juga etnis bali yang diserang...ini kronoligisnya gimana??

AsLan
22-01-2013, 09:42 PM
Semakin lemah sebuah pemerintah, semakin beringas kelompok2 masyarakat.

Semakin kacau penegakkan hukum disebuah negara, semakin banyak masyarakat berupaya menegakkan hukumnya sendiri.

TheCursed
23-01-2013, 06:35 AM
Si oknum polisi-nya kelupaan buat di usut deh... ::doh::

lily
23-01-2013, 07:03 AM
Kerusuhan itu berawal dari adanya informasi meninggalnya seorang gadis etnis Sumbawa dengan tubuh penuh luka lebam dan pakaian dalam robek. Namun saat keluarga korban melaporkan hal tersebut ke Mapolres Sumbawa, pihak kepolisian justru menyatakan gadis tersebut tewas akibat kecelakaan, sementara keluarga korban mengaku anak gadisnya ini berpacaran dengan seorang anggota polisi dari etnis Bali.

Bahkan beberapa teriakan massa mensyaratkan, aksi tidak akan berhenti sampai ditemukannya oknum Polisi bernama ES yang diduga telah melakukan pembunuhan terhadap mahasiswi Sumbawa.

Ini lo awal mulanya... Kenapa etnis Bali yang diserang.

Btw benernya ini berlangsung dari pagi. Kemaren ada sodara dari Sumbawa tulis status "Pray For Sumbawa". Tanya - tanya , baru dia cerita. Cuma saya googling belom ada beritanya. Ya udah tunggu ada berita aja baru post disini -> males ::hihi::

opi77
23-01-2013, 08:38 AM
Kok gak ada diberita yah..di detik pun gak ada...

Masyarakat sana gak percaya ama polisi tapi sayang banget malah bikin semuanya rugi...orang yang gak ada hubunganya juga ikut2an menderita..

noodles maniac
23-01-2013, 09:00 AM
Ada pi, gw tadi liat kok di tipi. Kerusuhan ini katanya juga berbarengan dengan ultah kota Sumbawa. Ada kaitannya gak yah? :mikir:

opi77
23-01-2013, 09:07 AM
Maklum jarang nonton tv...hehehehe...

Urzu 7
23-01-2013, 09:28 AM
Perang hanya karena seorang wanita::doh::
Jadi inget helen of troy

lily
23-01-2013, 09:49 AM
Kalo menurut saya sih bukan karena seorang wanita sih. Tapi lebi ke arah etnis kayanya.

Coba kalo wanitanya dari etnis yang sama , ga bakal seheboh ini.

Kalo dihubungin ama ultah kota Sumbawa , ga ada hubungannya kayanya , soalnya banyak fasilitas umum dibakar abis dan dijarah.

Bener - bener dimana sih otaknya ?

Emang bangun rumah sakit , hotel , beli mobil ga pake uang apa ???

Padahal ada yang mahasiswa lo , tapi kok kayak ga sekolah sih ?

jebret
23-01-2013, 12:01 PM
memang ada yang sengaja ngomporin kyknya

BundaNa
23-01-2013, 12:13 PM
bukannya biasa ya, orang sumbawa berkelahi sama orang bali? pas masih di lombok suka denger cerita begitu sih

opi77
23-01-2013, 02:28 PM
Soal SARA paling gampang dikompor2in..polisi ampe gak bisa berbuat apa2..

hajime_saitoh
23-01-2013, 07:28 PM
menurut sumber yang sangat bisa dipercaya.. jadinya ada anak gadis yang masuk RS dan tewas di RS menurut Laporan polisi si gadis itu tewas karena kecelakaan... namun pihak keluarga yang melihat jenazah korban menemukan keanehan karena sekujur tubuh korban banyak luka lebamnya.. dan hal ini dibenarkan oleh pihak RS.. hal ini memmbuat pihak keluarga berang karena ternyata polisi tidak mengindahkan laporan pihak keluarga sehinga kurang dalam hitungan jam massa yang mengamuk dan melakukan pembakaran sebagaimana yang ada di media2..

sebagai catatan... kehidupan etnis Bali dan Samawa memang sudah tidak harmonis dari dulunya.. jadi sedikit saja ada api pasti jadi kebakaran... ini juga didukung dengan sikap dan watak masyarakat samawa yang sangat keras...

noodles maniac
23-01-2013, 07:35 PM
bukannya biasa ya, orang sumbawa berkelahi sama orang bali? pas masih di lombok suka denger cerita begitu sih

Gw malah sering denger cerita orang Bali berantem sama orang Lampung, diceritain langsung sama temen gw yang pernah kuliah disono -_-

Berantem antar etnis ini emang gak bisa dicegah ya? kalo ditanya siapa yang duluan/salah mah gak bakal beres :kesal:

opi77
23-01-2013, 07:39 PM
Kalo udah bawa2 nama etnis atau rs udah susah...pasti gampang banget dikomporin dan ceritanya ada yang dilebih2in..

hktoyshop
23-01-2013, 11:56 PM
wah baha ya banget ya
kenapa harus ada yang perang lagi

ndableg
24-01-2013, 12:28 AM
Provokatornya sapa? Pulisi lagih...