PDA

View Full Version : [Berita] Mantan Menteri Malaysia: Habibie Pengkhianat Bangsa



BundaNa
13-12-2012, 11:54 AM
Gwe nyari2 link aslinya ternyata udah diapus sama Utusan. Dapet kopiannya di kompas.com


Presiden Indonesia ketiga, Bacharuddin Jusuf Habibie, yang mencatatkan sejarah sebagai Presiden Indonesia paling tersingkat, tersingkir karena mengkhianati negaranya, telah menjadi tetamu kehormat kepada Ketua Umum Parti Keadilan Rakyat Anwar Ibrahim baru-baru ini.

Beliau diberikan penghormatan untuk memberi ceramah di Universiti Selangor (Unisel).

Beliau disingkirkan setelah menjadi Presiden Indonesia hanya selama 1 tahun 5 bulan kerana bersetuju dengan desakan Barat supaya mengadakan pungutan suara ke atas penduduk Timor Timur dalam Wilayah Indonesia menyebabkan Timor Timur terkeluar daripada Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 30 Ogos 1999.

Beliau mengakhiri jawatan dalam kehinaan setelah menjadi presiden sejak 20 Oktober 1999.

Beliau juga telah menyebabkan berlakunya perpecahan rakyat Indonesia kepada 48 parti politik yang mengakibatkan keadaan politik negara itu dalam porak-peranda hingga kini.

Adalah suatu hal yang agak menarik dan lucu bila Anwar Ibrahim dalam ucapan aluannya menimbulkan keupayaannya ketika menjadi Timbalan Perdana Menteri dan ketika Habibie menjadi Presiden Indonesia dapat menyelesaikan masalah Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Ia memberikan gambaran bahawa sekiranya kuasa dikembalikan semula kepada mereka maka pastinya akan dapat menyelesaikan semua masalah antara kedua-dua negara.

Barangkali ramai yang hadir di majlis pidato itu yang tidak tahu tentang sejarah Habibie telah terpesona dengan syarahan dan ceritanya, tetapi saya terpegun merenung persamaan watak, tugas dan nasib yang sama kedua-dua bekas pemimpin besar itu.

Habibie menjadi gunting dalam lipatan terhadap Presiden Indonesia Suharto walaupun Suharto yang membawanya kembali dari Jerman untuk kemudiannya menjadi wakil Presiden dan demikian juga yang dilakukan oleh Anwar Ibrahim terhadap Tun Dr. Mahahtir Mohamad ketika beliau menjadi Timbalan Perdana Menteri setelah dipungut daripada ABIM.

Bagaimana pun Habibie sempat menjadi Presiden dan mengkhianati bangsa dan negaranya setelah menjadi Presiden, tetapi Anwar mahu menyerahkan negara ini kepada IMF dan New Imperialis sebelum sempat menjadi Perdana Menteri. Allah telah menyelamatkan rakyat Malaysia.

Apakah tujuan Anwar menjemput "pengkhinat" bangsa Indonesia ini ke Malaysia. Dia tidak mempedulikan perasaan rakyat Indonesia kerana mungkin mereka telah sekata hendak menunjukkan kebesaran dan keagungan masa silam mereka untuk melindungi dosa besar mereka dan mungkin masing-masing berangan-angan bahawa zaman besar itu akan datang semula.

Kepada saya yang menjadi kenangan besar tentang Habibie ialah dia telah membuat tetamu termasuk Perdana Menteri Tun Dr. Mahathir terpaksa menunggu kedatangannya dari Jakarta lebih dari dua jam di IKIM Kuala Lumpur untuk mendengar ucapannya (ketika itu dia belum jadi presiden). Barangkali Dr. Ismail Ibrahim, kekas Ketua Pengarah IKIM masih ingat peristiwa pahit ini.

Beliau sengaja melakukan ini untuk menunjukkan "aku lebih besar" dan ucapannya yang penuh dengan keegoan begitu panjang sehingga ke peringkat memualkan hadirin, tetapi Dr. Mahathir tetap menunggu dengan setia.

Inilah jenis manusia yang dibawa oleh Anwar Ibrahim ke negara ini dari semasa ke semasa untuk membantunya dalam politik dan jemputannya kali ini pun untuk tujuan menunjukkan "kami berdua masih besar."

Saya tidak tahu bagaimana terseksanya para hadirin di Unisel mendengar ucapan manusia yang egonya amat tinggi, apatahlah lagi mendapat peluang berucap kepada orang yang dianggap bodoh sesudah sekian lama tidak mendapat kesempatan berucap kepada rakyat Indonesia yang tidak lagi mahu mendengarnya dan tidak lagi menghormatinya.

Pada hakikatnya mereka berdua tidak lebih daripada "The Dog Of Imperialism".

gwe sih yakin Habibie cuman nyengir aja baca artikel di atas, karena pada dasarnya itu tidak berpengaruh apapun terhadap kenyataan bahwa Habibie bagian dari sejarah reformasi bangsa ini.

Tapi yang gwe heran, kog bisa2nya itu manusia malaysia menyatakan Habibie pengkhianat? Suharto terpaksa turun BUKAN atas paksaan HABIBIE, tapi SUHARTO tahu, justru dengan DIAM bertahan JADI PRESIDEN, dia juga yang bakal diganyang, makanya DIA memilih MUNDUR. Masak mantan menerti penerangan malaysia model si Zainudin kagak tahu kronologis beritanya? GEBLEK

Habibie dirayu SUharto untuk PULANG ke INDONESIA padahal blio sudah ENAK di sana, karena Suharto menganggap INDONESIA membutuhkan tenaga dan pikiran HABIBIE jika INDONESIA ingin menjadi NEGARA INDUSTRI, bukan DIPUNGUT seperti ulasan menteri OON itu.

Habibie pun memang TIDAK LAGI mencalonkan diri menjadi PRESIDEN di pilihan selanjutnya KARENA dia MENYADARI posisinya sebagai BAGIAN dari REZIM LAMA yang tidak dipercaya OLEH manusia2 yang (ngaku) reformis yang sedang menguasai SENAYAN. BUKAN karena DIDEPAK. DANGKAL itu ZAinudin.

Habibie sendiri diberitakan santai menghadapi artikel GAK MUTU tersebut. Reaksi justru datang dari DPP RI yang mengajukan nota protes ke malaysia. Anwar Ibrahim sendiri bilang ZAinudin rasialis, dan dia cerminan dari UMNO yang AROGAN.


Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Priyo Budi Santoso menilai pernyataan mantan Menteri Penerangan Malaysia Zainudin Maidin dapat memanaskan hubungan Indonesia-Malaysia. Zainudin menyebut Presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie sebagai penghianat bangsa.

"Pernyataan itu tidak pantas, pernyataan orang linglung," kata Priyo di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (11/12/2012).

sambel (http://internasional.kompas.com/read/2012/12/11/17311193/Sebut.Habibie.Pengkhianat.Zainudin.Linglung.)

kalau gak salah baca, Hanung Bramantyo pun bereaksi keras. Beberapa elemen masyarakat Malaysia pun menganggap Zainudin salah dan Habibie dihormati oleh orang Malaysia.

Kalau gwe bilang, itulah wajah pemerintah Malaysia. AROGAN

Tapi gwe seneng sama komentar Habibie nih


Menanggapi polemik tersebut, Habibie tidak terlalu pusing. Ia hanya tertawa. "Kalau ada yang menghina Anda, anggap aja sebagai sebuah pujian, bahwa dia berjam-jam memikirkan Anda, sedangkan Anda tidak sedetik pun memikirkan dia," kata Habibie seperti ditulis akun Twitter Habibie Center (@habibiecenter).

for cool (http://internasional.kompas.com/read/2012/12/11/22113061/Link.Artikel.soal.Habibie.Hilang.dari.Website.Utus an.Malaysia)

Cool Pak Habibie...Mungkin kalau si Zainudin ini kagak bikin heboh sama artikel itu, ORANG INDONESIA kagak ada yang KENAL DIA

opi77
13-12-2012, 12:10 PM
kalo menurut gue sich DPR lebay ampe bikin nota protes segala...malah salut ama habibie yang santai dan tanggapan dia yang bikin dia sebernya lebih berjiwa besar daripad DPR...

kalo soal arogan sich gak tau yah...tapi sekarang malaysia mo pemilu trus dukungan kepada pemerintah lagi turun2nya..jadi segala cara di pake..salahnya dia malah bikin blunder sendiri...tujuannya mo jatuhin anwar ibrahim tapi kok dibandingin ama habibie..harusnya dia kasih contoh mahathir aja cukup gak usah bandingin ke tokoh negara lain

BundaNa
13-12-2012, 12:13 PM
^justru mestinya UMNO intropeksi kenapa dukungan rakyat menurun kepada mereka? Bosen juga warganya didoktrin sama satu partai terus

opi77
13-12-2012, 12:33 PM
mereka bukan di doktrin sich kalo gue bilank...

Yang gue liat itu..mereka menyediakan apa yang rakyat perluin mulai dari tingkat pendidikan dari sd ampe sma mereka gratis kok...perguruan tinggi mereka dapat bantuan tiap semester gak liat apa mereka kaum melayu,cina atau india dan juga gak liat ip mereka berapa mo bego setengah mati atau pinter kaya apapun mereka dapat bantuan..kalo gak salah mereka dapat bantuan itu sekitar 15-20jtan ( gue lupa2 inget pasnya berapa)...trus kalo mereka sakit juga gratis kok..jadi penduduk malaysia udah nyaman ama diri mereka sendiri apanya yang mo di ubah...

Gara2 gerakan reformasi Indonesia aja mereka jadi agak kebuka dikit matanya kalo selama ini pemerintahnya juga korup..tapi sekorup2 pemerintahnnya gak separah di Indonesia..mereka masih mikirn rakyatnya kalo Indoensia udah korup gak peduli ama rakyatnya::arg!::::arg!::...itu yang bikin mereka masih adem ayem..

BundaNa
13-12-2012, 12:41 PM
^hu uh...yang itu tau, secara ekonomi rakyat malaysia dikenyangin, tapi secara sosial politik kan kagak

danalingga
13-12-2012, 01:19 PM
^ kan belajar dari soeharto, jadi polanya sama sih.
Yang penting rakyat kenyang, pasti aman.

opi77
13-12-2012, 01:23 PM
^^^...
agree...

kalo udah kenyang semua aman...rakyat pasti nuntut kehidupan yang layak..dam pemerintahnya ngasih..cuma beberapa orang doank yang tertarik soal politik disana..buat yang merasa kenyang mereka mikir belum tentu ganti pemerintahan bakal kenyang juga atau malah carut marut kaya Indoensia???..mereka pasti lebih milih kenyang lah...

kandalf
13-12-2012, 01:28 PM
Ya.. Pak Harto mikir hal yang sama.
dan ketika krisis, gampang terjungkal.

Mubarok mikir hal yang sama
dan ketika krisis ekonomi, gampang terjungkal.

Percuma kalau cuma rakyat kenyang. Itu tergantung stabilitas ekonomi.

surjadi05
13-12-2012, 01:56 PM
Pendapat gw cuma 1 : Mr Habibie u are so cool::itrocks::::itrocks::

opi77
13-12-2012, 02:13 PM
ekonomi malaysia stabil kok pas kena krisis waktu 98 kalo gak yah udah jatuh duluan mahatir..

perekonomian stabil trus rakyat kenyang apa yang mo diributin???

kandalf
13-12-2012, 02:23 PM
^^
Coba ke perpustakaan dan baca2 lagi koran2 pada bulan2 menjelang Pak Harto turun.
Pak Harto itu plin-plan apakah menerima versi IMF atau versi pengetatan kurs yang satu lagi (lupa namanya apa).

Selain itu, ada empat yang tewas dan coba perhatikan... peristiwanya di Trisakti di mana banyak anak jendral. Kebetulan salah satunya adalah cucu jendral.

Dan perhatikan juga siapa saja yang berada di kabinet Suharto saat itu.


Ada rangkaian peristiwa beruntun dan itu gak terjadi di Malaysia dan karena itu, Mahathir selamat.
Itu bukan sekedar 'mengenyangkan perut'.

opi77
13-12-2012, 02:31 PM
semua peristiwa itu gak mungkin tanpa ada pemicunya...peristiwa kerusuhan 98 yang dimulai dari tewasnya mahasiswa trisakti gak mungkin terjadi kalo gak ada awalnya...

menurut gue sich itu udah jadi puncak kekesalahn masyarakat dan ditambah adanya pemicu kematian mahasiswa akhirnya meletusnya lah kerusuhan mei 98..

di Malaysia gimana mo bikin kerusuhan mo demo aja gak bole

kandalf
13-12-2012, 02:46 PM
Sebentar, Pi.
Sebenarnya gue pengen mengemukakan bedanya Mahathir dan Pak Harto tapi kayaknya gue mesti cek silang dulu sebelum nulis karena ingatanku mungkin salah.

Btw,
Malaysia juga terimbas krisis kok di tahun 97 itu. Tapi Mahathir memilih pengendalian ketat kurs.
Pak Harto tadinya kalau gak salah tertarik tapi tiba-tiba meninggalkan ide itu. Rasanya beliau sempat nyebut2 'CBS tidak sesuai dengan Pancasila' atau semacamnya...

opi77
13-12-2012, 02:56 PM
mahathir ama Pak Harto sama2 aja...sama2 bredel pers gak ada media yang berani ngelawan...sapa yang mengendalikan media dia yang menang...

tahun 97 semua asia tenggara kena krisis paling parah kalo gak salah waktu itu Thailand ama Indonesia..malaysia bikin pengendalian ketat kurs karena cadangan devisanya gede..thailand juga waktu itu ikut malaysia pengendalian kurs tapi kalo gak salah dalam waktu 2 hari cadangan devisa mereka ampir abis dan Indonesia yang cadangan devisanya gak gede milih IMF..dan Malaysia berhasil dengan cara pengendalian kurs sehingga ditendanglah anwar ibrahim dari kabinet mulai dari jabatan wakil perdana menteri,menteri keuangan dan juga wakil ketua UMNO..

CMIIW::maap::::maap::...

cha_n
13-12-2012, 03:09 PM
back to topic...

pertanyaan besarnya adalah, ngapain mantan menteri malaysia ngurusin RT orang lain? ngurusin habibie, ngomong jelek tetang tetangganya? emang urusan dia apah?
mirip ibu2 ga ada kerjaan tukang gosip di warung.
emang sengaja cari ribut aja... makin ga simpatik, arogan

kandalf
13-12-2012, 03:32 PM
^^
Dia gak suka Pak Habibie mengunjungi Anwar Ibrahim yang menurutnya 'musuh negara'.
Padahal yang mengundang dan yang dikunjungi Pak Habibie bukan Anwar Ibrahim melainkan universitasnya ... ralat.. universiti. :p

opi77
13-12-2012, 05:36 PM
namanya juga politik apa aja dipake...

coba yang ketemu badawi atau mahathir sendiri gak berani dia komen kaya gitu

cha_n
13-12-2012, 06:18 PM
ni orang sekelas ruhut atau sutan yang bocor gitu ya orangnya ?

jojox
13-12-2012, 09:55 PM
yep,

tpi memang gitu, target dari political twist itu kan sodara sebangsanya Mahatir sendiri.
Habibie mah cuman kambing congek aje, biasa. Batinnya Habibie....d a f u q :loltroll:
tpi gak papa, didzolimin malah banyak advantage-nya, terakhir SBY dikucilkan Mega skarang malah menjadi-jadi

l u c u but so true

Parameswara Li
13-12-2012, 10:21 PM
^justru mestinya UMNO intropeksi kenapa dukungan rakyat menurun kepada mereka? Bosen juga warganya didoktrin sama satu partai terus

Di tingkat federal, yang berkuasa di Malaysia itu Barisan Nasional. Tetapi Barisan Nasional bukan cuma UMNO saja, melainkan koalisi 13 partai seperti MCA, MIC, PBB, PBS, LDP, PRS, dsb. Maka partai-partai lain yang tidak ikut, otomatis menjadi oposisi.

Sedangkan di tingkat negara bagian, tidak semua negara bagian dikuasai Barisan Nasional. Saat ini ada 4 negara bagian yang dikuasai Pakatan Raya, yaitu Kelantan, Kedah, Penang dan Selangor. Pakatan Raya adalah koalisi dari 3 partai politik yaitu PKR, DAP, dan PAS. Secara resmi PKR dipimpin Wan Azizah Wan Ismail, namun seorang orang juga tahu bahwa pemimpin sebenarnya adalah suami Wan Azizah, yaitu Anwar Ibrahim.

Partai-partai lain yang tidak berkoalisi baik kepada Barisan Nasional maupun Pakatan Raya, berjuang sendiri-sendiri, seperti PRM, PPM, MDC, PCM, HRP, dsb.

ndableg
13-12-2012, 11:43 PM
^^
Coba ke perpustakaan dan baca2 lagi koran2 pada bulan2 menjelang Pak Harto turun.
Pak Harto itu plin-plan apakah menerima versi IMF atau versi pengetatan kurs yang satu lagi (lupa namanya apa).

Bukan plin plan.. ud mulai pikun aja kali.. apalagi ud ditinggal ratunya.

opi77
14-12-2012, 08:29 AM
kan dulu katanya yang berkharisma itu ibu tien...sejak beliau meninggal dunia pamornya Pak harto mulai pelan2 turun ampe puncaknya mei 98...

BundaNa
14-12-2012, 01:03 PM
bukan bahas pak harto sama mahathir...ini bahas si zainudin bawa2 nama Habibie cuma supaya dapet sensasi di Malaysia -_-