PDA

View Full Version : Komik Indonesia: Bara Betina - Perempuan sang tokoh utama.



lighterheaven
05-04-2011, 02:29 PM
http://a3.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/198031_10150152948677920_614932919_6417184_7346502 _n.jpg

Ayo datang dan dukung komik Indonesia! :)

kandalf
05-04-2011, 11:18 PM
Aku cuma pernah dengar empat nama..

Azisa Noor, Beng Rahadian, Alfi (Dua Warna, Vienetta), Is Yuniarto.

Sayang di Jakarta. Aku di Bali.
Dulu beberapa kali ke Salihara, tempat semedinya Goenawan Moehammad. :)

lighterheaven
06-04-2011, 07:33 AM
Aku cuma pernah dengar empat nama..

Azisa Noor, Beng Rahadian, Alfi (Dua Warna, Vienetta), Is Yuniarto.

Sayang di Jakarta. Aku di Bali.
Dulu beberapa kali ke Salihara, tempat semedinya Goenawan Moehammad. :)

Iya, komikusnya beberapa memang sudah veteran, hehehe..

Pamerannya lumayan lama kok, mudah2an sempet mampir ya bro.. :)
Iya, hehe, tempat semedinya oom GM tuh..

lighterheaven
10-04-2011, 04:52 AM
Guys, tadi malam acara pembukaan Bara Betina. Alhamdulillah sukses banget, banyak yang dateng dan mengapresiasi. Lewat post ini saya mau mengucapkan terimakasih buat semua yang udah support dan mendukung pameran ini, terutama supportnya buat komik Indonesia. Thanks! :)

Asum
10-04-2011, 08:05 PM
Kok jelek sekali judulnya : "Bara Betina" ?

Ini Betina ini nama orang atau gender ? :-/


Kalau gender, terlalu sekali dalam memilih kata betina bagi wanita .... [-X


-------------
betina (http://kamusbahasaindonesia.org/betina)
be.ti.na
[n] (1) perempuan (biasanya dipakai untuk binatang atau benda): ayam --; kasau --; kotot --; (2) cak pasangan (bagi binatang jantan): kijang jantan itu seakan-akan menangisi -- nya yg tertembak;

win66ih
10-04-2011, 10:23 PM
Kalau gender, terlalu sekali dalam memilih kata betina bagi wanita .... [-X


Emang yang lebih pantes yang kayak gimana ya? Puan? Hawa?
Betina di tesaurus bahasa Indonesiaku artinya perempuan kok :)
Pun masih relevan sama acaranya.


Kemaren dateng ke acara pembukaannya. Dan nama cuma nama karena nggak ngaruh ke jenis acaranya kaya apa. Kupikir sengaja dibikin gitu biar berkesan artsy dan catchy. Sama kayak jejaka petir dan semacamnya. Me likey btw.
Nggak ada diskredit gender atau apapun. Acara ini cuma menampilkan dan memperkenalkan beberapa karakter komik lokal dengan gender cewek yang emang liar dengan konotasi positif. Itu aja sih :)

Dan dengan sumber yang sama, betina (http://kamusbahasaindonesia.org/betina/mirip)pun masih punya banyak arti. :)

There, I put three smile in my post.

cha_n
10-04-2011, 10:34 PM
betina pada bahasa sehari2 memang berarti perempuan kok, baik hewan maupun manusia.
di kampungku nenek (perempuan) dipangging nek ino (singkatan dari nenek betino) biasa aja tauk.
makna peyoratif ada dari presepsi saat ini di daerah2 tertentu aja, ga semua. makna sebenarnya tetap perempuan

eniwei, selamat ya, moga komik indonesia maju terus!

Asum
11-04-2011, 12:14 AM
Emang yang lebih pantes yang kayak gimana ya? Puan? Hawa?

Sesuai bhs Indonesiai aja, wanita atau perempuan. cewek atau cowok yang memang khusus atau umum buat manusia.

Tapi betina ?


Betina di tesaurus bahasa Indonesiaku artinya perempuan kok :)

Iya kan saya juga lampirkan referensinya dari kamus online, dalam kamus tsb kan tidak disebutkan jantan, tapi perempuan hanya umumnya ditujukan bagi hewan. :D

Memang di tesaurus Bhs Indonesia disebutkan :
http://farm3.static.flickr.com/2049/3535498251_04ba997b5e_o.jpg (http://downloads.ziddu.com/downloadfile/4718218/TesaurusIndonesia.pdf.html.html)


betina n awewe, bini, cewek, dayang, hawa, istri, perempuan, puan, putri, wadon, wanita

Tapi apakah ini umum untuk menyebut gender wanita/perempuan sesuai bahasa Indonesia ?


Pun masih relevan sama acaranya.

Kemaren dateng ke acara pembukaannya. Dan nama cuma nama karena nggak ngaruh ke jenis acaranya kaya apa. Kupikir sengaja dibikin gitu biar berkesan artsy dan catchy. Sama kayak jejaka petir dan semacamnya. Me likey btw.
Nggak ada diskredit gender atau apapun. Acara ini cuma menampilkan dan memperkenalkan beberapa karakter komik lokal dengan gender cewek yang emang liar dengan konotasi positif. Itu aja sih :)

Baru tau saya jika "Betina" masih dianggap cukup sopan disematkan bagi manusia.


Dan dengan sumber yang sama, betina (http://kamusbahasaindonesia.org/betina/mirip)pun masih punya banyak arti. :)

There, I put three smile in my post.
Saya gak nyinggung soal acara, mau rame mau kagak bukan urusan saya. Saya hanya bertanya dan mempersalahkan nama judul "Bara Betina".

Tapi jika sebutan "Betina" anda anggap tidak mengapa, bagi saya mengapa. Dan ma'af saja, saya tidak suka dengan sebutan Betina karena tidak sesuai etika berbahasa Indonesia yang saya ketahui.

Asum
11-04-2011, 12:18 AM
betina pada bahasa sehari2 memang berarti perempuan kok, baik hewan maupun manusia.

bhs sehari-hari mana cha_n ? emangnya saya bukan orang Indonesia apa ? di daerah saya (sunda), nyebut betina itu kurang ajar, karena hanya buat binatang. Makanya saya pakai aturan bhs dan etika Indonesia supaya netral.


di kampungku nenek (perempuan) dipangging nek ino (singkatan dari nenek betino) biasa aja tauk.
makna peyoratif ada dari presepsi saat ini di daerah2 tertentu aja, ga semua. makna sebenarnya tetap perempuan

Iya saya tau, gak pernah betina artinya jadi laki-laki, ya perempuan lah :D

Kalau soal ke daerah, saya beda dengan kamu cha_n, karena di daerah saya gak ada etika nyebut manusia yang bergender perempuan dengan betina.
:)>-

lighterheaven
12-04-2011, 01:25 AM
Emang yang lebih pantes yang kayak gimana ya? Puan? Hawa?
Betina di tesaurus bahasa Indonesiaku artinya perempuan kok :)
Pun masih relevan sama acaranya.


Kemaren dateng ke acara pembukaannya. Dan nama cuma nama karena nggak ngaruh ke jenis acaranya kaya apa. Kupikir sengaja dibikin gitu biar berkesan artsy dan catchy. Sama kayak jejaka petir dan semacamnya. Me likey btw.
Nggak ada diskredit gender atau apapun. Acara ini cuma menampilkan dan memperkenalkan beberapa karakter komik lokal dengan gender cewek yang emang liar dengan konotasi positif. Itu aja sih :)

Dan dengan sumber yang sama, betina (http://kamusbahasaindonesia.org/betina/mirip)pun masih punya banyak arti. :)

There, I put three smile in my post.

Wah, terimakasih banyak Wing buat penjelasan lengkapnya.. dan juga terimakasih atas kesediaannya untuk datang ke pembukaan pameran ini. Dukungan kalian semua untuk komik lokal akan sangat bermakna.

Thank God kita punya copywriter jenius di KM ini, jadi kita bisa mengerti lebih dalam tentang tatabahasa dan ***** bengek linguistik lainnya (mohon maaf jika ada yang tersinggung dengan penggunaan kata "*****" disini).

Seperti yang telah dijelaskan oleh bro Wing, penggunaan kata betina disini sesuai dengan apa yang tertera di kamus bahasa Indonesia, yang diantaranya berarti wanita/perempuan. Tidak kasar, sesungguhnya, karena artinya ya begitu, manusia perempuan. Arti betina dalam kamus besar bahasa Indonesia tidak hanya terbatas pada penggunaan untuk hewan/binatang saja.

Jadi apabila dirasa kurang sopan, mungkin terdapat salah kaprah dalam pengertian kata "betina" itu sendiri, atau memang dalam bahasa daerah tertentu, itu dianggap kasar ya. Tetapi yakinlah, bahwa kata "Betina" disini sama sekali tidak bermaksud kasar dan tidak sopan.

Penggunaan kata "Betina" disini lebih memandang pada keunikan kata itu sendiri, karena kata itu jarang/tak lazim digunakan dan juga menjadi padanan yang manis dengan kata "bara".


betina pada bahasa sehari2 memang berarti perempuan kok, baik hewan maupun manusia.
di kampungku nenek (perempuan) dipangging nek ino (singkatan dari nenek betino) biasa aja tauk.
makna peyoratif ada dari presepsi saat ini di daerah2 tertentu aja, ga semua. makna sebenarnya tetap perempuan

eniwei, selamat ya, moga komik indonesia maju terus!

Ya, terimakasih untuk penjelasan tambahannya, dan juga supportnya pada komik Indonesia. :)


Sesuai bhs Indonesiai aja, wanita atau perempuan. cewek atau cowok yang memang khusus atau umum buat manusia.

Tapi betina ?


Iya kan saya juga lampirkan referensinya dari kamus online, dalam kamus tsb kan tidak disebutkan jantan, tapi perempuan hanya umumnya ditujukan bagi hewan. :D

Memang di tesaurus Bhs Indonesia disebutkan :
http://farm3.static.flickr.com/2049/3535498251_04ba997b5e_o.jpg (http://downloads.ziddu.com/downloadfile/4718218/TesaurusIndonesia.pdf.html.html)



Tapi apakah ini umum untuk menyebut gender wanita/perempuan sesuai bahasa Indonesia ?


Baru tau saya jika "Betina" masih dianggap cukup sopan disematkan bagi manusia.


Saya gak nyinggung soal acara, mau rame mau kagak bukan urusan saya. Saya hanya bertanya dan mempersalahkan nama judul "Bara Betina".

Tapi jika sebutan "Betina" anda anggap tidak mengapa, bagi saya mengapa. Dan ma'af saja, saya tidak suka dengan sebutan Betina karena tidak sesuai etika berbahasa Indonesia yang saya ketahui.

Nah, justru itu. Sebuah pameran seni itu biasanya menghindari kata yang umum. Banyak kata2 dalam bahasa Indonesia yang memang unik dan terdengar sangat "nyeni" seperti misalnya kata "saujana" dan sebagainya. Kata2 yang berbunyi seperti pilihan kosakata pujangga itulah yang biasanya dipilih sebagai judul pameran seni.
Mohon maaf bila anda tersinggung atau tidak suka dengan penggunaan kata ini, tetapi seperti anda sebutkan sendiri, di Thesaurus pun kata "Betina" ini tidak terbatas pada penggunaan untuk binatang saja, dan sebagai salah satu perwakilan pameran Bara Betina, lewat post ini saya menyampaikan bahwa penggunaan kata "Betina" pada judul pameran ini, sama sekali tidak bermaksud untuk merendahkan kaum hawa. :)

lighterheaven
12-04-2011, 01:32 AM
Ini ada beberapa dokumentasi dari malam pembukaan pameran Bara Betina kemarin (sabtu, 9 April 2011):

http://a2.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/208659_1547315217673_1678845033_973226_6603634_n.j pg

http://a5.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/205540_1547324297900_1678845033_973234_4545395_n.j pg

http://a2.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/215553_10150205069041407_692771406_8042193_3755528 _n.jpg

http://a7.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/215425_10150205069676407_692771406_8042212_5259532 _n.jpg

http://a1.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/215493_10150205069776407_692771406_8042213_3082630 _n.jpg

http://a1.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/217109_10150205071986407_692771406_8042279_4208816 _n.jpg

http://a8.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/216125_10150205070631407_692771406_8042240_8238772 _n.jpg

http://a4.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/205502_10150205070696407_692771406_8042242_7949231 _n.jpg

http://a8.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/216429_10150205071911407_692771406_8042277_5121569 _n.jpg

http://a3.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/216101_10150205072301407_692771406_8042290_7507509 _n.jpg

http://a4.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/216913_10150205072881407_692771406_8042311_4755947 _n.jpg

Asum
12-04-2011, 03:30 PM
ya terserah sampeyan, walau sy sdh tunjukan kalau betina tsb di KBBI online umumnya bagi hewan, sampeyan kekeuh bilang cukup sopan dan bisa dipakai buat manusia, ya sudah ...

btw, masa penulis gak ngerti kata "umumnya" ? kalau dibilang "umumnya buat hewan" artinya gak umum disematkan buat manusia dan gak pantes :))

etca
12-04-2011, 03:41 PM
@Asum,
ssstttt jangan protes melulu dunk aw..
kalau dah masuk wahana seni, sastra, dan budaya,
apapun yang dianggap nyeleneh oleh pakem.
akan dianggap biasa aja kok :D

@lighterheaven
wah lengkap euy?! futufutuna ada juga.
jadi ketangkep suasana d sana.

gw belum pernah datang di launchingnya komik tuh
sayangna itu pas hari kerja dan jam kerja pulak :))

eniw congrats,
sukses buat kalian. semoga makin mewarnai sastra dan komik Indonesia.

etca
12-04-2011, 03:43 PM
Btw kasih resensinya dikit tentang Bara Betina dunk
setidaknya bisa nangkep benang merah ceritanya ;)

lighterheaven
12-04-2011, 05:59 PM
ya terserah sampeyan, walau sy sdh tunjukan kalau betina tsb di KBBI online umumnya bagi hewan, sampeyan kekeuh bilang cukup sopan dan bisa dipakai buat manusia, ya sudah ...

btw, masa penulis gak ngerti kata "umumnya" ? kalau dibilang "umumnya buat hewan" artinya gak umum disematkan buat manusia dan gak pantes :))

Gak umum bukan berarti gak pantes. Misalnya, mewarnai jenggot dengan warna pink itu memang tidak umum, tapi bukan berarti gak pantes, gimana orangnya aja. Tidak pernah ada larangan menggunakan kata "Betina" pada manusia, menurut aturan bahasa Indonesia yang baku. :)


@Asum,
ssstttt jangan protes melulu dunk aw..
kalau dah masuk wahana seni, sastra, dan budaya,
apapun yang dianggap nyeleneh oleh pakem.
akan dianggap biasa aja kok :D

@lighterheaven
wah lengkap euy?! futufutuna ada juga.
jadi ketangkep suasana d sana.

gw belum pernah datang di launchingnya komik tuh
sayangna itu pas hari kerja dan jam kerja pulak :))

eniw congrats,
sukses buat kalian. semoga makin mewarnai sastra dan komik Indonesia.

Nah, itu.. penjelasan mbak etca sangat tepat. Kata "nyeleneh" itu yang pas banget buat menjelaskan perihal kata "Betina" disini. :)
Iya, sebisanya gue masukin dokumentasi lengkapnya, biar orang yang kebetulan ndak bisa dateng, jadi tau suasananya kayak apa pas pembukaan.

Lha, pembukaannya kan hari sabtu malem, mbak etca masih kerja toh jam segitu?

Wah, terimakasih banyak buat dukungannya yaa.. amiin, sukses buat kita semua! :)


Btw kasih resensinya dikit tentang Bara Betina dunk
setidaknya bisa nangkep benang merah ceritanya ;)

Sip, gue copas dari proposalnya yaa:

Bara Betina adalah pameran komik yang menghadirkan perempuan sebagai pokok bahasan proses kreatif penciptaan komik. Tema ini diambil untuk menggambarkan potensi dan kekuatan komik Indonesia yang laten bagaikan bara, namun setiap saat dapat membara. Kata betina, sebagaimana penyebutan dasar untuk perempuan dalam bahasa Melayu Sumatera, mengisyaratkan bahwa tokoh-tokoh dalam komik tersebut bukan lagi sebuah benda, karena nyawa yang diberikan oleh para seniman penciptanya.

kandalf
12-04-2011, 06:22 PM
Betina memang sebenarnya untuk hewan.
Tetapi kata 'Betina' dalam sastra atau cerita atau percakapan zaman dulu juga digunakan untuk merujuk pada manusia, tetapi biasanya lebih bersifat penghinaan.

Misalnya, di cerita Musang Berjanggut, Tun Nila Utama diusir oleh ayah angkatnya karena menolak menikah. Pembelaannya adalah, "di negeri ini tak ada perempuan, yang kutemui hanya betina". Sang ayah angkat yang kebetulan seorang raja marah dan mengusir Tun Muda dan melarangnya kembali ke negerinya hingga Tun Nila Utama berhasil mendapatkan seorang istri yang bukan betina.

Lola Amaria, di tahun 2006 juga membuat film berjudul Betina. Aku hanya menyayangkan Lola memberi nama tokoh utamanya 'Betina'. Padahal bila tidak, maka orang-orang akan bertanya-tanya siapakah yang dimaksud 'Betina'. Tokoh utamanya kah?


Nah, kalau yang kutangkap dari judul Bara Betina adalah, gender, atau sosok yang umumnya direndahkan, tidak dianggap (dan karena itu menggunakan kata Betina) memiliki energi yang tidak boleh dianggap remeh (karena itu ada kata 'Bara'). Selain itu penggunaan kata yang merendahkan sendiri kadang juga disengaja untuk menolak kemapanan.

Seperti yang dibilang Etca, dalam seni, kata-kata 'nyeleneh' yang mungkin buat orang awam tidak pantas sengaja digunakan.

Asum
12-04-2011, 06:52 PM
Kop kandalf, penjelasan sampeyan saya terima. Saya bertanya karena memang merasa tidak sreg dengan gaya bhs tsb. Dan penjelasan sampeyan cukup memuaskan kegundahan hati saya :D

lighterheaven
12-04-2011, 07:04 PM
Betina memang sebenarnya untuk hewan.
Tetapi kata 'Betina' dalam sastra atau cerita atau percakapan zaman dulu juga digunakan untuk merujuk pada manusia, tetapi biasanya lebih bersifat penghinaan.

Misalnya, di cerita Musang Berjanggut, Tun Nila Utama diusir oleh ayah angkatnya karena menolak menikah. Pembelaannya adalah, "di negeri ini tak ada perempuan, yang kutemui hanya betina". Sang ayah angkat yang kebetulan seorang raja marah dan mengusir Tun Muda dan melarangnya kembali ke negerinya hingga Tun Nila Utama berhasil mendapatkan seorang istri yang bukan betina.

Lola Amaria, di tahun 2006 juga membuat film berjudul Betina. Aku hanya menyayangkan Lola memberi nama tokoh utamanya 'Betina'. Padahal bila tidak, maka orang-orang akan bertanya-tanya siapakah yang dimaksud 'Betina'. Tokoh utamanya kah?


Nah, kalau yang kutangkap dari judul Bara Betina adalah, gender, atau sosok yang umumnya direndahkan, tidak dianggap (dan karena itu menggunakan kata Betina) memiliki energi yang tidak boleh dianggap remeh (karena itu ada kata 'Bara'). Selain itu penggunaan kata yang merendahkan sendiri kadang juga disengaja untuk menolak kemapanan.

Seperti yang dibilang Etca, dalam seni, kata-kata 'nyeleneh' yang mungkin buat orang awam tidak pantas sengaja digunakan.

Touche, bro Kandalf.. terimakasih atas penjelasannya yang luar biasa. :)

lighterheaven
12-04-2011, 07:12 PM
Tambahan lagi suasana pameran Bara Betina:

http://a4.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/208217_10150208254522938_694592937_8433886_1788815 _n.jpg

http://a5.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/216548_10150208248412938_694592937_8433820_5274555 _n.jpg

http://a6.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/207508_10150208249067938_694592937_8433830_3614750 _n.jpg

http://a8.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/216981_10150208249282938_694592937_8433833_6868695 _n.jpg

http://a3.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/216110_10150208249522938_694592937_8433835_951276_ n.jpg

http://a5.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/207208_10150208250202938_694592937_8433841_341033_ n.jpg

http://a8.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/216306_10150208252072938_694592937_8433865_6571309 _n.jpg

http://a6.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/205686_10150208254707938_694592937_8433887_4429733 _n.jpg

Asum
12-04-2011, 07:41 PM
top yang ini

Betina memang sebenarnya untuk hewan.
Tetapi kata 'Betina' dalam sastra atau cerita atau percakapan zaman dulu juga digunakan untuk merujuk pada manusia, tetapi biasanya lebih bersifat penghinaan.

=))

Ray Surya
12-04-2011, 08:25 PM
sudah saatnya wanita bangga disebut betina
sebagaimana pria merasa bangga jika dianggap jantan

lighterheaven
12-04-2011, 10:03 PM
sudah saatnya wanita bangga disebut betina
sebagaimana pria merasa bangga jika dianggap jantan

mantep nih Ray.. minat jadi copywriter gak? di kantor gue lagi butuh.. hehehe.. :D

etca
12-04-2011, 10:57 PM
bhs sehari-hari mana cha_n ? emangnya saya bukan orang Indonesia apa ? di daerah saya (sunda), nyebut betina itu kurang ajar, karena hanya buat binatang. Makanya saya pakai aturan bhs dan etika Indonesia supaya netral.
cha_n berasal dari minang *cmiiw*


betina pada bahasa sehari2 memang berarti perempuan kok, baik hewan maupun manusia.
di kampungku nenek (perempuan) dipangging nek ino (singkatan dari nenek betino) biasa aja tauk.
makna peyoratif ada dari presepsi saat ini di daerah2 tertentu aja, ga semua. makna sebenarnya tetap perempuan

ok betina biasa digunakan dalam bahasa sehari2 di kampung halaman cha_n

nah sekarang mari kita baca basamo2 proposalnya


Sip, gue copas dari proposalnya yaa:

Bara Betina adalah pameran komik yang menghadirkan perempuan sebagai pokok bahasan proses kreatif penciptaan komik. Tema ini diambil untuk menggambarkan potensi dan kekuatan komik Indonesia yang laten bagaikan bara, namun setiap saat dapat membara. Kata betina, sebagaimana penyebutan dasar untuk perempuan dalam bahasa Melayu Sumatera, mengisyaratkan bahwa tokoh-tokoh dalam komik tersebut bukan lagi sebuah benda, karena nyawa yang diberikan oleh para seniman penciptanya.

Lihatkan?
ternyata si penulis mengangkat judul ini karena memang disebutkan Betina sebagai penyebutan dasar untuk perempuan dalam bahasa Melayu Sumatera.

Nah ini bagus juga, selama ini kita sudah di'cekoki' oleh pakem dari budaya sendiri.
Ketika muncul dari budaya dari daerah lain, maka dianggap kurang sopan dsb
Setidaknya ini bisa membuka wawasan kita lebih lebar lagi.

thx light, sudah sharing di sini.


jadi keinget dulu pernah liat di salah satu sudut lokasinya launching buku seorang penggiat sastra,
tampak :
http://bp1.blogger.com/_40dY1bXLuNY/R_B3MckS_zI/AAAAAAAAAec/mmcJ5cYK__U/s400/PICT0923.JPG

maksudnya apa cuba?
gambar saut situmorang berada di dalam sangkar burung.
emang sih di acara itu akan ada saut sitomarang.
well, suka atau tidak. Sekali lagi dunia seni emang suka nyleneh :))



Lha, pembukaannya kan hari sabtu malem, mbak etca masih kerja toh jam segitu?
loh gw sangka yang diskusinya itu. Selasa jam 16.00. Maap :))

Asum
12-04-2011, 10:59 PM
sudah saatnya wanita bangga disebut betina
sebagaimana pria merasa bangga jika dianggap jantan
sebutan jantan bener umumnya bagi hewan, tapi sudah menjadi kebangaan bagi kaum laki-laki sebagai lambang kegagahan. Sama saja seperti sebutan berhati singa. Lah kalo berhati ayam ? =))

Serupa itu, sebutan betina bagi wanita pada dasarnya umumnya untuk merendahkan, bukan untuk mengunggulkan. Kecuali jika emang suatu saat budaya sudah berubah, yang jelas bukan saatnya sekarang =))

lighterheaven
12-04-2011, 11:31 PM
cha_n berasal dari minang *cmiiw*


ok betina biasa digunakan dalam bahasa sehari2 di kampung halaman cha_n

nah sekarang mari kita baca basamo2 proposalnya


Lihatkan?
ternyata si penulis mengangkat judul ini karena memang disebutkan Betina sebagai penyebutan dasar untuk perempuan dalam bahasa Melayu Sumatera.

Nah ini bagus juga, selama ini kita sudah di'cekoki' oleh pakem dari budaya sendiri.
Ketika muncul dari budaya dari daerah lain, maka dianggap kurang sopan dsb
Setidaknya ini bisa membuka wawasan kita lebih lebar lagi.

thx light, sudah sharing di sini.


jadi keinget dulu pernah liat di salah satu sudut lokasinya launching buku seorang penggiat sastra,
tampak :
http://bp1.blogger.com/_40dY1bXLuNY/R_B3MckS_zI/AAAAAAAAAec/mmcJ5cYK__U/s400/PICT0923.JPG

maksudnya apa cuba?
gambar saut situmorang berada di dalam sangkar burung.
emang sih di acara itu akan ada saut sitomarang.
well, suka atau tidak. Sekali lagi dunia seni emang suka nyleneh :))


loh gw sangka yang diskusinya itu. Selasa jam 16.00. Maap :))

Iya, sama2.. seneng kog sharing disini, lagian semangatnya kan untuk mensupport komik Indonesia.. Terimakasih juga buat dukungan teman-teman semua, mudah2an komik Indonesia bisa menjadi raja kembali di negerinya sendiri. :)

Hahahaha, pembukaannya sabtu kemarin.. tapi masih ada sampe tanggal 30 kog, kalo sempet monggo lho mampir.. :)


sebutan jantan bener umumnya bagi hewan, tapi sudah menjadi kebangaan bagi kaum laki-laki sebagai lambang kegagahan. Sama saja seperti sebutan berhati singa. Lah kalo berhati ayam ? =))

Serupa itu, sebutan betina bagi wanita pada dasarnya umumnya untuk merendahkan, bukan untuk mengunggulkan. Kecuali jika emang suatu saat budaya sudah berubah, yang jelas bukan saatnya sekarang =))

Lha, ini piye.. katanya tadi sudah terima penjelasan dari bro Kandalf..

Oke deh, we get your point, anda tidak suka penyebutan kata Betina disini. Point taken, tapi satu orang yang gak suka, nggak akan bisa mengubah judul acaranya juga.

So deal with it aja. Gak ada yang memaksa untuk nerima juga. Berhenti mempermasalahkan itu deh, lebih baik disini kita diskusi yang menjurus ke arah komiknya saja, isi pamerannya, yang jelas-jelas lebih berbobot dan bisa mendukung perkembangan komik lokal. :)

Asum
12-04-2011, 11:48 PM
Saya tidak bermaksud merubah judul, hanya kritik judul. Boleh dong ... masa ngritik gak boleh ... :D

Setidaknya, gak ada gua gak rame .. buktinya Chief Barista & Chief Cook pada mampir ke forum ini, mayan kan promosi gratis. Jaman sekarang emang klo gak kontroversial gak akan dilirik bro =))

lighterheaven
13-04-2011, 12:03 AM
Saya tidak bermaksud merubah judul, hanya kritik judul. Boleh dong ... masa ngritik gak boleh ... :D

Setidaknya, gak ada gua gak rame .. buktinya Chief Barista & Chief Cook pada mampir ke forum ini, mayan kan promosi gratis. Jaman sekarang emang klo gak kontroversial gak akan dilirik bro =))

Hehehe, iya nggak apa2, tapinya kepanjangan ngebahasnya.. dan kejauhan bahasannya dari komik Indonesia, dan isi pamerannya itu sendiri.. Ibaratnya ini mau review malah skripsi muter2 di judulnya doang, gak ngebaca isinya..

Kan kritiknya sudah diterima dan ditanggapi, oleh banyak user pula. Jadi ya nggak perlu dipanjang2in lagi. Bahasannya lebih baik diarahkan ke isi pameran atau komik Indonesia itu sendiri.. :)

E = mc˛
13-04-2011, 12:36 AM
ini komik yg dipajang bakal dibikin jadi sebuah buku atau cuma sebatas pameran doang? ada rencana pameran ke kota lain? <Bandung dong, biar turun gunungnya gak ekjauhan :D>

lighterheaven
13-04-2011, 12:48 AM
ini komik yg dipajang bakal dibikin jadi sebuah buku atau cuma sebatas pameran doang? ada rencana pameran ke kota lain? <Bandung dong, biar turun gunungnya gak ekjauhan :D>

Kalo Bara Betinanya sendiri sih sebatas judul dan event pameran aja, tapi beberapa karya didalamnya diambil dari komik yang sudah dan akan diterbitkan. Hampir seluruh peserta pameran juga memiliki karya komik yang sudah terbit.

Ini daftar pengisi acara dan komik terbitannya:

Is Yuniarto - Garudayana 1, 2, dan 3 (baru terbit yang ke 3! ayo segera mampir ke toko buku terdekat!)
Ario Anindito - Nadya & the Painkillers (komik masih dalam pengerjaan, mudah2an terbit secepatnya)
Azisa Noor - Satu Atap 1, 2
Ekyu - Morte
Alfi Z. - Vienetta
Ariela K. - Splash magazine
Beng Rahardian - Selamat Pagi Urbaz
K. Jati - Anak Kost Dodol

Kalo rencana pameran di Bandung sih belum ada ya.. tapi pan caket atuh a, Bandung Jakarta ayeuna mah, pan atos aya Cipularang tea.. (keluar aslinya :)) )
Abdi oge da ti Bandung turun gunung.. :D

E = mc˛
13-04-2011, 12:54 AM
^ kecuali Anak Kost Dodol, semua judul gak "ngeh" ;))

sayangnya skrg (dan beberapa bulan ke depan), gak lagi di Bandung-nya. Tapi di pinggir Bandungnya. pinggir banget. di ketinggian 1860 meter :|

Ray Surya
13-04-2011, 12:57 AM
mantep nih Ray.. minat jadi copywriter gak? di kantor gue lagi butuh.. hehehe.. :D

copywriter artinya apa?
kantor lu di Bnadung kan? lah, gw di Solo

etca
13-04-2011, 12:58 AM
Bara Betina ini settingnya masa kapan?
keknya mayan modern yak?
jadi pengen tahu terpengaruhkah dengan komik2 ala jepun,
atau komik dengan settingan lokal?

gw agak rancu karena d dinding itu ada beberapa jenis komik dari pengarang yang berbeda keknya
cmiiw.
Salihara itu deket Pasar Minggu kan yak?

E = mc˛
13-04-2011, 01:03 AM
copywriter artinya apa?
kantor lu di Bnadung kan? lah, gw di Solo

copywriter = tukang motokopi :run:









copywriter = orang yg nulis kopi. biasanya yg nulis kata2 gituh buat di leaflet/poster dan materi iklan lainnya. jadi gak perlu kerja di tempat juga, bisa di luar kota kalo ada internet mah. orangnya harus kreatif (dan gokil) biar iklannya menarik perhatian khalayak

Ray Surya
13-04-2011, 01:09 AM
copywriter = tukang motokopi :run:









copywriter = orang yg nulis kopi. biasanya yg nulis kata2 gituh buat di leaflet/poster dan materi iklan lainnya. jadi gak perlu kerja di tempat juga, bisa di luar kota kalo ada internet mah. orangnya harus kreatif (dan gokil) biar iklannya menarik perhatian khalayak

wah, klo cuman nulis kata2 kan bisa dikirim lewat internet misal inbox di facebook :D
lagian gw udah terlatih merhatiin kata2 di bawah judul fim lokal :run:

lighterheaven
13-04-2011, 01:31 AM
^ kecuali Anak Kost Dodol, semua judul gak "ngeh" ;))

sayangnya skrg (dan beberapa bulan ke depan), gak lagi di Bandung-nya. Tapi di pinggir Bandungnya. pinggir banget. di ketinggian 1860 meter :|

Heh, dimana tuh? punclut? 0__o

Nah, lumayan kan, gara2 Bara Betina ini, lo bisa browsing tentang komikus yang lain! khasanah pengetahuan komik lokal kita bertambah! mission accomplished! :D


copywriter artinya apa?
kantor lu di Bnadung kan? lah, gw di Solo

Dijelaskan dibawah oleh pak rumus ya.. hehe..
Gue rumah di Bandung, tapi kantor di Jakarta bro.. :)


Bara Betina ini settingnya masa kapan?
keknya mayan modern yak?
jadi pengen tahu terpengaruhkah dengan komik2 ala jepun,
atau komik dengan settingan lokal?

gw agak rancu karena d dinding itu ada beberapa jenis komik dari pengarang yang berbeda keknya
cmiiw.
Salihara itu deket Pasar Minggu kan yak?

Bara Betina ini settingnya bervariasi. Ada yang di negeri fantasi, ada juga yang di masa kini dan masa lalu.
Stylenya juga bermacam-macam. Google aja nama2 yang gue sebutin tadi, pasti nongol gambar2 bikinan mereka beserta stylenya masing-masing.
Bara Betina ini sengaja ngambil komikus2 dengan style yang beragam, biar warna warni, hehehe..

Yup, Salihara itu deket pasar Minggu. Patokannya UNAS. Gak jauh dari situ. :)


copywriter = tukang motokopi :run:









copywriter = orang yg nulis kopi. biasanya yg nulis kata2 gituh buat di leaflet/poster dan materi iklan lainnya. jadi gak perlu kerja di tempat juga, bisa di luar kota kalo ada internet mah. orangnya harus kreatif (dan gokil) biar iklannya menarik perhatian khalayak

Hhehehe, terimakasih buat penjelasan lengkapnya, pak rumus! :D


wah, klo cuman nulis kata2 kan bisa dikirim lewat internet misal inbox di facebook :D
lagian gw udah terlatih merhatiin kata2 di bawah judul fim lokal :run:

nah kan! bisa tuh Ray jadi copywriter! :D

Ray Surya
13-04-2011, 01:52 AM
caranya mendaftarkan diri gimana? lumayan kali nambah2 duit :D ada bayarannya kan???

lighterheaven
13-04-2011, 02:02 AM
caranya mendaftarkan diri gimana? lumayan kali nambah2 duit :D ada bayarannya kan???

err.. tapi kalo yang ini daftarnya musti dateng ke kantornya sih Ray.. -__-
Gak musti tiap hari ngantor sih kalo freelancer.. tapi ada saat2nya memang musti kumpul brainstorming.. abisnya kalo via brief internet doang suka meleset..

Dan tentunya ada bayarannya dong! :D

Ray Surya
13-04-2011, 10:21 AM
^ waduh, klo gitu gak mau, ah.
gw gak suka Jakarta, klo liat di TV, Jakarta tuh ruwet n bikin stress banget

E = mc˛
13-04-2011, 10:53 AM
^ kan ke jakartanya cuma sehari Ray (oh, okay beberapa hari), buat interview dan kalo diterima paling penjelasan teknis. tapi melihat dunia iklan yg kompetitif gituh, yah bakal sering rapat sih :D

@lighter: kalo punclut sih masih deket. ketinggiannya paling 800-900-an meter :( *dem, harus bertapa di gunung buat ngambil data

biar gak OOT, ini pamerannya bakal diadain lagi, atau sudah selese sekali saja? :-/

lighterheaven
13-04-2011, 06:39 PM
^ waduh, klo gitu gak mau, ah.
gw gak suka Jakarta, klo liat di TV, Jakarta tuh ruwet n bikin stress banget

Iya sih Ray, gue juga gak suka.. tapi mau apa lagi, ini emang pusatnya bisnis, advertising gak jalan kalo bukan disini.. -__-


^ kan ke jakartanya cuma sehari Ray (oh, okay beberapa hari), buat interview dan kalo diterima paling penjelasan teknis. tapi melihat dunia iklan yg kompetitif gituh, yah bakal sering rapat sih :D

@lighter: kalo punclut sih masih deket. ketinggiannya paling 800-900-an meter :( *dem, harus bertapa di gunung buat ngambil data

biar gak OOT, ini pamerannya bakal diadain lagi, atau sudah selese sekali saja? :-/

Yup bener, rapat (brainstorming konsep and presentasi) emang cukup sering.. -__-

Wah buset. Keatasnya lagi bro? itu kan superduper dingin gila. Good luck, man.. gue sih sering ke punclut, pasti seminggu sekali or dua kali..

Pameran Bara Betina emang cuman sekali ini aja, dr tanggal 9 sampe 30 April. Doain aja mudah2an bakal ada pameran komik Indonesia lain yang menyusul, karena terbukti respon nya bagus banget, yang dateng banyak n rame. (dan doain gue bisa ikut pamerannya lagi ya, hehehehe..) XD

lighterheaven
14-04-2011, 04:52 AM
Guys, ini artikel tentang Bara Betina di media ya:

Artikel Tempo (http://www.tempointeraktif.com/hg/seni/2011/04/13/brk,20110413-327230,id.html?utm_source=twitterfeed&utm_medium=twitter)

Detik, ada 2 artikel: "Perempuan dalam Cerita Bergambar (http://www.detikhot.com/read/2011/04/13/211943/1615888/1059/pameran-komik-bara-betina-perempuan-dalam-cerita-bergambar?h991101207)" dan "Komikus Indonesia: Masih Malu-malu dan Meraba-raba (http://www.detikhot.com/read/2011/04/13/214504/1615896/1059/komik-us--indonesia-malu-malu-dan-masih-meraba-raba?h991101207)"

komporminyak
15-04-2011, 10:52 AM
wiken ini ada rencana ke salihara, sekalian mau ketemu teman.
kebetulan yang gw ajakin itu anak KG juga n demen gambar, termasuk komik.
gw pernah liat hasil karyanya lumayan detail...

moga kesampaian ya.. hohoho


soal artikel sudah baca...
memang, kadang komunitas yang dianggap underground (jika dibandingkan dengan novel dsb) kudu menunjukkan taringna
dengan menggelar berbagai karya dari banyak komikus.
gw rasa komikus jaman sekarang jauh lebih 'rame' ketimbang jaman dulu yang agak kurang variatif.

lighterheaven
15-04-2011, 11:16 AM
wiken ini ada rencana ke salihara, sekalian mau ketemu teman.
kebetulan yang gw ajakin itu anak KG juga n demen gambar, termasuk komik.
gw pernah liat hasil karyanya lumayan detail...

moga kesampaian ya.. hohoho


soal artikel sudah baca...
memang, kadang komunitas yang dianggap underground (jika dibandingkan dengan novel dsb) kudu menunjukkan taringna
dengan menggelar berbagai karya dari banyak komikus.
gw rasa komikus jaman sekarang jauh lebih 'rame' ketimbang jaman dulu yang agak kurang variatif.

Halo kokom,

Amin, semoga kesampaian main ke Salihara yaa..
ditunggu komentarnya, dan jangan lupa foto-foto dengan karya komik-komiknya! :D

Temennya ngeluarin komik juga ndak? soalnya di Salihara biasanya ada mas Gupta, dia editor KOLONI, bisa bawa portfolionya, barangkali nyangkut.. :)

Iya, makanya kita sebagai komikus lokal harus giat berkarya, dan berusaha mendapatkan exposure. Bukan untuk kepentingan pribadi, tetapi lebih ke arah pengenalan pada komik Indonesia itu sendiri, eksistensi dan karakternya masing-masing.
Betul kokom, jaman sekarang influencenya sudah semakin banyak, jadi karya karyanya pun lebih variatif dari segi genre dan style.

komporminyak
15-04-2011, 11:39 AM
ok thx infonya.
nanti kabarin ke temen gw,

oia sayangnya temen gw yang satunya ga ikutan. kalau yang satu ini lebih cenderung ke manga.
*gw malah sempat ngerampok 2 sketsanya ::elaugh::

dulu lumayan tuh ada komunitas manga,
sampai diangkat ke MTV Indonesia tahun 2008 ya kalau ga salah,
*ini info dari temen gw itu karena kebetulan dia ikutan :)
lumayan kan buat jalur menunjukkan eksistensi diri.

an-narkaulipsiy
15-04-2011, 12:00 PM
Definisi Underground apa yah?
Kalau diterbitkan oleh Koloni termasuk Underground, gak?
Kalau diterbitkan oleh Cendana Art Media termasuk Underground, gak?
Kalau diterbitkan oleh Gajah Jambon termasuk Underground gak?

Kalau zaman dulu di era 90-an kan, emang penerbit kan jarang melirik komik Indonesia. Paling komik sesepuh kayak Jan Mintaraga (Imperium Majapahit) atau RA Kosasih. Makanya yang muda-muda bergerak di bawah tanah kayak Bajing Loncat (Chris Lie -- si Pitra sekarang lebih fokus membahas ke media online), Karpet Biru, atau dulu di Yogya aku pernah kenalan ama anak2 Swacomsta. Komik-komiknya masih fotokopi gitu.. hehehehe..

Ngomong2, aku kok gak melihat foto gambar karya Azisa Noor yah? Malah gambarnya si Alfi Zachkyelle tampak menonjol.

lighterheaven
15-04-2011, 07:31 PM
ok thx infonya.
nanti kabarin ke temen gw,

oia sayangnya temen gw yang satunya ga ikutan. kalau yang satu ini lebih cenderung ke manga.
*gw malah sempat ngerampok 2 sketsanya ::elaugh::

dulu lumayan tuh ada komunitas manga,
sampai diangkat ke MTV Indonesia tahun 2008 ya kalau ga salah,
*ini info dari temen gw itu karena kebetulan dia ikutan :)
lumayan kan buat jalur menunjukkan eksistensi diri.

Siap, sama2 kokom. :)
Ooh, di pameran ini juga ada kog yang beraliran manga. Di KOLONI juga banyak.
Gak masalah kog komik lokal beraliran manga, karena manga itu kan hanya salah satu dari banyak aliran yang ada.
Yang penting komikusnya orang sini aja.. :D

Yup, ngomik bisa buat eksistensi diri,
yang jelas kalo berprestasi, bisa membuat komik Indonesia semakin maju!


Definisi Underground apa yah?
Kalau diterbitkan oleh Koloni termasuk Underground, gak?
Kalau diterbitkan oleh Cendana Art Media termasuk Underground, gak?
Kalau diterbitkan oleh Gajah Jambon termasuk Underground gak?

Kalau zaman dulu di era 90-an kan, emang penerbit kan jarang melirik komik Indonesia. Paling komik sesepuh kayak Jan Mintaraga (Imperium Majapahit) atau RA Kosasih. Makanya yang muda-muda bergerak di bawah tanah kayak Bajing Loncat (Chris Lie -- si Pitra sekarang lebih fokus membahas ke media online), Karpet Biru, atau dulu di Yogya aku pernah kenalan ama anak2 Swacomsta. Komik-komiknya masih fotokopi gitu.. hehehehe..

Ngomong2, aku kok gak melihat foto gambar karya Azisa Noor yah? Malah gambarnya si Alfi Zachkyelle tampak menonjol.

Gue gak gitu ngerti persisnya maksudnya gimana,
tapi yang gue tangkep, mungkin karena komik lokal belum semaju karya lain semacam novel dll ya,
Jumlah komik lokal yang diterbitkan masih jauh lebih sedikit daripada novel lokal, oleh penerbit besar.
Dan komik lokal masih belum seterkenal novel lokal dsini, komunitasnya pun masih belum dianggap serius seperti komunitas sastra.
Mungkin lho ya. :)

Tapi kalo menurut gue, kalo KOLONI, Cendana, dan Gajah Jambon sih udah bukan underground lagi ya, mereka smua sudah termasuk penerbit mainstream.

Ohya? coba dilihat lagi lebih teliti.. di dokumentasinya ada semua kog foto2nya.. termasuk karya Azisa juga. :)

kandalf
15-04-2011, 07:40 PM
Ah..
karya Azisa yang ini, bukan?

http://a3.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/216110_10150208249522938_694592937_8433835_951276_ n.jpg

lighterheaven
15-04-2011, 07:55 PM
Betul sekali, bro Kandalf!

Kayaknya hampir semua karya sudah didokumentasi disini.. Azisa, Alfi, Is, gue, Ekyu, Ariella, Beng dan K. Jati. :)

komporminyak
16-04-2011, 12:35 AM
Temennya ngeluarin komik juga ndak? soalnya di Salihara biasanya ada mas Gupta, dia editor KOLONI, bisa bawa portfolionya, barangkali nyangkut.. :)



OOT,
besok kami akan ke Salihara, dan teman gw bakalan bawa portfolionya.
so? musti cari mas Gupta n langsung slonong boy serahin aja gitu? ::elaugh::

lighterheaven
16-04-2011, 12:47 AM
Iya, cari aja mas Guptanya, ya terus intro dulu lah, saya suka gambar, etc2, ini portfolio saya, barangkali tertarik menerbitkan komik saya, ceritanya begini, bla2.. Beliau orangnya baik dan ramah, so no worries! :)

komporminyak
16-04-2011, 07:51 PM
Jrengg jrenggg.... akhirnya reportase dimulai,
dilaporkan langsung dari Halte Walk di suatu kawasan Jakarta Timur.

http://kopimaya.com/forum/images/ruparupa/HalteWalk.jpg


slupppphhh... minum jus strowberi dulu ::elaugh::
yak tadi akhirnya alone nekat ke bilangan Salihara no 16.
Asli ga tahu lokasinya, sampai dikerjain oleh sopir mikrolet.
Katanya salihara dah liwat. Lalu gw turun dan nyebrang.
Eh begitu mau naik mikrolet yang berikutna malah dibilangin..
"Sana nyebrang kalau mau ke Salihara..." *weks

ok singkat cerita gw sampai juga di sana.
Nunggu kawan yang masih ada di PenVil.
Gw sempat cengo nanya lokasi ruangannya, kebetulan di bawah lagi ada acara
eh pas ditanya ternyata mbaknya juga ga tahu.
alamak. akhirnya nanya ke petugas satunya trus dikasi tahu kalau lokasi ada di atas.
Dan akhirnya kami berempat naik ke atas ke arena galeria pameran komik berlangsung.

komporminyak
16-04-2011, 08:04 PM
asik juga ruangannya, adem n sepi.
jadinya lumayan bisa dapat nuansanya buat merhatiin satu persatu gambarnya.
Nah memang ada variatif sesuai dengan genre si pembuat komik itu sendiri.
gw ga bakalan posting satu persatu fotofoto yang ada di sana karena sebelumnya sudah diupload oleh lighterheaven.
yang jelas gw paling demen ama lukisan yang langsung dilukis di tembok.
seperti gambar cewe yang berdiri seorang diri, juga yang "pssstt berisik!"
keliatan simpel dan jernih meski detailnya lumayan terasa.

ohya kadang ada beberapa lukisan yang mengundang tawa,
seperti komik yang bercerita tentang "Transportasi". Saya suka warna warninya di sini.
Atau ada lagi komik yang bercerita mengenai Kopi. tapi komik Kopi Lanang tidak terlalu mengundang tawa saya.
justru joke yang gampang ketebak menjadikan saya tertawa, ketika Kopi itu dibuat dengan kebencian,
dan sempat *maaf* diludahi oleh si istri yang membuat kopi itu.
si suaminya malah komentar, "Enak kopinya!" :))

saya tidak fotoin,
tapii ilustrasinya ada di foto yang sebelumnya pernah diposting oleh si light
http://a5.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/207208_10150208250202938_694592937_8433841_341033_ n.jpg

komporminyak
16-04-2011, 08:15 PM
ohya di sana,
ada disediakan tempat duduk juga kertas buat si pengunjung menggambar.
nah temen baru gw, sualnya baru dikenalin tadi.. langsung ambil pena dan sreett sreett sibuk menggambar,

http://kopimaya.com/forum/images/ruparupa/salihara9.jpg

trus gambar yang sudah jadi disediakan lapak buat ditempel di dinding.
hahahahah ada yang lucu neh..
masak ada yang gambar peta! *timpuk jidat ampe benjol

nee kalau mau lihat petanya :))
http://kopimaya.com/forum/images/ruparupa/salihara10.jpg

kunderemp
17-04-2011, 12:20 AM
Huaaaaa.... di sana boleh menggambar yah?
Jadi kangen menggambar neh..

lighterheaven
17-04-2011, 03:17 AM
Wah wah, thanks for coming ya Kokom.. terimakasih buat supportnya untuk komik Indonesia. :)

tezar
18-04-2011, 03:20 PM
itu posternya yang nggambar si K Jati ya? :?:

lighterheaven
18-04-2011, 05:21 PM
Huaaaaa.... di sana boleh menggambar yah?
Jadi kangen menggambar neh..

Boleh banget! :D
Kangen gambar? what are you waiting for, go there, get your pen and get wild! :D


itu posternya yang nggambar si K Jati ya? :?:

Yup, bener banget bro.

naburo
29-04-2011, 01:03 AM
gw ada gambar2 di sana. gambar robot kepala belom jadi. hahahaha

lighterheaven
29-04-2011, 03:37 AM
gw ada gambar2 di sana. gambar robot kepala belom jadi. hahahaha

Wahahahahaa.. gue juga kmaren smpet gambar2 disana.. seru yak! bisa gambar2 bebas gitu, dipamerin pula.. XD

naburo
29-04-2011, 10:20 AM
^^^ komik painkillers-nya masih lanjut? cuman liat chapter pertamaxnya di majalah komik hehehe

komporminyak
29-04-2011, 11:07 AM
gw ada gambar2 di sana. gambar robot kepala belom jadi. hahahaha

aha, naburo...
is it yours?
yang di sebelah kanan atas?
gambar kepala robotnya..

http://a2.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/207961_1943452581946_1111419549_2357586_5184532_n. jpg

naburo
29-04-2011, 09:50 PM
bukan, punya gw ga ada kepalanya

komporminyak
30-04-2011, 09:48 AM
bukan, punya gw ga ada kepalanya

weee salah orang kalau begitu,
sangkain ini temen yang kemarin juga gambar robot pas di salihara :))

danalingga
02-05-2011, 06:19 PM
Wah, telat saya tahunya, kalo nggak tak sempetin juga liat-liat nih. :(