PDA

View Full Version : Pahlawan & Penjahat



Sauron
04-04-2011, 08:54 PM
Apa syarat utama yang harus dilakukan seseorang, sehingga dirinya dapat dan layak disebut sebagai pahlawan?

Dan, bukankah seorang pahlawan adalah penjahat bagi musuhnya?

beastmen85
04-04-2011, 09:24 PM
tidak ada syarat dan ketentuan khusus, relatif, tergantung ngikut pihak mana...

Ray Surya
04-04-2011, 11:33 PM
pahlawan itu membela hukum
penjahat itu pelanggar hukum n menjahati orang

N-K_Person
04-04-2011, 11:52 PM
Apa syarat utama yang harus dilakukan seseorang, sehingga dirinya dapat dan layak disebut sebagai pahlawan?

Dan, bukankah seorang pahlawan adalah penjahat bagi musuhnya?

menang.

gw kasih contoh. perbedaan antara hitler dan napoleon.

hitler sama napoleon sama2 berusaha menguasai seluruh eropa (mungkin dunia pada akhirnya kalo mereka berhasil). napoleon daerah jajahannya sampe ke mesir pula. 22nya sama2 dicintai rakyatnya, well, tentu saja nggak semuanya, tapi at least mereka sosok yang dikagumi lah. dan tentu saja, banyak juga orang yang benci sama mereka. orang mesir jaman dulu pasti benci banget sama napoleon. kalo yang benci sama hitler ya udah jelas.

hitler:
- kemampuan berperangnya nggak terlalu istimewa
- kemampuan utamanya ada di teknik orasi
- dia beneran cinta sama negaranya, dan beneran benci sama ras lain.
- dia membangun bangsanya. dia bikin infrastruktur kayak trem. dia juga membangun ekonomi jerman
- nggak ada hubungannya, tapi dia katolik :))

napoleon:
-kemampuan utamanya adalah berperang
-dia payah banget orasi dan manajemen ekonominya, jadinya dia selalu nambah utang dan minta pajak yang makin lama makin tinggi dari rakyatnya
-dia cuma mau menguasai wilayah lain.. tapi nggak mau membangun.
-dia oportunis yang nggak malu untuk berbuat hal2 yang tidak terhormat.. seandainya perancis jaman dulu bangkrut atau kalah, dia bakal kabur sendirian dan nggak mikirin rakyatnya. cintanya ada di uang dan kekuasaan, bukan bangsa dan tanah air.
-nggak ada hubungannya, tapi dia atheist :))


kalo kita bandingin, napoleon itu lebih tidak terhormat daripada hitler. kenapa sekarang hitler jadi penjahat, dan napoleon jadi pahlawan?

karena napoleon menang, hitler kalah.

napoleon menang, sehingga orang2 yang menderita akibat peperangannya, orang2 yang kalah, tidak lagi didengarkan. orang2 yang benci napoleon udah kalah, nggak ada orang yang mau denger suara mereka lagi. sekarang yang ada hanya suara2 orang yang menang. suara2 yang memuji napoleon. suara2 yang menyebut dia sebagai pahlawan.

hitler kalah. yang menang adalah orang2 yang benci hitler. orang yang mendukung hitler udah kalah, suaranya nggak lagi didenger. yang ada hanya suara2 orang yang menang. suara2 yang membenci hitler. suara2 yang menyebut hitler sebagai penjahat.


kalo lo mau jadi pahlawan di mata orang, lo cuma perlu menang.

tapi itu nggak bikin lo jadi bener.

popularitas tidak sama dengan integritas hati lo.

Sauron
05-04-2011, 12:23 AM
Wahhh... Jawaban NK_Person puanjang lebar buanget. :)

Wise banget nih orang. He he he.

Menang --> pahlawan
Kalah --> penjahat

Bener jg ya.

PERMANDYAN
05-04-2011, 12:39 AM
.
Mmmm....
Apakah ada pendjahat baharoe ada jang namanja pahlawan....
Kalaoe istilah
Pahlawan tampa tanda djahasa dan djoega pahlawan devisa....
Apakah ini djoega masoek kategori itoe?

ndableg
05-04-2011, 02:03 AM
menang.

kalo kita bandingin, napoleon itu lebih tidak terhormat daripada hitler. kenapa sekarang hitler jadi penjahat, dan napoleon jadi pahlawan?

Tergantung jg bagaimana sesuatu dianggap menang. Apakah diponegoro menang? kok jadi pahlawan? Marthin luther king, mati ditembak, tapi dia pahlawan.

Bagi orang inggris, napoleon ga pernah pahlawan. Dan napoleon pun akhirnya kalah.


kalo lo mau jadi pahlawan di mata orang, lo cuma perlu menang.

tapi itu nggak bikin lo jadi bener.

popularitas tidak sama dengan integritas hati lo.

Menang belum tentu pahlawan, tapi ud jelas semakin tenar. Yg menentukan pahlawan ato tidak adalah orang2 yg merasa tertolong dgn tindakan anda.

N-K_Person
05-04-2011, 06:40 AM
Tergantung jg bagaimana sesuatu dianggap menang. Apakah diponegoro menang? kok jadi pahlawan? Marthin luther king, mati ditembak, tapi dia pahlawan.

tapi marthin luther king akhirnya menang, walaupun setelah dia mati. artinya, sekarang orang amerika adalah orang yang nggak rasis lagi ke orang kulit item, suara orang yang benci kulit item dah kalah.

sama halnya kayak dipenogoro. seandainya belanda menang, dan sekarang indonesia dikuasai belanda, pastilah dipenogoro itu jadi penjahat.

perjuangan itu nggak berenti pas kita mati.


Bagi orang inggris, napoleon ga pernah pahlawan. Dan napoleon pun akhirnya kalah. tapi saat itu orang yang jadi musuh perancis nggak pernah menang. inggris pun nggak berhasil menaklukan perancis (well,, emang nggak berusaha juga sih). yang menggagalkan napoleon juga orang2 perancis sendiri.

seandainya orang2 perancis sekarang sama dengan orang2 perancis pada saat itu, sekarang napoleon jadi penjahat. tapi kenyataannya nggak,, orang perancis sekarang udah pasti rindu sama kejayaan perancis pas napoleon berhasil menaklukan bangsa2 lain, pas napoleon menang. makanya sekarang napoleon jadi pahlawan.

perjuangan yang bisa orang jadi pahlawan itu nggak berenti pas kita mati. bisa jadi menangnya setelah kita mati (kayak dipenogoro). bisa jadi kemenangan kita baru diingat setelah kita mati, padahal menangnya udah dari dulu2 (kayak napoleon).

beastmen85
05-04-2011, 10:07 AM
panjang2 euy ;D

gw simpel aja

seorang pahlawan akan dianggap penjahat oleh musuhnya

vice versa :D

Parameswara Li
22-08-2011, 06:32 PM
Berarti kalau berniat jadi pahlawan juga harus siap dianggap penjahat.

Alip
22-08-2011, 07:16 PM
Betul sekali... karenanya masalahnya bukan menjadi pahlawan atau penjahat, tapi melakukan peran sesuai keyakinan kita. Kita tidak akan bisa merubah pandangan orang terhadap diri kita, tapi kita bisa memilih mati puas karena melakukan apa yang kita yakini...

Yuki
23-08-2011, 06:00 PM
Apa syarat utama yang harus dilakukan seseorang, sehingga dirinya dapat dan layak disebut sebagai pahlawan?

Dan, bukankah seorang pahlawan adalah penjahat bagi musuhnya?
raihlah simpati orang sebanyak mungkin, maka dia bisa menjadi pahlawan bagi yg bersimpati padanya
raihlah antipati orang sebanyak mungkin, maka dia bisa menjadi penjahat bagi yg berantipati padanya

pahlawan dan penjahat adalah pandangan orang ketiga, bagi pandangan para penjahat, siapa saja yg melawan mereka tidak disebut pahlawan, melainkan musuh

tsu
23-08-2011, 06:20 PM
pahlawan dan penjahat adalah pandangan orang ketiga, bagi pandangan para penjahat, siapa saja yg melawan mereka tidak disebut pahlawan, melainkan musuh

yoi, itulah sebab nya namanya History, bukan Mystory
soalnya sejarah itu tergantung oleh siapa yang menceritakan, dari sudut pandang siapa, fraksi siapa, pihak pemenangkah ? ato pihak yang dirugikan ?
itulah kenapa, disini pahlawan bukan berarti disana juga ;)

Yuki
23-08-2011, 10:34 PM
mengenai history, kelemahannya bahasa Inggris, menggunakan jender untuk penunjukan dia

yg feminist sekarang bernafsu untuk menggantinya jadi herstory ya, lol ::hihi::