PDA

View Full Version : - Alternatif Susu Sapi -



lily
26-11-2012, 08:25 PM
Pasti ada beberapa orang yang alergi susu sapi , tapi tetap ingin minum susu...

Silahkan dicoba beberapa jenis susu , sebagai alternatif lain , selain susu sapi.

1. Susu kacang almond

Rasa dan tekstur : creamy , agak manis dengan sedikit rasa kacang.

Pilih ini karena : kalori lebih rendah , dilengkapi vitamin E , tinggi antioksidan , kalsium , vitamin A , dan vitamin D.

Untuk Anda pertimbangkan : tentu saja almond merupakan sumber serat dan protein yang baik. Namun , karena almond harus dicampur air saat pembuatan susu , kandungan nutrisinya sedikit merosot. Almond juga mengandung lebih banyak sodium.

Paling sedap : jika dibuat smoothie dan dicampur cereal.

2. Susu kelapa

Rasa dan tekstur : kental , pekat , dan tentunya beraroma kelapa.

Pilih ini karena : rendah sodium , rendah kalori (90 kkal / gelas) , umumnya dilengkapi vitamin B12 yang mencerdaskan otak.

Untuk Anda pertimbangkan : kandungan lemaknya cukup tinggi. Tetapi masih ama. Dalam setiap 5 gr yang Anda minum , kandungan lemak kelapanya hanya memenuhi kurang dari 8 % kebutuhan lemak.

Paling sedap : jika dicampur dengan teh , puding , smoothie , dan oatmeal.

3. Susu beras

Rasa dan tekstur : ringan , encer , dan manis

Pilih ini karena : mengandung karbohidrat untuk energi , air untuk mencegah dehidrasi , dan elektrolit seperti dalam sports drink.

Untuk Anda pertimbangkan : tidak mengandung serat.

Paling sedap : diminum bersama hidangan penutup , kue panggang , dan juga french toast.

4. Susu kedelai

Rasa dan tekstur : agak manis

Pilih ini karena : mengandung protein yang hampir sama dengan susu sapi , nutrisi nabati yang mencegah tubuh menyerap kolesterol , dan dilengkapi kalsium. Kocok kemasan sebelum susu diminum , karena kalsium tambahan biasanya mengendap di dasar botol.

Untuk Anda pertimbangkan : tak perlu berlebihan , cukup konsumsi 25 gr / hari saja.

Paling sedap : untuk cream soup , dressing salad , saus , dan teh.


Sumber : majalah Women's Health Indonesia edisi Oktober 2012

komporminyak
26-11-2012, 09:29 PM
Susu kambing kok ga disebut ya?
kan udah populer susu kambing ettawa

lily
26-11-2012, 09:37 PM
mungkin ini susu non hewan kali ya ::hihi::

itsreza
26-11-2012, 10:10 PM
susu kedelai tanpa gula ga manis lho.
lainnya rasanya ga pernah coba.
itu susu beras maksudnya bukan air tajin kan?

cha_n
26-11-2012, 10:13 PM
iya... koh aslan tuh alergi susu sapi.

ho oh ca susu kambing salah satu alternatif kalau alergi susu sapi.

lily
26-11-2012, 10:16 PM
^^

cha_n di thread sana sini selalu Ko Aslan melulu ???

@itsreza : iya tadi di majalah tulisannya "kadang langu" , tapi ga saya ketik... langu apaan sih ?

tsu
26-11-2012, 10:19 PM
langu itu agak.... "penguk" klo orang jawa bilang ;D, agak bau dikit

btw @ Lily, klo nabati biasa nya bilangnya "sari" bukan "susu"
karena nggak pernah ada cerita nya kita memerah dari tanaman kedelai ;D

lily
26-11-2012, 10:26 PM
ow iya iya , maaf om ::hihi::

saya pikir namanya susu , soalnya kan diminum ::ngakak2::

cherryerichan
26-11-2012, 10:30 PM
Pasti ada beberapa orang yang alergi susu sapi , tapi tetap ingin minum susu...

Silahkan dicoba beberapa jenis susu , sebagai alternatif lain , selain susu sapi.

1. Susu kacang almond

Rasa dan tekstur : creamy , agak manis dengan sedikit rasa kacang.

Pilih ini karena : kalori lebih rendah , dilengkapi vitamin E , tinggi antioksidan , kalsium , vitamin A , dan vitamin D.

Untuk Anda pertimbangkan : tentu saja almond merupakan sumber serat dan protein yang baik. Namun , karena almond harus dicampur air saat pembuatan susu , kandungan nutrisinya sedikit merosot. Almond juga mengandung lebih banyak sodium.

Paling sedap : jika dibuat smoothie dan dicampur cereal.

2. Susu kelapa

Rasa dan tekstur : kental , pekat , dan tentunya beraroma kelapa.

Pilih ini karena : rendah sodium , rendah kalori (90 kkal / gelas) , umumnya dilengkapi vitamin B12 yang mencerdaskan otak.

Untuk Anda pertimbangkan : kandungan lemaknya cukup tinggi. Tetapi masih ama. Dalam setiap 5 gr yang Anda minum , kandungan lemak kelapanya hanya memenuhi kurang dari 8 % kebutuhan lemak.

Paling sedap : jika dicampur dengan teh , puding , smoothie , dan oatmeal.

3. Susu beras

Rasa dan tekstur : ringan , encer , dan manis

Pilih ini karena : mengandung karbohidrat untuk energi , air untuk mencegah dehidrasi , dan elektrolit seperti dalam sports drink.

Untuk Anda pertimbangkan : tidak mengandung serat.

Paling sedap : diminum bersama hidangan penutup , kue panggang , dan juga french toast.

4. Susu kedelai

Rasa dan tekstur : agak manis

Pilih ini karena : mengandung protein yang hampir sama dengan susu sapi , nutrisi nabati yang mencegah tubuh menyerap kolesterol , dan dilengkapi kalsium. Kocok kemasan sebelum susu diminum , karena kalsium tambahan biasanya mengendap di dasar botol.

Untuk Anda pertimbangkan : tak perlu berlebihan , cukup konsumsi 25 gr / hari saja.

Paling sedap : untuk cream soup , dressing salad , saus , dan teh.


Sumber : majalah Women's Health Indonesia edisi Oktober 2012

susu kelapa= santan kan ya?

cha_n
26-11-2012, 10:40 PM
^^

cha_n di thread sana sini selalu Ko Aslan melulu ???

@itsreza : iya tadi di majalah tulisannya "kadang langu" , tapi ga saya ketik... langu apaan sih ?

naaaaaaah itu dari tadi yang aku pikirkan... kenapa ada hubungannya ama koh aslan mulu ya? apakah kebetulan ? :))

Kingform
26-11-2012, 10:40 PM
gw suka ama susu kedelai....
dulu kalo abis fitness selalu disaranin buat minum susu kedelai

ndugu
26-11-2012, 10:43 PM
iya, susu kelapa bukannya santan ya?
dan apa itu bukan koleksterol tinggi? ::elaugh::

lily
26-11-2012, 10:45 PM
@Kingform : sama :minum2:

@cherryerichan : hooh...

@cha_n : saya juga alergi susu sapi...

@ndugu : ada keterangannya di atas...

AsLan
26-11-2012, 11:33 PM
Santan tidak mengandung kolesterol, karena kolesterol itu diproduksi oleh Lever.

Bau langu di susu kedelai itu terjadi kalau kedelai direbus bersama kulitnya.
Kalau mau gak bau langu, setelah direndam semalaman, kedelai diremas2 agar kulitnya terkelupas dan dibuang.

---------- Post Merged at 11:33 PM ----------

Santan tidak mengandung kolesterol, karena kolesterol itu diproduksi oleh Lever.

Bau langu di susu kedelai itu terjadi kalau kedelai direbus bersama kulitnya.
Kalau mau gak bau langu, setelah direndam semalaman, kedelai diremas2 agar kulitnya terkelupas dan dibuang.

cha_n
27-11-2012, 12:53 AM
@Kingform : sama :minum2:

@cherryerichan : hooh...

@cha_n : saya juga alergi susu sapi...

@ndugu : ada keterangannya di atas...

wow bisa samaan gitu

heihachiro
27-11-2012, 10:29 AM
^ berarti kalo tinggal serumah ga masalah ya? ::ungg::


:ninja:

GiKu
27-11-2012, 10:31 AM
susu kuda liar dan ASI belom disebut

lily
27-11-2012, 10:38 AM
^^

om kalo ASI kan ga bisa diminum orang dewasa... ini kan yang bisa dikonsumsi orang dewasa sehari - hari...

GiKu
27-11-2012, 10:40 AM
^
hmm.... apalagi susu kuda liar ya
bisa disepak kudanya
::hihi::

itsreza
27-11-2012, 10:51 AM
@lily beneran ASI ga bisa diminum orang dewasa?

::ungg::

GiKu
27-11-2012, 10:59 AM
^
kalau youli mau coba, silakan datang ke posyandu atau klinik laktasi

lily
27-11-2012, 11:24 AM
@itsreza : ASI bisa sih diminum orang dewasa , cuma kan kita nyetok buat baby kan , bukan buat orang dewasa.

Neptunus
27-11-2012, 12:50 PM
^ klo stoknya berlebih bwt bayi kan mubadzir dibuang ::ungg::

lily
27-11-2012, 01:49 PM
kalo stok berlebih bisa kok disimpan di freezer , ntar kalo mo minum bisa dihangatkan...