PDA

View Full Version : Bila Rhoma Irama Nyapres



komporminyak
17-11-2012, 06:45 PM
Rhoma Irama Jadi Capres
Nurul Arifin: Modal Rhoma Popularitas

http://assets.kompas.com/data/photo/2012/11/15/1531104-nut--rhoma-irama-620X310.jpg

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar Nurul Arifin mengatakan, pencapresan Rhoma Irama hanya bermodalkan popularitas. Menurut Nurul, elektabiltas Rhoma hanya tinggi saat konser Soneta Grup. Padahal, pencapresan membutuhkan banyak modal, tidak hanya popularitas.

"Pencapresan seseorang itu harus mementingkan modal sosial dan politik juga," kata Nurul di Kantor Badan Pengawas Pemilu, Jakarta, Jumat (16/11/2012).

Nurul mengatakan, modal politik dan sosial sangat penting untuk meyakinkan masyarakat. Ia berpendapat bahwa seorang capres dinilai oleh pemilih berdasarkan tingkat kepeduliannya pada rakyat. Parpol tidak mungkin mencapreskan seseorang yang belum teruji kompetensinya di ranah politik dan sosial, apalagi elektabilitas yang tidak teruji secara nasional. "Bebet, bibit, dan bobot seorang capres itu harus jelas," ujarnya.

Sebelumnya, pendukung Rhoma Irama yang tergabung dalam Soneta Fans Club Indonesia (SFCI) mengajukan "Raja Dangdut" tersebut sebagai calon presiden pada pemilu mendatang. Figur seniman dan dai itu diyakini mampu menjadi pemimpin besar dan membawa bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik.

Dukungan tersebut disampaikan puluhan anggota SFCI dari berbagai daerah di Jawa Timur saat menyambut Rhoma di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Kamis (1/11/2012). Ketua SFCI Surabaya Yusuf Maulana mengatakan, Rhoma adalah figur yang memiliki komitmen kuat memberantas kemungkaran. Oleh karena itu, dia yakin, jika Rhoma terpilih menjadi presiden nanti, maka pemerintahan Indonesia akan bersih dari berbagai hal berbau korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Dukungan terhadap Rhoma juga datang dari Wasilah Silaturahim Asatidz Tokoh dan Ulama (Wasiat Ulama). Organisasi tersebut menilai, keberhasilan Rhoma memimpin kelompok musik Soneta Grup sebagai salah satu alasan bahwa Rhoma pantas dimajukan dalam bursa capres RI. "Rhoma Irama memiliki jiwa kepemimpinan yang tangguh, itu tecermin ketika memimpin Soneta Grup selama 40 tahun lebih dan tetap solid," ujar Ketum DPP Wasiat Ulama Fachrurozy Ishaq dalam deklarasi di rumahnya, Jalan Mesjid Nomor 8, Rawabunga, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (8/11/2012).

Fachrurozy mengatakan, alasan lain mengapa organisasi perkumpulan ulama se-Indonesia tersebut mendukung Rhoma menjadi presiden adalah karena Rhoma merupakan salah satu tokoh nasional yang begitu populer di rakyat, khususnya umat Islam, baik nasional maupun internasional. Selain itu, Rhoma yang kini aktif menjabat sebagai Ketua Umum Fahmi Tamami (Forum Silaturahim Ta'mir Masjid dan Mushalla Indonesia) dan Pammi (Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia) tersebut merupakan salah satu ulama yang konsisten menegakkan amar makruf nahi mungkar.

saus (http://nasional.kompas.com/read/2012/11/16/17535015/Nurul.Arifin.Modal.Rhoma.Popularitas?utm_source=WP&utm_medium=Ktpidx&utm_campaign=Geliat%20Politik%20Jelang%202014)



Emang jadi Presiden cukup modal populer yah?
Hasil kerja dia apa sih? 'motivator' doang kan ya?
setidaknya belum bisa terbukti.
menurut gw cuma ngeh teori tapi ga bisa jadi pelaksana pemimpin.
masak yang jadi acuan memimpin soneta group yang bertahan dan solid 40 tahun.
lah itu kan komunitas yang boleh dibilang ga majemuk ;D
beda jauhhh ama kondisi Indonesia
*sori buat fansnya bang Rhoma Irama, ::maap::

mbok jamu
17-11-2012, 06:58 PM
Mbok bukan fans nya Rhoma Irama.

Tapi Nurul Arifin itu siapa ya? What a big mouth she has. ::hihi::

komporminyak
17-11-2012, 07:04 PM
mosok ga kenal mbok?

http://www.nurularifin.com/wp-content/uploads/2010/09/20090416074323.jpg
dulu artis kawakan, lalu banting setir di dunia politik

punya web pribadi kok di http://www.nurularifin.com/

eh bener kan? ;D

Bi4rain
17-11-2012, 07:14 PM
there goes campaign money down the drain.

daripada ngecalonin diri jadi presiden untuk hasil yang jelas (jelas ga dipilih mayoritas, imo) mending dipake tu duit buat kegiatan sosial atau pendidikan

itsreza
17-11-2012, 07:25 PM
pokoknya saya dukung rhoma irama nyalon! ::hohoho::







rebounding, biar ga kriwil lagi rambutnya ::hihi::

mbok jamu
17-11-2012, 07:27 PM
mosok ga kenal mbok?

dulu artis kawakan, lalu banting setir di dunia politik

punya web pribadi kok di

eh bener kan? ;D

Iya, benar. And ..? So ..?

Dia bicara bibit, bebet, bobot Rhoma Irama. Lha.. bibit, bebet, bobot nya sendiri bagaimana?

opi77
17-11-2012, 07:32 PM
Joke of the month ::ngakak2::::ngakak2::...
Kalo dia beneran nyalonin makin ancur lah negara ini...

BundaNa
17-11-2012, 08:03 PM
Golkar kan punya calon sendiri, tuh si dagu sendok, jelas nurul sedang dalam misi menjatuhkan mental pendukung (pendukung ato fans ya? ;)) ) rhoma irama.

Tapi be te we, gwe curiga rhoma cuma mau memecah suara gituuuh, biar pilpres ga berat sebelah ke seorang tokoh yg terlalu kuat, mungkin lho, gwe sendiri ga ada bayangan, 2014 terlalu deket buat jokowi ya? ::hihi::

gogon
17-11-2012, 08:04 PM
Guys, biarkanlah dia mengambil hak nya sebagai WNI. Why bother.
Biar nanti rakyat yang menentukan.

BundaNa
17-11-2012, 08:06 PM
^orang juga berhak komentar kan? Apalagi ini urusan bangsa -_-



:run:

cha_n
17-11-2012, 08:35 PM
di bb suami, dapet broadacst lucu2 kalau rhoma jadi presiden...

NKRI = Negara kesatuan Rhoma irama
penduduk indonesia bakal brekurang separuh, jadi cuma 135jt ::ngakak2::

lengkapnya ada di bb... ada yang dapet ga broadcast ginian?

Alethia
17-11-2012, 08:37 PM
^untuung udah ga pake bb
:D

BundaNa
17-11-2012, 08:55 PM
Udah disebarin juga di FB, antara lain :
-akan ada larangan BEGADANG karena tiada artinya
-PP larangan poligami bagi PNS akan dicabut
-akan ada tunjangan istri I,II,III dsb
Dll

Alethia
17-11-2012, 11:36 PM
Niatnya mulia. Saya dukung dari jauh aja. Kalau aja ga ada kasus angel pegel...mngkn lbh bagus lg.

Yuki
18-11-2012, 05:51 AM
dia itu......terlalu eksentrik

entertain dia di film sih dapet, untuk kadar film ya, karena biar menguras emosi (dapet, saya tidak ngomongin kualitas ya ;D)

tapi untuk reality, jadi aneh rasanya

BundaNa
18-11-2012, 06:19 AM
Sukarno masih berani mengakui siapa saja istri2nya. Dia? Calon pemimpin udah berani tidak mengaku hal seperti itu, apalagi yg lain -_-

opera
19-11-2012, 07:41 AM
angel lelga jadi first lady

AsLan
19-11-2012, 07:42 AM
angel lelga dijadiin first lady cuma sehari doang, trus di cerai lagi :))
cuma dikasi icip-icip...

etca
19-11-2012, 07:43 AM
Emang istrinya bang RI siapa aja siy? Berapa banyak?
*jadi pengen tahu ;D

pasingsingan
19-11-2012, 07:45 AM
hidop Republik Dangdut :lololol:

opi77
19-11-2012, 07:46 AM
gue menunggu sutan bhatoegana jadi cawapresnya RI::ngakak2::::ngakak2::::ngakak2::..
pasti bakal seru duet RI ama SH..

etca
19-11-2012, 08:17 AM
iseng gugling cari tahu bininya, malah baca di wikipedia ttg ini.


Pada bulan Februari 2005, dia memperoleh gelar doktor honoris causa dari American University of Hawaii dalam bidang dangdut, namun gelar tersebut dipertanyakan banyak pihak karena universitas ini diketahui tidak mempunyai murid sama sekali di Amerika Serikat sendiri, dan hanya mengeluarkan gelar kepada warga non-AS di luar negeri. Selain itu, universitas ini tidak diakreditasikan oleh pemerintah negara bagian Hawaii.
ini terlalu mengada2 kan ya?
bua apaan juga honoris causa-nya itu. kampusnya aja ga valid. muridnya, murid tunggal.



lagi dari wikipedia

Kontroversi

Pada tahun 2003, Rhoma kembali menjadi sorotan media karena mengkritik Inul Daratista, penyanyi dangdut yang sedang naik daun karena mengandalkan gaya tarinya yang dianggap mesum. Rhoma dengan mengatas-namakan organisasi PAMMI (Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia), menentang peredaran album Goyang Inul yang dirilis Blackboard pada akhir Mei 2003. Pada saat itu Rhoma Irama kemudian dikecam sebagai seorang munafik oleh pendukung Inul.
Juga pada tahun 2003, Rhoma dalam sebuah pengerebekan, tertangkap basah beduaan sedang berduaan di apartemen Angel Lelga, sekitar jam 11-4 pagi. Pengerebekan ini banyak ditayangkan media infotainment, dan menjadi permulaan turunnya pamor raja dangdut ini. Kejadian ini disanggah Rhoma dengan berdalih bahwa ia hanya memberikan nasihat dan petuah agar menghindarkan Angel Lelga dari jurang kenistaan, setelah beberapa waktu kemudian Rhoma mengakui bahwa ia sebenarnya telah menikah dengan Angel Lelga.[3]
Pada November 2005, tayangan Kabar-kabari memberitakan Rhoma Irama mengatakan GIGI adalah band frustasi dan tidak kreatif. Komentar tersebut berhubungan dengan kesuksesan album rohani Raihlah Kemenangan yang dirilis GIGI. Menurut Rhoma, album yang sepenuhnya berisi lagu aransemen ulang itu mengesankan kelompok musik tersebut sebagai band yang frustasi dan tidak kreatif. Berita ini kemudian disanggah oleh Rhoma. (Sebenarnya berita ini sudah diralat, setelah Rhoma Irama mengirimkan protes ke meja redaksi RCTI dan manajemen acara infotaintment KABAR-KABARI. Berita ini beredar karena kesalahan narator dalam menanggapi berita tentang pernyataan Rhoma Irama. Dan Rhoma Irama sendiri dengan band GIGI tidak ada masalah dan "santai" saja.[4]
Pada Januari 2006, kembali Rhoma di hadapan anggota DPR mengeluarkan pernyataan menentang aksi panggung Inul, dalam dengar pendapat pembahasan RUU Antipornografi antara DPR dan kalangan artis.
Pada Juli 2012, Kembali Rhoma Menciptakan Kontroversi dengan melakukan Politik "SARA",Yang seharusnya tidak Boleh/Tidak dapat berlaku di NKRI yang memiliki persatuan budaya,etnis,bahasa,agama (Bhineka Tunggal Ika)



Pasangan hidup


Rhoma menikahi Veronica pada 1972, seorang wanita Nasrani yang menjadi muslim setelah dinikahinya, yang kemudian memberinya tiga orang anak, Debby (31), Fikri (27), dan Romy (26). Rhoma akhirnya bercerai dengan Veronica bulan Mei 1985.
Sebelum bercerai, sekitar setahun sebelumnya, Rhoma menikahi Ricca Rachim, juga seorang wanita Nasrani yang kemudian menjadi muslim setelah dinikahinya — lawan mainnya dalam beberapa film seperti Melodi Cinta, Badai di Awal Bahagia, Camellia, Cinta Segitiga, Pengabdian, Pengorbanan, dan Satria Bergitar. Hingga sekarang, Ricca tetap mendampingi Rhoma sebagai istri. Mereka mengangkat seorang anak bernama Ridho Irama/Ridho Rhoma (sumber lain yang tidak jelas mengatakan bahwa Ridho merupakan anak kandung Rhoma dari wanita bernama Marwah Ali)[5]
Pada tanggal 2 Agustus 2005, Rhoma mengumumkan telah menikahi artis sinetron Angel Lelga secara siri pada 6 Maret 2003, namun hari itu juga ia menceraikannya.
Veronica sempat menikah kembali (1991) kemudian sang suami yang seorang pejabat meninggal, Veronica sendiri meninggal di tahun 2005 dengan mengalami berbagai penyakit, anak-anaknya mengakui pada pers selama Veronica sakit Rhoma Irama lah yang menanggung semua biaya perawatan hingga ke Singapura mengingat Veronica bukan lagi artis yang produktif dan telah menjadi janda karena suaminya telah meninggal. Keluarga mencatat bahwa Rhoma tetap berperan dalam keluarga tersebut.
Pada saat Rhoma Irama digerebek oleh wartawan di Apartemen bersama Angel Lelga sebenarnya keduanya telah menikah secara siri, otak dibalik pengerebekan tersebut adalah Yati Octavia dan suaminya Pangky Suwito yang juga tinggal di Apartemen Semanggi dan turut hadir bersama wartawan pada saat pengebrekan. [6]


dari list itu 3 orang yah bininya?
trus Yati Octavia siapanya dia? mantan pacar pa gimana tuh?

menurut gw sih, kalau dia dalam berumah tangga aja ude kaga bener,
trus pemicu2 kontroversi itu kok ga prinsipil banget ya? kritik ke GIGI band yang frustasi, Inul Daratista yang ngebor asoy
lah pegimane ntar mau mimpin negara ::doh::

Alethia
19-11-2012, 08:38 AM
Terus..ani itu siapa

BundaNa
19-11-2012, 09:02 AM
Penggerebekan itu dilakukan panky suwito karena tidak terima dengan statmen rhoma sebelumnya tentang yati masih berstatus istri orang ketika menikah dengan panky suwito.
Marwah Ali itu disinyalir ibu kandung rhido rhoma, masih ada satu lagi anak di solo, mungkin sekarang sudah ABG, dia dalang cilik kalo ga salah, gwe lupa namanya.

Ada 1 lagi artis sekarang udah vakum, dia pake cadar, namanya soraya siapa gitu, juga disinyalir istri sirrinya rhoma.

Dia terlalu kontroversial kalo dijadiin presiden. Dan satu lagi, dia cuma punya pengalaman sebagai ketua soneta dan papmi. Dalam bidang politik? Ada yg bisa kasih masukan?

Ronggolawe
19-11-2012, 09:06 AM
berumah tangga kagak benar, maksudnya apa Tca?

benar tidaknya seseorang berumah tangga itu, bu
kannya cuma perbedaan sudut pandang dan prinsip
yang diyakini serta dijalaninya?

nikah itu boleh, cerai itu boleh, poligami juga boleh
dan bukan merupakan perbuatan melawan hukum.

kalau gw sih cuma bisa lihat hasilnya saja, bahwa
sejauh ini tidak ada anak-anaknya Rhoma yang ber
masalah, berarti sejauh ini beliau fine-fine saja da
lam berumah tangga.

BTT
Rhoma jauh lebih mending dibandingkan capres lain
semacam ARB atau Pramono Edi, paling tidak dia pu
nya fans lebih banyak :)

---------- Post Merged at 09:06 AM ----------



Dia terlalu kontroversial kalo dijadiin presiden. Dan satu lagi, dia cuma punya pengalaman sebagai ketua soneta dan papmi. Dalam bidang politik? Ada yg bisa kasih masukan?
akhir 80an - awal 90an, beliau adalah kader dan
anggota dewan dari Golkar...

BundaNa
19-11-2012, 09:08 AM
^masih ada din syamsuddin...

---------- Post Merged at 09:08 AM ----------

@ronggo: pas jaman suharto ya?::hihi::

Ronggolawe
19-11-2012, 09:10 AM
gw kan nyontohin ARB dan PEW dan yang semacam
nya, Bund :)

berarti jelas ngga termasuk DS, AB, PS yang lain ma
cam :)

---------- Post Merged at 09:10 AM ----------



@ronggo: pas jaman suharto ya?::hihi::
Who didn't?

itsreza
19-11-2012, 11:03 AM
OOT itu American University of Hawaii sih jualan gelar. banyak banget artis dan pejabat
di Indonesia yang dikasih gelar, dr hc, dr, atau master, dengan bayar tentunya. ga usah
kuliah, tiba-tiba dikasih gelar dan pake prosesi penganugrahan. selain Hawaii, ada juga
California American University, dll. jualan gelar macam kaki lima aja, karena rame akhirnya
lapak-lapak itu ditertibkan ;D

GiKu
19-11-2012, 11:06 AM
kalo kaki lima gelar dagangan
::hihi::

sorry oot

opi77
19-11-2012, 11:23 AM
kalo cuma jualan gelart di Indonesia bukannya juga banyak yah...

BundaNa
19-11-2012, 12:00 PM
Kalo bener honoris causanya rhoma beli, perlu dipertanyakan kredibilitasnya. Jadi anggota legislatif jaman orba juga dia ga kasih karya politik apa2. Ga bisa jadi rekam jejak politik yg positif

itsreza
19-11-2012, 12:21 PM
^^
itu juga udah dipertanyakan, karena pemberi gelar nya ga terakreditasi.
Universitasnya sendiri sekarang udah tutup karena dituntut: http://hawaii.gov/dcca/ocp/udgi/lawsuits/AUH
macam disini, Anwar fuadi juga dapat, tapi ngakunya dikasih ga bayar http://goo.gl/7ZLdQ ;D
di sini ada kliping artikel tokoh publik yang pernah dapet gelar http://goo.gl/Uza3B
padahal yang begini institusi bodong, jadi ga mungkin ada deh yang gratis
tanggapan rhoma atas gelarnya http://goo.gl/qDiUC


@opi77, bedanya kan ini gelar bule.. MBA, MSc, MA, Phd
di indonesia sih masih ada sampai sekarang, tapi gelar lokal.

tuscany
19-11-2012, 12:43 PM
Nyapres sih silakan aja. Tapi popularitas tidak berbanding lurus dengan elektabilitas.

Jokowi benahi dulu Jakarta. Kalo sukses, kursi 2018 sudah pasti milik dia.

komporminyak
25-11-2012, 07:38 AM
Intermezzo dikit ::hihi::


https://fbcdn-sphotos-h-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash4/262030_276163612486283_375798481_n.jpg

porcupine
25-11-2012, 09:52 AM
Mengutip kata katanya jins belel
"Saya mendukung Rhoma menjadi Capres, tapi bukan sebagai presiden"

Lumayan buat banyolan di warung kopi

Ronggolawe
25-11-2012, 10:00 AM
setuju, siapapun yang bukan kriminal berhak menja
di Capres....

Si ARB yang menjahati ribuan KK saja masih pede
maju kok...

AsLan
25-11-2012, 11:55 AM
Arb bukan menjahati ribuan tapi jutaan

itu kasus pajak gayus kan pencurian hak jutaan orang.

Kemarin gw denger kerugian pln 37trilyun itu kerjaan arb juga.

Banyaklah pokoknya.

Ronggolawe
25-11-2012, 12:08 PM
mosok ga kenal mbok?

http://www.nurularifin.com/wp-content/uploads/2010/09/20090416074323.jpg
dulu artis kawakan, lalu banting setir di dunia politik

punya web pribadi kok di http://www.nurularifin.com/

eh bener kan? ;D

kekeke.. ini orang mestinya mengkritisi dulu calon
presiden dari partainya sendiri, si ARB :)

spears
25-11-2012, 08:22 PM
hahahhaaa..bener banget!
gw mendukung rhoma irama jadi capres, TAPI BUKAN SEBAGAI PRESIDEN
wkwkwkkwkw...good joke...good joke...ijin copas ::ngakak2::
masa pilih presiden cuman krn fans nya banyak? ::doh::::doh::::doh::
kalau disuruh milih, mending SBY, ARB,kemana2 daripada si roim...
palagi klo disandingkan sama Dahlan Iskan, Jokowi....ck....ckk...ck...he's totally not in their league

BundaNa
26-11-2012, 09:29 AM
errr...saya jelas golput kalo pilihannya cuma SBY (eh dia gak bisa nyapres lagi ya?) atau ARB -_-

danalingga
26-11-2012, 10:24 AM
Haknya sih jadi capress, tapi hak saya juga untuk tidak memilih
dan berusaha mempengaruhi orang untuk juga tidak memilih dia.

BundaNa
26-11-2012, 10:29 AM
siapa yang mau jadi fisrt ladynya ntar ya?

kandalf
26-11-2012, 11:22 AM
^^
Dijawab ama Rhoma Irama di sini:
http://www.101jakfm.com/popup/listen/1631

opi77
02-12-2012, 08:33 PM
Jakarta - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengumumkan partainya melirik Rhoma Irama sebagai kandidat calon presiden. Untuk menindaklanjuti pencapresan Rhoma, partai yang pernah identik dengan sosok Gus Dur ini berencana menggelar konser dangdut di sejumlah daerah.

"Setelah ini nanti akan ada 'Konser Kebangkitan Bangsa' yang didukung oleh Bang Haji," kata Sekjen DPP PKB, Helmy Faisal Zaini, usai mendampingi Muhaimin bertemu dengan Rhoma Irama di Restoran Al Jazirah, Jl Raden Saleh, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (2/12/2012).

Helmy menjelaskan kepada wartawan bahwa masyarakat PKB adalah masyarakat dangdut. Pagelaran 'Konser Kebangkitan Bangsa' tersebut akan diadakan di beberapa tempat.

"Konser akan diadakan di beberapa titik, dua - tiga titik tempat akan diadakan konser. Nanti akan diberitahukan kepada kawan-kawan pers," ungkap Helmy yang juga Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal ini.

Rhoma, Muhaimin, dan fungsionaris PKB sempat berbicara selama dua jam lebih di ruang VIP restoran Al Jazirah sebelum mengadakan konferensi pers selama 15 menit. Helmy melihat pertemuan yang membicarakan soal pencapresan tersebut adalah pertemuan antara tokoh politik dan budayawan.

"Jadi kami sama-sama mencari titik temu bagi kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan. Cak Imin (Muhaimin-red) di sini sebagai tokoh politik, sementara Bang Rhoma sebagai budayawan," ucap Helmy.

Muhaimin menyatakan ketertarikannya menjadikan Rhoma sebagai kandidat capres dari PKB. "Kita sebagai penggemar, tentu akan melihat dan tadi kita sudah menanyakan apa benar Bang Haji mau nyalon. Saya yakin kandidat dari PKB adalah Bang Haji. Saya sebagai Ketua Umum melirik Bang Haji sebagai sosok alternatif buat pencapresan," kata Muhaimin.
Sous: detik.com
Seriously????PKB????:iamdead::iamdead:

TheCursed
02-12-2012, 08:53 PM
Sous: detik.com
Seriously????PKB???? :iamdead::iamdead:

What ? It fits, ya know. :ngopi:

tsu
02-12-2012, 09:56 PM
PKB kan dodol, pas pilgub jatim kemaren berhasil membuat seorang bupati tergeletak stroke karena berani nyalon hanya dengan modal "restu gusdur" ;D

PMSVH
02-12-2012, 10:44 PM
sebenarnya, mau dapat restu dari siapapun, asal memagn memiliki kemampuan untuk memimpin, itu tidak masalah
jika untuk memimpin sebuah keluarga saja tidak becus, bagaimana mau memimpin yang lebih besar lagi....

Ronggolawe
02-12-2012, 10:52 PM
sebenarnya, mau dapat restu dari siapapun, asal memagn memiliki kemampuan untuk memimpin, itu tidak masalah
jika untuk memimpin sebuah keluarga saja tidak becus, bagaimana mau memimpin yang lebih besar lagi....

Ngomongin sapa nih? Rhoma ngga becus ngurusin
keluarga?

Nancy Reagan adalah Istri kedua Ronald Reagan...

PMSVH
02-12-2012, 11:14 PM
Ngomongin sapa nih? Rhoma ngga becus ngurusin
keluarga?

Nancy Reagan adalah Istri kedua Ronald Reagan...

tapi tidak sebanyak ini (http://firdaushnr.blogspot.com/2012/11/para-isteri-rhoma-irama.html)

Ronggolawe
02-12-2012, 11:32 PM
kekeke....

ngga usah jauh-jauh dah...
Sultan Hamengkubuwono IX punya banyak istri, kok :)

etca
02-12-2012, 11:37 PM
http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=D7Xs4HmIWCc

Rhoma Irama Mendadak Capres: Dagelan di “Mata Najwa”

Di awal acaranya, Mata Najwa, Metro TV, Rabu, 28 November 2012,
host Najwa Shihab mengatakan, apakah bersedianya dan siapnya Rhoma Irama maju sebagai capres 2014 itu serius atau hanya suatu dagelan di akhir tahun?

(Saya sertakan video acara tersebut, yang diambil dari Youtube, di bagian akhir artikel ini).

Dari mengikuti acara tersebut, menurut saya, ini termasuk dagelan di akhir tahun.

Adegan layaknya dagelan terjadi ketika percakapan Najwa Shihab dengan Rhoma Irama itu memasuki topik kedua dan ketiga (terakhir), setelah di topik pertama berbicara soal latar belakang pencalonan dan kesediaannya dicalonkan sebagai capres 2014, yang sangat kental SARA-nya itu.

Topik kedua itu adalah tentang isu-isu publik yang penting yang saat ini sedang ramai diperbincangkan dan menjadi kontroversi di masyarakat. Yakni soal subsidi BBM, APBN, dan pembubaran BP Migas.

Sedangkan topik ketiga, tentang konsekuensi seseorang mau menjadi presiden, pejabat publik. Yakni, harus siap dikritik, siap “ditelanjangi”, siap “dikupas,” bahkan sampai ke soal-soal pribadinya oleh publik.

Najwa bertanya, apakah Rhoma mengikuti perkembangan isu-isu publik yang penting dan saat ini, yang sedang ramai dibicarakan itu. Rhoma menjawab bahwa dia mengikutinya, tetapi tidak terlalu intens.

Ketika Najwa bertanya kepada Rhoma Irama hal-hal yang sangat mendasar dan sederhana mengenai subsidi BBM, APBN, dan pembubaran BP Migas, Rhoma beberapa kali terlihat tergagap-gagap menjawabnya. Berkali-kali dia terlihat menjilat bibirnya. Tanda bahwa dia sedang sangat grogi, sampai mulutnya terasa kering. Kalau menjawab, tidak nyambung. Kelihatan sekali bahwa dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana dan umum dari Najwa Shihab tentang isu-isu publik yang penting itu, Rhoma tidak mampu menjawabnya dengan baik dan benar. Dia bahkan beberapakali berusaha mengeles, tetapi bukan nama najwa Shihab kalau tidak bisa mengejar terus, sehingga Rhoma pun beberapa kali terpojok oleh jawabannya sendiri. Rhoma Irama telah merasakan betapa panasnya kursi panasnya Mata Najwa.

Beberapakali Rhoma mengeles dari pertanyaan-pertanyaan Najwa, dengan mengatakan, “Saya bukan ahli soal perminyakan,” “Untuk menjadi seorang presiden bukan berarti harus menjadi Superman yang mengerti semuanya,” “Ini ‘kan masih wacana sebagai capres. Belum capres. Nanti kalau sudah capres baru saya akan mendalaminya secara detail,” dan seterusnya.

Najwa memotong gaya mengeles Rhoma itu dengan mengatakan, “Yang saya tanyakan itu hal-hal yang sederhana, yang umum-umum saja,” “Maka itu, saya tanyakan secara umum saja, global saja, tidak menanyakan sampai ke soal angka-angkanya, …”

Tentang Subsidi BBM: Apakah anda setuju soal subsidi BBM, atau sebaiknya dikurangi secara bertahap?

Rhoma: “Secara spesifik saya bukan ahli di bidang minyak …”

Najwa: “Saya tidak bertanya secara spesifik, tetapi lebih pada apakah mendukung policy seperti itu? Dengan konsekuensi semakin memberatkan anggaran. Yang umum-umum saja, jawabnya.”

Rhoma: “Juga, saya tidak dalam kapasitas untuk menjawab hal itu. Saya bukan ahli perminyakan. Bahwa seorang presiden bukan harus menjadi Superman untuk mengerti segala hal.”

Najwa: “Maka itu, saya tidak meminta anda menjelaskan dengan angka-angka. Yang umum saja, yang global saja.”

Rhoma pun menjawabnya soal orientasi kepada kemakmuran rakyat, segala hal bisa dilakukan.


Tentang APBN: Sebagai seorang presiden anda harus mampu mengelola keuangan negara secara sehat. Menurut anda, bagaimana itu mengelola APBN secara sehat?
Rhoma menjawabnya dengan menyebutkan Pasal 33 ayat 3 UUD 1945 sebagai sumber pemikirannya, untuk diimplementasi selanjutnya dengan cara yang berbeda untuk setiap hal.

Najwa: “Dalam konteks APBN, mengelola keuangan, apakah dalam porsi sekarang, 80 persen lebih banyak digunakan untuk belanja rutin: subsidi, gaji pegawai, biaya operasional. Sedangkan biaya modal hanya 10 persen Apakah itu ideal?”

Dengan gugup Rhoma berkata, “Eee…ee… Saya belum bicara soal itu, ya …”

Najwa: “Anda tidak melihat bahwa hal-hal ini penting diketahui, apabila kita benar-benar berniat membenahi negeri ini?”

Rhoma mengeles, “Begini, begini, kita ‘kan baru dalam tahapan wacana capres. Belum sampai ke capres. Ada tahapan-tahapannya. Nanti pada tahapan itu baru kami mendalaminya secara detail dari pada persoalan-persoalan bangsa ini.”

Najwa mengejarnya, “Tapi, tadi, bukan detail, dong, pertanyaan saya. Itu masih sesuatu yang sangat umum.”

Rhoma kembali bicara soal UUD 1945. Semua itu berpatokan pada UUD 1945, katanya.


Tentang Keputusan MK yang membubarkan BP Migas: Apakah itu keputusan yang tepat?

Rhoma: “Mmmmm … saya belum bisa menilai itu secara kongkrit. Karena saya belum mendalami itu secara serius ….”

Hati-hati bicara dengan Najwa Shihab, Karena setiap perkataan yang keluar dari mulutmu bisa dijadikan bumerang untuk “ menghantam” balik anda!

Najwa: “Tetapi, memang anda akui bahwa anda belum detail dan masuk ke hal-hal yang umum seperti tadi, ya? … Dan merasa tidak penting untuk diketahui? (oleh karena itu belum mendalaminya secara serius)”

Rhoma: “Maka itu, tadi saya katakan bahwa ini masih wacana … Masih wacana …”

Najwa: “Masih wacana, tetapi anda mengatakan sudah siap untuk digadang-gadang. Berarti anda yakin akan bisa (menjadi presiden)?”

Rhoma: “Saya rasa presiden itu punya think tank, punya kabinet, punya brain trust. Untuk bisa memecahkan berbagai masalah.”

Najwa: “Tapi, harus dipastikan juga bahwa presiden tidak dikelabui anak buahnya.”

Rhoma: “Yes, tentu saja. Yang penting presiden itu punya misi, visi dan konsep yang jelas untuk mengelola negara ini dari berbagai aspek.

Oh, jadi, rupanya menurut Bang Rhoma menjadi presiden itu tidak perlu pintar, tidak perlu tahu tentang hal-hal yang mendasar soal seperti subsidi BBM, APBN, dan sejenisnya, seperti yang diajukan oleh Najwa Shihab itu, ya? Yang penting ada para pembantunya, menterinya. Tapi, masa iya, pembantu-pembantunya itu jauh lebih pintar daripada presidennya sendiri? Kalau rapat-rapat kabient, misalnya, bisa-bisa serba tidak nyambung pembicaraannya.

Apakah iya, untuk mempunyai visi dan misi serta konsep yang jelas seorang presiden tidak harus mempunyai dasar pengetahuan dan wawasan yang cukup untuk itu?

*

Selesai “menguji” pengetahuan umum Rhoma Irama, Najwa beralih ke soal konsekuensi seseorang menjadi presiden. Antara lain siap “dikuliti”, siap “ditelanjangi”, siap dibicarakan soal-soal pribadinya, bagaimana track record-nya diukur, dan sebagainya.

“Apakah anda siap untuk itu?” Tanya Najwa.

“Siap,” jawab Rhoma, “Itu hal yang biasa. Hukum alam …”

Najwa: “Jadi, tidak apa-apa juga, kalau misalnya, saya bertanya hal-hal yang bersifat pribadi dari Abang, sekarang?”

“Silakan!”

“Abang berpoligami?”

Airmuka Rhoma sejenak berubah, terdiam sesaat, kemudian dengan tersenyum sinis, dia menjawab, “Mmmm… Saya rasa ini bukan untuk konsumsi publik, dan anda mengerti itu.”

Najwa: “Tadi, kan konteksnya sudah siap dikuliti hal-hal yang memang kaitannya kalau menjadi pejabat publik. Anda keberatan menjawab itu?”

“Nggak juga, sih. Tapi publik kan tahu siapa saya?”

“Berarti anda memang berpoligami …”

“Kalau anda menanyakan itu, berarti anda nggak mengerti tentang saya!” Seru Rhoma sambil menunjuk-nunjuk Najwa.

“Oke, sikap anda kemudian sudah bisa dipahami.”

Mungkin karena merasakan hampir semua perntanyaannya dijawab oleh Rhoma Irama seperti jawaban murid SMP, atau bahkan SD, Najwa pun menanyakan, skill apa yang dimiliki oleh Rhoma Irama selain musik dan berkhotbah.

Dibandingkan dengan pertanyaan tentang poligami, yang membuatnya tersinggung itu, seharusnya pertanyaan ini lebih patut membuat Rhoma tersinggung. Tetapi, ternyata tidak. Dengan mantap Rhoma menjawab bahwa dia ini sebetulnya dulu pernah kuliah di (Fakultas) Sosial Politik, — entah di perguruan tinggi mana, tidak disebutkan. Tetapi, dengan terus terang, dia bilang, “Saya dulu itu mahasiswa drop out.”

Namun demikian, kata Rhoma, ketertarikannya dengan dunia politik itu sangat kuat. Terbukti dari kiprahnya di dunia ini mulai di tahun 1977 sampai dengan 1997. Sampai masuk Senayan (maksudnya ketika menjadi anggota DPR dari Golkar).

*

Lepas dari semua dialog antara Najwa dengan Rhoma itu, ada satu hal yang sebenarnya menjadi pertanyaan di dalam hati saya, kenapa kok kali ini Rhoma Irama tampil dengan berkacamata hitam? Kenapa di sepanjang acara Mata Najwa itu Rhoma Irama terus berkaca mata hitam? Apakah dia sedang sakit mata? Rasanya, kurang sopan kalau orang tampil di momen seperti ini, tampil di depan umum, disiarkan televisi, berbicara dengan orang, tidak melepaskan kacamata hitamnya.

Kira-kira apa ya alasannya Rhoma berkacamata hitam itu?

*

Sampai di sini, kita kembali ke pertanyaan Najwa di awal acaranya itu: Apakah pencalonan dan kesediaan Rhoma Irama maju dalam pilpres 2014 itu serius, ataukah dagelan di akhir tahun?”

Menurut anda? ***
saus (http://politik.kompasiana.com/2012/11/29/rhoma-irama-mendadak-capres-dagelan-di-mata-najwa-512747.html)



X_X
seperti inikah yang nyalon jadi presiden negarakyuh. ::doh:::iamdead:

PMSVH
02-12-2012, 11:38 PM
kekeke....

ngga usah jauh-jauh dah...
Sultan Hamengkubuwono IX punya banyak istri, kok :)

mau dbandingkan dengan yang berdarah biru...(?)
mmmmm.......

Ronggolawe
03-12-2012, 12:05 AM
mau dbandingkan dengan yang berdarah biru...(?)
mmmmm.......

lho... Rhoma itu kan berdarah biru juga....
Raden Haji Oma Irama :)

spears
03-12-2012, 12:19 AM
emang Roim ga becus kok ngurusin RTnya.
masa nyerein Angel lelga pake sms. dimana becusnya klo gitu?

lagi2 pembelaan buta by ronggo. kayak pas dia belain si dukun yg ngaku ustad. si Guntur. wakakakkaka.makanya cek dan ricek. *tepokjidattttttttt

---------- Post Merged at 12:19 AM ----------

ntar kalo Roim nyapres juga paling suaranya cuman 1 yg nyoblos, si Ronggolawe ::hihi::::hihi::

ndableg
03-12-2012, 03:39 AM
Tapi dari wawancara2 emang dia sara gitu orangnya..

kandalf
03-12-2012, 06:24 AM
Eh. emang Rhoma Irama menceraikan Angel Lelga pakai sms?
*cuma nanya*

Urzu 7
03-12-2012, 10:49 AM
Presiden indon yg beristri lebih dari 1 cukup bapak proklamator kita saja

Alethia
03-12-2012, 10:53 AM
Jgn terlalu dihina...biasa aja.
*selftalkingg

kandalf
03-12-2012, 11:00 AM
Presiden indon yg beristri lebih dari 1 cukup bapak proklamator kita saja
Ah.. Bang Rhoma..
kalau merasa poligami itu benar, mestinya jawab aja "iya, saya berpoligami".
Kalau merasa poligaminya salah, jawab aja, "ah.. itu dahulu, saya khilaf".

Justru kalau mengelak seperti itu malah menunjukkan berarti dia masih gak yakin poligami itu haram atau halal. =))

opi77
03-12-2012, 11:13 AM
sayang gak nonton mata najwa....
cuma bisa geleng2 kepala aja pas baca postingan etca...kalo dia yang jadi capres kiamat udah deket...

ndugu
03-12-2012, 11:25 AM
parah interviewnya ::doh::
saya nontonnya sampe mikir this can't be serious ::elaugh:: untuk pertanyaan personal itu saya ga peduli deh, anggap bukan bagian dari interview, tapi pertanyaan2 laennya sama skali terasa tidak dijawab dan muter2. kalo saya sebagai voters kan pengennya mendengar posisi2 kandidat mengenai berbagai isu. tapi setelah nonton video ini saya malah merasa tidak belajar hal yang baru dan tidak mengetahui siapa kandidat ini dan apa2 saja posisinya, karena jawaban2nya terlalu vague.

biasa kandidat harusnya memanfaatkan jam on-air di media gini untuk kampanye dan mempromosikan diri. ini kok saya malah merasa sebaliknya, justru stelah nonton interviewnya, antara 2 produk (satu dijual satu tidak dijual), saya malah lebih memilik produk yang tidak dijual - alias lebih mendukung interviewernya (najwa) yang jadi presiden.

contoh kasus PR (public relation) yang fail, big time ::elaugh::


btw, di luar si najwa tertarik ato tidak jadi presiden, she did a great job di interview ini :cengir: tau kapan mendesak kapan melepaskan kapan move on ke topik lain. pertanyaan2nya juga oke2 :cengir: valuable journalist :mikir:

Ronggolawe
03-12-2012, 11:26 AM
parah interviewnya ::doh::
saya nontonnya sampe mikir this can't be serious ::elaugh:: untuk pertanyaan personal itu saya ga peduli deh, anggap bukan bagian dari interview, tapi pertanyaan2 laennya sama skali terasa tidak dijawab dan muter2. kalo saya sebagai voters kan pengennya mendengar posisi2 kandidat mengenai berbagai isu. tapi setelah nonton video ini saya malah merasa tidak belajar hal yang baru dan tidak mengetahui siapa kandidat ini dan apa2 saja posisinya, karena jawaban2nya terlalu vague.

biasa kandidat harusnya memanfaatkan jam on-air di media gini untuk kampanye dan mempromosikan diri. ini kok saya malah merasa sebaliknya, justru stelah nonton interviewnya, antara 2 produk (satu dijual satu tidak dijual), saya malah lebih memilik produk yang tidak dijual - alias lebih mendukung interviewernya (najwa) yang jadi presiden.

contoh kasus PR (public relation) yang fail, big time ::elaugh::
Like It... nice comment :)

ndugu
03-12-2012, 11:34 AM
Ah.. Bang Rhoma..
kalau merasa poligami itu benar, mestinya jawab aja "iya, saya berpoligami".
Kalau merasa poligaminya salah, jawab aja, "ah.. itu dahulu, saya khilaf".

Justru kalau mengelak seperti itu malah menunjukkan berarti dia masih gak yakin poligami itu haram atau halal. =))
persis.
jawaban2nya yang terlalu kabur dan tidak fokus itu yang problematic buatku.
di luar saya setuju ato tidak dengan posisi2nya, dia harusnya lebih jelas saat menjawab. voters perlu tau where he stands, who he is, what he thinks, and why he thinks that way. ga bisa bayangkan ke depannya kalo beneren dia terpilih, karena posisi presiden kan perlu membuat banyak keputusan, dan di sini dia terlalu banyak mengelak dan jawaban2nya terlalu umum.

saya harap voters kita bisa lebih teliti ::elaugh::

opi77
03-12-2012, 11:37 AM
emank ngelawak banget kalo ampe RI jadi capres....masa PKB gak ada calon lain...

Urzu 7
03-12-2012, 12:33 PM
Sah2 aja kalo rhoma pingin jadi presiden..mau diusung pkb ato partai lain..pas kampanye juga pake duit dia sendiri syukur2 ada yang nyeponsori..
Kalopun kalah yang hilang duit rhoma sendiri ngapain sewot;D

AsLan
03-12-2012, 12:35 PM
Gini aja deh...

Pilihan presiden 2014:

Aceng mantan bupati garut
Rhoma pendekar bergitar
Aburizal sidagu panjang
Marjuki mulut dewa

pilih mana?

Rhoma bisa menang kayaknya...

opi77
03-12-2012, 01:36 PM
::ngakak2::::ngakak2::::ngakak2::...
joke of the year om...

BundaNa
03-12-2012, 02:01 PM
gini aja deh...

Pilihan presiden 2014:

Aceng mantan bupati garut
rhoma pendekar bergitar
aburizal sidagu panjang
marjuki mulut dewa

pilih mana?

Rhoma bisa menang kayaknya...


sungguh terlalu -_-

surjadi05
03-12-2012, 02:17 PM
Ngomongin sapa nih? Rhoma ngga becus ngurusin
keluarga?

Nancy Reagan adalah Istri kedua Ronald Reagan...

dan ronald reagen nikah siri?
tentu anda tahu bedanya nikah sirih dan nikah resmi, yg satu ada suratnya dan yg satu cuma modal aurat, dan untuk menjadi president harus mengikuti semua peraturan negara


kekeke....

ngga usah jauh-jauh dah...
Sultan Hamengkubuwono IX punya banyak istri, kok :)

dan Sri Sultan Hamengkubuwono adalah president yg ke berapa?::ungg::::ungg::

dan apakah dia poligami sesuai dengan peraturan negara (nikah resmi) atau poligami tidak sesuai peraturan negara (nikah siri)::bye::

BundaNa
03-12-2012, 02:27 PM
kalo si RI percaya poligaminya baik, ketika ditanya najwa dia akan jawab dengan lugas

kalo RI emang niat jadi presiden, paling gak dalam tataran wacana dia bisa jawab masalah2 mendasar negara ini yang diutarakan najwa

kalo RI yakin dia pantas, dia bisa jawab dengan lugas

Urzu 7
03-12-2012, 02:42 PM
Latar pendidikan dan pengalaman politik juga penting..

danalingga
03-12-2012, 02:47 PM
Gini aja deh...

Pilihan presiden 2014:

Aceng mantan bupati garut
Rhoma pendekar bergitar
Aburizal sidagu panjang
Marjuki mulut dewa

pilih mana?

Rhoma bisa menang kayaknya...

Ampun dah kalo kejadian gini.

kandalf
03-12-2012, 02:53 PM
Latar pendidikan dan pengalaman politik juga penting..
Lho.. Zu..
Bang Haji kan anggota DPR tahun 1993 di zaman Eyang.

Urzu 7
03-12-2012, 03:20 PM
Lho.. Zu..
Bang Haji kan anggota DPR tahun 1993 di zaman Eyang.

Barusan browsing2 dikit tentang kiprah RI diDPR dulu dan ternyata cuman jadi maskot PPP aja;D

kandalf
03-12-2012, 03:35 PM
Tahun 1993 kan Rhoma Irama masuk Golkar. Udah bukan PPP lagi.
Lagipula, soal maskot atau tidak, dia kan harus ikut sidang MPR.
Walau di masa Eyang, anggota DPR cuma jadi 'Yes-man' saja. Tapi tetap aja, pengalaman politik udah ada.

---------- Post Merged at 05:35 PM ----------

Lagipula, beda dengan sekolah yang ada ujian akhir, di DPR kan gak ada ujian akhir. Yang penting datang rapat dan sidang.

Ronggolawe
03-12-2012, 03:50 PM
dan ronald reagen nikah siri?
tentu anda tahu bedanya nikah sirih dan nikah resmi, yg satu ada suratnya dan yg satu cuma modal aurat, dan untuk menjadi president harus mengikuti semua peraturan negara

gw mengkritisi pernyataan bahwa kebecusan mengu
rus negara harus berbanding lurus dengan kebecusan
mengurus keluarga.

Rhoma dan dan Reagan sama-sama pernah berce
rai, kalau dianggap bercerai sebagai bentuk ketidak
becusan berkeluarga.

ohya ada Sarkozy, Burloscony dan mungkin Clinton
juga :)

tapi disisi lain, Rhoma lebih hebat karena sukses meng
urus beberapa keluarga sekaligus, sementara Reagan
tidak pernah begitu :)



dan Sri Sultan Hamengkubuwono adalah president yg ke berapa?::ungg::::ungg::

dan apakah dia poligami sesuai dengan peraturan negara (nikah resmi) atau poligami tidak sesuai peraturan negara (nikah siri)::bye::
ini gw ngomong soal kepemimpinan... dan siapa yang
tidak mengakui kepemimpinan Sinuhun IX?

surjadi05
03-12-2012, 04:05 PM
Ngomongin sapa nih? Rhoma ngga becus ngurusin
keluarga?

Nancy Reagan adalah Istri kedua Ronald Reagan...


gw mengkritisi pernyataan bahwa kebecusan mengu
rus negara harus berbanding lurus dengan kebecusan
mengurus keluarga.

Rhoma dan dan Reagan sama-sama pernah berce
rai, kalau dianggap bercerai sebagai bentuk ketidak
becusan berkeluarga.

ohya ada Sarkozy, Burloscony dan mungkin Clinton
juga :)

tapi disisi lain, Rhoma lebih hebat karena sukses meng
urus beberapa keluarga sekaligus, sementara Reagan
tidak pernah begitu :)



Tapi anda melupakan 1 hal penting, mereka sarkozy, berlusconny,raegen "melakukan" hal itu sesuai dgn peraturan negaranya, kalo emang bang haji melakukan poligami sesuai peraturan negara (ingat negara mengizinkan poligami ) maka saya tidak melihat ada hal yg salah, anda mengharapkan apa dari pemimpin negara yg "tidak mau" melakukan poligami sesuai peraturan negara?

Ingat kita bukan melakukan pemilihan "pemimpin agama"?::bye::


Gini aja deh...

Pilihan presiden 2014:

Aceng mantan bupati garut
Rhoma pendekar bergitar
Aburizal sidagu panjang
Marjuki mulut dewa

pilih mana?

Rhoma bisa menang kayaknya...

yup kalo gini gw bakal memilih bang haji, gw kapok golput::arg!::::arg!::

Ronggolawe
03-12-2012, 04:18 PM
Tapi anda melupakan 1 hal penting, mereka sarkozy, berlusconny,raegen "melakukan" hal itu sesuai dgn peraturan negaranya, kalo emang bang haji melakukan poligami sesuai peraturan negara (ingat negara mengizinkan poligami ) maka saya tidak melihat ada hal yg salah, anda mengharapkan apa dari pemimpin negara yg "tidak mau" melakukan poligami sesuai peraturan negara?

Ingat kita bukan melakukan pemilihan "pemimpin agama"?::bye::


dalam putusan MK pada gugatan Machicha Mochtar
soal ke-absahan nikah sirri, jelas kok bahwa pencata
tan pernikahan merupakan hak yang ditawarkan oleh
negara kepada warga negara, agar kemudian Negara
bisa memberikan perlindungan hukum bagi pasangan
menikah.

Jadi bukan merupakan kewajiban melakukan pencata
tan pernikahan. Negara sudah mengakui Sah sebuah
pernikahan yang memenuhi syarat secara agama.

Jadi, Rhoma tidak melakukan pelanggaran apapun ter
hadap UU Perkawinan yang berlaku di Indonesia.

surjadi05
03-12-2012, 07:41 PM
dalam putusan MK pada gugatan Machicha Mochtar
soal ke-absahan nikah sirri, jelas kok bahwa pencata
tan pernikahan merupakan hak yang ditawarkan oleh
negara kepada warga negara, agar kemudian Negara
bisa memberikan perlindungan hukum bagi pasangan
menikah.

Jadi bukan merupakan kewajiban melakukan pencata
tan pernikahan. Negara sudah mengakui Sah sebuah
pernikahan yang memenuhi syarat secara agama.

Jadi, Rhoma tidak melakukan pelanggaran apapun ter
hadap UU Perkawinan yang berlaku di Indonesia.
Pertama keputusan MK itu terjadi pada tahun berapa? Poligami Rhoma Irama terjadi pada tahun berapa?
Kedua Benar tidak melanggar tapi juga tidak mematuhi peraturan negara?
Sama soal janji, kalo anda berjanji dan kemudian melanggarnya, apakah itu juga perbuatan illegal? ::bye::

Ronggolawe
03-12-2012, 08:32 PM
Pertama keputusan MK itu terjadi pada tahun berapa? Poligami Rhoma Irama terjadi pada tahun berapa?
kenapa tidak ada yang mempidanakan poligami nya
bang Haji?

justru keputusan MK ini menguatkan tafsir bahwa
Negara tidak mewajibkan pencatatan nikah sebagai
bagian dari syarat sah nya nikah.

ada-ada saja loe ah :)


Kedua Benar tidak melanggar tapi juga tidak mematuhi peraturan negara?

peraturan mana?
sampai saat ini ngga ada peraturan yang mewajibkan
pencatatan pernikahan.


Sama soal janji, kalo anda berjanji dan kemudian melanggarnya, apakah itu juga perbuatan illegal? ::bye::
janji apa dulu nih? janji dibawah sumpah? itu wajib
dipenuhi dong :)

Parameswara Li
03-12-2012, 08:58 PM
Pertama keputusan MK itu terjadi pada tahun berapa? Poligami Rhoma Irama terjadi pada tahun berapa?
Kedua Benar tidak melanggar tapi juga tidak mematuhi peraturan negara?


Kalau Rhoma Irama jadi mencalonkan diri menjadi presiden, jelas saya tidak akan pilih dia. Tetapi saya tidak akan memakai alasan poligami atau nikah siri beliau karena ada banyak hal lain yang jauh lebih penting untuk disorot. Poligami dan nikah siri biar itu jadi urusan dia dengan keluarganya saja.

Saya cuma mau mengingatkan bahwa UU No.1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Pasal 2 ayat 1 berbunyi :
(1) Perkawinan adalah sah, apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaannya itu.

Jadi negara juga mengakui bahwa nikah siri itu sah sepanjang itu dilakukan menurut hukum agama dari yang bersangkutan.

tsu
03-12-2012, 10:12 PM
kenapa klo bang Rhoma selalu ujung2nya ke urusan kawin-siri-cere yah ;D

anyway, saya setuju sama bung P-Li, klopun bang Haji jadi maju ke capres, saya tentu tidak akan memilih, masih banyak alasan lain diluar nikah siri yang lebih penting untuk disorot
contoh nya, masalah diplomasi luar negeri, ntah kenapa saya nggak yakin sama kemampuan bang haji untuk bersilat lidah di ajang internasional, bisa2 kita perang sama singapur atau malaysia ntar ;D

AsLan
03-12-2012, 10:24 PM
Kalo gw sih gak setuju dengan Rhoma Irama karena kemarin dia terbukti memakai kartu SARA untuk kepentingan politik.
Dia gak peduli dengan resiko perang agama atau kerusuhan antar suku yg masih rentan terjadi di indonesia.

Untuk memimpin negara besar dan majemuk, haruslah orang yg berjiwa besar dan bisa mengayomi semua elemen masyarakat, bukan orang yg menunggangi satu golongan dan mengorbankan golongan lain.

ndugu
03-12-2012, 10:38 PM
Kalau Rhoma Irama jadi mencalonkan diri menjadi presiden, jelas saya tidak akan pilih dia. Tetapi saya tidak akan memakai alasan poligami atau nikah siri beliau karena ada banyak hal lain yang jauh lebih penting untuk disorot. Poligami dan nikah siri biar itu jadi urusan dia dengan keluarganya saja.

ini saya setuju
urusan mengenai pernikahan/perceraian dll itu menurutku urusan pribadinya. apakah hal itu akan mempengaruhi kemampuan dia menjalankan tugas negara? secara garis besar kurasa tidak, mungkin hanya akan berpengaruh di aspek2 tertentu saja. jadi buatku (kalo saya adalah voter), urusan pribadinya itu cukup minor ya dalam mempengaruhi keputusanku. karena buatku masih ada banyak isu2 laen yang lebih penting yang bisa dan perlu disorot.

on the other hand, dari gaya menjawab dan cara dia carry himself juga sedikit sebanyak menggambarkan karakternya. buat voter yang mementingkan karakter kandidat (yang mana juga adalah alasan valid dalam memilih presiden), ini juga bisa berpengaruh keputusan mereka saat pemilu.

ultimately, isu apa yang paling kamu peduli dulu.


Kalo gw sih gak setuju dengan Rhoma Irama karena kemarin dia terbukti memakai kartu SARA untuk kepentingan politik.
Dia gak peduli dengan resiko perang agama atau kerusuhan antar suku yg masih rentan terjadi di indonesia.

Untuk memimpin negara besar dan majemuk, haruslah orang yg berjiwa besar dan bisa mengayomi semua elemen masyarakat, bukan orang yg menunggangi satu golongan dan mengorbankan golongan lain.
ini di video interview bagian pertama bukan? kayanya saya sempat nonton juga di youtube.

iya tuh, saya juga mikirnya, nih orang hidup di jaman mana sih ::elaugh:: indo kan daerah yang sangat diverse yah. despite apapun backgroundku, rasanya ga jaman banget lagi deh pake2 kartu sara.

bahwa ada orang yang menilai akan kemampuan memimpin negara berdasarkan sara dan bukannya kapabilitas seseorang, that itself is a big turn off for me.

AsLan
03-12-2012, 10:42 PM
Isu keluarga juga faktor yg perlu dipertimbangkan.

Kalau masalah cerai atau tidak, itu terlalu umum, yg perlu diperhatikan adalah bagaimana caranya dia memperlakukan wanita, bagaimana caranya mempertahankan janji, pertanggungjawaban moral dll

Intinya kita berusaha menilai integritas seseorang dari berbagai sudut.

ndugu
03-12-2012, 10:45 PM
Isu keluarga juga faktor yg perlu dipertimbangkan.

Kalau masalah cerai atau tidak, itu terlalu umum, yg perlu diperhatikan adalah bagaimana caranya dia memperlakukan wanita, bagaimana caranya mempertahankan janji, pertanggungjawaban moral dll

Intinya kita berusaha menilai integritas seseorang dari berbagai sudut.
bener. saya bukannya tidak setuju.
hanya buatku pribadi sih urusan itu bukan deal-breaker dalam keputusan pemilihanku ya.
tapi apa yang kamu kemukakan sangat valid kok. dan buat voters yang mementingkan nilai2 hidup tertentu, maka ini bagian yang perlu disimak.

Kingform
03-12-2012, 10:48 PM
ga usah jauh2 sampe urusan poligami ato kawin cere.....
rhoma irama ditanya soal2 basic ama najwa aja ga bisa jawab kok.....
jawabannya malah muter2 ga jelas ::ngakak2::

bener2 joke akhir tahun....::ngakak2::

ndugu
03-12-2012, 10:56 PM
ga usah jauh2 sampe urusan poligami ato kawin cere.....
rhoma irama ditanya soal2 basic ama najwa aja ga bisa jawab kok.....
jawabannya malah muter2 ga jelas ::ngakak2::

iya tuh. seriously, saya nontonnya sampe cringe ::doh::
dia sendiri tidak bisa membawa diri dan berdiplomasi di media publik, apalagi kalo diberi tugas untuk membawa negara ke dunia. what's gonna happen? ::elaugh:: ada beberapa kali dia mengelak pertanyaan2 najwa dan tidak bisa tegas, dan beberapa kali juga keliatan dia sepertinya belum memikirkan isu2 yang diangkat oleh najwa dengan dalam. asal jawab aja untuk mengisi waktu.

parah. he needs to take some public relation and public speaking courses (though ironically, padahal dia adalah public figure). ::elaugh::

surjadi05
04-12-2012, 10:05 AM
Kalau Rhoma Irama jadi mencalonkan diri menjadi presiden, jelas saya tidak akan pilih dia. Tetapi saya tidak akan memakai alasan poligami atau nikah siri beliau karena ada banyak hal lain yang jauh lebih penting untuk disorot. Poligami dan nikah siri biar itu jadi urusan dia dengan keluarganya saja.

Saya cuma mau mengingatkan bahwa UU No.1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Pasal 2 ayat 1 berbunyi :
(1) Perkawinan adalah sah, apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaannya itu.

Jadi negara juga mengakui bahwa nikah siri itu sah sepanjang itu dilakukan menurut hukum agama dari yang bersangkutan.

Loh yg bilang tidak syah siapa? kalo tidak sah berarti illegal kan? berarti bisa dituntut kan?
gw kan cuma bilang bahwa kalo mau mematuhi peraturan negara yah mesti ikutin peraturan negara donk, kasarnya ada surat nikahnya::bye::

---------- Post Merged at 10:05 AM ----------


kenapa tidak ada yang mempidanakan poligami nya
bang Haji?

karena tidak illegal makanya ga ada yg menpidanakan

justru keputusan MK ini menguatkan tafsir bahwa
Negara tidak mewajibkan pencatatan nikah sebagai
bagian dari syarat sah nya nikah.



peraturan mana?
sampai saat ini ngga ada peraturan yang mewajibkan
pencatatan pernikahan.

Betul tidak diwajibkan tapi yg benar nikah secara negara yah harus ada surat nikahnya donk
janji apa dulu nih? janji dibawah sumpah? itu wajib
dipenuhi dong :)

Bukan mis janji mau pergi nonton trus lu langgar apakah itu illegal? tapi apakah itu benar?::bye::

edit : supaya diskusi ga berkembang terlalu jauh gw mau mengatakan kita bicara Benar dan salah dari sisi hukum negara

Ronggolawe
04-12-2012, 10:38 AM
kekeke....
emangnya menurut loe muslim akan sah menikah, di
catatan sipil?

surjadi05
04-12-2012, 11:05 AM
kekeke....
emangnya menurut loe muslim akan sah menikah, di
catatan sipil?
Loh kan peraturannnya Muslim nikah di kua?

sekali lagi kita bukan bahas sah atau tidak nya secara agama, dan tidak bahas legal/illegal tapi benar atau tidak benar secara hukum negara::bye::

spears
04-12-2012, 11:10 AM
yang jelas waktu itu, si angel lelga sampe pingsan2 segala waktu konpers. ya iyalah. niatnya mau jenguk "suami" tercinta ehh malah ditalak.
bener2 gak beretika.
waktu itu, si angel..menunjukkan surat keterangan di kertas (atau sms ya) lupa...klo si roim nih menceraikan dia.
terus, mana tuh bukti bahwa roim sanggup merawat beberapa keluarga sekaligus?
kenapa yg keliatan ga ada hepi2nya??malah air mata dimana2??apa itu tolak ukur kesuksesan mengurus sebuah keluarga? :iamdead:

dulu sih banyak beritanya, bisa liat di cek n ricek juga

http://www.suaramerdeka.com/harian/0508/04/nas07.htm



Roim nyapres, cuman dagelan politik aja
ga ada yg nganggap serius kecuali fansnya::hihi::
Roim kok mau saingan ama Dahlan iskan
not in the same league.

---------- Post Merged at 11:10 AM ----------


Loh kan peraturannnya Muslim nikah di kua?

sekali lagi kita bukan bahas sah atau tidak nya secara agama, dan tidak bahas legal/illegal tapi benar atau tidak benar secara hukum negara::bye::

iya kapan ngertinya sih? kan secara hukum negara dr tadi juga dibilang.
slaluu bawa2 agama.mana salah lagi.::grrr::

Ronggolawe
04-12-2012, 11:21 AM
Loh kan peraturannnya Muslim nikah di kua?

mana ada aturannya Muslim harus nikah di KUA :)


sekali lagi kita bukan bahas sah atau tidak nya secara agama, dan tidak bahas legal/illegal tapi benar atau tidak benar secara hukum negara::bye::

Pasal 2
1. Perkawinan adalah sah, apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaannya itu.
2. Tiap-tiap perkawinan dicatat menurut peraturan perundang- undangan yang berlaku.

purba
04-12-2012, 12:42 PM
Rhoma sudah sukses dgn band Soneta-nya. Ini bukti bahwa dia sukses dlm memimpin. Memimpin band gak gampang lho. Ini bisa jadi modal utk memimpin yg lebih besar lagi, memimpin Indonesia. Cuman yg belum jelas visi dan misinya saja.

:))

surjadi05
04-12-2012, 12:52 PM
mana ada aturannya Muslim harus nikah di KUA :)

Perkawinan selanjutnya disebut pernikahan, merupakan sebuah lembaga yang memberikan legimitasi seorang pria dan wanita untuk bisa hidup dan berkumpul bersama dalam sebuah keluarga. Ketenangan atau ketenteraman sebuah keluarga ditentukan salah satunya adalah bahwa pernikahan itu harus sesuai dengan dengan tuntutan syariat Islam (bagi orang Islam). Selain itu, ada aturan lain yang mengatur bahwa pernikahan itu harus tercatat di Kantor Urusan Agama/Catatan Sipil.
Pencacatan perkawinan pada prinsipnya merupakan hak dasar dalam keluarga. Selain itu merupakan upaya perlindungan terhadap isteri maupun anak dalam memperoleh hak-hak keluarga seperti hak waris dan lain-lain.
Dalam hal nikah siri atau perkawinan yang tidak dicatatkan dalam administrasi Negara mengakibatkan perempuan tidak memiliki kekuatan hukum dalam hak status pengasuhan anak, hak waris, dan hak-hak lainnya sebagai istri yang pas, akhirnya sangat merugikan pihak perempuan
Pada kesempatan ini perlu kami sampaikan beberapa dasar hukum mengenai pencacatan perkawinan/pernikahan, antara lain:

UNDANG-UNDANG TENTANG NO 22 TAHUN 1946
Mengatakan:
Nikah yang dilakukan menurut agama Islam, selanjutnya disebut nikah, diawasi oleh Pegawai Pencatat Nikah yang diangkat oleh Menteri Agama atau pegawai yang ditunjuk olehnya. Talak dan rujuk yang dilakukan menurut agama Islam selanjutnya disebut talak dan rujuk, diberitahukan kepada Pegawai Pencatat Nikah.

Pasal ini memberitahukan legalisasi bahwa supaya nikah, talak, dan rujuk menurut agama Islam supaya dicatat agar mendapat kepastian hukum.
Dalam Negara yang teratur segala hak-hak yang bersangkut pada dengan kependudukan harus dicatat, sebagai kelahiran, pernikahan, kematian, dan sebagainya lagi pada perkawinan perlu di catat ini untuk menjaga jangan sampai ada kekecauan.

Undang-undang No I tahun 1974 Tentang Perkawinan
Pasal 2 Ayat 2 menyatakan:
"Tiap-tiap perkawinan dicatat menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku."

PP NOMOR 9 TAHUN 1975 TENTANG PELAKSANAAN UU NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN.
Bab II Pasal 2
Ayat 1:
"Pencatatan Perkawinan dari mereka yang melangsungkan perkawinannya menurut Agama Islam, dilakukan oleh Pegawai Pencatat sebagaimana dimaksud dalam UU Nomor 32 tahun 1954 tentang Pencatat Nikah, Talak, dan Rujuk."
Ayat 2:

"Pencatatan Perkawinan dari mereka yang melangsungkan perkawinannya menurut agamanya dan kepercayaannya itu selain agama Islam dilakukan oleh Pegawai Pencatat Perkawinan pada Kantor Catatn Sipil sebagaiman dimaksud dalam berbagai perundang-undangan mengenai pencatatan perkawinan."

Ayat 3:
"Dengan tidak mengurangi ketentuan-ketentuan yang khusus berlaku bagi tatacara pencatatan perkawinan berdasarkan berbagai peraturan yang berlaku, tatacara pencatatn perkawinan dilakukan sebagaimana ditentukan dalam Pasal 3 samapai Pasal 9 Peraturan Pemerintah."

Pasal 6;
Ayat 1:
"Pegawai Pencatat yang menerima pemberitahuan kehendak melangsungkan perkawinan, meneliti apakah syarat-sayart perkawinan telah dipenuhi dan apakah tidak terdapat halangan perkawinan menurut Undang-undang."
Ayat 1:
"Selain penelitian terhadap hal sebagai dimaksud dalam ayat (1), Pegawai Pencatat meneliti pula:
Kutipan Akta Kelahiran atau surat kenal lahir calon mempelai. Dalam hal tidak ada akta kelahiran atau surat kenal lahir dapat dipergunakan surat keterangan yang menyatakan umur dan asal-usul calon mempelai yang diberikan oleh Kepala Desa atau yang setingkat dengan itu;
Keterangan mengenai nama, agama/kepercayaan, pekerjaan, dan tempat tinggal orang tua calon mempelai;
Izin tertulis/izin Pengadilan sebagai dimaksud dalam pasal 6 ayat (2), (3), (4), dan (5) Undang-undang, apabila salah seorang calon mempelai atau keduanya belum mencapai umur 21 (dua puluh satu) tahun;
Izin Pengadilan sebagi dimaksud pasal 14 Undang-undang; dalam hal calon mempelai adalah seorang suami yang masih mempunyai isteri;
Dispensasi Pengadilan/Pejabat sebagai dimaksud Pasal 7 ayat (2) Undang-undang;
Izin kematian isteri atau suami yang terdahuluatau dalam hal perceraian surat keterangan perceraian, bagi perkawinan untuk kedua kalinya atau lebih;
Izin tertulis dari Pejabat yang ditunjuk oleh Menteri HANKAM/PANGAB, apabila salah satu calon mempelai atau keduanya anggota Angkatan Bersenjata;
Surat kuasa otentik atau di bawah tangan yang disahkan Pegawai Pencatat, apabila salah seorang calon mempelai atau keduanya tidak dapat hadir sendiri karena sesuatu alas an yang penting, sehingga mewakilkan kepada orang lain.
Mengapa Perkawinan Harus Dicatat? Sebuah Catatan Aksiologi
Nikah yang sah menurut undang-undang adalah nikah yang telah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan dan dicatat oleh Pegawai Pencatat Nikah (PPN). Pencatatan ini dilakukan jika ketentuan dan peraturan sebagaimana Peraturan Menteri Agama Nomor 11 Tahun 2007 telah dipenuhi.

Dah ahh, kalo masih mau lanjut diskusi dgn yg lain aja ya kop, gw cabut dulu
thanks::bye::

Ronggolawe
04-12-2012, 01:06 PM
kekeke.... dah ah gw lengkapi saja putusan MK nya :)



[3.12] Menimbang bahwa pokok permasalahan hukum mengenai pencatatan perkawinan menurut peraturan perundang-undangan adalah mengenai makna hukum (legal meaning) pencatatan perkawinan. Mengenai permasalahan tersebut, Penjelasan Umum angka 4 huruf b UU 1/1974 tentang asas-asas atau prinsipprinsip perkawinan menyatakan,

“... bahwa suatu perkawinan adalah sah bilamana dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaannya itu; dan di
samping itu tiap-tiap perkawinan harus dicatat menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pencatatan tiap-tiap perkawinan
adalah sama halnya dengan pencatatan peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan seseorang, misalnya kelahiran, kematian yang
dinyatakan dalam surat-surat keterangan, suatu akte yang juga dimuat dalam daftar pencatatan”.

Berdasarkan Penjelasan UU 1/1974 di atas nyatalah bahwa (i) pencatatan perkawinan bukanlah merupakan faktor yang menentukan sahnya perkawinan; dan (ii) pencatatan merupakan kewajiban administratif yang diwajibkan berdasarkan peraturan perundang-undangan. Adapun faktor yang menentukan sahnya perkawinan adalah syarat-syarat yang ditentukan oleh agama dari masing-masing pasangan calon mempelai. Diwajibkannya pencatatan perkawinan oleh negara melalui peraturan perundangundangan merupakan kewajiban administratif.

spears
04-12-2012, 01:42 PM
Perkawinan selanjutnya disebut pernikahan, merupakan sebuah lembaga yang memberikan legimitasi seorang pria dan wanita untuk bisa hidup dan berkumpul bersama dalam sebuah keluarga. Ketenangan atau ketenteraman sebuah keluarga ditentukan salah satunya adalah bahwa pernikahan itu harus sesuai dengan dengan tuntutan syariat Islam (bagi orang Islam). Selain itu, ada aturan lain yang mengatur bahwa pernikahan itu harus tercatat di Kantor Urusan Agama/Catatan Sipil.
Pencacatan perkawinan pada prinsipnya merupakan hak dasar dalam keluarga. Selain itu merupakan upaya perlindungan terhadap isteri maupun anak dalam memperoleh hak-hak keluarga seperti hak waris dan lain-lain.
Dalam hal nikah siri atau perkawinan yang tidak dicatatkan dalam administrasi Negara mengakibatkan perempuan tidak memiliki kekuatan hukum dalam hak status pengasuhan anak, hak waris, dan hak-hak lainnya sebagai istri yang pas, akhirnya sangat merugikan pihak perempuan
Pada kesempatan ini perlu kami sampaikan beberapa dasar hukum mengenai pencacatan perkawinan/pernikahan, antara lain:

UNDANG-UNDANG TENTANG NO 22 TAHUN 1946
Mengatakan:
Nikah yang dilakukan menurut agama Islam, selanjutnya disebut nikah, diawasi oleh Pegawai Pencatat Nikah yang diangkat oleh Menteri Agama atau pegawai yang ditunjuk olehnya. Talak dan rujuk yang dilakukan menurut agama Islam selanjutnya disebut talak dan rujuk, diberitahukan kepada Pegawai Pencatat Nikah.

Pasal ini memberitahukan legalisasi bahwa supaya nikah, talak, dan rujuk menurut agama Islam supaya dicatat agar mendapat kepastian hukum.
Dalam Negara yang teratur segala hak-hak yang bersangkut pada dengan kependudukan harus dicatat, sebagai kelahiran, pernikahan, kematian, dan sebagainya lagi pada perkawinan perlu di catat ini untuk menjaga jangan sampai ada kekecauan.

Undang-undang No I tahun 1974 Tentang Perkawinan
Pasal 2 Ayat 2 menyatakan:
"Tiap-tiap perkawinan dicatat menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku."

PP NOMOR 9 TAHUN 1975 TENTANG PELAKSANAAN UU NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN.
Bab II Pasal 2
Ayat 1:
"Pencatatan Perkawinan dari mereka yang melangsungkan perkawinannya menurut Agama Islam, dilakukan oleh Pegawai Pencatat sebagaimana dimaksud dalam UU Nomor 32 tahun 1954 tentang Pencatat Nikah, Talak, dan Rujuk."
Ayat 2:

"Pencatatan Perkawinan dari mereka yang melangsungkan perkawinannya menurut agamanya dan kepercayaannya itu selain agama Islam dilakukan oleh Pegawai Pencatat Perkawinan pada Kantor Catatn Sipil sebagaiman dimaksud dalam berbagai perundang-undangan mengenai pencatatan perkawinan."

Ayat 3:
"Dengan tidak mengurangi ketentuan-ketentuan yang khusus berlaku bagi tatacara pencatatan perkawinan berdasarkan berbagai peraturan yang berlaku, tatacara pencatatn perkawinan dilakukan sebagaimana ditentukan dalam Pasal 3 samapai Pasal 9 Peraturan Pemerintah."

Pasal 6;
Ayat 1:
"Pegawai Pencatat yang menerima pemberitahuan kehendak melangsungkan perkawinan, meneliti apakah syarat-sayart perkawinan telah dipenuhi dan apakah tidak terdapat halangan perkawinan menurut Undang-undang."
Ayat 1:
"Selain penelitian terhadap hal sebagai dimaksud dalam ayat (1), Pegawai Pencatat meneliti pula:
Kutipan Akta Kelahiran atau surat kenal lahir calon mempelai. Dalam hal tidak ada akta kelahiran atau surat kenal lahir dapat dipergunakan surat keterangan yang menyatakan umur dan asal-usul calon mempelai yang diberikan oleh Kepala Desa atau yang setingkat dengan itu;
Keterangan mengenai nama, agama/kepercayaan, pekerjaan, dan tempat tinggal orang tua calon mempelai;
Izin tertulis/izin Pengadilan sebagai dimaksud dalam pasal 6 ayat (2), (3), (4), dan (5) Undang-undang, apabila salah seorang calon mempelai atau keduanya belum mencapai umur 21 (dua puluh satu) tahun;
Izin Pengadilan sebagi dimaksud pasal 14 Undang-undang; dalam hal calon mempelai adalah seorang suami yang masih mempunyai isteri;
Dispensasi Pengadilan/Pejabat sebagai dimaksud Pasal 7 ayat (2) Undang-undang;
Izin kematian isteri atau suami yang terdahuluatau dalam hal perceraian surat keterangan perceraian, bagi perkawinan untuk kedua kalinya atau lebih;
Izin tertulis dari Pejabat yang ditunjuk oleh Menteri HANKAM/PANGAB, apabila salah satu calon mempelai atau keduanya anggota Angkatan Bersenjata;
Surat kuasa otentik atau di bawah tangan yang disahkan Pegawai Pencatat, apabila salah seorang calon mempelai atau keduanya tidak dapat hadir sendiri karena sesuatu alas an yang penting, sehingga mewakilkan kepada orang lain.
Mengapa Perkawinan Harus Dicatat? Sebuah Catatan Aksiologi
Nikah yang sah menurut undang-undang adalah nikah yang telah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan dan dicatat oleh Pegawai Pencatat Nikah (PPN). Pencatatan ini dilakukan jika ketentuan dan peraturan sebagaimana Peraturan Menteri Agama Nomor 11 Tahun 2007 telah dipenuhi.

Dah ahh, kalo masih mau lanjut diskusi dgn yg lain aja ya kop, gw cabut dulu
thanks::bye::


nah..yang ini lebih layak dan pantas dipercaya.
terima kasih infonya om Sur ::bye::

kandalf
04-12-2012, 01:51 PM
kekeke.... dah ah gw lengkapi saja putusan MK nya :)


[3.12] Menimbang bahwa pokok permasalahan hukum mengenai pencatatan perkawinan menurut peraturan perundang-undangan adalah mengenai makna hukum (legal meaning) pencatatan perkawinan. Mengenai permasalahan tersebut, Penjelasan Umum angka 4 huruf b UU 1/1974 tentang asas-asas atau prinsipprinsip perkawinan menyatakan,

“... bahwa suatu perkawinan adalah sah bilamana dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaannya itu; dan di
samping itu tiap-tiap perkawinan harus dicatat menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pencatatan tiap-tiap perkawinan
adalah sama halnya dengan pencatatan peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan seseorang, misalnya kelahiran, kematian yang
dinyatakan dalam surat-surat keterangan, suatu akte yang juga dimuat dalam daftar pencatatan”.

Berdasarkan Penjelasan UU 1/1974 di atas nyatalah bahwa (i) pencatatan perkawinan bukanlah merupakan faktor yang menentukan sahnya perkawinan; dan (ii) pencatatan merupakan kewajiban administratif yang diwajibkan berdasarkan peraturan perundang-undangan. Adapun faktor yang menentukan sahnya perkawinan adalah syarat-syarat yang ditentukan oleh agama dari masing-masing pasangan calon mempelai. Diwajibkannya pencatatan perkawinan oleh negara melalui peraturan perundangundangan merupakan kewajiban administratif.


Ini lebih mutakhir daripada yang disebut Om Sur.
Bisa minta salinan lengkap dengan alamat asal rujukannya, Um?

Ronggolawe
04-12-2012, 01:53 PM
http://www.mahkamahkonstitusi.go.id/putusan/putusan_sidang_46%20PUU%202010-TELAH%20BACA.pdf

spears
04-12-2012, 01:54 PM
sekali lg buat aku tetep lebih mantap yg om Sur. males ah baca postingan yg lain. okesip. Terima Kasih infonya Om Sur. :D

kandalf
04-12-2012, 01:58 PM
Merasa lebih mantap tetapi ternyata pernyataannya bertentangan dengan peraturan yang sekarang berlaku apa gunanya. Baca setengah2 hanya untuk menuruti kehendak diri sendiri.

Saya lebih mantap dengan pendapatnya Um Oni dan Parameswara Li.

Makasih buat kalian berdua. soja buat kalian berdua.

spears
04-12-2012, 02:00 PM
suka2 gw dunk. problem? u mad bro??
couldnt care less. siapa ya?maaf ga kenal en ga pengen kenal.




Terima Kasih sekali lagi Om Sur :-* . Sangat menambah pengetahuan saya. ntar klo ada yg bidang2 hukum, saya tanya Om Sur bole yaaa ::bye::::bye:: :-*

kandalf
04-12-2012, 02:01 PM
Makasih, Um Oni.
Selama ini cuma baca dari berita, akhirnya baca keputusan lengkapnya. ::bye::

kandalf
04-12-2012, 02:05 PM
Menarik membaca argumentasi-argumentasi dalam putusan MK.
Sekali lagi, makasih, Um Oni.

kandalf
04-12-2012, 02:14 PM
^
=))

Balik ke topik.
Tapi ya itu, Rhoma Irama sendiri gak yakin poligaminya benar atau tidak. Gak yakin nikah siri itu sah atau tidak. Buktinya gelagapan ditanya Najwa..

BundaNa
04-12-2012, 05:23 PM
ga usah ngomongin poligami atau nikah sirri dulu. Ngomongin masalah negara aja si RI gelagapan....SARA dikedepanin, bisa ancur ini negara dipimpin dia

AsLan
05-12-2012, 12:28 AM
suka2 gw dunk. problem? u mad bro??
couldnt care less. siapa ya?maaf ga kenal en ga pengen kenal.




Terima Kasih sekali lagi Om Sur :-* . Sangat menambah pengetahuan saya. ntar klo ada yg bidang2 hukum, saya tanya Om Sur bole yaaa ::bye::::bye:: :-*


tenang aja Spears, orang yg benar secara hukum belum tentu benar secara moral, karena hukum dibuat oleh orang2 berkuasa, dan orang2 itu belum tentu dekat dengan kebenaran.

orang yg kelihatannya jago ayat2 kitab suci juga belum tentu lebih dekat dengan kebenaran karena meskipun didukung ratusan ayat namun tetap melanggar hukum2 yg lebih tinggi seperti: kasih, kebenaran, kebaikan hati, kelembutan, kesetiaan dll.

jadi saran gw sih, gak usah terlalu memusingkan peraturan2 dan penafsiran2 harafiah, kejarlah virtue. Ini yg paling berharga dari seorang manusia.

tuscany
05-12-2012, 01:31 AM
Masih terlalu dini ah buat mem pro dan kontra kan orang-orang yang mau naik jadi RI 1. But frankly speaking, RI (Rhoma Irama) is not the ideal RI 1 to me. Di luar kontroversi kehidupan pribadinya - yang bikin aku kurang simpati - dia ga punya sesuatu yang menunjukkan dia layak aku pilih sebagai presiden. Kurang kharisma, kurang wawasan, kurang visi, kurang kompetensi.

River
07-12-2012, 03:54 PM
barusan liat iklannya, hari minggu besok jam 22 wib, Roma irama nongol di acaranya tina talisa di indosiar ..
kali2 aja disini ada yang mo nonton ::hihi:: ::hihi:: ::hihi::

BundaNa
07-12-2012, 04:50 PM
^liat iklannya, cuman jualan tawa -_-

queerguy
07-12-2012, 05:22 PM
aku koq pesimis ya sama bang haji::ungg::

Melonpan
07-12-2012, 05:33 PM
roma irama jadi capres sih memang bener2 joke akhir taun ::grrr::
ditanya ini itu ga bisa jawab, kuliah drop out malah bangga ::grrr::

Parameswara Li
12-01-2013, 03:39 PM
Rhoma: Saya Tidak Mungkin Mundur dari Capres

http://l2.yimg.com/bt/api/res/1.2/ut9l96UYOeP7ID4fOQxhwg--/YXBwaWQ9eW5ld3M7Zmk9aW5zZXQ7aD0zNDA7cT04NTt3PTQwMA--/http://media.zenfs.com/id-ID/News/antara/20130112145141-rhomairama.jpg


Jakarta (ANTARA) - Rhoma Irama menyatakan dirinya dalam posisi tidak bisa mundur lagi dari niatnya untuk maju sebagai calon presiden.

"Saya sekarang dalam posisi tidak mungkin mundur," kata Rhoma kepada wartawan di Pondok Pesantren Al Falah, Ploso, Kediri, Jawa Timur, Sabtu.

Rhoma datang ke Pesantren Al Falah bersama jajaran DPP PKB antara lain Ketua DPP PKB Helmy Faishal Zaini, Sekretaris Dewan Syura Andi Muawiyah Ramli, dan Wakil Sekjen Lukman Khakim, setelah sebelumnya bersilaturahim dengan masyarakat di kantor DPC PKB Tulungagung.

Menurut Rhoma, selain sudah berniat menjalankan amanah, dukungan kepada dirinya untuk maju sebagai capres kini semakin besar.

Hingga saat ini, kata Rhoma, dukungan kepada dirinya terus mengalir dari berbagai kalangan dan dari berbagai daerah di tanah air.

Namun, ia menyadari bahwa untuk menjadi capres yang dibutuhkan tidak hanya niat dan dukungan masyarakat, namun harus ada partai politik yang mengajukan.

"Sesuai konstitusi kita, hanya partai yang bisa mengajukan capres," katanya.


Menurut Rhoma, selain PKB ada partai lain yang juga berminat mengusungnya sebagai capres, namun ia enggan menyebutkan nama partai itu.

"Ada partai lain selain PKB," kata tokoh yang gemar berpakaian serba putih itu.

Namun, lanjut Rhoma, jika pada akhirnya partai-partai tidak jadi mengusung dirinya sebagai capres maka ia tidak akan mempermasalahkan.

"Saya masih bisa berjuang bagi kebaikan bangsa ini melalui profesi saya sebagai seniman," katanya.

Sebelumnya, saat di Tulungagung, Ketua DPP PKB Helmy Faishal Zaini mengakui niat PKB mengusung Rhoma sebagai capres berdampak positif bagi partainya.

Helmy yang juga Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal menyatakan masyarakat di berbagai daerah tertarik dengan langkah PKB tersebut.

"Saya sering keliling daerah. Di NTB, Kalimantan, orang yang sebelumnya tak pernah menyebut PKB kini cinta PKB setelah menyebut Rhoma sebagai capres," kata Helmy.

Namun, kata dia, untuk mengusung capres sendiri PKB tentu harus tampil sebagai pemenang Pemilu 2014, harus bisa meraih 20 persen suara.

"Syarat mengusung capres sekitar 20 persen. Kita sanggup asal Bang Haji Rhoma Irama ikut mengkampanyekan PKB," katanya.

Usai dari Tulungagung dan Pesantren Al Falah, rombongan melanjutkan kunjungan ke Pesantren Lirboyo yang diasuh KH Idris Marzuqi, salah seorang ulama senior NU.



http://id.berita.yahoo.com/rhoma-saya-tidak-mungkin-mundur-dari-capres-073212605.html

Alethia
12-01-2013, 05:22 PM
Noto negoro. Ro nya rhoma irama. Abis itu ancur

noodles maniac
13-01-2013, 08:02 AM
Baca Newsrun di Meteor TV kemaren kalo si Raja Dangdut ini ada di urutan teratas kandidat capres dari PKB, trus gw harus bilang ::wow:: gitu? :cengir:



JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar Nurul Arifin mengatakan, pencapresan Rhoma Irama hanya bermodalkan popularitas. Menurut Nurul, elektabiltas Rhoma hanya tinggi saat konser Soneta Grup. Padahal, pencapresan membutuhkan banyak modal, tidak hanya popularitas.

"Pencapresan seseorang itu harus mementingkan modal sosial dan politik juga," kata Nurul di Kantor Badan Pengawas Pemilu, Jakarta, Jumat (16/11/2012).

Sorry to say nih mbak Nurul... kalo emang harus disuruh milih antara si Dagu Sendok sama Raja dangdut, gw lebih milih si Raja Dangdut deh :luck:



hidop Republik Dangdut :lololol:

Setelah ada orde lama, orde baru, orde reformasi maka berikutnya adalah orde dangdut ::shincandance::

noodles maniac
13-01-2013, 08:34 AM
Btw terkait Rhoma Irama yang pro poligami, ternyata ada yang protes keras, check out this poster -_-

http://sphotos-e.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/c67.0.403.403/p403x403/321036_152824878201148_371916203_n.jpg

:cengir:

mbok jamu
13-01-2013, 08:38 AM
Nanti ada Indonesia Raya versi dangdut, nyanyi nya pakai cengkok-cengkok.

choodee
13-01-2013, 06:57 PM
Anggap aja roma irama jd capres ini hiburan di ketegangan pilpres nanti, blum masa kampanye aja interviewnya dan aksi protes dah bikin ketawa ;D

Alethia
13-01-2013, 07:28 PM
ntr kampanye nya nyanyi2 dengdot..seru banget.

noodles maniac
13-01-2013, 07:45 PM
Ale, pemilu kemaren-kemaren pas kampanye kan udah banyak partai yang nanggap dangdutan, cuma kalo nanti Rhoma Irama jadi presiden mungkin dangdutan gak cuma pas kampanye aja, setiap ada momen untuk nyanyi maka bang haji akan nyanyi, kemana-mana bang haji akan bawa gitar. SBY mah lewaaaat :cengir:

Alethia
13-01-2013, 08:54 PM
Pas debatnya juga...dgn suaranya yg bass banget itu..wih...mantab bng hajiii... Gw mah dukung lah. Soal pengetahuan kenegaraan...bs beljar dr skrg. Pgn tau..kyk apa klo dipimpin seniman dengdot. Berwibawa bngt loh dia ini dikalangan bawah.

noodles maniac
07-02-2013, 08:30 AM
Didik : Rhoma Irama Mirip Ronald Reagan (http://www.tempo.co/read/news/2013/02/07/078459663)

http://statik.tempo.co/data/2013/01/08/id_160430/160430_475.jpg


TEMPO.CO, Jakarta-Ketua Pusat Data Bersatu, Didik J. Rachbini mengatakan Rhoma Irama dipandang sebelah mata oleh kelas menengah dalam bursa calon presiden pada 2014. "Rhoma dipandang sebelah mata oleh kelas menengah. Tapi dia tidak peduli dan selalu hadir di tengah masyarakat," kata Didik dalam pemaparan Hasil survei Pusat Data Bersatu kemarin.

Menurut dia, Rhoma mirip dengan mantan Presiden Amerika Serikat Ronald Reagen. “Meski tidak pintar, Reagen bisa menjadi presiden yang hebat.”

Dalam survei, Jokowi menjadi kandidat teratas dengan raihan 21,2 persen suara. Jokowi—sapaan mantan Wali Kota Surakarta itu, mengalahkan 12 calon lainnya. Di bawah Jokowi, berturut-turut Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya Prabowo Subianto (18,4 persen), Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (13 persen), dan penyanyi dangdut Rhoma Irama (10,4 persen).

Secara mengejutkan, Rhoma meninggalkan sosok Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie (9,3 persen), mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (7,8 persen), dan Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat Wiranto (3,5 persen). Rhoma masuk pada kategori top of mind. Nama Rhoma disebutkan pertama kali oleh 25,8 persen responden saat Pusat Data mengajukan pertanyaan tanpa daftar nama. Disusul Aburizal Bakrie (16,9 persen), Prabowo (16,8 persen), Megawati (12,2 persen), dan Jokowi (8,8 persen).

AYUCIPTA | ANGGA SUKMA WIJAYA

Ketawa gw baca komennya Didik ::ngakak2::

serendipity
07-02-2013, 08:35 AM
cakepan ronald reagan kemana-mana deh dibanding si oma ;D

Dan jelas jauh lebih pinter Ronald reagan, dibanding si oma yg ngertinya kawin cere doank :cengir: :fiuhhh:

http://img407.imageshack.us/img407/6248/41553319.jpg

opi77
07-02-2013, 08:39 AM
Rhoma Irama dibandingan ama Ronald Reagen....kaya bumi ama langit...jauh bener...ngelawak nich orang...