PDA

View Full Version : gagal dia :(



Kilat
01-04-2011, 02:15 AM
rencananya bikin spongecake ..
matang, tapi hasilnya sama sekali tidak mirip sponge :))

http://i411.photobucket.com/albums/pp193/kilat00/eten/DSCN6466.jpg

apa yang saya bikin salah ya? :-/

ini resepnya:

8 bibir telur ayam
150 gram gula pasir
100 gram tepung terigu
25 gram maizena (tepung jagung)
100 gram mentega
1 sendok teh baking powder
2 sendok teh pandan pasta

kocok telur dengan gula pasir selama 15 menit hingga mengembang
campur tepung terigu, tepung maizena dan baking powder
masukkan tepung dan bakingpowder ke dalam telur-gula
lelehkan mentega
masukkan ke dalam adonan
masukkan pandan pasta

panggang dalam oven 180 derajat selama 30 menit


duh, adonannya enak, tapi cake-nya ga enak :(

Nharura
01-04-2011, 08:47 AM
saya klw bikin kue-perkuean pasti gagal bunda,, hikiki... kurang berpengalaman,, kecuali kakak kedua saya,,rencananya hri ini mw beli powder es krim,, pengen buat es krim,, berhasil atau tidak ya..:))

komporminyak
01-04-2011, 09:16 AM
kalau di indonesia istilahnya bantat.
dulu bikin roti justru pas SMP,
SMA ude beda minat, kuliah apalagi.. kerca kaga sempat :))

btw itu bukan 8 bibir telur ayam, tapi butir :)

lamanya mengocok kayaknya berpengaruh juga.
tapi gw juga ga gitu ngerti d,

Rumput Knight
01-04-2011, 03:41 PM
Gw malah ngiranya itu gambar martabak telor pas pertama kali liat. =))

Kilat
02-04-2011, 02:19 AM
saya klw bikin kue-perkuean pasti gagal bunda,, hikiki... kurang berpengalaman,, kecuali kakak kedua saya,,rencananya hri ini mw beli powder es krim,, pengen buat es krim,, berhasil atau tidak ya..:))
saya pernah bikin es krim, dari susu cair, krim dan jeruk manis, bahan2 lain sudah saya lupa .. hanya ingat hasilnya enak banget :D

Kilat
02-04-2011, 02:30 AM
kalau di indonesia istilahnya bantat.

terima kasih :)
tadi saya cari di kamus:
bantat = halfgaar en hard, niet gerezen, slecht gebakken
pff membingingkan penjelasan itu .. artinya:
setengah matang dan keras, tidak mengembang, buruk dipanggang
tapi semuanya benar :))


btw itu bukan 8 bibir telur ayam, tapi butir
8 bibir telur??? :-O wakakakakak saya keliru banget =))
terima kasih koreksinya :)


lamanya mengocok kayaknya berpengaruh juga.
tapi gw juga ga gitu ngerti d,
itu tertulis dalam resepnya: 15 menit .. makin lama dikocok, makin banyak dikembang .. yang memang tidak berarti lebih baik .. :-/
adonannya enak .. tapi kuenya tidak enak ..

Kilat
02-04-2011, 02:31 AM
Gw malah ngiranya itu gambar martabak telor pas pertama kali liat. =))
anda mau martabak telur ini? :D silahkan coba :))

deddy
02-04-2011, 07:44 AM
kenapa bisa gagal ? karena resep yang dibikin jeng kilat salah jika saja jeng kilat menggunakan butir telur asli aku yakin kuenya pasti akan terasa enak dan lezat, tapi karena jeng kilat menggunakan bibir telur rasa kuenya jadi gak enak..... :mrgreen:

cha_n
02-04-2011, 09:59 AM
kalo kata mama saya biasaya karena arah kocokan ga searah, harusnya kocok searah dan perhatikan lama pengocokan, jangan terlalu lama juga ntar jadi mencair lagi

Kilat
03-04-2011, 04:02 AM
kenapa bisa gagal ? karena resep yang dibikin jeng kilat salah jika saja jeng kilat menggunakan butir telur asli aku yakin kuenya pasti akan terasa enak dan lezat, tapi karena jeng kilat menggunakan bibir telur rasa kuenya jadi gak enak..... :mrgreen:
hahahaha =)) benar-benar, pasti akan lebih enak kalau ga pakai bibir :))

Kilat
03-04-2011, 04:08 AM
kalo kata mama saya biasaya karena arah kocokan ga searah, harusnya kocok searah dan perhatikan lama pengocokan, jangan terlalu lama juga ntar jadi mencair lagi
harus kocok searah? berarti tidak boleh pakai mixer, betulkah? kalau pakai mixer, pasti 2 arah ..
oh, bisa jadi mencair lagi .. jadi harus hati-hati dan tidak terlalu lama ..

soalnya saya biasa bikin kue, tapi cara Indonesia berbeda .. di Belanda caranya hampir selalu sama, pakai mentega yang tidak dilelehkan, gula pasir dan tepung terigu.
Kalau di Indonesia banyak cara bikin kue, panggang, kukus .. pakai mentega yang dilelehkan, jenis tepungnya banyak .. :)
kalau saya coba masak kue Indonesia, sering gagal, karena belum pernah melihat cara membuatnya .. :(
titipkan terima kasih buat tip2nya kepada ibuhanda jeng Chan :)

Sanghyang Ismaya
20-12-2011, 03:48 PM
Terlalu lama mengocok justru akan membuat udara keluar dari adonan dan akibatnya adonan tidak mengembang bila di oven. Selain itu suhu oven harus dijaga agar tetap panas, artinya tidak boleh intip2 pada saat memanggang dengan membuka pintu oven. Perbedaan suhu udara karena udara dingin masuk akan mengakibatkan adonan gagal mengembang...

nerissa
20-12-2011, 04:18 PM
kue apa ituh?
tapi tetep enak toh, cuman ga ngembang?

silverjade
30-12-2011, 10:22 AM
@kilat: Boleh kok pake mikser. Ngocok searah maksudnya bila dari awal ngocoknya searah jarum jam, jangan ditengah-tengah diputer balik melawan arah jarum jam....kira2 gitu d. Gw pernah praktek dengan cara ngocok searah...kue jadi n bagus tapi rasanya "agak kering" karena resepnya emang ga pake mentega (jadi si mentega/selai/butter cream/bahan pelumas tenggorokan lainnyaterpaksa gw olesin tiap gw mau makan tuh kue ;D). Dan gw pernah juga raktek dengan cara ngocok acak-adut kanan-kiri seenaknya.....bantat...dibanting membal kale; ;D

meliakh
30-12-2011, 06:42 PM
kalau di indonesia istilahnya bantat.


kalo di surabaya, biasanya bilangnya ngendhog (bertelur?)
dunno ada relevansinya ga ::ungg::