PDA

View Full Version : Udah PErnah coba kopi Aroma Bandung ?



Rumput Knight
30-03-2011, 12:40 PM
Kopi aroma Bandung itu kopi yang disimpan 7 taon dulu baru dijadiin kopi. Gw pernah ngerasain kopinya. Sumpah, cita rasa pahitnya melekat lama.=))

Nih artikel pabriknya.

http://mypotret.files.wordpress.com/2009/02/aroma21.jpg?w=437&h=659

Widya Pratama pemilik perusahaan Kopi Aroma di Bandung menunjukan tiga sepeda ontel yang dipajang di ruang penggilingan kopi. “Ayah saya membangun perusahaan ini antara lain dengan sepeda2 itu. Saya pajang di sini agar saya selalu ingat dari mana saya berasal”. Kopinya sudah banyak diliput berbagai media, tapi dalam kesempatan ini ia memaparkan falsafah bisnis yang sudah digeluti hampir sepanjang usianya. Di Jalan Banceuy 51 Bandung tempat Toko Kopi Aroma Widya bukan saja bercerita tentang dunia kopi, ia juga berbagi prinsip kejujuran yang senantiasa menjadi pegangan hidupnya.

http://mypotret.files.wordpress.com/2009/02/aroma6.jpg?w=437&h=659

Ia memang bukan tipikal pengusaha agresif yang kemaruk untung besar seraya menghalalkan segala cara apapun untuk kelangsungan bisnisnya. Widya adalah refleksi pengusaha yang menjalankan mantra bisnis “fair trade” jargon yang seringkali dijadikan lips service perusahaan kopi multinasional, tapi dilain pihak menekan para petani lokal karena mereka mendiktekan harga. Falsafah bisnisnya yang menjunjung tinggi integritas, kejujuran, keadilan, kesederhanaan, selain semangatnya terhadap kopi Indonesia mungkin tidak akan laku untuk dijadikan studi kasus di sekolah binis, tapi itulah kesederhanaan Widya yang kopinya bukan saja harum di dalam negeri pun sudah banyak dikenal di berbagai negara.

Sebagai anak tunggal Widya mewarisi bisnis kopi yang ditinggalkan oleh ayahnya yang sudah beroperasi sejak tahun 1930an di tempat yang sama. Peralatan tokonya seperti mesin grinder dan alat roasting kopi masih menggunakan mesin warisan jaman Belanda. Bukan hanya itu, bangunan yang digunakan oleh Kopi Aroma pun merupakan salah satu warisan langgam arsitektur Art Deco yang dilindungi pemerintah setempat. Karena tidak boleh dimodifikasi, fasad bangunan ini masih tetap sama bentuknya sejak tahun 30an dengan cat putih yang sudah semakin lapuk termakan usia.

Setiap hari tokonya ramai dikunjungi oleh para pelanggannya yang membeli kopi karena hobi seperti saya, atau juga karena alasan kesehatan. Sebagaimana diketahui walaupun masih sering menjadi perdebatan, kopi dipercaya bisa membantu meningkatkan kesehatan melalui kandungan zat anti oksidan-nya yang terdapat dalam minuman ini. Terdapat dua jenis kopi yang dijual di sini, robusta dan arabika yang masing2nya punya keistimewaan tersendiri. Harga jualnya cuma 12.500 untuk 1/4 kg dan Widya tidak menyarankan untuk membeli dalam jumlah yang banyak, tapi cukup untuk konsumsi seminggu demi mempertahankan aroma kopinya yang harum.

http://mypotret.files.wordpress.com/2009/02/aroma7.jpg?w=437&h=659

Kopi Aroma memproduksi campuran kopi (blend) dari berbagai petani kopi yang terdapat di wilayah Indonesia. Kopi yang baru datang kemudian dijemur seharian lalu dimasukan ke dalam karung goni. menurut Widya, karung goni sangat baik untuk menyimpan kopi karena punya ventilasi dibandingkan dengan karung plastik. Kopi tersebut kemudian disimpan hingga 5-8 tahun sebelum diproses lebih lanjut dalam sebuah gudang khusus layaknya wine cellar untuk menyimpan minuman anggur berkualitas.

http://mypotret.files.wordpress.com/2009/02/aroma4.jpg?w=437&h=659

Karena disimpan dan diolah sedemikian rupa, kopi vintage dari toko ini punya banyak penggemar setia. Pelanggannya bukan saja orang Indonesia, tapi juga dari berbagai negara yang kepincut harumnya Koffie Aroma yang harganya jauh lebih murah dari kopi import, tapi tidak kalah dari segi cita rasa.

Sebenarnya selain berbisnis kopi Widya adalah seorang Dosen di fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran Bandung yang mengajar mata kuliah Operation Management dan Entreuprenership. Di sela-sela kesibukannya yang padat, Widya juga aktif di berbagai kegiatan sosial seperti membantu anak2 yatim piatu di sebuah organisasi di kota Bandung. “Buat apa sih kekayaan di dunia ini Dik ? kita kan tidak membawa harta kalau mati, bukan? Saya dan keluarga ingin makan dari hasil rejeki yang didapatkan secara benar ?” katanya yang mengaku cuma sesekali ke gereja karena lebih senang praktek langsung mengamalkan prinsip hidup yang dijalaninya. Dikarunia tiga orang anak perempuan dan tengah menyiapakan salah satunya untuk meneruskan bisnis kopinya.

Kalau di Amerika, mungkin pabrik kopi Aroma milik Widya Pratama itu sudah masuk ke daftar Social Domini Index, sekumpulan perusahaan yang bukan saja doing good, tapi doing right serta senantiasa mempraktekan kearifan bisnis yang berintegritas tinggi.

http://mypotret.wordpress.com/2009/02/20/widya-pratama-kopi-aroma-dan-kearifan-bisnis/

Dan buat beli itu kopi ngantri bos, langsung dari gudang pabriknya.:(

AsLan
30-03-2011, 12:56 PM
Yoi... kopi kesukaan gue nih.
Tapi sekarang sudah jarang ngopi :(

Biasanya gw beli di k@skus.

Rumput Knight
30-03-2011, 01:00 PM
Yoi... kopi kesukaan gue nih.
Tapi sekarang sudah jarang ngopi :(

Biasanya gw beli di k@skus.

Hooh om. Pake dikit kopinya aja udah berasa. Ntar kalo ada duit mau beli lagi ah.:)

komporminyak
30-03-2011, 01:01 PM
alamakkkkkkkkkk jadi beneran ada yak?
keinget dulu kelana anak bandung pernah posting kek gini di kopimaya edisi lama.
cuman gw lupa detil postingannya.
tapi serem juga direndem 7 tawon bok

eh yang bener mana tuh? direndem 7 tahun atau disimpan 7 tahun?
beda atuh..

Rumput Knight
30-03-2011, 01:03 PM
alamakkkkkkkkkk jadi beneran ada yak?
keinget dulu kelana anak bandung pernah posting kek gini di kopimaya edisi lama.
cuman gw lupa detil postingannya.
tapi serem juga direndem 7 tawon bok

eh yang bener mana tuh? direndem 7 tahun atau disimpan 7 tahun?
beda atuh..

Disimpan makasudnya nyak. Bukan di rendem. :D Ada tuh. Harganya kisaran 10 rebu sampe 15 rebu.

komporminyak
30-03-2011, 01:10 PM
btw itu emang nama brandnya aroma yak?
baru ngeh setelah baca lagi.

kemasannya simpel yak.

komporminyak
30-03-2011, 01:11 PM
Yoi... kopi kesukaan gue nih.
Tapi sekarang sudah jarang ngopi :(

Biasanya gw beli di k@skus.

kenapa jarang ngopi sekarang?
jadi deg2an kalau minum kopi?

Rumput Knight
30-03-2011, 01:18 PM
btw itu emang nama brandnya aroma yak?
baru ngeh setelah baca lagi.

kemasannya simpel yak.

Iya nyak. di gambar terakhir itu kemasannya sama brandnya.

keremus
30-03-2011, 02:27 PM
Sering di tv ni.
Belum pernah coba.
Toko online_nya ada gak ya?

gembel
30-03-2011, 03:13 PM
belum mbah, mahal ya harganya :tanya:

Rumput Knight
30-03-2011, 03:20 PM
Sering di tv ni.
Belum pernah coba.
Toko online_nya ada gak ya?

Kata bang aslan di k@skus ada yang jualan bro mus.



belum mbah, mahal ya harganya

Iya bel, tapi makenya juga ga banyak2 sekali porsi. Lebih sedikit dari normal porsi udah cukup.:)

gembel
30-03-2011, 03:37 PM
kg kuat deh gw :mrgreen:

DH1M4Z
30-03-2011, 06:00 PM
wah.... udah kayak wyne aja yah.... semakin disimpan lama semakin enak [menurut cerita sih...]

AsLan
30-03-2011, 06:08 PM
Kopi disimpan selama 6-8 tahun, ini namanya: Aged Coffee.

Ceritanya jaman dahulu kopi itu dikirim dengan kapal laut atau Gerobak selama berbulan2 bahkan bertahun2 hingga sampai daratan Eropa.
Nah, ternyata kopi yg lama disimpan itu terasa lebih enak daripada kopi baru, juga tidak terlalu asam.
Sejak saat itu orang sengaja menyimpan biji kopi.

Tapi bisnis Aged Coffee sangat tergantung kejujuran, jarang ada pengusaha kopi yg mau menyimpan kopi selama itu karena pengusaha maunya perputaran uang cepat, akhirnya Aged Coffee banyak dipalsukan, terutama oleh pengusaha2 kopi dari Asia.

Nah si Kopi Aroma ini termasuk satu dari sedikit pengusaha yg jujur, dia benar2 menyimpan kopinya selama bertahun2 baru dijual.

Harganya gak mahal koq, cuma sedikit diatas kopi2 biasa, banyak kopi2 premium yg lebih mahal dari kopi Aroma, apalagi Kopi Luwak yg mahal itu.

Kopi Aroma ada 2 macam, yaitu Arabika dan Robusta, yg Arabika sedikit lebih mahal, biasanya orang suka mencampur 2 macam kopi ini supaya rasanya gak ekstrim.

Kalau kopi instan biasanya pasti berasal dari kopi Robusta, malah banyak yg bilang kalau kopi instan itu dibikin dari kulit biji kopi, bukan dari kopi asli, gak tau deh...

Asum
30-03-2011, 08:44 PM
wew, belum pernah nyoba, musti didatengin nih

Di Jalan Banceuy 51 Bandung tempat Toko Kopi Aroma Widya
:D

Agitho_Ryuki
31-03-2011, 01:40 PM
Di Jogja ada yang jual gak neh.. :D

komporminyak
31-03-2011, 01:42 PM
wew, belum pernah nyoba, musti didatengin nih

:D

jangan lupa review yak. lokasi dan rasanya... ;)

fullmoonflower
02-04-2011, 01:44 PM
wah, bisa buat oleh2 untuk engkoh ostrali nih.. B-)

Banduuung... I'm coming!! :cheer:

AsLan
02-04-2011, 04:02 PM
Ngapain jauh2 ke bandung cuma buat beli kopi? beli di k@skus aja banyak yg jual.

minniesca
02-04-2011, 04:34 PM
gimana rasanya itu...

setelah kopi luwak terkenal...jangan jangan kopi ini jg bakalan booming....
:D

E = mc˛
03-04-2011, 10:52 PM
wajib didatengi tuh buat maniak kopi. pabriknya bener2 ori peninggalan belanda. lum ada renovasi, mesinnya juga masih jebot

si penjualnya juga ramah. suka ngasih tips bikin kopi, ngasih keterangan khasiat kopi. tapi kalo mu beli disono harus siap ngantri lama :P

AsLan
04-04-2011, 12:43 AM
gimana rasanya itu...

setelah kopi luwak terkenal...jangan jangan kopi ini jg bakalan booming....
:D

Kopi ini sudah puluhan tahun mbah...
dan lebih terkenal dikalangan bule2 daripada orang kita sendiri.

Kedutaan Amerika termasuk langganan belanja kopi Aroma.

Sama seperti kopi luwak, bule2 sangat tergila2 sama kopi luwak sampe indonesia terkenal karena kopi ini.
Tapi buat orang lokal sih pada biasa aja tuh...
Temen saya orang taiwan suka sekali kopi luwak dan selalu belanja kopi luwak di indonesia buat teman2nya.

deddy
04-04-2011, 11:59 AM
1 kantung kopi aroma harganya berapa ?.... bisa dicoba neh ...

Rumput Knight
04-04-2011, 12:15 PM
sekitar 10 rebu sampai 15 rebu om. keknya ada yang jual di FJB K@skus.:)

E = mc˛
04-04-2011, 12:53 PM
^ hehe.. keknya yg jual tiap hari ngantri disonoh :D

soalnya si penjual melarang beli banyak-banyak. selain biar kopinya gak kelamaan (yg dijual bener2 fresh hasil ngegiling, kalo beli banyak, takutnya kelamaan hingga rasa kopinya jd berubah), juga tiap hari produksinya dibatesin, gak banyak-banyak (maklum, beda dg kopi pabrik, kopi yg mau diolah ditimbun dulu di gudang ampe bertahun-tahun. makanya citarasanya khas banget, beda dg kopi sachet-an)

deddy
05-04-2011, 08:11 AM
sekitar 10 rebu sampai 15 rebu om. keknya ada yang jual di FJB K@skus.:)

murah ya ...1 kantung biasanya untuk berapa gelas neh .... ? pesan ah ...

E = mc˛
05-04-2011, 09:13 AM
^ 250 ons

(kalo gak salah :D)

deddy
11-04-2011, 10:10 PM
^ 250 ons

(kalo gak salah :D)

Itu kopi apa the celup ? Kok banyak betul ......

ga_genah
12-04-2011, 11:05 PM
wah, bisa buat oleh2 untuk engkoh ostrali nih.. B-)

Banduuung... I'm coming!! :cheer:

pesan satu ya bu...
jngan lupa dikirimkan ke alamat saya juga... :mrgreen:

deddy
13-04-2011, 09:19 AM
ada yang bisa dititipin gak neh .....kopi aroma bandung ....

E = mc˛
13-04-2011, 09:41 AM
nih buat baca2:

http://razhpipizone20.blogspot.com/2010/11/kopi-aroma-yang-legendaris-itu.html

smile
07-06-2011, 10:32 AM
Itu kopi apa the celup ? Kok banyak betul ......

terakhir temen beli di sana katanya si harga agak naek, robusta yang 250gr sekitar 15rb, kalo arabika 20rb an..
250gr itu dikit sih kalo buat ukuran orang yang ngopi sehari 2x.. haha..

om ded, di k@skus ada beberapa deh kalo ga salah yang jual kopi Aroma..
kalo kata saya, kopi ini direkomendasikan deh buat yang emang doyan kopi..
temen yang punya maag tapi doyan kopi juga bilang kalo kopi Aroma ini berteman baik dengan lambungnya.. hehe.. jadi ga bikin kumat :D

favorit saya: robusta nya :D

deddy
07-06-2011, 10:45 AM
terakhir temen beli di sana katanya si harga agak naek, robusta yang 250gr sekitar 15rb, kalo arabika 20rb an..
250gr itu dikit sih kalo buat ukuran orang yang ngopi sehari 2x.. haha..

om ded, di k@skus ada beberapa deh kalo ga salah yang jual kopi Aroma..
kalo kata saya, kopi ini direkomendasikan deh buat yang emang doyan kopi..
temen yang punya maag tapi doyan kopi juga bilang kalo kopi Aroma ini berteman baik dengan lambungnya.. hehe.. jadi ga bikin kumat :D

favorit saya: robusta nya :D

smile, thanks infonya...... wah perlu ngobok2 dik@skus neh ..... hehehehe

ga_genah
03-07-2011, 10:42 AM
dapat kopi ini malah dioleh2in ama orang jepang
aneh bin ajaib...
baru pulang dari bandung, singgah di bali
eh di kasih sebungkus kopi ini
aromanya nendang abiz dah.....
muantab pokoknya...

AsLan
04-07-2011, 02:38 AM
Kalo sudah punya kopi bagus, jangan lupa alat buat bikinnya :))


Ini French Press
http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSoYGp-R8Gl-k28xFDFDwMaj49Y99m5oK63-Cm0caQzPb6KqIndbuP2uAE


yang ini Vietnam Drip
http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTneYZaDJQMSVF5hWoGcLmx6e2tnx03R tPoTBW_vwOUZ4jVkIndIm4-fQ

2-2 nya menghasilkan kopi tanpa ampas.

ancuur
05-07-2011, 03:40 AM
wah.. kliatannya OK banget nih.. nyobain ah...
di jakarta ada yang jual gak yah ??

et dah
05-07-2011, 03:52 AM
enak kok dan murmer juga

ancuur
05-07-2011, 03:54 AM
Aki.. ke welah mun urang ka bandung ..

ga_genah
05-07-2011, 11:15 AM
Kalo sudah punya kopi bagus, jangan lupa alat buat bikinnya :))


Ini French Press
http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSoYGp-R8Gl-k28xFDFDwMaj49Y99m5oK63-Cm0caQzPb6KqIndbuP2uAE


yang ini Vietnam Drip
http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTneYZaDJQMSVF5hWoGcLmx6e2tnx03R tPoTBW_vwOUZ4jVkIndIm4-fQ



2-2 nya menghasilkan kopi tanpa ampas.

itu ada penyaringnya ya...
kopi berampas kyaknya lebh maknyus
ampasnya bisa di olesein di 234, bikin 234 lebih wangi... :mrgreen:

DH1M4Z
05-07-2011, 11:26 AM
hahahaha.... GG udah pengalaman ngolesin ampas kopi di 234 yah.. :D

sekali-kali bisa dicoba ngolesin bumbu rendang di 234 ..... :run:

deddy
05-07-2011, 12:19 PM
hahahaha.... GG udah pengalaman ngolesin ampas kopi di 234 yah.. :D

sekali-kali bisa dicoba ngolesin bumbu rendang di 234 ..... :run:

iya dicoba cak....... aromanya pasti jadi lain .... :D

ancuur
05-07-2011, 12:45 PM
hahahaha.... GG udah pengalaman ngolesin ampas kopi di 234 yah.. :D

sekali-kali bisa dicoba ngolesin bumbu rendang di 234 ..... :run:

gilee loe itu trik jadul banget wkwkwkwkwk =)) =)) =))

et dah
05-07-2011, 01:54 PM
^^^ wkakakakakkk bumbu pecel juga uenak :))

ancuur
05-07-2011, 02:15 PM
klo minyak kayu putih.. gw pernah sih... jadi kyk menthol gitu :D (tapi rasanya aneh)

deddy
06-07-2011, 11:22 AM
klo minyak kayu putih.. gw pernah sih... jadi kyk menthol gitu :D (tapi rasanya aneh)

iya mbah......untuk melonggarkan tenggorakan....katanya seh ......tapi menurutku itu hanya alasan para perokok ajah ..... :D