PDA

View Full Version : [Tanya] Harga expor/impor kopi



ndableg
25-10-2012, 05:52 PM
Belakangan ini gw diajak kawan utk memulai bisnisan kopi di eropa. Ide dari dia dan kawannya di indonesia yg kebetulan kerja di pabrik kopi (gw diajak karena ud punya ijin usaha). Jadi anak ini ditawarin kawannya utk memasarkan kopi produksi mereka dgn merk kopi CULTURA jenis kopi arabika.

Tentu saja kita semangat. Apalagi setelah kita cari2 di mbah google harga lokal utk arabika cukup murah sekitar 20 - 30 ribu per kilo. Wow. Yah kita perkirakan harga expor nya 50 - 100 ribu lah. Dan setelah kita liat2 lagi, harga pasaran kopi arabika di belanda mencapai 100 - 200 ribuan rupiah per kg... Kebayang langsung.. ching ching!!

Akhirnya kita terima sample dan pricelist nya.. Dan.. betapa kecewanya, ternyata mereka pasang harga 300 ribu per kilo?! Harga pasaran di sini paling tinggi 200 ribuan, gimana gw bisa jual kalo harga aslinya 300 ribu? Jelas kita protes. Dan alasannya tentu klasik. Ini arabika murni 100%, bukan kopi biasa, bla bla bla.. Dan kata kawan gw itu emang ternyata kopinya enak! Beda! But... ada satu masalah di sini... who cares?!!

Minum kopi adalah kebiasaan orang2 eropa. Dari sini kami bersemangat. Tapi apakah orang eropa mementingkan rasa kopi diatas dari harga kopi? Kalo saja mereka OK2 saja dgn kopi yg ada sekarang dgn harga yg sekarang, kenapa mereka cari yg enak dgn harga lebih mahal? Tentu saja mereka suka kopi yg terenak, tapi kenapa musti mahal? Apakah kost/biaya pembuatan kopi yg enak dgn kopi yg standar biasa2 saja itu lebih tinggi, sehingga harus lebih mahal?

Gw sendiri belum coba tuh kopi. Mgk kalo enak luar biasa, boleh jg coba pasar eropa. Tapi tidak dgn harga sekian.

Nah rekan2 mgk ada yg lebih tau standar harga expor utk kopi arabika? Gw tanya2 tempat lain, macam kopi aroma yg terkenal, ada yg bilang cuman 100 rb per kilo.. waduh.. dibikin bingung..

Porcelain Doll
25-10-2012, 06:22 PM
mungkin bisa tanya youngblue yg buka usaha sejenis
meskipun dia bukanya lokal di indo, kali aja kan tau harga ex/im untuk kopinya sendiri :D

youngblue
25-10-2012, 09:27 PM
mungkin bisa tanya youngblue yg buka usaha sejenis
meskipun dia bukanya lokal di indo, kali aja kan tau harga ex/im untuk kopinya sendiri

lae perlu kopi berapa container ? mau yg grade A pun jadi asal bukan kopi luwak premium .... kalau harga segitu mah langsung deal nggak usah nawar-nawar awak kirimin langsung , kalau kopi luwak arabica grade A pastilah kisara segitu harganya.
kalau mau di kirim ke eropa bagusan di kirim dalam bentuk green bean (biji kering non sangrai), lalu bikin panggangan kopi sendiri di belanda sana.
Tahun lalu ada sepupuku yg dari belanda , dia tinggal di zaandam aku bawa in biji kopi siap giling , tapi waktu di bikin di sana katanya rasanya nggak seenak waktu aku bikinkan di medan, mungkin karena bau saat perjalanan atau cuaca di belanda yg mengurangi kualitas kopinya.

ndableg
25-10-2012, 09:49 PM
Wah.. ketemu nih. Nanti saya hubungi kawan saya lagi. Di mana saya bisa kontak anda?

oh.. itu istilahnya grade A ya.. nanti coba tak cari lagi harga di sini.

Tadinya mau pindah aja ke kopi luwak, tapi ternyata lebih susah lagi. Karena orang eropa jijik sama asalnya, dan ga mungkin lah tiap hari minum kopi 50 - 200 rebu secangkir. Lagipula jaminan apa saya bisa berikan kalo ini asli luwak. So.. lupakan kopi luwak utk sementara, karena mgk ada kawan saya mau coba luwak di cina.


kalau harga segitu mah langsung deal nggak usah nawar-nawar awak kirimin langsung
Eh lae.. maksudnya harga yg mana nih? kurang jelas nih..


Tahun lalu ada sepupuku yg dari belanda , dia tinggal di zaandam aku bawa in biji kopi siap giling , tapi waktu di bikin di sana katanya rasanya nggak seenak waktu aku bikinkan di medan, mungkin karena bau saat perjalanan atau cuaca di belanda yg mengurangi kualitas kopinya.

Ohw.. tapi kawan saya dapet sampel rasanya masih enak tuh lae? Dia dikasih yg ud bubuk dan biji kopi yg ud dibakar.

Kayaknya eropa ini kalo bisa bersaing harga, walaupun rasanya standar lebih gampang masuknya dibandingkan mempromosikan rasa no.1 yg perlu modal banyak sampel tentunya.


lae perlu kopi berapa container ?

Hehehe.. belum bisa bicara container dong lae... Masih perlu sampel nih. Kalo serius ada nanti insyaallah kalo balik jakarta, saya hubungi.

Selain itu masalah saya itu saya bukan ahli kopi. Jadi ga tau jg yg enak spt apa. Nanti tak coba dulu yg ada di kawan ini.

Ma kasih lae.

ndableg
25-10-2012, 09:52 PM
Eh lae, kopi nya ud pake merk ato blon?

youngblue
25-10-2012, 09:55 PM
belum ada merek lae , awak ngutip dari petani langsung .... lae sebut tengkulak ,maklar,atau bandar terserah lae aja asal jangan di bilang rentenir ...kikikikiki::ngakak2:: , yg penting awak dapat uang lelah dari selisih harganya ....hahahahahaha::ngakak2::

itsreza
25-10-2012, 10:35 PM
harga kopi bisa dilihat di bursa komoditas. buat ekspor langsung kadang pakai harga tengah/
tergantung kesepakatan. dengan adanya permendag baru tentang ekspor kopi taun kemarin,
petani/distributor bisa ekspor langsung tanpa bayar kontribusi ke aeki, jadi bisa dapat lebih
mudah dan murah. yang terpenting bisa mendapatkan penghubung.

cha_n
25-10-2012, 10:39 PM
jangan lupa bang sama adikmu ini... ;))

ndableg
25-10-2012, 11:10 PM
Oh ini orang medan juga emang? ::hihi::


belum ada merek lae , awak ngutip dari petani langsung .... lae sebut tengkulak ,maklar,atau bandar terserah lae aja asal jangan di bilang rentenir ...kikikikiki::ngakak2:: , yg penting awak dapat uang lelah dari selisih harganya ....hahahahahaha::ngakak2::

Ya ud, contact nya dong lae. email kek, telpon, ato whatsapp gitu. Lewat pm aje..

ndableg
25-10-2012, 11:11 PM
harga kopi bisa dilihat di bursa komoditas. buat ekspor langsung kadang pakai harga tengah/
tergantung kesepakatan. dengan adanya permendag baru tentang ekspor kopi taun kemarin,
petani/distributor bisa ekspor langsung tanpa bayar kontribusi ke aeki, jadi bisa dapat lebih
mudah dan murah. yang terpenting bisa mendapatkan penghubung.

Wuih.. tapi yg koneksi kawan gw itu ngasih harga diatas harga rata2 eropa loh.. Kok bisa ya?
Ada yg tau merk kopi culutura? Ud pake kemasan sederhana gituh.. duh..

itsreza
25-10-2012, 11:55 PM
buat acuan harga coba cek bursa komoditas atau ico.org, harganya udah harga gabungan indeks
sebetulnya ada breakdown harga lagi untuk kualitas biji kopi.

kalau kasih harga diatas rata-rata mungkin karena udah diolah, roasted dan buat merk sendiri,
dia memperhitungkan marketing mix. beda dengan eksportir umum yang kirim biji kopi. buat
nanti diolah lagi di negara importir, pengolahan ini kan yang bikin mahal dan dipercaya konsumen
di eropa, udah diolah nanti diimpor balik ke indonesia :cengir:

Jika pemilik merk kasih harga tersendiri, ambil komisi marketing aja, produk tetap milik mereka,
Risiko ditanggung pemilik merk atau dibagi, mereka kan butuh ekspansi pasar. Mereka belum kerjain
PR sebagai pemilik merk, search di google, merk Cultura Coffee aja ga muncul, gimana mau "dijual" -_-

ndableg
26-10-2012, 02:00 AM
buat acuan harga coba cek bursa komoditas atau ico.org, harganya udah harga gabungan indeks
sebetulnya ada breakdown harga lagi untuk kualitas biji kopi.

kalau kasih harga diatas rata-rata mungkin karena udah diolah, roasted dan buat merk sendiri,
dia memperhitungkan marketing mix. beda dengan eksportir umum yang kirim biji kopi.

Ya itu dia.. makanya kaget jg dapet sampel pake merk. KOk berani2 mau saingan merk ke eropa.


buat nanti diolah lagi di negara importir, pengolahan ini kan yang bikin mahal dan dipercaya konsumen
di eropa, udah diolah nanti diimpor balik ke indonesia :cengir:

Heh? indonesia impor kopi? macam nescafe gitu mosok ga diolah di indonesia?


Jika pemilik merk kasih harga tersendiri, ambil komisi marketing aja, produk tetap milik mereka,
Risiko ditanggung pemilik merk atau dibagi, mereka kan butuh ekspansi pasar. Mereka belum kerjain
PR sebagai pemilik merk, search di google, merk Cultura Coffee aja ga muncul, gimana mau "dijual" -_-

Susah.. susah.. kecuali merk indonesia yg ud terkenal macam aroma atau torabika, itu pun pasarnya juga orang indonesia yg di sini.

Emang bikin biji kopi dan manggang ongkosnya mahal ya? Bedanya jauh gitu sama yg masih mentah.

Porcelain Doll
26-10-2012, 12:21 PM
alat buat manggang kopinya yg mahal...-_-

youngblue
26-10-2012, 12:37 PM
Emang bikin biji kopi dan manggang ongkosnya mahal ya? Bedanya jauh gitu sama yg masih mentah.
bukan gitu lae kalau green bean itu makin lama di simpan makin bagus kualitasnya , jadi ada semacam fermentasi gitu lah seperti saat buat minuman anggur.
kalau kopi luak itu setara dengan green bean yg di simpan sekitar 2 tahun , tapi karena prosesnya di perut luwak makanya bisa cepat jadinya.
kalau kopi sudah dalam bentuk di panggang cuma tahan sekitar 2-3 bulan , itupun dengan syarat harus di taruh di tempat yg kedap udara.
kalau kopi sudah menjadi bubuk paling hanya bisa bertahan 3 hari , setelah itu rasa dan aromanya sudah berubah.
kalau alat panggang mah tergantung dari kapasitasnya , kalau buat industri paling murah sekitar 7 juta tapi itu sudah sekala industri ya , kalau awak pernah percobaan pakai alat pembuat popcorn di bypass temperatur switchnya bisa jadi juga sich cuma nggak maksimal , kalau sekarang yg awak pakai dengan wajan yg tutipnya di kasik putran buat aduk-aduk biji kopi , di tutupnya awak kasih motor bekas rotator antena , hasilnya lumayan juga tergantung latihan kita akan menghasilkan kematangan kopi , kalau sudah banyak berlatih nanti pasti bisa membedakan mana kopi kurang matang dan mana yg terlalu gosong , sebab sangrai kopi seperti sangrai kacang nanti setelah di angkat dari tempat sangrai masih proses pematangan lagi ...hehehehehehe.jadi kalau belum terlatih bisa terlalu gosong , kalau terlalu gosong ya efeknya rasa kopinya seperti arang ....kikikikiki::hihi::

---------- Post Merged at 10:37 AM ----------


alat buat manggang kopinya yg mahal...
kalau sekala kecil pakai alat buat bikin popcorn saja , harganya kisaran 100rb saja kikikikikikiki

Porcelain Doll
26-10-2012, 01:52 PM
kan kalo cafe butuhnya pasti banyak :D
apalagi pas laku....

g ngebayanginnya yg super gede gitu kaya buat pengaduk semen ::hihi::

AsLan
26-10-2012, 04:41 PM
Salah satu yg bikin kopi jadi mahal adalah kemampuan si pebisnis dalam mengontrol kualitas barangnya, dia punya hubungan yg bagus dengan petani.

Trus juga kemampuannya dalam menyimpan sampai memanggang biji kopi dengan sempurna.

Buat awal2 coba ekspor kopi Aroma dulu aja, dalam bentuk biji yg sudah dipanggang.

Kalo mau dalam bentuk green bean mah musti bikin pabrik...

ndableg
26-10-2012, 07:16 PM
bukan gitu lae kalau green bean itu makin lama di simpan makin bagus kualitasnya , jadi ada semacam fermentasi gitu lah seperti saat buat minuman anggur.
kalau kopi luak itu setara dengan green bean yg di simpan sekitar 2 tahun , tapi karena prosesnya di perut luwak makanya bisa cepat jadinya.
kalau kopi sudah dalam bentuk di panggang cuma tahan sekitar 2-3 bulan , itupun dengan syarat harus di taruh di tempat yg kedap udara.
kalau kopi sudah menjadi bubuk paling hanya bisa bertahan 3 hari , setelah itu rasa dan aromanya sudah berubah.

kalau alat panggang mah tergantung dari kapasitasnya , kalau buat industri paling murah sekitar 7 juta tapi itu sudah sekala industri ya , kalau awak pernah percobaan pakai alat pembuat popcorn di bypass temperatur switchnya bisa jadi juga sich cuma nggak maksimal , kalau sekarang yg awak pakai dengan wajan yg tutipnya di kasik putran buat aduk-aduk biji kopi , di tutupnya awak kasih motor bekas rotator antena , hasilnya lumayan juga tergantung latihan kita akan menghasilkan kematangan kopi , kalau sudah banyak berlatih nanti pasti bisa membedakan mana kopi kurang matang dan mana yg terlalu gosong , sebab sangrai kopi seperti sangrai kacang nanti setelah di angkat dari tempat sangrai masih proses pematangan lagi ...hehehehehehe.jadi kalau belum terlatih bisa terlalu gosong , kalau terlalu gosong ya efeknya rasa kopinya seperti arang ....kikikikiki::hihi::


::hohoho:: Wah.. master kopi nih.. Terima kasih pak!

youngblue
26-10-2012, 07:22 PM
nggak permlu bikin pabrik lah kalau cuma utk konsumsi cafe sendiri , rata-rata 1 cangkir kopi hanya membutuhkan 35 gram bubuk kopi , kalau sehari 2000 cangkir cuma berapa kilo kopi yg di perlukan.
Satu mesin sangrai kapasitas kecil utk industri itu dapat mengsangrai 50kg kopi sekali proses , sekali proses memerlukan waktu 1 jam , yach.... Kek nya ndak perlu bikin pabrik lah kalau mau sangrai sendiri dari Green bean.

itsreza
26-10-2012, 08:33 PM
om yongblu memang master kopi. tadi pagi udah ketik reply, tapi belum submit
pertanyaan ndableg terjawab semua, mantap

youngblue
26-10-2012, 09:51 PM
om yongblu memang master kopi. tadi pagi udah ketik reply, tapi belum submit
pertanyaan ndableg terjawab semua, mantap
enggak juga ah ... cuma bisa-bisa an aja di kopi . sebagai penikmat kopi kan harus belajar bagaimana mengelola kopi yg baik dan benar , inipun baru coba-coba saja.
kalau untuk green bean mungkin banyak orang kesulitan mendapatkannya , tapi kalau tahu lubang pencarian bisa dapat dengan harga lebih murah dari harga biji sangrai.
kalau mau cari di bandung ada salah satu toko yg jualan biji kopi yg sudah di panggang , kalau green beannya harganya mirip-mirip kopi yg sudah di panggang dan itupun harus beli minimal 5kg , bisalah kalau untuk konsumsi sebuah cafe lah kalau di minum sendiri ampun-ampunan dech ngehabisinnya.
kalau awak paling bisa dapat green bean kopi lintong,gayo,sidikalang,mandailing ,.. kalau permintaan aneh-anah macam kopi toraja,kopi jawa terus terang awak angkat tangan.
kalau untuk produksi kopi di medan sekarang ini kopi arabica sudah mulai sedikit di produksi oleh petani , petani di sumatra utara dan aceh sudah mulai beralih ke kopi robusta , varitas ini di sini sering di sebut "kopi ateng" , karena tanaman kopinya pendek, umurnya pendek , tahan terhadap cuaca dan hama tanaman dan produksi buahnya lebih banyak dibanding kopi arabica.
harga jual di petanipun cuma selisih 4 ribu rupiah perkilonya itu sudah selisih paling tinggi,kadang cuma selisih 2 ribu rupiah saja.

itsreza
26-10-2012, 10:31 PM
baru tau ternyata di tingkat petani, selisih robusta dan arabica tipis juga ya.
padahal selisih produk jadi arabica dengan robusta di toko sih lumayan

ndableg
27-10-2012, 02:02 AM
Sebenernya sepopular apa sih kopi indonesia? Kayaknya ga gitu popular di eropa ya?
Padahal ada bahasa programming namanya java dgn lambang kopi. Tapi kalo gw sebut kopi dari indonesia langsung orang bilang... 5h!t coffee?::arg!::

cha_n
27-10-2012, 09:25 AM
lah itu buktinya pada tau kopi indonesia bleg. sh.it coffee itu kopi luwak kan?

itsreza
27-10-2012, 10:10 AM
sepertinya orang indonesia sendiri jarang menikmati kopi specialty,
paling minum kopi bungkus biasa aja

AsLan
27-10-2012, 10:33 AM
koko gw penikmat kopi sejati, bokap gw peminum kopi reguler.

meskipun koko gw berbusa2 ngomong tentang kopi yg bagus, yg enak, yg wangi, yg asli dll bokap gw tetap minum kopi sachet :))

tukang gorengan
27-10-2012, 11:20 AM
meskipun koko gw berbusa2 ngomong tentang kopi yg bagus, yg enak, yg wangi, yg asli dll bokap gw tetap minum kopi sachet :))
bedanya kopi sachet sama kopi sachet apa slan?

cha_n
27-10-2012, 02:27 PM
tetap enak kopi sumatra.
eh tapi dulu temanku orang jateng sukanya kopi campur jagung. kadang emang karena kebiasaan jadi tahunya yang enak yang sudah biasa diminum

youngblue
28-10-2012, 09:15 PM
katanya yg paling enakan kopi aceh yg di kasih campuran biji ganja.......::ngakak2::::ngakak2::::hihi:: benar tidaknya awak ndak tau juga cuma kadang dengar cerita di kedai tuak macam gitu .......::hihi::

itsreza
29-10-2012, 10:55 AM
bagi dong lae itu biji ganja buat campuran kopi :cengir:

AsLan
29-10-2012, 02:02 PM
Ada isu rm padang masaknya pake daun ganja... Makanya enak...

Brew.It.Coffee
30-10-2012, 03:50 PM
kopi toraja green bean? pm ane :) grade A tersedia :(lini s975) peaberry & pulu-pulu (limited edition) :ngopi:

etca
30-10-2012, 04:04 PM
^
^
share dong om, kopi toraja green bean bedanya keunggulannya apaan, bedanya apaan
trus peaberry dan pulu-pulu apa lagi tuh?

youngblue
31-10-2012, 10:25 AM
share dong om, kopi toraja green bean bedanya keunggulannya apaan
kopi toraja ya pasti kopinya dari toraja , betul kan ..... , nggak mungkin dari sidikalang....kikikikiki::hihi::
rasa kopi akan sangat tergantung dari cuaca dan tanah di mana pohon kopi tumbuh jadi ya..... kalau kopi toraja ya punya khas sendiri yg jelas rasa kopinya kuat , kalau di jakarta coba aja cari di pasar kebayoran baru ada kios yg jual kopi toraja , sekalian bisa nyeduh di sana , harganya kopi rp 4500 secangkir utk semua kopi dan 20rb secangkir utk kopi luwak kalau belum naik ya.... harganya, mbak-mbaknya yg jaga baik kok.
kalau greenbean itu kopi yg belum di sangrai

cha_n
31-10-2012, 10:30 AM
pasar kebayoran baru tuh yang mana? mayestik ?

youngblue
31-10-2012, 03:58 PM
Ya iya lah pasti pasar mayestik masak pasar taman puring .... , kalau di sana mah nggak dapat kopi tapi malah dapat alat buat kopi....wkwkwkwkwk

Brew.It.Coffee
31-10-2012, 04:34 PM
pulu-pulu <--- kopi ini ditanam diketinggian 2200 dpl...... barangnya langka.....(punya fans-nya sendiri)... :)

cha_n
31-10-2012, 06:49 PM
yey mana ada yang nyebut pasar kebayoran baru di sini. maka itu nanya

youngblue
31-10-2012, 11:10 PM
pulu-pulu <--- kopi ini ditanam diketinggian 2200 dpl...... barangnya langka.....(punya fans-nya sendiri)...
kopi dari desa pulu-pulu ya lae ? , kalau sama kopi wamena cem mana lae rasanya bisa minta reviewnya.....?

---------- Post Merged at 09:10 PM ----------


yey mana ada yang nyebut pasar kebayoran baru di sini. maka itu nanya
http://tukangkopi.com/2012/01/christine-dan-sapan-coffee/
itu artikel lengkapnya .... enak kok nongkrong-nongkrong di sana....hehhehehehehehe::ngakak2::::hihi::::hihi::

pasingsingan
31-10-2012, 11:27 PM
katanya yg paling enakan kopi aceh yg di kasih campuran biji ganja.......::ngakak2::::ngakak2::::hihi:: benar tidaknya awak ndak tau juga cuma kadang dengar cerita di kedai tuak macam gitu .......::hihi::
ah, klo kopi gaklah blu
gw dah coba kopi ulee kareng n gayo
langsung dikedai kopi kesohor daerah lhok seumawe
emang enak, tapi menurut gw citarasanya agak soft
apa karena model penyajian warkop di aceh selalu disaring itu yak?
terkesan encer jadinya.

beda dng model penyajian starbuck atau angkringan
yang dikaseh sak ampasnya dlm gelas (tanpa disaring)
sehingga terkesan kental n lebih greng


soal biji ganja
klo diaplikasikan kedalam masakan emang iya ada
ada masakan khas aceh, gw lupa namanya (semacam sayur tumis)
weeh ...... emang top markotob blu :jempol:

Brew.It.Coffee
01-11-2012, 12:53 AM
kopi wamena... kopi yang asyik...saya coba iseng2 minum pake syphon di kedai kopi lokal...rasanya dahsyat..!! susah mau jelasin...

tapi kalo Pulu-pulu....rasa makin manis saat suhu makin turun.... :) beda dikit lah dengan kopi toraja biasanya :)

tukang gorengan
01-11-2012, 01:02 AM
kopi wamena... kopi yang asyik...saya coba iseng2 minum pake syphon di kedai kopi lokal...rasanya dahsyat..!! susah mau jelasin...

tapi kalo Pulu-pulu....rasa makin manis saat suhu makin turun.... :) beda dikit lah dengan kopi toraja biasanya :)

kalau gue bukan type penikmat kopi toraja mas bro , gue lebih bisa menikmati kopi yg rasa asamnya terasa gigit di lidah sebab setelah selesai gue minum kopi terasa dach asam-asam gimana gitu ....nikmat dach rasanya yg pas mirip-mirip kopi bali gitu loh....., kalau kopi toraja rasanya mirip-mirip kopi medan saya rasakan cuma beda tipis di bau tanahnya.

Brew.It.Coffee
01-11-2012, 01:22 AM
kalau gue bukan type penikmat kopi toraja mas bro , gue lebih bisa menikmati kopi yg rasa asamnya terasa gigit di lidah sebab setelah selesai gue minum kopi terasa dach asam-asam gimana gitu ....nikmat dach rasanya yg pas mirip-mirip kopi bali gitu loh....., kalau kopi toraja rasanya mirip-mirip kopi medan saya rasakan cuma beda tipis di bau tanahnya.

oh gitu ya....saya lagi incar item kopi aceh,mandailing dan bali...... mau dicompare dengan kopi toraja,selama ini masih setia dengan "mild"nya kopi toraja...sayang kalo tidak coba yang lain....kan barang mantap tu heheheh :)

youngblue
01-11-2012, 01:31 AM
coba ini lae Jamaica Blue Mountain Coffee , kalau mau bandingkan cem mana kopi enak selain kopi luwak......

Brew.It.Coffee
01-11-2012, 01:38 AM
coba ini lae Jamaica Blue Mountain Coffee , kalau mau bandingkan cem mana kopi enak selain kopi luwak......

jarang yang jual freshly roasted ya lae....? sayaang kalo beli yang direct langsung dari jamaica...

tukang gorengan
01-11-2012, 10:01 AM
jarang yang jual freshly roasted ya lae....? sayaang kalo beli yang direct langsung dari jamaica...
di singapore banyak barang itu mas bro , tiket jakarta-singapore lagi murah cuma 300rb an, itung-itung plesiran sambil cari kopi enak mas bro....

ndableg
03-11-2012, 06:57 PM
soal biji ganja
klo diaplikasikan kedalam masakan emang iya ada
ada masakan khas aceh, gw lupa namanya (semacam sayur tumis)
weeh ...... emang top markotob blu :jempol:

Buset.. jadi biar makan tetep laper terus dong.. hihihi..

ndableg
03-11-2012, 06:58 PM
coba ini lae Jamaica Blue Mountain Coffee , kalau mau bandingkan cem mana kopi enak selain kopi luwak......

Halo lae..
Gimana? ud dikirim belum? Di sini menanti..

youngblue
03-11-2012, 09:08 PM
Halo lae..
Gimana? ud dikirim belum? Di sini menanti..
waduh....lagi sibuk nich lae persiapan anak-anak pertandingan jadi full hari-hari latihan melulu ,.... entar minggu depannya lagi ya... minggu depan ini awak turun ke singapore pula....

ndableg
06-11-2012, 02:11 AM
Duh.. pengusaha sibuk neh..
Sukses pak lae..

vanjait
12-02-2013, 04:04 PM
harga kopi itu tergatung jenis/kualitasnya mulai dari grade terendah (4,5) sampai tertinggi (grade 1, super) yg membedakan mereka kadar air, tingkat kerusakan, atau sampah. atau tampilan kopinya apakah dipanggang ato masih biji hijau.
Biasanya orang eropa ato amerika sangat selektif minum kopi, beda dengan kebanyakan orang indonesia yg penting item dan murah (sori nih).Kebanyakan kopi2 dengan kualitas terbaik itu dieksport dan kopi mutu rendah dikomsumsi didalam negeri.