PDA

View Full Version : Masakan Rumah ala Resto



etca
16-10-2012, 01:26 PM
Sudah beberapa hari terakhir ini saya makan di suatu tempat.
Masakan rumahan kok, tapi suerr lezaaatttoo banget.
Ga kalah ama masakan resto.
Menunya sih sederhana. Bukan yang wah!
Tapi kalau diperhatikan detail, buat gw yang awam soal masakan. gw merasa masakan ini sempurna!
apa karena gratong ya? makin membuat nilai sempurna itu :lololol:

Dari office boy, gw denger selintingan kalau juru masak di rumah ini memang sudah terkenal top masakannya.
Bahkan si bapak empunya rumah, memilih makan kenyang masakan juru masaknya ketimbang makanan di resto.
Intinya juru masak ini menjadi kesayangan sekeluarga.

Gw sendiri dulu pernah cicip masakan opor ayam masakan beliau. Emang enak.
Dan masaknya porsi besar untuk 100 orang *pada waktu itu*
Sekalipun begitu, gw masih penasaran, gimana kalau masakan sederhana? bukan opor ayam yang banyak bumbu itu?
Yang gw review dua menu terakhir yang gw santap yah ... ::oops::

Kemarin sebelum pulang gw disuguhi makan, *dan gw anggap sebagai makan malam sekalian*,
menunya ampela dikecap manis dan sayur sop + nasi tentunya. simpel kan?
tapi rasanyooooo ::cabul::, momen yang tepat! perut lapar ;D
apalagi beberapa buah potongan wortel berwarna oranye cerah itu,
langsung mak prul ketika kita kunyah. sepertinya dipresto.
ga bervetsin, gw ga pusing soalnya.
kuahnya yang gurih beneran diambil dari kaldu ayam.

Hari ini cuma dua menu di atas piring yang tadi saya makan.
*sayangnya gw ga akan pernah berani fotoin...* ::oops::

Brokoli rebus + ayam panggang + nasi.
simpel kan?
tau ga? Brokoli rebus ini baunya soft banget,
hampir ga ada bau khasnya brokoli yang kalau kelamaan biasanya malah bikin mual.
hijaunya masih segar, padahal kalau kelamaan biasanya kan hijau tua.
teksturnya juga pas, ga terlalu keras, juga ga terlalu lembut.
gw yakin untuk sekedar masak brokoli rasanya mustahil dia sambi masak yang lain.
komposisinya pas banget.
beda banget ama gw, ngerebus brokoli palingan kasih garam lalu ditinggal bentar.
kelamaan ngerebus, bau khasnya brokoli pun akan menguar huhuhuhu.

yang ayam panggangnya juga begitu,
bumbunya meresaaappppp banget plus penampakannya ga koyak2.
biasanya kan ada yang bumbunya meresap, tapi penampakannya ancur garagara sering diaduk2.
*pengalaman pribadi gw bikin kalau bikin rica2 ayam, rasa enak penampakan ancur ;D

boleh dong yang tau tips2nya
bagaimana masakan rumahan yang sederhana jadi uenaaakkkk ::up:: ::cabul::

Nowitzki
16-10-2012, 01:41 PM
sayangnya aq belum menemukan yang kayak gitu..
Mbak di rumahqu masakannya sangat moody
Kadang enak, kadang so and so..

kandalf
16-10-2012, 04:37 PM
Gimana gak moody kalau orang2 rumahnya jarang pulang cepat untuk menyantap masakannya.
Beda dengan dulu waktu orang2 rumahnya masih berstatus pelajar.

king lampas
16-10-2012, 05:06 PM
jd penasaran, emang makan dmn sih ca?
pengen nyicip dong ::cabul::

etca
17-10-2012, 12:09 PM
@Nowitzki,
persis di tempat tante gw, mbaknya suka moody kalau masak.
mungkin karena all in yg ngerjain cuma si mbaknya itu kali yak.
kalau si koki yang masak yang di tempat gw mamam kemarin kan emang khusus job desknya juru masak doang

@Kandalf
err benernya penghuni rumah ini banyak yg ga di tempat kok.
malah kalau gw perhatiin kayaknya baru bener2 dimasak kalau ada yang mau makan.
fyi barusan gw disuguhin nasgor n ceplok mata sapi + sosis.
baunyaaaa menguarrrr enyakk enyakk enyakkkk ::cabul:: duh...

@King Lampas
hehehhehe, makan di rumahnya temen gawe gw #eh ;D
sini sini.. mumpung masih utuh...

itsreza
17-10-2012, 12:38 PM
waktu konsultasi ke dokter gizi kemarin dia bilang, masakan yang terlalu enak itu ga sehat -_-

;D

BundaNa
17-10-2012, 12:39 PM
^masakan enak ada beberapa kemungkinan...bumbunya berani, sama banyak kaldu...yang bahaya kalo kebanyakan bumbu penyedap buatan alias vetsin::hihi::

etca
17-10-2012, 01:17 PM
ini iseng gw jepretin, sowwy kalau blur, buru2 soalnya ::hihi::
http://c0014529.r32.cf1.rackcdn.com/x2_f1f5091

kayaknya karena pake daun bawang..

etca
17-10-2012, 01:21 PM
waktu konsultasi ke dokter gizi kemarin dia bilang, masakan yang terlalu enak itu ga sehat -_-

;D
kalau pake vetsin mah emang jadi lebih enak,
tapi kali ini beberapa kali santap menu mereka ga pusing.

kalau saya perhatiin karena permainan bumbu sih.. ;D

Nowitzki
17-10-2012, 01:37 PM
ah mbak etca, bikin laper aja...
Waktunya makan siang nih
Maem apa ya enaknya

Neptunus
17-10-2012, 02:03 PM
wuih mantabbb tuh kelihatannya. Masakan rumahan ala resto bwt gw mah masakannya nenek di Surabaya. Lebaran kemaren makan sambel goreng ati ama kakap goreng pke sambel bawang yg rasanya lezatosss bgt ::hohoho::

RAP
17-10-2012, 02:08 PM
Betul tca permainan bumbu....
Aku ngak pernah masak pake vetsin..soalnya bisa lgsg sakit leher or pusing.
Jgn jgn kmrn makan ayam telor asin rada neg n puyeng gara gara vetsin kali ya...::hihi::

etca
17-10-2012, 03:24 PM
Tadi ude nulis, tapi buruburu off,
oke gw ulang yah.

iya emang permainan bumbu dan ga gitu gurih, artinya emang ga pake vetsin
gw lihat ada serpihan bawang merah, artinya bumbu emang diuleg,
mana nih moby yang nanya2 soal nasgor, ga pake diblender yah bumbunya ::hihi::
ohya tadi nampak juga juga potongan tipis2 daun bawang.
nasi gorengnya ga pedes, ga manis, ga keasinan, ga terlalu berminyak juga.

ini ngomongin nasi goreng sederhana aja bisa puanjang yah ;D

err gw ude diajak makan lagi sessi ke II nih ::doh::
menggendutttt :((

etca
17-10-2012, 03:25 PM
wuih mantabbb tuh kelihatannya. Masakan rumahan ala resto bwt gw mah masakannya nenek di Surabaya. Lebaran kemaren makan sambel goreng ati ama kakap goreng pke sambel bawang yg rasanya lezatosss bgt ::hohoho::

waahh ini mah kombinasi "wah" kalau di kamus gw huhuhuhu.
sambal goreng ati sluuupphhh ude bisa bayangin rasa pedes manisnya huhuhuhu

lily
17-10-2012, 03:58 PM
wah etca harus sering makan disana dong ya , biar gendut ::hihi::

nasi goreng nya looks yummy tuh...

ul.malik
17-10-2012, 09:39 PM
hmmm.... kalo sambel, sambel uleknya adeknya bapak, sambel uleknya ibunya temen, dan sambel uleknya ibunya mantan.
T.O.P banget sambel uleknya, walaupun makannya cuma ikan goreng nasi putih dan sambel rasanya nikmat. ::nangis2::

di rumah juga gorengan ayam, bumbu bali, dan sambel goreng kentang ati buatan bos ce belum ada yang ngalahin rasanya. ::nangis2::

cha_n
17-10-2012, 11:50 PM
mama kalau masak lezat bangetttt. pas dari kuliah kan emang kerjaannya masak2 (maklum ahli gizi)
tapiiii sayang, amat sangat jarang masak soalnya sibuk banget *nangis*

dulu pas nenek (orang minang) masih ada dan tinggal di rumah, jangan tanya deh, makanannya enak semua (terutama makanan khas sumatra ya)
pada usahakan pulang cepat mulu. enak sih makan di rumah.
padahal dia cuman nyuruh2 aja sama nentuin bumbunya padahal(udah ga kuat berdiri lama). yang ngerjain pembantu di rumah.

AsLan
17-10-2012, 11:55 PM
Gw yakin radar vetsin etca gak akurat.

kirsh
22-10-2012, 10:33 AM
kali ini masakan Mbak di rumah mantep.. kari ayam, tapi bumbunya meresap
hanya dengan kuahnya aja, udah kerasa enaaaakkk

tuscany
27-10-2012, 09:57 PM
Sambel buatan bapak saya maknyus deh. Makan bisa nambah berkali-kali cuma karena sambalnya.

etca
20-11-2012, 09:56 AM
^
^
sambel emang meski terlihat sederhana, tapi ga semua orang bisa bikin sambel enakkkk ;D

ok tadi gw naik angkot pas turunnya barengan ama ibu2 yang selama ini gw curigai tukang masaknya rumah utama.
Begitu turun, sebelum nyeberang gw nyapa nama beliau.
Trus PD langsung basa basi, bilang pernah seminggu makan di rumah utama, masakan beliau.
pas gw tanya sejak kapan jadi koki di rumah utama?
jawabannya adalahhhhhhh sejak dia masih gadis yaitu tahun 1978, kala itu mereka tinggal di Mangga Dua :iamdead:
fyi sekarang beliau udah punya cucu.
Pantesan... Rasa masakannya udah stabil banget!!
;D

red>,<hair
20-11-2012, 10:56 AM
temen gw ada yg jago masak padahal dulu isanya paling ceplok telur ama bikin mie
setelah merid berhubung suaminya g suka masakan luar jadi dia kudu belajar masak
n hasilnya ::up::
katanya bumbunya kudu banyak

jd inget yg jual sayur langganan ::ungg:: dlu beli rendang cuman berupa suwiran ayam plus kuah rendangnya uda mantab, nasi sepiring abis
jd fav keluarga klo lg g masak
sayang uda meninggal yg jual ::nangis::