PDA

View Full Version : [Budaya] Baju Betawi



etca
16-10-2012, 11:49 AM
Konon jika Jokowi dan Ahok jadi Gubernur dan WaGub DKI Jakarta,
tiap hari Kamis bakalan pake baju Betawi tuh kalau gawe.
gimana nih tanggapan teman2?

bakalan terealisasi ga yah?

err gw nyari2 baju adat betawi yang resmi kek apaan sih?
masak nyang cowok nyantai pake celana batik, sarung + oblong putih ala Robby tumewu :lololol:

http://2.bp.blogspot.com/-P-Ao4i2tP8U/TsFPl9-PKvI/AAAAAAAAEa0/tdbP6KdWLoI/s1600/Pakaian%2BTradisional%2BAdat%2BBetawi.jpg

GiKu
16-10-2012, 12:05 PM
yg resmi yg kayak begini Ca

http://www.imgjoe.com/x/jxuakswpiz.jpg

RAP
16-10-2012, 12:59 PM
Ntar setiap kamis banyak pagar ayu n pagar betis dong::hihi::
Trus dandan lengkap n menor kaya di kawinan::ngakak2::
Jadi keinget acara anak di sekolah "Jakarta My City" yg cowo kaya abang pitung n jampang yg cewe kaya ipeh ....lagi ngebayangin non etca nih yg pake kebaye...::ungg::

etca
16-10-2012, 01:05 PM
:iamdead: plis d, malah ngebayangin gw pake kebaya ::doh::

gw terakhir pake rok pas kondangannya popo nih, November 2011 lalu ;D
apalagi pake kebaya? terakhir pas kapan ya? pas sakramen baptisan dewasa/sidhi di gereja deh keknya,
bujug very long long time ago :lololol:

itu kebaya biasa ya? ga pake kerah gitu?? ::ungg::
err kalau pergi2 selalu pake berkerah cuy.. bukan apaapa..
gampang masuk angin kalau pake oblong soalnya *noraakkkk* ::doh::

Nowitzki
16-10-2012, 01:47 PM
aq bukan PNS, jadi gak ngaruh

Parameswara Li
16-10-2012, 02:21 PM
Yang resmi sepertinya yang model Baju Demang itu.

etca
16-10-2012, 02:24 PM
@Nowitzki,
keknya bukan hanya untuk PNS kok, kalangan swasta juga bakalan kena keknya.
kayak kalau Batik, hari Jumat kan disarankan menggunakan baju batik.
tidak wajib, tapi disarankan. jadinya malah di kantor gw tiap jumat juga banyak yang pake batik.

@PLi,
Baju Demang yang kayak apa om?

Ronggolawe
16-10-2012, 02:27 PM
yang dipakai Fauzi Bowo dan Nachrowi itu baju
Demang...

gw lebih sreg baju Si Pitung dijadikan baju Betawi
http://images.zechya.multiply.com/image/1/photos/upload/300x300/SYk3cwoKCqEAADKybLY1/DSC-0041.JPG?et=q8iCX1OgfvotsOFnvczL4A&nmid=0

GiKu
16-10-2012, 03:04 PM
baju demang = jas beskap

cha_n
16-10-2012, 03:14 PM
salah semua tuh untuk yang baju cewe.
harusnya warnanya nabrak antara selendang sama baju. misal baju biru selendang pink ngejreng.

GiKu
16-10-2012, 03:23 PM
mungkin kombinasi model begini yang dimaksud cha_n

http://www.imgjoe.com/x/nonenorthjak.jpg

Nowitzki
16-10-2012, 03:52 PM
what??? Kayak gitu?

Gak ah, kulitqu gelap.. ntar malah kayak ondel2

kandalf
16-10-2012, 04:40 PM
Bakal ada yang pakai baju pengantin Betawi buat kerja atau tidak yah?

---------- Post Merged at 04:40 PM ----------

atau bila tidak, baju kayak di postingan pertama, tetapi lengkap dengan golok tajamnya. Hihihihihi

king lampas
16-10-2012, 04:53 PM
bukannya pake baju koko yah?
klo ga salah baju koko ud dianggap jd kebudayaan betawi.

kandalf
16-10-2012, 05:02 PM
Foto2 berikut adalah baju-baju Betawi otentik dari masa kolonial Belanda.

http://photos1.blogger.com/x/blogger/4083/766/1600/870707/DSC09710_01.jpg

http://photos1.blogger.com/x/blogger/4083/766/1600/110580/DSC09701_01.jpg

http://photos1.blogger.com/x/blogger/4083/766/1600/441408/DSC09695.jpg

Saus kacang (http://cacianqalbukunderemp.blogspot.com/2007/01/msj-bagian-vi-kehidupan-batavia.html)

GiKu
16-10-2012, 05:16 PM
atau bila tidak, baju kayak di postingan pertama, tetapi lengkap dengan golok tajamnya. Hihihihihi

bentar lagi pan, pas idul adha
pade bawe golok tajem

cha_n
16-10-2012, 05:32 PM
Nah bener giku.
Emang aslinya kombinasi warna tabrak lari gitu

BundaNa
16-10-2012, 05:42 PM
kan ada kebaya encim, yang simpel dan manis dan warnanya gak ngejreng

http://www.penjahitkebaya.com/wp-content/uploads/2011/05/Kebaya-Encim-JFW.jpg

http://4.bp.blogspot.com/_xWNJtAk0Zxg/TAibgxCij-I/AAAAAAAAADI/XApa9xvrtdE/s1600/saputra+collection+%2819%29.jpg

itsreza
16-10-2012, 09:40 PM
cuma buat PNS di lingkungan pemprov. rasanya sih bakal terwujud

danalingga
16-10-2012, 09:54 PM
Wuih, keknya bakal seru lihat none2. ;))

AsLan
17-10-2012, 10:36 AM
baju betawi itu campuran antara kebaya jawa tengah, baju koko china dan selendang timur tengah ya ?

GiKu
17-10-2012, 11:10 AM
semua jas beskap, kerahnya model sanghai
sepertinya memang hasil asimilasi kebudayaan

noeheedayat
23-10-2012, 09:19 PM
Kadang saya berfikir sendiri emang ada ya suku betawi asli itu?

kandalf
23-10-2012, 09:26 PM
^
menurut Ridwan Saidi ada.
menurut Lance Castle tidak ada.

noeheedayat
23-10-2012, 09:54 PM
Jadi gak salah dunk lagu jadul yang bilang
"anak betawi gak berbudaye katenye"

Soalnya dulu waktu ada teman anak jakarta pernah debat dengan teman orang jawa.
Poin yang saya tangkap adalah.
1. Betawi gak punya baju daerah. Yang ada cowok pake kaos kutang ama celana pendek n cewek pake kebaya(adat jawa)
2. Betawi gak punya bahasa asli, yang ada cuma bahasa melayu yang bercampur dengan bahasa arab, sunda, dan bahasa suku tionghoa.
3. Yang bikin mereka enek adalah tiap orang jakarta pasti kalau mau ke daerah jawa timur bilang pergi ke jawa. Padahal jakarta itu kan di jawa itu sendiri. Lebih baik bilang ke jatim atau ke jateng.

Sory oot.

Parameswara Li
23-10-2012, 10:53 PM
^
menurut Ridwan Saidi ada.
menurut Lance Castle tidak ada.

Definisi dan konteks yang dipergunakan Ridwan Saidi dan Lance Castle tidak sama jadi tentu saja hasilnya berbeda. Apalagi Ridwan Saidi itu orang betawi jadi kadang-kadang memang terlalu subyektif ketika membahas tentang kebetawian.

Pada dasarnya memang masyarakat creole adalah campuran dari berbagai etnis dan budaya. Pada satu titik memang bisa membentuk satu etnis tersendiri. Tapi perlu proses yang agak lama. Posisi Batavia yang menjadi ibukota Hindia Belanda dan kemudian menjadi Ibukota Indonesia tidak mendukung proses penciptaan etnis baru tersebut. Yang terjadi malah proses peleburan terus menerus antara berbagai budaya yang datang ke Batavia. Maksud saya kalau creolisasi ini terjadi di daerah, maka masyarakat campuran itu kemudian akan mantab membentuk etnis yang baru, hal ini tidak akan terjadi kalau terus menerus didatangi pendatang dalam jumlah besar secara kontinyu.

AsLan
24-10-2012, 12:05 AM
menurut Ridwan Saidi ada.
menurut Lance Castle tidak ada.
menurut Parameswara Li tidak ada.

purba
24-10-2012, 12:40 AM
Betawi juga macam2. Kalo dilihat dari dialeknya, mungkin ada dua golongan besar, dialeg Mandra dan dialek Benyamin. Dialeg Mandra banyak pengaruh Sunda karena lokasinya di daerah pinggiran Jakarta (Tanggerang, Bekasi, Depok). Makin ke tengah Jakarta (misalnya Jatinegara, Kramat, dst), dialeknya seperti Benyamin punya dan pengaruh Tionghoa-nya semakin kuat. Pengaruh Arab juga ada mungkin karena agama Islam. Ridwan Saidi (RS) mungkin contoh yg kumplit utk menggambarkan pengaruh Tionghoa dan Arab. Secara fisik, wajah RS mirip etnis Tionghoa. Tapi dari nama, terlihat pengaruh Arab-nya.

http://ahok.org/wp-content/uploads/2012/09/Ridwan-Saidi.jpg

ndableg
24-10-2012, 12:46 AM
^
menurut Ridwan Saidi ada.
menurut Lance Castle tidak ada.

Gw percaya ridwan saidi dah.. lagian definisinya dua orang itu beda2 kali..
jelasin dong ndalf..

noeheedayat
24-10-2012, 12:47 AM
Beda dialeknya gemana pak?
Apa seperti lo-gua lu-gue?
Kalau seperti fauzi baadilla itu betawi arab ya yang dialeknya lebih dari serapan bahasa arab?
Lalu bagaimana dengan kebudayaannya?
Apa beda juga?

purba
24-10-2012, 01:25 AM
Beda dialeknya? Susah kalo ditulisin. Coba aja nonton sinetron Si Dul. Pak Tile dan Mandra satu dialek. Sedangkan Benyamin dan Aminah Cendrakasih satu dialek lagi. Fauzi Baadilla? Memang ada juga Betawi yg fisiknya lebih ke Arab. Bahkan yg kebule2an pun ada.

Kalo ane lihat, Betawi memang multi etnis. Entah Betawi asli itu yg mana. Secara logika, mungkin etnis Sunda adalah penduduk asli Betawi karena tanah Betawi adalah tanah Sunda juga. Tapi karena Betawi adalah tempat persinggahan perdagangan yg dinamis dan itu pun sudah terjadi sejak lama, maka sulit juga menentukan Betawi asli kayak gimana.

AsLan
24-10-2012, 07:32 PM
Artinya suku betawi memang ada, cuma budayanya memang belum solid dan belum lama kalau dibanding dengan budaya2 lain.

Meskipun budayanya kelihatan serapan dari mana2, toh sudah dimodifikasi menjadi milik betawi asli.
Bahasanya juga sudah terbentuk, ada tarian, ada lagu, ada makanan khas dll

Betawi adalah sebuah suku tersendiri.

noeheedayat
25-10-2012, 11:11 AM
Artinya suku betawi memang ada, cuma budayanya memang belum solid dan belum lama kalau dibanding dengan budaya2 lain.

Meskipun budayanya kelihatan serapan dari mana2, toh sudah dimodifikasi menjadi milik betawi asli.
Bahasanya juga sudah terbentuk, ada tarian, ada lagu, ada makanan khas dll

Betawi adalah sebuah suku tersendiri.
jadi kalau nanti negara sebelah mengemas budaya budaya indonesia dan memberi nama baru yang penting udah dimodifikasi walau sedikit menurut pendapat aslan gimana?

soalnya kan sering kali kita protes kalau budaya kita diakui, nah alasan mereka itu juga udah ada asimilasi dengan budaya pendatang disana yang notabane dari indonesia dan membawa kultur daerah masing masing kesana.

AsLan
27-10-2012, 10:21 AM
jadi kalau nanti negara sebelah mengemas budaya budaya indonesia dan memberi nama baru yang penting udah dimodifikasi walau sedikit menurut pendapat aslan gimana?

soalnya kan sering kali kita protes kalau budaya kita diakui, nah alasan mereka itu juga udah ada asimilasi dengan budaya pendatang disana yang notabane dari indonesia dan membawa kultur daerah masing masing kesana.

kalo yg kasus malaysia kemarin itu mah bukan asimilasi tapi 100% pembajakan... gak ada modifikasi atau penyesuaian sama sekali.

yg namanya asimilasi kan harusnya ada percampuran budaya atau perubahan, jadi meskipun orang tahu ada "pengaruh" dari budaya aslinya tapi tetap lahir budaya yg baru.

lalu budaya yg hasil asimilasi juga harus diakui sebagai hasil peleburan, jangan diaku2 sebagai murni ciptaan suku tersebut.

Misalnya musik Tanjidor, itu kan campuran antara musik China dan Barat yg diasimilasi ke budaya Betawi, hal itu harus diakui, jangan dibilang sebagai musik asli ciptaan Betawi, kalo begitu gak sopan namanya :))

BundaNa
27-10-2012, 12:20 PM
lain kasus sama Malaysia...dari mana mereka dapet tari pendet? kalo batik mungkin aja sih, beda motif atau sumber...kalo reog sama pendet? itu sih mengada2

kandalf
28-10-2012, 03:04 AM
Definisi dan konteks yang dipergunakan Ridwan Saidi dan Lance Castle tidak sama jadi tentu saja hasilnya berbeda. Apalagi Ridwan Saidi itu orang betawi jadi kadang-kadang memang terlalu subyektif ketika membahas tentang kebetawian.

Gw percaya ridwan saidi dah.. lagian definisinya dua orang itu beda2 kali..
jelasin dong ndalf..

Yup. Versinya Ridwan Saidi memang lebih subyektif dan lebih bersifat reaksioner atas versionya Lance Castle. Belum ada arkeolog atau ahli sosial yang memberikan bukti terhadap teori Ridwan Saidi seingatku. Koreksi bila aku salah.

Jadi begini, Bleg.
Yang muncul pertama adalah versi Lance Castle dan ini kalau kagak salah dicetuskan di masa orde lama dan cukup bikin marah Orang Betawi saat itu.

Lance Castle, berdasarkan data-data sensus Belanda dan catatan-catatan lain dari Belanda menyatakan bahwa Orang Betawi baru benar-benar terbentuk di Batavia. Sebelumnya, orang-orang di Batavia selain orang Belanda adalah para budak dari seluruh Indonesia termasuk Ambon, Bali, Melayu, dan para pedagang yang baik dipaksa maupun diiming-imingi oleh Belanda untuk datang ke Batavia.

Dalam sensus sendiri, nama Betawi tidak pernah muncul sebagai suku kecuali di akhir abad 19 (koreksi bila aku salah) dan itu pun, sampai menjelang zamannya Husni Thamrin, belum ada kesadaran sebuah suku 'Betawi'. Husni Thamrin lah yang mempopulerkan istilah Betawi, untuk mempersatukan orang-orang Rawa Belong, Kemayoran, dll.

Nah, Ridwan Saidi percaya,
dari zaman Pajajaran, sudah ada masyarakat yang berbicara Bahasa Melayu di Sunda Kelapa. Ketika Belanda mengusir anak buah Pangeran Jayakarta, masyarakat yang berbicara Bahasa Melayu ini masih ada dan kelak membaur dengan budak-budak yang dibawa Belanda.


Pada dasarnya memang masyarakat creole adalah campuran dari berbagai etnis dan budaya. Pada satu titik memang bisa membentuk satu etnis tersendiri. Tapi perlu proses yang agak lama. Posisi Batavia yang menjadi ibukota Hindia Belanda dan kemudian menjadi Ibukota Indonesia tidak mendukung proses penciptaan etnis baru tersebut. Yang terjadi malah proses peleburan terus menerus antara berbagai budaya yang datang ke Batavia. Maksud saya kalau creolisasi ini terjadi di daerah, maka masyarakat campuran itu kemudian akan mantab membentuk etnis yang baru, hal ini tidak akan terjadi kalau terus menerus didatangi pendatang dalam jumlah besar secara kontinyu.

Tapi orang-orang Jakarta generasi kedua (sepertiku) atau generasi ketiga setahuku tidak bisa disebut orang Betawi. Selain itu, budayanya pun juga beda. Bahkan kawan-kawan generasi kedua yang campuran, ketika menikah pun juga selalu ada pembedaan mana yang adat Betawi, mana yang ada orang tua pendatang.


Artinya suku betawi memang ada, cuma budayanya memang belum solid dan belum lama kalau dibanding dengan budaya2 lain.

Meskipun budayanya kelihatan serapan dari mana2, toh sudah dimodifikasi menjadi milik betawi asli.
Bahasanya juga sudah terbentuk, ada tarian, ada lagu, ada makanan khas dll

Betawi adalah sebuah suku tersendiri.


jadi kalau nanti negara sebelah mengemas budaya budaya indonesia dan memberi nama baru yang penting udah dimodifikasi walau sedikit menurut pendapat aslan gimana?

soalnya kan sering kali kita protes kalau budaya kita diakui, nah alasan mereka itu juga udah ada asimilasi dengan budaya pendatang disana yang notabane dari indonesia dan membawa kultur daerah masing masing kesana.


kalo yg kasus malaysia kemarin itu mah bukan asimilasi tapi 100% pembajakan... gak ada modifikasi atau penyesuaian sama sekali.

yg namanya asimilasi kan harusnya ada percampuran budaya atau perubahan, jadi meskipun orang tahu ada "pengaruh" dari budaya aslinya tapi tetap lahir budaya yg baru.

lalu budaya yg hasil asimilasi juga harus diakui sebagai hasil peleburan, jangan diaku2 sebagai murni ciptaan suku tersebut.

lain kasus sama Malaysia...dari mana mereka dapet tari pendet? kalo batik mungkin aja sih, beda motif atau sumber...kalo reog sama pendet? itu sih mengada2

Sebenarnya, kasus 'klaim Malaysia' itu banyak yang bukan klaim sama sekali.
Kasus 'Tari Pendet' itu adalah murni kesalahan dari Discovery Channel. Pernah baca resensi tentang dokumenter tersebut dan kata orang Indonesia yang menulis resensi tersebut, di dokumenter tersebut dijelaskan bahwa Batik berasal dari Indonesia dan ketika narasi mengatakan Indonesia, Tari Pendet ada di bagian itu. Tapi pas Discovery membeli dokumenter tersebut dan membuat iklannya, adegan tari pendet itu dicomot dan hasilnya membuat kesan Malaysia mengklaim.

Kasus Reog Ponorogo, para praktisinya adalah keturunan dari Ponorogo.

Begitu juga para praktisi silat-silat di Malaysia (Lintau, Sendeng), walaupun para bule2 yang meliput mengira silat ini dari Malaysia, tetapi para praktisi Malaysia-nya selalu menekankan kalau silat-silatnya dari Indonesia. Lintau dari Minangkabau, Sendeng dari Bugis.

Kemarin mengintip grup silat, justru banyak silat-silat Bugis yang akhirnya malah lestari di Malaysia sementara di Makassar, silatnya tertutup dan terancam punah, generasi mudanya tak tahu silat apa saja yang berasal dari daerah mereka.

Kalau di Betawi sendiri,
silatnya kebanyakan pengaruh kungfu Tionghoa jadi jangan heran kalau belajar silat Betawi, banyak kunciannya yang mengingatkan ama teknik-teknik Qin-na.

Tapi bahkan tanyakan sendiri ama praktisi wushu, bisa gak mereka menebak asal kungfu dari silat-silat Betawi seperti Beksi atau Mustika Kwitang? Gerakannya sudah membaur sehingga sudah mem-Batavia.
Di antara praktisi silat Sunda dan silat Jawa pun, sudah ada istilah mainan Betawi. Coba aja tanya ama anak-anak SH Terate.


Misalnya musik Tanjidor, itu kan campuran antara musik China dan Barat yg diasimilasi ke budaya Betawi, hal itu harus diakui, jangan dibilang sebagai musik asli ciptaan Betawi, kalo begitu gak sopan namanya :))
Tanjidor bukan campuran antara musik Tionghoa dan Barat tetapi campuran antara Melayu dan Portugis.
Gambang Kromong lah, campuran antara Tionghoa dan Jawa/Sunda.


http://www.youtube.com/watch?v=QLslMaQEw34