PDA

View Full Version : [Tanya] Mana yang harus diselesaikan lebih dulu?



alistiq
16-10-2012, 01:20 AM
Diketahui :

X = 4
Y = 5

Ditanyakan, berapa XY²?

Y nya dulu dikuadratkan atau X dikali Y baru dikuadratkan?

cha_n
16-10-2012, 01:56 AM
y nya dulu dikuadratkan.
hasilnya 100.

alistiq
16-10-2012, 05:56 AM
asiiik berarti jawaban saya benar .... ::hohoho::

padahal saya juga nyoba di excell jawabannya sama, tapi melihat beberapa jawaban orang lain yang mengkalikan dulu X dan Y nya baru dikuadratkan jadi ragu sendiri.

etca
16-10-2012, 06:06 AM
Hirarkinya kan kuadrat dulu baru perkalian atau pembagian dan terahir penjumlahan atau pengurangan dulu.
;)

Parameswara Li
16-10-2012, 02:04 PM
asiiik berarti jawaban saya benar .... ::hohoho::

padahal saya juga nyoba di excell jawabannya sama, tapi melihat beberapa jawaban orang lain yang mengkalikan dulu X dan Y nya baru dikuadratkan jadi ragu sendiri.

Kalau mau hasilnya seperti itu, cara menulisnya begini : (XY)²

heihachiro
16-10-2012, 04:45 PM
ngomong2 soal kurung...

http://d24w6bsrhbeh9d.cloudfront.net/photo/5600689_460s.jpg

::hihi::

Yuki
16-10-2012, 09:33 PM
^
kalkulator sayur ya ;D

itsreza
16-10-2012, 10:01 PM
6/2(2+1) ;D

casio sukses bikin repot waktu ujian statistik -_-

Yuki
17-10-2012, 07:15 AM
euh.....jadi itu yg bener yg mana sih? ;D

maklum gak ada bakat ngitung, kali dulu baru bagi ya.....

cha_n
17-10-2012, 09:44 AM
yang bener yang kiri.
memang kalau ada tanda kurung harus dikerjakan dulu. cuma harusnya setelah mengerjakan 2+1 kurung hilang.

etca
17-10-2012, 10:03 AM
euh.....jadi itu yg bener yg mana sih? ;D

maklum gak ada bakat ngitung, kali dulu baru bagi ya.....
namanya juga dari 9Gag.com pasti ada ngacongaconya ;D

itsreza
17-10-2012, 10:25 AM
bisa dikerjakan dengan
6/2(2+1)
3(3)
9

versi lain
6/2(2+1)
6/2(3)
6/6
1

keduanya benar, tapi hasil operasi hitung yang umum dipakai itu 9

Yuki
17-10-2012, 07:35 PM
saya sih mihak ke casio

kurung itu kan sama dengan kali, udah gitu baru dibagi ama 6

cha_n
17-10-2012, 07:40 PM
memang kurung itu kali.
tapi kalau ada kali atau bagi dalam satu persamaan maka harusnya dikerjakan dari kiri ke kanan

Agitho_Ryuki
17-10-2012, 08:33 PM
benar kata bu chan...

cha_n
17-10-2012, 08:35 PM
naaah pak dosen kalkulus datang :p

itsreza
17-10-2012, 09:40 PM
@yuki mau pilih casio yang mana? ;D

http://img.donanimhaber.com/upfiles/899652/9133486CA93547919316D6E7273A2CC3.jpg
http://static.justin.my/wp-content/uploads/2011/05/Casio-Calculator.jpg
http://qph.cf.quoracdn.net/main-qimg-71a36b2bfea1f5e08a0bc89f52e6aa5b


@om agitho, coba dijabarkan disini

Yuki
17-10-2012, 09:47 PM
lho kok jadi pusing gini sih? ;D

sepertinya cha_n bener......

AsLan
17-10-2012, 10:05 PM
memang kurung itu kali.
tapi kalau ada kali atau bagi dalam satu persamaan maka harusnya dikerjakan dari kiri ke kanan

belum tentu.

kalo Casio bikinan Arab ya pasti ngitungnya dari kanan ke kiri.

cha_n
17-10-2012, 11:03 PM
aslan.... lu jangan asal asalan yaaaa.
dalam bahasa arab, walau pembacaan kata/huruf itu dari kanan ke kiri, tapi kalau angka dari kiri ke kanan.

bahkan penulisan angka yang kita pakai sehari2 (1 2 3 dst) itu kan adaptasi dari bahasa/tulisan arab.
padahal untuk kata/ huruf ( a b c dst) kita pakai tulisan latin. tapi angka kita ga pake tulisan latin. angka pake angka arab.

demikian sehilaf info :p

AsLan
17-10-2012, 11:07 PM
ampuun buu...
saya bukan orang arab, liat onta pun saya belum pernah ::ungg::

itsreza
17-10-2012, 11:13 PM
lho kok jadi pusing gini sih? ;D

itu bug di beberapa seri casio, biar calculatornya ga bingung penulisan harus pasang bracket
(6/2)(2+1)

pertanyaan serupa tak sama, mana yang bener?
48÷2(9+3) = 288
48÷2(9+3) = 2

;D

cha_n
18-10-2012, 01:03 AM
duh plis deh um aslan, itu kan pengetahuan umum. ga harus jadi orang arab dulu untuk tahu.
seingatku dibahas jaman sekolah dulu.

@um reza
nah yang mana yang benar :D
cobain di casio dong

Yuki
18-10-2012, 02:49 AM
(6/2)(2+1), yg ini sih ngerti

48÷2(9+3) = 288, kayanya yg ini deh ;D

ya, angka berasal dari bilangan bahasa arab

itsreza
18-10-2012, 10:31 AM
(6/2)(2+1), yg ini sih ngerti

48÷2(9+3) = 288, kayanya yg ini deh ;D

kalau setuju 288 untuk 48÷2(9+3) berarti setuju jawaban 9 untuk 6/2(2+1) ;D



nah yang mana yang benar :D
cobain di casio dong
tergantung konsensus yang dipakai.calculator casio saya seri spam yang hasilnya 1,
maka sewaktu ujian, saya selalu pakai bracket tambahan untuk menyelesaikan
operasi hitung sejenis. di android dan google calculator hasilnya 9

etca
18-10-2012, 10:39 AM
TS ujian apaan sih pake soal begituan?
dulu perasaan pake kalkulator buat soal log, sin, cos dll d ::ungg::
ga tahu calculator casio gw termasuk yang bener atau enggak ::hihi::

itsreza
18-10-2012, 10:43 AM
abis coba tunggu, itu 'bener' kata siapa ca? ;D

etca
18-10-2012, 10:52 AM
masalahnya calculatornya ude ilang pas mau lulusan dipinjem ama anak jurusan sebelah.
jadi ga bisa jajalin "bener" atau enggaknya ;D