PDA

View Full Version : KPK vs Polri



etca
07-10-2012, 02:29 PM
Polemik KPK vs Polri, Ini Tanggapan Pengusaha

Jakarta - Polemik institusi KPK dengan Polri membuat resah kalangan dunia usaha. Mereka menganggap kondisi ini menambah ketidakpastian hukum di Indonesia.

"​Menurut pendapat saya, seharusnya penanganan masalah Korupsi bukan di hilir, tapi di hulu-nya. Melalui pendidikan moral dan etika serta keteladanan. Kalau hanya mengandalkan alat seperti KPK, rasanya semakin lama akan menjadi komoditi politik, diera politik seperti saat ini," kata Wakil Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Franky Sibarani kepada detikFinance, Minggu (7/10/2012)

Franky mengatakan secara tak langsung polemik ini membuat dunia usaha bertanya-tanya soal penegakan hukum di Indonesia. Hal ini semakin membuat khawatir, apalagi dunia usaha dihadapi banyak ketidakpastian lainnya di luar aspek hukum.

"Kepastian hukum di Indonesia memang sudah dipertanyakan. Bukan saja untuk masalah korupsi, hampir dibanyak sisi. Dari urusan 'gangguan proses produksi dengan sweeping-sweeping pabrik' sampai penuntupan gangguan sarana umum misalnya tol. Belum terlihat adanya tindakkan tegas terhadap pelanggaran hukum," katanya.

Franky juga menambahkan dunia usaha sangat erat dengan kepastian hukum. Bahkan ia mengakui tak jarang pelaku usaha harus terlibat kasus hukum yang menyangkut korupsi hingga harus berurusan dengan KPK.

"Pengusaha yang masuk KPK, tentu publik bisa melihat proses hukumnya. Dan para pengusaha pun dapat melihat dan membedakan satu/satu kasus yang melibatkan pengusaha. Latar belakang Pengusaha daalm KPK beda-beda ada yang juga anggota DPR, ada yang berpolitik atau yang berpartner dengan politikus," katanya.

Ia menggarisbawahi bahwa setiap regulasi dan perizinan yang ada masih berpotensi terjadinya korupsi atau penyalahgunaan oleh oknum pejabat. Sehingga hal ini harus menjadi perhatian pemerintah.

Sebelumnya sempat terjadi ketegangan antara KPK dan Polri, Jumat malam akhir pekan lalu. Ketegangan itu berawal dari datangnya penyidik Polda Bengkulu yang berencana menangkap salah satu penyidik KPK, Kompol Novel. Penyidik Polda Bengkulu datang membawa surat perintah penangkapan untuk Novel.

Novel diduga terlibat kasus penganiayaan berat yang menyebabkan kematian atas pencuri sarang burung walet di bengkulu tahun 2004.

Ia merupakan kepala satuan tugas penanganan kasus korupsi pengadaan alat simulasi roda dua dan roda empat di Korps Lalu Lintas (Korlantas).

Kedatangan petugas Polda Bengkulu juga bersamaan dengan jadwal pemeriksaan terdangka kasus simulator, Inspektur Jenderal Djoko Susilo di KPK Jumat pagi hingga sore

sauskecap (http://finance.detik.com/read/2012/10/07/121557/2056619/4/polemik-kpk-vs-polri-ini-tanggapan-pengusaha?f9911013)



rame bener kemarin di twit soal KPK
kalian kok ga ngebahas sih? ;D

Ronggolawe
07-10-2012, 03:57 PM
loe kan tahu, gw bukan tipe Thread Starter :)

danalingga
07-10-2012, 03:59 PM
Nunggu SBY curhat ngomong dulu kali Ca.
Biar lebih seru. ::hihi::

ga_genah
07-10-2012, 05:22 PM
entar juga pada lupa lagi
pada penyakit amnesia akut semua... ::elaugh::

itsreza
07-10-2012, 07:37 PM
biarkan alam semesta yang menyelesaikan masalah ini [meditasi]

danalingga
07-10-2012, 08:04 PM
^ semoga mestakung bro. ::hihi::

opi77
07-10-2012, 11:02 PM
Nuansa politiknya lebih kuat..tapi kita gak tau sapa yang bener dan sapa yang salah...kpk sendiri bukannya lembaga superior diatas hukum dan polri udah sering mengecewakan masyarakat...
Menarik untuk liat sapa yang menang kpk vs polri jilid 2....

Yuki
08-10-2012, 12:48 AM
bagaimana jika semuanya hanya sandiwara?

mereka semua hanya akting supaya kasus-kasus korupsi terbengkalai dan perhatian masyarakat terbetot ke sandiwara itu

spears
08-10-2012, 01:15 AM
gimana klo KPK, Polri, SMU 6 sama SMA 70 dijadiin satu gedung aja? hemat anggaran.
klo ada urusan tangkap-menangkap nggak perlu ada yg lari, nggak ada yg menolak datang, nggak ada yg perlu dijemput paksa.

startsmart
08-10-2012, 01:22 AM
begitulah kalau iman sebatas jidad...

coba orang2 berimannya menyiapkan 1 generasinya jadi penegak hukum baik jadi polisi, jaksa, hakim atau lembnaga hukum lainnya,. jika ada 1 juta orang berpkir seperti ini, maka di masa akan datang akan ada 1 juta penegak hukum yg beriman yg bekerjasmaa saling bahu membahu m embasmi semua orang yg melanggar hukum bahkan ketika para penajahat itu hendak melakukan kejahatan.. bukan seperti saat ini, para penegak hukm malah jadi pelindung para penajahat...

gembel
08-10-2012, 07:50 AM
kalo masuk pulisi sekarang bayar berapa mas bro?

kandalf
08-10-2012, 11:38 AM
Iseng nanya,
bukannya namanya penahanan itu bisa ditangguhkan ya? Bukannya status tahanan bisa diperingan menjadi tahanan kota ya?

etca
08-10-2012, 11:14 PM
http://sphotos-e.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/317612_3202819089224_1150770521_n.jpg

trus pidato pak esbeye isinya apaan? ::oops::

BundaNa
09-10-2012, 11:31 AM
itu urusan novel baswedan taun berapa? kenapa diurus baru taun sekarang sedang dulu2 malah kepolisian acuh aja, sampe keluarga korban putus asa....polisi kalo diusik pasti begini, bales ngusik KPK...persis anak TK minta balon trus mewek gak diturutin

itsreza
09-10-2012, 12:10 PM
^^
akhirnya anak itu trauma, pas udah gede masih minta dibeliin balon

heihachiro
09-10-2012, 12:13 PM
http://sphotos-e.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/317612_3202819089224_1150770521_n.jpg

trus pidato pak esbeye isinya apaan? ::oops::

intinya sih urusan simulator SIM wewenangnya KPK
udah jelas dan tegas kok isi pidatonya, kalo ada yg bilang pidato pencitraan, mungkin iya, tapi setidaknya statement presiden tegas ngga normatif macem pidato2 sebelumnya

tinggal gimana pelaksanaannya, polri-nya mau ngalah ngga ;))

spears
09-10-2012, 12:32 PM
yup, klo gw c nangkepnya dr pidato presiden, kalo dia memihak KPK.
dan ini lumayan mengejutkan, krn gw kira pada awalnya ntar pasti pidatonya presiden cuman normatif aja.
baguslah, well done buat SBY.

@DivHumasPolri juga mnurut gw mainnya cantik.
walopun gw awal2nya kesel juga di twitter ama Polri, tp liat tanggapan dia terhadap kritik2 yg masuk..wah boleh juga nih humas POLRI.
gaya ngomongnya beda sama account SAVE KPK maupun KPK RI yg berapi2 dan cenderung bikin suasana makin lumayan panas, imho sihhhh...
gw bukan ngebelain Polri juga ya...juga nggak ngebelain KPK.
gw ngebelain karuptor harus diusut tuntas.
cuman memang konflik2 harusnya bs diselesaikan dengan kepala dingin, dan jgn bikin statemnt2 yg malah meresahkan rakyat.
KPK dan polri harusnya bersinergi, bukan malah saling serang, saling tuduh.

purba
09-10-2012, 12:56 PM
Presiden SBY cuman bagi2 kasus antara POLRI dan KPK. Kasus simulator SIM ditangani KPK, sedangkan kasus lainnya tetap ditangani POLRI. Siapapun akan takut dgn KPK (lembaga superbodi), bahkan Presiden sendiri. Presiden tidak gegabah membela KPK. Bisa saja dia suatu saat butuh POLRI utk melawan KPK.

Denger2 KPK jilid 1 relatif aman2 saja karena, setiap mau bertindak, komisioner KPK rembukan dulu dgn Presiden. Beda dgn Antasari yg langsung menjebloskan besan SBY tanpa permisi dulu. Akhirnya dibui gak jelas. Juga Abraham Samad yg main gerebek kantor POLRI. Mungkin masih dicari2 apa yg bisa menghajar si Samad ini. Sebenarnya gak salah apa yg dilakukan Antasari dan Samad dan seharusnya memang begitu. Tetapi dlm budaya feodal Indonesia, itu terlalu frontal atau dinilai kurang sopan. Mau terus mempertahankan budaya feodal atau yg to the point? Itu tergantung pilihan Rakyat Indonesia sendiri. Kalo kata orang beragama, nasib suatu kaum tidak akan berubah sampe kaum tsb mengubahnya sendiri.

:))

mobyokuzan
09-10-2012, 01:10 PM
om samad kalo ga bisa bermain aman ntar nasibnya sama kek om antasari.
tinggal nunggu waktu aja.
angie kpn hari cuma buat warming up
yg DS skrg sdh mulai serius.

BundaNa
09-10-2012, 05:33 PM
repot ya...kalau gak main aman, nyawa terancam...kalo main aman, buat apa ada KPK?

mobyokuzan
09-10-2012, 09:18 PM
repot ya...kalau gak main aman, nyawa terancam...kalo main aman, buat apa ada KPK?

baca statement ini kesannya org KPK itu ga ada yg aman, serba salah dan terancam...kek judul film jadulnya warkop DKI, maju kena mundur kena ;D

seharusnya om anatasari bisa dijadikan cerminan agar bermain lebih aman...tapi ya sdhlah, toh diawal pengangkatan, beliau juga sdh berniat mewakafkan dirinya demi pemberantasan korupsi di negeri ini...tipe idealisme yg susah dicari saat ini.