PDA

View Full Version : Mengatasi kemacetan di Jakarta



AsLan
23-09-2012, 11:56 AM
Apa ide anda untuk mengurangi kemacetan di jakarta ?

kalo yg gw pikir :

1. Bikin tempat menepi di perempatan jalan untuk ngetem kopaja/mikrolet supaya mereka bisa menunggu penumpang tanpa menghambat jalan.

2. Perbanyak polisi lalu lintas,
kalo sore2 jam pulang kerja, gw liat meskipun jalanan padat tapi kalau ada polisi yg jaga maka lalu lintas lumayan lancar.

3. Tegakkan peraturan lalu lintas,
Sering kali yg terjadi, kemacetan bukan karena rasio mobil-jalan, tapi lebih karena pelanggaran lalu lintas seperti kendaraan umum yg ngetem, mobil yg parkir sembarangan, motor yg melawan arus dst.

4. Buat Feeder busway yg lebih banyak dan fleksible,
mobil angkutan kecil yg terintegrasi dengan Trans Jakarta, mobil2 ini bisa keluar masuk perkampungan/perumahan dan boleh masuk jalur trans jakarta.

danalingga
23-09-2012, 12:12 PM
Buat gue simple sih:


MRT digalakkan dengan kualitas yang bagus
Pejalan kaki dan pengendara sepeda dimanjakan
Tempat tinggal ke kantor harusnya bisa dicapai dengan jalan kaki, setidaknya dengan bersepeda



Dah aman deh.

spears
23-09-2012, 12:39 PM
Aslan, gw setuju bgt sama point no 4 lo. Slama ini khan kendala pengguna angkutan umum itu ya spt itu. Krn nggak ada angkutan umum yg lewat jalan2 kecil or komplek perumahan. Kalaupun ada, ankot2 tsb kadang nggak lewat jalur busway atau nggak boleh ke jalan gede (cont : bajay or ojeg). Jadi rada menyusahkan, dan orang2 jadi ngerasa lebih nyaman pake kendaraan pribadi. That's why kendaraan pribadi makin hari tambah banyak. Jumlah kendaraan udah nggak sesuai lagi ama panjang jalan.

So, nomer satu yg harus dibenahi itu. Perbaiki kualitas en jalur trayek angkutan kota

Nomer 2 Soal busway, pemerintah jgn cuma bs beli aja, tp nggak bs maintenance.liat aja skrg busway udah kayak rongsokan.

3. Armada busway diperbanyak , biar antriannya nggak lama (ini yg bkin org mls pake kendaraan umum)

4. Penegakan hukum yg tegas. Spt angkot nggak boleh ngetem, badan jalan tidak boleh digunakan sbg tempat parkir, dll.

5. Ini yg paling penting. Setiap rumah, maksimal punya 2 mobil aja. Mobil ke 3 dan seterusnya pajaknya dinaikin. Kalo perlu sampe 3-4x lipat.

Yuki
23-09-2012, 01:58 PM
angkutan umum harus menjadi prioritas, entah itu bus, MRT atau kereta, fokus saja ke salah satu, lalu perawatannya harus konsisten

langkah yg harus pertama kali diambil adalah mengubah mindset pikiran orang kebanyakan bahwa menggunakan angkot lebih sengsara daripada make mobil pribadi

minimal mindsetnya itu kurang lebih sama lah kenyamanan antara angkot dan mobil pribadi

jadi orang mau make angkot kek mau make mobil pribadi kek kenyamanannnya tidak begitu jomplang

untuk kota-kota besar, dimanapun di dunia ini yg namanya macet itu suatu kepastian, tidak bisa dielakkan, tokyo aja macet, tapi tidak semrawut

nah tidak semrawutnya itu yg pertama harus diwujudkan

etca
23-09-2012, 02:20 PM
Iyah bus transjakarta sekarang ude pada bulukan
Malah ada yang tanpa pintu, serasa naik odong2 ;D
Yang paling bagus bus transjkt jurusan pulo gebang - kampung melayu
Disain busnya pun beda. Ya iyalah secara rute paling baru.

Setuju dgn benahi fasilitas transportasi publik.

cha_n
23-09-2012, 02:34 PM
pindahin ibukota.
misal ke pulau buton gitu

itsreza
23-09-2012, 02:42 PM
Peningkatan dan perbaikan transportasi publik (MRT, monorail, transjakarta, kopaja, dll) agar nyaman dan aman.
Sediakan pedestrian yang memadai, penegasan peraturan lalu lintas, naikkan pajak kendaraan bermotor dan
tarif parkir, melarang street parking di jalanan yang padat, implementasikan road pricing.

Alethia
23-09-2012, 05:31 PM
para sopir angkot, ojek, bajaj dan kopaja di tranning dl. tingkahnya bikin sakit jiwa. walau fasilitas diperbaikin kek apa, tp mental bawaannya pgn nyerobot, berenti sesuka udelnya dan ngebut. beuh

etca
23-09-2012, 06:05 PM
seriusly, gw kudu berterimakasih ama sopir yg ugal2an.
1. bikin cepet nyampe di tujuan
2. bikin terlatih ga mabok di perjalanan saat jalanan turun naik nikang nikung
;D

waks!!
23-09-2012, 06:08 PM
klo lagi buru2 emg bersyukur klo cepet ;D
tp klo lg blum makan (pas udah jam makan) bikin mual.kmaren naik angkot yg gitu...duh perut rasanya ga karu2an

tsu
23-09-2012, 06:14 PM
Apa ide anda untuk mengurangi kemacetan di jakarta ?

kalo yg gw pikir :

1. Bikin tempat menepi di perempatan jalan untuk ngetem kopaja/mikrolet supaya mereka bisa menunggu penumpang tanpa menghambat jalan.

2. Perbanyak polisi lalu lintas,
kalo sore2 jam pulang kerja, gw liat meskipun jalanan padat tapi kalau ada polisi yg jaga maka lalu lintas lumayan lancar.

3. Tegakkan peraturan lalu lintas,
Sering kali yg terjadi, kemacetan bukan karena rasio mobil-jalan, tapi lebih karena pelanggaran lalu lintas seperti kendaraan umum yg ngetem, mobil yg parkir sembarangan, motor yg melawan arus dst.

4. Buat Feeder busway yg lebih banyak dan fleksible,
mobil angkutan kecil yg terintegrasi dengan Trans Jakarta, mobil2 ini bisa keluar masuk perkampungan/perumahan dan boleh masuk jalur trans jakarta.

IMHO yang paling mendesak adalah yang nomor 3 tu om Aslan
pengendara motor naek ke trotoar, mobil yang saling berebut, saling motong, kopaja, bus, angkot yang ngetem seenaknya, bajaj yang tingkat agility nya bisa bikin Dominic Torreto nangis darah, para pedjabat yang demen banget make foorijder ga naatin lampu lalu lintas dll dll
semua nya berawal dari penegakan hukum lalu lintas yang nggak betjus

coba itu dulu dibenahin

baru mikir MRT, bike lane, walkway, dll dll

just my Rp.2,-

AsLan
23-09-2012, 07:10 PM
Nambahin personil polisi lalu lintas kayaknya gak butuh biaya terlalu gede, dengan polisi yg selalu ada di tiap persimpangan jalan maka orang akan berlalu lintas dengan tertib sehingga fasilitas jalan yg ada bisa terpakai dengan benar dan maksimal, kalo itu masih belum cukup barulah memikirkan investasi lain yg gede2.

---------- Post Merged at 06:10 PM ----------

busway2 kecil yg bisa masuk ke perumahan/kampung2 sekaligus bisa masuk ke jalur busway itu juga mudah dibuat, selama ini jalur busway kebanyakan kosong (padahal jalan disebelahnya sangat macet) itu artinya proyek busway belum maksimal, jangan berpikir selalu ke bus2 besar, isi dengan bus kecil yg lincah2 juga boleh sebagai tambahan...

kandalf
23-09-2012, 09:58 PM
1. Buat kordinasi antar penyelenggara angkutan umum massal di Jakarta, a.l pengusaha2 yang memegang saham Metromini, pengusaha2 anggota Kopaja, PPD, Transjakarta, mikrolet, Koperasi Wahana Kalpika, dengan agenda seperti berikut:


Pertimbangkan kemungkinan penyatuan dan kordinasi antar usaha seperti tiket bersama untuk menarik minat masyarakat menggunakan angkutan umum;

merencanakan armada bus non-Transjakarta yang bisa menggunakan halte transjakarta, untuk melegalkan penggunaan jalur Busway oleh bus-bus selain bus Transjakarta dan mengurangi resiko penumpang bus non-Transjakarta diturunkan di tengah jalan raya karena penggunaan jalur Busway oleh sopir2 Kopaja/Metromini dkk untuk menghindari macet;

merencanakan mekanisme pengawasan dan pemberian sanksi terhadap pemilik-pemilik bus yang sopir-sopir melakukan pelanggaran seperti ngetem, melanggar lalu lintas, dsb;

investigasi menyeluruh terhadap kasus-kasus armada Bus Transjakarta yang meledak dan mekanisme penggantian aset dan kerugian (ada informasi dari orang dalam yang off the record tentang ini dan informasinya cukup mengerikan);


Mengadakan kordinasi berkala dengan kepolisian dengan penekanan agenda terhadap:
rendahnya penegakan hukum. Bila perlu ada mekanisme sanksi terhadap polisi patroli yang terbukti melakukan pendiaman terhadap pelanggaran lalulintas;

menekankan pada pentingnya sterilisasi jalur busway. Dalam kondisi semacet apapun, tidak boleh polisi memperbolehkan penggunaan jalur busway oleh kendaraan pribadi. Jalur busway hanya boleh digunakan oleh bus yang memiliki spesifikasi untuk menggunakan jalur tersebut dan kendaraan darurat (pemadam kebakaran, ambulans, tim gegana);

membahas kemungkinan pengenaan sanksi terhadap pemilik mobil, bila kendaraan yang melanggar aturan lalu lintas gagal dihentikan tetapi tertangkap oleh mekanisme lain seperti kamera;

Mengadakan pertemuan berkala dengan para pemilik komplek usaha dan gedung-gedung beserta dinas perhubungan serta YLKI (dan David Tobing ::ngakak2::) dengan agenda:
penertiban parkir-parkir liar di pinggir jalan;

mekanisme pengganti kebijakan Three in One yang tidak efektif, misalnya dengan penggunaan stiker khusus yang hanya bisa dimiliki oleh pemilik usaha dalam jumlah yang diatur;

penyelenggaraan tempat parkir bersama antar kompleks usaha yang terpadu dengan jaringan angkutan umum di mana tempat parkir ini bisa lebih murah dibandingkan tempat parkir lain;

kemungkinan kenaikan tarif parkir dengan mekanisme diskon untuk kendaraan-kendaraan tertentu;

evaluasi ulang terhadap kebijakan-kebijakan tata ruang jalan seperti penggunaan jalur lawan arah di Jln. Melawai yang tadinya hanya digunakan oleh Bus Metromini trayek 610 sekarang dipenuhi oleh bus2 lain; atau penutupan akses dari Jalan Melawai ke jalan-jalan alternatif dan tentu saja penentuan letak putaran balik (U-turn)

tsu
23-09-2012, 10:25 PM
Mengadakan kordinasi berkala dengan kepolisian dengan penekanan agenda terhadap:

rendahnya penegakan hukum. Bila perlu ada mekanisme sanksi terhadap polisi patroli yang terbukti melakukan pendiaman terhadap pelanggaran lalulintas;
menekankan pada pentingnya sterilisasi jalur busway. Dalam kondisi semacet apapun, tidak boleh polisi memperbolehkan penggunaan jalur busway oleh kendaraan pribadi. Jalur busway hanya boleh digunakan oleh bus yang memiliki spesifikasi untuk menggunakan jalur tersebut dan kendaraan darurat (pemadam kebakaran, ambulans, tim gegana);
membahas kemungkinan pengenaan sanksi terhadap pemilik mobil, bila kendaraan yang melanggar aturan lalu lintas gagal dihentikan tetapi tertangkap oleh mekanisme lain seperti kamera;


saya rasa ini yang bikin banyak negara di eropa itu punya lalu lintas yang sangat menyenangkan

yang penting teratur dulu, dengan paksaan dan tangan besi jika perlu

jika sudah teratur... baru de, ngomong soal MRT, pengaturan busway dll dll

Ray Surya
24-09-2012, 12:53 AM
Apa ide anda untuk mengurangi kemacetan di jakarta ?

suruh rakyat jakarta bikin macet Wonogiri kyk pas lebaran2

Urzu 7
24-09-2012, 10:00 AM
Jakarta macet itu sdh tradisi ga mau macet yah suruh transmigrasi:cengir:

opera
24-09-2012, 10:22 AM
sebenernya sistem yang/akan dibangun sudah bagus, cuma eksekusinya tidak berjalan

GiKu
24-09-2012, 10:31 AM
Apa ide anda untuk mengurangi kemacetan di jakarta ?

kalo yg gw pikir :

1. Bikin tempat menepi di perempatan jalan untuk ngetem kopaja/mikrolet supaya mereka bisa menunggu penumpang tanpa menghambat jalan.

2. Perbanyak polisi lalu lintas,
kalo sore2 jam pulang kerja, gw liat meskipun jalanan padat tapi kalau ada polisi yg jaga maka lalu lintas lumayan lancar.

3. Tegakkan peraturan lalu lintas,
Sering kali yg terjadi, kemacetan bukan karena rasio mobil-jalan, tapi lebih karena pelanggaran lalu lintas seperti kendaraan umum yg ngetem, mobil yg parkir sembarangan, motor yg melawan arus dst.

4. Buat Feeder busway yg lebih banyak dan fleksible,
mobil angkutan kecil yg terintegrasi dengan Trans Jakarta, mobil2 ini bisa keluar masuk perkampungan/perumahan dan boleh masuk jalur trans jakarta.

1. gak ngaruh, calon penumpang gak mau jalan jauh2
2. gak ngaruh juga, gw malah kasihan liat polantas, jam 6.30 ud ada di jalan - jam 7 malem masih di jalan
3. sepakat
4. gak ngaruh juga itu konsep feeder. yg bisa masuk jalus transjakarta gak cuma angkot, motor dan sepeda pun sudah ikut menikmati (yg ini sudah terkabul)

GiKu
24-09-2012, 10:34 AM
A
5. Ini yg paling penting. Setiap rumah, maksimal punya 2 mobil aja. Mobil ke 3 dan seterusnya pajaknya dinaikin. Kalo perlu sampe 3-4x lipat.

sudah jalan dari kapan tau
namanya pajak progresif

kendaraan pertama, kedua, ketiga, dst pajaknya meningkat (dengan catatan itu kendaraan didaftarkan atas nama pemilik yg sama)
kalo punya kendaraan, daftarkan atas nama istri dan anak2 juga untuk solusinya

Kingform
24-09-2012, 10:57 AM
transportasi publik.....

kalo sarana transportasi publik oke, dalam arti murah, nyaman, aman, antrinya ga kelamaan, trayek menjangkau kemana2...gw rasa orang2 akan lebih milih naik transportasi publik daripada kendaraan pribadi. otomatis jumlah kendaraan dijalanan pun akan berkurang.....

kalo kondisinya kayak sekarang, jangan harap dah....
pas jam sibuk yang antri di halte busway udah gila2an. pas ada busway dateng, udah penuh duluan. yang antri di halte jadi ga keangkut. belum lagi kalo bahas jalur busway yang diserobot kendaraan pribadi. naik busway jadi sama aja....sama2 kena macet

GiKu
24-09-2012, 11:18 AM
gw suka naik KRL
tapi sayangnya comuter line tarifnya makin mahal
dan sekarang KRL tidak lagi berhenti di setiap stasiun

naik bis/metromini, kalo gak berisik suara mesin, pasti berisik karena congornya pengamen

untuk mengatasi kemacetan di jakarta, gw usul diperbanyak proyek pelebaran jalan
terserah mau nggusur rumah warga atau gedung perkantoran

danalingga
24-09-2012, 11:21 AM
Kalo jalan dilebari pasti tetap macet Gik, soale kendaraan bakal nambah juga buat ngisi jalan lebar tersebut. ::hihi::

TheCursed
24-09-2012, 11:21 AM
pindahin ibukota.
misal ke pulau buton gitu

Gue lebih setuju pindahin ke Sorong atau Jayapura.
Biar pembangunan merata sampe ke timur.

danalingga
24-09-2012, 11:22 AM
transportasi publik.....

kalo sarana transportasi publik oke, dalam arti murah, nyaman, aman, antrinya ga kelamaan, trayek menjangkau kemana2...gw rasa orang2 akan lebih milih naik transportasi publik daripada kendaraan pribadi. otomatis jumlah kendaraan dijalanan pun akan berkurang.....

kalo kondisinya kayak sekarang, jangan harap dah....
pas jam sibuk yang antri di halte busway udah gila2an. pas ada busway dateng, udah penuh duluan. yang antri di halte jadi ga keangkut. belum lagi kalo bahas jalur busway yang diserobot kendaraan pribadi. naik busway jadi sama aja....sama2 kena macet

Setuju banget nih. Gue aja ampe kapok naik Busway, mendingan naik angkot dah.
Nggak ngantri sama dapat duduk. Kaco emang buswaynya.

GiKu
24-09-2012, 11:27 AM
Kalo jalan dilebari pasti tetap macet Gik, soale kendaraan bakal nambah juga buat ngisi jalan lebar tersebut. ::hihi::

kalo ud dilebarin masih macet juga, berarti harus partus sectio
::hihi::

kandalf
24-09-2012, 11:29 AM
Hitung2an untuk pekerjaan klien di Kuningan

Bila saya naik motor
tiap dua hari ngisi 1 liter bensin Rp 4500 (Premium).
Lalu parkir di jalan 1 hari seribu rupiah atau 2 ribu rupiah deh...
Jadi tiap dua hari saya cuma menghabiskan Rp 8500.

Bila saya naik kendaraan umum,
saya habis Rp 2000 ke Blok M lalu habis lagi Rp 2000.
Pulang pun juga demikian sehingga sehari saya menghabiskan Rp 8000.

Lalu ditambah para pengamen yang membuat saya merasa tidak enak dan akhirnya merogoh 1000 per pengamen dan biasanya ada dua pengamen sehingga sehari bisa 10ribu.


Praktis, jumlah uang yang dikeluarkan dalam sehari untuk angkutan umum lebih besar daripada naik motor.

Di kota Chicago di tahun 2009,
biaya parkir seharian penuh = USD 12.
Sementara biaya angkutan yang saling bersambung hingga bandara untuk tiga hari (pakai tiket yang sama) = USD 14.
Artinya biaya pengeluaran kendaraan pribadi lebih mahal nyaris tiga kali lipat. Itu belum dihitung tarif bensin.

spears
24-09-2012, 12:46 PM
Horeeee..
Program 100 hari pertama Jokowi adalah memperbanyak armada busway
horeee...wooohhhooooooo

:jempol:::woohoo::::clap2::

akhirnya..suara hati kita semua didengar.

gw (dulu) suka naik busway %no1 banyak kenangan manis di busway %kis


mudah2an jadi suka lagi :D

opera
24-09-2012, 12:50 PM
Horeeee..
Program 100 hari pertama Jokowi adalah memperbanyak armada busway
horeee...wooohhhooooooo

:jempol:::woohoo::::clap2::

akhirnya..suara hati kita semua didengar.

gw (dulu) suka naik busway %no1 banyak kenangan manis di busway %kis


mudah2an jadi suka lagi :D

cinta pada pandangan pertama?

Ronggolawe
24-09-2012, 01:07 PM
Horeeee..
Program 100 hari pertama Jokowi adalah memperbanyak armada busway
horeee...wooohhhooooooo

:jempol:::woohoo::::clap2::

akhirnya..suara hati kita semua didengar.

gw (dulu) suka naik busway %no1 banyak kenangan manis di busway %kis


mudah2an jadi suka lagi :D
gw bisa ngebayangin mata loe blink-blink tiap kali
cowo mirip cumi jola naik busway dan berdiri tidak
dari loe :)

Urzu 7
24-09-2012, 01:21 PM
Jadi ntar cuma jalur busway yg macet???
Yg bener itu sistem kredit motor/mobil dihapus aja

spears
24-09-2012, 01:37 PM
cinta pada pandangan pertama?


gw bisa ngebayangin mata loe blink-blink tiap kali
cowo mirip cumi jola naik busway dan berdiri tidak
dari loe :)

salah semua! ::hihi:: to opera en ronggo aku malu..aku malu



ceritanya, buswaynya lagi penuh, trus gw duduk dikursi paling belakang pojok itu lho...trus krn rame, semua org itu posisinya ngebelakangin gw semua. tiba2 gw dicium kilat ama co gw...
cuman di pipi sihh tapi itu co cwiiiiitttt ::hihi:: mau lagi doooong ::hihi::




eit!tp gw bukan seneng krn akhirnya gw bs dicium lagi di busway lho!!!! :iamdead:
maksudnya, gw tiap liat busway jadi kebayang tempat romantis getoloooooh

serendipity
24-09-2012, 01:50 PM
1. bikin tarif parkir yang mahal buat pengunjung mall dan kantor, tujuannya supaya banyak orang yang tidak menggunakan mobil pribadi dan menggunakan kendaraan umum

2. perbanyak busway, seharusnya beli busway yang baru jangan yang bekas.. resiko barang bekas kan pasti cepet rusak. Polisi lalu lintas ada di setiap lampu merah yang padat kendaraan.

3. kalo bisa pisahin jalur motor dan mobil, supaya ga ada motor yang nyalip2 dan bikin macet

kandalf
24-09-2012, 02:01 PM
Eh.. siapa yang dicium di bus transjakarta?

spears
24-09-2012, 03:01 PM
1. bikin tarif parkir yang mahal buat pengunjung mall dan kantor, tujuannya supaya banyak orang yang tidak menggunakan mobil pribadi dan menggunakan kendaraan umum

2. perbanyak busway, seharusnya beli busway yang baru jangan yang bekas.. resiko barang bekas kan pasti cepet rusak. Polisi lalu lintas ada di setiap lampu merah yang padat kendaraan.

3. kalo bisa pisahin jalur motor dan mobil, supaya ga ada motor yang nyalip2 dan bikin macet


Sbenernya armadanya dibeli emang baru semua.
Tp spt kebiasaan disini, bisa beli nggak bs ngerawat.
Harusnya waktu beli, ada perjanjian maintenancenya juga.
Biar nggak jadi besi karatan tuh busway.

kandalf
24-09-2012, 03:53 PM
Perjanjian maintenance sebenarnya ada perjanjian dengan pihak lain kalau tidak salah ingat.
Tapi sebenarnya ada kasus lain yang lebih serius soal maintenance dan armada ini terkait dengan kasus-kasus TransJakarta yang meledak.

Daripada gue tulis di sini yang takutnya informasinya sudah tidak akurat lagi (plus, gue emang udah janji untuk gak menulis cerita dari kawan yang kerja di Transjakarta), pokoknya intinya, gubernur yang baru wajib melakukan investigasi.

Parameswara Li
24-09-2012, 09:56 PM
pindahin ibukota.
misal ke pulau buton gitu

Kalau ini sih tidak efek. Memang ibukota RI yang baru itu tidak macet, setidaknya untuk sementara, tetapi Jakarta tetap saja macet walau bukan ibukota. Judul threadnya kan "Mengatasi Kemacetan Di Jakarta", bukan "Mengatasi Kemacetan di Ibukota Republik Indonesia". Jadi walau Jakarta bukan lagi ibukota namun tetap menjadi pusat bisnis dan industri.

ndableg
25-09-2012, 03:39 AM
Eh.. siapa yang dicium di bus transjakarta?

Kalo gw pelakunya pasti gw ud dibales cium....


























pake bogem mentah..

ndableg
25-09-2012, 03:43 AM
Kalau ini sih tidak efek. Memang ibukota RI yang baru itu tidak macet, setidaknya untuk sementara, tetapi Jakarta tetap saja macet walau bukan ibukota. Judul threadnya kan "Mengatasi Kemacetan Di Jakarta", bukan "Mengatasi Kemacetan di Ibukota Republik Indonesia". Jadi walau Jakarta bukan lagi ibukota namun tetap menjadi pusat bisnis dan industri.

Atau bisa jg spt di belanda. Ibukota dan pusat (segala) bisnis di amsterdam, tapi kantor pemerintahan di kota administratip, den haag.

Jadi mgk ibukotanya di pulau seribu. Jadi nanti pegawai pemerintah kerja naek kapal. Mgk perkapalan indonesia jadi maju gitu?

etca
25-09-2012, 05:45 AM
seandainya bis transjakarta awet jaya bersih n adem kek begini

http://sphotos-f.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/432084_4502103874430_626686855_n.jpg
bis tranjakarta paling baru, rute pulo gebang - kampung melayu. sayang akses dari kantor belibet ke halte pulo gebang.

trus seremmm juga naik tangga jembatan penyeberangannya bis transjakarta, ude mleyot2 gitu ::doh::
gw paling sebel begitu jauhnya naik jembatan yg menuju ke halte bis transjakarta.
paling demen rute pulo gadung - gambir. ga pake jembatan ;D

Serenade
28-09-2012, 05:47 PM
Sumitomo-HK dan Shimizu-WIKA Garap Kereta Bawah Tanah Jakarta


MRT tahap I akan menghubungkan Lebak Bulus-Kampung Bandan, Jakarta sepanjang 23,8 kilometer (Km).

Sumitomo Mitsui Construction Company (SMCC)-Hutama Karya Joint Operation dan Shimizu-Obayashi-Wijaya Karya-Jaya Construction Joint Venture dinominasikan sebagai pemenang tender pembangunan underground (bawah tanah) mass rapit transportation (MRT) DKI Jakarta senilai Rp4,5 triliun

MRT tahap I akan menghubungkan Lebak Bulus-Kampung Bandan, Jakarta sepanjang 23,8 kilometer (Km).

Direktur Utama PT MRT Jakarta Tribudi Rahardjo, mengatakan, dua konsorisum ini dipilih dari 10 konsorsium gabungan perusahaan Jepang dan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Ada dua konsorsium yang menempati urutan pertama Shimizu-Obayashi-Wijaya Karya-Jaya Construction Joint Venture untuk dua paket, sedangkan Sumitomo Mitsui Construction Company (SMCC)-Hutama Karya Joint Operation untuk satu paket," kata Tribudi dalam jumpa pers di Balaikota DKI, Jakarta, Jumat (28/9).

Dia menyatakan, total pengerjaan konstruksi MRT di Jakarta terbagi menjadi delapan paket konstruksi sipil. Rinciannya, tiga konstruksi sipil bawah tanah, tiga konstruksi sipil layang dan dua paket pengadaan sistem dan rolling stock (kereta).

Dari delapan paket tersebut, enam paket sudah dilakukan tender, yaitu tiga paket bawah tanah dan tiga paket layang. "Yang sudah sudah matang dan siap kita proses adalah tiga paket bawah tanah,” kata Tribudi

Dia berharap, pada pekan kedua Oktober mendatang perseroan sudah resmi mengumumkan pemenang kontraktor sipil tiga paket tersebut. “Ini merupakan paket besar. Pak Gubernur berpesan agar kami lebih berhati-hati. Pada tanggal 4 Oktober, kami lakukan klarifikasi para konsorsium yang menjadi nominasi setelah itu akan kami sampaikan secara mutlak," kata dia.

Pekerjaan sipil MRT sengaja didahulukan untuk tiga paket underground. Selain pekerjaan yang lebih panjang, juga tidak perlu melakukan pembebasan lahan karena dibangun di dalam tanah.

"Secara teknis waktu pengerjaan yang underground lebih panjang dari pada elevated, sehingga kan titik kritisnya ada di underground," paparnya.

Diperkirakan awal tahun 2013, baru akan dilakukan pengeboran tanah untuk pembangunan terowongan, stasiun dan jalur rel di bawah tanah.

MRT Jakarta tahap I akan membentang 23,8 km dari Lebak Bulus-Kampung Bandan, Jakarta. Sepanjang 14,1 Km dari itu akan berada di jalur terowongan bawah tanah di kedalaman 20 meter.

Pengerukan terowongan berada di bawah jalan dari Bundaran Senayan hingga Kampung Bandan kawasan Kota.






Penulis: Lenny Tristia Tambun/ Whisnu Bagus


Sumber: http://www.beritasatu.com/ekonomi/74538-sumitomo-hk-dan-shimizu-wika-garap-kereta-bawah-tanah-jakarta.html

----------------------------------------

Setelah terpilihnya Jokowi-Ahok, kok, tiba" ada proyek gini, ya ::hihi::

danalingga
28-09-2012, 05:50 PM
Biar ada warisan yang bakal dikenang tuh ::hihi::

cha_n
28-09-2012, 06:30 PM
Kalau ini sih tidak efek. Memang ibukota RI yang baru itu tidak macet, setidaknya untuk sementara, tetapi Jakarta tetap saja macet walau bukan ibukota. Judul threadnya kan "Mengatasi Kemacetan Di Jakarta", bukan "Mengatasi Kemacetan di Ibukota Republik Indonesia". Jadi walau Jakarta bukan lagi ibukota namun tetap menjadi pusat bisnis dan industri.

setahuku sudah pernah ada telaah akademis nya, dan banyak juga yang mendukung.
kayanya jelas deh yang dibahas mengatasi macet di jakarta, yang tiba2 nyangsang bahas macet di ibukota siapa? dirimu sendiri yang nulis.

memindahkan ibukota, salah satu sumber kemacetan bakal dipindah, ga cuma itu memang, pabrik harusnya juga mulai dipindah jangan di jakarta aja.
cuman kebanyakan masalah di daerah adalah soal keamanan, kepastian investasi.
karena yang udah settle itu di jawa (jakarta dan sekitarnya) maka berbondong bondong ke sini semua.
kalau ibukota pindah, ada pemerataan, daerah sekelilingnya juga jadi lebih kondusif dan maju.
diharapkan dari sisi kesejahteraan juga meningkat.

cha_n
28-09-2012, 06:36 PM
macet ini erat hubungannya dengan tidak meratanya kesejahteraan.
pernah pas suami ke sumatra kaget. barang mahal. bahkan barang pertanian padahal itu kampung.. jauhhhh lebih murah kampung di jawa. bayangannya biaya hidup lebih rendah ternyata ngga?

gmn mau murah, keamanannya ga ada. jam 6 malam sudah sepi. banyak penjahat malam2. gimana ekonomi mau maju. punya kolam ikan di maling, punya kebon dijarah, listrik byar pet secara parah. lebih dari di jawa.
transportasi mahal, jalan jelek, jalur kereta kacrut.

biaya hidup murah di jawa, kesempatan kejadian banyak di jawa, lebih aman di jawa. maka pada ke jawa semua. terutama jakarta .

jadi ga usah heran jakarta makin macet.

cha_n
28-09-2012, 06:48 PM
Sumitomo-HK dan Shimizu-WIKA Garap Kereta Bawah Tanah Jakarta


MRT tahap I akan menghubungkan Lebak Bulus-Kampung Bandan, Jakarta sepanjang 23,8 kilometer (Km).

Sumitomo Mitsui Construction Company (SMCC)-Hutama Karya Joint Operation dan Shimizu-Obayashi-Wijaya Karya-Jaya Construction Joint Venture dinominasikan sebagai pemenang tender pembangunan underground (bawah tanah) mass rapit transportation (MRT) DKI Jakarta senilai Rp4,5 triliun

MRT tahap I akan menghubungkan Lebak Bulus-Kampung Bandan, Jakarta sepanjang 23,8 kilometer (Km).

Direktur Utama PT MRT Jakarta Tribudi Rahardjo, mengatakan, dua konsorisum ini dipilih dari 10 konsorsium gabungan perusahaan Jepang dan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Ada dua konsorsium yang menempati urutan pertama Shimizu-Obayashi-Wijaya Karya-Jaya Construction Joint Venture untuk dua paket, sedangkan Sumitomo Mitsui Construction Company (SMCC)-Hutama Karya Joint Operation untuk satu paket," kata Tribudi dalam jumpa pers di Balaikota DKI, Jakarta, Jumat (28/9).

Dia menyatakan, total pengerjaan konstruksi MRT di Jakarta terbagi menjadi delapan paket konstruksi sipil. Rinciannya, tiga konstruksi sipil bawah tanah, tiga konstruksi sipil layang dan dua paket pengadaan sistem dan rolling stock (kereta).

Dari delapan paket tersebut, enam paket sudah dilakukan tender, yaitu tiga paket bawah tanah dan tiga paket layang. "Yang sudah sudah matang dan siap kita proses adalah tiga paket bawah tanah,” kata Tribudi

Dia berharap, pada pekan kedua Oktober mendatang perseroan sudah resmi mengumumkan pemenang kontraktor sipil tiga paket tersebut. “Ini merupakan paket besar. Pak Gubernur berpesan agar kami lebih berhati-hati. Pada tanggal 4 Oktober, kami lakukan klarifikasi para konsorsium yang menjadi nominasi setelah itu akan kami sampaikan secara mutlak," kata dia.

Pekerjaan sipil MRT sengaja didahulukan untuk tiga paket underground. Selain pekerjaan yang lebih panjang, juga tidak perlu melakukan pembebasan lahan karena dibangun di dalam tanah.

"Secara teknis waktu pengerjaan yang underground lebih panjang dari pada elevated, sehingga kan titik kritisnya ada di underground," paparnya.

Diperkirakan awal tahun 2013, baru akan dilakukan pengeboran tanah untuk pembangunan terowongan, stasiun dan jalur rel di bawah tanah.

MRT Jakarta tahap I akan membentang 23,8 km dari Lebak Bulus-Kampung Bandan, Jakarta. Sepanjang 14,1 Km dari itu akan berada di jalur terowongan bawah tanah di kedalaman 20 meter.

Pengerukan terowongan berada di bawah jalan dari Bundaran Senayan hingga Kampung Bandan kawasan Kota.






Penulis: Lenny Tristia Tambun/ Whisnu Bagus


Sumber: http://www.beritasatu.com/ekonomi/74538-sumitomo-hk-dan-shimizu-wika-garap-kereta-bawah-tanah-jakarta.html

----------------------------------------

Setelah terpilihnya Jokowi-Ahok, kok, tiba" ada proyek gini, ya ::hihi::

udah lama kok perencanaannya.
itu si kandalf bikin thread ngamuk2 soal persiapan pembangunan mrt (buat gorong2)

udah beberapa tahun

GiKu
28-09-2012, 06:55 PM
proyek ini kayaknya 1 periode dengan proyek monorail

AsLan
28-09-2012, 11:10 PM
kalo banjir gimana ya ? airnya disedot pake pompa ?

kalo pompanya mati karena jarang di service ? ::ungg::

spears
28-09-2012, 11:28 PM
kan ntar ada BKT. semua airnya dialirkan ke tanggul raksasa::ungg::

ga_genah
29-09-2012, 01:13 AM
Hitung2an untuk pekerjaan klien di Kuningan

Bila saya naik motor
tiap dua hari ngisi 1 liter bensin Rp 4500 (Premium).
Lalu parkir di jalan 1 hari seribu rupiah atau 2 ribu rupiah deh...
Jadi tiap dua hari saya cuma menghabiskan Rp 8500.

Bila saya naik kendaraan umum,
saya habis Rp 2000 ke Blok M lalu habis lagi Rp 2000.
Pulang pun juga demikian sehingga sehari saya menghabiskan Rp 8000.

Lalu ditambah para pengamen yang membuat saya merasa tidak enak dan akhirnya merogoh 1000 per pengamen dan biasanya ada dua pengamen sehingga sehari bisa 10ribu.


Praktis, jumlah uang yang dikeluarkan dalam sehari untuk angkutan umum lebih besar daripada naik motor.

Di kota Chicago di tahun 2009,
biaya parkir seharian penuh = USD 12.
Sementara biaya angkutan yang saling bersambung hingga bandara untuk tiga hari (pakai tiket yang sama) = USD 14.
Artinya biaya pengeluaran kendaraan pribadi lebih mahal nyaris tiga kali lipat. Itu belum dihitung tarif bensin.

hitung2an kayak gini nieh yg perlu
jadi wajar orang lebih sering naek motor
gimana utk mobil pribadi ndalf? kira2 brp pengeluarannya sehari?

nambah jalan bukan solusi, tingkap pertumbuhan volume jalan ama pertumbuhan jumlah mobil/motor ga sebanding
yg paling bagus bikin pengguna kendaraan pribadi itu tidak nyaman menggunakan atau mengeluarkan mobil/motor pribadinya (mahalin parkir, bikin zona bebas kendaraan pribadi (sepanjang masa, bukan hanya car free day) dll)
disaat bersamaan anggkutan umum dibuat nyaman dan banyak, dibuat armada yg bisa ngangkut penumpang masal, perluas trayek angkutannya, jumlah lampu merah dikurangi dengan cara banyakin fly offer, pengaturan lampu lalu lintas dari jarak jauh dengan memanfaatkan kamera
atau mungkin yg paling ekstrim, batasin produksi mobil dan motor

sebenarnya banyak teori, tp semuanya kembali ke kebijakan lagi...

ndableg
30-09-2012, 12:45 AM
Macet itu sebenernya biasa, dimana2 pasti macet kalo ada kecelakaan atau rush hour. Yg musti dibenerin itu kesemrawutannya. Apalagi penduduk jakarta 12 juta siang hari.

Urzu 7
30-09-2012, 12:58 AM
Ga bikin subway sekalian yah?

---------- Post Merged at 11:58 PM ----------

Ga bikin subway sekalian yah?

itsreza
30-09-2012, 01:21 AM
MRT koridor utara kan subway. cuma bagian selatan dari lebak bulus sampe
sisingamangaraja tracknya dibuat diatas permukaan tanah.

spears
30-09-2012, 02:21 AM
mungkin bisa nyontek cara orang2 Eropa ---------> http://economictimes.indiatimes.com/news/international-business/european-cities-creating-environments-openly-hostile-to-cars/articleshow/9020970.cms

kira2 terjemahannya gini :


Eropa bergerak menciptakan lingkungan kota yang tidak ramah mobil.
:
Pembangunan kota mengarah ke Kota hijau dengan udara sehat yang didukung transportasi umum yang baik.

Ketika kota kota di AS terus melakukan upaya terpadu untuk meningkatkan arus lalu lintas dan menawarkan aplikasi untuk membantu pengemudi mencari parkir, kota-kota Eropa banyak yang melakukan sebaliknya: menciptakan lingkungan yang secara terbuka memusuhi mobil. Metodenya bervariasi, tetapi misinya jelas - untuk membuat penggunaan mobil menjadi mahal dan menyengsarakan pengemudi, sehingga masyarakat menerima mode transportasi yang lebih ramah lingkungan. Kota dari Wina ke Munich dan Kopenhagen telah menutup petak besar jalan-jalan untuk lalu lintas mobil. Barcelona dan Paris mengikis jalur mobil untuk memberi ruang jalur sepeda. Pengendara mobil di London dan Stockholm membayar biaya kemacetan besar hanya untuk memasuki jantung kota. Dan selama dua tahun terakhir, puluhan kota di Jerman telah bergabung dengan jaringan nasional "zona lingkungan" dimana hanya mobil dengan emisi karbon dioksida rendah yang bisa masuk pusat kota. Pusat perbelanjaan baru dan bangunan apartemen sangat membatasi jumlah tempat parkir. Parkir ditepi jalan sudah menghilang. Dalam beberapa tahun terakhir, bahkan ibukota mobil bekas seperti Munich telah berkembang menjadi "surga pejalan. Di Amerika Serikat, ada kecenderungan untuk mengakomodasi kepentingan pengendara mobil. Di Eropa telah terjadi pergeseran lebih untuk membuat kota lebih layak huni bagi masyarakat, untuk mendapatkan kota relatif bebas dari mobil.

Badan Perencanaan Departemen Lalu Lintas kota di sini di Zurich telah berusaha untuk “menyiksa” driver. Lampu merah dipasang semakin berdekatan di jalan-jalan dalam kota, menyebabkan penundaan dan kecemasan bagi penumpang. Pedestrian underpass lebih banyak dibangun, lalu lintas tidak boleh melintasi persimpangan utama sehingga harus memutar jauh.
Jaringan trem semakin meluas di kota itu dapat mengubah lampu lalu lintas yang menguntungkan mereka. Ketika mereka mendekati persimpangan, mobil dipaksa untuk berhenti, memberi kesempatan trem jalan duluan. Sekitar Lovenplatz, salah satu kawasan tersibuk di Zurich misalnya, mobil kini dilarang di banyak blok. Jika diizinkan, kecepatan mereka terbatas pada kecepatan siput sehingga penyeberangan dan tanda-tanda melintasi dapat dihilangkan sepenuhnya, memberikan orang berjalan kaki berhak untuk menyeberang mana saja mereka suka kapan saja. Dijalan jalan itu mobil harus berbagi ruang dengan massa pejalan kaki dan pengendara sepeda. Inilah gerakan pedestrianisasi, bukan memberi kemudahan bagi driver.
Sementara beberapa kota di AS, khususnya San Francisco, telah melakukan upaya serupa, memperluas jalur sepeda dan pedestrianisasi dikawasan Market Street. Tetapi sebagian besar kawasan di Amerika Serikat belum begitu, karena sangat sulit untuk membuat orang untuk membayangkan hidup tanpa mobil.

Kota-kota Eropa umumnya memiliki insentif kuat untuk bertindak, karena umumnya dibangun sebelum munculnya mobil, jalanan sempit dan kurang pengalaman dalam menangani lalu lintas berat. Transportasi umum umumnya lebih baik di Eropa daripada di Amerika Serikat. Terlebih lagi, Negara Negara Uni Eropa negara mungkin tidak dapat memenuhi komitmen dalam Protokol Kyoto untuk mengurangi emisi karbon dioksida mereka kecuali mereka mengekang mengemudi. Amerika Serikat tidak pernah meratifikasi perjanjian itu. Secara global, emisi dari transportasi terus naik tanpa henti, dengan setengah dari mereka yang berasal dari mobil pribadi. Namun dorongan penting di balik reformasi lalu lintas di Eropa akan akrab bagi walikota dari Los Angeles belajar ke Wina: untuk membuat kota lebih menarik, dengan udara yang lebih bersih dan lalu lintas kurang .

AsLan
30-09-2012, 02:34 AM
Bedanya amerika dengan eropa, eropa itu kotanya kecil2 dan sempit. Amerika itu lebar dan luas2.

maka mobil besar laku di amerika, mobil kecil laku di eropa.

orang amerika juga kurang suka berdiri dekat2 dengan orang lain, karena terbiasa berada di ruang yg lebar.

indonesia sebetulnya punya wilayah yg luas, tapi semua pada ngumpul di jakarta...

red_pr!nce
30-09-2012, 08:16 PM
Jakarta tidak butuh gubernur untuk mengatasi kemacetan.
Jakarta hanya butuh LEBARAN untuk mengatasi kemacetan.

GiKu
01-10-2012, 10:12 AM
Jakarta tidak butuh gubernur untuk mengatasi kemacetan.
Jakarta hanya butuh LEBARAN untuk mengatasi kemacetan.

LEBARAN cuma setaon sekali

Jakarta butuh kalender dengan minimal 3 angka merah dalam 1 minggu
kalau bisa, banyak diselang-seling, biar banyak hari kejepit

startsmart
03-10-2012, 05:56 AM
mengatasi kemecatan jakarta gampanglah, tinggal sediakan aja 10.000 bus transjakarta, aku jamin, lancar jakarta ini...

MoodPecker
13-10-2012, 11:59 PM
Transmigrasi itu efektif gak sih? Dalam pikiran gw, mending dilakukan transmigrasi aja... Warga2 DKI sebagian dipindahin ke kota2 yg masih sepi penduduk. Bagi yg mau, dapat tunjangan misal sekian juta untuk membuka lapangan pekerjaan di sana. Lalu pemerintah juga fokusin pada pembangunan2 di kota2 kecil tersebut

AsLan
14-10-2012, 01:12 AM
transmigrasi kayaknya lebih mungkin kalau dari jawa ke luar jawa, orang akan tertarik karena dijanjikan akan diberi lahan senilai beberapa juta.

kalo orang jakarta dijanjikan beberapa juta untuk pindah, rasanya sulit karena income penduduk di jakarta rata2nya mungkin sudah diatas 3jt per keluarga.

(ayahnya kerja jadi buruh dengan gaji 1,5jt,
lalu istrinya buka warung atau sebaliknya si ayah ngojek dan istrinya jadi buruh, atau keduanya buruh)

kalau orang jawa yg hidupnya didesa cuma jadi buruh tani tanpa memiliki lahan sendiri, mungkin tertarik dijanjikan tanah di kalimantan atau sulawesi.

MoodPecker
15-10-2012, 11:28 PM
Emang sih... di Jkt bisa pendapatan berjuta2. Gw pernah ngobrol sama OB, dia cerita punya 3 rumah... 1 rumah untuk 1 anaknya ;D. Padahal dia 'cuma' OB, istrinya buka warung. Tapi bisa semakmur itu ya ;D.

Gw pernah baca spanduk 'dengan pembangunan jalan layang, macet akan terurai', apa itu efektif yah?

Btw, tadi jam 7 pagi aja di Tanjung Duren gw kejebak macet... padahal jam 7 pagi lo ;D. Terus tadi siang di tol gw kejebak macet ampe hampir 2 jam. Akankah macet jadi perhatian utama pemerintah DKI?

nodivine
16-10-2012, 02:10 AM
^
harus lah...
itu kan dari si kumis yang katanya ahli macet, tapi ujung ujungnya tambah parah.

percuma aja jalan layang? wong mobil ama motor aja tambah banyak?

tanjung duren lagi... jangan ditanya deh. daerah Jakarta Barat itu emang udah parah (sama kayak daerah laen sih)::doh::
biasa gw juga kalo naek bus Jakarta Grogol, udah tinggal duduk tidur aja, kaga mau liat macet dll. yg penting nyampe... ;D

Neptunus
16-10-2012, 08:22 AM
denger2 Jokowi-Ahok sbg pemerintahan baru bakal menghentikan peredaran Premium di Jakarta.
Jadi SPBU2 di Jakarta cuma jualan Pertamax.

heihachiro
16-10-2012, 10:09 AM
denger2 Jokowi-Ahok sbg pemerintahan baru bakal menghentikan peredaran Premium di Jakarta.
Jadi SPBU2 di Jakarta cuma jualan Pertamax.

menarik juga kalo beneran :-?

kan jadi "memaksa" pemilik mobil yang di/ke Jakarta untuk pake pertamax yg lebih mahal kalo mau berseliweran di Jakarta, harapannya banyak yang meninggalkan mobil pribadi dan make transportasi umum. Tentunya harus diimbangi perbaikan transportasi umumnya ya :cengir:

tapi IMO sebaiknya kalo untuk angkutan umum masih boleh premium sih

GiKu
16-10-2012, 10:19 AM
pake pertamax masih lebih murah dibanding naik angkutan umum

heihachiro
16-10-2012, 10:23 AM
^ makanya perlu diperbaiki juga angkutan umumnya :cengir:

Neptunus
16-10-2012, 10:30 AM
Paling realistis sih dan paling mudah implementasinya, ga perlu makan waktu banyak. Angkutan publik ttp pake premium, Transjakarta konvert pake BBG.

GiKu
16-10-2012, 10:41 AM
^ makanya perlu diperbaiki juga angkutan umumnya :cengir:

angkutan umum milik perusahaan2 besar sudah pada cakep2, seperti bus2 gede, taksi
mikrolet juga udah banyak yg ganti karoseri baru, udah cakep2, tinggal beberapa yg keliatan gak bagus
kopaja dan metromini masih banyak yg butut n jalurnya banyak yg samaan ama transjakarta

walaupun angkutan umum sudah diperbaiki, minat untuk pake kendaraan pribadi makin tinggi
:)

GiKu
16-10-2012, 10:42 AM
Paling realistis sih dan paling mudah implementasinya, ga perlu makan waktu banyak. Angkutan publik ttp pake premium, Transjakarta konvert pake BBG.


masih belum menjawab judul trit ini

nodivine
16-10-2012, 12:19 PM
denger2 Jokowi-Ahok sbg pemerintahan baru bakal menghentikan peredaran Premium di Jakarta.
Jadi SPBU2 di Jakarta cuma jualan Pertamax.

bakalan banyak diprotes sih itu..
mending angkutan umum aja dibenerin, ga ngetem sembarangan, trus da gitu kalau bisa motor juga, lebih ditata lagi.
pasar ga tumpah ruah ke jalan (kayak di kramat jati).

jalur busway juga lebih steril lagi.
trus tempat nunggunya dibagusin biar kaga panas lagi::doh::

kyuman
16-10-2012, 12:32 PM
angkutan umum milik perusahaan2 besar sudah pada cakep2, seperti bus2 gede, taksi
mikrolet juga udah banyak yg ganti karoseri baru, udah cakep2, tinggal beberapa yg keliatan gak bagus
kopaja dan metromini masih banyak yg butut n jalurnya banyak yg samaan ama transjakarta

walaupun angkutan umum sudah diperbaiki, minat untuk pake kendaraan pribadi makin tinggi
:)

Blum lagi supir metromini banyak supir "tembak" yg suka ugal2an dijalan, ngetem sembarangan dan ngerem seenak jidat mereka...::doh::
Banyak kepentingan kayaknya klo mau membenahi sistem angkutan umum di JKT..
Klo pemerintah mau tegas, hilangkan tuh angkot2 n metromini/kopaja yg ga jelas dgn supir yg kdg ga jelas jua..
Modal "nembak" kali waktu ngambil SIM.. Ganti sistem kejar setoran dgn sistem upah/gaji.

etca
16-10-2012, 12:35 PM
setuju ama kyuman,
sopir tembak, sopir langsiran ugal-ugalan'e sa'polllll'e ::doh::

Nowitzki
16-10-2012, 12:39 PM
kupikir sopir bus ugal2an karena
1. Polisinya gak teges
2. Sistem setoran, jadi mereka harus mencapai target
3. Persaingan ketat (terlalu banyak trayek)

yang susah tuh kali harus ngatur sistem yang udah ruwet

GiKu
16-10-2012, 02:12 PM
Blum lagi supir metromini banyak supir "tembak" yg suka ugal2an dijalan, ngetem sembarangan dan ngerem seenak jidat mereka...::doh::
Banyak kepentingan kayaknya klo mau membenahi sistem angkutan umum di JKT..
Klo pemerintah mau tegas, hilangkan tuh angkot2 n metromini/kopaja yg ga jelas dgn supir yg kdg ga jelas jua..
Modal "nembak" kali waktu ngambil SIM.. Ganti sistem kejar setoran dgn sistem upah/gaji.

beberapa minggu lalu gw naek metro mini
daripada ke dufan, naek metro mini lebih menegangkan dan jauh lebih murah
gw pegangan cukup kuat
::hihi::

kalo ngambil SIM dengan cara 'nembak', sepertinya sih nggak
coba sekali waktu youli tanya ke sopirnya, punya SIM nggak ?
kadang gw liat, sopir angkotnya aja masih anak2 seperti anak SMP

Neptunus
16-10-2012, 03:47 PM
masih belum menjawab judul trit ini

ya emang sih. Cuman, penghapusan bbm bersubsidi di Jakarta kan kebijakan yg paling realistis pelaksanaannya. Dibanding MRT yg kudu pake pembebasan lahan, bangun infrastruktur, etc. Gw juga pernah baca klo sopir2 angkutan bakal ditraining, trus dijadiin terintegrasi jalur trayeknya dgn Transjakarta. Jadi Transjakarta utk melayani jalan2 utama, metromini bwt yg jalan2 kecil. Dan sopir angkutan2 tsb bakalan digaji per kilometer jarak tempuh, biar ga ngetem

---------- Post Merged at 02:47 PM ----------

nah concernnya dinas perhubungan harusnya bukan perbanyak jalur lagi, tp lebih ke membangun rasa aman dan nyaman selayaknya kendaraan pribadi pada penumpang. How? :)

GiKu
16-10-2012, 04:35 PM
ya emang sih. Cuman, penghapusan bbm bersubsidi di Jakarta kan kebijakan yg paling realistis pelaksanaannya. Dibanding MRT yg kudu pake pembebasan lahan, bangun infrastruktur, etc. Gw juga pernah baca klo sopir2 angkutan bakal ditraining, trus dijadiin terintegrasi jalur trayeknya dgn Transjakarta. Jadi Transjakarta utk melayani jalan2 utama, metromini bwt yg jalan2 kecil. Dan sopir angkutan2 tsb bakalan digaji per kilometer jarak tempuh, biar ga ngetem



nais inpoh negh, Kop
idenya juga mantap

tapi metromini dan kopaja mau dimasukin ke mana lagi ?
kalo jalan perumahan udah ada KWK ama mikrolet yg mondar-mandir terminal--ujung kampung

mengenai sopir angkot bakal digaji per-kilometer gw masih gak mudheng
siapa yg menggaji dan gimana cara ngitung dapetnya berapa kilometer

kalo diterapkan, kayaknya menguntungkan si sopirnya juga biar gak perlu nguber setoran
kalo gw yg jadi sopir angkot, gw masuk tol dalam kota dan muter sampe 150 laps trus laporan ke pak mandor sekalian minta ganti ban

Neptunus
16-10-2012, 05:19 PM
itu bukan ide gw, tapi idenya Ahok waktu diwawancarai Tempo. Jadi thanks nya buat Ahok aja ::hihi::

kandalf
16-10-2012, 05:38 PM
bensin mahal?
kelak gak ada metromini dan kopaja?

beli sepeda merek Ducatti di SCBD seharga 64 juta saja deh.. :D

GiKu
16-10-2012, 05:45 PM
walaupun premium dan pertamax dinaikkan 10 kali lipat, metro mini dan kopaja tetap pake solar
::hihi::

Neptunus
16-10-2012, 07:23 PM
o iya kelak semua moda transportasi publik bakal dilengkapi GPS. Yang melanggar trayek dan rambu lalin bakal gampang ketahuan. Sanksinya si sopir bisa langsung dicopot klo melanggar.

itsreza
16-10-2012, 08:31 PM
ga akan ketauan semua dengan GPS, kecuali sistem tilang elektronik/E-TLE diberlakukan di semua lampu merah

danalingga
16-10-2012, 08:57 PM
Kapan hari gitu gue pernah nemu tuh bus dari ciputat yang boleh lewat jalur busway.
Lupa gue namanya, tapi keknya bagian dari integrasi busway dengan bus lain tuh.

---------- Post Merged at 07:57 PM ----------

Kapan hari gitu gue pernah nemu tuh bus dari ciputat yang boleh lewat jalur busway.
Lupa gue namanya, tapi keknya bagian dari integrasi busway dengan bus lain tuh.

cha_n
16-10-2012, 09:08 PM
Iya sekrng ada. Ddari bekasi dan ciputat nyambung bus transjakrta

itsreza
16-10-2012, 09:39 PM
feeder busway kenapa rutenya jauh, sama aja dengan trayek baru -_-

kopaja AC juga sama aja kelakuannya dengan kopaja biasa
berhenti sembarangan, asal salip. cuma beda harga dan suasana -_-

nodivine
17-10-2012, 01:23 AM
^
yah kalo gw mah yang penting isa tidur aja lah... plus lebih adem ::hihi::

AsLan
17-10-2012, 09:32 AM
Btw, bulan ini tarif parkir di mall2 udah naik loh, di ITC2 dari 2000/jam jadi 3000/jam

etca
17-10-2012, 09:40 AM
ITC mana aja Slan?
tapi bukannya orang belanja 5 jam = 15.000,- termasuk murah.
lha wong belanjaannya aja Rp. 400.000an,- minimalnya kalau yang bermobil ;D

itsreza
17-10-2012, 10:04 AM
^
yah kalo gw mah yang penting isa tidur aja lah... plus lebih adem ::hihi::
di KRL commuter walaupun padat, asal ada tempat bersandar/pegangan dan suhu AC pas bisa tidur sambil berdiri juga kok ::hihi::

startsmart
17-10-2012, 08:51 PM
ternyata apa yg aku pikirkan sejalan dengan apa yg akan dilakukan Ahok...
aku dulu berpikiran bahwa untuk mengatasi jakarta, jadikan saja angkot2 itu seperti kereta listrik... mereka beroperasi sepanjang rute hanya berhenti di tengah jalan ketika ada penumpang yang ingin naik atau turun, dan tiap2 angkot itu saling terhubung dengan angkutan umum lainnya. Jika ini terjadi, aku yakin kemacetan bisa terurai lebih berarti, soal pendapatan supir angkot, jika 1/2 penduduk jakarta dan sekitarnya memilih angkutan umum ketika hendak beraktivitas rutinnya, ya supir2 angkot itu pasti pendaptannya siginifikan.. karena angkutannya selalu penuh...

aku sering banget lihat tetanggaku hendak ke minimarket yg hanya 200 meter dari rumahnya pakai mobil, dalam hatiku, gimana tdk macet... eh.. tapi aku juga sih... kadang cuma mau beli nasi aja yg berjarak 100 meter, aku suka pakai motor... ::arg!::

---------- Post Merged at 07:51 PM ----------

baru baca di kompas, proyek MRT 15 Triliun.. ini sih proyek kafir (baca : Proyek korup)...

AsLan
17-10-2012, 10:23 PM
ITC mana aja Slan?
tapi bukannya orang belanja 5 jam = 15.000,- termasuk murah.
lha wong belanjaannya aja Rp. 400.000an,- minimalnya kalau yang bermobil ;D

Kalo sebulan cuma 1 kali pake mobil ya murah ca...

tapi kalo tiap hari pake mobil, bayar parkir mall, parkir pinggir jalan, ke mall lagi dll, sehari abis 20rb kan sebulan 600rb.
blom lagi biaya bensin, service, ganti sparepart, asuransi, pajak dan depresiasi harga mobil.

---------- Post Merged at 09:23 PM ----------

bagi yg punya mobil kelas biasa2,
total2 harus siapin uang 4-6jt/bulan kalo make mobilnya gak mikir2.

itsreza
17-10-2012, 10:48 PM
15t itu buat tahap 1 aja, totalnya kalau ga salah 40t. korupsi sih hampir d tiap proyek
kalau dikaji ulang apalagi sampai buat studi baru, trus ada delay lagi, tender ulang,
biaya proyek naik dan akhirnya ga akan beda jauh ya sama aja

AsLan
17-10-2012, 10:53 PM
Hari ini di Koran gw baca Jokowi memanggil ... (siapa ya yg dipanggil jokowi?)

jokowi bilang dia gak akan menghambat tender MRT yg sudah dilaksanakan sejak kemarin2, tapi dia mau dengar detil perencanaan proyeknya, dia mau tahu berapa biaya per kilometer, apakah wajar atau tidak.

nah semoga mereka2 yg sudah merencanakan korupsi di proyek ini (sejak jaman foke) bisa berpikir ulang dibawah kepemimpinan jokowi.

Neptunus
22-10-2012, 09:16 PM
Transparansinya sih mgkin bisa dilihat beberapa pekan kedepan. Mgkin Jokowi-ahok manfaatin youtube jg bwt ngelaporin progresnya

kyuman
25-10-2012, 02:04 PM
beberapa minggu lalu gw naek metro mini
daripada ke dufan, naek metro mini lebih menegangkan dan jauh lebih murah
gw pegangan cukup kuat
::hihi::

kalo ngambil SIM dengan cara 'nembak', sepertinya sih nggak
coba sekali waktu youli tanya ke sopirnya, punya SIM nggak ?
kadang gw liat, sopir angkotnya aja masih anak2 seperti anak SMP

Ane klo ga kepaksa ga bakal naik metromini...::doh::
Bener2 tegang dibawa supir yg ugal2an apalagi klo duduk dibangku depan samping supir...:iamdead:
Sebenernya banyak metromini yg uda ga layak jalan..
Bukannya ada peraturan uji layak jalan/emisi gitu yaa tuk metromini/angkot..

About "bocah" belasan yg uda nyupir metromini..
Memang uda pasti ga pernah ikut ujian "nembak" SIM..
Sayang pemerintah/petugas kepolisian yg berwenang seakan tutup mata akan hal ini...
masyarakat pun seakan memaklumi, hingga hal ini menjadi lumrah..
Padahal keselamatan perjalanan mereka ada dipundak supir-supir yg ga jelas ini...;D

Semoga kebijakan yg dibuat oleh rezim Jokowi-Ahok bisa memperbaiki sistem transportasi di JKT yg semrawut..
Klo transportasi massal uda nyaman dan baik seperti negara tetangga, ane bakal beralih dari kendaraan pribadi
menggunakan transportasi massal. Klo ada jalur sepeda yg aman dan ga diserobot kendaraan bermotor dari tempat tinggal ane ke
tempat kerja, ane bakal beralih bike to work...::bye::
dgn catatan: klo bangun pagi en lagi ga males tuk berkeringat..::hihi::

Alethia
25-10-2012, 03:46 PM
ngeri liat kopaja, metro mini...orang ditumpuk2 dah kek ayam ptg mau di kiloin di pasar..hiii

ndableg
25-10-2012, 05:21 PM
Hehe.. gw jadi inget waktu sekolah. Tiap pulang demennya gelantungan di pintu. Gara2 punya badan gede, kalo masuk ditengah2 musti bungkuk, lumayan setengah jam. Akhirnya bergelantungan di metro mini jadi hobi. Apalagi kita kalo pulang suka dicegat anak2 Boedoet mestik, sambil bergelantungan, maen kaki.. hehe..

Tapi pernah jg gara2 gw gelantungan, ada cewek kesenggol masuk got.. duh.. gw sempet merasa bersalah.. Taunya besok2 kenek metromin 78 (blok m - cidodol) langganan gw cerita busnya dicegat abang2nya tuh cewek.. duh...

ndableg
19-01-2013, 08:33 PM
Setelah bbrp minggu lalu lalang di jalan2 di jakarta, gw ada ide ttg penanggulangan macet di jakarta.

Pertama, ide MRT bagi gw itu total bullsh1ttt. Pertama, makan waktu terlalu lama utk dibangun, habis waktu kurang lebih 9 taun. Jadi warga jakarta dipaksa nunggu 9 taun lagi. Sedangkan macet akan tambah macet. Jadi jakarta memerlukan solusi angkutan massa yg lebih cepat.

Bus bukan merupakan solusi karena selain tambah bus artinya tambah macet, bus hanya mampu menampung puluhan orang. Sedangkan transportasi massa yg dibutuhkan harus bisa menampung lebih dari itu. Paling tidak sembari menunggu pembangunan MRT yg modern atau monorel.

Untuk ini solusinya ada 2, menurut hemat saya:

Pertama, tram. Tram memang bukan angkutan modern dan cepat, akan tetapi bisa dibikin pasti dgn menggunakan jalur hijau. Tram mampu menganggkut ratusan orang sekali jalan.
Kedua, saya sempet naek KRL jabodetabek. Sudah cukup nyaman. Kenapa gak jalur2nya dikembangkan masuk kota lebih dalam? Mau keliatan modern, ya gerbongnya aja ganti yg lebih modern. Relnya ud ada.

Kemudian masalah ke dua adalah, kemampuan mengendarai kendaraan bermotor. Saya banyak liat orang bawa kendaraan spt ga ngerti aturan2nya. Wajar aja kalo banyak kecelakaan, ato jadi macet. Orang nyerobot kanan kiri, lalu lintas mirip aliran aer. Semua space kosong di isi, entah itu dari arah kiri atau kanan. Saya yakin ga semua pengendara mengerti peraturan lalu lintas.

Spt video yg saya bikin selama liburan kemaren.

http://www.youtube.com/watch?v=eUy5MpuOV14

Solusinya, ya jelas musti diperketat kepemilikan SIM dgn ilmu2 mengendarai yg jelas. Polisi bikin razia, tanya2in soal2 lalu lintas, yg simpel2 aja. Ga bisa jawab semua, cabut sim nya!

ndableg
19-01-2013, 08:38 PM
Saran saya, menyupirlah spt pak kunderemp. Sabar.. Beliau itu spt mahluk langka di jakarta.

opi77
20-01-2013, 10:05 AM
Bus,kopaja,mikrolet,metro mini dkk harus diremajakan trus sopirnya dilatih biar mentalnya gak kaya sekarang...kalo naik angkutan umum dah nyaman banyak kok yang bakal pindah ke angkutan umum daripada naik kendaraan pribadi..

itsreza
20-01-2013, 02:36 PM
solusi murah: larang kendaraan dan buat gerakan jalan kaki untuk seluruh warga jakarta
hasil: kemacetan akan hilang dengan cepat
eksternalitas: banyak waktu terbuang dan betis warga jakarta bengkak2 ::hihi::

serendipity
21-01-2013, 10:42 AM
http://img338.imageshack.us/img338/4341/79727922.jpg


Lumayan kan cepet banget mengatasi banjir, plus viewnya cetar ::oops::

GiKu
21-01-2013, 10:57 AM
Solusinya, ya jelas musti diperketat kepemilikan SIM dgn ilmu2 mengendarai yg jelas. Polisi bikin razia, tanya2in soal2 lalu lintas, yg simpel2 aja. Ga bisa jawab semua, cabut sim nya!

kasihan yg bisu