PDA

View Full Version : Sambal-Sambal Uenak!



Nharura
21-03-2011, 06:06 PM
Sambal Mangga Muda

Bahan-bahannya

1 buah mangga muda/kuini yang belum masak (serut)
1/2 sdt terasi
5 biji bawang merah,
1 biji bwang putih
1 biji tomat
5 cabe rawit, iris tipis
gula tropicana
daun kemangi
garam secukupnya
air

Cara membuat

Ulek/haluskan bawang putih,terasi,dan beri sedikit garam, air, ulek rata,,
campur cabe rawit dengan bawang merah, gula traupicana, mangga dan kemangi, aduk rata.

Siap dihidangkan.

Nharura
21-03-2011, 06:14 PM
Sambal Nanas

Bahan
3 buah cabe merah
2 buah cabe rawit
1 siung bwang merah
1/2 bawang putih
1 sdt terasi
1/2 buah nanas, kupas, cuci garam, tiriskan.potong dadu.
air secukupmya
gula traupicana
garam secukupnya

cara membuat:
1. rebus cabe, bawang merah dan bawang putih hingga mendidih 5 menit. Angkat tiriskan lalu haluskan, masukkan gula traupicana, garam, dan terasi. aduk rata.
2.campu nanas dan bumbu cabe, aduk rata.
3. selesai, dan hidangkan.

Nharura
21-03-2011, 06:18 PM
Sambal Cibiuk Merah

Bahan:
10 buah cabe rawit merah
5 buah bawang merah
2 siung bawang putih
1 ruas jari kencur
daun kemangi
1 buah tomat merah, potong dadu.
garam secukupnya

cara membuatnya:
1. ulek kasar cabe rawit merah, bawang merah, bawang putih, kencur, dan garam. tambahkan kemangi, aduk rata.
2. hidangkan.

Kilat
22-03-2011, 01:47 AM
belum pernah bikin sambal dengan mangga atau nanas ..
mungkin saya harus mencobanya kalau memang enak .. :)
terasa sedikit aneh buat saya untuk pakai buah dan cabe sekaligus .. hehe dasarnya orang Belanda ;)

ndableg
22-03-2011, 02:48 PM
Haha. Di kantor ada kolega2 yg makan siang sambal terasi pake roti.

Agitho_Ryuki
22-03-2011, 03:53 PM
sambal terasi pake roti???
Gak bisa bayanginnya.. :D

Kilat
22-03-2011, 06:35 PM
Haha. Di kantor ada kolega2 yg makan siang sambal terasi pake roti.
orang Belanda? :-O

Nharura
23-03-2011, 12:38 AM
belum pernah bikin sambal dengan mangga atau nanas ..
mungkin saya harus mencobanya kalau memang enak .. :)
terasa sedikit aneh buat saya untuk pakai buah dan cabe sekaligus .. hehe dasarnya orang Belanda ;)

mungkin cuman bercampur rasa segar, asam, asin, manis dan pedas,, jadi lebih gurih bun,, hehe:)
tapi kalau memang tidak terbiasa,, memang sedikit anah bunda..,, jadi cobanya pelan2 ajah ya bunda...:D

Nharura
23-03-2011, 12:39 AM
Haha. Di kantor ada kolega2 yg makan siang sambal terasi pake roti.

itu cocolan Roti terbaru... :D hihi... kalau sudah sambel terasi,,makannya boleh apa saja..:))

Kilat
23-03-2011, 05:43 AM
mungkin cuman bercampur rasa segar, asam, asin, manis dan pedas,, jadi lebih gurih bun,, hehe:)
tapi kalau memang tidak terbiasa,, memang sedikit anah bunda..,, jadi cobanya pelan2 ajah ya bunda...:D
sebenarnya saya pikir itu memang enak .. hanya tidak terbiasa ..
ga takut makannya, tapi untuk masaknya ..
gimana saya tahu apakah sambal nanas saya berhasil dan rasanya baik? kalau belum pernah mencicipinya maka tidak tahu apakah hasilnya baik .. ;)

deddy
23-03-2011, 03:06 PM
sambel terasi sama ikan asin dan nasi liwet ...wow ...mantabs ........

danalingga
23-03-2011, 05:01 PM
Sambel nangka muda juga enak. Pernah nyoba cuman nggak tahu cara bikinnya.

Nharura
08-04-2011, 01:14 AM
sambel nangka muda? pasti enak,, sayang.. klw punya mag,, nangka muda sangat dilarang:(

E = mc²
08-04-2011, 01:19 AM
sambal cibiuk? :D

tonosoe
13-07-2011, 09:46 AM
Kusuka Sambal terasi dan sambel tomat

aya_muaya
13-07-2011, 04:11 PM
Sambal Mangga Muda

Bahan-bahannya

1 buah mangga muda/kuini yang belum masak (serut)
1/2 sdt terasi
5 biji bawang merah,
1 biji bwang putih
1 biji tomat
5 cabe rawit, iris tipis
gula tropicana
daun kemangi
garam secukupnya
air

Cara membuat

Ulek/haluskan bawang putih,terasi,dan beri sedikit garam, air, ulek rata,,
campur cabe rawit dengan bawang merah, gula traupicana, mangga dan kemangi, aduk rata.

Siap dihidangkan.

yang ini kah nha?
http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRKnaJG5rCe8ks8FDbeinPlR5DOQoQJ8 SLnOvAlyStKvWhdPYDx

aya_muaya
13-07-2011, 04:12 PM
Sambal Nanas

Bahan
3 buah cabe merah
2 buah cabe rawit
1 siung bwang merah
1/2 bawang putih
1 sdt terasi
1/2 buah nanas, kupas, cuci garam, tiriskan.potong dadu.
air secukupmya
gula traupicana
garam secukupnya

cara membuat:
1. rebus cabe, bawang merah dan bawang putih hingga mendidih 5 menit. Angkat tiriskan lalu haluskan, masukkan gula traupicana, garam, dan terasi. aduk rata.
2.campu nanas dan bumbu cabe, aduk rata.
3. selesai, dan hidangkan.

yang ini ya nha?
http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcROnE__1D5UhjqXnwhxOPYHfXDyNSa8F snkw3B9kS-_u8Old5zU

aya_muaya
13-07-2011, 04:12 PM
Sambal Cibiuk Merah

Bahan:
10 buah cabe rawit merah
5 buah bawang merah
2 siung bawang putih
1 ruas jari kencur
daun kemangi
1 buah tomat merah, potong dadu.
garam secukupnya

cara membuatnya:
1. ulek kasar cabe rawit merah, bawang merah, bawang putih, kencur, dan garam. tambahkan kemangi, aduk rata.
2. hidangkan.

http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTQKdM28IvPXpEN7uxgh5LcL8j1Tj9i9 0I-R-FjxGttuK1gPk-Iaw

Kingform
15-07-2011, 05:46 AM
kalo sambel oncom bikinnya gimana?
dulu pernah nyoba sekali.....rasanya enak juga

Urzu 7
17-07-2011, 04:18 PM
ga ada nyang bikinin:sad: ada yang botolan ga yah

Nharura
23-05-2013, 12:55 PM
enaknya, kalau nasi goreng temennya sambel apa ya..? sambel nanas enak kali ya

itsreza
23-05-2013, 02:04 PM
^^
pakai sambal nanas, sambal terasi enak

etca
23-05-2013, 03:50 PM
Sambal nanas apaan sih?
kok gw baru tau

#derita orang yang ga suka sambel jd ga supel ama aneka sambal ;D

Nharura
23-05-2013, 05:38 PM
ni udah kelar masaknya mba.. , masaknya mudah kok..

cabe dan bawang merah, tomat di ulek agak halus, kasih garam dan gula,
lalu goreng dengan minyak, dan masukkan potongan nanas,

belum ngerasain enaknya mba, nunggu bedug, nyoba nyicip makannya..
bareng nasgor jagung, enak gak ya, hehe.. pokoknya di coba aja,
lagi kepengen makan nanas,

rasanya gak pedas mba etcha, tapi asam manis gtu, dikit aja pedesnya^^


^itsreza: berhubung, ada yang gak bisa makan terasi, kayanya, sambel kali ini gak pake terasi::hihi::

mbok jamu
23-05-2013, 09:31 PM
Sambal nenas memang enak. Kebeneran pak mbok suka Ayam Asam Manis, jadi si mbok suka bikinken. Pernah bikin dari nenas kalengan, kurang nendang. Lalu bikin lagi pakai nenas segar yang ranum dan manis. Dengan komposisi cabe yang seimbang, manis asem pedesnya mantab, dengan nasi putih ngebul. Sedap.

tuscany
24-05-2013, 02:48 PM
Jadi ngiler ih...

Sambal terasi sih fav di rumah, tapi sambal bali juga enak tuh.

itsreza
24-05-2013, 04:30 PM
sambal terasi, bajak, ulek, balado = beli botolan

itu sambal bu rudy enak juga

ancuur
24-05-2013, 05:01 PM
kalo sambel oncom bikinnya gimana?
dulu pernah nyoba sekali.....rasanya enak juga


http://kitabmasakan.com/wp-content/uploads/2011/05/Sambal-Oncom.jpg
Bahan
100 gram oncom
8 buah cabai rawit merah
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 cm kencur
½ sdt garam
½ sdt gula pasir
Minyak secukupnya, untuk menggoreng
Tespong
Terung bulat hijau
Selada keriting

Cara membuat
1, iris-iris oncom, lalu goreng sampai matang. Angkat, sisihkan.
2. goreng cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih sampai layu. Angkat. Haluskan bersama kencur, garam, dan gula.
3. masukkan oncom goreng, haluskan sambil aduk sampai bumbu tercampur rata. Sajikan dengan lalapan mentah.

Kingform
24-05-2013, 05:07 PM
oncom nyarinya dimana? ;D

ancuur
24-05-2013, 06:59 PM
di pasar.. jgn di toko bangunan kong ::doh::

ul.malik
24-05-2013, 08:07 PM
oncom itu apa? :tanya:

etca
24-05-2013, 08:15 PM
gw cuma 2x makan oncom,
itupun gegara ada di menu katering kantor.
trus pas liat penampakan mentahnya.. jadi jiper kalau makan ::oops::

Bi4rain
24-05-2013, 10:00 PM
butuh keran nih......air liur deras klo masup sini.

ada resep sambel ijo mentah ga yang kayak di rumah makan padang? denger2 sih pake cabe ijo mentah diguyur minyak panas supaya matang, nah....campuran selanjutnya yang gw ga tau.
klo gw cicip sih kayaknya make jeruk nipis en mungkin sedikit cuka (?)

ga tau yah klo dimasak juga bareng jengki kayak sambelnya yang merah.

itsreza
25-05-2013, 12:40 AM
ribet amat itu terung bulat hijau... tulis aja leunca -_-

ga_genah
25-05-2013, 10:17 PM
Sambal Mangga Muda

Bahan-bahannya

1 buah mangga muda/kuini yang belum masak (serut)
1/2 sdt terasi
5 biji bawang merah,
1 biji bwang putih
1 biji tomat
5 cabe rawit, iris tipis
gula tropicana
daun kemangi
garam secukupnya
air

Cara membuat

Ulek/haluskan bawang putih,terasi,dan beri sedikit garam, air, ulek rata,,
campur cabe rawit dengan bawang merah, gula traupicana, mangga dan kemangi, aduk rata.

Siap dihidangkan.

astaga...
jadi ngiler dan pingin pulang... :sad:

BundaNa
26-05-2013, 05:00 PM
http://farm4.static.flickr.com/3069/3037035617_e9ac531cd0.jpg

Sambal Tempoyak


Bahan dan Bumbu dihaluskan :

4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
tempoyak durian secukupnya
3 buah cabe merah besar
cabe rawit,sesuai selera
gula pasir secukupnya
minyak goreng secukupnya


CARA MEMBUAT SAMBAL TEMPOYAK

Tumis bumbu halus sampai harum.
Tambahkan Tempoyak (seperlunya) tambahkan sedikit gula sebagai pengganti penyedap rasa.
Tumis sebentar (sekitar 2-3 menit). Angkat, sajikan selagi hangat dengan nasi putih.

http://2.bp.blogspot.com/-ESUSxxfq38w/UMfox6-brLI/AAAAAAAABXY/MF8s8s2p-jU/s320/Resep+Sambal+Tomat.jpg

Sambal Tomat

Bahan-bahan:
2 buah cabai merah besar
3 buah cabai rawit merah
4 butir bawang merah
2 buah tomat, cincang halus
1/2 sdt terasi bakar
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
25 ml air
minyak untuk menumis

Cara membuat:
1. Haluskan cabai merah besar, cabai rawit merah, bawang merah, dan terasi bakar.
2. Panaskan minyak, tumis bahan yang telah dihaluskan hingga harum.
3. Tuang air, masukkan tomat.
4. Tambahkan garam dan gula pasir. Masak hingga mengental.
5. Angkat dan sajikan.

Nharura
30-05-2013, 09:05 PM
SAMBAL GULA MERAH

http://bluberi.files.wordpress.com/2008/09/sambel-petis.jpg?w=590

bahan:
5 siung bawang putih, iris, goreng sampai kecoklatan dan harum
5 buah cabe merah
gula merah, secukupnya
kecap manis, kira2 2 sdm
air mateng secukupnya, kira2 5 sdm
garam, 1 sdt

cara bikinnya:
campur dan haluskan: bawang goreng, garam, cabe, gula merah.
campurkan kecap manis, air anget. ulek lagi.

dan sajikan dengan Cemilan enak, seperti tahu goreng, tempe goreng atau singkong goreng.