PDA

View Full Version : [Tanya] ada yang mempunyai resep gorengan ?



tukang gorengan
12-09-2012, 09:58 PM
mau cari karyawan untuk R&D buat bikin resep gorengan kira-kira di gaji berapa ya ? ada yg punya gambaran?

ul.malik
12-09-2012, 10:17 PM
:apaa:
baru tau kalo untuk gorengan ada staff RnDnya. :mikir:

danalingga
12-09-2012, 11:16 PM
Wah, kalo gue mikir sih kalo dah bisa buat resep gorangan,
banyakan pengen buka sendiri aja kali ya.

Yuki
12-09-2012, 11:32 PM
jadi gorengan itu bukan sekedar bahan campur tepung terus digoreng di minyak jelantah? ;D

perlu resep juga toh

Porcelain Doll
12-09-2012, 11:50 PM
ya iyalah, yuki...
kalo ga ada resep khusus....ga enak gorengannya ::ungg::

itsreza
12-09-2012, 11:57 PM
1. MSG
2. Minyak
3. Plastik atau sedotan

Alethia
12-09-2012, 11:59 PM
tepung instan ama adonan yg mbikin ndiri, enak mana ya
tepung kobe enak :D

AsLan
13-09-2012, 12:05 AM
kayaknya gak jauh2 pake tepung terigu yg kualitas bagus + 1-2 sendok tepung beras, trus tambahin banyak micin/royco ::hihi::

gak usah gaji orang secara khusus, panggil tukang gorengan pinggir jalan yg dagangannya rame, bayarin 2jt minta dia demoin teknik + resepnya.

Alethia
13-09-2012, 12:34 AM
aku suka cireeng..cireng yg dijual di abang2..entah gmn cara bikinnya

Yuki
13-09-2012, 12:44 AM
gorengan yg terenak tetap......comro

sayang yg jualan di depan komplek gak ada comronya :(

alilabel
13-09-2012, 12:45 AM
mau cari karyawan untuk R&D buat bikin resep gorengan kira-kira di gaji berapa ya ? ada yg punya gambaran?
Kalau bisnis makanan seperti ini di Jakarta yg manusianya berjubel, chiefnya sebaiknya satu, tapi penjualnya yg dibanyakin... ini sanagt efektif meraih untung besar, sebab si penjual jika ia punya modal sendiri, ia akan kesulitan jualan yg sama karena ketidatahuan resep, chiefnya aja yg di bayar paling mahal, kalau penjualnya UMR aja.. aku coba mau nerapain ini, tetapi belum ada modal, suatu hari nanti kali ya... :D

kalau soal resep, sebaiknya beli aja buku2 resep yg ada di toko buku... semua itu kan udah uji di coba seblum di terbitkan.. nah baru deh lakukan eksperimen.. nah, hasilnnya nanti jangan di ujikan ke lidah orang miskin, sebab orang miskin terbiasa makan apa adanya, lidahnya jadi kurang peka terhadap mana makanan yg enak mana makanan yg tdk enak... tetapi kalau lidah orang kaya, dia udah terbiasa makan-makanan yg enak, begitu kena rasa yg tdk enak.. langsung lidahnya mengetahuinya... kecuali orang kaya itu pelit ya.. biasanya lidahnay sama juga dengan orang miskin.. susah bedakan makanan yg enak, maklumlah.. pelit.. uangnya lebih banyak untuk tabungan dari pada menikmati hidup.. :D

Yuki
13-09-2012, 01:06 AM
euh.....kalo untuk testing the water eh gorengan ya ke orang terdekat aja

alilabel
13-09-2012, 01:18 AM
justru harus di coba ke orang yg tdk dikenal, karena penilaiannya lebih objektif...

etca
13-09-2012, 02:23 AM
gorengan yg terenak tetap......comro

sayang yg jualan di depan komplek gak ada comronya :(

sori kalau pernah dibahas ya..
itu comro apaan?
persimpangan antara misro dan combro? ;D

tukang gorengan
13-09-2012, 08:42 AM
jualan gorengan perlu R&D juga la wong KFC, McD juga jualan gorengan ayam to ?... aku ra mau jualan e begini-begini saja , maunya biar ada perkembangan , ini juga lagi riset cara buat gorengan yg di terima oleh selera pasar global neng,jang sapa tau bisa exspor ,,,,,::hihi::

Yuki
13-09-2012, 09:26 AM
etca: yg bener itu comro, oncom dijero, b-nya gak ada

justru harus di coba ke orang yg tdk dikenal, karena penilaiannya lebih objektif...
bukan sesuatu hal yg prinsipil, justru yg paling penting itu dirasakan sendiri, pake lidah sendiri, baru ke orang lain

Alethia
13-09-2012, 11:16 AM
Expor gorengan? Waw ide cemerlang yah. Tp gorengan kalau bermalam kan suka udh melempem...atw jual gorengannya di luar negri, pake gerobak abang2. :D gw dl pernah ngajak bule beli pisang goreng di pgr jalan, mau tuh mereka...hepi2 aja.

GiKu
13-09-2012, 11:26 AM
bukan sesuatu hal yg prinsipil, justru yg paling penting itu dirasakan sendiri, pake lidah sendiri, baru ke orang lain

bisa masuk lampu merah
bunuh diri pake gorengan yg dioplos

Yuki
13-09-2012, 11:43 AM
lah, mau bikin makanan yg bener atau gimana? ;D

GiKu
13-09-2012, 11:49 AM
bikin yg bener dong

gw ikut monitor trit ini degh
biar dapet bocoran resep

kalo bikin gorengan sendiri, kalo udah adem langsung keplek2
beda banget ama hasil karya tukang gorengan

opera
13-09-2012, 12:04 PM
biar tetap renyah
1. goreng dengan minyak yang banyak, klo bisa makanan tenggelam dalam minyak
2. tiriskan gorengan tersebut atau diletakan pada tisu penyerap minyak

GiKu
13-09-2012, 12:07 PM
^
udah pera
cuma emping ama kerupuk yg bisa tahan lama
::hihi::

Alethia
13-09-2012, 11:02 PM
tadi makan gorengan..krn enget thread ini
skrg sakit tenggorokan..hiks..knp gitu ya

Yuki
13-09-2012, 11:14 PM
^
makannya terlalu cepat mungkin? Jadi tenggorokannya itu kaget

Alethia
13-09-2012, 11:29 PM
gt ya
btw, biji bangka kalo di grg itu enaaak banget
direbus dl biar ga gatel n lembut..terus digrg..mhhhhh yumm

etca
14-09-2012, 12:08 AM
minyaknya jelantah kali..

btw gw punya rengginang terasi yang belum digoreng nih ;D

RAP
14-09-2012, 01:16 AM
Kalau boleh tau bahan yg mau digoreng apa ya?
Soalnya beda bahan beda pengolahan dan beda tepung n campuran tepungnya
ada yg perlu dua kali dilumurin tepung ada yg sekali
ada yg perlu pake telor ada yg ngak
Ada yg pake tepung sagu, kanji, terigu n tepung beras
biasa di mix tepungnya.... baru mantap::hihi::

So........... mau goreng apa nih....
ntar kubagi resep deh....

AsLan
14-09-2012, 01:45 AM
Kalau boleh tau bahan yg mau digoreng apa ya?
Soalnya beda bahan beda pengolahan dan beda tepung n campuran tepungnya
ada yg perlu dua kali dilumurin tepung ada yg sekali
ada yg perlu pake telor ada yg ngak
Ada yg pake tepung sagu, kanji, terigu n tepung beras
biasa di mix tepungnya.... baru mantap::hihi::

So........... mau goreng apa nih....
ntar kubagi resep deh....

boleh dong, resep bakwan yg enak gimana RAP ? ::cabul::

RAP
14-09-2012, 11:47 AM
^
Bakwan yg kubuat biasanya agak garing, bahannya

Kol diiris tipis secukupnya
wortel diiris tipis secukup
tepung terigu n tepung beras perbandingannya 3:1 secukupnya
(3sendok terigu 1 sendok tepung beras)
Kalo pingin lebih keras perbandingannya 2:1 (biasanya klo pingin pake telor)
Garam secukupnya
merica secukupnya
penyedap rasa vegetarian (dr jamur) 1/2 sendok teh

Berhubung bukan chef jadi khusus untuk banyaknya tepung dikira kira aja ya::hihi::

Cara memasak

Kol wortel n bumbu dicampur kemudian masukkan tepung
aduk rata sambil di beri air secukupnya( jgn tepung diairin dulu br bahan yg masuk ya)
adonan di buat mengental
trus digoreng
Cara gorengnya adonan di taro di kuali 2 cm diatas minyak nanti dia akan turun sendiri
jadi posisi adonan 1/2 diminyak 1/2 ngak kena minyak (bingung cara jelasinnya)
Biasakan dlm membalik gorengan hanya satu kali saja
jadi kalo sisi yg satunya sdh agak kering baru dibalik
setelah warna kuning keemasan diangkat

Jadi deh....
Selamat mencoba ya Aslan::bye::

Geminga
14-09-2012, 12:03 PM
Sepertinya harus belajar dari mahasiswa ini ya, yang bisnis gorengan beromzet ratusan juta per bulannya:
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/07/19/13345625/Riyadh.Jutawan.Muda.Berkat.Bisnis.Gorengan

::maap::

ndugu
14-09-2012, 12:45 PM
Sepertinya harus belajar dari mahasiswa ini ya, yang bisnis gorengan beromzet ratusan juta per bulannya:
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/07/19/13345625/Riyadh.Jutawan.Muda.Berkat.Bisnis.Gorengan

::maap::
artikel bagus kok :cengir:
seneng saya baca cerita anak muda sukses gini

cerita itu rada ngingetin saya dengan temen sekolahku dulu. nih orang lulusan LN hasil beasiswa, titel insinyur. skarang kalo ditanyain apa kerjaannya, dia jawabnya tukang jual pisang goreng. dan ternyata memang bener dia buka bisnis sendiri di jakarta jual pisang goreng, awalnya ya kecil2an, dan skarang saya denger udah gede. laku banget katanya. bahan pisangnya juga di"impor" dari kampungku, dan itungannya pake kotainer ya, jadi bayangin aja seberapa gede bisnisnya ::elaugh::

lucu juga ngeliat arah hidup manusia, yang kadang2 ga disangka2.

youngblue
14-09-2012, 03:30 PM
Jadi jualan gorengan bisa berpenghasilan lebih besar dari karyawan pertambangan minyak ya.....?

GiKu
17-09-2012, 12:07 PM
gorengan kan pake minyak
jadi yg si tukang minyak dapet duit dari tukang gorengan
::hihi::

Yuki
17-09-2012, 06:25 PM
^
hmm.....boleh juga nyambungnya ;D

Porcelain Doll
17-09-2012, 11:03 PM
gt ya
btw, biji bangka kalo di grg itu enaaak banget
direbus dl biar ga gatel n lembut..terus digrg..mhhhhh yumm

biji bangka apaan ya? :tanya:

Yuki
18-09-2012, 02:56 AM
....biji nangka kali

cmiiw

etca
18-09-2012, 03:23 AM
biji nangka bukannya keras ya?::ungg::

Yuki
18-09-2012, 03:39 AM
makanya direbus dulu, gitu sih kata alethia ;D

cek aja langsung ke dia, siapa tahu maksud dia mungkin memang biji bangka

GiKu
18-09-2012, 12:10 PM
biji nangka emang keras
tapi kalo ud direbus, jadinya empuk
enak kok

beda lagi dengan biji bangka
cara mengolah biji bangka, masih jadi rahasia si engkong
::hihi::

silverjade
19-09-2012, 11:12 AM
blum pernah nyoba biji nangka goreng....paling direbus doang. Ide bagus, jadi pengen nyoba kalo pas banyak biji nangka :)
Btw alethia, mungkin banyak MSGnya tuh gorengan makanya tenggorokan jadi berasa kering

@RAP: penyedap rasa dari jamur maksudnya gimana, emang ada yang udah jadi atau si jamur itu kita potong2? *pengen nyoba resepnya tapi menghindari MSG*

RAP
19-09-2012, 12:57 PM
^
Penyedap rasa dari jamur biasanya dijual di pasar....udah berbentuk bumbu
Atau kalo susah nyari di total or all fresh ada kok....
Biasa dikonsumsi para vegetarian...
Tapi untuk resep bakwan diatas ngak pake juga udh enak kok....wortelnya aja ganti yg import jadi rasa manisnya didapat dari wortel....
Selamat mencoba...

tuscany
20-09-2012, 12:10 AM
Temanku kalo bikin bakwan sayur airnya dikit banget terus didiemin adonannya beberapa lama sampe sayurannya ngeluarin air sendiri. Kalo aku sih nggak sabar jadi airnya banyakan. Kekentalan adonan ini kalo salah, terlalu sedikit bakwannya nggumpal, terlalu banyak adonannya encer jadinya terlalu tipis dan suka kegaringan.

desah_angin
21-09-2012, 07:38 PM
Kaldu jamur gak semua jual. Biasanya di toko bahan dapur tertentu.
Gue pake merk Totole. Enak, gurih, gak kalah sama micin. Pada dasarnya sama2 dari asam glutamat