PDA

View Full Version : lagi panas2nya, memberi hormat saat Bendera dikibarin, Malah diketawain, ck ck ck....



Ray Surya
19-08-2012, 03:55 PM
JOMBANG - Seorang buruh bangunan yang sedang bekerja di atas menara setinggi 50 meter spontan menghentikan pekerjaannya dan memberi hormat saat Bendera Merah Putih dikibarkan.

Sayangnya, aksi kuli bangunan itu justru ditertawakan peserta upacara HUT ke-67 RI di Alun-Alun kota Jombang, Jawa Timur. Upacara tingkat kabupaten itu diikuti ribuan peserta. Upacara dimulai sejak pukul 09.00 WIB.

Saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan, bersamaan dengan pengibaran bendera, seorang buruh bangunan berdiri dan hormat bendera.

Posisi menara tepat di depan peserta upacara. Kontan saja aksi buruh bertelanjang dada itu membuat para peserta upacara, yang dipimpin Bupati Jombang, Suyanto, tertawa terpingkal-pingkal.

Entah apa maksud peserta upacara menertawakan aksi pekerja yang tengah menyelesaikan pengerjaan menara masjid itu, namun bagi mereka hormat bendera di atas menara merupakan pemandangan aneh. Apalagi, sikap buruh bangunan tersebut berdiri sempurna.

Upacara berakhir sekira pukul 10.00 WIB.
(Sindo TV / Mukhtar Bagus / ton)
http://surabaya.okezone.com/read/2012/08/17/521/679189/kuli-bangunan-hormat-bendera-di-menara-ditertawakan
http://img.okeinfo.net/content/2012/08/17/521/679189/Xa52J6LsvR.jpg


--------------------------------------
di manapun kita berada dlm keadaan apapun.. kita wajib menghormati, melindungi & membela MERAH PUTIH..
walau merah putih hanya sehelai kain tp makna & pengorbanan yg terkandung di dalamnya tidak cukup di tulis di jutaan meter kain....
bajeengan yg udah pada ngetawain pria terhormat itu.
miris, tukang bangunan aja tau gmn menghargai gmn sulitnya mengibarkan bendera dgn bebas sperti saat ini, bisa2nya tuh yg pd ikut upacara yg notabene lbh berpendidikan malah ngetawain.

Peserta yg ngetawain: ikut upacara karena undangan, perintah & jaim doank.
Kuli bangunan di atas: panggilan hatinya sebagai bangsa Indonesia lah yang memanggilnya untuk selalu menghormati benderanya.
sedang puasa, siang bolong kepanasan sampai lepas baju tetap hormat sikap sempurna

heihachiro
19-08-2012, 04:03 PM
jadi inget filmnya Bo Bo Ho yg kalo diperdengarkan lagu kebangsaan harus berdiri menghormat, sampe2 pas lagi di WC diisengin disetelin lagu kebangsaan ::hihi::

BundaNa
19-08-2012, 04:37 PM
Yang diketawain bukannya sikap nasionalis si tukang bangunan yg hormat bendera, mon. Sekarang hormat bendera dengan telanjang dada, lazim gak? Di indonesia kan biasa, yg dianggap ga lazim jadi bahan gunjingan, hinaan ato celaan -_-

beastmen85
19-08-2012, 04:39 PM
gw klik thx ray :ngopi:

MoodPecker
20-08-2012, 01:14 AM
Semoga orang tersebut gak kapok untuk menunjukkan sifat2 nasionalismenya di depan umum. Hormat bendera kok ditertawain?

Alip
20-08-2012, 02:47 AM
Saya lakukan hal yang sama ketika suatu sore lewat di depan sekolah yang sedang upacara bendera beberapa tahun lalu... sayangnya, itu gara-gara teman yang warga negara Swedia mendadak berhenti berjalan, menurunkan jinjingan di tangan, dan langsung sikap sempurna ketika merah putih sedang diturunkan, akhirnya saya ikut-ikutan... banyak juga sih yang senyum-senyum aneh...

Sesudah selesai dia celingukan, "kenapa orang-orang terus aja lewat, apa mereka nggak hormat ke benderanya sendiri?"

Saya cuma nyengir kayak keledai ditendang...

Ray Surya
20-08-2012, 02:06 PM
http://img585.imageshack.us/img585/5486/pelecehanbangsaxx.jpg

Parameswara Li
20-08-2012, 09:14 PM
http://img585.imageshack.us/img585/5486/pelecehanbangsaxx.jpg



UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 24 TAHUN 2009 2009
TENTANG
BENDERA, BAHASA, DAN LAMBANG NEGARA,
SERTA LAGU KEBANGSAAN


Pasal 24

Setiap orang dilarang:

a. merusak, merobek, menginjak-injak, membakar, atau melakukan perbuatan lain dengan maksud menodai,
menghina, atau merendahkan kehormatan Bendera Negara;
b. memakai Bendera Negara untuk reklame atau iklan komersial;
c. mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam;
d. mencetak, menyulam, dan menulis huruf, angka, gambar atau tanda lain dan memasang lencana atau benda apapun pada Bendera Negara; dan
e. memakai Bendera Negara untuk langit-langit, atap, pembungkus barang, dan tutup barang yang dapat
menurunkan kehormatan Bendera Negara.


Pasal 67

Dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp100.000.000,00 (seratus juta rupiah), setiap orang yang:

a. dengan sengaja memakai Bendera Negara untuk reklame atau iklan komersial sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 huruf b;
b. dengan sengaja mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam sebagaimana
dimaksud dalam Pasal 24 huruf c;
c. mencetak, menyulam, dan menulis huruf, angka, gambar atau tanda lain dan memasang lencana atau benda apapun pada Bendera Negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 huruf d;
d. dengan sengaja memakai Bendera Negara untuk langitlangit, atap, pembungkus barang, dan tutup barang yang dapat menurunkan kehormatan Bendera Negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 huruf e.

BundaNa
20-08-2012, 09:21 PM
Usut...usut...siapa yang berbuat menghina bendera negara, laporkan!

choodee
20-08-2012, 09:25 PM
wah itu pasti anak2 smp alay yang suka kena strap karena telat upacara hari senin

gw salut sama bapak2 tukang bangunan itu, gw sendiri pas sekolah dulu pas upacara bendera hormatnya ga sigap karena masih suka ngantuk, jadi malu >_< tapi harusnya para pns itu ya jangan ngetawain, kalo gw jadi mreka gw malu sih~

TheCursed
20-08-2012, 09:27 PM
http://img585.imageshack.us/img585/5486/pelecehanbangsaxx.jpg

Alay. What do ya' expect ?

Ngacungin satu jarinya pun gue yakin ngga' ngerti arti dan maksudnya apa. Sekedar biar keliatan keren, 'berani', 'pemberontak', 'melawan arus', 'anti-kemapanan'... posers ... :ngopi:

Alethia
20-08-2012, 09:53 PM
mungkin diketawain krn lucu aja, tiba2 muncul dari atap gedung dgn telanjang dada...bukan ketawa melecehkan
tolong bedakn permisaaah
:D

Yuki
20-08-2012, 10:12 PM
jawabannya: karena yg bertelanjang dada itu tidak seganteng tom cruise

red_pr!nce
21-08-2012, 06:53 AM
Mereka mungkin menertawakan kelakuan orangnya yang hormat bendera sambil telanjang dada di atas gedung, bukannya menertawakan sikap hormat dia terhadap bendera.

::ngakak2::

ishaputra
21-08-2012, 07:10 PM
Saya lakukan hal yang sama ketika suatu sore lewat di depan sekolah yang sedang upacara bendera beberapa tahun lalu... sayangnya, itu gara-gara teman yang warga negara Swedia mendadak berhenti berjalan, menurunkan jinjingan di tangan, dan langsung sikap sempurna ketika merah putih sedang diturunkan, akhirnya saya ikut-ikutan... banyak juga sih yang senyum-senyum aneh...

Sesudah selesai dia celingukan, "kenapa orang-orang terus aja lewat, apa mereka nggak hormat ke benderanya sendiri?"

Saya cuma nyengir kayak keledai ditendang...

Sebenernya "nasionalisme" juga gak perlu lebay kayak begitu. Jangan terjebak pada simbol-simbol, baik itu simbol agama maupun simbol negara. Yang biasa-biasa aja. Saya sendiri tidak pernah mensakralkan simbol-simbol, baik itu simbol negara apalagi simbol agama. Lucu dan dangkal aja kayaknya kalo ada "benda" disakralkan.

beastmen85
21-08-2012, 07:19 PM
emg bener sih kata isha.
tp meski begitu eke tetep salut ma bapak2 yg berjiwa nasionalis itu ::hihi::

AsLan
21-08-2012, 07:47 PM
Sebenernya "nasionalisme" juga gak perlu lebay kayak begitu. Jangan terjebak pada simbol-simbol, baik itu simbol agama maupun simbol negara. Yang biasa-biasa aja. Saya sendiri tidak pernah mensakralkan simbol-simbol, baik itu simbol negara apalagi simbol agama. Lucu dan dangkal aja kayaknya kalo ada "benda" disakralkan.

kalo benda2 tidak perlu disakralkan, kenapa para alay itu dengan sengaja menghina bendera ?

sama seperti cerita tentang orang yg menginjak kitab suci untuk menyampaikan pesan bahwa kitab suci hanya benda mati yg tak perlu disakralkan,
kalau ditanya balik pasti dia gak bisa jawab, "kalo kamu percaya kitab suci hanya benda mati biasa, kenapa harus repot2 menginjak2nya dengan sengaja ?"

itu tiang listrik juga benda mati, kenapa gak diinjak2 ?
foto ibumu juga benda mati, kenapa gak dihina2 ?

Sama seperti orang atheis yg mati2an melawan konsep ketuhanan, kalo dia percaya Tuhan tidak ada kenapa musti repot2 melawan ?

maka menurut saya, yg lebay itu justru orang yg tindakannya terlalu berlebihan, tidak sesuai dengan proklamasi kata2nya.

kalo menurut anda bendera itu tidak penting ya gak usah membahas bendera dan gak usah menghina bendera.
orang yg menghina bendera pasti karena dia tahu bahwa bendera itu sebuah benda dengan konsep yg penting, maka dia sengaja menghinanya, bikin foto, bangga dan merasa dirinya hebat karena hal itu.

Giultene
21-08-2012, 08:18 PM
Sebenernya "nasionalisme" juga gak perlu lebay kayak begitu. Jangan terjebak pada simbol-simbol, baik itu simbol agama maupun simbol negara. Yang biasa-biasa aja. Saya sendiri tidak pernah mensakralkan simbol-simbol, baik itu simbol negara apalagi simbol agama. Lucu dan dangkal aja kayaknya kalo ada "benda" disakralkan.

saya pernah berkunjung ke pulau duyung kalo ga salah untuk berkemah. disitu juga ada pelatihan AL kalo saya ga salah inget. di sana ada beberapa kali apel untuk menaikkan dan menurunkan bendera merah putih. waktu apel dilaksanakan, semua penghuni pulau itu menghentikan kegiatannya dan hormat ke bendera. jangan bilang gara2 mereka AL makanya harus melakukan ritual ini. hal itu menunjukkan kalau mereka menghormati dan menghargai bendera negaranya. makanya saya ga heran sama tindakan buruh di berita ini.

BundaNa
21-08-2012, 08:39 PM
Sebenernya "nasionalisme" juga gak perlu lebay kayak begitu. Jangan terjebak pada simbol-simbol, baik itu simbol agama maupun simbol negara. Yang biasa-biasa aja. Saya sendiri tidak pernah mensakralkan simbol-simbol, baik itu simbol negara apalagi simbol agama. Lucu dan dangkal aja kayaknya kalo ada "benda" disakralkan.

Lalu menurutmu ketauan orang nasionalisme kayak gimana? Trus lo merasa nasionalisme parameternya dari mana? Trus kalo lo ga percaya agama atau Tuhan kenapa lop ribut banget ngurusin urusan orang?

Tanya kenapa? ::ngopi::

Alip
21-08-2012, 08:45 PM
Sebenernya "nasionalisme" juga gak perlu lebay kayak begitu. Jangan terjebak pada simbol-simbol, baik itu simbol agama maupun simbol negara. Yang biasa-biasa aja. Saya sendiri tidak pernah mensakralkan simbol-simbol, baik itu simbol negara apalagi simbol agama. Lucu dan dangkal aja kayaknya kalo ada "benda" disakralkan.

Masalahnya konsep-konsep yang abstrak memang kita kejawantahkan ke dunia ini dalam bahasa simbol dan analogi, itu membuat kita bisa memahami hal-hal abstrak secara lebih praktis, memang begitulah cara otak kita bekerja. Meski salah besar kalau kita menyakralkan simbol, tapi adalah kebodohan dan pengabaian jika kita mengabaikan manfaat simbol dan ritual dalam kehidupan kita sehari-hari.

Misalnya,
saya terbiasa untuk menyentuhkan senjata tajam (pisau, keris, golok atau pedang) ke kening sebelum mencabutnya. Sebagian orang menganggap ini musyrik, tapi bagi saya ini adalah simbol dari disiplin dan pengendalian diri, karena mereka adalah senjata pembunuh yang berbahaya. Bayangkan berhadapan dengan orang yang dengan mudah dan serampangannya mencabut senjata tajam di jalanan?

Begitu pula dengan bendera. Siang ini saya baru menurunkan bendera merah putih dari halaman, dan sebelum melepas tiangnya saya memberi hormat dulu, meskipun tidak ada orang yang melihat. Yang saya hormati adalah kakek saya yang dulu turut bertempur melawan Belanda, para hakim jujur yang saat ini sedang sibuk memerangi korupsi, para polisi yang mengatur lalu lintas sampai paru-paru mereka kena infeksi, dan sekian banyak warga negara lain yang berkontribusi bagi jalannya negeri ini... bukan sehelai kain berwarna itu.

... yang menganggap hubungan intim dengan istri/suami-nya tidak sakral dan tidak menyimbolkan apapun angkat tangaaaaaannnnnnn......... ::bye::::bye::::bye::::bye::
::hihi::

BundaNa
21-08-2012, 08:51 PM
^itu kan simbol kasih sayang dan proses reproduksi. Meski bisa dengan inseminasi, tapi kan ga asik ::ngakak2::