PDA

View Full Version : isi lengkap ceramah rhoma irama terkait isu SARA



jaga_manis
09-08-2012, 08:20 PM
"Memilih pemimpin bukan hanya soal politik, tapi sudah termasuk ibadah(baca ayat) hai orang-orang yang beriman jangan sekali-sekali kau mengangkat pemimpin dari orang-orang kafir disamping orang-orang yang beriman (ayat lagi) kalau memilih pemimpin yang non muslim maka sanksinya adalah mendapat azab dari Allah SWT, diperbolehkan menggunakan yang namanya SARA diperbolehkan oleh yang namanya dewan pembina KPU Prof DR Jimly Ashidiqie kenapa? karena ini zaman keterbukaan karena ini zaman demokratisasi tidak boleh ada yang ditutup tutupi rakyat umat harus dijelaskan siapa calon pemimpin mereka, maka SARA dibenarkan.

Dalam hal ini ada 2 kandidat kita, buka siapa kandidat ini biar umat mengerti biar umat tahu. yang pertama Fauzi Bowo dan Nachrowi. Fauzi Bowo Gubernur dan Nachrowi Wakil Gubernur, Fauzi Bowo Muslim, Nachrowi Muslim, Fauzi bowo Betawi, Nachrowi Betawi. Harus jelas ini jaman keterbukaan calon kedua, Jokowi sama Ahok. Jokowi Muslim tapi orangtuanya Kristen, suku bangsanya jawa. Ahok suku bangsanya Cina, Agamanya Kristen. ini harus dijelaskan bahwa siapa pemimpin agar kita memilih pemimpin tdak seperti beli kucing dalam karung.

Waktu tahun 72 saya pergi ke Singapura untuk mengikuti Asean Pop Festival. Dan juara Pop Singer Asia Tenggara adalah Rhoma Irama. Di sana saya ngobrol-ngobrol, saya diminta tolong sampaikan hati-hati bahayanya salah Gubernur saya khawatirkan Jakarta jadi Singapura-nya Indonesia. Dulu Singapura ini wilayah Malaysia tapi setelah dikepung secara ekonomi dikuasai secara politik maka Singapura memisahkan diri menjadi negara sendiri. Negara yang tadinya wilayah melayu jadi negara Cina dari negara Muslim menjadi negara Kristen, Innalillahi.

Saya tahun 72 sudah diingatkan oleh Tengku Ghazali Ismail, kasih tahu orang Islam hati-hati. Maka ketika sekarang terjadi saya merinding jangan-jangan sinyalemen dari Ghazali Ismail sebentar lagi akan terjadi kalau umat Islam tidak bersatu kalau umat Islam tidak menyadari hal in, bukan mustahil sinyalemen Ghazali Ismail akan terjadi. Karena yang namanya Jokowi ini hanya batu loncatan saja. Oke ia menyelesaikan beberapa periode sebagai gubernur tapi setelah beliau siapa yang jadi Gubernur? Ahok? kalau sudah Ahok yang seorang non-pribumi menjadi Gubernur di Jakarta, Ibukota Indonesia maka martabat bangsa tergadaikan citra binasa tercabik-cabik. kalau sudah seorang Kristen memimpin Ibukota Jakarta negara yang mayoritas Muslim ini, maka umat Islam menanggung aib besar di mata dunia internasional, Inalillahi.

Saya tahu banyak umat Muslim yang mengidolakan Jokowi, saya tahu betul? Karena memang beliau orangnya, menurut mereka dia sabar, santun, ini, itu, idola banget deh, tapi inget Jokowi hanya batu loncatan nanti yang berkuasa adalah Ahok yang non-muslim, Ahok yang Cina, Ahok yang Kristen, Inalillahi, Naudzubillah Min dzalik.

Sekedar ini yang bisa saya sampaikan mohon nanti disampaikan pada semua umat Islam yang tidak hadir di sini kepada saudara kita, teman-teman kita, tetangga kita, pengalaman saya di Singapura tolong disampaikan jangan sampai tragedi di Malaysia, Singapura menjadi negara sendiri, jadi negara Cina, yang negara kafir. Semoga Jakarta dilindungi Allah SWT dari cengkraman non-pribumi dari cengkraman kafir, Amin Ya Robbal Allamin."

sedgedjenar
09-08-2012, 08:26 PM
Hoax nih
Masa gak ada satupun kata-kata.... : terlaluh!

:run:

AsLan
09-08-2012, 11:19 PM
menyedihkan.

ul.malik
09-08-2012, 11:30 PM
Terlalu blak-blakan.
Bahkan untuk kalangan sendiri.

etca
09-08-2012, 11:36 PM
Dipindah ke Perilaku Umat yah ::bye::

Nowitzki
10-08-2012, 12:04 AM
valid gak nih?

porcupine
10-08-2012, 12:17 AM
T e r l a l u

DH1M4Z
10-08-2012, 12:19 AM
Hak warga negara Indonesia untuk mencalonkan diri dijamin konstitusi kok.
Orang Kristen di Indonesia ada yang pernah jadi :
- gubernur BI
- panglima ABRI
- menteri keuangan
- menteri lainnya

Ada semboyan: mulutmu harimaumu, jadi kita tunggu hasil penyelidikan panwaslu terhadap bung rhoma.

Eh, kalau gak salah Gedung Putih pernah memberikan penjelasan agama yang dianut Obama karena ada di masuarakat sana berkembang rumor / kecurigaan juga yah?

E = mc²
10-08-2012, 05:37 AM
Kok saya merasa aneh ya. kalo valid ini omongan bang Haji, kenapa ada kekhawatiran Jakarta bakal misahin dr Indonesia (dg ngambil contoh Singapur yg misah dr Malasyia). Terus, bang Haji juara Pop Singer, bukannya dia dangdut singer *digetok

sedgedjenar
10-08-2012, 06:08 AM
Kok saya merasa aneh ya. kalo valid ini omongan bang Haji, kenapa ada kekhawatiran Jakarta bakal misahin dr Indonesia (dg ngambil contoh Singapur yg misah dr Malasyia). Terus, bang Haji juara Pop Singer, bukannya dia dangdut singer *digetok

udah ngetik-ngetik bagus dan lucu, eh dibisikin suruh apus
katanya, jangan ikutan omongin rhoma

::hihi::

danalingga
10-08-2012, 07:16 AM
Ter...la...lu ;))

---------- Post Merged at 06:16 AM ----------


Eh, kalau gak salah Gedung Putih pernah memberikan penjelasan agama yang dianut Obama karena ada di masuarakat sana berkembang rumor / kecurigaan juga yah?

Sepertinya sih iya. Walau U.S. teleh menembus sekat diskriminasi warna kulit,
tapi sepertinya belum menembus sekat agama (terutama terhadap Islam).

jaga_manis
10-08-2012, 07:47 AM
TO ALL, isi ceramah itu valid, video nya banyak beredar di masyarakat, tv one pernah memutar dalam program berita nya, ibunya jokowi sdh memaafkan kesalahan rhoma,tapi rhoma malah gak mau minta maaf, lucu nya lagi foke cs bela pedangdut yg ngaku ulama tersebut, hadddehhh

pasingsingan
10-08-2012, 08:16 AM
hroma irama :gebuk:

Nharura
10-08-2012, 10:00 AM
Terlalu Angkuh dan Sombong. islam itu gak seperti itu.

Jika benar, Tidak etis berbicara seperti itu, tidak ada akhlak. Orang Non Muslim didlm islam harus dijaga kehormatannya, selama berada di negara yg mayoritasnya Islam.

Seperti Khalifah Abu Bakar,beliau dulu non muslim,tapi Rasulullah SAW tidak pernah menghakimi apalagi melecehkan orang yg non muslim,malah beliau jaga kehormatannya ketika orang non muslim berada di lingkungan yg mayoritas muslim seperti tawanan perang beliau.

Ronggolawe
10-08-2012, 10:04 AM
"Memilih pemimpin bukan hanya soal politik, tapi sudah termasuk ibadah(baca ayat) hai orang-orang yang beriman jangan sekali-sekali kau mengangkat pemimpin dari orang-orang kafir disamping orang-orang yang beriman (ayat lagi) kalau memilih pemimpin yang non muslim maka sanksinya adalah mendapat azab dari Allah SWT, diperbolehkan menggunakan yang namanya SARA diperbolehkan oleh yang namanya dewan pembina KPU Prof DR Jimly Ashidiqie kenapa? karena ini zaman keterbukaan karena ini zaman demokratisasi tidak boleh ada yang ditutup tutupi rakyat umat harus dijelaskan siapa calon pemimpin mereka, maka SARA dibenarkan.

Dalam hal ini ada 2 kandidat kita, buka siapa kandidat ini biar umat mengerti biar umat tahu. yang pertama Fauzi Bowo dan Nachrowi. Fauzi Bowo Gubernur dan Nachrowi Wakil Gubernur, Fauzi Bowo Muslim, Nachrowi Muslim, Fauzi bowo Betawi, Nachrowi Betawi. Harus jelas ini jaman keterbukaan calon kedua, Jokowi sama Ahok. Jokowi Muslim tapi orangtuanya Kristen, suku bangsanya jawa. Ahok suku bangsanya Cina, Agamanya Kristen. ini harus dijelaskan bahwa siapa pemimpin agar kita memilih pemimpin tdak seperti beli kucing dalam karung.

Sampai disini, gw setuju bahwa apa yang disam
paikan Bang Haji Oma Irama sesuai dengan perin
tah agama Islam, sebagaimana tertulis dalam Al
Quran.

DH1M4Z
10-08-2012, 10:19 AM
jaga_manis :

biar lebih jelas bisa di rujuk nggak sumbernya?
Kalau bisa video nya sekalian.

Serenade
10-08-2012, 10:19 AM
Waktu tahun 72 saya pergi ke Singapura untuk mengikuti Asean Pop Festival. Dan juara Pop Singer Asia Tenggara adalah Rhoma Irama. Di sana saya ngobrol-ngobrol, saya diminta tolong sampaikan hati-hati bahayanya salah Gubernur saya khawatirkan Jakarta jadi Singapura-nya Indonesia. Dulu Singapura ini wilayah Malaysia tapi setelah dikepung secara ekonomi dikuasai secara politik maka Singapura memisahkan diri menjadi negara sendiri. Negara yang tadinya wilayah melayu jadi negara Cina dari negara Muslim menjadi negara Kristen, Innalillahi.

Apa kisah ini bisa dipercaya?
Coba kita lihat versinya wikipedia (Pemerintahan Sendiri (1955-1963) Ketua Front Buruh, David Marshall, menjadi Ketua Menteri Singapura yang pertama. Dia memerintah sebuah pemerintahan yang tidak stabil dan mengakibatkan terjadinya peritiwa mogok besar-besaran. Pada bulan April 1956, dia ke London untuk berbincang mengenai kemerdekaan Singapura tetapi tidak berhasil karena pengaruh komunis di Singapura. Marshall terus menekan Inggris bahwa dia akan meletakkan jabatan sekirannya Inggris tidak memberi kemerdekaan kepada Singapura. Tetapi Inggris langsung tidak menghiraukan gugatan Marshall dan akhirnya dia terpaksa melepaskan jabatannya. Ketua Menteri Singapura seterusnya ialah Lim Yew Hock. Ia mengambil tindakan yang tegas terhadap ketua-ketua kesatuan sekerja dan anggota-anggota pro-komunis. Tindakan tegas Lim menyebabkan Inggris setuju untuk memberikan pemerintahan sendiri kepada Singapura. [sunting]Membentuk Persekutuan Malaysia (1963-1965) Pada 16 September 1963, Inggris setuju untuk menyerahkan Singapura, Sabah, dan Sarawak untuk bergabung dengan PersekutuanTanah Melayu supaya Federasi Malaysia dapat dibentuk. Selepas menyertai Malaysia, partai politik utama Singapura yaitu People's Action Party memenangi Pemilu Singapura. Tindakan PAP yang sering menyuarakan ketidakpuasan mengenai keistimewaan kaum Bumiputera. Banyak anggota United Malays National Organisation mendesak Pemerintah Federasi supaya menangkap Lee Kuan Yew. Jadi pada 7 Agustus 1965, Tunku Abdul Rahman Putra membuang Singapura dari Malaysia. Banyak rakyat Malaysia mengganggap tindakan Tunku Abdul Rahman ini sebagai satu kerugian karena menurut mereka banyak lagi cara lain untuk menjaga keamanan Singapura. Pada masa inilah terjadi konfrontasi Indonesia-Malaysia. 3 marinir Indonesia, yakni Harun Thohir, Usman Janatin, dan Gani bin Arup meledakkan MacDonnald House di Singapura pada tahun 1965. Mereka melarikan diri, namun 2 orang di antara mereka, yakni Harun dan Usman dapat ditangkap dan 3 tahun kemudian dihukum gantung meskipun Indonesia sudah memintakan pengampunan, sebab pada tahun 1968 itu Presiden Soekarno sudah jatuh dan digantikan Soeharto yang pada saat itu didukung Negara Barat yang tidak perlu dikhawatirkan Lee Kuan Yew.):


Pemerintahan Sendiri (1955-1963)

Ketua Front Buruh, David Marshall, menjadi Ketua Menteri Singapura yang pertama. Dia memerintah sebuah pemerintahan yang tidak stabil dan mengakibatkan terjadinya peritiwa mogok besar-besaran. Pada bulan April 1956, dia ke London untuk berbincang mengenai kemerdekaan Singapura tetapi tidak berhasil karena pengaruh komunis di Singapura. Marshall terus menekan Inggris bahwa dia akan meletakkan jabatan sekirannya Inggris tidak memberi kemerdekaan kepada Singapura. Tetapi Inggris langsung tidak menghiraukan gugatan Marshall dan akhirnya dia terpaksa melepaskan jabatannya. Ketua Menteri Singapura seterusnya ialah Lim Yew Hock. Ia mengambil tindakan yang tegas terhadap ketua-ketua kesatuan sekerja dan anggota-anggota pro-komunis.
Tindakan tegas Lim menyebabkan Inggris setuju untuk memberikan pemerintahan sendiri kepada Singapura.

Membentuk Persekutuan Malaysia (1963-1965)

Pada 16 September 1963, Inggris setuju untuk menyerahkan Singapura, Sabah, dan Sarawak untuk bergabung dengan PersekutuanTanah Melayu supaya Federasi Malaysia dapat dibentuk. Selepas menyertai Malaysia, partai politik utama Singapura yaitu People's Action Party memenangi Pemilu Singapura. Tindakan PAP yang sering menyuarakan ketidakpuasan mengenai keistimewaan kaum Bumiputera.
Banyak anggota United Malays National Organisation mendesak Pemerintah Federasi supaya menangkap Lee Kuan Yew. Jadi pada 7 Agustus 1965, Tunku Abdul Rahman Putra membuang Singapura dari Malaysia. Banyak rakyat Malaysia mengganggap tindakan Tunku Abdul Rahman ini sebagai satu kerugian karena menurut mereka banyak lagi cara lain untuk menjaga keamanan Singapura.
Pada masa inilah terjadi konfrontasi Indonesia-Malaysia. 3 marinir Indonesia, yakni Harun Thohir, Usman Janatin, dan Gani bin Arup meledakkan MacDonnald House di Singapura pada tahun 1965. Mereka melarikan diri, namun 2 orang di antara mereka, yakni Harun dan Usman dapat ditangkap dan 3 tahun kemudian dihukum gantung meskipun Indonesia sudah memintakan pengampunan, sebab pada tahun 1968 itu Presiden Soekarno sudah jatuh dan digantikan Soeharto yang pada saat itu didukung Negara Barat yang tidak perlu dikhawatirkan Lee Kuan Yew.

So?

Oma memperoleh informasi yg salah, tapi ga ngecek dulu

::hihi::

Nharura
10-08-2012, 10:20 AM
iyap,mau liat videonya.

Serenade
10-08-2012, 10:23 AM
Saya tahun 72 sudah diingatkan oleh Tengku Ghazali Ismail, kasih tahu orang Islam hati-hati. Maka ketika sekarang terjadi saya merinding jangan-jangan sinyalemen dari Ghazali Ismail sebentar lagi akan terjadi kalau umat Islam tidak bersatu kalau umat Islam tidak menyadari hal in, bukan mustahil sinyalemen Ghazali Ismail akan terjadi. Karena yang namanya Jokowi ini hanya batu loncatan saja. Oke ia menyelesaikan beberapa periode sebagai gubernur tapi setelah beliau siapa yang jadi Gubernur? Ahok? kalau sudah Ahok yang seorang non-pribumi menjadi Gubernur di Jakarta, Ibukota Indonesia maka martabat bangsa tergadaikan citra binasa tercabik-cabik.

Ga heran nih, kalo dituntut orang.
Tapi Pak Haji emang ga takut, ya ::hihi::

DH1M4Z
10-08-2012, 10:23 AM
------- edited -------------

Serenade
10-08-2012, 10:33 AM
Ah, ini ada tulisan lengkap tentang Singapura: http://politik.kompasiana.com/2012/08/10/menguak-kebohongan-ceramah-rhoma-irama-tentang-singapura/

Di artikel ini saya ingin menunujukkan bagian dimana kebohongan lain juga simpaikan beliau terhadap umat disana. Saya akan coba memberikan fakta yang cukup sehingga janganlah ada yang dengan mentah-mentah termakan hasutan dari berita-berita yang kebenarannya sangat diragukan.

Pada paragraf pertama saya memberi warna tebal di kalimat Singapura memisahkan diri menjadi negara sendiri. Disini RI berusaha menggiring pendengar khotbahnya untuk percaya seolah-olah etnis Cina disana menguasai politik dan ekonomi di Singapura sehingga memberi kesan memberontak dan akhirnya memerdekakan diri dari Malaysia. Disini saya meragukan apakah Pak Haji ini mengerti sejarah Singapore dan Malaysia secara utuh atau berimajinasi ?

Perlu diketahui penggabungan Singapura ke Federasi Malaysia hanya berlangsung 3 tahun. Yaitu dari tahun 1963 s/d 1965. Sejak 1959 dengan kemenangan partai PAP pimpinan Lee Kwan Yew berhasil mendapatkan otonomi penuh dan Lee sendiri ditunjuk sebagai Perdana Menteri. Setelah medapatkan kemerdekaan penuh dari Inggris pada Agustus 31 1963, sesuai Referendum 1962 memutuskan untuk bergabung dengan Federasi Malaysia. Ada-pun alasan penggabungan diri sbb:

1. Sebagai negara kecil, Inggris tidak yakin Singapura dapat berdiri sendiri dan mampu.
2. Sebagai negara kecil yang miskin sumber daya alam maka kemampuan untuk survive sangat kecil.
3. Para pemimpin Singapura saat itu membutuhkan dukungan Federasi Malaysia dalam menghadapi Komunisme yang menjadi suatu problem yang besar karena pada dekade 50an telah terjadi berkali-kali kerusuhan yang ditumbulkan oleh para komunis.

Kemudian, apa yang terjadi adalah penggabungan yang setengah hati hanya menimbulkan friksi yang berkepanjangan. Partai PAP tiba-tiba menjadi saingan kuat terhadap Partai UMNO yang berkuasa di Federasi Malaysia. Semakin terancamnya partai tersebut maka digalanglah sentimen rasialis yang berpuncak pada kerusuhan Juli 1964 yang menelan korban jiwa di kedua belah pihak. Hasil investigasi dari kerusuhan rasial tersebut menghasilkan laporan yang berbeda:

Pihak Federasi Malaysia melalui Deputi Perdana Menteri Tun. Abdul Razak mengkambing hitamkan Indonesia sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap kerusuhan tersebut.
Pihak Singapura menyalahkan kerusuhan ini ditangan UMNO.
Setelah tensi politik yang berseberangan antara dua partai mencapai puncaknya, maka pada tahun 1965 parlemen Malaysia memutuskan dengan suara aklamasi 126 - 0 untuk melepaskan Singapura dari Federasi Malaysia. Keputusan ini sangat memukul rakyat Singapura dan para pemimpinnya. Karena disaat itu Singapura hanyalah suatu kota kumuh dan penuh dengan lahan datar yang kosong dan tidak subur. Setelah dipaksa berpisah atau dikeluarkan dengan paksa dari Federasi Malaysia, mau tidak mau Singapura terpaksa berdiri sendiri sebagai negara baru dengan menamakan dirinya Repulik Singapura.

Jadi alangkah salahnya RI menyatakan bahwa Singapura memisahkan diri sendiri. Yang benar adalah Singapura dipaksa keluar dari Federasi Malaysia karena gesekan politik dimana PAP berusaha memperjuangkan kesetaraan sosial dan kesempatan individu dimana UMNO berkeras untuk mempertahankan politik Bumiputera-nya. Moment masa kegelapan dimana Singapura dipaksa keluar dari Federasi Malaysia dapat dilihat dari link Youtube dibawah ini dimana PM Singapura Lee dengan derai air mata mengungkapkan perasaannya terhadap keputusan tersebut. Mungkin di dunia hanya satu-satunya negara yang merdeka tanpa kemauan dari pihak yang dimerdekakan !!

http://www.youtube.com/watch?v=41ND3U_9HgQ&feature=related

Dari link diatas dapatkah disimpulkan bahwa rakyat Singapura terutama pemimpinya bahagia saat itu sebagai negara yg merdeka ? Tentu TIDAK !!

Sekarang kita lanjutkan ke paragraph selanjutnya yang diakui RI bahwa ada pembicaraan antara dia dengan tokoh yang dinamakan Tengku Ghazali Ismail. Sepanjang penulusuran penulis ke berbagai referensi sejarah Singapura. Tokoh yang dirujuk sama RI kalaupun sama adalah bernama lengkap Mohammad Ghazali bin Ismail. Beliau adalah tokoh penting di pergerakkan UMNO di Singapura pada awal bergabungnya Singapura ke Malaysia dan sampai memisahkan diri menjadi Republik. Beliau Ghazali Ismail besama Yacoob Mohamed adalah pemimpin terkenal di UMNO Singapura dan akhirnya memutuskan membelot ke PAP partai pimpinan Lee Kwan Yew. Kepindahan mereka berdasarkan keyakinan bahwa politik yang dijalankan PM Lee sangat mengayomi kesetaraan rakyat Singapura.

surjadi05
10-08-2012, 10:34 AM
Eh, kalau gak salah Gedung Putih pernah memberikan penjelasan agama yang dianut Obama karena ada di masuarakat sana berkembang rumor / kecurigaan juga yah?

setahu gw, bukan agama tapi tempat kelahiran Obama deh yg disorot sama "ras" aja::bye::

Serenade
10-08-2012, 10:38 AM
Ada kecurigaan dari beberapa pihak kalo Obama itu muslim.
Ingat ... kasus 9/11 masih sangat memukul AS dan warganya.

BundaNa
10-08-2012, 11:05 AM
dibahas kog pertanyaan orang2 amrik apa agama Obama sesungguhnya

mengenai Rhoma Irama, udah biar hukum yang bicara. Kalo pake alasan agama, ga brenti2 urusannya

GiKu
10-08-2012, 11:29 AM
dibahas kog pertanyaan orang2 amrik apa agama Obama sesungguhnya

mengenai Rhoma Irama, udah biar hukum yang bicara. Kalo pake alasan agama, ga brenti2 urusannya

gak kebalik Bun ?

kalo pake agama, kan cepat kelarnya... karena hukum agama dibuat Allah, dan Allah gak punya kepentingan politik
tapi kalo hukum manusia yg dipake, malah bisa panjang... karena ada kepentingan

BundaNa
10-08-2012, 11:31 AM
Indonesia banyak agamanya...urusan omongan Rhoma Irama dah masup wilayah politik Indonesia, jadi hukum positip Indonesia yang bicara

*gwe ngetikinisambilpusing

GiKu
10-08-2012, 11:35 AM
ya pake agamanya si rhoma dong, masa agama orang laen

hukum di indonesia ditegakkan untuk siapa ?

BundaNa
10-08-2012, 11:46 AM
tapi omongan Rhoma kan nyinggung keyakinan orang lain...ya paek aja hukum Indonesia. Hukum Indonesia ditegakkan untuk yang punya KTP Indonesia. Situ punya gak, Gik?::hihi::

GiKu
10-08-2012, 11:48 AM
gak punya
adanya ktp jakarta

hukum ditegakkan untuk orang yg gak sanggup bayar

Serenade
10-08-2012, 11:50 AM
Gini deh ya, pake hukum agama, Rhoma salah karena memfitnah.
Kalo pake hukum negara tambah byk pasal yg dikenakan.

BundaNa
10-08-2012, 11:56 AM
pake hukum agama juga Rhoma merasa benar

Serenade
10-08-2012, 11:59 AM
Dan byk pendukungnya :iamdead:

BundaNa
10-08-2012, 12:08 PM
ya itulah, taklid buta...pokoknya jihad fisabilillah tanpa tau maknanya:iamdead:

Zhazha
10-08-2012, 12:14 PM
Gini deh ya, pake hukum agama, Rhoma salah karena memfitnah.
Kalo pake hukum negara tambah byk pasal yg dikenakan.
bukan, kesalahan bang Haji Oma Ilama kalena melampaui batas. Dua palaglaf peltamanya masih sesuai dengan ajalan Islam, tetapi yang selanjutnya beltentangan


2/190. Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, (tetapi) janganlah kamu melampaui batas, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.

Selain itu beliau juga tidak teliti dulu sebelum mengelualkan pelnyataan

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِن جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا


"Wahai orang-orang yang beriman ketika datang kepada kalian orang yang fasik dengan membawa suatu berita maka tabayyunlah (carilan kebenaran berita)".(QS. Al Hujurat : 6)

Serenade
10-08-2012, 12:19 PM
Sudah salah ga mau minta maaf.
Payah ... Tetep aja salah.

spears
10-08-2012, 12:42 PM
Ortunya Jokowi Islam. confirmed.

Serenade
10-08-2012, 12:56 PM
Hmm ... Harus ada yg nuntut Rhoma karena pencemaran nama baik nih. Sayang ga bisa minta pemerintah Singapura ngajuin tuntutan hukum.::grrr::

Nowitzki
10-08-2012, 01:26 PM
valid ternyata
benar2 sedih


http://www.youtube.com/watch?v=KiYEc2z30mo

cha_n
10-08-2012, 01:46 PM
sebagai fans, ikut prihatin nih bang rhoma ngapain juga ngomong kaya gitu ::grrr::

bradon heat
10-08-2012, 04:03 PM
menurut saya sebagai orang awam , kesalahan bang oma ini terletak pada penyebutan nama salah satu calon gubernur/wakilnya ,
saya kira kalau tidak menyebutkan nama secara spesifik dan tegas tidak akan urusannya panjang seperti ini ...
bang oma bisa mengklaim bahwa ini murni khotbah biasa ...
::ungg::

E = mc²
10-08-2012, 04:27 PM
Bang hajinya juga kan udah nangis di TV. disyut gede-gede ma kamera, ampe layar TV saya penuh ma wajah Bang Haji.

pasingsingan
10-08-2012, 04:33 PM
barangkali itu yng disinyalir oleh quran sendiri bhw
ada sekelompok orang menjual ayat2 tuhan dng harga yng murah

turut prihatin :gebuk:

ndableg
10-08-2012, 04:38 PM
Saya pernah tetanggaan dgn bang rhoma. Pernah godain adek iparnya yg orang yaman itu. ::hihi::

Pernah dia ribut2 sama tetangga gw yg kyai ttg loudspeaker mesjid. Jadi tergantung mood aja dia mau ngomong apa, mau berpihak ke mana.

ndableg
10-08-2012, 04:40 PM
Bang hajinya juga kan udah nangis di TV. disyut gede-gede ma kamera, ampe layar TV saya penuh ma wajah Bang Haji.

Dia sih ngelesnya karena terharu dgn dukungan pendukung2nya. Bukan menyesal. Itu tuntutan sbg penyanyi dangdut yg romantis.

Serenade
10-08-2012, 04:55 PM
menurut saya sebagai orang awam , kesalahan bang oma ini terletak pada penyebutan nama salah satu calon gubernur/wakilnya ,
saya kira kalau tidak menyebutkan nama secara spesifik dan tegas tidak akan urusannya panjang seperti ini ...
bang oma bisa mengklaim bahwa ini murni khotbah biasa ...
::ungg::

Isinya menghasut.
Tapi kalo anda anggap benar, memang ga jadi "hasutan" tp kenyataan.
Terserah anda di pihak mana.

opera
10-08-2012, 04:58 PM
Saya pernah tetanggaan dgn bang rhoma. Pernah godain adek iparnya yg orang yaman itu. ::hihi::

Pernah dia ribut2 sama tetangga gw yg kyai ttg loudspeaker mesjid. Jadi tergantung mood aja dia mau ngomong apa, mau berpihak ke mana.

tergantung mood apa tergantung duit...

beastmen85
10-08-2012, 05:18 PM
ternyata muslim suka SARA
::troll::

Nharura
10-08-2012, 05:28 PM
tergantung orangnya juga bismen ^

beastmen85
10-08-2012, 08:47 PM
tergantung org muslim ya, nha? :troll:

Nharura
10-08-2012, 09:03 PM
ya tergantung pemikiranmu bismen.

purba
10-08-2012, 11:08 PM
Ini strategi kampanye Foke. Dengan Bang Haji menjadi pihak yg tertindas (plus tangis syahdu), itu bisa mendongkrak suara utk Foke. Bukankah psikologis pemilih di Indonesia begitu? Mereka lebih memihak yg tertindas, seperti Megawati yg ditindas Soeharto, kemudian SBY yg ditindas Megawati. Tapi ini pilgub DKI, apakah psikologis pemilihnya seperti itu juga?

:))

AsLan
10-08-2012, 11:37 PM
bukan, kesalahan bang Haji Oma Ilama kalena melampaui batas. Dua palaglaf peltamanya masih sesuai dengan ajalan Islam, tetapi yang selanjutnya beltentangan


Selain itu beliau juga tidak teliti dulu sebelum mengelualkan pelnyataan


Dalam 2 paragraf pertama...

wajar kalau umat Islam memperingatkan umatnya agar memilih pemimpin muslim, tapi apakah wajar mengungkit2 urusan ke-cina-an Ahok ?

orang hidup bisa memilih agamanya, tapi apa bisa memilih etnisnya ?

Bi4rain
10-08-2012, 11:39 PM
Klo ini yang dikumandangkan dalam ceramah dalam mesjid gw serem, baca isi ceramahnya bikin gw geleng-geleng dan merinding. Satu kata buat RI

T E R L A L U !

E = mc²
11-08-2012, 05:41 AM
Dalam 2 paragraf pertama...

wajar kalau umat Islam memperingatkan umatnya agar memilih pemimpin muslim, tapi apakah wajar mengungkit2 urusan ke-cina-an Ahok ?

orang hidup bisa memilih agamanya, tapi apa bisa memilih etnisnya ?
motifnya udah jelas sih rasial. wong dengan tegas dia bilang Foke Betawi Nachrowi Betawi, Jokowi Jawa Ahok Cina. Secara gak langsung bilang, hanya yg berdarah betawi dan muslim yg boleh memimpin jakarte.

opera
11-08-2012, 08:47 AM
http://s13.postimage.org/eyt60ar3r/3285490_20120810075626.jpg

Fere
11-08-2012, 08:53 AM
http://s13.postimage.org/eyt60ar3r/3285490_20120810075626.jpg
wooh.. jadi ini toh maksut ceramah bang haji.. ::hihi::

AsLan
11-08-2012, 11:38 AM
motifnya udah jelas sih rasial. wong dengan tegas dia bilang Foke Betawi Nachrowi Betawi, Jokowi Jawa Ahok Cina. Secara gak langsung bilang, hanya yg berdarah betawi dan muslim yg boleh memimpin jakarte.

Dia lupa apa gak tau ya kalo Sutiyoso itu orang jawa tengah asli.

BundaNa
11-08-2012, 02:30 PM
http://s13.postimage.org/eyt60ar3r/3285490_20120810075626.jpg

sip, itu memperjelas::hihi::

Parameswara Li
11-08-2012, 03:03 PM
jaga_manis :

biar lebih jelas bisa di rujuk nggak sumbernya?
Kalau bisa video nya sekalian.


iyap,mau liat videonya.

Ceramahnya kan cukup lama, tetapi sampai saat ini tidak ada versi lengkapnya. Paling panjang cuma yang versi 7 menit. Ada yang 15 menit tapi ternyata sama dengan yang 7 menit, hanya ditambah video lain.




http://www.youtube.com/watch?v=KiYEc2z30mo


http://www.youtube.com/watch?v=XPjg0gtpIM8




Seharusnya Rhoma Irama minta maaf karena menyebarkan hal yang tidak benar. Orang tua Jokowi adalah muslim, bukan non Muslim.

Terkait mengenai Kristen dan Cina, Ada pendukung Rhoma yang menyayangkan mengapa tidak seluruh bagian dari ceramahnya yang dimuat, tetapi hanya bagian-bagian tertentu saja. Pendukung tersebut menyatakan saat berceramah waktu itu, Rhoma Irama juga bilang begini :

mertua saya juga banyak yg kristen kayak opa dan omanya deby rhoma.... dan orangtua richa rahim..... ... mertua saya ada juga yg india dan arab kayak neneknya ridho...... dan ada yg cina juga..... misalnya orangtuanya engel lelga.. jadi jokowi dan ahok gak apa2 maju nyagub.....

BundaNa
11-08-2012, 03:08 PM
^nah itu mana versi lengkapnya kalau emang ada omongan Rhoma yang disebut sama om P-Li?

Apa gak kontradiktip omongan Rhoma yang "menyerang" jokowi-ahok sama omongan di atas?

Parameswara Li
11-08-2012, 03:15 PM
Mengenai kelahiran dan agama para pemimpin Jakarta, sebetulnya dari 15 pemimpin Jakarta, hanya 2 orang yang kelahiran Jakarta, yaitu Soerjadi Soedirdja dan Fauzi Bowo. Saya tidak tahu Soerjadi Soedirdja berasal dari etnis apa. Kemudian ada juga yang beragama Kristen seperti Hendrik Hermanus Joel Ngantung yang menjadi gubernur Jakarta tahun 1964-1965.



Apa gak kontradiktip omongan Rhoma yang "menyerang" jokowi-ahok sama omongan di atas?

Nha justru itu, saya cari-cari tidak ada yang versi lengkapnya. Justru saya ingin menonton versi lengkapnya supaya tidak salah tafsir tentang apa yang sebenarnya ingin diungkapkan oleh Rhoma Irama. Seringkali terjadi pemenggalan ceramah orang dengan hanya mengungkapkan bagian tertentu saja sehingga menimbulkan salah penafsiran. Seberapa besar sih kadar anti-Kristen dan anti-Cina pada diri Rhoma Irama ?

jojox
15-08-2012, 11:50 AM
Kira-kira berapa tuh amplopnya untuk kasih statement kek gitu?
Semua kok pada lupa ini pan bukan pemilihan suara, tapi pelelangan votes.

BundaNa
15-08-2012, 04:56 PM
semalem ada tuh di ILC...ckckckck, gwe bingung, siapa yg bener omongnya

Serenade
15-08-2012, 04:59 PM
ILC tu apa, ya?

Siapa dg siapa?

Tadi ada ngebaca, kalo Rhoma Irama "dipertemukan" dg Jokowi di salah satu stasiun TV.

BundaNa
15-08-2012, 05:20 PM
Indonesia Lawyer Club, di Tipi OON...Jokowi dipertemukan sama Rhoma Irama kayaknya di acara lain sama tipi oon juga...di ILC, Rhoma dibentrokin sama banyak pihak

Serenade
15-08-2012, 05:33 PM
Oh, ILC ...

Sebenernya sdh ga perlu ngangkat tema Rhoma apalagi sampe ribut di TV segala.

Kalo, yg dg Jokowi, mah, katanya omongan2 yg dilontarkan santai, bahkan Jokowi nyanyiin sedikit "Darah Muda"

BundaNa
15-08-2012, 05:41 PM
lucunya nih, si Rhoma ngakunya dapet sumber dari internet tentang ortu Jokowi yang kristen...duh ampun ini abang haji kagak kroscek dulu sebelum nyablak::doh::

opera
16-08-2012, 08:58 AM
http://s14.postimage.org/ei4qmgqa9/gybvfftp.gif

AsLan
16-08-2012, 10:57 AM
Setelah minta maaf kepada ibunda jokowi, sekarang bang Rohma melempar isu baru: ayah Jokowi itu China Kristen, namaya Akwan.

ada yg tahu tentang ayah jokowi ?

choodee
16-08-2012, 11:19 AM
Wow, kalo liat penampakan jokowi kok rasa2nya ga mungkin dia ada darah chinanya ;D no offense~

BundaNa
16-08-2012, 12:39 PM
calon wagub dari Jokowi itu Ahok, babenya jokowi itu Akwan? ckckck si rhoma kalo ga iso pake internet jangan malu2in::doh::

cha_n
16-08-2012, 12:43 PM
udahlah bang rhoma, nyanyi aja deh................

Glass
16-08-2012, 12:54 PM
Katanya sumber ini (http://infoindonesia.wordpress.com/2012/08/09/difitnah-kafir-ternyata-jokowi-dan-keluarganya-sudah-haji-semua/), ibu Jokowi mengatakan:


saya dan suami saya Muslim dan sudah haji. Begitu pula semua anak2 saya juga sudah haji semua. Kedua orang tua (Kakek Nenek Jokowi) juga Muslim.
Para Ustad yang memfitnah Jokowi dan Keluarganya sebagai Kafir mudah2an sadar. Jika tuduhan tsb tak benar, merekalah yang kafir dan amal mereka sia-sia di akhirat nanti.

Ada yg pny video wawancaranya ga?

BundaNa
16-08-2012, 01:09 PM
^pak haji lupa, fitnah lebih kejam daripada pembunuhan...pak haji lupa, menuding seorang muslim kafir itu bisa membuat dirinya dinggap kafir::grrr::

purba
16-08-2012, 02:13 PM
Klaim Bang Haji kan dia ngomongnya di mesjid, bukan tempat umum - kalangan terbatas muslim, buat mengingatkan umat utk memilih pemimpin seiman. Gak salah dong.. Yg bikin urusan panjang adalah si penyebar video. Si penyebar tsblah yg melakukan pelanggaran SARA.

:))

BundaNa
16-08-2012, 10:32 PM
Ngomong di masjid juga ada aturannya. Nuduh2 orang lain kafir bukan bagian dari dakwah -_-

purba
17-08-2012, 09:53 AM
Ngomong di masjid juga ada aturannya. Nuduh2 orang lain kafir bukan bagian dari dakwah -_-

Lha kalo nuduh kafir, itu dia salah informasi. Ok itu salah dan dia sudah mengakuinya. Tapi keyakinannya utk mengingatkan umat utk memilih pemimpin yg nonmuslim sudah pada tempatnya. Memang Jokowi muslim, tetapi Ahok bukan, sementara gub dan wagub adalah satu paket, jadi sudah tepat peringatan Bang Haji pada umatnya, apalagi itu disampaikan di mesjid, tempat khusus muslim, bukan umat lain. Kecuali Bang Haji menyampaikannya di tempat/media terbuka, itu bisa dianggap pelanggaran SARA.

:))

Alethia
17-08-2012, 11:11 AM
kafir versi agama masing2 lah. jgn pd tesinggung napa. kesian bang oma..udah ditinggal angel, ditinggal umat.aishhh..ther la luu::hihi::

Glass
17-08-2012, 11:24 AM
Bang Rhoma tetep laku kok, jadi penyanyi ::itrocks::

Talia Al-Gul
17-08-2012, 12:14 PM
omongan Roma itu benar. jgn memilih pemimpin yg non muslim. tp bagian kebohongan soal ortu Jokowi itu yg perlu dipermasalahkan.
tp sbnrnya nggak papa sih. ini justru bs jadi kampanye bagus buat pasangan jokowi ahok, dan preseden buruk buat Demokrat.
soalnya bisa2 suara Jokowi malah tambah naik (ingat ya, karakter org indonesia sukanya sama org yg santun dan teraniaya...remember Sby? )

palagi, pas Jokowi ama Ahok di wawancara, si jokowi bilang dia ngefans ama rhoma Irama.
Pas Ahok yg ditanyain soal Rhoma, beliau mengatakan : saya itu jadi nggak mau ikut2an judi karena lagunya Bang rhoma yg judulnya "judi"


very well said, Jokowi-Ahok :D
clap..clap..clap

ndableg
17-08-2012, 04:21 PM
Gw setuju ma purba. Sebenernya materi jumatan itu ga perlu disebarluaskan. Namanya juga khotbah intern, dalam mesjid. Sudah jelas tujuannya adalah utk orang2 dalam mesjid itu, bukan utk masyarakat luas sampe yg tidak beragama tsb ikut2an mendengar.

Mengkritisi agama lain itu biasa dalam khotbah2 di acara2 ibadah agama apapun. Ga jumatan saja... Jadi yg ga etis itu yg menyebarkan video tsb yg secara tidak langsung mempermalukan orang islam sendiri.

Alethia
17-08-2012, 04:25 PM
kalau di agama lain,kdg pengkotbahnya bilang "orang-orang di luar Tuhan..atau Orang-orang yang tidak mengenal Tuhan"
There! eat it penyebar videooo

Serenade
17-08-2012, 07:32 PM
Apa kita bicara soal sebutan kafir di ceramahnya Rhoma, ya?

Dan bila sudah terlanjur tersebar video yg memuat kesalahan informasi oleh Rhoma, sudah seharusnya Rhoma memperbaiki kesalahannya. Bukannya di ILC ngungkit lagi soal ayahnya Jokowi yg Kristen Cina. Sayang sekali, kali ini bukan di mesjid tp emang disiarkan utk konsumsi publik.

Bi4rain
17-08-2012, 07:40 PM
kalau di agama lain,kdg pengkotbahnya bilang "orang-orang di luar Tuhan..atau Orang-orang yang tidak mengenal Tuhan"
There! eat it penyebar videooo

loh, tidak semua agama begitu, yang jelas saat saya ceramah ibadah tidak satupun komen pengkhotbah yg berbunyi menuding orang lain Kafir alias tidak punya Tuhan.
Which defies logic, orang-orang yg suka menuding dengan kata kafir, kan artinya tidak kenal Tuhan
semua agama di Indonesia kan mengakui adanya Tuhan...
benar-benar kata yang disalahgunakan dalam kehidupan manusia


Apa kita bicara soal sebutan kafir di ceramahnya Rhoma, ya?

Dan bila sudah terlanjur tersebar video yg memuat kesalahan informasi oleh Rhoma, sudah seharusnya Rhoma memperbaiki kesalahannya. Bukannya di ILC ngungkit lagi soal ayahnya Jokowi yg Kristen Cina. Sayang sekali, kali ini bukan di mesjid tp emang disiarkan utk konsumsi publik.

lebih setuju dengan yg ini.
RI ini memang makhluk kontroversial. saya cuma berharap yg bersangkutan bisa belajar dari kesalahan, bukannya nambahin atau nutupin dengan semakin banyak omongan.

Alethia
17-08-2012, 07:49 PM
tp kan ujungnya2 karena nyebut etnis dan agama lain,maka ga boleh dipilih dipilih dipilih sebagai pemimpin. nah,ujung2nya kan krn label kafir itu. Memang, ga semua agama gt, ini kan lg ngebahas oknumnya..aku sering kok di tmpt ibdah dngr kata2 yg begitu. Tidak beriman..kafir toh? memang semua agama bertuhan, tapi apa (menurut si oknum ote-ote) Tuhannya sama ama yg lain.
Owh..beyumtentuu

Serenade
17-08-2012, 07:51 PM
Sekali lagi, Alethia, kita ini menyoroti penyampaian informasi yg salah oleh Bung Rhoma Irama....

Sorry to say that once again ::maap::

Alethia
17-08-2012, 07:58 PM
kita? sy ga ikutan klo gt
sorry knp sih, ora mudeng..santai aja berooo

Bi4rain
17-08-2012, 08:01 PM
Menurut gw sih urusan sara diperbolehkan itu saja sudah sounds so wrong on many levels.

mana bisa juga salahkan penyebar videonya yah...namanya dia mendengar sara dan menurut dia itu ga bener (which imo menjatuhkan), klo ngomonginnya bener videonya bocor juga masyarakat ga banyak komen.
Klo ditempat gw ibadah gw denger khotbah model gini...menuding agama lain dengan salah...langsung angkat kaki gw dari situ. Gw heran aja klo udah denger khotbah yang tidak menggalang perdamaian antar agama, malah merasa yg paling benar.

Serenade
17-08-2012, 08:01 PM
Hmmm... ya anggap aja, yg dari tadi aku herankan itu, seharusnya kita bicara soal "informasi" bukan masalah "kafir".
Ga nyambung ... well, that's not a big deal.

Alethia
17-08-2012, 08:06 PM
tolong coret kata " seharusnya' dan 'kita', ini kan masalah kotbahnya oma, yaa ada yg bahas sisi ini itu, biarkanlah...ya tooh..celius amat ciih...::hihi::

Bi4rain
17-08-2012, 08:06 PM
Sekali lagi, Alethia, kita ini menyoroti penyampaian informasi yg salah oleh Bung Rhoma Irama....

Sorry to say that once again ::maap::


kita? sy ga ikutan klo gt
sorry knp sih, ora mudeng..santai aja berooo

Om alethia, kita mengerti koq. serenade juga menyampaikan dengan baik.
komennya om diterima dengan baik, memang masih banyak kok khotbah yg menyedihkan kayak gitu.
noted.

Alethia
17-08-2012, 08:12 PM
Om? well...
gini ya, aku tuh ga pernah berharap orang lain menerima (dengan baik ataupun tidak) isi kepalaku. So, kalau emang ga nyambung, ga perlu minta maaflah...sama-sama ngerti aja, kalau ga suka, tinggal diemin aja, beres. Ngapain sih harus satu suara?aneh, manusia segini banyak kudu sepakat, dicari-cari, berdebat dan berurat buat sepakat. Buat apa? saling pengertian dan perdamaian adalah inti..cieeah inti...intisari dunia ini, bloo bloo bloo

Serenade
17-08-2012, 08:23 PM
Deal. No problemo.
Ini toh forum ... tempat diskusi ... semua berhak ngomong.

BundaNa
17-08-2012, 08:26 PM
Sebenernya kalo rhoma bilang, bahwa ada ayat yg mesti cari pemimpin muslim di masjid, oke itu bisa diterima. Yg ga bisa diterima adalah tuduhan ke salah satu cagub DKI, wich is jokowi-ahok. Nah itu jadi masalah, yg nyebarin video, ya memang pemicu, rhoma apes aja dapet jama'ah di ceramah begitu

Nharura
17-08-2012, 10:15 PM
betapa sombongnya rhoma waktu di Acranya karni ilyas ,kaga mau nyanyi duet, trus bersikukuh dirinya benar,ga pgn minta maaf. Aku jd pgn liat, gmana kalau ntran jokowi yg menang;D

Talia Al-Gul
17-08-2012, 11:26 PM
semoga Jokowi menang :D
ini pilkada terheboh sepanjang sejarah pilkada.
cuman milih gubernur aja kampanyenya udah kayak pemilihan presiden.

red_pr!nce
19-08-2012, 01:48 PM
Hal seperti inilah yang membuat gw menjauhi gereja-gereja dan mesjid-mesjid sejak awal. Banyak ceramah di kedua tempat ibadah itu yang saling menjelek-jelekkan satu sama lain, dan bahkan juga menjelek-jelekkan agama lain yang tidak ada hubungannya dengan mereka sama sekali.

Meskipun materi itu dikatakan oleh Rhoma Irama di mesjid, tetap saja materi itu bisa dikategorikan sebagai penghasutan. Lebih jauh lagi, materi ini bisa memelihara semangat anti-pluralisme di kalangan muslim itu sendiri. Apalagi kalau sudah diliput media, maka materi ini bisa menjadi mesin perusak moral bangsa yang mengaku toleran dan damai ini.

Indoktrinasi macam ini yang bisa meningkatkan semangat radikalisme dan fanatisme.

Parameswara Li
20-08-2012, 01:51 AM
Wow, kalo liat penampakan jokowi kok rasa2nya ga mungkin dia ada darah chinanya ;D no offense~

Saya setuju bahwa ini cuma rumor untuk menjatuhkan citra Jokowi saja. Tapi terlepas dari itu rasanya penampilan fisik tidak bisa jadi patokan untuk menilai keturunan seseorang. Anda sudah pernah lihat Cina Benteng belum ? Penampilan fisik sebagian besar dari mereka sudah sangat mirip dengan orang-orang pribumi.

red_pr!nce
20-08-2012, 01:58 AM
Lagipula kalau masalah keturunan sih orang-orang masih bisa tolerir. Tapi kalau masalah agama, kayaknya sulit sekali ditolerir ya.

pasingsingan
21-08-2012, 09:25 AM
meski dia seorang yng mengaku penganut ajaran islam (baca muslim)
jika dlm melaksanakan kepemimpinan melanggar amanah serta
melanggar komitmennya sendiri.

Secara terminologi ajaran islam hal tsb sudah dapat
digolongkan sbg "kafir" lho, ini serius ......
jd tidak benar klo istilah kafir itu sekedar dipahami sbg
orang non-islam, atau tdk mengimani agama tertentu :D

red_pr!nce
21-08-2012, 10:48 AM
Kalau dengan tafsir seperti itu, berarti para anggota dewan yang terhormat dan berbagai anggota kementrian, termasuk kementrian agama, juga sudah bisa dikategorikan sebagai kafir dunk? Apalagi kalau kitab suci aja bisa dikorupsi.

pasingsingan
21-08-2012, 10:58 AM
yup
bentul itu
jika dlm cakupan makna yng lebih luas ya spt itu

krn pada dasarnya kafir itu dari akar kata "kufr" (baca kufur/kufar = ingkar)
- mengingkari kebenaran
- mengingkari sumpah janji
- mengingkari hati nurani
dsb, sudah dapat disebut sbg "kafir"

red_pr!nce
21-08-2012, 11:52 AM
Berarti kalau non-muslim tapi gak mengingkari kebenaran, gak mengingkari sumpah janji, dan gak mengingkari hati nurani, namanya bukan kafir dunk?

pasingsingan
21-08-2012, 12:07 PM
yup bentul
jika memaknai istilah kafir dlm cakupan luas
gw salah satu orang yng tdk sependapat jika istilah kafir
dipahami (baca direduksi) hanya sebatas orang non-muslim
pdhl, kafir itu lebih merujuk ke kelakuan/perbuatan seseorang/kelompok
bukan kepercayaan/agama yng dianutnya.

purba
25-08-2012, 02:15 AM
Berarti kalau non-muslim tapi gak mengingkari kebenaran, gak mengingkari sumpah janji, dan gak mengingkari hati nurani, namanya bukan kafir dunk?

Masalahnya, sebagian muslim mendasari segala kebenaran dgn syahadat. Tanpa pengakuan bahwa Allah swt sbg satu2nya tuhan yg disembah, tidak ada kebenaran di sana. Rhoma Irama termasuk sebagian muslim tsb.

:))

red_pr!nce
25-08-2012, 02:18 AM
Lho, katanya juga Tuhan itu satu. Jadi biarpun banyak agama, nyembahnya ke satu Tuhan lah, kalo emang mereka meyakini agama mereka 100% ya. ;D

Bi4rain
25-08-2012, 02:33 AM
^namanya juga sebagian saja. syukurlah masih ada orang yg bisa berpikir netral...