PDA

View Full Version : Kopi dan Teh bisa mengurangi jatah kalsium



deddy
07-08-2012, 08:04 AM
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Teh dan kopi sebaiknya tidak diminum pada saat sedang makan, karena dapat mengurangi jatah kalsium yang seharusnya diserap usus, kata dokter spesialis gizi klinik dari FKUI, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK.

"Hal ini disebabkan oleh efek kafein yang terkandung di dalam teh dan kopi, sehingga tubuh tidak bisa menyerap banyak kalsium," ujar Fiastuti sebelum memberikan paparan mengenai nutrisi buah di Jakarta, Kamis.

Kafein yang terkandung dalam teh dan kopi menghalangi penyerapan kalsium dan mineral di usus, sehingga tubuh tidak mendapatkan cukup kalsium yang seharusnya imbang dengan kandungan kalsium dalam makanannya, jelas Fiastuti.

Fiastuti melanjutkan, hal ini menyebabkan kalsium keluar lebih banyak daripada yang seharusnya dan dikeluarkan lewat urin. "Jatah untuk tubuh menjadi berkurang dari yang seharusnya diserap," pungkas dia.

Sementara itu, untuk mengimbangi kalsium yang terbuang, Fiastuti mengimbau agar asupan makanan tinggi kalsium terus dikonsumsi.

"Tidak hanya susu, tapi ikan, sayuran hijau, kacang kedelai, tahu dan tempe, merupakan makanan kaya kalsium yang sangat dibutuhkan tubuh, untuk menjaga kesehatan tulang," demikian Fiastuti.

noodles maniac
07-08-2012, 08:38 AM
Oh my god... padahal nikmat banget kalo makan trus minumnya pake teh anget tawar ::nangis::

deddy
07-08-2012, 08:54 AM
Oh my god... padahal nikmat banget kalo makan trus minumnya pake teh anget tawar ::nangis::

sekarang ganti dengan air putih anget ....... setelah makan selesai baru nyruput kopi ...... duh nikmatnya ..

DH1M4Z
07-08-2012, 10:55 AM
ditambah sebatang 234 yah pakde ... ::elaugh::

AsLan
07-08-2012, 11:46 AM
Oh my god... padahal nikmat banget kalo makan trus minumnya pake teh anget tawar ::nangis::

diganti es teh lebih mantap :ngopi:

lily
07-08-2012, 01:41 PM
segala sesuatu itu baik asal ga berlebihan ::hihi::

noodles maniac
07-08-2012, 09:41 PM
sekarang ganti dengan air putih anget ....... setelah makan selesai baru nyruput kopi ...... duh nikmatnya ..

iya harus ganti air putih anget nih...

aku rak doyan kupi om, lali po'o? -_-

Bi4rain
07-08-2012, 10:34 PM
Udah tau dari dulu sih, tapi apa boleh buat. It's my poison.

Malemnya minum vitamin kalsium :D

deddy
09-08-2012, 09:10 AM
iya harus ganti air putih anget nih...

aku rak doyan kupi om, lali po'o? -_-

iya iya.....i see


Udah tau dari dulu sih, tapi apa boleh buat. It's my poison.

Malemnya minum vitamin kalsium :D

wah bagus juga tuh......


ditambah sebatang 234 yah pakde ... ::elaugh::

pas kopinya ..jadi mantap.....

lily
09-08-2012, 03:30 PM
@Bi4rain : hahahaha jadinya tiap kalsium kurang , langsung di supply ya ::hihi::

Santri Nawa
09-08-2012, 07:35 PM
Berarti slogan Apapun makanannya, minumnya teh botol S.O.S terancam keampuhannya.

vaarosemary
10-08-2012, 07:01 AM
pernah dikasih tau sih. tapi mang mantap.
di bbrp tempat makanan siap saji jg minuman yg ditawarin di paketannya kalo ga teh softdrink.
yahh sudahlahh. disruput aja sebelum tehnya dsruput org lain ::hihi::

Neptunus
10-08-2012, 07:58 AM
sama aja boong klo milih softdrink. Dua2nya sama2 bikin keropos ::hihi::

noodles maniac
10-08-2012, 08:19 AM
Gw demen teh anget sama soft drink ::nangis::

vaarosemary
10-08-2012, 09:39 AM
kalo pas dompet tipis mo gmana lagi. minuman yg laen ga masuk paketan sih ::hihi::

lily
10-08-2012, 01:27 PM
kalo saya sih biasa milih susu Milo kalo paketan gitu... tambah 2 ribu kalo ga salah ::hihi::

Neptunus
10-08-2012, 09:59 PM
kalo pas dompet tipis mo gmana lagi. minuman yg laen ga masuk paketan sih ::hihi::

bawa air putih sendiri :)

vaarosemary
11-08-2012, 06:42 AM
Lily: kenapa aku ga kpikiran buat gt yaa? lain kali bs dcoba nih ::hihi::


Neptunus: kan seringnya ga boleh bawa makanan ato minuman dr luar ::ungg::
pernah tmn traktiran ultah d PH. kn bawa tart tuh. tp cuma buat acara tiup lilin ma poto2. trus dmasukin kotak lagi ::hihi::

Neptunus
11-08-2012, 03:03 PM
@vaa: eh masa sampe segitunya ga dibolehin ama pihak PH nya?
gw kalo makan di tempat2 begituan dan bawa air putih sendiri biasanya ga ditegur kog. ::hihi::

vaarosemary
11-08-2012, 03:47 PM
@vaa: eh masa sampe segitunya ga dibolehin ama pihak PH nya?
gw kalo makan di tempat2 begituan dan bawa air putih sendiri biasanya ga ditegur kog. ::hihi::

iyah, beneran. ini kejadian bbrp th yg lalu. kasian tartnya cuma jd pajangan ::hihi::

Neptunus
11-08-2012, 03:58 PM
sama pihak Pizza hutnya ditegurnya gimana?

hktoyshop
22-09-2012, 02:29 AM
o jadi kayak gitu ya gan ?"