PDA

View Full Version : jalan kaki dari lapindo dengan semangat, mau minta duit, eh, malah jadinya minta maaf



Ray Surya
29-07-2012, 02:25 AM
Metrotvnews.com, Jakarta: Hari Suwandi, korban lumpur Lapindo yang berjalan kaki dari Sidoarjo ke Jakarta untuk memperjuangkan nasib korban lumpur tiba-tiba meminta maaf kepada keluarga Aburizal Bakrie. Keluarga dan teman Hari mengaku heran dengan perubahan sikap Hari itu.

Hari memulai perjalanan dari Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, pada 14 Juni silam. Tujuannya hanya satu, memperjuangkan nasib warga Porong--yang adalah kerabat dan tetangganya--mendapatkan ganti rugi sesuai dengan "peta area terdampak" yang diakui Peraturan Presiden Nomo 14 tahun 2007.

Sejak memulai aksi, Hari sudah bertekad akan menagih janji pihak Minarak Lapindo Brantas ataupun keluarga Bakrie, bahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, untuk membayarkan segere sisa ganti rugi korban lumpur Lapindo. Perjalanan sepanjang lebih dari 800 kilometer ditempuh Hari dengan harapan ganti rugi yang mandeg selama 4 tahun, terselesaikan.

Tak disangka tak diduga. Setibanya di Jakarta, Hari yang sepanjang perjalanan terus mendapat perhatian dan dukungan masyarakat, muncul di salah satu televisi swasta. Di sana Hari bukan meminta pembayaran ganti rugi. Sebaliknya Hari malah meminta maaf kepada keluarga Bakrie atas protes yang selama ini dia lancarkan. Hari mengaku keinginan minta maaf itu sudah ada sejak tahun 2009.

Tentu saja perubahan 180 derajat Hari itu mencengangkan masyarakat yang selama ini sudah menyaksikan dan mendukung niat serta tekad pria sepuh dari Sidoarjo itu. Kekecewaan paling dalam dirasakan Suhardi, teman Hari yang ikut mendukung sepanjang aksi jalan kaki Sidoarjo - Jakarta, dengan mengendarai sepeda motor. Ungkapan kekecewaan juga disampaikan ibunda Hari, Paini. Di jejaring sosial pun banyak pihak menyampaikan kekecewaan mereka.

Banyak pihak politisasi sudah menjarah di dalam aksi seorang Hari. Terlepas benar tidaknya itu semua, tentunya Hari masih memiliki tugas besar di Porong, Sidoarjo. Ia akan berhadapan dengan rekan kerabatnya sendiri yang akan meminta penjelasan atas aspirasi tuntutan ganti rugi korban Lapindo yang sebelumnya mereka percayakan pada Hari.(DSY)
http://www.metrotvnews.com/read/newsvideo/2012/07/28/156154/Korban-Lapindo-Menanti-Penjelasan-Hari-Suwandi/3

--------------
inilah salah satu hikmah ajaibnya Bulan Romadhon, lu harus pada percaya pada hikmah Romadhon!!!

AsLan
29-07-2012, 02:31 AM
inilah salah satu hikmah ajaibnya keluarga Bakrie, lu harus pada percaya pada hikmah keluarga Bakrie!!! -_-

Ray Surya
29-07-2012, 02:41 AM
hush, jangan nuduh bakrie punya mukjijat
ini hikmah Romadhon

Kingform
29-07-2012, 03:00 AM
ckckckck.....kenapa bisa gitu.....::takmungkin::

heihachiro
29-07-2012, 03:06 AM
gosipnya Hari ini 'diganjar' 50jt oleh Bakries :-?

Kingform
29-07-2012, 03:21 AM
money isn't everything, but everything needs money

kalo udah dapet duit segitu emang seseorang bisa berubah pikiran...
tinggal siap2 aja dia pas balik ke sidoarjo......moga2 aja ga diapa2in ama warga sono yang awalnya mendukung dia

Ray Surya
29-07-2012, 03:37 AM
kok gw ngira bukan uang ganti rugi, tapi ancaman ::ungg:: betul gak yaa?

Yuki
29-07-2012, 05:08 AM
ini mindset bangsa kita

yg namanya silaturahmi atau bertemu dengan keluarga lain, itu membawa semacam harga diri keluarganya juga

sudah umum misalnya ada dua belah pihak saling berseteru, tidak bertemu, lalu mereka berencana untuk bertemu, tadinya pengen cekcok secara langsung, begitu bertemu apa yg terjadi, mereka berdua malah kenalan dan ketawa ketiwi

Ray Surya
29-07-2012, 05:23 AM
^ prasangka baik
berkah ramadhan..

heihachiro
29-07-2012, 05:46 AM
eh, koreksi gosipnya (meskipun masih tetep gosip ::hihi:: ), dikasih 5jt per bulan, entah dalam jangka waktu berapa lama

perkiraan saya sih ya dikasih duit sekaligus ancaman (ntah terang2an ato terselubung), Bakrie gitu loh [meditasi]

Urzu 7
29-07-2012, 09:08 AM
Bakal digebukin rame2 tuh suwandi sama rekan2nya::lololol::

Nharura
29-07-2012, 09:32 AM
jujur aja,udah males ntn TVone,terlalu bnyk politik disana.
Jadi mual ntnnya;D

soal lapindo, pinter bgt merubah pola pikir, yg salah bukan mereka,mereka udh bnyk membantu,pemerintah buktinya gak ada bantu ;D

aku bukan pendukung pemerintah,jadi senyum2 aja dgr berita ini, jadi ingat,dulu aku pernah ikut demo temen2 tenaga honor di kantorku, kami dah hbs2n tu,trnyta ketua honornya langsung diam pas ketemu pemerintah,bilang kami gak perlu demo lg,terima nasib aja. ternyta, ketua honornya nerima uang 20 juta, 1 motor,dan Sk PNS ;D

yg kaya gini, orang2 indonesia yg merusak negara sendiri. Mengubah pola pikir,yg salah bisa jadi benar,yg benar malah jadi salah,demi kepentingan diri sendiri.

lily
29-07-2012, 09:34 AM
Kalo kata orang sih diancam , tapi kalo menurut saya kok dikasih uang ya...

Ato keduanya kali ya...

win66ih
29-07-2012, 10:50 AM
Kalo emang beneran dikasih duit, kenapa gak semua korban lapindo aja kayak dia?
*Insert philosoraptor here*

Marhaban ya Ramadhan

PERMANDYAN
29-07-2012, 11:35 AM
beberapa hari jang laloe, saat akoe menonton televisi di salah satoe televisi swasta, mereka (para korban lapindo) tidak mengakoei kalaoe jang djalan ke iboe kota atas nama korban, kerana mereka sendiri tidak mendapat konfirmasi (posko lapindo)
bahkan dari pihak lapindo sodah membajarkan dengan memberikan daftar pembajaran dan djoega sertakan foto kopi kartoe keloerga jang bersangkoetan....

kandalf
29-07-2012, 11:53 AM
jang djalan kaki bergerak sesoeka hati.
ini sebenarnja taktik jang soedah lama.
bajarkan sebahagian, abaikan jang lain.
nistjaja mereka akan terpetjah belah.

kandalf
29-07-2012, 12:18 PM
saus kacang (http://news.detik.com/read/2012/07/26/163328/1975804/10/korban-lumpur-geram-dengan-pernyataan-hari-suwandi-di-tvone?nd771108bcj)
__________________________________________________ __________________________________________________ ______________________________

"Dia (Hari) itu berjuang untuk kelompoknya sendiri, bukan untuk warga korban lumpur yang masuk peta terdampak. Tapi saya tak tahu kelompok apa," kata Mislan Zakaria (45), warga Balongbendo, Sidoarjo, Kamis (26/7/2012).


Pernyataan senada juga diungkapkan oleh Totok, yang berprofesi sebagai pemandu di 'wisata' lumpur Lapindo. Totok mengatakan bahwa aksi yang dilakukan oleh Hari sebenarnya ditunggangi oleh sebuah LSM. "Aksi Pak Hari itu ditungganggi LSM, tapi saya tak tahu LSM apa," ujar Totok.

Sebagian besar warga Kedungbendo sudah mahfum bahwa Hari dari semula memang hanya ingin berjuang untuk mengamankan aset tanah dan bangunan yang dimiliki istrinya. Aset itu memang milik istrinya secara pribadi karena aset tersebut merupakan peninggalan dari mantan suaminya yang sudah almarhum.

Hari memang menikahi istrinya yang saat itu statusnya janda. Sebelum meninggal, suami istrinya tersebut meninggalkan tanah dan bangunan yang sekarang sudah terendam lumpur Lapindo. Istrinya memang asli dari Kedungbendo, sementara Hari berasal dari Surabaya.

Dari pengamatan detikcom, rumah kontrakan Hari yang ada di Desa Kajeksan, Tulangan, dalam keadaan tertutup. Menurut para tetangga, rumah berukuran 4 x 8 itu kosong sejak tanggal 14 Juni 2012 lalu atau sejak Hari mulai berjalan kaki dari Porong.
__________________________________________________ __________________________________________________ ___________________________________



Kesimpulan:
1. Pak Hari memang warga Sidoarjo walau bukan asli Sidoarjo (melainkan dari Surabaya);
2. Tujuan Pak Hari memang adalah menuntut haknya. Bila haknya sudah dipenuhi, maka usailah sudah perjuangannya.

Beliau gak bisa disalahkan.

itsreza
29-07-2012, 02:44 PM
biar semua korban lumpur lapindo dapat bahagia seperti pak hari
mereka smua harus bersama-sama ke Jakarta bertemu bakrie tv one

choodee
29-07-2012, 03:43 PM
iya coba korban lapindo pawai gitu ke rumah bakrie, sekalian lempar bom molotov ke jendela rumahnya

BundaNa
29-07-2012, 04:14 PM
ruwetnya kasus Lapindo, sudah membuktikan pemerintah ga punya taji sama orang berduit...pemerintah aja ga punya taji, apalagi pak hari yang cuma korban lumpur lapindo?

AsLan
29-07-2012, 04:19 PM
Apalagi kalo orang berduit nya udah merangkap sebagai Presiden RI ::hihi::

Urzu 7
29-07-2012, 04:38 PM
Apalagi kalo orang berduit nya udah merangkap sebagai Presiden RI ::hihi::

Satu negara bisa banjir hutanglumpur;D

spears
29-07-2012, 04:46 PM
Dukung ARB menjadi Bupati Sidoarjo!!

Pasti nih org udah dikasih duit.
Bakrie bikin gedung,bangun mall dmana2 bisa, tp bayar ganti rugi korban lapindo kok nggak bisa ya?

BundaNa
29-07-2012, 04:48 PM
bukan gak bisa, tapi ga mau...karena gak profit

AsLan
29-07-2012, 04:50 PM
Dukung ARB menjadi Bupati Sidoarjo!!

Pasti nih org udah dikasih duit.
Bakrie bikin gedung,bangun mall dmana2 bisa, tp bayar ganti rugi korban lapindo kok nggak bisa ya?

karena dia bikin gedung atau mall kan hasilnya adalah tetap miliknya sendiri, bahkan bisa membawa profit yg lebih lagi.

kalau ganti rugi ? ngasi2 duit ke orang lain ? ogah dia :))

BundaNa
29-07-2012, 04:52 PM
duitnya buat modal nyalon presiden, dan siap2 dikutuk deh Indonesia kalau presidennya dia -_-

AsLan
29-07-2012, 04:54 PM
Mungkin menjelang pemilu nanti, dia beresin semua masalah lapindo buat naikin popularitas.

choodee
29-07-2012, 04:56 PM
si pak hari ini orangnya mayan pintar, dia mungkin sadar bahkan jadi korban paling merana seindo pun kalo duduk diam menunggu bantuan, itu bantuan ga bakal cair2, maka dia pake cara yang menarik perhatian publik dan media, alhasil dia dapet kan duitnya~

sekarang ini di indo, apa2 yang menarik minat media, pasti diperhatikan sama pejabat.

david faisal
29-07-2012, 06:10 PM
emang sepertinya sudah di seting kalau si hari suruh jalan sama si roti, terus nyampe jakarta suruh minta maaf, supaya kalau ada korban lapindo tidak memakai cara yang sama karena sudah basi

ndableg
29-07-2012, 06:42 PM
Beliau gak bisa disalahkan.

Hehehe... artinya orang aja yg salah sangka.. ud semangat duluan.. dikira bakal jadi hero..

Ray Surya
29-07-2012, 08:22 PM
yg jalan 1 orang sih, ya jelas kalah, kalo 1 juta orang sidoarjo, pasti bisa mandiin pak roti pakai bensin & ngasih kalung ban bekas

lily
29-07-2012, 09:05 PM
iya coba korban lapindo pawai gitu ke rumah bakrie, sekalian lempar bom molotov ke jendela rumahnya

Wuakakakakaka choodee sadis ::ngakak2::

jojox
30-07-2012, 10:23 AM
Semua orang pasti ada harganya, biasa aja. :ngopi:
Bisnis ma Bakrie mah pake duit, ndak harus pake hati, etika, perasaan, dan emosi.
Pengin duit dari om Bakrie? Bikin dia rugi secara ekonomi. Getooo caranya. Dah pernah dibuktikan ama pelanggan2 ILC. ::ngakak2::

nodivine
30-07-2012, 11:07 AM
ngomong ngomong soal lumpur, sampai sekarang itu, gimana keadaan Sidoarjo?
makin besar katanya ya semburannya?

BundaNa
31-07-2012, 11:36 AM
udah jadi kota wisata, wisata lumpur -_-

itsreza
31-07-2012, 01:04 PM
lumpurnya berkhasiat melembutkan kulit
bisa digunakan untuk luluran wajah dan tubuh ;)




khusus ternak ::hihi::

E = mc
31-07-2012, 01:15 PM
makin besar katanya ya semburannya?

secara debit lumpur sih malah mengalami penurunan (sekarang debitnya 10.000 sampai 15.000 meter kubik per hari) dibandingkan dg masa-masa puncak yg sampai 100.000 meter kubik. Meski demikian, gak ada tanda-tanda bahwa lumpur yg membludak akan berhenti dlm waktu beberapa tahun ke depan. masih sangat lama. ordenya mencapai dekade....

bradon heat
31-07-2012, 01:33 PM
^^^ kalau keluar terus , pasti akan ada ruang kosong ...
kira2 udah ada estimasi waktunya tanah disana akan amblas??

E = mc
31-07-2012, 01:39 PM
lha, emang udah amblas kan? makanya terbentuk semacam "danau" lumpur, danaunya amblas turun. cuman turunnya gak ampe bermeter-meter gituh

spears
31-07-2012, 01:41 PM
dulu pas gw masih tugas di Surabaya, pernah naik taksi, n tukang taksinya cerita..(kaga tau ya bener apa enggaknya nih legenda)...
katanya, jaman dahulu kala, raja joyoboyo pernah mengatakan (atau meramalkan lebih tepatnya ya..) bahwa Surabaya itu adalah kota yang berasal dari rawa dan akhirnya akan kembali menjadi rawa.


well....::ungg::

bradon heat
31-07-2012, 01:58 PM
lha, emang udah amblas kan? makanya terbentuk semacam "danau" lumpur, danaunya amblas turun. cuman turunnya gak ampe bermeter-meter gituh

dengan massa lumpur yg diatas tanah dan ruang kosong di bawahnya , kira-kira nih , sebesar apa "amblas" yg di timbulkan ??


dulu pas gw masih tugas di Surabaya, pernah naik taksi, n tukang taksinya cerita..(kaga tau ya bener apa enggaknya nih legenda)...
katanya, jaman dahulu kala, raja joyoboyo pernah mengatakan (atau meramalkan lebih tepatnya ya..) bahwa Surabaya itu adalah kota yang berasal dari rawa dan akhirnya akan kembali menjadi rawa.


well....::ungg::

surabaya atau sidoarjo nya :tanya:

E = mc
31-07-2012, 02:28 PM
dengan massa lumpur yg diatas tanah dan ruang kosong di bawahnya , kira-kira nih , sebesar apa "amblas" yg di timbulkan ??

perkiraan kasar, jumlah total volume lumpur di sana ada 1.155 miliar m. cukup untuk menenggelamkan Jakarta setinggi 1.74 meter atau seluruh kabupaten sidoarjo setinggi 1.95 meter.

Tapi itu bukan berarti seluruh kabupaten sidoarjo akan ambles sedalam 1.95 meter. Amblesnya permukaan tanah merupakan proses yg kompleks dan rumit. melibatkan banyak faktor seperti tingkat tekanan batuan di bawahnya, semakin kompak batuan (seperti batu granit) maka makin kecil kemungkinan amblasnya dibandingkan batuan yg gak kompak (seperti pasir).

Lumpur yg ada di bawah juga tidak berbentuk kolam lumpur yg gerowong begitu saja, tapi nyempil di sela-sela pori batuan (bayangkan air yg menyerap ke dalam batu bata), jd meski semua lumpur di keluarkan (air di batu bata dikeringkan), volume keseluruhan batuan (batu bata) tidak berkurang drastis. Apalagi jika ada fluida lain (misal air tanah) yg menggantikan volume lumpur yg keluar.

Juga tergantung pada beban di atasnya, padahal lumpur yg keluar gak semuanya ditampung, tapi dibuang ke sungai.

Singkat kata, tak ada perkiraan pasti berapa besar danau yg akan terbentuk dan sebarapa dalam amblasan yg akan tercipta. Kecuali kita punya data faktor deformasi batuan di daerah semburan lumpur--yg pastinya tidak akan dikasih buat konsumsi publik.