PDA

View Full Version : Kopaja Eksekutif



E = mc˛
19-07-2012, 11:36 AM
Udah agak lamaan sih sebenernya, cuman saya baru naik hari kemaren banget ;D


Menjelang masa akhir jabatannya sebagai gubernur DKI Jakarta, Foke meluncurkan angkutan Kopaja yang ber-AC plus ada fasilitas WiFi di Pintu Ragunan Barat, Jakarta Selatan, Kamis ini, 5 Juli 2012. Total ada 6 unit Kopaja yang diluncurkan dan siap pakai.

Yaitu Kopaja P19 (jurusan Ragunan-Tanah Abang) dan Kopaja P20 (jurusan Senen-Lebak BUlus). Setiap penumpang yang naik Kopaja ini hanya dikenai ongkos Rp 5000.

Untuk rute yang dilewati oleh P19 jurusan Ragunan-Tanah Abang akan melewati Jalan Ampera, Jalan Arteri Pondok Indah, Jalan Dharmawangsa, Jalan Iskandarsyah, Jalan Sisingamangaraja, Jalan M.H. Thamrin, Cideng. Sementara untuk rute P20 jurusan Senen-Lebak Bulus akan melewati Bungur, Gunung Sahari, Lapangan Banteng, Tugu Tani, Menteng, M.H. Thamrin, Jalan Rasuna Said, Ringroad Selatan.

Foke berharap dengan adanya peluncuran Kopaja ini, akan memberikan pelayanan yang makin baik dan makin nyaman untuk para penumpang.

http://jakartamagazine.com/ayoo-siapa-mau-naik-kopaja-ac-ber-wifi/

Udah lama tau ttg peluncurannya sih, tapi baru nyoba kemaren naik.

Oke, Kopaja dg fasilitas WIFI, benar-benar sebuah program yg bagus. Tapi kok saya merasakan kesan mubazir banget yak?

Kemaren pas saya naik, yg kutak-ketik maenin HP cuma 3 orang (dan sy tidak bisa memastikan apakah mereka sedang memanfaatkan fasilitas WIFI di kopaja tsb atau cuma balas sms doang. Pas saya coba buka, kecepatannya juga alakadarnya, cepetan pake sinyal HSDPA. Sebenernya tujuan utama pasang wifi tuh buat apa sih? memanjakan penumpang? Kebanyakan penumpang malah tidur atau bengong (saya lebih memilih baca buku).

Di kepala saya, fasilitas WIFI di Kopaja, kayaknya masuk prioritas kesekian deh. Daripada pasang yg "aneh-aneh" buat bikin masyarakat mau gunain transport umum, mending beresin dulu hal-hal lain yg lebih mendesak dan lebih primer. Mending semua Kopaja jelek yg kerit-keriut bunyinya dan udah uzur diremajain, atau yg lebih utama: beresin dulu masalah macet. Saya gak yakin banget kalo Kopaja ber-wifi bakal memberikan kontribusi mengurangi kemacetan--dan ngomong-ngomong, saya telat 35 menit sampai lokasi, padahal biasanya sy selalu 30 menit lebih dulu drpd jadwal, sehingga saya harus ngemis-ngemis minta ampunan karena terlambat. Alias saya telat 1 jam-an karena macet ::nangis::

Dan saya sangat pesimis kalo fasilitas wifi itu bakal bertahan >1 tahun. kalo sekali rusak, gak yakin bakal dibenerin lagi *melihat kasus bus transjakarta banyak yg kumuh*

*gak tau bahas apa, merangkap curhat aja deh. yang jelas pas sy masuk, sy tertawa, bukan tertawa senang melihat wifi gretongan, tapi tertawa ironis ;D

*betewe, di luar negeri, ada gak sih bis-bis buat umum yg pake fasilitas wifi?

GiKu
19-07-2012, 11:46 AM
WiFi adalah jaringan lokal nirkabel
bedakan WiFi dengan akses internet

kalau sekelompok orang penggila game jaringan naeik kopaja itu, tentu bisa lanjut maen game di situ

bus akap lokal juga ada yg pake wifi (PO Bejeu)

di negara tetangga, bus umum juga ada yg kasih fasilitas wifi

kalau ada manfaatnya, silakan dipakai jangan dicela

AsLan
19-07-2012, 11:56 AM
Mungkin karena tarifnya masih 5000 maka WiFi nya jadi gak berguna...

nanti kalau sudah dinaikkan jadi 15rb, baru deh isinya banyak orang yg sibuk akses internet.

Disebut bus eksekutif kalo tarif nya 5rb ya gak cocok..

jojox
19-07-2012, 12:39 PM
AC itu kebutuhan primer, moga2 aja gak pake Freon banyak2. ini dah cukuppppp banget dan nyaman.

yang kedua; media buat audio/visual buat informasi Jalur trayek, halte dimana aja, jam berangkat shuttle dll. sedikit selingan promosi/ad dari Toko Besi
atau Obat Kuat yah gpp....sumber pemasukan bagus buat operasional. Gitu aja dah bagus dan cukup dan sangat bisa direalisasikan dalam waktu dekat.

yang ketiga: selesaikan ini berjemaah tanpa kecuali di seluruh trayek DKI. semua standard, semua nyaman. ini dah reputasi bagus. Beaya, bebankan ke konsumen. pasti dibayar !

itsreza
19-07-2012, 02:33 PM
Mirip dengan Kopaja AC S13, cuma menggunakan rute trayek lama tidak seperti
S13 yang buat rute baru. Ini peremajaan atau penambahan angkutan?

ndableg
19-07-2012, 04:36 PM
Mau pake ac kek, wifi kek, baling2 kek, pake sayap kek, ini penambahan.. jelas penambahan kemacetan.

TheCursed
19-07-2012, 04:49 PM
Mau pake ac kek, wifi kek, baling2 kek, pake sayap kek, ini penambahan.. jelas penambahan kemacetan.

kalo pake sayap dan baling2, jadi penambahan tanpa menambah kemacetan. Sebab bisnya terbang.

gue pribadi lebih setuju kalo duitnya di pake buat operasi pendisiplinan pemakai jalan raya di Jakarta. Operasi yang serius dan konsisten.

GiKu
19-07-2012, 05:12 PM
kalo pake sayap dan baling2, jadi penambahan tanpa menambah kemacetan. Sebab bisnya terbang.

gue pribadi lebih setuju kalo duitnya di pake buat operasi pendisiplinan pemakai jalan raya di Jakarta. Operasi yang serius dan konsisten.


jargon apaan lagi tuh ?

pemakai jalan raya di jakarta ada berapa puluh orang ?

:ngopi:

gogon
19-07-2012, 05:15 PM
karena dirilisnya baru sekarang, jadi keliatannya akal2an Foke untuk naikin pamor.

coba dari dulu, pasti banyak yg milih dia.

GiKu
19-07-2012, 05:17 PM
rilisnya ud lama, Gon
transportasi getek juga ud diuji coba, tapi gak laku

itsreza
19-07-2012, 07:22 PM
S13 kalau tidak salah dulu sempat dipermasalahkan izinnya, karena rute trayek bersinggungan
dengan salah satu koridor transjakarta dan juga tidak ada dalam rencana transportasi umum
masal kota Jakarta. Getek itu jaman Sutiyoso ya, gagal total ;D

GiKu
19-07-2012, 07:42 PM
monorail juga jama sutioso, gak dilanjutkan

itsreza
19-07-2012, 07:59 PM
monorail salahnya dikasih ke investor lokal yang modalnya ga kuat
bakal dilanjutkan, tapi berubah jadi elevated busway ;D

nodivine
19-07-2012, 08:00 PM
^
monorail itu bukannya diganti MRT ya?
CMIIW.

tiangnya masih blom dibongkar tuh? ::doh::

itsreza
19-07-2012, 08:07 PM
beda. itu tiang mau dipakai elevated busway.
nanti penumpangnya turun di atas ;D

TheCursed
19-07-2012, 09:28 PM
jargon apaan lagi tuh ?

pemakai jalan raya di jakarta ada berapa puluh orang ?

:ngopi:

Exactly. Jadi sayang kan kalo duitnya di pake buat hal2 yang efektifitas dan kontinuitas-nya nggak jelas ?
Pemakai jalan di Jakarta jumlahnya jutaan, hampir nggak ada yang disiplin. Makanya jalanan selebar apapun macet mulu, orang semuanya make jalan se-enak udelnya.
Dan nggak ada satupun pihak yang berwenang yang mau ngurusin...

---------- Post Merged at 07:28 PM ----------


rilisnya ud lama, Gon
transportasi getek juga ud diuji coba, tapi gak laku

Gimana maul laku ? orang lewat kali yang warnanya udah kaya aspal gitu. Belom lagi aroma dan pemandangannya.

itsreza
19-07-2012, 10:02 PM
bukan gimana mau laku, itu getek aja ga bisa lewat karena sampah selalu nyangkut di motornya ::hihi::

Fere
20-07-2012, 12:01 AM
bukan gimana mau laku, itu getek aja ga bisa lewat karena sampah selalu nyangkut di motornya ::hihi::
ho oh.. dulu liat di tipi pas uji coba getek, tapi geteknya berkali2 macet,
gara2 baling2nya nyangkut sampah mulu.. ;D

itsreza
20-07-2012, 02:34 AM
dan kalau dibersihkan yang terangkat bukan sekedar sampah ;D