PDA

View Full Version : Saksi Yehuwa



keremus
17-03-2011, 01:52 PM
Saya sebenarnya ingin menempatkan topik ini di ruang Kristen-Katolik
tapi saya tak punya akses ke situ.

Saya kepengen bertanya, adakah kawan-kawan di sini yang menganut
Saksi Yehuwa ?

Apakah SY termasuk sekte dari Protestan ?

Apa yang membedakannya dengan Kristen yang lainnya ?

Saya pernah mendengar cerita kawan saya bahwa metode SY
menyiarkan agama ini dengan cara serupa Jamaah Tabligh kalau
dalam agama Islam. Misalnya mendatangi rumah-rumah atau orang
per orang. Benarkah?


Apakah SY dianggap sesat atau sempalan dari Kristen ?

terima kasih

danalingga
17-03-2011, 02:44 PM
Yang saya denger SY ini dianggap Kristen murtad alias bukan kristen karena tidak memegang kepercayaan pokok kristen mengenai tri tunggal.

kandalf
17-03-2011, 02:51 PM
Pengalaman di Miami dan di Blok M, kelompok ini gak menyebarkan dari rumah ke rumah tetapi dari orang ke orang. Dan kayaknya mereka milih-milih deh, gak semua mereka kasih.

Nama publikasi mereka, buletin Watchtower.

OOT dikit,
aku udah berapa kali disangka orang Kristen bahkan pernah ada yang nanya apakah aku dari Seminari, emang apa yang salah dari penampilanku yah? Padahal udah piara jenggot.

AsLan
17-03-2011, 05:12 PM
Saya punya saudara yg Saksi Yehova, teman saya juga ada.
Selain itu rumah saya termasuk yg rutin dikunjungi oleh Saksi Yehova karena meskipun sering mendebat tapi saya selalu welcome dan baik pada mereka.

Saksi Yehova itu tidak percaya Yesus itu Allah, tidak percaya bahwa Yesus adalah sang pencipta yg lahir sebagai manusia.
Mereka mengakui Yesus adalah anak Allah (kita manusia juga anak-anak Allah, tapi Yesus anak sulung), tapi tingkatannya tidak sepadan dengan Allah Bapa (Yehuva).

Para Saksi2 Yehuva tidak percaya Yesus mati untuk menebus dosa manusia, manusia harus berbuat baik untuk mendapat keselamatan.
Ajaran Kristen --> Yesus menyelamatkan manusia, orang yg sudah diselamatkan otomatis menyukai perbuatan baik karena mereka adalah benih yg baik, tapi perbuatan baik bukan syarat masuk surga.

Mereka cukup berani dalam menyebarkan agama.
Mereka memang cukup militan, dan bersedia mati demi injil.
Dalam sejarah ada cukup banyak daftar saksi Yehova yg menjadi martir karena keberanian mereka dalam menyebarkan injil.

Saksi Yehova menganggap orang Kristen adalah pengikut iblis, orang beragama dan pemerintah semua adalah kerajaan iblis.
Mereka tidak mau ikut upacara bendera karena menghormati bendera adalah penyembahan berhala.
Juga tidak mau melakukan transfusi darah, karena mereka percaya jiwa manusia ada didalam darah.

Dalam dompet mereka ada kartu keterangan tidak mau menerima donor darah dalam kondisi apapun, termasuk bagi anak2 mereka yg hampir tewas sekalipun.

keremus
17-03-2011, 07:40 PM
Juga tidak mau melakukan transfusi darah, karena mereka percaya jiwa manusia ada didalam darah.

Dalam dompet mereka ada kartu keterangan tidak mau menerima donor darah dalam kondisi apapun, termasuk bagi anak2 mereka yg hampir tewas sekalipun.

Waw.



Trus, apakah mereka punya gereja sendiri ?
Bagaimana sejarah SY ini, awalnya muncul di mana?

AsLan
17-03-2011, 09:00 PM
Saksi2 Yehova didirikan oleh Charles Taze Russell.
Tapi lucunya kalau anda tanya kepada anggota Saksi Yehova, mereka takkan mengakuinya, bahkan banyak anggota yg tidak tahu sang pendirinya karena tidak diajarkan.
Yang diajarkan pada mereka adalah, Saksi Yehova merupakan lanjutan dari gereja mula2 dijaman murid2 Yesus.

Salah satu ajaran pertama yg dipikirkan oleh Charles Taze Russell adalah, kalau Tuhan itu kasih maka tidak akan ada yg namanya Neraka.
Itu sebabnya hingga kini Saksi Yehuva percaya Neraka itu tidak ada, atau tidak berupa tempat penyiksaan.
Bagi mereka Neraka adalah tempat peniadaan, anihilation.
Orang yg jahat dan tidak bertobat, akan dilenyapkan selama2nya, bukan disiksa dineraka.

Charles Taze Russell awalnya adalah anggota gereja Baptis yang kemudian menjadi anggota gereja Advent.
Kemudian ia membuat jalur sendiri.

Yang menarik, Charles Taze Russell meramalkan Yesus akan datang di tahun 1914, itu sebabnya ribuan pengikut saksi Yehuva menjual harta benda mereka dan menantikan akhir jaman di tahun tersebut.
Setelah tanggal tersebut lewat ternyata Yesus tidak datang sehingga ramalan direvisi ke tahun 1915 yg juga tidak terjadi.
Kemudian ramalan tersebut direvisi kembali, namun dikatakan bahwa Yesus akan datang secara Rohani jadi tidak kelihatan.

Charles Taze Russell meninggal di tahun 1916 dan diteruskan oleh Joseph Franklin Rutherford.

Sejarah Saksi2 Yehuva jarang diajarkan kepada anggota mereka.

Anggota2 Saksi Yehuva hidup dalam lingkungan yg tertutup, mereka dilarang menikah dengan non Saksi Yehuva.
Rata2 anggotanya tidak membaca buku rohani apapun selain bahan bacaan yg dikeluarkan oleh organisasi, mereka juga melakukan perhimpunan 2 kali seminggu atau lebih.

Sebetulnya mereka tidak setuju dengan adanya gedung gereja, namun belakangan karena tuntutan kondisi dimana anggota mereka semakin banyak, maka akhirnya banyak juga gedung2 yg didirikan untuk tempat berhimpun.

Setiap anggota diberi tugas mengabarkan injil minimal seminggu sekali, mereka berjalan berdua-dua, biasanya seorang senior dengan seorang yunior.
Tapi untuk menghadapi orang yg sulit (seperti saya) biasanya yg yunior tidak boleh ikut karena takut terkontaminasi ajaran luar.
Bila mengabar kepada perempuan maka yg maju adalah anggota perempuan, sebaliknya kepada laki2 mereka akan mengutus laki2 juga.

Anggota diwajibkan membuat laporan kerja, kepada siapa mereka telah mengabarkan injil setiap minggunya, bila tidak melakukannya maka sanksi moralnya lumayan tak enak yaitu disindir2 saat berhimpun (ini pengakuan dari seseorang).

Sebagaimana sekte2 lainnya, Saksi Yehuva membatasi anggotanya untuk tidak banyak bergaul dengan orang lain diluar organisasi, itu sebabnya para anggota menjadi semakin terikat satu sama lain dan sangat setia pada pemimpin. Maka secara psikologis, sangsi2 sosial yg diberikan kepada anggota yg dianggap bersalah akan sangat memukul secara psikologis.

Hampir semua sekte pasti melakukan teknik2 isolasi semacam ini, seperti NII, david koresh dll

Asum
17-03-2011, 09:29 PM
Saksi Yehuwa (http://id.wikipedia.org/wiki/Saksi-Saksi_Yehuwa)


Perbedaan kepercayaan terhadap doktrin Kristen

Saksi-Saksi Yehuwa mengajarkan bahwa setelah kematian rasul yang terakhir, Gereja perlahan-lahan menyimpang, dalam suatu Kemurtadan Besar (2 Tesalonika 2:6-12), dari ajaran-ajaran asli Yesus dalam beberapa pokok yang penting. Jadi kebanyakan doktrin of Saksi-Saksi Yehuwa berbeda dari Kekristenan arus utama, dan dianggap sebagai ajaran sesat oleh kebanyakan pakar Kristen arus utama. Barangkali, perbedaan-perbedaan doktriner yang paling kontroversial berkaitan dengan hakikat Allah dan Yesus, khususnya penolakan terhadap Tritunggal. Berlawanan dengan doktrin Tritunggal, mereka percaya bahwa Yesus bukanlah Allah yang mengenakan tubuh manusia, melainkan ia diciptakan oleh Allah. Keyakinan-keyakinan para Saksi Yehuwa tentang neraka, keabadian jiwa, kehadiran Yesus kembali ke bumi, dan keselamatan juga kontroversial.


Saya punya buku dengan judul "Menolak Mitos Trinitas (judul asli : Should You Believe in The Trinity?)" sebagai bantahan kalangan Kristen Yehova; Yesus bukan tuhan.

Penjelasannya logis dan alkitabiyah <<< menurut saya.

AsLan
18-03-2011, 12:51 AM
Saya sudah cukup mendalami ajaran saksi Yehova, dan mereka sering memainkan kata2.
Terutama karena orang Indonesia tidak paham kata2 dalam bahasa asli kitab suci.

Beda utama dari Saksi Yehuva dengan kekristenan adalah,
Saksi Yehuva punya pandangan sendiri, lalu memaksa kitab suci agar menjadi sesuai dengan pandangan tersebut.

Kalau Kristen yg sejati adalah, pelajari kitab suci secara keseluruhan lalu pahami maknanya, jadikan hal itu pandangan diri.


Contoh,

Saksi Yehuva suka mengutip ayat Wahyu 3:14 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah:

Dengan dasar ayat ini maka mereka mengatakan Yesus adalah ciptaan Allah yg pertama.

Orang Kristen membandingkan ayat ini dengan Kolose 1:16-17

16 karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.

Arti kata Permulaan maksudnya ada di Kolose 1:17

17 Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.

Maka orang Kristen percaya Yesus BUKAN ciptaan, melainkan Pencipta.

AsLan
18-03-2011, 12:57 AM
Sebetulnya Teologi Saksi Yehuva menemui jalan buntu yg self destructive.

Pertama mereka percaya Allah itu Esa dan Yesus adalah Ciptaan.

Namun ayat2 Alkitab dengan jelas menunjukkan bahwa Yesus adalah pencipta Alam semesta, dan hal ini harus diakui juga oleh Saksi Yehuva.
Maka Saksi Yehuva percaya bahwa Yehuva mencipta Yesus, Yesus mencipta Alam semesta.

Yesus yg Sang Pencipta ini masa bukan Allah ?

Maka Akhirnya mereka percaya ada 2 tingkatan Allah, yaitu Allah yang maha kuasa, Almighty (Yehuva) dan Allah yg Perkasa, Mighty (Yesus).
Sebuah kepercayaan yg kontra dengan kepercayaan pada Allah yg maha esa.

Asum
18-03-2011, 12:59 AM
mas AsLan lupa mengutip pasal sebelumnnya yaitu Kolose 1:15



btw, sebaiknya memang ada Pelanggan yg dari Saksi Yehuwa supaya seimbang ;))

AsLan
18-03-2011, 01:08 AM
Kolose 1:15 juga harus dipahami dengan konteks ayat lainnya.
15 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,

Ini satu ayat yg juga sering dipakai oleh Saksi Yehuva untuk memaksakan anggapan bahwa kata "Sulung" artinya: Yesus itu ciptaan Allah yg pertama.

Tapi nyatanya, ayat2 berikutnya menjelaskan apa arti kata "Sulung" yaitu:

Kolose 1:18 Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu.

Dari situ jelas kata "sulung" jangan diartikan seenaknya sendiri, tapi harus sesuai konteks kitab suci.

Yesus disebut Sulung bukan karena dia ciptaan pertama tapi karena ia adalah yg pertama bangkit dari semua anak2 Allah.
(orang Kristen percaya akan kebangkitan bagi semua orang beriman, Yesus lah yg pertama bangkit dari kaum ini, maka Dialah yg sulung)

ndableg
18-03-2011, 01:09 AM
Kalo gw perhatikan malah saksi yehova ini lebih dekat dgn ajaran islam. KEknya dalam bibel ga ada yesus bilang saya tuhan, sembahlah saya..

Sodara gw ada yg masuk saksi yehova. Mereka ndak punya gereja. Gerejanya nyewa sana sini, dan ga keliatan kek gereja. Mirip2 muslim di eropa.

Asum
18-03-2011, 01:18 AM
Ini situs resmi dari Saksi Yehuwa : http://www.watchtower.org/in/bh/

Link ini Bagus juga Siapakah Yesus Kristus? (http://www.watchtower.org/in/bh/article_04.htm)


Anda perlu mengetahui kebenaran tentang Yesus. Mengapa? Karena Alkitab mengatakan, ”Ini berarti kehidupan abadi, bahwa mereka terus memperoleh pengetahuan mengenai dirimu, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenai pribadi yang engkau utus, Yesus Kristus.” (Yohanes 17:3) Ya, jika Anda mengetahui kebenaran tentang Allah Yehuwa dan tentang Yesus Kristus, Anda dapat memperoleh kehidupan abadi dalam Firdaus di bumi. (Yohanes 14:6) Selain itu, Yesus memberikan teladan terbaik tentang cara menempuh kehidupan dan cara memperlakukan orang lain. (Yohanes 13:34, 35)


Setiap orang memang boleh mengklaim kami benar kamu salah, selama semua bersumber dari data2 yang otentik, tidak ada masalah.
:)>-

AsLan
18-03-2011, 01:23 AM
Mungkin lebih cocok kalau dikatakan bahwa ajaran saksi yehuva ini mirip pandangan Islam terhadap Kristen.

Memang dalam ke Kristenan ada ajaran2 yg sulit diterima oleh pikiran manusia, terutama saat Tuhan mengajarkan tentang siapa diriNya.

Misalnya saat ditulis tentang 1 Allah tapi 3 Pribadi, hal ini sulit dipahami karena semua manusia itu 1 orang 1 pribadi maka 1 Allah 3 Pribadi itu suatu hal baru.

Sebetulnya Yesus pernah menjelaskan siapa dirinya, Ia berkata bahwa sebelum Abraham ada Ia sudah ada.

Yesus juga berkali2 mengatakan bahwa Ia adalah Anak Allah dan hal ini membuat Yesus dibenci orang Yahudi karena mengaku sebagai Anak Allah artinya menyamakan diri dengan Allah.

Namun memang Allah tidak bersedia membuka mata semua orang, banyak hal yg sengaja Ia tutupi dan tetap berupa rahasia bagi sebagian orang.


Mat. 13:11 Jawab Yesus: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak.
Mrk. 4:11 Jawab-Nya: "Kepadamu telah diberikan rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang luar segala sesuatu disampaikan dalam perumpamaan,

Asum
18-03-2011, 06:51 AM
Memang dalam ke Kristenan ada ajaran2 yg sulit diterima oleh pikiran manusia, terutama saat Tuhan mengajarkan tentang siapa diriNya.

...

Namun memang Allah tidak bersedia membuka mata semua orang, banyak hal yg sengaja Ia tutupi dan tetap berupa rahasia bagi sebagian orang.

Bertolak belakang dengan yang disampaiakan Saksi Yehuwa, dimana mereka menjelaskan secara alkitabiyah sbb :


ALLAH INGIN AGAR ANDA MENGENAL DIRINYA

14 Seandainya Anda ingin seseorang mengenal Anda, apa yang mungkin akan Anda lakukan? Bukankah Anda akan memberitahukan nama Anda kepadanya? Apakah Allah mempunyai nama? Menurut banyak agama, nama-Nya adalah ”Allah” atau ”Tuhan”. Tetapi, itu bukan nama pribadi melainkan gelar, seperti gelar ”raja” dan ”presiden”. Alkitab mengajarkan bahwa Allah mempunyai banyak gelar selain ”Allah” dan ”Tuhan”. Tetapi, Alkitab juga mengajarkan bahwa Allah mempunyai nama pribadi, yaitu Yehuwa. Mazmur 83:18 (ayat 19, Terjemahan Baru) mengatakan, ”Engkau, yang bernama Yehuwa, engkau sajalah Yang Mahatinggi atas seluruh bumi.” Jika Alkitab Anda tidak memuat nama itu, silakan lihat Apendiks di buku ini untuk mengetahui alasannya. Sebenarnya, dalam naskah Alkitab kuno nama Allah muncul ribuan kali. Jadi, Yehuwa ingin agar Anda mengetahui dan menggunakan nama-Nya. Dapat dikatakan, Ia menggunakan Alkitab untuk memperkenalkan diri-Nya kepada Anda.

15 Allah memberi diri-Nya sebuah nama yang penuh makna. Nama-Nya, Yehuwa, menunjukkan bahwa Allah dapat memenuhi janji apa pun yang Ia buat dan dapat melaksanakan apa pun yang telah Ia tetapkan.* Nama Allah itu unik, lain dari yang lain. Hanya Dialah yang memiliki nama itu. Yehuwa unik dalam banyak hal. Apa saja contohnya?

16 Dalam Mazmur 83:18 kita membaca tentang Yehuwa, ”Engkau sajalah Yang Mahatinggi.” Demikian pula, hanya Yehuwa yang disebut ”Yang Mahakuasa”. Penyingkapan 15:3 mengatakan, ”Besar dan menakjubkan semua perbuatanmu, Allah Yehuwa, Yang Mahakuasa. Jalan-jalanmu adil-benar dan benar, Raja kekekalan.” Gelar ”Yang Mahakuasa” memberi tahu kita bahwa Yehuwa adalah satu-satunya Pribadi yang paling berkuasa. Kuasa-Nya tidak tertandingi, paling unggul. Dan, gelar ”Raja kekekalan” mengingatkan kita bahwa Yehuwa unik dalam arti lain. Dia sajalah yang selalu ada. Mazmur 90:2 mengatakan, ”Dari waktu yang tidak tertentu sampai waktu yang tidak tertentu [atau, selama-lamanya], engkaulah Allah.” Tidakkah hal itu membangkitkan rasa takut dan hormat?

17 Yehuwa juga unik karena Dia sajalah sang Pencipta. Penyingkapan 4:11 menyatakan, ”Yehuwa, ya, Allah kami, engkau layak menerima kemuliaan, kehormatan, dan kuasa, karena engkau menciptakan segala sesuatu, dan oleh karena kehendakmu semua itu ada dan diciptakan.” Apa saja—para malaikat di surga, bintang-bintang yang bertaburan di langit, buah-buahan di pohon, ikan yang berenang di laut dan sungai—semuanya ada karena Yehuwa yang menciptakannya!


APAKAH ANDA BISA DEKAT DENGAN YEHUWA?

18 Setelah membaca tentang sifat-sifat Yehuwa yang begitu luhur, ada orang yang merasa agak takut. Mereka khawatir bahwa Allah terlalu mulia bagi mereka, bahwa mereka tidak pernah bisa mendekat kepada-Nya, atau bahwa mereka sama sekali tidak ada artinya bagi Allah yang demikian luhur. Tetapi, apakah pandangan seperti itu benar? Alkitab justru mengajarkan hal yang sebaliknya. Tentang Yehuwa dikatakan, ”Dia sebenarnya tidak jauh dari kita masing-masing.” (Kisah 17:27) Alkitab bahkan mendesak kita, ”Mendekatlah kepada Allah dan ia akan mendekat kepadamu.”—Yakobus 4:8.

19 Bagaimana Anda bisa mendekat kepada Allah? Pertama-tama, teruslah lakukan apa yang sedang Anda lakukan sekarang, yaitu belajar tentang Allah. Yesus mengatakan, ”Ini berarti kehidupan abadi, bahwa mereka terus memperoleh pengetahuan mengenai dirimu, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenai pribadi yang engkau utus, Yesus Kristus.” (Yohanes 17:3) Ya, Alkitab mengajarkan bahwa dengan belajar tentang Yehuwa dan Yesus, Anda akan memperoleh ”kehidupan abadi”! Sebagaimana telah dinyatakan, ”Allah adalah kasih.” (1 Yohanes 4:16) Yehuwa juga mempunyai banyak sifat lain yang sangat bagus dan menarik. Misalnya, Alkitab mengatakan bahwa Yehuwa adalah ”Allah yang berbelaskasihan dan murah hati, lambat marah dan berlimpah dengan kebaikan hati yang penuh kasih dan kebenaran”. (Keluaran 34:6) Ia ”baik dan siap mengampuni”. (Mazmur 86:5) Allah sabar. (2 Petrus 3:9) Ia loyal, atau setia. (Penyingkapan 15:4; 1 Korintus 1:9) Dengan lebih banyak membaca Alkitab, Anda akan melihat bagaimana Yehuwa memperlihatkan sifat-sifat tersebut dan banyak sifat lain yang menarik.
----
Pertanyaan pelajaran :
14. Siapa nama Allah, dan mengapa kita harus menggunakan nama itu?
15. Nama Yehuwa menunjukkan apa tentang diri-Nya?
16, 17. Apa yang dapat kita ketahui tentang Yehuwa dari gelar-gelar seperti: (a) ”Yang Mahakuasa”? (b) ”Raja kekekalan”? (c) ”Pencipta”?
18. Mengapa ada orang yang merasa bahwa ia tidak pernah bisa mendekat kepada Allah, tetapi apa yang Alkitab ajarkan?
19. (a) Bagaimana kita dapat mulai mendekat kepada Allah, dan apa manfaatnya? (b) Sifat-sifat Allah mana yang paling menarik bagi Anda?

kandalf
18-03-2011, 10:33 AM
@Aslan: Jadi menurut ente Saksi Yehuwah bisa dianggap Kristen atau tidak?

@Asum: Kata ente, Saksi Yehuwah lebih cenderung ke Islam. Jadi setuju gak kalau kita bilang Saksi Yehuwah Islam?

:D

AsLan
18-03-2011, 11:36 AM
Mengenai nama Allah = Yehuva.

Sebetulnya kalau kita menyelidiki Kitab Suci, ada beberapa kali Allah memperkenalkan diriNya dengan beberapa nama, yaitu:


Dalam Bahsa Ibrani:
El
Eloah
Elohim
YHWH
Adonay

lalu dalam bahasa Yunani:

Theos
Kyrios

Nama YHWH diproklamirkan kepada Musa, namun sebetulnya Abraham pun tahu nama ini karena istilah YHWH sudah dipakai oleh Enos cucu Adam.

Betulkah YHWH adalah nama diri Allah ?

Kalau YHWH adalah nama diri, maka seharusnya YHWH tidak boleh diterjemahkan.
(mis: nama Suryo tidak boleh diubah menjadi mentari atau matahari atau sun)

Tapi nyatanya kitab suci banyak menterjemahkan nama YHWH ini misalnya menjadi Kyrios dalam bahwasa Yunani.
artinya para ahli2 kitab suci Yahudi percaya bahwa YHWH adalah GELAR bukan nama pribadi Allah.

Selanjutnya, YHWH itu berupa 4 huruf kapital, lalu bagaimana cara menyebut YHWH yg benar ?
ada yg menyebut Yahweh ada yg menyebut Yehova, Yehuva ?

Orang Yahudi diseluruh dunia akan terbahak2 mendengar orang Kristen dan saksi Yehuva menyebut YHWH sebagai Yehuva !

---> Jehova adalah cara yg salah untuk membaca YHWH !
ini adalah kesalahan orang Eropa pada abad pertengahan, saat itu ada kelompok yg secara sembarangan menafsirkan nama YHWH dengan logika seperti berikut:

Y = J karena Yosua = Josua
W = V karena Dawid = David
lalu karena orang Yahudi tidak berani menyebut YHWH, mereka menggantinya dengan ADONAI, dari ADONAI inilah diambil huruf Konsonan A-O-A dan diselipkan kepada YHWH sehingga dengan semua rumus diatas jadilah YAHOVA
lalu karena lidah orang Eropa JAHOVA ini terdengar sebagai YEHOVA.

Padahal orang Yahdui sendiri tidak ada yg tahu cara menyebut YHWH yg sebenarnya, YHWH tetaplah sebuah misteri.


Dalam Bahasa Yunani, YHWH diartikan sebagai Ego Eimi Ho On

Saat Yesus di dunia, pernah satu kali Yesus berkata "Sebelum Abraham jadi, AKU lah Ego Eimi"
Hal ini membuat orang Yahudi sangat marah dan melempari Yesus dengan batu dan berniat membunuhNya.

Orang Islam sering menuduh bahwa Yesus tidak pernah berkata "Akulah Tuhan"
sebetulnya pernah tapi karena masalah terjemahan kedalam bahasa Inggris dan Indonesia cukup rumit maka hal ini menjadi kabur.
Tapi bagi orang Yahudi, kata2 Yesus jelas sekali merupakan proklamasi ke Tuhanan sehingga mereka marah.

Yesus juga pernah beberapa kali menggunakan YHWH untuk mendeskripsikan diriNya sendiri, misalnya saat Ia berkata
(Yoh 8:24) "Sebab jikalau kamu tidak percaya bahwa Ego Eimi, kamu akan mati dalam dosamu"
(Yoh 8:28) "Apabila kamu telah meninggikan (menyalib) Anak Manusia, barulah kamu akan tahu bahwa Ego Eimi"

Yesus hanya mengatakan Ego Eimi, bukan YHWH secara lengkap, namun kemudian ada ayat kunci yg menjelaskan Ego Eimi = Ho On (wahyu 1:8)
Bagi orang Yahudi, seseorang yg berani menggunakan kata ganti Ego Eimi cukup untuk membuatNya menyamakan diri dengan Allah.

AsLan
18-03-2011, 11:46 AM
Saksi Yehova tidak mau disebut Kristen, mereka juga tidak mau menjadi pengikut Kristus hanya mau meneladani Yesus.
Tapi di Indonesia mereka perlu bernaung dalam nama Kristen karena hanya 5 agama yg diakui, jadi ya biarkan saja.

Dulu dijaman Soeharto, beberapa pemuka gereja mendesak pemerintah agar melarang Saksi Yehova beraktifitas di Indonesia.
Gereja saya termasuk yg tidak setuju pelarangan ini, karena kita tahu bahwa Pemerintah bukan sumber kebenaran, Pemerintah tidak bisa dan tidak boleh menentukan siapa sesat siapa benar.
Pemerintah hanya alat kekuasaan, siapa yg kuat dialah yg memerintah.

Namun akhirnya Saksi Yehova dianggap sesat dan dilarang di Indonesia, hal ini terutama karena desakan kelompok Islam yg merasa terganggu oleh agresifitas Saksi Yehova dalam menyebarkan agama.

Di Jaman Gus Dur, pelarangan terhadap Saksi Yehova dicabut, ini karena Gus Dur sadar bahwa Pemerintah tak berhak ikut campur masalah Teologis dan Iman tak bisa dipaksakan.

Maka sikap yg benar terhadap Saksi Yehova adalah, cintai orangnya dan diskusikan kepercayaannya.
Masalah seperti ini tidak bisa diselesaikan dengan kekerasan, karena kekerasan hanya memberikan kemenangan pada yg kuat, bukan yg benar.

Asum
18-03-2011, 07:31 PM
@Asum: Kata ente, Saksi Yehuwah lebih cenderung ke Islam. Jadi setuju gak kalau kita bilang Saksi Yehuwah Islam?

:D
Salah alamat bos, kapan saya bilang gitu ? itu ndableg =))

AsLan
20-03-2011, 07:36 PM
Baru sore tadi saya didatangi oleh anggota2 Saksi Yehova dan berdiskusi hampir 2 jam.
Mereka memberi keterangan bahwa kasus penistaan agama di Temanggung kemarin bukan dilakukan oleh anggota Saksi Yehuva.
Jadi cara mengabarkan Injil bagi mereka hanya berupa tawaran untuk mengajar tanpa paksaan, kalau orang tak bersedia mendengar ya sudah.

youngblue
20-03-2011, 07:55 PM
waktu gue di bekasi sering di datang i SY , pertama yg di datangkan yg jualan buku pakai sepeda mini kayak orang susah , begitu di debat minggu berikutnya datang sama beberapa orang yang lebih pandai , tapi masih agak-agak cemen juga ,..... minggu berikutnya tambah pasukan dan ngasih kitab sucinya beserta brosur-brosurnya , minggu berikutnya bawa sepasukan 2 mobil sambil ceramah begono-begini ,... karena nggak mempan terahir mertuaku yg katholik yg di ceramahin ketika gue dan bini gue kerja ,.... he...he...he...he
terahir aku googling cari kelemahan-kelemahan SY dan tak titipkan ke mertua buat bacaan mereka ,... dan sejak itu wes,,,,ewes,,,,ewes....... ngilang babar blas.
ajaran SY menurunkan ketuhanan yesus hanya sebagai tuhan hanya menjadi sebagai pembawa pesan, salibnya cuma bentuk tiang , yesus gambarnya lain keriting kecil-kecil dan seperti orang israel bukan orang bule, kitabsucinya beda dengan terjemahan lai , ndak punya gereja hanya punya gedung pertemuan , alasannya orang yesus aja dari rumah- kerumah ndak punya gereja.

AsLan
20-03-2011, 09:53 PM
Tapi sekarang mereka sudah punya Gereja, memang belum disemua regional.

youngblue
21-03-2011, 08:51 PM
mosok seh udah ada gerejanya??...... di sini cuma gedung pertemuan aja.

AsLan
22-03-2011, 10:21 AM
Kalau gak salah mereka memang tak mau menyebutnya sebagai gereja, tapi balai pertemuan.

ndableg
23-03-2011, 04:20 AM
Dalam Bahsa Ibrani:
El
Eloah
Elohim

Eloh itu sebutan tuhan bentuk single, Elohim adalah bentuk plural atau sebutan kehormatan, sama spt halnya tuhan menyebut dirinya kami dalam alqur'an.


Nama YHWH diproklamirkan kepada Musa, namun sebetulnya Abraham pun tahu nama ini karena istilah YHWH sudah dipakai oleh Enos cucu Adam.

Betulkah YHWH adalah nama diri Allah ?

Kalau YHWH adalah nama diri, maka seharusnya YHWH tidak boleh diterjemahkan.
(mis: nama Suryo tidak boleh diubah menjadi mentari atau matahari atau sun)

Tapi nyatanya kitab suci banyak menterjemahkan nama YHWH ini misalnya menjadi Kyrios dalam bahwasa Yunani.
artinya para ahli2 kitab suci Yahudi percaya bahwa YHWH adalah GELAR bukan nama pribadi Allah.

Selanjutnya, YHWH itu berupa 4 huruf kapital, lalu bagaimana cara menyebut YHWH yg benar ?
ada yg menyebut Yahweh ada yg menyebut Yehova, Yehuva ?


Betul, setuju abis... dan seharusnya menuliskan dalam bahasa aslinya dimana huruf YHWH itu adalah huruf latin di mana bukan huruf yg dipake oleh musa ataupun ibrahim. Kalo mau pake tulisan yahudi, YHWH jelas ga bertulis YHWH melainkan simbol2 yahudi ato tulisan apalah pada saat itu. Dan musa sendiri ga tau kan huruf2 yg membentuk tulisan YHWH dalam tulisan latin itu berbunyi apa?


Padahal orang Yahdui sendiri tidak ada yg tahu cara menyebut YHWH yg sebenarnya, YHWH tetaplah sebuah misteri.

Iya.. mungkin tulisan Allah dalam bahasa arab.. makanya orang yahudi sendiri kagak bisa baca. hihi..

AsLan
23-03-2011, 12:15 PM
Bangsa Arab dan Yahudi itu tetangga, bahkan saudara kandung sejak ribuan tahun.
Cara mereka menyebut Allah tentu punya akar yg sama.

Banyak umat muslim Indonesia mengira Allah adalah nama diri Tuhan, sama seperti saksi Yehova mengira Yehova adalah nama diri Tuhan.
Namun bila diselidiki lebih dalam, semua itu tidak benar.

Kata Allah bukan ciptaan agama Islam dan bukan milik agama Islam secara eksklusif karena sebelum hadirnya Islam orang2 Kristen Arab sudah menggunakan kata Allah:

Dan sungguh jika kau (Muhammad) tanyakan kepada mereka "siapakah yang menciptakan seluruh langit dan bumi?" pastilah mereka akan menjawab "Allah" (Q.s al-Zumar: 38)

Ayat semacam itu banyak ditemukan di alQuran yg artinya sebelum Muhammad datang, orang2 Arab sudah menggunakan kata Allah.

Bahkan seorang sarjana Islam yg terkenal, Ismail al Faruqi pernah melaporkan penelitian sejarah mengenai dewa sesembahan di jaman jahiliyah di Arabia Selatan, dewa tersebut namanya Allah. dewa ini mengairi bumi dan menumbuhkan tanaman.
Ada juga sebagian wilayah lain yg menggunakan nama Allah sebagai dewa2 lain.
Lalu Muhammad mengembalikan nama Allah ini kepada pengertian "Satu-satunya Tuhan pencipta dan penguasa Alam Semesta"
Masyarakat Arab yg politeisme dibawa menjadi monoteisme.

Lalu darimana awal mula orang Arab bisa memperoleh kata Allah ?

Kemungkinan pertama kata Allah berasal dari Eloah(Ibrani)/Elah(Aramic).

Kitab Ezra yg ditulis dalam bahasa Aram, disitu ada sebuah Ayat yg bunyinya "Tetapi nabi Hagai dan Zakaria bin Ido, kedua nabi itu bernubuat terhadap orang-orang Yahudi yang tinggal di Yehuda dan di Yerusalem dalam nama Allah (Be shum Elah)"

Frasa Be shum Elah ini mungkin menjadi akar kata Bismillah.

Orang Kristen juga pernah menggunakan kata Bismillah, terutama Kristen Arab.
Penelitian Arkeologi menemukan Inskripsi-inskripsi purba yg mendukung hal ini, Literatur orang Kristen Siria pada tahun 500M menggunakan lambang Salib dengan kata awal Bismillah.

Jauh sebelum Muhammad berhasil men Monoteiskan bangsa Arab, orang2 Kristen sudah berusaha memonoteiskan mereka.

Salah satu cerita sejarah Kristen adalah mengenai Santo Hilarion yg terjadi pada tahun 391. St Hilarion adalah orang kudus yg sering membebaskan orang2 Arab yg kesurupan dan terikat oleh dewa dewi.
Suatu hari hari saat St Hilarion melewati kuil dewi Asytar, para penyembah Asytar keluar dari kuil dan memohon berkat darinya.
St Hilarion lalu memberkati mereka dan menasehati agar mereka meninggalkan ilah-ilah lalu kembali kepada Allah.

Sauron
23-03-2011, 12:23 PM
Maaf numpang tanya nih...

Saksi Yehuwa ini kan, yang sering datang ke rumah-rumah dan bagi-bagi majalah, judulnya: "SEDARLAH" itu kan?

CMIIW

*tidak bertendensi apa-apa, hanya sekedar ingin tahu* :)

AsLan
23-03-2011, 03:43 PM
Betul sekali.
Mereka punya 2 macam majalah, Sedarlah dan Menara Pengawal.

Semua dicetak di Jepang dengan gambar2 yg menurut saya sangat artistik, sayang gambar Yesusnya selalu rambut pendek, kalau rambut agak panjang dikit gambar2 itu mau saya gunting buat koleksi.
Rambut sependek itu kurang wajar terjadi dijaman yg belum ada Salon.

O ya, menurut Saksi Yehova, Allah yg disembah Muslim itu sebenarnya dewa air Arabia seperti yg saya tulis diatas. Sedangkan perayaan Natal Kristen adalah perayaan penyembahan Dewa Matahari Romawi.

Kalau orang belajar sejarahnya cuma sepotong2 ya hasilnya seperti itu.

Sauron
25-03-2011, 12:09 PM
Menurut saiah sih, bagus bagus aja kok. Waktu itu yang datang dua orang ke rumah. Terus ditanyain, ada yg beragama kristen di sini?

Saia jwb, kebetulan kami muslim. Terus ngobrol lama banget. Orangnya simpatik banget dan wawasannya luas, saiah dikasih satu majalah sedarlah itu.

Tapi, ya cuman sebatas itu aja sih. Menurut saia mereka memang agak "ekspansif", tapi dengan cara yg cukup elegan. Dengan dialog santun.

Mereka hormati saia sebagai muslim, saia hormati mereka. Itu kan, yg nmnya toleransi.

Asum
26-03-2011, 02:36 PM
Banyak umat muslim Indonesia mengira Allah adalah nama diri Tuhan, sama seperti saksi Yehova mengira Yehova adalah nama diri Tuhan.
Namun bila diselidiki lebih dalam, semua itu tidak benar.

Keliru.

Allah adalah nama diri tuhan yang diperkenalkan kepada bangsa Arab sesuai bahasa mereka.


Kata Allah bukan ciptaan agama Islam dan bukan milik agama Islam secara eksklusif karena sebelum hadirnya Islam orang2 Kristen Arab sudah menggunakan kata Allah:

Dan sungguh jika kau (Muhammad) tanyakan kepada mereka "siapakah yang menciptakan seluruh langit dan bumi?" pastilah mereka akan menjawab "Allah" (Q.s al-Zumar: 38)

Ayat semacam itu banyak ditemukan di alQuran yg artinya sebelum Muhammad datang, orang2 Arab sudah menggunakan kata Allah.

Bahkan sebelum kristen ada di Jazirah Arab, nama Allah sudah digunakan oleh orang-orang Arab dalam kisah2 para nabi terdahulu.

Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, maka Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. (QS 2:37)

Musa menjawab: "Patutkah aku mencari Tuhan untuk kamu yang selain dari pada Allah, padahal Dialah yang telah melebihkan kamu atas segala umat (QS 7:140)

(Ingatlah), ketika pengikut-pengikut 'Isa berkata: "Hai 'Isa putera Maryam, sanggupkah Tuhanmu menurunkan hidangan dari langit kepada kami ?". 'Isa menjawab: "Bertakwalah kepada Allah jika kamu betul-betul orang yang beriman". (QS 5:112)

Jadi, Allah adalah nama diri dari tuhan yang diperkenalkan kepad bangsa Arab (baik dia kaum Musyrik, Yahudi, Nashrani, Majusi, Islam).


Bahkan seorang sarjana Islam yg terkenal, Ismail al Faruqi pernah melaporkan penelitian sejarah mengenai dewa sesembahan di jaman jahiliyah di Arabia Selatan, dewa tersebut namanya Allah. dewa ini mengairi bumi dan menumbuhkan tanaman.
Ada juga sebagian wilayah lain yg menggunakan nama Allah sebagai dewa2 lain.
Lalu Muhammad mengembalikan nama Allah ini kepada pengertian "Satu-satunya Tuhan pencipta dan penguasa Alam Semesta"
Masyarakat Arab yg politeisme dibawa menjadi monoteisme.

Orang boleh saja mengklaim demikian. Kesamaan nama tidaklah menunjukkan kesamaan obyeknya. Sama saja dengan gedang, di Jawa adalah pisang di Sunda ya pepaya.

Dari mana asal "gedang" berasal ? apakah orang Jawa dulu yang nemuin atau orang Sunda ? :D


Lalu darimana awal mula orang Arab bisa memperoleh kata Allah ?

Kemungkinan pertama kata Allah berasal dari Eloah(Ibrani)/Elah(Aramic).

Kitab Ezra yg ditulis dalam bahasa Aram, disitu ada sebuah Ayat yg bunyinya "Tetapi nabi Hagai dan Zakaria bin Ido, kedua nabi itu bernubuat terhadap orang-orang Yahudi yang tinggal di Yehuda dan di Yerusalem dalam nama Allah (Be shum Elah)"

Frasa Be shum Elah ini mungkin menjadi akar kata Bismillah.

Orang Kristen juga pernah menggunakan kata Bismillah, terutama Kristen Arab.
Penelitian Arkeologi menemukan Inskripsi-inskripsi purba yg mendukung hal ini, Literatur orang Kristen Siria pada tahun 500M menggunakan lambang Salib dengan kata awal Bismillah.

bhs Ibrani dan bhs Arab itu satu rumpun. Jadi ada memiripan dari bahasa dan struktur bahasanya.

Jadi keliru jika dikatakan : Frasa Be shum Elah ini mungkin menjadi akar kata Bismillah <<< karena bhs tsb sinonim.

Serupa dengan di atas adalah Shalom aleichem (http://id.wikipedia.org/wiki/Shalom_aleichem) dan jawabannya adalah Aleichem shalom <<< mirip dengan ucapan salam orang Arab (Salam alaikum dan alaikum salam). Hanya saja sunnah dalam Islam mengucapkan dengan lengka : As-Salamu 'alaikum warahmatullahi wa barakatuhu dan jawabnnya 'Alaikum salam warahmatullahi wa barakatuhu.

Apakah orang Islam niru orang Ibrani ?

Kagak lah, memang itu bahasa masing2 yang masih 1 rumput dengan bahasa Semit. Sama saja Bhs Indonesia dengan bhs Malaysia, satu rumpun dari bhs melayu. Jadi wajar kalau ada kemiripan satu sama lainnya.

Jadi, kalau orang Kristen mau berpegang pada sumber kitabnya (misal ngambil rujukan PL), maka boleh mengucapkan salam dengan bhs Ibrani. Tetapi jika mengambil rujukan PB dengan bhs Yunani (Greek), maka pakailah bhs Yunani, kenapa jauh2 ke Arab dan menyebut tuhannya dengan sembarangan (http://www.watchtower.org/in/bh/appendix_01.htm) dengan sebutan Allah (yang katakanya dewa bulan ?)


Jauh sebelum Muhammad berhasil men Monoteiskan bangsa Arab, orang2 Kristen sudah berusaha memonoteiskan mereka.

Salah satu cerita sejarah Kristen adalah mengenai Santo Hilarion yg terjadi pada tahun 391. St Hilarion adalah orang kudus yg sering membebaskan orang2 Arab yg kesurupan dan terikat oleh dewa dewi.
Suatu hari hari saat St Hilarion melewati kuil dewi Asytar, para penyembah Asytar keluar dari kuil dan memohon berkat darinya.
St Hilarion lalu memberkati mereka dan menasehati agar mereka meninggalkan ilah-ilah lalu kembali kepada Allah.
Memang, sejak sebelum Kristen ada, agama yahudi yang dibawa Musa as juga berusaha mengembalikan konsep tuhan kepada monotheisme. Begitu juga Isa as dan Muhammad saw. Bahkan Ibrahim pun dalam perjalanan spiritualnya akhirnya kembali menemukan tuhannya dan beliau as menyebut dirinya Muslim.

Maka, jika masih ada yang berpaham polytheisme (padahal mengaku berasal dari ajaran Ibrahim (Abraham)), sesungguhnya menyalahi ajaran para Nabi dan Utusan Allah. :D

tezar
20-04-2011, 12:33 PM
tadi di jalan lewat bangunan, ada tulisannya balai kerajaan saksi-saksi yehuwa, kepunyaan mereka kah?
kalo pengalaman, dulu pernah ada dua ibu-ibu datang, menanyakan dimanakah rumah keluarga kristen, saya jawab letaknya. kemudian mereka memberitahukan ada buku, apakah saya mau nerima..
saya bilang saya muslim, tapi mereka bilang ada yang untuk muslim.....
pernah juga di bis, langsung dikasih ama ibu-ibu disamping pamflet yang isinya ajaran Yehuwa, padahal kalo lihat fisik saya yang berjenggot hampir jelas kelihatan kalau saya muslim, tapi tetap maish dikasih

buamona
24-02-2012, 05:20 PM
saya saksi Yehuwa jika berminat untuk bertukar pikiran dengan saya dapat kirimkan email di rdbuamona@rocketmail.com.

Saksi Yehuwa senang membagikan berita dari alkitab kepada setiap orang. Kami berupaya agar terus berjalan sesuai ketentuan yg dinyatakan dari Alkitab. Yang menarik sehubungan dengan penjelasan alkitab, antara lain:

1. Allah adalah satu. Namanya Yehuwa. Hal ini di jabarkan alkitab. Allah memberiyahukan namanya ketika ia berbicara kepada Musa,saat Musa menanyakan namanya, Ia menyatakan "aku yg menyebabkan menjadi,(transliterasi nama dari Yehuwa) mengutus aku kepadamu".

2. Yesus Putra Allah. Pribadi ini bertindak menjadi nabi/penyampai firman bagi allah. Pola pengabaran/penyiarannya terus dipakai oleh kami orang kristen.

3.Roh Kudus. Tenaga aktif allah. Membantu banyak hamba-hamba Allah di masa lampau Musa,Abraham,Isahak & Yakub untuk menyatakan kebenaran Allah.

Masih banyak hal yg diceritakan Alkitab baik untuk kehidupan kita sekarang bahkan yang akan datang. Apakah ada berminat untuk bertukar pikiran dengan alkitab?

ndableg
25-02-2012, 05:10 PM
Selamat datang bu amona..
Kalo Allah satu, berarti anda muslim. Tinggal baca bacaan ttg apa2 yg disampaikan nabi muhammad aja.. Pasti tidak menyimpang dari ajarannya yehuwa deh..

AsLan
25-02-2012, 06:13 PM
Selamat datang bu amona..
Kalo Allah satu, berarti anda muslim. Tinggal baca bacaan ttg apa2 yg disampaikan nabi muhammad aja.. Pasti tidak menyimpang dari ajarannya yehuwa deh..

Btw Kristen juga percaya Allah itu satu.

danalingga
25-02-2012, 08:03 PM
Selamat datang bu amona..
Kalo Allah satu, berarti anda muslim. Tinggal baca bacaan ttg apa2 yg disampaikan nabi muhammad aja.. Pasti tidak menyimpang dari ajarannya yehuwa deh..

Yang bener lo bleg. Lah, itu Ahmadiyah ama Syiah nggak disebut muslim kok. ;))

Alethia
26-02-2012, 01:53 PM
tp kan SY ga mengakui Nabi Muhammad sebagai layaknya dlm Islam...ya toh? disebut Kristen juga agak gimanaaa gitu, krn beda prinsip soal siapa Yesus, Kristen keknya cuma ada dua, protestan dan katolik. SY ya SY...mereka jg beribadah bukan di gereja, karena katanya dalam alkitab ga ada istilah itu, adanya Bait Allah.

Natal jg ga ngerayain, lepas dari itu katanya ultahnya dewa matahari, tapi yaah..udah jadi tradisi, kan cuma perayaan aja..

Tapi aku masih agak binggung, kalau masing2 mereka ga terdaftar di gereja manapun, akte nikahnya gimana? surat baptis dsb...setauku mereka ini ilegal kan? dilarang oleh pemerintah, cuma kekeuh maen belakang

BundaNa
26-02-2012, 02:57 PM
saksi yehuva ini sama gak dengan pantekosta?

kalau bener gak sah, catatan administrasi mrk gmn?

ndableg
02-03-2012, 03:21 AM
Yang bener lo bleg. Lah, itu Ahmadiyah ama Syiah nggak disebut muslim kok. ;))

Eh? Jurinya sape?