PDA

View Full Version : lu kalo Jum'atan hari apa?



Ray Surya
30-06-2012, 11:07 PM
Sabtu, 30 Juni 2012 18:13 WIB

LENSAINDONESIA.COM: Komite Nasional Bagian Urusan Agama Republik Azarbaijan memerintahkan kepada para khatib masjid diseluruh penjuru Negara untuk melaksanakan shalat Jumat kemarin, diganti Sabtu (30/06) hari ini.

Alasan pemindahan tersebut karena dinilai mengganggu jam kerja, karena hari Jumat di Azarbaijan termasuk hari kerja resmi negara.

Menurut pemerintah Azarbaijan, pemindahan shalat Jumat ke hari Sabtu diharapkan dapat mengurangi kinerja para pegawai dan pekerja pemerintah.

Libur resmi pemerintah Azarbaijan adalah hari Sabtu dan Minggu, yang memungkin bagi pegawai pemerintah tidak terganggu jam kerjanya.

Menanggapi alasan pemerintah, khatib Masjid Masyhadi Dodosh, H Shahin Hasanali mengatakan, pemindahan tersebut dinilai sebuah sentimen politik belaka.

“Pemerintah khawatir shalat Jumat menjadi ajang pendidikan politik yang bisa mencoreng wibawa pemerintah. Yang namanya sholat Jumat tidak bisa dipindah hari,” ujarnya.

Republik Azarbaijan adalah negara kecil yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Dilaporkan, jumlah komunitas muslim disana mencapai 90% dari total keseluruhan warganya.

Kedekatan rezim yang berkuasa dengan Israel, menyebabkan kebijakan-kebijakan pemerintah cenderung anti Islam.

Hingga kini, warga muslim Azarbaijan masih memperjuangankan hak-hak kaum muslimah untuk mengenakan jilbab.@it/on/LI12

Editor: Rizal Hasan

Rubrik : Eropa , Global , headline global , HEADLINE UTAMA , INTERNATIONAL , Terkini
http://www.lensaindonesia.com/2012/06/30/ini-gila-azarbaijan-pindah-sholat-jumat-ke-hari-sabtu.html

wahahahaha..
padahal bisa dibikin waktu untuk Jum'atan

AsLan
30-06-2012, 11:14 PM
koq pemerintahnya brani banget ya ? apa gak takut isu itu diangkat oleh kelompok oposisi untuk menghantam pemerintah ?

Yuki
01-07-2012, 12:05 AM
shalat jumat dilaksanakan pada hari sabtu?

shalat yg namanya shalat jumat dilaksanakan pada hari sabtu? Namanya shalat jumat?

genius

:iamdead:

BundaNa
01-07-2012, 12:34 AM
ya genti judul, bukan jumatan, tapi sabtuan :cengir:
orang sarap kog dipilih jd penyelenggara negara -_-

---------- Post Merged at 10:34 PM ----------

ya genti judul, bukan jumatan, tapi sabtuan :cengir:
orang sarap kog dipilih jd penyelenggara negara -_-

Fere
01-07-2012, 12:42 AM
salah forum ini, harusnya di forum humor
::ngakak2::::ngakak2::

Alip
01-07-2012, 01:55 AM
Menurut pemerintah Azarbaijan, pemindahan shalat Jumat ke hari Sabtu diharapkan dapat mengurangi kinerja para pegawai dan pekerja pemerintah.

Maksudnya gimana? berencana mengurangi kinerja pegawai negeri??? Di Azarbaijan para pegawai negeri-nya workhaholic ya?::ngakak2::

hayatzu
01-07-2012, 03:51 AM
hehehe, tadinya gw pikir pejabat yang merangkap sebagai pelawak cuma ada di negara kita aja...::hihi::
ternyata di pejabat di Azarbaijan juga punya hobi yang sama toh...

http://ct.fra.bz/ol/fz/sw/i52/5/5/22/frabz-because-facepalm-is-too-mainstream-04c279.jpg

Sholat Jumat di hari Sabtu? EPIC FAIL tingkat tinggi nih...kocak abieess!!!!!!

::ngakak2:: ::ngakak2::



Kedekatan rezim yang berkuasa dengan Israel, menyebabkan kebijakan-kebijakan pemerintah cenderung anti Islam.

ini mah udah jelas banget...
mau disamain ama hari Sabat kali ye?

::hihi::

ndableg
01-07-2012, 06:15 AM
koq pemerintahnya brani banget ya ? apa gak takut isu itu diangkat oleh kelompok oposisi untuk menghantam pemerintah ?

Mgk jamannya masih kek suharto, ato syah iran gitu. Tinggal tunggu aja rusuh2nya.

bradon heat
01-07-2012, 09:56 AM
Republik Azarbaijan adalah negara kecil yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Dilaporkan, jumlah komunitas muslim disana mencapai 90% dari total keseluruhan warganya.

Kedekatan rezim yang berkuasa dengan Israel, menyebabkan kebijakan-kebijakan pemerintah cenderung anti Islam.

loh ? kok bisa ?
milih perangkat negara yg cenderung anti islam di negara yg 90% mayoritas muslim ::ungg::

E = mc˛
01-07-2012, 10:50 AM
konspirasi Amrik, Don :ninja:

spears
01-07-2012, 11:25 AM
::ngakak2:: jumatan kok dipindah sabtu...

http://1.bp.blogspot.com/-fnSGJuvFp2Y/T9VS7TCm6XI/AAAAAAAAAjE/onGQ1bJ3-RY/s400/DoubleFacePalm_thumb.jpg


byw, Azarbaijan dmana sih ::ungg::

hayatzu
01-07-2012, 11:53 AM
@spears...kayanya sih ada di sekitar perbatasan asia-eropa gitu deh, cmiiw...

bradon heat
01-07-2012, 12:02 PM
kalau dari wiki ...


Republik Azerbaijan (bahasa Azeri: Azərbaycan Respublikası) adalah sebuah negara di Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya. Ia berbatasan dengan Rusia di sebelah utara, Georgia dan Armenia di barat, dan Iran di selatan. Republik Otonomi Nakhichevan (sebuah eksklave milik Azerbaijan) berbatasan dengan Armenia di sebelah utara, Iran di selatan, dan Turki di barat.

Azerbaijan adalah negara sekuler dan telah menjadi anggota dari Dewan Eropa sejak 2001. Mayoritas populasi adalah Muslim Syiah dan turunan Turki barat, dikenal sebagai Azerbaijani, atau singkatnya Azeri. Negara ini resminya demokrasi, namun dengan peraturan otoritas kuat.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/7/7e/Aj-map.png/220px-Aj-map.png

http://www.zerbaijan.com/map.jpg

BundaNa
01-07-2012, 04:31 PM
mana nih komentar para pembela keadilan dan kemanusiaan? senyaaaaaaaaaaaaaaaaap::ungg::

danalingga
01-07-2012, 04:53 PM
Ini azarbaijan negaranya berdasarkan apa sih?

---------- Post Merged at 02:53 PM ----------

Eh, dah di jawab Bradon dink. ;))

Ternyata sekuler.

BundaNa
01-07-2012, 05:23 PM
eh bukannya mirip sama Turki yah? yang adzan pake bahasa Turki bukan ya?

ndableg
01-07-2012, 05:29 PM
loh ? kok bisa ?
milih perangkat negara yg cenderung anti islam di negara yg 90% mayoritas muslim ::ungg::

Ya berarti jangan ada tuduhan orang islam itu ga toleran

ndableg
01-07-2012, 05:51 PM
eh bukannya mirip sama Turki yah? yang adzan pake bahasa Turki bukan ya?

ya sepanjang dari turki sampe baratnya cina itu turki semua

Fere
01-07-2012, 06:42 PM
di Azerbaijan sholat subuhnya jam berapa ya..?
entar bisa2 sholat subuhnya juga diundur agak siangan gitu, biar gak ganggu orang
yang lagi enak2nya tidur
::hihi::::hihi::

Nharura
01-07-2012, 08:47 PM
salah forum ini, harusnya di forum humor
::ngakak2::::ngakak2::

setuju yg ini;D

spears
01-07-2012, 11:32 PM
Pantesan di Rusia banyak orang Islamnya ya. Ternyata sebelahan bgt ama Azerbaijan. Hmmmmm skrg gw jadi tau populasi moslem di Rusia dtgnya dari mana.

Ray Surya
02-07-2012, 02:07 AM
Azerbaijan adalah negara sekuler dan telah menjadi anggota dari Dewan Eropa sejak 2001. Mayoritas populasi adalah Muslim Syiah

hmmmm, apaan tuch?

beastmen85
02-07-2012, 03:21 AM
btw jaman dulu udh ada yg namanya hari jumat ya?

apa udh pake georgian?

emg sejarahnya jumatan itu kek gmn?

E = mc˛
02-07-2012, 06:09 AM
elu gmn sih Bismen, penentuan nama hari dan jumlah hari dalam seminggu mah gak berhubungan langsung dg kalender georgian kaleeeeeee

gogon
02-07-2012, 11:20 AM
btw jaman dulu udh ada yg namanya hari jumat ya?

apa udh pake georgian?

emg sejarahnya jumatan itu kek gmn?

dari dulu hari jumat sudah ada. Tergantung definisi "dulu" nya apa dulu, ehhh.. ;D

urutan hari dalam bahasa arab pake urutan angka , 1-7 kecuali jumat (hari ke-6). Nama hari dalam bahasa indonesia juga merupakan serapan dari bahasa Arab.

arab --- angka ---- bhs.indonesia
wahid = 1 = ahad (minggu)
isnain = 2 = senin
tsalatsa = 3 = selasa
arba'a = 4 = rabu
khomsa = 5 = kamis
jumuah = hari berkumpul/jumuah (jamaah) = jumat
sab'ah = 7 = sabtu

sholat jum'at ada perintahnya dalam Al-Quran Surat 62: 9.


BTT,
kalo mayoritas nya muslim (90%) dan jum'atan dianggap mengganggu kinerja, liburkan saja hari Jumat nya..
tukar sama sabtu atau minggu, tergantung mayoritas ke-dua nya Yahudi atau Kristen.

beastmen85
02-07-2012, 11:46 AM
^ oh? ada itu ya? wahahahaha ::ngakaka::

kirain ada sistem yg beda dgn kita yg 1minggu=7hari.
kali aja ada yg 1minggu=5hari

ternyata dr dulu di arab 1minggu=7hari ya? ::hihi::

E = mc˛
02-07-2012, 12:01 PM
banyak kok kalender yg sistem satu minggunya gak 7 hari

kalender2 kuno yg beredar di Eropa, ada yg siklus 1 minggunya cuma 3 hari, 8 hari (kalender celtic), 9 hari

China dan mesir kuno 1 minggunya 10 hari

dan jangan lupa, di penanggalan Saka Jawa, 1 minggu kan cuma 5 hari: legi-pahing-pon-wage-kliwon

kalnder Bali dan suku Maya, punya definisi sendiri ttg "minggu", yg cukup rumit dan berbeda.

sistem penanggalan 1 minggu = 7 hari berkembang di peradaban mesopotamia, lalu dilanjutkan estafetnya ke hampir semua peradaban timur tengah mulai dari peradaban yahudi, kristen, hingga islam. Karena 3 agama ini sukses menyebar kemana-mana dan membawa sistem penanggalannya, dibuatlah standar 1 minggu = 7 hari

beastmen85
02-07-2012, 12:17 PM
o jd sejak muhammad lahir kalendernya udh 7hari=1minggu ya? kirain lain ;D

E = mc˛
02-07-2012, 12:23 PM
udah lah. udah lama bgt

Nharura
02-07-2012, 01:00 PM
sebelum Nabi Muhammad SAW Lahir,memang udah ada 7 hari itu.

Dulu pernah baca bukunya,kurang lebih, hampir sama di dlam website ini : ridhovisited.blogspot.com/2011/02/7-rahasia-ghaib-penciptaan-7-hari-dalam.html?m=1

BundaNa
02-07-2012, 08:50 PM
jadi, itu jadi jumatan diganti sama sabtuan?

AsLan
04-07-2012, 03:01 AM
^ oh? ada itu ya? wahahahaha ::ngakaka::

kirain ada sistem yg beda dgn kita yg 1minggu=7hari.
kali aja ada yg 1minggu=5hari

ternyata dr dulu di arab 1minggu=7hari ya? ::hihi::


Prancis pernah mengubah 1 minggu = 5 hari
Rusia pernah mengubah 1 minggu = 10 hari

tapi yg gw gak inget, mereka benar2 mengubah kalender atau cuma mengubah siklus kerja, yg pasti alasan mereka mengubah hal itu adalah, (prancis) supaya lebih sering istirahat, (rusia) supaya lebih banyak bekerja.

namun akhirnya mereka kembali ke siklus 6 hari kerja, 1 hari libur.

gogon
04-07-2012, 03:05 PM
^ memang paling enak indonesia dah
5 hari kerja, 2 hari libur
dan banyak tanggal merahnya
;D

porcupine
04-07-2012, 04:56 PM
^ memang paling enak indonesia dah
5 hari kerja, 2 hari libur
dan banyak tanggal merahnya
;D

elo kerja dimana Gon ::grrr::
gw ngga nih.. ::nangis::