PDA

View Full Version : kebakaran muara karang



AsLan
16-06-2012, 12:26 AM
Gw baru denger kalo bulan lalu terjadi kebakaran di daerah muara karang.

ini videonya http://www.youtube.com/watch?v=95jaZP2mtDk&feature=related&oref=http%3A%2F%2Fwww.youtube.com%2Fwatch%3Fv%3D6t NWoQyKYUw

gak sanggup nonton sampe abis, disitu 3 anak terjebak di loteng dan terbakar pelan2, mereka jerit2 kesakitan dan minta tolong sampai akhirnya tewas, orang tuanya di luar rumah dan hanya bisa menonton tak berdaya.

:(


ini dari temen kita Paulinus(optick Kharisma muara karang)

Kejadian di pasar muara karang deretan kharisma block 4j
kebakaran di deretan tokonya:

Merenung nasib tragis 3 anak kecil korban kebakaran di dalam ruko..
Knologi kejadian: kira" jam 10pm malam.
listrik mati sesaat,,selang 5 menit tetangga seorang ibu teriak" ada kebakaran. saat beberapa warga dan saya kelokasi api sudah membesar,asap hitam mengepul pekat.
Tidak lama 3 anak kecil memelas minta tolong sambil memegang telaris yang tertutup rapat.
Menerobos masuk lewat lantai dasar tidak mungkin. pilihan naik ke lantai 2 dari depan.
suara 3 anak kecil makin merintih kesakitan karena panasnya api. sang Ibu masih dapat bertemu anaknya lewat ruko sebelah. mereka hanya dapat berpagang tangan memohon pertolongan dengan ketakutan Mama.. mama..
Segala upaya mendobrak telaris sia" saat itu mobil pamadam blom tiba. memanjat ke lantai 3 pun telaris terkunci.
waktu makin sempit. api lantai 2 makin besar,besi telaris semakin panas. terikan 3 anak kecil. .akhirnya kami pun pasrah lidah" api menjulur keluar telaris. menyaksikan dengan api membakar 3 anak satu persatu tumbang.
disaksikan para warga dan seorang ibu anak tersebut tewas menggenaskan.
Pemadam datang setelah 3 anak itu terpanggang hidup". kebakaran terjadi di muara karang penjaringan yang menewaskan 3 anak, ini juga di sebabkan KARENA MOBIL PEMADAM TERLAMBAT DATANG KARENA MEREKA MINTA NEGOSIASI HARGA.
Sedangkan jarak dari tempat kebakaran ke tempat mobil pemadam cuma berjarak sekitar 200m dan setelah sampai pun mobil kosong tidak membawa air.. Lalainya pemadam kebekaran di jakarta Utara (Parah bener,entah otaknya dimana)
latihan" juga tak ada guna,untuk apa kita bayar Pajak?! kalau memanggil pamadam kebakaran minta UANG/imbalan terlebih dahulu baru jalan.. ckckck MALANGnya nabib mereka

http://i278.photobucket.com/albums/kk120/etcakk/salah_satu_anak_yg_meninggal_krn_kebakaran_1_1.jpg

AsLan
16-06-2012, 01:00 AM
Hasil Investigasi Damkar Janggal

Selasa, 22 Mei 2012
Penyalahgunaan Jabatan
JAKARTA - Kepala Dinas Damkar dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Paimin Napitulu, mengatakan berdasarkan investigasi internal terhadap petugasnya, tidak ditemukan adanya negosiasi uang untuk memadamkan kebakaran yang terjadi di rumah toko (ruko) di Muara Karang, Jakarta Utara, yang menewaskan tiga anak. "Investigasi internal tidak menemukan adanya negosiasi itu, ujar dia di Jakarta, Senin (21/5).

Berdasarkan pengakuan petugas di lapangan, mobil Damkar datang saat tiga anak itu terlihat minta tolong di lantai dua. "Saat tiba di lokasi, petugas harus menyambung selang air dulu. Saat melakukan itu, memang terlihat tiga anak kecil berteriak minta tolong," jelas dia.

Penjelasan petugas tersebut berbeda dengan video yang diperlihatkan Ketua RT ruko di Muara Karang Blok Z-8U RT 11 RW 03 Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Paul Riang Prasetya. Dalam video tersebut, mulai dari terjadinya kebakaran di lantai satu ruko hingga menjalar ke lantai dua, tidak satu pun terlihat mobil pemadam. Bahkan, dalam video tersebut, tiga anak, yakni Ephan Seno, 7 tahun, Melani Seno, 11 tahun, dan Neli Seno, 12 tahun, terlihat satu per satu terbakar sambil memegang terali besi.

Video itu memperlihatkan korban pertama, Ephan, kepalanya terbakar terlebih dahulu. "Ephan tiba-tiba membalikkan badan ke arah api dan terjatuh. Menyusul Melani dan Neli," ujar Paul. Dalam video itu, masih terlihat badan belakang Neli terbakar sambil memegang terali besi kemudian ambruk.

Selama ketiganya berteriak minta tolong dan terjatuh akibat terbakar, tidak terlihat mobil Damkar dalam video tersebut. Klarifikasi yang berbeda terlihat dari pernyataan warga.

Mengenai laporan kebakaran, penjelasan Paimin berubah-ubah. Pada Sabtu (19/5), saat memeriksa satu per satu petugas di lapangan, mereka tidak mampu menjawab kapan waktu yang tepat laporan warga datang. Pernyataan itu berbeda dengan penjelasan Paimin kemarin. "Pelapor menelepon terlebih dahulu ke Suku Dinas Kebakaran Jakarta Timur pukul 21.58 WIB, dan baru terdengar melalui HT petugas Muara Karang sekitar pukul 22.00 WIB," ujar dia.

Sementara itu, terkait dengan alasan jalur verboden yang membuat mobil Damkar harus memutar ke lokasi yang membuat jarak 300 meter menjadi 500 meter juga terlihat janggal.

Berdasarkan pantauan Koran Jakarta, posisi Pos Muara Karang hanya terpaut sekitar 10 meter dari persimpangan, dan salah satu jalannya langsung menuju TKP kebakaran.

Dalam UU Lalu Lintas, mobil pemadam kebakaran memiliki diskresi untuk melawan arus guna mencapai lokasi kebakaran. Aturan itu juga diakui Paimin Napitupulu dan telah diperintahkan kepada seluruh jajarannya.

Lapor ke Polisi

Paimin menjelaskan mobil Damkar yang datang pertama kali ke TKP berisi air. Penjelasan itu berbeda dengan penjelasan Ketua RT 11 RW 03 Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Paul Riang Prasetya, yang mengatakan baru mobil Damkar yang ketiga dan keempat yang berisi air dan langsung melakukan pemadaman.

Dalam kesempatan itu, Paimin mengatakan akan melaporkan kepada pihak berwajib beredarnya ketiga isu tersebut melalui BBM dan Twitter. "Kami meminta kepada siapa pun yang menyebarkan informasi tiga hal tersebut untuk melakukan klarifikasi. Kalau tidak, akan kami laporkan ke pihak berwajib," ujar dia.

Dinas Damkar memberikan tenggat waktu hingga Rabu (22/5) kepada pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan klarifikasi. Dia mengatakan akan memanggil Ketua RT 11 RW 03 Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Paul Riang Prasetya, dan pihak kepolisian untuk meminta informasi terkait kebakaran tersebut. frn/P-5

- - - Updated - - -

RIP
http://i278.photobucket.com/albums/kk120/etcakk/yaklnf2u.jpg

purba
16-06-2012, 01:36 AM
Sorry speechless en prihatin..

etca
16-06-2012, 01:40 AM
pffffff... RIP.. ::nangis::



*sLan, kok gambarnya ga keluar?

AsLan
16-06-2012, 01:53 AM
pffffff... RIP.. ::nangis::



*sLan, kok gambarnya ga keluar?

gak tau ca, tapi gw cari2 infonya di kaskus, disitu banyak saksi mata langsung di tkp, bahkan beberapa ikut berusaha menolong.
para tetangga sudah berusaha naik tangga atau menjebol teralis tapi gagal.

beastmen85
16-06-2012, 01:56 AM
kasihan
10chr

BundaNa
16-06-2012, 01:58 AM
Turut berduka cita ::nangis::

Kog malah sibuk lapor polisi itu kepala damkar? Nuraninya kemana?

E = mc˛
16-06-2012, 08:10 AM
RIP ::nangis::

Urzu 7
16-06-2012, 10:23 AM
Rip..btw dari gambar kok pas gitu yah kebakarannya cuma 1 ruko aja padahal rukonya dempet

AsLan
16-06-2012, 10:24 AM
Mungkin gedung yg terbuat dari beton gak gampang terbakar.

etca
16-06-2012, 10:30 AM
serba salah ya, kalau ga diteralis, maling yang bakalan gasak.
kalau diteralis, kalau kebakaran kek gini susah juga nolonginnya...

*abis reupload fotonya gw jadi sedih liatna. ga kebayang trauma yang dialami ortunya.
gw ga tega liat youtubenya.

ndugu
16-06-2012, 10:55 AM
Kasihan banget.
Tiga2nya itubersaudara ya?
Kasian banget, kehilangan semua sekaligus gitu
Dengan menderita pula

danalingga
16-06-2012, 11:05 AM
Yang lebih menggenaskan adalah
ketika seharusnya bisa di tolong
jika saja PMK datang lebih cepat
(secara alat mereka harusnya
lengkap sih).

beastmen85
16-06-2012, 12:14 PM
^ arep ditulung? wani piro?

Joyko
18-06-2012, 11:33 PM
sebenarnya udah sebulan lalu ini beritanya, miris banget ngeliat videonya sampai gak bisa tidur gw, sekedar sharing aja kalau ada kejadian kayak gitu yang punya tambang atau rantai yang tebal2 bisa buat narik tralis yang tebal2 itu, bisa diikatkan dimobil atau ditarik ramai dengan orang, atau mungkin bisa ada orang yang naik dengan godam terus memukul2kan sisi2 tralis yang dilekatkan dengan paku, mungkin itu effortless, tapi setidaknya kita mencoba mengapa tidak, karna secara mental orang akan 'kalah' dalam melihat dan mengantisipasi tralis yang besar2 itu, tapi kalau perlahan2 diayunkan mungkin akan bergoyang juga tralis itu mungkin..

Parameswara Li
19-06-2012, 01:11 AM
Turut berduka cita atas kejadian tragis seperti ini. Kok bisa orang tuanya ada di luar ? Apa waktu kebakaran itu memang orang tuanya sedang di luar di rumah ?

Paimin Napitulu ? Kombinasi nama yang unik. Baru kali ini saya lihat ada Paimin yang bermarga Napitupulu. Sebagai bentuk pertanggungjawaban mungkin sebaiknya si Paimin ini ganti marga saja menjadi 678.

EpsilonX
19-06-2012, 01:25 AM
Gue orang Muara Karang...
Bonyoknya lagi keluar pas kejadian, and kabarnya rukonya mereka kunci pas pergi...
Sampe sekarang belom bisa 100% confirm seh...
Aneh juga yah anak udah remaja masih dikunci dalem rumah...
Nyokap gue kenal bokapnya, kalo bener anaknya dikunci seh bisa langsung gila to ortu...
Soalnya otomatis mereka contribute juga, terlepas dari nggak becusnya pemadam kebakaran...
Karena jarak dari tempat kejadian ke pos mereka tuh deket banget...
Lari 5 menit juga nyampe...

Parameswara Li
19-06-2012, 01:45 AM
Gue orang Muara Karang...
Bonyoknya lagi keluar pas kejadian, and kabarnya rukonya mereka kunci pas pergi...
Sampe sekarang belom bisa 100% confirm seh...
Aneh juga yah anak udah remaja masih dikunci dalem rumah...
Nyokap gue kenal bokapnya, kalo bener anaknya dikunci seh bisa langsung gila to ortu...
Soalnya otomatis mereka contribute juga, terlepas dari nggak becusnya pemadam kebakaran...
Karena jarak dari tempat kejadian ke pos mereka tuh deket banget...
Lari 5 menit juga nyampe...

Kalau anak masih kecil tidak boleh ditinggal sendiri. Kalau anak sudah remaja tidak boleh dikunci dari luar begitu. Apakah waktu orang tuanya pulang api benar-benar sudah melahap bagian bawah bangunan ? Biasanya sih orang tua bakal nekad kalau dilihat masih ada peluang masuk. Mengorbankan diri ketika keturunannya dalam bahaya adalah naluri dasar setiap mahluk hidup.

BundaNa
19-06-2012, 07:38 AM
Ruwet ya...tiga2nya udah cukup besar dan kalo ortu pergi kan mestinya cukup disuruh kunci pintu dari dalam. Dan ga ada kunci serep?

Juga masalah nego harga, kog PMK segitu ribetnya ya? Mereka kan kerja di sana atas nama kemanusiaan...

AsLan
19-06-2012, 12:09 PM
kayaknya bukan masalah pintu terkunci, mereka bertiga terjebak di lantai 2 gak bisa turun ke lantai 1, padahal jendela di lantai 2 tertutup teralis besi.
lantai 1 toko sembako yang sedang terbakar, gak bisa dilewati.

Kingform
19-06-2012, 01:34 PM
RIP buat para korban.......sampe ga tega pas baca berita nya

Parameswara Li
19-07-2012, 04:53 PM
kayaknya bukan masalah pintu terkunci, mereka bertiga terjebak di lantai 2 gak bisa turun ke lantai 1, padahal jendela di lantai 2 tertutup teralis besi.
lantai 1 toko sembako yang sedang terbakar, gak bisa dilewati.

Iya sih. Kalau kebakaran begitu biasanya orang jadi ketakutan atau panik, jadi tidak bisa berpikir jernih. Kalau nggak kebakar ya pasti meninggal karena kebanyakan menghirup asap. Mungkin kalau mereka membasahi seluruh tubuh sampai basah kuyup terus nekad turun ke lantai 1 masih ada kemungkinan selamat. Walaupun tentu saja pasti luka bakar parah, dan mungkin juga meninggal, tapi kemungkinan selamatnya lebih besar daripada diam saja di lantai 2.