PDA

View Full Version : Ahmadiyah itu apa memang esklusif?



danalingga
15-03-2011, 07:07 PM
Gini, ada beberapa teman yang mengatakan Ahmadiyah itu dimusuhi karena memang Ahmadiyahnya sendiri juga yang nyari penyakit dalam artian terlalu esklusif dan mengkafirkan Islam selain umat Ahmadiyah. Yah, mirip-mirip LDII gitu.

Nah, apa temen-temen pernah mengalami langsung yang ke-esklusifan Ahmadiyah ini ya? Kalo bener, rasanya temen-temen Ahmadiya memang perlu belajar juga bagaimana sebaiknnya hidup di Indonesia ini.

AsLan
15-03-2011, 07:43 PM
Ini pengalaman seorang K@skuser:

================================================== ==========================


Sebelomnya ane mo cerita kalo ane kuliah di UNDIP di kampus tembalang angkatan 2003. Tapi berhubung ane ikut UKM di kampus pleburan kayak BEM, Karate INKAI, jadinya ane sering ke pleburan alias kampus bawah. Ane sering juga belanja majalah di agen di Jl. Erlangga soalnya murah.

Sepulang latihan karate ane harus asistensi ke rumah dosen dosen di tanah mas. Ane beli es dawet di samping Distributor MEDIA ELEX KOMPUTINDO di Jl. Erlangga buat ganjel perut sebelom asistensi. Kebetulan ane tau di depan agen majalah/koran ada masjid sekalian numpang solat. Ane gak tau kalo itu masjid ahmadiyah. Singkatnya ane abis beli es dawet pake motor jelek ane n meluncur ke tuh masjid ahmadiyah.

Berhubung ane telat ane langsung wudhu n masbuk berjamaah dengan jamaah. Jumlah jamaah cukup banyak sekitar 20-25 orang beberapa orang menggunakan seragam karyawan Ramayana. Solatnya sama ajah kayak muslim umumnya 3 rakaat. Bacaannya juga sama ayat2 Al-Quran gak ada pake bahasa India ato Inggris. Makanya ane gak tau klo tuh masjid orang ahmadiyah.

Selse solat ane ke teras masjid sambil istirahat bentar. Di situ ane ngobrol2 ma dua orang yang solat. Yang satu ternyata dia tukang becak di sekitar situ yang satu lagi marbot di situ. Ane minta ijin boleh gak numpang mandi di kamar mandi tuh masjid. Ternyata dibolehin, kamar mandinya cukup bersih.

Setelah mandi ane kasih duit 10 rebu buat tuh marbot eh malah ditolak, dia bilang ga usah klo mo numpang lagi ya dateng ajah. Ya udah ane bilang terima kasih n cabut ke rumah dosen ane.

Ane baru tau klo tuh masjid, punya ahmadiyah setelah kedua kalinya ane dateng. Sama kayak sebelomnya ane ke masjid itu pulang latian Karate, tapi berhubung gak buru2 ane sempet baca papan masjid n di situ di tulis Jemaat Ahmadiya Indonesia. Ane sama skali blank ttg ahmadiyah yang ane tau cuma aliran sesatnya ajah. Jadi ya was-was juga.

Trs ane ngaso sambil makan gorengan di teras gak langsung wudhu n masbuk kayak sebelomnya. Ane solat magrib sendirian. Setelah selse solat ane nungguin tuh marbot keluar buat ijin numpang mandi. Kebetulan ane bawa gorengan agak banyak sambil minta ijin numpang mandi, ane kasih tuh gorengan ke tuh marbot. Selse mandi ane cabut ke tempat dosen ane dengan perasaan was-was.

Sejak kejadian itu ane jadi was-was, tapi kok yang ane liat ttg mereka solatnya tidak berbeda, Al-qurannya beda gak terbukti. Ane jadi penasaran, sampe akhirnya ane iseng2 minta tolong tuh marbot mo ketemu takmir masjidnya buat nanya2 ttg ahmadiyah n tadzkirah. Ternyata penjelasan dari mubalighnya banyak hal-hal tentang ahmadiyah tidak benar dan masyarakat banyak yang pikirannya ikut membenci mereka karena ketidaktahuan ditambah cara ulama menyikapi perbedaan dengan memprovokasi.

Ane sering di sana n numpang istirahat ato mandi. Sejauh ini sampe ane lulus, gak pernah jejek ane dipel, kayak apa yang diceritain anak2 LIQO/ROHIS di kampus, sampe ane lulus ane cari2 tadzkirah di Perpus mereka gak ketemu dan penjelasan dari mubalignya tadzkirah itu cuma catatan pengalaman pribadi Mirza Ghulam Ahmad untuk hal2 spiritual. Tapi orang2 ahmadiyah gak ngaji, solat, ato pun berdoa menggunakan tadzkirah. Justru setelah ane tau ahmadiyah dari sumbernya ane jadi lebih lega, ternyata banyak hal yang membuat kita benci belum tentu benar. Dan setelah tau aslinya ane jadi bisa bertoleransi n gak merasa tuh mereka meresahkan. Karena ane yakin dengan pemahaman dan keimanan ane.

1. Setau ane justru orang2 muslim non ahmadiyah yang mengkafirkan. Pas jaman ane kuliah di UNDIP ane sering numpang mandi ma solat di masjid Ahmadiyah di Jalan Erlangga (kamar mandinya lebih bersih di banding di kampus). Buktinya pas solat banyak orang2 non ahmadiyah solat di sini mulai dari tukang beca sekitar, karyawan Ramayana, tukang mie ayam di simpang lima dll.

2. Kitab sucinya Al-Quran. Ane tau soalnya pernah pulang dari BEM di Pleburan ke Erlangga pas2an ma pengajian mereka. Di masjidnya ngaji pake Al-Quran. Ane nyari2 Tadzkirah gak ketemu di masjid mereka.

3. Ane kurang tau klo masalah haji ke India. Tapi mubaligh ma sodaranya Bpk. M******D A**** pernah naek haji ke mekah n begitupula beberapa anggota di sana. Ane kenal baek ma mubalighnya soalnya sering numpang mandi.

4. Sekjen Perintis Kemerdekaan Indonesia Bpk. Entoy Muhammad Toyib adalah orang ahmadiyah, dan banyak orang ahmadiyah yang terlibat dengan pejuangan kemerdekaan. Ini yang ane tau dari pihak ahmadiyah.

5. Ane gak pernah denger ajaran ini dari mereka. Jadi klain mereka mengaggap Allah SWT seperti manusia ini dari mana? Apakah dari pihak yang membenci Ahmadiyah?

6. Bukti bahwa gw boleh numpang mandi ma numpang solat masjid mereka kayaknya gak mungkin terjadi kalo mereka menganggap gw non muslim.

7. Kalo yang terakhir itu urasan mereka. Justru menurut gw bagus supaya orang2 yang takut disesatkan melalui pernikahan tidak terjadi. Dan menurut gw justru ini menjawab SKB mengenai pelarangan menyebarkan ajaran.

Sumber (http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7275290)

Dadap serep
17-03-2011, 01:00 AM
Pak Dana lingga , saya bisa posting seperti itu pada topik sebelah itu berdasarkan buku buku yg saya peroleh dari temen saya yg cukup baik , satu angkatan dalam satu pendidikan khusus yg sampai sekarang masih terus berteman termasuk dg istrinya dan istri saya , mereka jama'ah Ahmadi.
Sebelumnya saya dan temen temen tidak tahu kalau mereka itu jemaah Ahmadiyah.

Saya tidak menyangkal spt kutipan yg disampaikan oleh pak Aslan diatas. Dalam percakapan sa'at sedang membicarakan Ahmadiyah , apa yg dikemukakan memang selalu bahwa mereka sholat seperti sholatnya muslim yg lain , kitab sucinya adalah Al Qur'an, nabi Muhammad adalah nabi mereka juga , mengenai kitab Tadzkiroh itu hanya kumpulan ajaran MGA , mereka sendiri tidak punya.

Namun mereka jarang atau boleh dibilang tidak pernah ngumpul ngumpul dg temen lain.
Sebelumnya kita memang terpencar di berbagai daerah , kami yg dijakarta rutin mengadakan pertemuan keluarga dan temen kita yg satu ini tidak pernah ikut , meski dia juga sudah berada dijakarta juga.
Pada suatu saat ada yg mendapat kabar bahwa dia sakit , maka saya dg istri bertakziah datang berkunjung , ternyata mereka baik baik saja dan saat itulah kami baru nyadar kalau mereka itu jema'ah Ahmadiyah.
Dalam kesempatan itulah mereka dengan bersemangat menjelaskan mengenai Ahmadiyah dan memberikan setumpuk buka tentang Ahmadiyah dan brosur brosur.
Itu terjadi satu minggu sebelum kejadian bentrok di Parung , ketika mereka melakukan Lajnah nasional tahunan , yg diselenggarakan besar besaran.
Pada saat bertemu dengan dia setelah peristiwa itu , dia bilang dia juga berada disana saat itu pada hari 1 , hari kedua dia tidak datang lagi.

Mereka memang cenderung tertutup. Setahu saya mereka belum naik haji , meskipun sepengetahuan kami mereka tidak termasuk yg tidak ammpu untuk naik haji dari segi finansiil.
Kalau menurut sepengetahuan saya tidak ada ajaran dalam Ahmadiyah yg sampai harus mengepel tempat yg diinjak oleh orang muslim diluar Ahmadi ya , ajaran itu pernah saya dengar pada kelompok Islam Jama'ah dan kelompok lain, kaum Amadi sih tidak sampai begitu.

Namun akhir akhir ini temen saya sudah mau ngumpul ngumpul dengan kita yg rutin mengadakan pertemuan kelurga sering juga diluar kota , tetapi sang istri tetep tidak pernah mau ikut , selalu saja ada alasannya.
Kami tidak pernah membicarakan mengenai Ahmadiyah ini saat berkumpul , bahkan mungkin masih ada yg tidak tahu kalau dia Pengikut Ahmadiyah.
Saya tidak tahu apakah dia masih dalam jama'ah atau sudah keluar , say tidak pernah menanyakannya.

Just sharing pak Dana.

BundaNa
17-03-2011, 01:30 PM
trus...melencengnya dimana kalau Tazkiroh saja tidak semua jamaat punya?

Dadap serep
17-03-2011, 01:53 PM
trus...melencengnya dimana kalau Tazkiroh saja tidak semua jamaat punya?

Lha hubungannya apa punya kitab Tazkhiroh dengan penyelewengan ajaran dan amalan ?
Saya kok nggak lihat korelasinya. Pengetahuan tentang ilmu agama bisa didapat dari pengajian atau penyanpaian lisan !

BundaNa
17-03-2011, 02:11 PM
itu sholat masih biasa...ibadah masih biasa...melencengnya dimana? kalau kajiannya aja biasa

danalingga
17-03-2011, 02:46 PM
Wah, ini bisa muter lagi nih kalo soal melenceng dan nggak.

Ini maksud thread saya bukan soal melenceng dan tidak ya tapi soal apa memang Ahmadiyah itu esklusif -- dan lebih jauh lagi mengkafirkan muslim yang lain selain umat Ahmadiyah. Gitu loh ya. :)

BundaNa
17-03-2011, 02:50 PM
oooooooo eksklusiveitas ya...padahal LDII lebih galak lagi urusan ini...pernah ketemu orang LDII malah saliman sama saya yang sama2 perempuan trus tangannya diusap pelan2 hehehehe...kog Ahmadiyah kena mulu ya sedang LDII tenang2 aja?

Dadap serep
17-03-2011, 03:46 PM
Sesuai dengan topik , tolong lihat juga postingan saya DISINI (http://www.kopimaya.com/forum/showthread.php?175-Memusuhi-komunitas-Ahmadiyah&p=2995&viewfull=1#post2995)

MGA mengklaim dirinya adalah Imam Zaman , terus dia menyatakan dapat janji Tuhan bahwa mereka yg dalam "tembok" rumahnya (menjadi jemaahnya) akan selamat , dan untuk menjadi jema'atnya harus bai'at , yg tidak bai'at mati jahiliyah.
"Barang siapa yg tidak benar benar yakin bahwa aku Masih dan Mahdi yg dijanjikan ia bukanlah Jema'ahku."
Barang siapa yang duduk bercengkerama di tengah tengeh kumpulan orang yg menentangku serta mengiakan apa yang dikatakan oleh mereka , ia bukanlah dari Jema'atku."

Silahkan saja maknai sendiri ajaran tsbt diatas , apakah mereka merasa bersaudara dengan muslim diluar jemaah Ahmadi.

LDII ?? lah bu kok sampai ke LDII segala ?#-o Ke eklusifan ajaran Ahmadiyah dulu deh.B-)

pasingsingan
17-03-2011, 04:12 PM
benarkah info bhw LDII adalah underbow
atau asosiasinya Ahmadiyah? :-w

ndableg
18-03-2011, 01:12 AM
LDII iku opo meneh.. macem2 aja..

pasingsingan
18-03-2011, 08:02 AM
ng, ..... nganu bleg

singkatan literalnya: Lembaga Dakwah Islam Indonesia

tapi ada yng mengataken bhw badan tsb punya hubungan dng Ahmadiyah
makanya gw minta konfirmasi sama temen2 disini, bener gak gosip itu? ;)

BundaNa
18-03-2011, 08:50 AM
wah maap nek melenceng...cuman kalau eksklusivita...hampir semua jamaah2 itu pada eksklusive...sampe macam jamaah salafi (gue pernah dianggep gak ake jilbab karena gak ngikutin tata cara mereka) sampe ahmadiyah...lalu apakah semua yang eksklusive dimusuhi macam ahmadiyah?

Dadap serep
18-03-2011, 07:40 PM
ng, ..... nganu bleg

singkatan literalnya: Lembaga Dakwah Islam Indonesia

tapi ada yng mengataken bhw badan tsb punya hubungan dng Ahmadiyah
makanya gw minta konfirmasi sama temen2 disini, bener gak gosip itu? ;)

Kalau tak salah lho rasanya LDII itu ada yg mengkaitkan dengan Golkar ( lihat simbolnya kali , ada beringinnya Golkar :D}, ada yg punya pendapat berasal dari Islam jama'ah-->Darul Hadist dll dll , wallahu'alam bisshowab.
Kalau dengan Ahmadiyah kok belum pernah dengar.

Sampai sekarang LDII masih exist dan punya situs , klo nggak salah ada kejadian bentrok di Panongan dg kelompok lain (link :http://ldii.blogspot.com/search?updated-min=2009-01-01T00%3A00%3A00-08%3A00&updated-max=2010-01-01T00%3A00%3A00-08%3A00&max-results=15 ) dan malahan di bekasi ada Uztad Bambang Irawan Hafiludin (alm Ex.LDII) yg dipenjarakan karena dinilai mencemarkan LDII.

LDII tidak ada hubungannya dengan Islam Jama’ah dan/atau ajaran terlarang lainnya. LDII adalah ormas Islam yang legal, berdasarkan Undang-undang, berasaskan Pancasila, setia dan ta’at kepada Pemerintah NKRI yang sah, memiliki Program Umum yang dapat diketahui secara transparan oleh masyarakat seluas-luasnya.
Pernyataan itu ada di daftar jawaban FAQ situs resmi mereka.

Mungkin Bu Bundana bisa memberi masukan dari sumberyg lebih jelas kok ada postingan spt ini :
"oooooooo eksklusiveitas ya..padahal LDII lebih galak lagi urusan ini...pernah ketemu orang LDII malah saliman sama saya yang sama2 perempuan trus tangannya diusap pelan2 hehehehe...kog Ahmadiyah kena mulu ya sedang LDII tenang2 aja?

Tapiii ya memang jadi OOT ya.:D

eve
21-03-2011, 11:30 PM
kalau gak salah, LDII itu bikinan pemerintah indonesia. tujuannya ya sama dengan ahmadiyah.
kalau ahmadiyah (keaya aku pernah posting) bikinannya inggris... cmiiw...wallahu alam..

hajime_saitoh
26-04-2011, 10:00 AM
yup ahmadiyah emank eksklusif salah satu buktinya wanita ahmadiyah di larang menikah selain dengan jemaah ahmadiyah.. bukankah hal ini sudah menjadi bukti bahwa mereka mengkafirkan muslim yang lain.. bahkan cerita di bandung sendiri yang pada saat kapolda dan muspida sana berusaha mengagabungkan jemaah ahmadiyah dengan jemaah muslim lainnya dalam satu mshalat jumat mereka menrima pada saat orang muslim yang jadi khatib tapi pada saat orang muslim yang jadi ima semua jemaah ahmadiyah ngeloyor pergi gak mau jamaah ini apa artinya coba???

BundaNa
27-04-2011, 10:49 AM
yup ahmadiyah emank eksklusif salah satu buktinya wanita ahmadiyah di larang menikah selain dengan jemaah ahmadiyah.. bukankah hal ini sudah menjadi bukti bahwa mereka mengkafirkan muslim yang lain.. bahkan cerita di bandung sendiri yang pada saat kapolda dan muspida sana berusaha mengagabungkan jemaah ahmadiyah dengan jemaah muslim lainnya dalam satu mshalat jumat mereka menrima pada saat orang muslim yang jadi khatib tapi pada saat orang muslim yang jadi ima semua jemaah ahmadiyah ngeloyor pergi gak mau jamaah ini apa artinya coba???

yang begini mah semua kelompok pasti punya aturan kek begini...bukan Ahmadiyah aje, LDII, JT, NII juga, mpe IM

Dadap serep
27-04-2011, 03:25 PM
He he he he he he lha iya buuu , artinya LDII , JT , NII dan Ahmadiyah itu eksklusip ! piye to buuuu,.............. :D

E = mc²
28-04-2011, 09:52 AM
yup ahmadiyah emank eksklusif salah satu buktinya wanita ahmadiyah di larang menikah selain dengan jemaah ahmadiyah.. bukankah hal ini sudah menjadi bukti bahwa mereka mengkafirkan muslim yang lain.. bahkan cerita di bandung sendiri yang pada saat kapolda dan muspida sana berusaha mengagabungkan jemaah ahmadiyah dengan jemaah muslim lainnya dalam satu mshalat jumat mereka menrima pada saat orang muslim yang jadi khatib tapi pada saat orang muslim yang jadi ima semua jemaah ahmadiyah ngeloyor pergi gak mau jamaah ini apa artinya coba???

err... bukannya muslim juga gak boleh nikah dg penganut agama lain selai muslim dan ahli kitab? apa ini termasuk eksklusif juga? :-/

Dadap serep
28-04-2011, 11:13 AM
err... bukannya muslim juga gak boleh nikah dg penganut agama lain selai muslim dan ahli kitab? apa ini termasuk eksklusif juga? :-/

He hehe pertanyaan bagus !
Orang yg mau nonton konser musik kudu punya tiket atau yg boleh masuk ke area konser hanya yg punya tiket ! Itu eklusip ndak ? ya emang eklusip mas. Orang diluar muslim tidak boleh masuk area kota Mekah , eklusip nggak itu ? ya emang eklusip !
Dan banyak lagi kok tempat tempat eklusip , hanya untuk member umpamanya , loket untuk "prioritas" di conter BCA Bahkan untuk alasan lain daerah daerah tertentu dijadikan daerah eklusip , seperti zona zona militer , komplek militer , zona kaputren dalam keraton dll dll dll.
Rasanya keeklusipan yg spt itu bisa diterima .

Tetapi manakala sama sama mengaku Islam kemudian mau menjalankan sholat jum'atan yg dalam ajaran Islam tidak ada persyaratan bahwa imannya harus dari Ahmadiyah , maka itu yg kemudian jadi masalah . Keeklusipan yg tidak ada acuan yg bisa diterima bersama dalam komunitas Islam.

Jadi tidak semua keeklusipan itu menimbulkan masalah mas. Seperti pernikahan itu , ya karena agama Islam ngaturnya demikian.

BundaNa
28-04-2011, 11:18 AM
He he he he he he lha iya buuu , artinya LDII , JT , NII dan Ahmadiyah itu eksklusip ! piye to buuuu,.............. :D

kenapa yang dimusuhi cuman LDII...hayoooo

Dadap serep
28-04-2011, 11:29 AM
kenapa yang dimusuhi cuman LDII...hayoooo

Ah masak sihhhh , lha topik ini saja nggak ngebicarain LDII ,...............! tapi Ahmadiyah !, kok punya kesimpulan spt itu to bu ,......... ?B-)

Malahan saat ini lagi top news mengenai NII ,.....................NII KW 9 disoroti diklaim sebagai pelaku pencuican otak , eklusip dll dll dll

LDII hanya dibicarakan disini kok , ibu sendiri yg bawa :P

BundaNa
28-04-2011, 01:31 PM
wah salah ketik...maksudku, kenapa cuman Ahmadiyah yang diserang abis2an, mpe diteror abis2an...sedang yang lain2 (macam LDII) malah tumbuh subur...kalau NII sih karena dianggap merongrong negara, jadi yang nguber aparat :D

danalingga
28-04-2011, 02:43 PM
Hem.. kalo saya baca2 komen disini, sepertinya memang agama itu bersifat eksklusif, tapi Ahmadiyah menjadi tidak terterima karena bersifat eksklusif diatas ke-eksklusifan agama yang telah ada.

purba
29-04-2011, 09:40 AM
Gini, ada beberapa teman yang mengatakan Ahmadiyah itu dimusuhi karena memang Ahmadiyahnya sendiri juga yang nyari penyakit dalam artian terlalu esklusif dan mengkafirkan Islam selain umat Ahmadiyah. Yah, mirip-mirip LDII gitu.

Nah, apa temen-temen pernah mengalami langsung yang ke-esklusifan Ahmadiyah ini ya? Kalo bener, rasanya temen-temen Ahmadiya memang perlu belajar juga bagaimana sebaiknnya hidup di Indonesia ini.

Mungkin maksud ente ekspansif? Kalo eksklusif saja, banyak, tapi belum tentu menimbulkan masalah. :))

Pengalaman ane, Ahmadiyah memang ekspansif, nah itu yg bikin masalah. Ekspansi tsb yg menimbulkan gesekan dgn keyakinan lain dan bisa makin parah jika gesekan tsb terjadi dgn keyakinan lain yg juga ekspansif.

danalingga
29-04-2011, 09:57 AM
Maksud saya sih benar eksklusif dalam artian merasa benar sendiri sedangkan yang lain kafir.

BundaNa
29-04-2011, 10:14 AM
kayaknya bukan karena eksklusivitasnya aja deh, kop

NII jelas mengkafirkan semua yang berada diluar strukturnya...coba tanya orang Islam lain, jawabanna bahwa NII sesat pasti mendua...paling aparat sama MUI yang satu suara

atau LDII yang memandang di luar mereka najis...

jawaban kop purba bisa jadi yang utama kenapa Ahmadiyah dibenci

Dadap serep
29-04-2011, 11:35 AM
Ahmadiyah ekpansif ? rasanya ndak juga lho ! ada data perkembangan jama'ahnya ?

NII kalau saya dengar di TV kemarin ini justru cukup pesat perkembangannya .
.
Sama suara antara MUI dan aparat ? ah masakkkk sihhhh,......
Ada kutipan disini :


Majelis Ulama Indonesia (MUI) pernah meneliti bahwa pondok pesantren Al Zaytun berhubungan dengan Negara Islam Indonesia (NII) dengan tokohnya Panji Gumilang. Mengapa Al Zaytun dan Panji Gumilang selama ini tak tersentuh? Diduga ada oknum intelijen yang membekingi.

Lebih lengkap bisa dibaca disini :http://nii-alzaytun.blogspot.com/

BundaNa
29-04-2011, 03:00 PM
tetep buat saya intinya bukan pada eksklusivenya yang jadi alasan ahmadiyah sering jadi sasaran tembak...karena kelompok2 lain juga eksklusive dan mengkafirkan orang di luar kelompoknya. Saya lebih melihat isu, karena ada pengakuan Nabi lain setelah Nabi Muhammad, SAW walaupun kemudian dianulir sebagai imam besar

Karena kalau reasonnya eksklusiveme, kenapa kelompok lain tidak diserang oleh umat Islam lain?

danalingga
29-04-2011, 03:16 PM
Iya, sepertinya memang karena isu penodaan agamanya -- bukan soal ekspansif atau eksklusif.

Tapi tetap berarti dah clear nih kalo Ahmadiyah ternyata memang eksklusif ya?

hajime_saitoh
30-04-2011, 05:05 PM
ya kalo dah clear bisa ditutup ni thread