PDA

View Full Version : Gempa Sukabumi Byk Yg Ga Kerasa, Hebohan Ngebahas Ga Kerasa Gempa di Twitter



etca
04-06-2012, 10:40 PM
Senin, 04 Juni 2012 19:45 WIB
BNPB: Gempa Sukabumi Subduksi


Metrotvnews.com, Jakarta: Gempa bumi berkekuatan 6,1 Scala Richter yang mengguncang Kabupaten dan Kota Sukabumi adalah gempa subduksi.

"Berdasarkan analisis dari pakar gempa, gempa bumi yang terjadi di bagian selatan Jawa Barat petang (4/6) ini, kemungkinan terjadi karena pertemuan lempeng bumi atau gempa subduksi," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui layanan pesan singkat di Jakarta, Senin (4/6) malam.

Menurut dia, pertemuan lempeng bumi tersebut berada di posisi 50 kilometer dari garis pantai selatan Jawa Barat. Posisi pusat gempa saat ini sekitar 100 kilometer sebelah barat dari pusat gempa pada September 2011.

"Akibat gempa bumi tersebut menurut pakar gempa, terjadi pergeseran pada bidang gempa sekitar 50 sentimeter," katanya.

Ia mengatakan, gempa bumi itu dirasakan cukup kuat oleh masyarakat Kabupaten Sukabumi, sehingga membuat mereka berhamburan ke luar rumah. Hingga saat ini, kata dia, belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa baik dari masyarakat maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukabumi.

"BPBD Sukabumi hingga saat ini masih terus melakukan pemantauan dan pendataan," katanya.

Gempa bumi berkekuatan 6,1 SR mengguncang Kabupaten dan Kota Sukabumi, Jawa Barat, pada pukul 18:18:13 WIB, sedangkan getarannya dirasakan hingga Jakarta.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa di 7,99 Lintang Selatan dan 106,19 Bujur Timur.

Pusat gempa tersebut di kedalaman 24 kilometer dan berlokasi 121 kilometer barat daya Kabupaten Sukambumi, Jawa Barat. Getaran gempa juga dirasakan cukup keras hingga pusat Jakarta.(Ant/BEY)

Saus : http://t.co/4Pk3aHu9


Ada yang berasa ga?
Kok di twitter pada heboh ga ngerasain gempanya?
Bradon gimana nih laporan selayang pandangnya?

waks!!
04-06-2012, 10:42 PM
gw ngerasa tadi bentar
tapi ada 2 x gitu

AsLan
04-06-2012, 10:42 PM
Berasa dong, gw lagi di lantai 4.

etca
04-06-2012, 10:45 PM
gw ngerasa tadi bentar
tapi ada 2 x gitu

Waks posisi di mana?

bradon heat
04-06-2012, 10:47 PM
hadir ::maap::

alhamdulilah disini kota ini, tidak terjadi kerusakan yg berarti ::maap::

6,1 , bener2 kerasa banget ::grrr::
posisi saya waktu kejadian lagi di depan kompie lagi sila di lantai jadi langsung kena getaran ::ungg::

dan langsung pada nelpon kesini ::ungg::

waks!!
04-06-2012, 10:47 PM
gw d bogor

Kaine
04-06-2012, 10:56 PM
Jakarta barat.

ga berasa ;D

Emangnya lama ya?

lighterheaven
04-06-2012, 10:58 PM
Di Sudirman kerasa, meski nggak kentara sekali.. gue di lantai 8..

bradon heat
04-06-2012, 11:00 PM
Jakarta barat.

ga berasa ;D

Emangnya lama ya?


lumayan , disini aja pas keluar rumah masih kerasa

itsreza
04-06-2012, 11:04 PM
bradon, keseringan goyang dangdut nih

Porcelain Doll
04-06-2012, 11:07 PM
di tempat g berasa, apalagi posisi lagi duduk -_-
bentar sih, cuma ngeliat tirai di kamar goyang2 agak heboh

Parameswara Li
04-06-2012, 11:21 PM
Jam segitu lagi di dalam kendaraan, jadi ya nggak kerasa lah !

Yuki
04-06-2012, 11:49 PM
di bogor, tidak terasa

saya aja baru tahu setelah dikasih tau ama tukang sate, kebetulan lagi beli, aneh dia katanya ngerasa pas jalan, tapi saya ama ibu saya juga gak ngerasa

katanya abis maghrib, waktu itu lagi ada tukang AC, mungkin karena konsen-nya lagi kesitu

bradon heat
05-06-2012, 09:21 AM
bradon, keseringan goyang dangdut nih

lah ?? ::doh::

btw , dari lapan menyebutkan kemungkinan gempa disebabkan oleh gerhana bulan yg terjadi kemarin ....


JAKARTA, KOMPAS.com - Gerhana Bulan Sebagian terjadi pada Senin (4/6/2012), memuncak pada pukul 18.03 WIB. Tak berselang lama setelah puncak gerhana, tepatnya pukul 18.18 WIB, gempa terjadi di Sukabumi.

Thomas Djamaluddin, peneliti di Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) dan pemerhati astronom Ma'rufin Sudibyo mengatakan, fenomena Gerhana Bulan Sebagian mungkin memicu terjadinya gempa Sukabumi.

"Mungkin. Secara temporal, waktunya bersamaan. Secara spasial, kawasan tunjaman di lepas pantai Indonesia bagian barat diketahui memiliki korelasi lebih tinggi dalam hal gempa dan Bulan baru/purnama," kata Ma'rufin

Ma'rufin mengungkapkan, Ada riset yang menyebut kawasan Indonesia bagian barat memiliki tidal stress lebih tinggi, sehingga terdapat probabilitas lebih dari 99 persen untuk terjadinya gempa saat konjungsi/oposisi Bulan.

Sementara Thomas menjelaskan, salah satu mekanismenya adalah, saat terjadi gerhana ada efek pasang maksimum di arah Bulan dan Matahari, yaitu di arah ufuk bagi wilayah selatan Jawa.

"Akibatnya, beban yang menjepit lempeng Eurasia mengendur, sehingga lempeng Indo-australia bisa menyusup ke bawahnya dan energi yang dilepaskannya yang dirasakan sebagai gempa," urai Thomas lewat jejaring sosialnya.

Thomas menegaskan, gerhana hanya mungkin menjadi pemicu terjadinya gempa, bukan sebagai penyebab. Ibaratnya, korek api di suatu waktu bisa menjadi pemicu kebarakan, bukan sebab kebakaran itu sendiri.

Lalu bagaimana dengan Supermoon? Sebelumnya dikatakan bahwa Supermoon, yang sejatinya juga purnama, dikatakan tidak menyebabkan gempa atau letusan gunung berapi.

Thomas menjelaskan bahwa memang gerhana, bulan baru, bulan purnama maupun Supermoon tidak bisa secara umum dikatakan sebagai penyebab bencana. Namun menurutnya, dalam kasus tertentu, faktor astronomi memang bisa memicu.

Beberapa kejadian gempa memang berdekatan atau bertepatan dengan bulan baru atau purnama. Gempa Aceh 26 Desember 2004 terjadi saat Purnama sementara gempa Yogyakarta 27 Mei 2006 terjadi menjelang bulan baru.

Sementara itu, gempa besar yang mengguncang Jepang tahun 2011 juga terjadi menjelang Supermoon, saat Bulan berada pada posisi terdekat dengan Bumi, berjarak sekitar 350.000 km.

Saat gempa terjadi hari ini, Bulan sejatinya juga sedang berada di jarak yang dekat dengan Bumi, hanya 0,26 persen lebih jauh dari perigee. Gerhana malam ini bisa disebut gerhana Supermoon.

Apakah memang gerhana, bulan Baru dan Supermoon berkaitan dengan gempa? Bukti empirik telah ada. Namun, kiranya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menguraikannya.

Selama belum ada riset ilmiah yang menguraikannya, tak perlu ada kepanikan. Tanpa ada kaitan antara faktor astronomi dengan gempa, gempa itu sendiri memang perlu diwaspadai.

::ungg::::ungg::

E = mc˛
05-06-2012, 06:46 PM
banyak kejadian gempa besar terjadi saat terjadi bulan purnama (gerhana bulan terjadi hanya saat purnama). Banyak ilmuwan yg mempercayai adanya korelasi antara bulan purnama dg gempa, terutama saat purnama/bulan baru. Gempa tsunami Aceh dan Nias misalnya, keduanya terjadi saat menjelang purnama. begitupun beberapa gempa lainnya

tapi banyak ilmuwan yg meragukannya dan hanya menganggapnya sbg kebetulan semata

noodles maniac
06-06-2012, 07:21 AM
Ciputat, gak berasa -_- lagi asik ngemil ::allthefood:: and nyeruput teh anget :minum:

Malah gw diomelin sama emak gw yang ujug2 pulang sholat dari masjid

Emak : "kerasa gempa gak? lampu di masjid mpe goyang2" :apaa:

Nudel : "kagak" ::ungg::

Emak : "kamu nih gimana sih! bla bla bla yada yada yada" ::bbb::

Nudel : ::doh::

Yuki
06-06-2012, 09:02 AM
^
iya ini gempa kali ini terbilang aneh, jangankan satu kota, satu komplek pun ada yg ngerasa ada yg enggak

miyagikun
06-06-2012, 09:48 AM
@bradon: gempanya lama ga?

Porcelain Doll
06-06-2012, 10:12 AM
bentar doang, ga nyampe semenit

bradon heat
06-06-2012, 05:53 PM
banyak kejadian gempa besar terjadi saat terjadi bulan purnama (gerhana bulan terjadi hanya saat purnama). Banyak ilmuwan yg mempercayai adanya korelasi antara bulan purnama dg gempa, terutama saat purnama/bulan baru. Gempa tsunami Aceh dan Nias misalnya, keduanya terjadi saat menjelang purnama. begitupun beberapa gempa lainnya

tapi banyak ilmuwan yg meragukannya dan hanya menganggapnya sbg kebetulan semata

mungkin karena gravitasi bulan ?? ::ungg::


^
iya ini gempa kali ini terbilang aneh, jangankan satu kota, satu komplek pun ada yg ngerasa ada yg enggak

mungkin yg gak ngerasain gempa ,
dia lagi fokus atau lagi nga ngeh ama sekitar ::ungg::


@bradon: gempanya lama ga?


bentar doang, ga nyampe semenit

yups gk semenit

cha_n
06-06-2012, 06:15 PM
kerasa di jakpus, gw di lantai 3

noodles maniac
06-06-2012, 09:08 PM
mungkin karena gravitasi bulan ?? ::ungg::



mungkin yg gak ngerasain gempa ,
dia lagi fokus atau lagi nga ngeh ama sekitar ::ungg::





yups gk semenit

Mungkin karena kekuatan bulan telah menghukum kita :cengir:

E = mc˛
06-06-2012, 09:14 PM
gak boleh dicandain Del. banyak orang yg menderita -_- -di berita katanya yg gempa sukabumi kemaren puluhan rumah rusak (60an), apalagi di kasus gempa lain banyak yg meninggal.

gravitasi bulan tentu saja mempengaruhi gerak laut pasang-surut, tapi kalau mempengaruhi lempeng bumi yg tebal dan sangat berat, belum ada bukti signifikan yg jelas.