PDA

View Full Version : Tanya: hoax atau bukan: alasan laki2 tidak boleh pakai emas



cha_n
23-05-2012, 07:22 PM
banyak banget orang copas berita ini, tapi gw ragu kebenarannya



Jika ditanya apa alasannya atau apa logikanya laki2 tidak boleh memakai emas???
mungkin akan banyak yang menjawab ...kalau laki2 diperbolehkan memakai emas bisa2 wanita tidak kebagian. Atau ada juga jawaban ..nanti tidak bisa membedakan mana laki2 mana perempuan karena sama2 memakai emas.

Sebenarnya jawabannya tidak seperti itu......
Inilah tinjauan ilmiah atau analisa medisnya...Para ahli fisika telah menyimpulkan bahwa atom pada emas mampu menembus ke dalam kulit dan masuk ke dalam darah manusia, dan jika kita (para pria) mengenakan
emas dalam jumlah tertentu dan dalam jangka waktu yang lama, maka dampak yang ditimbulkan yaitu di dalam darah dan urine akan mengandung atom emas dalam
prosentase yang melebihi batas (peristiwa ini juga dikenal dengan sebutan "migrasi emas") Dan apabila hal ini terjadi, maka akan mengakibatkan penyakit

Alzheimer, Zheimer adalah suatu penyakit di mana orang tersebut kehilangan semua kemampuan mental & fisik serta menyebabkan kembali seperti anak kecil. Zheimer bukan penuaan normal, tetapi merupakan penuaan paksaan atau terpaksa. Dan mengapa islam membolehkan wanita untuk mengenakan emas? Karena perlu dicatat bahwa wanita tidak menderita masalah ini karena setiap bulan, partikel berbahaya tersebut keluar dari tubuh wanita melalui haid (datang bulan).

alasan ragu, kalau emang ini penelitian soal alzhiemer yang disebabkan emas yang dipake laki2, napa yang meneliti ahli fisika? kok bukan dokter, ahli kesehatan atau ahli biologi?

ndugu
23-05-2012, 07:26 PM
hoaxxxxxxxxxxxx ::itrocks::::itrocks::

kandalf
23-05-2012, 07:34 PM
Hoax!

Sederhana,
silakan baca-baca tentang menstruasi.
Menstruasi tidak mengeluarkan zat-zat beracun dalam tubuh yang beredar di pembuluh darah.

---------- Post added at 08:34 PM ---------- Previous post was at 08:30 PM ----------

Di wikipedia malah gak menjelaskan proses haidh...
googling, dapat ini http://fdahyani.blogspot.com/2011/02/haid-1.html

Setidaknya, itu mirip dengan yang dipelajari di mata pelajaran Biologi SMU dulu.

E = mc²
23-05-2012, 08:19 PM
Hoax. sama dg "penelitian" bahwa sayap lalat mengandung antibiotik. Klaim salah kaprah dan cacat secara ilmiah demi mendukung pernyataan tertentu dalam agama tertentu.

Hoax yg sama dg "penelitian ilmiah membuktikan bahwa minum sambil berdiri akan merusak ginjal", "nasa menutupi fakta bahwa bulan terbelah", dan aneka "bukti ilmiah" lain yg sengaja dicocok-cocokan tanpa mau crosscheck kebenaran. dulu saya posting dan bahas satu2 klaim seperti ini. blog saya kebanjiran caci maki, santet, dan kutuk ;D

Porcelain Doll
23-05-2012, 08:20 PM
aneh....kalo alasannya karena perempuan haid tiap bulan, gimana nasibnya dengan yg sudah menopause dan berhenti haid ;D
boleh dilanjut ga dengan apa alasan sebenernya laki2 ga diperbolehkan pake emas di islam?
apa karena itu jadi menyerupai perempuan atau gimana? alasan ilmiahnya sih

itsreza
23-05-2012, 08:24 PM
kirain laki-laki ga boleh pakai emas karena agama
kalau alasan pakai emas bisa menyebabkan alzheimer sih hoax

kandalf
23-05-2012, 08:36 PM
Hoax yg sama dg "penelitian ilmiah membuktikan bahwa minum sambil berdiri akan merusak ginjal", "nasa menutupi fakta bahwa bulan terbelah", dan aneka "bukti ilmiah" lain yg sengaja dicocok-cocokan tanpa mau crosscheck kebenaran. dulu saya posting dan bahas satu2 klaim seperti ini. blog saya kebanjiran caci maki, santet, dan kutuk ;D
Mau dong tautan blog-nya. Pengen baca-baca.. :D

E = mc²
23-05-2012, 09:15 PM
saya coba bahas deh ttg asal-usul klaim ini. Gak saya bahas detail dan tuntas, hanya yg berdasarkan ingatan saja. Males ubek-ubek blog saya. Dan malas gugling juga ;D

kalau inget pelajaran Fisika jaman SMA, di bab teori atom (di pelajaran kimia juga ada), ada pembahasan mengenai sejarah perkembangan teori atom. salah satu ilmuwan yg berjasa mengembangkan teori atom adalah fisikawan Ernst Rutherford. Rutherford memborbardir lapisan kertas emas super tipis (mirip kertas almunium foil buat bungkus kue yg mau dimasukan ke oven) dengan sinar partikel alfa (yg bermuatan positif). Ajaib, beberapa partikel alfa yg ditembakan tersebut memental balik ke arah sumber tembakan. Padahal menurut teori lama, seharusnya partikel alfa akan menembus kertas emas tipis tadi. Nyatanya ada partikel alfa yg dipantulkan. Lalu dibuatlah teori untuk menjelaskan fenomena ini. Rutherford kemudian menyusun teori bahwa atom mesti terdiri dr partikel positif yg cukup kuat untuk bisa memantulkan partikel alfa (yg juga bermuatan positif). Rutherford menyebut bagian atom yg bermuatan positif itu sbg proton yg terletak di inti atom. Inti atom dikelilingi elektron yg bermuatan negatif. elektron mengitari proton, sama seperti bumi mengelilingi matahari.

Jadi, dalam percobaan Rutherford, kertas emas ditembak partikel alfa dan partikel alfa (sebagian) terpental balik. Jadi yg terpental keluar adalah partikel alfanya, bukan atom emasnya! Atom emas dalam kertas emas tadi "tidak terusik". Partikel alfa sendiri memang berbahaya bagi manusia jika mengenai jaringan hidup. Ketika sebuah pembangkit nuklir rusak dan bocor, aneka sinar radioaktif (partikel alfa, beta, dan gamma) terlepas dan menembus berbagai jaringan hidup dan mengubah susunan DNA langsung. Orang yg ditembakan partikel alfa dalam jumlah di atas ambang batas akan mengalami perubahan kode genetik sehingga bisa cacat bahkan meninggal sekaligus.

Sekarang kita bahas atom unsur emasnya sendiri. Secara khusus berdasarkan kemampuan radiasi, unsur atom dibagi menjadi dua: unsur yg bersifat stabil dan tidak stabil. unsur yg stabil adalah unsur yg nomor atomnya di bawah 83. selama tidak terjadi reaksi kimia, unsur ini jumlahnya akan tetap. contoh, panci aluminium asal gak dilarutkan ke cairan tertentu, akan tetap berbentuk panci karena unsur alumunium termasuk unsur yg stabil. uranium sebaliknya, unsur ini sangat tidak stabil. jika dibiarkan, maka atom uranium akan membelah dan dalam pembelahan itu akan melepaskan partikel alpa. Emas adalah unsur yg stabil. Bahkan emas memiliki sifat unik. berbeda dg kebanyakan logam lainnya yg sangat reaktif (contoh besi yg dibiarkan di udara terbuka akan berkarat), emas sangat stabil. emas tidak bisa meluruh begitu saja (atomnya lepas). emas juga sukar bereaksi secara kimiawi. Makanya emas disebut sbg logam mulia, karena dia stabil dan tidak mudah bereaksi. berbeda dg logam lain yg selalu tercampur dg batuan dan senyawa lain dalam tanah, emas selalu ditemukan secara utuh.

Jadi, jelas emas perhiasan tidak akan lepas atomnya begitu saja seperti klaim di atas. Boro-boro masuk ke dalam darah, lepas saja gak mungkin jiks tidak ada reaksi lain. Yang bisa menembus kulit itu bukan atom emas, tapi partikel alfa. tapi partikel alfa dihasilkan oleh atom yg tidak stabil dan emas malah sangat stabil.

Itu sekilas tinjauan fisikanya. kalau tinjauan biologi, peredaran darah, dan menstruasi sudah diberikan link-nya oleh Kandalf. silahkan baca-baca saja.

Dalam klaim perhiasan emas tadi--dan kebanyakan klaim serupa--terlihat bahwa si tukang klaim memiliki pengetahuan sains yg lemah, mudah terkecoh, nyomot fakta sebagian buang sisanya sehingga tambal sulam. Biasanya biar kelihatan lebih canggih ditambahkan embel2 "menurut ahli X yg terkenal" yg ternyata setelah di googling nama tsb sangat anonim dan gak dikenal, cuma nongol dr satu copasan ke copasan lain yg kesemua isinya ttg klaim "sesat" tsb.

---------- Post added at 08:15 PM ---------- Previous post was at 08:07 PM ----------

@kandalf: sayangnya blog saya udah saya privat. capek hati soalnya ;D

yah isinya ttg evolusi, sains2 populer, dan membongkar mitos dan klaim sesat seperti ini. dulu ketika masih semangat, saya ladeni semua debat itu ampe pernah ada postingan yg komengnya nyampe 3000-an. Tapi karena tugas kuliah semakin menggila sementara yg ngetrolling tiap minggu dan bulan selalu saja ada yg baru yg sotoy. kelar satu nambah yg puluhan yg lain sehingga bikin sebel karena yg baru2 gak mau baca hasil2 sebelumnya shg diskusinya jd mbulet. Akhirnya saya stop sih.

Apalagi setelah ada cerpen sy yg dicopas dan diplagiat orang lain lalu diikutsertakan pada suatu lomba dan menang. Udah deh saya privat -_-

Ray Surya
23-05-2012, 10:31 PM
hukum dalam agama kok dicari2 sebabnya secara IPA ::arg!::

Yuki
23-05-2012, 11:24 PM
aturan agama tidak perlu dicari-cari penjelasannya, jalankan saja bagi yg mau meyakininya

tapi menurut diri saya pribadi, laki-laki memang bukan "tempatnya" dihiasi oleh emas, tidak cocok aja

mungkin nanti, di sana laki-laki bishounen semua, baru pantes ::hihi::

Porcelain Doll
23-05-2012, 11:35 PM
justru karena apa yg dilarang itu biasanya ada alasannya, makanya nanya kan -_-
klo ga secara sains, mungkin secara logika ataupun etika

Ray Surya
23-05-2012, 11:44 PM
justru karena apa yg dilarang itu biasanya ada alasannya, makanya nanya kan -_-
klo ga secara sains, mungkin secara logika ataupun etika

Tuhan ngelarang banyak hal yg gak dijelasin alasannya ke manusia.
manusia juga gak bakalan tau alasannya.
manusia disuruh bertaqwa.

E = mc²
23-05-2012, 11:57 PM
Sederhana,
silakan baca-baca tentang menstruasi.
Menstruasi tidak mengeluarkan zat-zat beracun dalam tubuh yang beredar di pembuluh darah.

kayaknya statemen itu muncul karena anggapan keliru bahwa haid adalah darah "kotor". Dalam terma biologi, istilah darah bersih darah kotor hanya digunakan utk menyebutkan darah yg kaya oksigen dan darah yg miskin oksigen (kaya CO2).

Tapi banyak org yg menafsirkan darah kotor sbg darah yg keluar dr tempat (yang dianggap) "kotor". maka darah haid sering disebut darah kotor dan dikiranya melepas racun :-?

BundaNa
23-05-2012, 11:58 PM
cut sampe sono ya, ntar merembet gajebo ;D
eh tapi gw liyat cowok pake perhiasan emas kog jijay ya, apalagi kalung rante

Yuki
24-05-2012, 12:16 AM
eh tapi gw liyat cowok pake perhiasan emas kog jijay ya, apalagi kalung rante
ya emang gak cocok, bukan tempatnya

ibarat sepatu ditaro di kepala, topi dipake di kaki

E = mc²
24-05-2012, 12:17 AM
kalo jd gajebo mah, ntar dipindah aja trednya. apakah bakal dilempar ke forum mars-venus atau ke forum agama/ide ;D

tapi bukannya cowok-cowok yg udah nikah kan seringnya pake cincin nikah, itu cincinnya dr emas kan? suami bundana gak pake cincin nikah? atau cincinnya dr plastik? j/k :run:

Yuki
24-05-2012, 12:23 AM
tapi bukannya cowok-cowok yg udah nikah kan seringnya pake cincin nikah, itu cincinnya dr emas kan? suami bundana gak pake cincin nikah? atau cincinnya dr plastik? j/k
cincin buat cowok bukannya didesain polos kan? Dan lagi itu niatnya bukan untuk menghiasi diri

cmiiw

E = mc²
24-05-2012, 12:27 AM
bukannya yg dipermasalahkan itu bahan materialnya ya, bukan desain (polos/gambar2 renda dan bunga), dan juga bukan motif (pamer/menghias diri)?

*ah, dah tengah malam. saatnya tidur :D*

Yuki
24-05-2012, 12:40 AM
apapun bentuk dan corak, jika niatnya untuk dijadikan perhiasan, bagi laki-laki itu tidak boleh

BundaNa
24-05-2012, 01:11 AM
@rumus: hubby p'anut paham tdk pake perhiasan emas, macam mona gitu dah ;)) ga pake cincin kawin, cuma ksh mahar

Ray Surya
24-05-2012, 01:39 AM
cincin kawin itu kagak diajarkan di agama, pakai plastik boleh, pakai platina boleh, kagak pakai cincin boleh.
pria pakai cincin emas, apapun bentuk & tujuannya tetep tidak boleh.
kagak perlu tanya alasan IPA nya.

itsreza
24-05-2012, 10:22 AM
^^
dibahas ilmiah karena di posting awal tentang masalah ilmiah bukan agama kok

GiKu
24-05-2012, 10:31 AM
firman Allah dan sunnah rasul itu meng-cover sampai hari akhir nanti
cuma akal manusia saja yg belum sampai

gogon
24-05-2012, 11:11 AM
justru karena apa yg dilarang itu biasanya ada alasannya, makanya nanya kan -_-
klo ga secara sains, mungkin secara logika ataupun etika

engga semua sih Po.
kayak larangan makan babi itu sebenernya ngga dikasitu alasannya apa.
cuman manusia yang "kreatif" aja (kreatif pake tanda kutip) yang mencari2 alasan ilmiahnya.

sedangkan larangan pakai emas dibarengi dengan larangan pakai sutra bagi laki-laki


BTT (biar ngga agamis), hoax bin boong ;D

cha_n
24-05-2012, 11:29 AM
tolong bahas sisi ilmiah aja ya.
Gw ga nanya soal hukumnya dalam islam dan Gw pribadi ga pernah menyelisihi masalah ini secara hukum agama.

cha_n
24-05-2012, 11:33 AM
suamiku pernah punya cincin emas waktu tunangan dulu tapi ga pernah dipakai
alasan agamis karena lelaki dilarang pakai emas
alasan realistis cincinnya kekecilan
alasan matre, tu cincin udah dihibahkan ke Gw jadi ngapain dia yang make.

tapi blm kepikiran soal alasan ilmiah ini apalagi kalau ternyata hoax

GiKu
24-05-2012, 11:51 AM
kalo penjelasan ilmiahnya belum ada, ya sabar aja


seperti tantangan Allah dalam surat Ar-Rahman (33)

Hai sekalian jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan.

masa adanya pesawat terbang dan roket dengan masa turunnya ayat ini ada perbedaan waktu yg jauh
ayat ini dan ide2 ilmiah yg mendukung ayat ini, mungkin dulu dianggap hoax, tapi sekarang kan sudah dapat dibuktikan


yg sabar ya, Buw....
semoga di bawah saya bisa memberikan penjelasan ilmiahnya

cha_n
24-05-2012, 12:32 PM
gw ga mempermasalahkan akan datang masanya hal ini bisa dibuktikan (di masa datang)
tapi yang gw tanya sekarang, orang yang udah nyebar2 berita bahwa saat ini hal itu sudah dibuktikan

apakah bener sudah dibuktikan?
dan gw nanya ini di pengetahuan umum, bukan di obrolan santai, artinya gw nanya penjelasan ilmiah, bukan malah di OOT-in kemana2
dan ga ada hubungannya gw disuruh sabar nunggu sampe ini bisa dibuktikan beneran, ga nyambung banget

E = mc²
24-05-2012, 12:58 PM
eh, pindahin nih trednya? ;D

yah, klaim seperti ini kan bukan barang baru. banyak "nubuat" statemen agama yg "ternyata memiliki bukti ilmiah dan terbukti oleh penelitian modern", namun nyata-nyatanya bukti yg dimaksud sangat-sangat prematur dan lemah. di beberapa agama lain juga sering kok klaim-klaim seperti ini dimunculkan terutama utk penyataan2 yg dirasa aneh dan gak sesuai logika kekinian. Untuk kasus perhiasan emas tadi, klaim itu muncul karena ada "loncatan logika" dimana larangan memakai emas hanya ditujukan buat laki-laki tetapi tidak untuk perempuan. Maka kemudian dibuatlah klaim lemah itu dengan mendompleng "bukti ilmiah modern" agar loncatan logika tadi terperantarai.

ini membuktikan bahwa penafsiran bukanlah harga mati. pada kasus ayat yg dikutip Giku, org modern dg mudahnya bilang bahwa ayat yg dimaksud itu mengisyaratkan roket/pesawat. tapi para penafsir sebelum abad ke-19 jelas tidak menafsirkan ayat tsb sbg adanya roket/pesawat kan? mereka pasti punya penafsiran tersendiri thp ayat itu.

setidaknya jadi pelajaran, kalau mau bikin klaim, harus diusut sampai tuntas asal-usulnya dan dibikin oleh ahli yg bener2 ngerti masalahnya. jangan asal copas begitu saja (coba saja copas tulisan utuh klaim tsb lalu search pake google toolbar, maka akan ditemukan tulisan2 serupa di berbagai blog dg kesamaan sampai titik komanya karena emang tulisan2 spt ini biasanya gak dicerna atau dikritisi sama sekali, karena ada embel2 statemen agamanya maka langsung "wow, lihat, penelitian ilmiahnya pasti bener nih). Alih-alih menjadi sarana baru dalam menafsirkan pernyataan agama, malah terlihat "memperkosa" kesucian ayatnya sendiri... (btw, yg larangan perhiasan emas bagi laki2 bukan ayat quran kan, tp hadis kan?)

udah ah oot-nya.

cha_n
24-05-2012, 02:26 PM
betul betul, itu yang aku maksudkan
itu sebabnya aku tanyanya di sini, karena menurutku ini masalah serius.
bukan soal haditsnya yang aku perselisihi, karena gw ga pernah mepertanyakan soal haditsnya, dan gw percaya emas emang ga boleh dipake cowo, titik, sami'na waatho'na. tapi perkara penyebaran berita bohong itu yang bener2 menghawatirkan
kalau mau balik ke agama, di Islam sendiri juga dilarang menyebarkan berita bohong, kita harusnya cek dan ricek
itu kenapa aku tanya masalah ini, salah satu caraku cek dan ricek, karena nanya sisi ilmiahnya, maka aku tanya di pengetahuan umum, kalau ada yang mau bahas dari sisi hukum islamnya, silakan buat thread dari sisi hukum syariah di forum yang lain, bukan malah OOTin thread orang pake nyuruh2 gw sabar buat nunggu bukti ilmiahnya, plis deh


eniwei, thanks rumus dan kandalf
lumayan tercerahkan, kecurigaanku ini hoax bisa terbukti

E = mc²
24-05-2012, 02:43 PM
eh, kalau googling pake kalimat klaim itu secara lengkap, lumayan lho KopiMaya ada di page pertama google ;D

https://www.google.co.id/search?sugexp=chrome,mod=15&sourceid=chrome&ie=UTF-8&q=Inilah+tinjauan+ilmiah+atau+analisa+medisnya...P ara+ahli+fisika+telah+menyimpulkan+bahwa+atom+pada +emas+mampu+menembus+ke+dalam+kulit+dan+masuk+ke+d alam+darah+manusia%2C+dan+jika+kita+(para+pria)+me ngenakan+emas+dalam+jumlah+tertentu+dan+dalam+jang ka+waktu+yang+lama%2C+maka+dampak+yang+ditimbulkan +yaitu+di+dalam+darah+dan+urine+akan+mengandung+at om+emas+dalam+prosentase+yang+melebihi+batas+(peri stiwa+ini+juga+dikenal+dengan+sebutan+%22migrasi+e mas%22)+Dan+apabila+hal+ini+terjadi%2C+maka+akan+m engakibatkan+penyakit++Alzheimer%2C+Zheimer+adalah +suatu+penyakit+di+mana+orang+tersebut+kehilangan+ semua+kemampuan+mental+%26+fisik+serta+menyebabkan +kembali+seperti+anak+kecil.+Zheimer+bukan+penuaan +normal%2C+tetapi+merupakan+penuaan+paksaan+atau+t erpaksa.+Dan+mengapa+islam+membolehkan+wanita+untu k+mengenakan+emas%3F+Karena+perlu+dicatat+bahwa+wa nita+tidak+menderita+masalah+ini+karena+setiap+bul an%2C+partikel+berbahaya+tersebut+keluar+dari+tubu h+wanita+melalui+haid+(datang+bulan).