PDA

View Full Version : Mengenal lebih dekat: Ateisme



Nowitzki
22-05-2012, 05:29 PM
Seperti biasa, gue gak tahu harus posting di mana, jadi ya.. diputuskan di sini aja
*barista, kalo gak cocok, minta tulung pindahin yak

Sebenernya berawal dari obrolan gue sama hubby soal novel Golden Compass
jadi ngebahas dikit soal ateisme juga

Awalnya, yang kukenal cuma dua jenis yaitu agnostik sama ateis
menurut pemahaman gue yang lumayan terbatas
agnostik adalah pemahaman orang2 yang percaya tuhan tapi gak percaya agama
dan ateisme adalah pemahaman dimana orang2 gak percaya tuhan, juga agama

Ternyata, hasil dari ceramah tengah malam sambil ngasih susu botol ke Ara
gue baru ngeh, kalo ateisme sendiri terbagi dua

yaitu
Ateisme yang gak percaya Tuhan
dan Ateisme yang gak percaya dunia spriritual (termasuk Tuhan)

nah loh? bedanya apa coba?

Jadi, menurut penjelasan singkat dari hubby dan sedikit browsing2 di wikipedia dan sini (http://www.psychologytoday.com/blog/who-we-are/201205/two-types-atheism-and-what-is-wrong-each)

yang dimaksud Ateisme tipe I adalah orang2 yang gak percaya adanya Tuhan atau penciptaan,
tapi mereka masih bisa saja takut sama hantu, percaya pada kekuatan alam, dkk
tapi gak percaya semua itu diciptakan oleh Tuhan, melainkan bahwa dunia dan alam semesta
terjadi dengan sendirinya, tanpa sebab musabab.

kalai Ateisme tipe II adalah orang2 yang gak percaya spiritualisme (termasuk Tuhan),
nah kalo yang tipe yang ini, gue lebih nyambung.
Tipe semacam karakter Sheldon dalam Big Bang Theory Show.
Orang2 yang percaya pada science dan menganggap keberadaan spiritualisme (dan Tuhan)
adalah sesuatu yang bersifat ilusional/psikologis, bukan sesuatu yang bisa
dibuktikan secara science.


Begitu sedikit pemahaman yang gue ngerti, ada yang mau menambahkan?

E = mc²
22-05-2012, 05:33 PM
ada juga deisme, panteisme, atau nonteis (seperti penganut agama budha). nah lho ;D


*novel Golden Compass-nya dah selese? lanjut ke buku dua gak? makin seru lho. ntar ketemu tokoh si Will yg unik dg masa lalu yg "kejam" :P

AsLan
22-05-2012, 05:49 PM
Gw rasa banyak sekali penganut agama (theis) yg sebenarnya Deisme.

Deisme itu percaya bahwa Tuhan menciptakan alam semesta beserta hukum2 alam, lalu membiarkan alam tersebut berjalan dengan sendirinya, Tuhan tidak ikut campur lagi.

Kalo menurut pengamatan gw pribadi, entah itu yg muslim atau kristen banyak yg masuk kategori ini, mereka percaya nanti ada yg namanya surga dan neraka, tapi Tuhan takkan turun tangan di dunia ini, jadi semuanya bergantung pada usaha manusia.

Nowitzki
22-05-2012, 05:53 PM
ada juga deisme, panteisme, atau nonteis (seperti penganut agama budha). nah lho ;D


*novel Golden Compass-nya dah selese? lanjut ke buku dua gak? makin seru lho. ntar ketemu tokoh si Will yg unik dg masa lalu yg "kejam" :P

gak perlu baca, udah diceritain dengan detil sama hubby tentang ke3 novelnya
tapi masih merasa gak masuk akal dengan pisaunya
ah OOT nih

kandalf
22-05-2012, 05:55 PM
Justru karena suaminya udah baca sekuelnya hingga menamatkan trilogi itu makanya Nowitzki nanya, kenapa buku The Golden Compass dituding sebagai propaganda ateis padahal ada konsep supranatural di situ.

cha_n
22-05-2012, 06:02 PM
pinjam dong bukunya biar Gw nyambung nih komentarnya :D

E = mc²
22-05-2012, 06:17 PM
saya malah melihat trilogi His Dark Material sbg propaganda satanis ketimbang atheis--apalagi dg battle di akhir buku ketiganya ;D

BundaNa
22-05-2012, 07:18 PM
golden compass bukannya pilemnya jg ditolak kemana2 gegara dianggap propaganda atheis ya? *OOT

choodee
22-05-2012, 07:26 PM
cari bukunya aah~~~ ;D

pilemnya golden compass katanya boring?? bagus ternyata mnurut anak2 km?

E = mc²
22-05-2012, 07:44 PM
filmnya masih "soft" sih gak garang seperti bukunya, juga bakal sedikit membingungkan bagi mereka yg belum baca bukunya karena loncat-loncat settingan dan tokoh. tapi spesial efeknya amat cantik. apalagi ada eva green-nya ;D

Sbg film yg amat mahal, film itu banyak mengeliminasi unsur "anti-agama" di novelnya demi kepentingan rating dan menghindari banyak sensor

hehe, keknya ntar tred ini bakal dimerge ke tred Golden Compass di forum buku/manga atau bahkan dilempar ke film ;D

saatnya kabur ah :run:

BundaNa
22-05-2012, 08:22 PM
padahal bahas atheis ya? ;)) nunggu purba memaparkan dulu apa itu atheis. eh bentar, kalo agnostik ga percaya agama?

ndugu
22-05-2012, 09:49 PM
agnostik adalah pemahaman orang2 yang percaya tuhan tapi gak percaya agama
agnostic bukan itu deh

pemahamanku berdasarkan kamus sih


agnostic [ag-nos-tik]  
1. a person who holds that the existence of the ultimate cause, as God, and the essential nature of things are unknown and unknowable, or that human knowledge is limited to experience. Synonyms: disbeliever, nonbeliever, unbeliever; doubter, skeptic, secularist, empiricist; heathen, heretic, infidel, pagan.
2. a person who denies or doubts the possibility of ultimate knowledge in some area of study.
3. a person who holds neither of two opposing positions on a topic: Socrates was an agnostic on the subject of immortality.
sumber: dictionary.com

BundaNa
22-05-2012, 09:56 PM
pagan, bukannya percaya pada sesuatu yg ada tapi tidak dpt dijangkau indra manusia ya? eh, bedanya atheis sm notheis apa

Nowitzki
22-05-2012, 10:42 PM
agnostic bukan itu deh

pemahamanku berdasarkan kamus sih


sumber: dictionary.com

oh gitu toh, I see

brarti pemahamanqu selama ini salah hehe

---------- Post added at 09:38 PM ---------- Previous post was at 09:34 PM ----------


pagan, bukannya percaya pada sesuatu yg ada tapi tidak dpt dijangkau indra manusia ya? eh, bedanya atheis sm notheis apa

agnostik bukan pagan bunda,
tapi paham yang mempercayai bahwa hal2 mengenai keTuhanan dan penciptaan alam adalah hal2 yang tidak diketahui dan tidak dapat dipastikan kebenarannya.

---------- Post added at 09:39 PM ---------- Previous post was at 09:38 PM ----------


pagan, bukannya percaya pada sesuatu yg ada tapi tidak dpt dijangkau indra manusia ya? eh, bedanya atheis sm notheis apa
pagan, kalau dalam bahasa yang lebih familiar itu penyembah berhala
biasanya sudah ada bentuk agama resminya dan sudah ada ritual2nya

---------- Post added at 09:42 PM ---------- Previous post was at 09:39 PM ----------


Gw rasa banyak sekali penganut agama (theis) yg sebenarnya Deisme.

Deisme itu percaya bahwa Tuhan menciptakan alam semesta beserta hukum2 alam, lalu membiarkan alam tersebut berjalan dengan sendirinya, Tuhan tidak ikut campur lagi.

Kalo menurut pengamatan gw pribadi, entah itu yg muslim atau kristen banyak yg masuk kategori ini, mereka percaya nanti ada yg namanya surga dan neraka, tapi Tuhan takkan turun tangan di dunia ini, jadi semuanya bergantung pada usaha manusia.


Kalo percaya pada takdir/jodoh/nasib artinya kan masih ada campur tangan Tuhan, sLan?

purba
23-05-2012, 03:31 AM
Ane mo komentarin tulisannya Steven Reiss, yg diacu oleh Nowitzki di sini:

http://www.psychologytoday.com/blog/who-we-are/201205/two-types-atheism-and-what-is-wrong-each

Di link tsb, seperti ditulis Nowitzki, Reiss membedakan ateis menjadi dua macam. Tipe-1 adalah yg menolak keberadaan pencipta alam semesta (tuhan) dan tipe-2 adalah yg menolak spiritualitas. Menariknya (buat ane, lucunya), Reiss mengklasifikasikan ateis seperti itu supaya bisa disangkalnya sendiri. Ini seperti AsLan (sorry) mendefinisikan teori evolusi sedemikian rupa supaya bisa disangkalnya sendiri.

Reiss menyempitkan tipe-1 sebagai penolak tuhan yg tersusun dari materi yg sama dgn ciptaannya. Dgn kata lain, Reiss memasukkan tipe-1 ini (Dawkins contohnya) sbg penolak negeri dongeng. "Jelas saja negeri di atas awan tidak ada, lah itu kan cuman dongeng pengantar anak tidur," demikian kira2 yg dimaksud Reiss dgn tipe-1. Jadi Reiss menempatkan tipe-1 sbg ateis yg menolak hal yg memang tidak ada. Reiss pun sepertinya setuju bahwa tuhan materi memang tidak ada. Bersamaan dgn itu Reiss (dgn mengutip Karen Armstrong) mengalihkan bahwa tuhan yg dimaksud dlm ajaran2 agama bukanlah tuhan materi, melainkan tuhan nonmateri.

Tipe-2, menurut Reiss, melihat manusia hanyalah sebuah robot. Tapi pada kenyataannya, manusia mengenal spiritualitas, maka dari itu tipe-2 juga salah karena dlm dunia robot tidak ada spiritualitas.

Menurut ane, ateis adalah mereka yg melihat alam semesta ini sbg materi yg berevolusi. Karena itu tidak dibutuhkan pencipta (tuhan). Juga manusia pada esensinya adalah materi yg berevolusi. Kalau sekedar materi statis saja, tidak akan ada imajinasi. Tetapi materi yg berevolusi yg memberikan imajinasi pada manusia.

:))

ndableg
23-05-2012, 04:51 AM
Ah.. itu mah elu aja pur. Emang atheis mikirin alam semesta sebagai materi yg berevolusi? Buh.. ribet banget.. mentang2 sekolah tinggi luh..
Atheis tuh simpel, orang kagak beragama. Entah itu menolak atau ga mengerti.

Ga semua orang itu lahir langsung dimuslimkan atau dikristenkan. Kalo ortunya atheis, otomatis anak2 ga dapet pemaksaan utk beragama. Sehingga mereka bebas memilih ketika dewasa utk beragama atau tidak, agama yg mana, atau tetep atheis. Sebelum menjadi theis, mereka pun atheis. Kagak perlu mikir evolusi vs penciptaan, ud jadi atheis.

purba
23-05-2012, 09:03 AM
Ah.. itu mah elu aja pur. Emang atheis mikirin alam semesta sebagai materi yg berevolusi? Buh.. ribet banget.. mentang2 sekolah tinggi luh..
Atheis tuh simpel, orang kagak beragama. Entah itu menolak atau ga mengerti.

Ga semua orang itu lahir langsung dimuslimkan atau dikristenkan. Kalo ortunya atheis, otomatis anak2 ga dapet pemaksaan utk beragama. Sehingga mereka bebas memilih ketika dewasa utk beragama atau tidak, agama yg mana, atau tetep atheis. Sebelum menjadi theis, mereka pun atheis. Kagak perlu mikir evolusi vs penciptaan, ud jadi atheis.

Kalo kentut, emang simpel.. broottt... :))

Gw tanya, orang kagak beragama tuh yg kayak gimana? Orang Buddha beragama gak? Trus arti kata ateis apaan? Di agama Buddha ada ajaran ttg tuhan gak?

Trus, tulisan gw di atas utk nanggepin pemikiran Steven Reiss, bukan nanggepin orang kentut.

Nharura
23-05-2012, 09:12 AM
wah,ini juga aku mau tanyain, siapa tau ada yg tau,apakah termasuk ateis.

Dikorea,bnyk orang2 yg gak beragama,dia lebh kepada kepercayaan mentaati budi pekerti dan leluhur. Nah,mereka ini termasuk ateis?

purba
23-05-2012, 09:51 AM
wah,ini juga aku mau tanyain, siapa tau ada yg tau,apakah termasuk ateis.

Dikorea,bnyk orang2 yg gak beragama,dia lebh kepada kepercayaan mentaati budi pekerti dan leluhur. Nah,mereka ini termasuk ateis?

Kalo menurut ane, orang2 Korea tsb tetap beragama. Apa agamanya? Jelas bukan agama samawi (Islam, Kristen, Yahudi), tapi kearifan timur atau sebut saja agama lokal Korea. Apakah mereka ateis? Selama tidak ada ajaran ttg pencipta alam semesta, agama orang Korea tsb bisa termasuk ateisme, meski ada juga istilah nonteisme.

hajime_saitoh
23-05-2012, 09:53 AM
Gw rasa banyak sekali penganut agama (theis) yg sebenarnya Deisme.

Deisme itu percaya bahwa Tuhan menciptakan alam semesta beserta hukum2 alam, lalu membiarkan alam tersebut berjalan dengan sendirinya, Tuhan tidak ikut campur lagi.

Kalo menurut pengamatan gw pribadi, entah itu yg muslim atau kristen banyak yg masuk kategori ini, mereka percaya nanti ada yg namanya surga dan neraka, tapi Tuhan takkan turun tangan di dunia ini, jadi semuanya bergantung pada usaha manusia.

sekedar meluruskan sedikit pemahaman kop Aslan.. kami Muslim salah satu akar akidah kami adalah segala sesuatu yang terjadi dan yang akan terjadi itu sudah diatur oleh Allah azza wa jalla, jadi dalam kehidupan dunia pun Allah azza wa jalla tetap turun tangan ngurusin makhluk2nya... banyak ayat2 Al-Quran dan hadits yang menerangkan masalah ini......

Alip
23-05-2012, 05:40 PM
Sebenarnya menarik untuk mendengar cerita atau alasan kaum theis yang hijrah ke atheisme, proses pemikiran dan pencerahannya... Eyang Purba pasti bisa berkisah panjang lebar soal ini, tapi saya gak berani nanya dulu, soalnya kuatir gak bisa partisipasi sampe berbulan-bulan ke depan... nanti dianggap gak bertanggung jawab ::arg!::

eh... kerjaan udah mau mulai lagi... ngantor dulu yaaa?::bye::

ndugu
23-05-2012, 07:10 PM
Sebenarnya menarik untuk mendengar cerita atau alasan kaum theis yang hijrah ke atheisme, proses pemikiran dan pencerahannya... Eyang Purba pasti bisa berkisah panjang lebar soal ini, tapi saya gak berani nanya dulu, soalnya kuatir gak bisa partisipasi sampe berbulan-bulan ke depan... nanti dianggap gak bertanggung jawab ::arg!::

eh... kerjaan udah mau mulai lagi... ngantor dulu yaaa?::bye::
alip mau menarik kembali pertanyaannya
tapi saya mau repeat pertanyaannya :cengir:
soalnya saya juga pengen denger cerita dan proses pemikiran kaum theis yang laen yang hijrah ke atheisme
:mikir:

BundaNa
23-05-2012, 07:47 PM
Ane mo komentarin tulisannya Steven Reiss, yg diacu oleh Nowitzki di sini:

http://www.psychologytoday.com/blog/who-we-are/201205/two-types-atheism-and-what-is-wrong-each

Di link tsb, seperti ditulis Nowitzki, Reiss membedakan ateis menjadi dua macam. Tipe-1 adalah yg menolak keberadaan pencipta alam semesta (tuhan) dan tipe-2 adalah yg menolak spiritualitas. Menariknya (buat ane, lucunya), Reiss mengklasifikasikan ateis seperti itu supaya bisa disangkalnya sendiri. Ini seperti AsLan (sorry) mendefinisikan teori evolusi sedemikian rupa supaya bisa disangkalnya sendiri.

Reiss menyempitkan tipe-1 sebagai penolak tuhan yg tersusun dari materi yg sama dgn ciptaannya. Dgn kata lain, Reiss memasukkan tipe-1 ini (Dawkins contohnya) sbg penolak negeri dongeng. "Jelas saja negeri di atas awan tidak ada, lah itu kan cuman dongeng pengantar anak tidur," demikian kira2 yg dimaksud Reiss dgn tipe-1. Jadi Reiss menempatkan tipe-1 sbg ateis yg menolak hal yg memang tidak ada. Reiss pun sepertinya setuju bahwa tuhan materi memang tidak ada. Bersamaan dgn itu Reiss (dgn mengutip Karen Armstrong) mengalihkan bahwa tuhan yg dimaksud dlm ajaran2 agama bukanlah tuhan materi, melainkan tuhan nonmateri.

Tipe-2, menurut Reiss, melihat manusia hanyalah sebuah robot. Tapi pada kenyataannya, manusia mengenal spiritualitas, maka dari itu tipe-2 juga salah karena dlm dunia robot tidak ada spiritualitas.

Menurut ane, ateis adalah mereka yg melihat alam semesta ini sbg materi yg berevolusi. Karena itu tidak dibutuhkan pencipta (tuhan). Juga manusia pada esensinya adalah materi yg berevolusi. Kalau sekedar materi statis saja, tidak akan ada imajinasi. Tetapi materi yg berevolusi yg memberikan imajinasi pada manusia.

:))

lho jadinya si Reiss merasa Tuhan ada apa kagak? (mengutip omongan Karen Amstrong...ini yang ngarang buku Muhammad bukan ya?)

---------- Post added at 06:47 PM ---------- Previous post was at 06:46 PM ----------

gwe maish bingung antara Atheis sama Nontheis, bedanya dimana? ada yang bisa jelasin?

cha_n
23-05-2012, 08:09 PM
alip mau menarik kembali pertanyaannya
tapi saya mau repeat pertanyaannya :cengir:
soalnya saya juga pengen denger cerita dan proses pemikiran kaum theis yang laen yang hijrah ke atheisme
:mikir:

dimulai dari dirimu dulu atuh gu....
silahken, aku penasaran

kandalf
23-05-2012, 09:07 PM
lho jadinya si Reiss merasa Tuhan ada apa kagak? (mengutip omongan Karen Amstrong...ini yang ngarang buku Muhammad bukan ya?)
Kalau dilihat dari argumen di postingan lain, tampaknya, posisinya adalah agnostic theist dengan ciri-cirinya mengelak menjelaskan posisinya apakah Tuhan ada atau tidak.
Iya, Karen Amstrong yang nulis buku tersebut. Tapi harusnya sih, si Reiss baca langsung bukunya Richard Dawkins daripada melihat sumber sekunder.


gwe maish bingung antara Atheis sama Nontheis, bedanya dimana? ada yang bisa jelasin?
Aku juga bingung.
Aku bisa membedakan agnostik dengan ateis tetapi tidak bisa membedakan Atheis dan Non-theis. Dari yang kulihat, kayaknya seorang non-theis adalah yang menolak definisi tuhan 1 tetapi agnostik untuk definisi tuhan lain.



Ane mo komentarin tulisannya Steven Reiss, yg diacu oleh Nowitzki di sini:

http://www.psychologytoday.com/blog/who-we-are/201205/two-types-atheism-and-what-is-wrong-each

Di link tsb, seperti ditulis Nowitzki, Reiss membedakan ateis menjadi dua macam. Tipe-1 adalah yg menolak keberadaan pencipta alam semesta (tuhan) dan tipe-2 adalah yg menolak spiritualitas. Menariknya (buat ane, lucunya), Reiss mengklasifikasikan ateis seperti itu supaya bisa disangkalnya sendiri. Ini seperti AsLan (sorry) mendefinisikan teori evolusi sedemikian rupa supaya bisa disangkalnya sendiri.

Pengkategorian atheisme sebenarnya tidak hanya dari Reiss. Anthony Flew di tahun 1976 pernah membuat kategori Atheis dan Negatif Positif (walau dengan definisi berbeda dengan Reiss).

Kalau gak salah, Richard Dawkins juga membuat pembagian kategori orang terhadap seberapa percayanya pada Tuhan menjadi 7 kategori.

Sebenarnya, menurutku seharusnya sederhana,
atheist adalah orang yang mengambil posisi berseberangan dengan theist.

Theist sendiri adalah orang yang percaya keberadaan dan perlunya sosok Tuhan.
Jadi seseorang yang tidak percaya Tuhan itu tidak ada dan Tuhan tidak diperlukan, maka dia seorang atheis.

Tapi mengutip katamu sendiri, Pur

Gw tanya, orang kagak beragama tuh yg kayak gimana? Orang Buddha beragama gak? Trus arti kata ateis apaan? Di agama Buddha ada ajaran ttg tuhan gak?
Gue pernah bertemu pemeluk Buddha yang ateis dan pernah juga pemeluk Buddha yang teist (dalam arti percaya keberadaan Tuhan).
Tapi yang gue lihat, pemeluk Buddha percaya konsep-konsep seperti reinkarnasi dan hal-hal lain yang sifatnya 'supranatural'. Jadi, apakah pemeluk Buddha yang tidak percaya konsep Tuhan di tradisi Yahudi-Kristen-Islam adalah ateis?

ndugu
23-05-2012, 10:25 PM
btw, menurutku istilah non-theis itu cuman istilah yang sangat umum ya
bahkan agnosticism dan atheism termasuk dalamnya
itu pengertian saya sih :mikir:


dimulai dari dirimu dulu atuh gu....
silahken, aku penasaran
nunggu yang laen dulu :cengir:

AsLan
23-05-2012, 11:27 PM
Gampangnya gini deh, Atheism kan dari kata A-Theo-ism
A itu negasi
Theo itu God
Ism itu paham

tapi kata Atheos sudah ada dari dulu, artinya tanpa Tuhan.

---------- Post added at 10:27 PM ---------- Previous post was at 10:23 PM ----------


sekedar meluruskan sedikit pemahaman kop Aslan.. kami Muslim salah satu akar akidah kami adalah segala sesuatu yang terjadi dan yang akan terjadi itu sudah diatur oleh Allah azza wa jalla, jadi dalam kehidupan dunia pun Allah azza wa jalla tetap turun tangan ngurusin makhluk2nya... banyak ayat2 Al-Quran dan hadits yang menerangkan masalah ini......

o ya jelas, semua agama theis pasti mengajarkan bahwa Tuhan turut campur tangan mengurusi manusia, cuma masalahnya kitanya benar2 mempercayai itu atau cuma sekedar tahu ayat nya doang.

BundaNa
23-05-2012, 11:48 PM
bek tu topik plis. bahas atheis aja dah, sekalian rumus jelasin dong, apa beda atheis sama notheis

E = mc²
24-05-2012, 12:11 AM
o ya jelas, semua agama theis pasti mengajarkan bahwa Tuhan turut campur tangan mengurusi manusia, cuma masalahnya kitanya benar2 mempercayai itu atau cuma sekedar tahu ayat nya doang.

tapi dalam agama theis sendiri, berkembang penafsiran bercabang ttg keikutcampuran tuhan, ada yg menganggap tuhan sbg sosok yg personal (mengawasi setiap saat, menjawab doa jika diminta, selalu ada di sisi manusia, dll). namun ada juga yg menganggap tuhan sbg sosok yg impersonal (tuhan menciptakan hukum alam, lalu semuanya bekerja dg hukum alam, doa yang dipanjatkan hanya akan dikabulkan jika diiringi usaha).

setahu saya, di semua agama samawi bahkan non-samawi pun, kedua pandangan ini berkembang luas (meski utk abrahamic versi personal lah yg lebih luas diterima), dan debatnya tak pernah usai.

purba
24-05-2012, 12:38 AM
Sebenarnya menarik untuk mendengar cerita atau alasan kaum theis yang hijrah ke atheisme, proses pemikiran dan pencerahannya... Eyang Purba pasti bisa berkisah panjang lebar soal ini, tapi saya gak berani nanya dulu, soalnya kuatir gak bisa partisipasi sampe berbulan-bulan ke depan... nanti dianggap gak bertanggung jawab...

Jadi nanti saja kalo mbah Alip sudah ada waktu luang... :)


lho jadinya si Reiss merasa Tuhan ada apa kagak? (mengutip omongan Karen Amstrong...ini yang ngarang buku Muhammad bukan ya?)

gwe maish bingung antara Atheis sama Nontheis, bedanya dimana? ada yang bisa jelasin?

Kalau melihat tulisan2 Reiss (telusuri saja link yg diberikan Nowitzki tsb), dia percaya tuhan ada sbg eksistensi nonmaterial. Seperti apa eksistensi nonmaterial ini, mungkin perlu pembahasan yg panjang juga. Dia, dgn latar belakang psikologi, melihat bahwa kehidupan manusia memiliki arti dan tujuan, bukan sekedar kumpulan atom yg berjumpalitan tanpa arah dan tujuan. Tuhan dibutuhkan manusia karena manusia ingin memiliki arti dalam hidupnya, begitu more or less pendapatnya (mengutip Armstrong).

Ya, Karen Armstrong yg mengarang buku ttg sejarah Muhammad tsb.

Mengenai nonteis, ane sendiri juga gak jelas, karena kalo udah urusan definisi adalah hal yg gampang2 susah. Tapi kayaknya nonteis tidak mengenal tuhan pencipta alam semesta. Ajaran Buddha katanya disebut nonteis karena tidak memperkenalkan konsep pencipta alam semesta. Nah, istilah "tidak memperkenalkan" menyiratkan dua hal, menolak konsep pencipta (cenderung ateis) atau kesulitan dgn konsep pencipta (cenderung agnostik).



Gue pernah bertemu pemeluk Buddha yang ateis dan pernah juga pemeluk Buddha yang teist (dalam arti percaya keberadaan Tuhan).
Tapi yang gue lihat, pemeluk Buddha percaya konsep-konsep seperti reinkarnasi dan hal-hal lain yang sifatnya 'supranatural'. Jadi, apakah pemeluk Buddha yang tidak percaya konsep Tuhan di tradisi Yahudi-Kristen-Islam adalah ateis?

Kalo ane cenderung membatasi ateis pada penolakan konsep tuhan pada tiga agama tsb. Juga sejarah penolakan kan dari sana (cmiiw). Penganut Buddha yg teis, perlu ditelusuri lebih jauh lagi, konsep tuhan seperti apa yg dia percaya. Kalau seperti dlm agama samawi, dia teis, tapi aneh juga kok bisa penganut Buddha seperti itu, sementara ajaran Buddha tidak mengenal pencipta alam semesta. Tapi kalo bukan seperti agama samawi, dia ateis. Jadi kayaknya perlu memberikan batasan dulu pengertian tuhan seperti apa, kemudian pengertian ateis mengikutinya.

:))

BundaNa
24-05-2012, 12:55 AM
jadi atheis versi purba jelas ya, kontra terhadap pengertian Tuhan dari 3 agama samawi ya? eh kalo polytheisme?

purba
24-05-2012, 03:01 AM
jadi atheis versi purba jelas ya, kontra terhadap pengertian Tuhan dari 3 agama samawi ya? eh kalo polytheisme?

Sama saja, selama politeisme mengajarkan adanya tuhan yg menciptakan alam semesta atau maha ini maha itu, ateis menolaknya. Intinya ateis menolak keberadaan sosok supranatural atau sosok nonmaterial.

ndableg
24-05-2012, 05:02 AM
Baru ngobrol ama orang. Dia ga beragama, lalu gw tuduh atheis, ternyata dia menolak dikatakan atheis. Alasannya ga beragama karena memang dirasakan tidak perlu, dan alasannya menolak disebut atheis karena memang ga punya problem sama theis, selain juga tidak menolak anggapan konsep ketuhanan. Jadi kesimpulan gw, purba memang atheis karena dia anti theis, menolak theisme.

---------- Post added at 04:02 AM ---------- Previous post was at 04:00 AM ----------


Sama saja, selama politeisme mengajarkan adanya tuhan yg menciptakan alam semesta atau maha ini maha itu, ateis menolaknya. Intinya ateis menolak keberadaan sosok supranatural atau sosok nonmaterial.

Katanya liat pocong ikut ngabur..

purba
24-05-2012, 08:12 PM
Baru ngobrol ama orang. Dia ga beragama, lalu gw tuduh atheis, ternyata dia menolak dikatakan atheis. Alasannya ga beragama karena memang dirasakan tidak perlu, dan alasannya menolak disebut atheis karena memang ga punya problem sama theis, selain juga tidak menolak anggapan konsep ketuhanan. Jadi kesimpulan gw, purba memang atheis karena dia anti theis, menolak theisme.

Itulah, gak gampang bikin definisi. :))

Menurut gw, orang yg lu ajak ngobrol itu seorang deis. Dia percaya tuhan ada, tapi percaya juga tuhan sudah tidur dan masa bodo dgn dunia. :))

TheCursed
25-05-2012, 07:52 AM
Katanya liat pocong ikut ngabur..

Karena yang tidak di mengerti itu juga kerap menakutkan.
Ngga harus percaya sama yang gaib dulu baru bisa takut.

ndableg
26-05-2012, 03:54 PM
Yah mas.. tiap taun ada filem nya mosok masih ga ngerti juga... ::hihi::

purba
26-05-2012, 09:50 PM
Ini link ttg materialisme:

http://www.allaboutphilosophy.org/materialism.htm

http://en.wikipedia.org/wiki/Materialism

Materialisme adalah cikal-bakal ateisme.

Materialism as a philosophy is held by those who maintain that existence is explainable solely in material terms, with no accounting of spirit or consciousness. Individuals who hold to this belief see the universe as a huge device held together by pieces of matter functioning in subjection to naturalistic laws. Since materialism denies all concepts of Special Creation, it relies on the Theory of Evolution to explain itself, making beliefs in materialism and evolution interdependent.

AsLan
26-05-2012, 11:54 PM
"ide" termasuk materi bukan ?

purba
27-05-2012, 12:32 AM
"ide" termasuk materi bukan ?

Ide bukan materi.

Serenade
27-05-2012, 04:17 PM
Dulu pernah nanya2 sama pemeluk agama Buddha.
Ia menggolongkan diri sebagai nontheis, agnostik lebih spesifiknya.

Mereka percaya bahwa alam semesta diciptakan, tetapi siapa penciptanya ga tau. Cukup sampai taraf bahwa alam semesta dan sistemnya diciptakan oleh entity yg maha kuasa tapi ga mencampuri lagi urusan ciptaannya.

AsLan
27-05-2012, 05:45 PM
Ini link ttg materialisme:

http://www.allaboutphilosophy.org/materialism.htm

http://en.wikipedia.org/wiki/Materialism

Materialisme adalah cikal-bakal ateisme.

Materialism as a philosophy is held by those who maintain that existence is explainable solely in material terms, with no accounting of spirit or consciousness. Individuals who hold to this belief see the universe as a huge device held together by pieces of matter functioning in subjection to naturalistic laws. Since materialism denies all concepts of Special Creation, it relies on the Theory of Evolution to explain itself, making beliefs in materialism and evolution interdependent.


Ide bukan materi.

Lalu bagaimana mungkin materialisme bisa memuaskan seseorang kalau faham ini hanya menjelaskan urusan materi saja, padahal dia sendiri (sebuah faham) adalah termasuk... non-materi.

ndableg
27-05-2012, 07:11 PM
Artinya purba cowok matre! ::hihi::

BundaNa
28-05-2012, 10:41 AM
jadi jelasnya atheis itu matre gitu?::ungg::

purba
29-05-2012, 06:04 PM
Lalu bagaimana mungkin materialisme bisa memuaskan seseorang kalau faham ini hanya menjelaskan urusan materi saja, padahal dia sendiri (sebuah faham) adalah termasuk... non-materi.

Pertama materialisme tidak identik dgn ungkapan seperti "cewek matre". Materialisme melihat alam beserta kejadian di dalamnya sebagai dinamika materi. Meski kita sehari-hari melihat beragam bentuk dan peristiwa, esensi semua itu adalah materi yg berubah dari satu bentuk ke bentuk lain. Pikiran atau faham atau idea adalah manifestasi dari materi yg bergolak di dalam batok kepala kita.

Lawan dari materialisme adalah idealisme.

:))

Nowitzki
29-05-2012, 06:22 PM
eh, itu bisa disebut sebagai binary oppositionnya ya?
tapi antara idealisme dan materialisme sendiri kan seperti sebuah lingkaran
seperti Hegel yang percaya ide dulu baru muncul materi
atau Marx yang percaya materilah yang menyebabkan ide


*OOTnya kejauhan deh keknya :P

mencari_makna
01-06-2012, 05:25 PM
Pertama materialisme tidak identik dgn ungkapan seperti "cewek matre". Materialisme melihat alam beserta kejadian di dalamnya sebagai dinamika materi. Meski kita sehari-hari melihat beragam bentuk dan peristiwa, esensi semua itu adalah materi yg berubah dari satu bentuk ke bentuk lain. Pikiran atau faham atau idea adalah manifestasi dari materi yg bergolak di dalam batok kepala kita.

Lawan dari materialisme adalah idealisme.

:))

Jika ide bergerak searah seperti materi, idea timbul dari materialisme tetapi bagaimana jika idea hidup / berada pada dimensi yang lebih tinggi? bisa jadi idealah yang menciptakan materialisme. Seperti Tuhan menciptakan alam semesta dan manusia dalam 6 hari dan alam serta manusia melaluinya dalam milyaran tahun?

menyan
25-08-2012, 12:04 PM
simpel aja broh

ateis : orang yg percaya hari ini doank (present)
teis : orang yg percaya past present future

beres kan :udud:

red_pr!nce
08-09-2012, 02:10 AM
Bung menyan, saya atheis, tapi saya koq percaya past present future?
Tindakan kita masa lalu menentukan apa yang kita dapatkan di masa kini.
Tindakan kita masa kini menentukan apa yang kita dapatkan di masa depan.

Kita menanam biji apel gak mungkin yang muncul pohon duren.
Kita tetap menuai apa yang kita tabur karena itu logis.

Koq bisa? ::hihi::