PDA

View Full Version : komplain kata "indon" dari salah satu warga



etca
09-05-2012, 08:05 PM
Mohon maaf sebelumnya untuk salah satu warga yang PMnya sudah lama mampir di tempat saya.
Dan sudah beberapa waktu dibicarakan di Bilik Barista.

Usulan ini dipaparkan di sini untuk mengetahui respon dari temanteman semua.


Tca, bisa ngga kata "[spasi]i en de o en[spasi]" dan kata "i en de o en[spasi]" dimasukkan dalam kata-kata yang di sensor?

Terus terang gw risih membacanya... apalagi kalau digunakan untuk mentertawakan kekurangan bangsa sendiri...





Minta link postingan itu donk.
Blm s4 ol dari lappie. Jd blm s4 cek.
Ntar coba dibicarakan dulu dgn kwn2 d barista yah.
http://www.kopimaya.com/forum/showthread.php?4630-setelah-orang-indon-pada-menghina-bieber-saatnya-bieber-menghina-indon


Nah gimana tanggapan temanteman lain?
opsinya :
Dibiarkan aja
Diedit otomatis dari sistem menjadi ***** (catatan: ini ga bisa direname yah.. kudu dioprekin).
Terserah kebijakan masing2 Barista yang bersangkutan. Barista diberikan kebebasan untuk mengedit kata indon tersebut
Lainnya sebutkan...


Makasih sebelumnya, untuk respon kalian.

itsreza
09-05-2012, 08:12 PM
ga bisa direname ya? kayak disebelah, tulis nikah pasti jadi kimpoy


penggunaan kata tersebut di dalam posting kan dalam jumlah terbatas,
apalagi yang jadi thread title, baiknya diserahkan kepada barista untuk mengedit.
untuk dalam posting, biarkan saja karena kalau barista harus monitor bisa
jadi pekerjaan yang melelahkan. kecuali memang isi posting tersebut menghina
bangsa sendiri, layak edit.

etca
09-05-2012, 08:13 PM
nah soal merename, belum dioprekin lebih lanjut.
belum ada kepastian teknisnya. jadi dari pengelola belum bisa menjanjikan hal itu :)

Fere
09-05-2012, 08:26 PM
kalo direname ato disensor entar kalo nulis indonesia jadi apaan cak? *****esia? ::ungg::

ndableg
09-05-2012, 08:45 PM
emang indon kenape seh? Gw tadinya mau pake kata indon berhubung indo punya arti lain. endonesa masih kepanjangan.

ndugu
09-05-2012, 08:50 PM
Biarkan saja
Sama skali bukan alasan yang cukup untuk menyensornya
Dan senerapa banyak orang yang tersinggung sih ? :cengir:

heihachiro
09-05-2012, 09:03 PM
eskalasi hubungan 'panas' Indo(n)-Malay nih ya ;))

konon orang2 Malay(sia) kalo nyebut Indonesian ya Indon, buat menyingkat. Tapi ada yang nganggep 'indon' itu konotasinya dipake buat menghina, karena dipake buat ngata2in TKI di sono

IMO sama aja ah, tergantung seberapa besar jiwa kita, toh banyak juga yg orang Indonesia yg nyebut orang Malaysia Malay, dan kayaknya mereka fine2 aja

biarkan saja, serahkan penilaian ke barista yg bersangkutan [meditasi]

Fere
09-05-2012, 09:04 PM
Biarkan saja
Sama skali bukan alasan yang cukup untuk menyensornya
Dan senerapa banyak orang yang tersinggung sih ? :cengir:
banyak gu, termasuk pemerintah RI


Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Indon adalah sebuah istilah singkat yang mengacu kepada negara dan rakyat Indonesia yang populer di Malaysia dan Singapura. Di Indonesia sendiri, istilah ini berkonotasi negatif dan dianggap sebagai ejekan atau penghinaan. Pemerintah dan rakyat Indonesia menentang penggunaan kata Indon yang dianggap menghina. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur telah berulang kali melayangkan surat protes kepada media di Malaysia yang bersikukuh menggunakan istilah ini meski dinilai memiliki konotasi negatif. [1]

Sehubung dengan itu, pihak Pemerintah Indonesia melalui Sekretaris I Penerangan & Humas KBRI Eka A. Suripto menjelaskan bahwa pihak Duta Indonesia sudah menyampaikan protes secara resmi kepada duta Malaysia di Indonesia pada 13 Mei 2007. Pemerintah Malaysia kemudian mengambil tindakan dengan mengeluarkan larangan penggunaan istilah ini secara resmi oleh Kementerian Penerangan Malaysia, pada 24 Mei 2007.[2]

Maggie mie Malaysia menggunaan kata Indon pada produk mi instan mereka dan hal ini menuai protes dari KBRI di Kuala Lumpur. Menurut hasil survei Nestle (Malaysia), kata "indon" sangat populer serta merupakan sesuatu yang positif dan potensial bagi pemasaran kepada generasi muda berusia 15-24 tahun dan 25-29 tahun.

http://id.wikipedia.org/wiki/Indon


TEMPO Interaktif, Kuala Lumpur - Untuk kesekian kalinya Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) mengirimkan nota protes berkaitan dengan penggunaan kata "Indon" oleh beberapa media Malaysia. Rabu (23/2) ini, koran resmi pemerintah Malaysia Utusan Malaysia memberitakan seorang remaja Indonesia yang terkena AIDS di negara tersebut. Utusan Malaysia menulis berita berjudul “Remaja Indon Hidap AIDS Selepas Jadi Pelacur” di halaman 5.

“Kami sangat menyayangkan kembali terulangnya penggunaan kata tersebut. Apalagi, kali ini dilakukan oleh media yang menjadi corong pemerintah,” kata Fungsi Penerangan KBRI Kuala Lumpur, Suryana Sastradiredja, di ruang kerjanya, Rabu (23/02).

Meski demikian, ia mengaku belum mengetahui konteks penggunaan kata “Indon” oleh media pelat merah Malaysia tersebut.“Kami belum mengetahui alasan mengapa media Malaysia sering menggunakan kata yang telah disepakati oleh pemimpin kedua negara untuk tidak digunakan kembali karena mempunyai konotasi negatif,” ujar Suryana.

Karena itu, pihak KBRI mengirimkan nota protes kepada redaksi Utusan Malaysia hari ini juga.
Dalam catatan KBRI, sejak tahun 2009 sudah 7 kali media Malaysia menggunakan kata “Indon” dalam pemberitaannya.

“Terus terang saya heran juga. Padahal, Presiden SBY dan Perdana Menteri Badawi sudah sepakat tidak menggunakan kata ini sejak 2007,” tutur Suryana.

Masrur (Kuala Lumpur)

http://www.tempo.co/read/news/2011/02/23/078315417/Indonesia-Protes-Penggunaan-Kata-Indon-oleh-Media-Malaysia

etca
09-05-2012, 09:05 PM
Jangan lupa isi pollingnya yah ::bye::

spears
09-05-2012, 09:13 PM
Nulis Indonesia aja susah bgt. Klo Endonesa itu apa sih? Kyk org ga pernah makan bangku sekolahan.

Yg jelas kalo di forgos, setiap kata indon akan gw edit.

ndugu
09-05-2012, 09:15 PM
Oversensitif? :cengir:
Saya sangat familiar dengan konotasi isitilah indon itu, tapi saya tetap merasa itu bukan alasan yang cukup untuk menyensornya. Sama halnya saya harap jangan menyensor kata cina menjadi kata tionghoa juga. :cengir:

porcupine
09-05-2012, 09:19 PM
Soal Indon, Kalo gw si kaya orang item di US. Kalo sesama justru bilang nigg*r buat lucu lucuan n buat ngerasa deket.

Tapi kalo orang lain yg bilang ya gw ngamuk ;D

itsreza
09-05-2012, 09:20 PM
buat saya sih menyinggung, karena yang pernah saya alami,
pejabat negara malaysia, mungkin setingkat dirjen disini
entah dilakukan secara sadar maupun tidak sadar.. ada yang
masih menyebut Indonesia dan orang Indonesia dengan kata
tersebut di acara formal.

maka saya lebih setuju untuk replace / edit dibandingkan sensor

heihachiro
09-05-2012, 09:22 PM
Soal Indon, Kalo gw si kaya orang item di US. Kalo sesama justru bilang nigg*r buat lucu lucuan n buat ngerasa deket.

Tapi kalo orang lain yg bilang ya gw ngamuk ;D

kalo negrito gimana om?
:ninja:
/OT
:P

choodee
09-05-2012, 09:23 PM
kata "indon" sangat populer serta merupakan sesuatu yang positif dan potensial bagi pemasaran kepada generasi muda berusia 15-24 tahun dan 25-29 tahun.

ini kok bisa jadi positif? ;D

apa mungkin kata indon itu sebenarnya kata biasa aja, sama kek kita nyebut etnis cina instead of tiong hoa, kadang sama sekali ga ada niatan buat ngina, karena udah biasa aja dari dulu sebutan untuk etnis tersebut.

porcupine
09-05-2012, 09:26 PM
Pokoknya selain orang Indonesia nyebut Indon gw sambit pake sendal :p

ndugu
09-05-2012, 09:39 PM
Pengalamanku sih, semua orang malaysia juga menyebut indonesia sebagai indon. Memang itu istilah di sana. Semua temen malaysiaku menyebut indo sebagai indon, dengan maksud menyinggung maupun tidak. Netral. Kalopun media meminta untuk tidak menggunakannya secara resmi, you can be sure mayoritas orang sana masih menggunakan istilah itu dalam percakapan sehari2. Seperti kata hachiro, berhubung memang banyak tki indo yang disana, dan saat tki2 diomelin dengan nyangkut2in kewarganegaraan, indon jadi terkesan menghina. Kita juga sering menggunakan kata malay untuk nyingkat malaysia, padahal konotasi dan arti malay itu juga sangat berbeda di sana. Malay di sana itu mendeskripsikan ras, bukan kewarganegaraan. (coba memanggil warga msia keturunan india ato cina dengan kata malay, pasti komplen mereka. Tapi bukan dalam konotasi menghina, tapi ketidakakuratan).

In any case, saya pribadi sih merasa orang indo aja yang sensitif berlebihan. Saya ga melihat keperluannya.
Kedua, kenapa dikit2 sensor?
Ketiga, ngikut petuah hachiro - (belajar) berbesar hati
Keempat, ngapain nambah repot ke para barista? Kecuali kalo ada barista yang mau direpotin

itsreza
09-05-2012, 09:47 PM
digunakan sesuai konteks aja.

+1 dengan poin kedua ndugu

Fere
09-05-2012, 09:54 PM
kira2 orang malaysia bakal tersinggung gak ya, kalo disebut Malon..? :-?

porcupine
09-05-2012, 10:01 PM
Rekan rekan malaysia gw ngga pernah sekalipun nyebut Indon tuh..
Selalu Indonesian..
*apa mereka takut ama jenggot gw yah..*;D

Jadi inget nih..dulu kalo gw disapa duluan ama orang mexico pasti disapa what's up amigo!
Tapi kalo gw duluan yg nyapa gitu..eh mereka ngambek ;D

ndugu
09-05-2012, 10:05 PM
Sama orang malaysianya pake bahasa apa? Kalo ngomong bahasa inggris mereka biasa pake istilah lengkap (indonesia), kadang aja baru indon, terutama kalo manglishnya udah keluar. Kalo dalam bahasa melayu, seringnya indon, apalagi kalo sudah saling kenel banget. Pengalamanku begitu sih :cengir:

Sama pine, saya juga sering dikira orang meksiko ato filipin :cengir:

AsLan
09-05-2012, 10:29 PM
Sama orang malaysianya pake bahasa apa? Kalo ngomong bahasa inggris mereka biasa pake istilah lengkap (indonesia), kadang aja baru indon, terutama kalo manglishnya udah keluar. Kalo dalam bahasa melayu, seringnya indon, apalagi kalo sudah saling kenel banget. Pengalamanku begitu sih :cengir:

Sama pine, saya juga sering dikira orang meksiko ato filipin :cengir:

Saya sering dikira keturunan Portugal... (Purwokerto Tegal) ::hihi::

spears
09-05-2012, 10:36 PM
Setuju ama Pine. Kalo org lain nyebut gw nggak relaaaaa!!

(Ps. Orang lain itu artinya org selain gw ::hihi::)

Fere
09-05-2012, 11:49 PM
Setuju ama Pine. Kalo org lain nyebut gw nggak relaaaaa!!

(Ps. Orang lain itu artinya org selain gw ::hihi::)
setujuh bangeet.. :jempol:

Ronggolawe
10-05-2012, 12:02 AM
gw dari sejak kenal TV ampe umur 15 tahun 70%
siaran TV yang gw tonton adalah RTM1 (ar ti em
satu, RTM2 (ar ti em due), dan TV3 (ti vi tige).

dalam setiap siaran berita, wawancara ataupun
serial semacam Opah, Harimau Rimba, Rumah Ke
dai, ataupun film-film zaman P Ramlee, hingga
Fauziah Ahmad Daud yang gw tonton, selalu me
nyebut kata Malaysie, Singapure, Filipin, Thai
dan Indonesie.... tidak sekalipun gw mendengar
kata yang dieja "i en de o en" disebutkan.

oh ya, gw punya tetangga teman seangkatan
yang kuliah di Universiti Kebangsaan Malaysia,
dan gw sempat koresponden soal kata yang di
eja "i en de o en" ini, dan menurutnya, tidak sa
tu kali pun ia mendengar kata-kata tersebut,
baik secara langsung, ataupun secara tidak lang
sung ataupun di kedai-kedai selama masa ia ber
kuliah dari tahun 1996-2001...

Ray Surya
10-05-2012, 12:22 AM
emangnya jeleknya apa sih disebut indon?

misal nama orang Pawiroredjo disebut Pawiro kan biar pendek aja, lebih enak buat pembicaraan pergaulan.

seperti halnya

Agustinus dipanggil Agus
Ronggolawe jadi Ronggo
Amerika jadi Amrik
& Australia jadi Ausie

misal dalam nama tanaman Buce untuk nyingkat Bucephalandra.
dalam nama ikan, Baga utk nyingkat Bagarius Yarelli

ndugu
10-05-2012, 12:25 AM
lha tivi kan resmi, nggo :cengir:
saya dari kecil juga lebih sering nonton tv1, tv2, tv3 dibandingkan tvri ato tpi, karena siaran tv msia ketangkep di daerahku, justru kami ga dapet sctv ato rcti waktu itu. pembaca berita tentu menggunakan nama penuh. dan selama 6-7 tahun saya tinggal di sana, udah sangat biasa denger istilah indon, terutama sesama teman2. kalo sama guru memang lebih jarang menggunakan istilah informal begini, walo bukan tidak ada juga. sampe skarang saya sama temen malaysiaku juga masih menggunakan istilah itu. yang ngomong bahasa inggris lebih jarang pake itu.

Ronggolawe
10-05-2012, 12:25 AM
Kalau G(edited) disingkat "ge a er o en ge",
gimana bro?

heihachiro
10-05-2012, 12:38 AM
emang 'indon' dalam bahasa indonesia artinya apa sih? Kok pada sensi banget?

IMO, sensi-nya lebih karena Malaysia-nya itu, biasa, sentimen bertetangga, when anything goes wrong, blame canada #eh
:mrgreen:
terus kasus Sipadan-Ligitan, batik angklung dll, plus banyak TKI yg merana di sana, komplit deh menjadi entitas yg dirasa pantas untuk 'dibenci' ;))

apalagi pas AFF dan Sukan SEA kemaren timnas Indo kalah ama Malay, tambah sensi deh ::hihi::

just my Rp 2,- :)

Ray Surya
10-05-2012, 12:55 AM
Kalau G(edited) disingkat "ge a er o en ge",
gimana bro?

itu menimbulkan kata baru yg berarti perampok.
perampok kan profesi jelek.
padahal profesi G(edited) bukan perampok, jadinya fitnah.

Ronggolawe
10-05-2012, 12:59 AM
Itulah bro... asal kata singkatan itu boleh jadi ne
tral, namun dalam perjalanan, kata itu mengalami
perubahan makna menjadi peyoratif, dan trending
nya mengarah ke sana...

kalau bukan kita sendiri yang membiasakan meng
gunakan kata-kata yang netral atau baik, lalu sia
pa lagi?

BundaNa
10-05-2012, 01:00 AM
singkatan indonesia biasanya INA lho

choodee
10-05-2012, 01:01 AM
ina terlalu kecewekan ::hihi::

bukannya biasanya malah indo?

Ray Surya
10-05-2012, 01:02 AM
Kalau Gagah Ronggo disingkat "ge a er o en ge",
gimana bro?

itu menimbulkan kata baru yg berarti perampok.
perampok kan profesi jelek.
padahal profesi Gagah Ronggo bukan perampok, jadinya fitnah.
---
plus itu bukanlah potongan dari nama (nama panggilan)
seperti halnya
Agustinus dipanggil Agus
Ronggolawe jadi Ronggo
Pawiroredjo disebut Pawiro

Ronggolawe
10-05-2012, 01:04 AM
makanya pemenggalan nama pun tentu ada aturan
nya biar enak sama enak...

Agustinus ngga bisa disingkat jadi Agustin
Ronggolawe jadi aneh kalau disingkat Ronggol
Pawiroredjo juga ngga lucu kalau disingkat Pawiror

Ray Surya
10-05-2012, 01:04 AM
ina terlalu kecewekan ::hihi::

bukannya biasanya malah indo?

indo itu asal kata dari Indonesia Londo
maksudnya anak blasteran bule & pribumi Indonesia.

Ronggolawe
10-05-2012, 01:06 AM
Kalau untuk menunjukkan orang Indonesia menggu
nakan kata Indonesian terlalu panjang, bisa juga
menggunakan kata Indonee (indoni)... ya kita bia
sakan sendiri lah... ngga usah nyatut dari ciptaan
orang lain yang trendingnya menghinakan.

Ray Surya
10-05-2012, 01:08 AM
makanya pemenggalan nama pun tentu ada aturan
nya biar enak sama enak...

Agustinus ngga bisa disingkat jadi Agustin
Ronggolawe jadi aneh kalau disingkat Ronggol
Pawiroredjo juga ngga lucu kalau disingkat Pawiror

trus Indonesia, panggilannya apa? biar enak sama enak, termasuk enak nulis & nyebutnya

heihachiro
10-05-2012, 01:08 AM
singkatan indonesia biasanya INA lho

itu kan singkatan resmi untuk tampilan tertentu, lha kalo ngobrol informal apa iya bilangnya INA?

Dan saya masih belum tau artinya 'Indon' yg bikin konotasinya jelek malah di mata orang Indonesia, sementara di Malaysianya malah relatif netral

Ronggolawe
10-05-2012, 01:16 AM
http://www.utusan.com.my/utusan/info.asp?y=2004&dt=0722&pub=utusan_malaysia&sec=Rencana&pg=re_05.htm&arc=hive



Sebab istilah `Indon' tidak digemari

Oleh NASRULLAH ALI-FAUZI
Pada 12 Julai 2004, akhbar ini menyiarkan berita bertajuk, `Indonesia kurang senang media guna perkataan `Indon'. Dalam berita itu dihuraikan bahawa pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur melahirkan rasa kurang senang dengan tindakan media cetak tempatan yang menggunakan perkataan `Indon' pada judul berita mengenai warga mereka.

Menurut keterangan Kaunselornya, Budhi Rahardjo, perkataan `Indon' adalah sesuatu yang `merendahkan'.

Perkataan Indon, sememangnya, begitu sederhana dan mudah pengucapannya. Tetapi, apa erti Indon? Jawapannya, tidak ada sama sekali.

Dalam mana-mana kamus pun, selepas saya selidiki, tidak dijumpai perkataan Indon. Namun di Malaysia dan Singapura, kita pasti kerap mendengar atau membaca istilah Indon. Maksud atau ertinya, `semua hal berkenaan dengan Indonesia, utamanya warga atau masyarakatnya'.

Saya tidak tahu secara pasti, sejak bila istilah itu mulai digunakan, dan siapa pula yang memulakannya. Faktanya, sampai hari ini, istilah tersebut sering digunakan terutama oleh media cetak.

Ketika baru tiba di Malaysia, saya hanya tersenyum mendengar dan membaca perkataan tersebut. Ada semacam kelucuan di dalamnya.

Hal semacam ini juga berlaku tatkala saya atau sesiapa sahaja mendengar atau membaca beberapa perkataan Melayu Malaysia lainnya, yang agak berbeza pengucapan serta maknanya dengan perkataan Melayu Indonesia. Sebagai perbandingan, perkataan `Bangla' juga sudah terbiasa digunakan oleh media dan masyarakat di Malaysia, untuk menyebut segala hal berkenaan dengan Bangladesh dan masyarakatnya.

Maklum sahaja, sebagaimana warga Indonesia, masyarakat Bangladesh juga ramai yang berada di Malaysia.

Tetapi setelah tiga tahun berada di Malaysia, muncul perasaan bosan ke atas penggunaan perkataan `Indon'. Bukan setakat bosan malah muncul pula rasa geram dan semacamnya. Setiap kali istilah itu terbaca atau terdengar, perasaan keindonesiaan saya agak terganggu.

Secara berterus terang, saya tidak setuju perkataan `Indon' digunakan untuk menyebut semua hal berkenaan dengan Indonesia. Pertama, perkataan itu sudah jelas dan pasti salah dari segi tatabahasa. Dan kedua, lebih penting lagi, penggunaannya berkonotasi negatif, terkesan melecehkan dan merendahkan.

Berasaskan helah `kebiasaan' dan `kelumrahan' semacam itulah yang juga saya dengar terus dari Rusdi Abdullah, seorang pensyarah bahasa Melayu di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Bangi. Menurut beliau, tiada sebarang maksud untuk menghina atau melecehkan apabila orang Malaysia atau sesiapa sahaja menyebut orang Indonesia dengan perkataan tersebut.

Begitupun, saya dan warga Indonesia yang berada di Malaysia berkeyakinan bahawa suatu saat nanti tiada lagi perkataan `Indon' digunakan sama ada dalam media cetak mahupun dalam percakapan.

- Nasrullah Ali-Fauzi dari Institut Kajian Malaysia dan Antarabangsa (Ikmas), Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM).

Pelarangan penggunaan kata "i en de o en" di Malaysia


Sehubung dengan itu, pemerintah Indonesia melalui Setiausaha Penerangan & Kemanusiaan (Sekretaris I Penerangan & Humas KBRI ) Eka A. Suripto menjelaskan bahawa pihak Duta Indonesia sudah menyampaikan bantahan secara rasmi kepada duta Malaysia di Indonesia pada 13 Mei 2007. Pihak kerajaan Malaysia kemudian mengambil tindakan serta merta dengan mengeluarkan larangan penggunaan istilah ini secara rasmi oleh Kementerian Penerangan Malaysia, pada 24 Mei 2007.[7][8]

Sehubung dengan perkara tersebut, kesemua media massa Malaysia telah mengelakkan penggunaan perkataan tersebut dalam laporan mereka sebagai menghormati permintaan pemerintah Indonesia

BundaNa
10-05-2012, 01:18 AM
indonesia emg susah disingkat. panggil indo, itu arahnya ke nonik2/sinyo blasteran. panggil indon, wni byk yg ga nyaman

Fere
10-05-2012, 01:19 AM
intinya kan soal kenyamanan lawan bicara kita
kalo dia gak suka dipanggil dengan sebutan ato singkatan yang kita bikin, apa kita akan terus2an
manggil dia dengan nama itu?

dalam hal ini warga indonesia gak nyaman dengan sebutan indon, bahkan pemerintah beberapa kali
memprotes malaysia sampai akhirnya disepakati kedua belah pihak...

nah apakah kita yang notabene warga indonesia justru akan terus2an nyebut negara kita dengan
sebutan yang bikin tidak nyaman tsb..?

Ronggolawe
10-05-2012, 01:19 AM
panggil Indoneese (indonis) saja....

heihachiro
10-05-2012, 01:28 AM
bangsa yg super sensitif ;))

saya tetap pada pendapat saya, lebih karena Malaysia-lah (sebagaimana kita tau merupakan tetangga Indonesia dan lumayan sering terlibat permasalahan dengan Indonesia) yg mengutarakan istilah 'Indon' pada awalnya dan jadi kebiasaan, makanya banyak Indonesian yg rada2 sensi dengan istilah khas Malaysia itu :)

ndugu
10-05-2012, 01:39 AM
biarpun kita mo menuntut mereka mengganti nama panggilan (indonis kek, indo kek, indonee kek), tapi kalo mereka tetep menggunakan kata Indonis dengan nada menghina, lama kelamaaan, efek indonnya kembali lagi toh :cengir:

sama aja :cengir: mo diganti apa aja, selama pertikaian dan ketegangan dengan mereka masi ada, mo disebut apa pun sama aja efeknya

Fere
10-05-2012, 01:43 AM
makanya gak usah diganti2, indonesia ya indonesia aja,
gak usah ditambahin, gak usah dikurangin.. :ngopi:

Ronggolawe
10-05-2012, 01:43 AM
secara resmi pemerintah malaysia sudah melarang
penggunaan kata itu... tinggal sekarang kita seba
bagai Indoneese, apakah mau menghargai nama
sendiri atau ikut-ikutan merendahkan?

ndugu
10-05-2012, 01:45 AM
fere: nasib negara memiliki nama yang panjang :cengir: real estate di koran dan media cetak terbatas. blom memperhitungkan kemalasan manusia dalam mengucapkan dan mengetik. lebih gampang 4-5 suku kata, ato 2 suku kata? :cengir:

ndugu
10-05-2012, 01:48 AM
secara resmi pemerintah malaysia sudah melarang
penggunaan kata itu... tinggal sekarang kita seba
bagai Indoneese, apakah mau menghargai nama
sendiri atau ikut-ikutan merendahkan?
apa yang dirasakan merendahkan orang orang tertentu blom tentu dirasakan oleh orang laen.
kedua, seberapa banyak orang indo yang menggunakan istilah indon anyway? :cengir: ada, tapi segelintir.

dan dengan kasus yang sangat sporadic gini, apakah itu menjustifikasi merepotkan mod bikin sensor ini itu? :cengir:

saya pribadi sih merasa tidak perlu. ibarat nyari pengacara dan menyeret anak tetangga yang curi mangga ke pengadilan. there are bigger fish to catch and deal with out there :cengir:

choodee
10-05-2012, 01:52 AM
Kalau untuk menunjukkan orang Indonesia menggu
nakan kata Indonesian terlalu panjang, bisa juga
menggunakan kata Indonee (indoni)... ya kita bia
sakan sendiri lah... ngga usah nyatut dari ciptaan
orang lain yang trendingnya menghinakan.

nanti sering kepleset sama kata indomie ::hihi::

heihachiro
10-05-2012, 01:55 AM
@ ronggo: menyingkat tidak selalu berarti merendahkan. Merendahkan ato ngga itu tergantung ke konteks yg dimaksud. Tapi kalo dengan disebut 'Indon' banyak Indonesian yg sensi, ya nasib, kata mona mah takdir ;)) sebaiknya diliat maksudnya merendahkan ato ngga dan audiensnya sensi ato ngga ;)

tinggal tunggu generasi2 berikutnya, apa masih sensi ato dah biasa aja. Sementara itu ya berlatihlah untuk berbesar hati [meditasi]

Ray Surya
10-05-2012, 02:01 AM
klo orang malaysia membentak babunya: "dasar orang Indonesia!!!"
pasti tar tersinggung lagi.. padahal udah disebut lengkap ::hihi::

Fere
10-05-2012, 02:16 AM
klo orang malaysia membentak babunya: "dasar orang Indonesia!!!"
pasti tar tersinggung lagi.. padahal udah disebut lengkap ::hihi::
kurang lengkap itu, harusnya dia bilang : "dasar orang Republik Indonesia!!!"
:ngopi:

spears
10-05-2012, 02:36 AM
Rekan rekan malaysia gw ngga pernah sekalipun nyebut Indon tuh..
Selalu Indonesian..


oohh..artinya dengan pengalaman cupine ini, teori yg mengatakan "semua orang Malaysia ngomong Indonesia itu indon" itu terpatahkan ya ;D wak...wak..wak

---------- Post added at 12:34 AM ---------- Previous post was at 12:24 AM ----------


kurang lengkap itu, harusnya dia bilang : "dasar orang Republik Indonesia!!!"
:ngopi:

atau..dasar orang Negara Kesatuan Republik Indonesia bagian Ngayogyakarto Hadiningrat!!!!

---------- Post added at 12:36 AM ---------- Previous post was at 12:34 AM ----------

halaaaaaaaaaaaahhh....baru tau kata Indon setelah dipopulerkan orang Malaysia aja pada pake bilang "apa salahnya sih dengan indon?"
pake bilang "kalo nulis Indonesia kepanjangan"..
bla bla guk guk...

heloooo...dr jaman TK sampe kasus berantemnya Indonesia (INA) vs Malaysia tuh lu nulis Indonesianya gimana? (aka sblm diajarin ama Malaysia ngomong Indon) tetep Indonesia kan?atau indo?atau INA?

http://cdn.thatssotrue.com/2012/5/1/thatssotrue_9719_1335857958.gif

Fere
10-05-2012, 02:38 AM
kecamatan, kelurahan, sama RT/RW-nya belum disebutin tuh spears.. -_-

spears
10-05-2012, 02:48 AM
lagian, poll nya aneh. masa ada pilihan "di sensor jadi *****" . ::doh::::doh::::doh:: buat apa pulak kata indon di rename jadi *****
harusnya rename otomatis jadi Indonesia. klo cuman disensor..sama aja kayak MT dan WT dulu.. just another ***** of ****

---------- Post added at 12:48 AM ---------- Previous post was at 12:39 AM ----------

http://dedekuntoro.wapsite.me/images/mumet_1.gif

Ray Surya
10-05-2012, 02:53 AM
taunya kan setelah ngetrend, pas SD gw juga gak tau klo amerika bisa disingkat jadi amrik

ndableg
10-05-2012, 05:37 AM
Sudah.. terima saja istilah indon itu... sama aja spt orang item nyebut sesama mereka niger, di mana apabila yg menyebutkan orang bule, mereka pun marah. So.. indon ga nape2 lah selama yg nyebut orang indon sendiri... Ooops... Cuman bikin2 sensitip.. T'rus kalo kata2 malingsia ga disensor? cokin? bule?

purba
10-05-2012, 06:38 AM
Biarkan saja kata "indon" dipakai di KM. Sebaiknya jangan memberi tempat buat sensitif berlebihan.

Fenomena yg menarik juga adalah adanya kopier yg minta "indon" disensor lewat jalan belakang. Untungnya sang chef KM tsb cukup bijak juga, melemparkan permintaan tsb ke forum sehingga bisa didengarkan pendapat dari yg lain.

:)

etca
10-05-2012, 06:55 AM
Biarkan saja kata "indon" dipakai di KM. Sebaiknya jangan memberi tempat buat sensitif berlebihan.

Fenomena yg menarik juga adalah adanya kopier yg minta "indon" disensor lewat jalan belakang. Untungnya sang chef KM tsb cukup bijak juga, melemparkan permintaan tsb ke forum sehingga bisa didengarkan pendapat dari yg lain.

:)
Huah.. tumbenan purba muji ;D
Makasiihh, purb.

sampaikan pujianmu itu untuk kunderemp
karena dia yang mengusulkan hal ini dilemparkan ke forum dalam pembicaraan kami di Bilik Barista.
dan saya hanyalah sebagai upik abu-nya kopimaya dalam bagian teknis yang melemparkan usulan ini ke forum. :)


lagian, poll nya aneh. masa ada pilihan "di sensor jadi *****" . ::doh::::doh::::doh:: buat apa pulak kata indon di rename jadi *****
harusnya rename otomatis jadi Indonesia. klo cuman disensor..sama aja kayak MT dan WT dulu.. just another ***** of ****
sabar bu..
kan dari pihak pengelola tidak berani menjanjikan hal yang kami sendiri belum bisa memastikan bisa diaplikasikan atau enggak.
makanya dituliskannya yang pasti bisa dilaksanakan dulu.

baca kutipan saya di postingan sebelumnya :

nah soal merename, belum dioprekin lebih lanjut.
belum ada kepastian teknisnya. jadi dari pengelola belum bisa menjanjikan hal itu :)


Diedit otomatis dari sistem menjadi ***** (catatan: ini ga bisa direname yah.. kudu dioprekin).

Ronggolawe
10-05-2012, 08:30 AM
Sudah.. terima saja istilah indon itu... sama aja spt orang item nyebut sesama mereka niger, di mana apabila yg menyebutkan orang bule, mereka pun marah. So.. indon ga nape2 lah selama yg nyebut orang indon sendiri... Ooops... Cuman bikin2 sensitip.. T'rus kalo kata2 malingsia ga disensor? cokin? bule?


Biarkan saja kata "indon" dipakai di KM. Sebaiknya jangan memberi tempat buat sensitif berlebihan.

Fenomena yg menarik juga adalah adanya kopier yg minta "indon" disensor lewat jalan belakang. Untungnya sang chef KM tsb cukup bijak juga, melemparkan permintaan tsb ke forum sehingga bisa didengarkan pendapat dari yg lain.

:)

kekekeke....
akhirnya muncul juga yang "i en de o en" average
nya termasuk tinggi :)

Kingform
10-05-2012, 09:52 AM
cuman pengen nyampein unek2 aja....silakan aja kalo mau nyebut gw sensitif....
tapi masa orang Indonesia ga mau nyebut nama negaranya sendiri dengan lengkap? kenapa mesti disingkat jadi indon? ikut2an negara tetangga? capek kalo ngetik I N D O N E S I A? ato gimana?

soal kebijakan, aslinya gw setuju buat disensor ato direname
tapi kemaren2 gw disadarkan kalo dikit2 sensor nanti KM malah terkesan kolot. so, gw vote terserah kebijakan barista masing2 aja

opera
10-05-2012, 10:15 AM
di autotext aja jadi indonesia

BundaNa
10-05-2012, 10:39 AM
gwe sepakat sama king. knp ya qta (t'masuk gw jg) ga m'hargai kelengkapan nama negara sendiri, malah m'amini itu?

spears
10-05-2012, 11:54 AM
cuman pengen nyampein unek2 aja....silakan aja kalo mau nyebut gw sensitif....
tapi masa orang Indonesia ga mau nyebut nama negaranya sendiri dengan lengkap? kenapa mesti disingkat jadi indon? ikut2an negara tetangga? capek kalo ngetik I N D O N E S I A? ato gimana?

soal kebijakan, aslinya gw setuju buat disensor ato direname
tapi kemaren2 gw disadarkan kalo dikit2 sensor nanti KM malah terkesan kolot. so, gw vote terserah kebijakan barista masing2 aja



di autotext aja jadi indonesia

SETUJUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU...cendol buat 2 user diatas

gogon
10-05-2012, 11:56 AM
ada "NKRI" atau "R.I" (atau "INA") kalo dirasa ngetik "Indonesia" terlalu panjang.
Tapi yg suka "indon" biarin saja, mungkin di kehidupan aslinya memang suka nyela diri sendiri ::hihi::

spears
10-05-2012, 12:07 PM
Sudah.. terima saja istilah indon itu... sama aja spt orang item nyebut sesama mereka niger, di mana apabila yg menyebutkan orang bule, mereka pun marah. So.. indon ga nape2 lah selama yg nyebut orang indon sendiri... Ooops... Cuman bikin2 sensitip.. T'rus kalo kata2 malingsia ga disensor? cokin? bule?

ih males banget terima aja. siapa elu nyuruh2.lu aja yg terima aja. kalo kita gak terima lah yawww.lu mau nrimo sendiri aja, gak usah ngajak2.
kalo kata2 malingsia cokin dan bule, selama blm ada yg protes ya nggak usah diomongin.

ngapain ikut2 orang bule??::ngakak2:: lo aja deh yg ikut2 bule. gw sih males.


Biarkan saja kata "indon" dipakai di KM. Sebaiknya jangan memberi tempat buat sensitif berlebihan.

Fenomena yg menarik juga adalah adanya kopier yg minta "indon" disensor lewat jalan belakang. Untungnya sang chef KM tsb cukup bijak juga, melemparkan permintaan tsb ke forum sehingga bisa didengarkan pendapat dari yg lain.

:)

lha, emang knapa kalo membernya minta lewat belakang?
salah???sama aja kayak surat keberatan pemberitaan...
masa ujug2 langsung ngomong ke televisi kalo keberatan terhadap suatu berita..
pastinya si pihak yg keberatan akan ngomong dulu secara internal kpd institusi yg mau di komplain.

yahh walopun KM bukan institusi, menurut gw sah2 aja kalo ngomongnya personal dulu ke pengurus.
so what? org yg aneh...

fenomena yg menarik...???::oops::
fenomena apaan? itu namanya kromo... ::bye::


-------------

@etca : jelas nggak akan ada yg pilih ******, karena itu nggak mewakili. yg bener itu kalo pilihannya : c. di autotext jadi Indonesia.

klo jawaban lu , utk mengakali hal tsb pilih : sesuai kebijaksanaan barista masing2, ya podo wae.

sama kayak WT ama MT, ngapain pula dibikin poll?????useless. toh ujung2nya sama aja. tetap dibiarkan. pdhal byk yg milih autotext. tapi semua pilihan diatas mengarahkan ke "nggak usah disensor"

terus??poll nya buat apa????

---------- Post added at 10:06 AM ---------- Previous post was at 10:06 AM ----------

gw mau isi polling juga bingung...isinya sama semua..no difference::doh::::doh::::doh::

---------- Post added at 10:07 AM ---------- Previous post was at 10:06 AM ----------


ada "NKRI" atau "R.I" (atau "INA") kalo dirasa ngetik "Indonesia" terlalu panjang.
Tapi yg suka "indon" biarin saja, mungkin di kehidupan aslinya memang suka nyela diri sendiri ::hihi::


GON ADA GAK BUTTON BUAT LIKE SEJUTA KALI

gw ijin jadiin siggy yah ::ngakak2::

gogon
10-05-2012, 12:11 PM
autotexs itu ribed euy.
Nti kalo ada yg ngetik lengkap "indonesia" malah jadi indonindonesia.
Trus bisa juga nanti ngetiknya ganti jadi ind0n, 1nd0n dll dsb.
Banyak jalan menuju Indon.

---------- Post added at 10:11 AM ---------- Previous post was at 10:10 AM ----------

silakan spears :)

opera
10-05-2012, 12:20 PM
klo ngetiknya ind0n, 1nd0n dst dll berarti niatnya emang dah gak baik
klo niatnya menyingkat indonesia jadi indon bisa di autotext

indon[spasi] = indonesia tapi klo indon[gakpakespasi] gak berubah :D
gak tau fungsi gitu di vbulletin caranya gimana...

spears
10-05-2012, 12:28 PM
ya uwes, gak usah bikin poll. bikin aja pengumuman " klo di forum2 tertentu kata indon akan di edit jadi indonesia":ngopi:

---------- Post added at 10:28 AM ---------- Previous post was at 10:21 AM ----------


klo ngetiknya ind0n, 1nd0n dst dll berarti niatnya emang dah gak baik
klo niatnya menyingkat indonesia jadi indon bisa di autotext

indon[spasi] = indonesia tapi klo indon[gakpakespasi] gak berubah :D
gak tau fungsi gitu di vbulletin caranya gimana...

knp gw dah gak bs ngethanks ya?? kok tanda thanks di elu udah gak ada ope?apa dah melebihi kuota?::hohoho::

gogon
10-05-2012, 12:44 PM
kalo indon nya di akhir kalimat?
indon.
Atau di tengah tapi pake koma
indon,
nambahin lagi donk kata yg perlu di-autotext. Kesannya parno bgt ;D

opera
10-05-2012, 12:48 PM
semua indon berubah jadi indonesia
kecuali indonesia

*maksa :P

GiKu
10-05-2012, 12:50 PM
gak usah disensor
kalau mau kasih contoh yg baik, enaknya dikoreksi sesuai konteks artikelnya

contoh:
indon Indonesia
indon Warga Indonesia
indon Negara Indonesia

ndugu
10-05-2012, 12:53 PM
cuman pengen nyampein unek2 aja....silakan aja kalo mau nyebut gw sensitif....
tapi masa orang Indonesia ga mau nyebut nama negaranya sendiri dengan lengkap? kenapa mesti disingkat jadi indon? ikut2an negara tetangga? capek kalo ngetik I N D O N E S I A? ato gimana?

soal kebijakan, aslinya gw setuju buat disensor ato direname
tapi kemaren2 gw disadarkan kalo dikit2 sensor nanti KM malah terkesan kolot. so, gw vote terserah kebijakan barista masing2 aja
kalo ketik indo aja bole ga king :cengir:

spears: coba kurangin intake kafein-nya ya :cengir:

Ray Surya
10-05-2012, 12:59 PM
wooohoooo, pollingnya menang, yes yes yes...


::ngakak2::

AsLan
10-05-2012, 01:07 PM
Gw voting "dibiarkan saja"

tapi kalo ada pilihan "diubah jadi Indonesia", gw pilih ini.

Soalnya gw gak suka kalo ditengah2 tulisan kita ada ******

---------- Post added at 11:07 AM ---------- Previous post was at 11:05 AM ----------

atau diubah jadi "smurf" ::ungg:: dan biarkan orang menebak2 artinya... kan sama tuh kayak ****

Vonny
10-05-2012, 05:24 PM
Gw voting "dibiarkan saja"
tapi kalo ada pilihan "diubah jadi Indonesia", gw pilih ini.
Soalnya gw gak suka kalo ditengah2 tulisan kita ada ******
atau diubah jadi "smurf" ::ungg:: dan biarkan orang menebak2 artinya... kan sama tuh kayak ****

Berarti harusnya pilih opsi yang keempat.

spears
10-05-2012, 06:16 PM
^kloningan detected. banyak kloningan nih utk penggelembungan suara.

makanya itu gw bilang. orang males vote, karena nggak ada opsi itu. useless.semua isi pollingnya podho wae.
ndugu : you dont tell me what to drink. :ngopi: ::cengir::

Kingform
10-05-2012, 08:16 PM
kalo ketik indo aja bole ga king :cengir:

seperti yang dibilang gogon, indo bisa punya makna lain.....
so, alangkah baiknya kalo tetep ditulis Indonesia saja

toh pada kenyataannya nama negara kita ini Indonesia kan? bukan indo ato indon....:luck:

heihachiro
10-05-2012, 08:36 PM
wow, masih berlanjut rupanya

saya sendiri kalo nulis di dunia maya gini kalo ngga Indo ya Indonesia

saya juga ga bermasalah ada yg nulis 'Indon' sepanjang bersifat netral. Tapi karena sepertinya masih banyak yg ga suka dengan tulisan itu, ya ada baiknya Indonesian yg suka nulis 'Indon' menahan diri dengan tidak menulis demikian ;)

tentu saja, saya juga masih berharap kita semua jangan terlalu sensitif dengan hal2 yang demikian :)

Kingform
10-05-2012, 08:42 PM
lho...ini aslinya udah selesai toh diskusinya....? ;D
maap baru bisa onlen jam segini...gw cuman nanggepin pertanyaan dari ndugu kok.....;D

BundaNa
10-05-2012, 08:49 PM
t'serah baristanya mau edit ato ga. krn kalo barista diwajibkan edit pasti bakalan diisengin org2 yg krg kerjaan

---------- Post added at 06:49 PM ---------- Previous post was at 06:43 PM ----------

tp ga perlu dijadiin perkara lah. kalo ada yg nulis indon, didoain aja nulisnya jd endonesa lalu jadi indonesia :)

ga_genah
10-05-2012, 09:01 PM
kenapa ga tulis INA aja ya klo emang merasa kepanjangan ama Indonesia
tp krn ga ada pilihan itu
ya pake pilihan biarkan aja... ::ungg::

gogon
10-05-2012, 11:09 PM
katanya INA terlalu kecewek2an, gg ;D

opera
10-05-2012, 11:53 PM
inawanto aja klo gitu.. keliatan macho

Ray Surya
11-05-2012, 12:14 AM
machoan Indon ::hohoho:: polling menang

etca
11-05-2012, 01:39 AM
^kloningan detected. banyak kloningan nih utk penggelembungan suara.

makanya itu gw bilang. orang males vote, karena nggak ada opsi itu. useless.semua isi pollingnya podho wae.
ndugu : you dont tell me what to drink. :ngopi: ::cengir::

oke.. polling gw bikin terbuka
daannnn
buanyak namanama asing dan yang jarang nongol tibatiba muncul ::doh:: ::arg!::

Δx Δp ≥ ˝ ħ, Andalas, Andongkim, AsLan, BanRak, Burung, danalingga, ga_genah, meliakh, ndableg, ndugu, Parameswara Li, purba, Rahmat Ivazky, Ray Surya, Santri Nawa, Vonny, Xtra Pak Leo, Yitzhak Avram

Kingform
11-05-2012, 01:50 AM
wah wah....kemana tuh nama2 asing yang ikut voting? kok ga ikut diskusi disini

hello stranger ::bye::

Ray Surya
11-05-2012, 01:53 AM
Yitzhak Avram nongol donk... gw kangen dgn foto2 bencongnya ::hihi::

Fere
11-05-2012, 01:57 AM
Yitzhak Avram nongol donk... gw kangen dgn foto2 bencongnya ::hihi::
pecinta "indon" adalah penyuka bencong... :ngopi:

Ray Surya
11-05-2012, 02:06 AM
pecinta "indon" adalah penyuka bencong... :ngopi:

biasanya klo ada ginian di forum, bakal dijawab "jangan generalisir"
::ngakak2::

fer, lu tau gak, pollingnya menang yg mana? ::hihi::

Fere
11-05-2012, 02:13 AM
fer, lu tau gak, pollingnya menang yg mana? ::hihi::
ya taulah, selamat bung anda layak dapat bencong.. ::oops::


itu yang ngevote pilihan terakhir cuman gw sendirian... ;D

Ray Surya
11-05-2012, 02:20 AM
itu yang ngevote pilihan terakhir cuman gw sendirian... ;D

ck ck ck, gak malu tuh, udah ngevote sendirian til, malah buka rahasia ::hihi::

Fere
11-05-2012, 02:27 AM
bukan sesuatu yang memalukan.. :ngopi:

lebih memalukan mana dibanding yang ini:

... gw kangen dgn foto2 bencongnya ::hihi::
::hihi:: ::hihi::

Ray Surya
11-05-2012, 02:38 AM
kagak malu laah, gw kan emang sering mengamati percabulan ::ngakak2::

tsu
11-05-2012, 09:40 AM
saya nggak vote
nggak suka kata2 "indon"
itu sering diucapin anak2 malay klo lagi ngebash kita
i hate malay

period

opera
11-05-2012, 09:40 AM
polling selevel forum aja pake pemilih fiktif, bener bener udah menjadi budaya pemilu di indonesia

BundaNa
11-05-2012, 09:52 AM
yg b'kepentingan indon dibiarin kemungkinan dia yg bikin klonengan n ngevote opsi itu. kebaca banget -_-

E = mc˛
11-05-2012, 09:55 AM
makanya tsu, kalau mau orang malaysia tidak menyebut kata "indon", mulailah mengatakan dengan benar sbg "malaysia" bukan "malay". jangan mau menang sendiri :ninja:

tsu
11-05-2012, 10:14 AM
i hate malay :P

lol

ya nggak lah mus, saya biasanya menghindari kok diskusi semacam itu di internet, orang klo loose control di internet itu mulutnya udah kaya cobek, lebaaaar dan tebal, udah ga make pikiran dan etika, di ulek aja semua ::doh::
jadi percuma aja susah2 nerangin ideologi sama orang2 seperti itu

---------- Post added at 08:14 AM ---------- Previous post was at 08:11 AM ----------

oh... and i still hate malaysia, just as i hate india

OOT

maaf ya etca :)

etca
11-05-2012, 11:11 AM
@tsu..
heheheehehhe gpp :)

Btw, itu hasil pollingnya dengan mencoret para nickname2 asing/kloningan/yang sesekali nongol/ajaib
hasilnya polling tetap di opsi pertama yaitu dibiarkan kan?
*case closed :ninja:

spears
11-05-2012, 11:22 AM
horeee..just like Pemilu di indonesia, suara di lapangan menang (tp gak bs terwakili di vote. makanya pada golput)

http://ramascreen.com/wp-content/uploads/2010/03/Dakota-Goyo.JPG

People's champion? Sounds pretty good to me.

---------- Post added at 09:22 AM ---------- Previous post was at 09:20 AM ----------

memang penyedia pollnya sengaja kok biar no 1 menang, dgn tdk menyediakan opsi kita2. (mirip ya sama pemerintah Indonesia skrg)

tp gpp fren, gw suka ternyata byk dsini yg ga suka dengan kata2 tsb. kalian memang baik. congratz. anda layak dapat bintang :D dan yg paling gw sukaaa...ternyata orang2 favorite gw trnyata pada ga mau juga. pdhal gw kira sebaliknya. gak nyangka ya :-*
tenang bruh, klo di forum gosip akan gw edit, warning ampe ban ::bye::

etca
11-05-2012, 11:33 AM
memang penyedia pollnya sengaja kok biar no 1 menang, dgn tdk menyediakan opsi kita2. (mirip ya sama pemerintah Indonesia skrg)
maksudnya apa nih??
tolong diperjelas,
silahkan membuat polling ulang. saya sama sekali tidak keberatan.

dan opsi rename, saya pribadi tidak bisa berjanji untuk bisa menjalankannya.
butuh waktu lebih untuk trial plugin apakah kompatibel atau tidak.
butuh waktu lebih untuk oprek manual, *dan dalam hal ini saya pribadi tidak mau melakukannya.
bukan karena memang tidak mau, tapi saya tidak memilki kapasitas ilmu untuk itu.
terlalu taking high risk ngoprek coding secara manual.
selain itu saya juga memiliki kehidupan nyata yang akhirakhir ini sangat menyita waktu.
mohon maaf jika ada katakata yang tidak berkenan.

rgds,
etca

surjadi05
11-05-2012, 12:07 PM
sorry baru baca, sebenarnya yg gw tahu kata2 indon itu bukan ditujukan buat memperingkas kata indonesia, tapi emang sengaja diciptakan untuk menghina orang indo dipopulerkan oleh semacam pam swakarsa malaysia yg dibentuk untuk menangkap imigran gelap dan kebetulan yg paling banyak ditangkap yah TKI/TKW illegal::bye::

trus kalo nyingkat pake indo gimana? termasuk taboo?::ungg::::ungg::

TheCursed
11-05-2012, 12:16 PM
Kalo mempersilahkan pejalan kaki lewat duluan di zebra cross, gue bilangnya 'Indonesia'.
Kalo menang olimpiade fisika, gue bilangnya 'Indonesia'.

Kalo nyerobot jalur busway, atau motong lampu merah, gue bilangnya 'Indon' or 'Endonesah'.
Kalo terkenal di luar negeri dari comic sampe manga sebagai negara korup, gue bilangnya 'Indon' atau 'Endonesah'.

So, up to us really mau jadi 'Indonesia' atau 'Indon'. :)

gogon
11-05-2012, 01:44 PM
.. kalau mau orang malaysia tidak menyebut kata "indon", mulailah mengatakan dengan benar sbg "malaysia" bukan "malay". jangan mau menang sendiri :ninja:

baiklah pak cik ;D

choodee
11-05-2012, 03:56 PM
gw sama kek cursed

ancuur
11-05-2012, 04:33 PM
para hacker KM.. tolong di hack dong :nunjuk: blog ini (http://ihateindon2.blogspot.com/) ::grrr::

fullmoonflower
31-05-2012, 05:51 AM
Indonesian = Indon
Malaysian = Malay
Singaporean = Sing

saya kira sudah biasa tertulis dimana-mana...
soal menghina atau enggak, tergantung cara penyampaian dan kalimatnya saja kali ya...
seperti kata "su" (a.s.u/anjing), atau "nyuk" (munyuk/monyet) yang dilontarkan dengan nada bersahabat, yang dipanggil "su" atau "nyuk" nggak akan tersinggung kan? contohnya : "wis mbadhog durung, su? yuk mbadhog bareng" (udah makan belum su? yuk makan bareng)

- - - Updated - - -


para hacker KM.. tolong di hack dong :nunjuk: blog ini (http://ihateindon2.blogspot.com/) ::grrr::

qiqiqi... siapa tahu yang punya blog ternyata kakek/neneknya asli banyumas... ::hihi::

- - - Updated - - -


makanya tsu, kalau mau orang malaysia tidak menyebut kata "indon", mulailah mengatakan dengan benar sbg "malaysia" bukan "malay". jangan mau menang sendiri :ninja:

sebenarnya bahkan orang Brunei pun menyebut orang Malaysia dengan sebutan "Malay" .. so what?

- - - Updated - - -

lagipula kalau mau mengamati dengan seksama, bangsa Indon itu mempunyai struktur wajah yang lebih rupawan daripada bangsa Malay...
bisa jadi mereka benci karena cewek2 Malay lebih mengidolakan cowok2 Indon yang jauh lebih rupawan... atau cowok2 Malay juga lebih suka mencari cewek2 Indon yang cantik-cantik ::hihi::

Yuki
31-05-2012, 07:16 AM
saya rasa karena kita biasanya menyebut indo, bukan indon

mengapa huruf n saja bisa mengubah kesan begitu drastis? Selain karena nada menghina, kata yg berakhiran -on cenderung dalam mind set orang indon eh indo itu adalah kata ejekan, misalnya bloon, oon

Ronggolawe
31-05-2012, 07:38 AM
jangan lupa juga Bondon.

E = mc˛
31-05-2012, 08:18 AM
dan bradon (heat), (urat) tandon, london, adon, gadon, gendon, udon, Diodon (hystrix), dondon, wadon, endon, mastodon, Callyodon (fasciatus), Prionodon (gracilis), Harpodon (nehereus), stegodon.

yg berakhiran -on jauh lebih banyak lagi: balon, galon, salon, melon, telon, gogon, dll

::hihi::

gogon
31-05-2012, 12:34 PM
thank you Mr. Dictionary :)

Ray Surya
01-06-2012, 01:18 AM
jadi kapan Indon diganti Sing? ::hohoho::

Joyko
01-06-2012, 05:18 AM
yang setuju ma kata indon belum pernah keluar negeri? apa mau coba2 keluar negeri..?::hihi::

Yuki
01-06-2012, 07:10 AM
^
ke malaysia misalnya ya?

tes kesabaran sampe level berapa