PDA

View Full Version : Ada gak yang bisa?



Nowitzki
07-05-2012, 08:20 AM
nih, hubby kena tipes.
kusaranin minum vermint,
tapi dia gak berani minum obat dalam kemasan
paranoid gitu
takut kalo isinya dikasih macem2

Ada gak anak KM yang mau nyariin cacing dan ngebakarin?

BundaNa
07-05-2012, 08:30 AM
vermint apa sih?

komporminyak
07-05-2012, 08:56 AM
nih, hubby kena tipes.
kusaranin minum vermint,
tapi dia gak berani minum obat dalam kemasan
paranoid gitu
takut kalo isinya dikasih macem2

Ada gak anak KM yang mau nyariin cacing dan ngebakarin?

Hahahahahha persis!!
dulu saya juga parno banget minum Vermint.
Tapi akhirnya ketelen juga... . :))
abisnya malah lebih serem kalau cari cacing beneran.
astaga! kok repot amat ;D

saya ngomong gitu karena pernah mengkonsumsi kok :)

waktu tipus tapi ga sampai dibawa ke rumkit, karena masih bisa makan. dan bed rest.
*kata orang rumah, kalau saya tetep muntah tiap makan baru deh di rumkit kan ;D
waktu yang pertama kan ga tahu kalau itu tipus, tetep ngeyel beraktivitas n minum obat turun panas pusing.
begitu hari ke-4 pas makan, gw langsung muntah2... kakak langsung curiga jangan2 tipus karena demamnya ga turun2.
trus cek darah ternyata positip tipus.

tipus yang kedua, waktu ude 'merasa' kayak mau tipus, karena pusingnya hebatt.. beda dengan pusing biasa.
dan disertai demam. ketahuannya pas saya cek darah, meski kadarnya tipus ga separah kek yang pertama.

Di kedua pengalaman saat tipus itu saya minum vermint, disamping minum obat dari dokter yaitu Kloramfenikol .
tapi dosisnya langsung dikurangi vermintnya pas demamnya ude stabil.
terus terang lebih cepat turun demamnya pas pakai vermint.
yang tipus pertama tuh nekat ke rumah ortu, libur long wiken seminggu buwat bed rest ahhahaha.

ohya kasus orang beda2, siapsiap aja kalau pengalaman saya yang pertama,
pasca tipus tulang2nya sakit luarrrr biasa..
inget kan? saya tidur sambil duduk sandaran selama seminggu pasca tipus. *tipus pertama akhir tahun 2008
makanya sejak itu, kalau ude mulai agak summer n pusing berat.
langsung sadar diri, kudu istirahat biar kagak kadung tepar ;D



vermint apa sih?
tergolong obat herbal yah.

VERMINT dengan Asam Arakidonat dan zat aktif senyawa Alkaloid yang memiliki nitrogen yang cukup tinggi dengan Ph diatas 7, dipercaya mampu membunuh bakteri Salmonella Typhi penyebab Typus sekaligus menurunkan demamnya. Dengan kandungan protein alami yang lengkap asam aminonya, Vermint juga dipercaya dapat meningkatkan stamina baik untuk orang sehat maupun pasca pemulihan

Tersedia dalam 2 kemasan:
Vermint Kecil isi : 12 Kapsul
Vermint Besar isi : 30 Kapsul

http://2.bp.blogspot.com/-E4f48SVr1h4/TgAS4pAVY-I/AAAAAAAAAAY/pVZzwuS_uj4/s220/gambar%2Bvermint.jpg

http://alamimart.com/image/cache/data/product/Suplemen/Keluarga/Vermint%2030-500x500.jpg


weeits bukan iklan yah ;D

GiKu
07-05-2012, 09:40 AM
nih, hubby kena tipes.
kusaranin minum vermint,
tapi dia gak berani minum obat dalam kemasan
paranoid gitu
takut kalo isinya dikasih macem2

Ada gak anak KM yang mau nyariin cacing dan ngebakarin?

ribet amat
itu kapsul kan bisa dibongkar

Nharura
07-05-2012, 09:46 AM
mba,dibwa ke dokter aja mba,soalnya tipes itu mengganggu daya tahan tubuh,harus cepat ditangani,ntr malah ngedrop. Krena dulu,aku pernah tipes jg mba. Coba diperiksakan dulu mba.

---------- Post added at 09:46 AM ---------- Previous post was at 09:44 AM ----------

ya ampun,oot nih, om ray bnyk KWnya:)) bru ngeh aku:))

BundaNa
07-05-2012, 10:34 AM
paksa minum vermint kalo ga mau ke dokter. kalo udah muntah2 pasti hrs opname n infus

---------- Post added at 09:34 AM ---------- Previous post was at 09:32 AM ----------

lho, bukannya udah opname ya?::hihi::
bener kata giku tuh, lepas aja dr kapsulnya

etca
07-05-2012, 10:34 AM
udah opname dia :))

ude ada fotonya di FB semalam, dengan sprei pink dan selimut pink di rumah sakit =))

ndugu
07-05-2012, 10:35 AM
Duh, semoga cepet sembuh ya buat kund

Tipes itu penyebabnya apa sih?
Beneren sarmonella? Makanan ga bersih donk?

Ray Surya
07-05-2012, 10:43 AM
habis makan KFC kah? ::ungg::

BundaNa
07-05-2012, 10:49 AM
kalo di indonesia biasanya karena maag yg akut bisa kena thypus ato makanan yg pedas n asam

Nharura
07-05-2012, 11:17 AM
selain itu debu dijalan, asap kendaraan yg ngepul.. Itu memg harus dijaga istirahatnya,ntr kalw udh sembuh,naik mtr pake masker aja.
Mga cepat sembuh ya pak kund.. :)

beastmen85
07-05-2012, 11:31 AM
eike jg kena tipus, baru ketahuan hari ini stlh cek darah.

3hari kmaren ga masuk kerja, kirain demam, tp gw curiga krn ga turun2. jd br hari ini cek darah.

udh dikasih obat ma dokter. tp gw minum vermint ajah.
*pengalaman waktu pertama kali kena tipus. minum obat dr dokter ga ngepek. minum vermint aja malah sembuh

---------- Post added at 10:25 AM ---------- Previous post was at 10:24 AM ----------

cekoki aja kalo ga mau @TS

---------- Post added at 10:31 AM ---------- Previous post was at 10:25 AM ----------

eh barusan beli harganya naik. terakhir beli setaun lalu cm 18rban
skrg 40rban
*isi 12 butir

Nharura
07-05-2012, 11:31 AM
ck..ck bismen,istirahat ouy! Malah ngeforum,ck..ck, tidur2 sana..

Bdan kalau tipes cepat ngedrop,krn istirahat kurang,iritasi dari luar jg bnyk,debu,makanan yg kurg dijaga,sama tidur yg kurg bs bikin tipes kembali again..

Istirahat,bismen.. Kalau puyeng menjadi, periksa ke dokter.

BundaNa
07-05-2012, 12:00 PM
thypusnya kenapa? vidalnya positip? trombosit gmn? kalo trombosit drop ati2, bs ketambahan DB

Yuki
07-05-2012, 12:02 PM
kalo tipus harus istirahat total

ngebaca aja gak boleh, harus tidur

Ronggolawe
07-05-2012, 12:09 PM
Cacing itu mudah mendapatkannya, biasanya di ru
mah yang ada halamannya dan ada tempat menum
puk sampah untuk dibakar, nah biasanya dibawah
tumpukan sampah itu banyak cacing.

Ambil cacingnya, belek, buang isinya, lalu disangrai.
setelah itu giling sampai jadi bubuk, masukkan ke
dalam kapsul.. telen

beastmen85
07-05-2012, 12:12 PM
^ eh? bisa bikin sendiri? emg fungsinya apa aja?
*penasaran

@nha : thx, tp eike udh biasa sakit tp msh keluyuran ::hihi::

BundaNa
07-05-2012, 12:13 PM
makanya nggo, bantuin

AsLan
07-05-2012, 12:14 PM
Typus terjadi karena makanan kita terkontaminasi kotoran manusia ::grrr::

beastmen85
07-05-2012, 12:19 PM
thypusnya kenapa? vidalnya positip? trombosit gmn? kalo trombosit drop ati2, bs ketambahan DBvidalnya positip. trombosit 200rb.

---------- Post added at 11:19 AM ---------- Previous post was at 11:15 AM ----------

berhasilkah ts mencekoki suaminya.?

komporminyak
07-05-2012, 12:25 PM
Cacing itu mudah mendapatkannya, biasanya di ru
mah yang ada halamannya dan ada tempat menum
puk sampah untuk dibakar, nah biasanya dibawah
tumpukan sampah itu banyak cacing.

Ambil cacingnya, belek, buang isinya, lalu disangrai.
setelah itu giling sampai jadi bubuk, masukkan ke
dalam kapsul.. telen
waduuhhh, mana tega nelen kalau liat proses pembantaian n penyiksaannya. ::ungg::


kalo tipus harus istirahat total

ngebaca aja gak boleh, harus tidur
hahahahha ini nih ke inget dimarahin temen melulu gara2 tipus malah masih nyuci piring,
ngeforum, dan pulang ke jateng dari jkt! :lololol:
sampe rumah puceeettttttt pasi..


eike jg kena tipus, baru ketahuan hari ini stlh cek darah.

3hari kmaren ga masuk kerja, kirain demam, tp gw curiga krn ga turun2. jd br hari ini cek darah.

udh dikasih obat ma dokter. tp gw minum vermint ajah.
*pengalaman waktu pertama kali kena tipus. minum obat dr dokter ga ngepek. minum vermint aja malah sembuh

eh barusan beli harganya naik. terakhir beli setaun lalu cm 18rban
skrg 40rban
*isi 12 butir
mahhal benerrr yah?
bisa jadi dia salah harga tuh ama yg isi banyak ;D

cepet sembuh ya bismen... .

E = mc²
07-05-2012, 12:38 PM
^ eh? bisa bikin sendiri? emg fungsinya apa aja?
*penasaran

@nha : thx, tp eike udh biasa sakit tp msh keluyuran ::hihi::
mending beli aja. setidaknya kita gak perlu baca doa panjang sebelum meminumnya karena takut gak steril. kalau bikin sendiri, sangat riskan adanya kontaminasi mulai dr pencucian, pengeringan, hingga penggilingan. nanti terkontaminasi malah tambah parah

typus mang harus full istirahat. jangan gerak-gerak. jadi buat situh bismen, untuk sebulan ke depan, jangan ke dangdutan dulu ;D

GiKu
07-05-2012, 12:41 PM
bismen dilarang dangdutan ?
emang ampe segitu parahnya ya ?

beastmen85
07-05-2012, 12:43 PM
^ telat. td malem liat kuda lumping jam 8 ampe tengah malam ::hihi::

btw. gw jg mikir masalah ke-steril-annya lagian ga bener ngeh dosisnya.

itu disangrai (ato dibakar?) ga jamin matinya 'barang2' berbahaya ya?

et dah
07-05-2012, 12:54 PM
cepet sembuh ya
gpp kok minum cacing asal sembuh

king lampas
07-05-2012, 01:04 PM
get well soon bwt bro kandalf yah..

GiKu
07-05-2012, 01:08 PM
gw pernah liat di tipi
cacing yg dipakai untuk obat (dikemas dalam kapsul) makanannya beda
bukan yg kotor2, tapi dari tanaman dan umbi2an

kalo ngorek2 cacing dari timbunan sampah atau pinggir selokan untuk obat, dikhawatirkan cacingnya gak bersih dari zat2 berbahaya

bradon heat
07-05-2012, 07:46 PM
buat om kund semoga cepat sembuh .....

---------------------------------------


kalau buat naekin trombo lebih bagus pake sirup korma atau jus jambu biji ....
saya pernah tipus bahkan terindikasi DBD ....
begitu tau tipusnya beres , dan kata dokter musti stay lagi karena suspect DBD saya malah kabur dari RS ;D

dan di rumah di cekokin jus korma ::hihi:: biar afdolllll ::oops::

BundaNa
07-05-2012, 08:59 PM
buah naga juga boleh buat naekin trombosit

AsLan
07-05-2012, 10:57 PM
Gw jadi inget Game Bandit King jaman dulu...
Kata "Vermin" biasa dipake buat memaki orang ::hihi::

ndugu
07-05-2012, 11:01 PM
wah, buat si bismen, semoga cepet baikan juga ya
ini wabah laen nih :cengir:

semalam saya baca2 mengenai tipus ini di internet
ternyata bener karena salmonella ya, brarti harus jaga kebersihan makanan kalo begitu
sepertinya di indo umum sekali ya kena tipus. katanya ada vaksin tipus, apa ga da yang imunisasi itu ya?

BundaNa
07-05-2012, 11:17 PM
ada vaksin thypus. tp harganya mahal n musti antri. sekitar 150rb apa ya, itu 3 thn lalu pas mau vaksin itu buat naomi

---------- Post added at 10:17 PM ---------- Previous post was at 10:13 PM ----------

vaksin thypus ga wajib, jd ga ada subsidi. dokter malah ga nyaranin vaksin, yg penting bisa jaga makan n kebersihan

komporminyak
07-05-2012, 11:36 PM
dulu saya pernah gugling dan saya simpen datanya :


Obat-obat tifus

Tifus abdominalis atau tifus perut disebabkan oleh basil Salmonella typhosa; paratifus diakibatkan oleh jenisjenis Salmonella lain, yang sering ditularkan kepada manusia oleh basilbasil ternak (telur itik). Tifus sebetulnya golongan penyakitpenyakit demam berhubungan adanya gejalagejala sebagai demam tinggi (dengan bradycardia) dan kepala sangat nyeri. Tetapi dibicarakan juga dalam bab ini karena infeksi pertama terjadi di dinding usus, yang ada kalanya menyebabkan diarrea berdarah. Kemoterapeutika yang digunakan terhadap tifus adalah kloramfenikol, kotrimoksasol, ampisilin dan tetrasiklin sedangkan kortikosteroida (kortison dan lainlain) juga diberikan guna membantu menurunkan demamnya lebih cepat serta memberikan perasaan segar dan sudah sembuh kepada penderita. Umumnya kortikosteroida ini turut diberikan hanya dalam halhal yang parah dan selama sebanyakbanyaknya 3 hari agar jangan memperbesar risiko pendarahan usus.

Kloramfenikol
Merupakan obat yang paling unggul terhadap basil tifus. Kebaratannya ialah tak berkhasiat mematikan, sehingga seringkali timbul, “pembawapembawa basil”. Juga dapat mengakibatkan anemia aplastis fatal. Reesistensi sudah seringkali dilaporkan/
Dosis yang dipakai adalah 50 mg setiap kg bobot badan sehari. Setelah demam hilang (3-4 hari), ppengobatan dilanjutkan selama 8-10 hari dengan dosis yang lebih kecil guna mencegah kambuhnya penyakit. Maksismal 14 hari atau total 30 g kloramfenikol.

komporminyak
07-05-2012, 11:39 PM
Sekarang kita cuba menilik apa itu Kloramfenikol...

Deskripsi
Nama dan Struktur Kimia
D-treo-(-)-2,2-Dikloro-N-[ß-hidroksi-alfa-(hidroksimetil)-p-nitrofenetil]asetamida[56-75-7].
C11H12Cl2N2O5

Sifat Fisikokimia
Kloramfenikol mengandung tidak kurang dari 97,0% dan tidak lebih dari 103,0% C11H12Cl2N2O5
Pemeriaan: hablur halus berbentuk jarum atau lempeng memanjang; putih hingga putih kelabu atau putih kekuningan.
Kelarutan: sukar larut dalam air; mudah larut dalam etanol, dalam propilen glikol, dalam aseton dan dalam etil asetat.

Golongan/Kelas Terapi
Anti Infeksi

Indikasi
Merupakan antibiotik dengan spectrum luas, namun bersifat toksik. Obat ini seyogyanya dicadangkan untuk infeksi berat yang diakibatkan oleh bacteriodes, H.influenzae, Neisseria, meningiditis,Salmonella, dan Rickettsia.

Dosis, Cara pemberian dan lama pemberian obat
DOSIS ANAK
Meningitis: IV. Infant: >30 hari dan anak : 50-100 mg/kg/hari terbagi setiap 6 jam
Infeksi lain: IV. Infant: >30 hari dan anak : 50-75 mg/kg/hari terbagi setiap 6 jam. Dosis maksimal: 4 g/hari.

DOSIS DEWASA:
50-100 mg/kg/hari terbagi setiap 6 jam. Makimum dosis harian 4 g/hari.
Penyesuaian dosis: jika diketahui menderita kerusakan hepar, maka sebaiknya tidak menggunakan obat, karena akan meningkatkan toksisitas obat.
Cara pemberian: jangan diberikan I.M; dapat diberikan IV kurang dari 1 menit dengan konsentrasi 100 mg/mL atau IV intermittent infuse lebih dari 15-30 menit dengan konsentrasi akhir <20 mcg/mL.

Farmakologi
Distribusi: keseluruh jaringan dan cairan tubuh; dapat menembus placenta; masuk dalam ASI; dalam cairan serebrospinal : normal meningitis 66%, meningitis inflamasi >66%.
Ikatan protein: 60%
Metabolisme: utamanya melalui hati (90%) menjadi metabolit tidak aktif dengan melalui mekanisme glukoronidasi, kloramphenikol sodium suksinat dihidrolisa dengan mekanisme esterisasi sehingga menjadi bentuk aktif.
T½ eliminasi: fungsi ginjal normal: 1.6-3.3 jam; End-stage Gangguan ginjal :3-7 jam; Sirosis:10-12 jam.
Eksresi: urin (5-15%).

Stabilitas Penyimpanan
Simpan obat pada suhu kamar; hasil pencampuran obat dapat bertahan selama 30 hari; gunakan hanya jika cairan masih jernih; cairan obat yang dibekukan kemungkinan akan dapat bertahan selama 6 bulan.

Kontradiksi
Hipersensitif terhadap kloramfenikol atau terhadap komponen lain dalam obat.

Efek Samping
Tiga efek samping terbesar yang diakibatkan oleh kloramfenikol antara lain :
1. Anemia aplastik; sebuah reaksi idiosikratik yang dapat terjadi dari manapun rute pemberian obat; biasanya terjadi 3 minggu sampai 12 bulan setelah pemberian obat.
2. Bone marrow suppresión, ini terjadi jika kadar serum darah >25 mcg/mL dan bersifat reversible ketika kloramfenikol dihentikan. Anemia dan neutropenia kemungkinan akan terjadi pada minggu pertama penggunaan obat.
3. Gray s*ndrome ini ditandai dengan collapse, sianosis, asidosis, depresi myokardial, koma dan kematian. Ini dapat terjadi jika kadar konsentrasi darah > 50 mcg/mL;
kemungkinan diakibatkan oleh akumulasi obat dalam darah akibat adanya kerusakan pada hati dan ginjal pasien.

Efek samping lainya :
SSP : Bingung, mata gelap (delirium), depresi, fever, sakit kepala.
Dermatologi : Angioderma, ruam, urtikaria.
Gastrointestinal : diare, enterokolitis, glossitis, mual, stomatitis, muntah.
Ocular : optic neuritis.
Lain-lain : Anaphilaksis, reaksi hipersensitifitas.

Interaksi Dengan Obat Lain
Sitokrom P450: menghambat CYP2C8/9 (penggunaan mingguan), 3A4 (penggunaan mingguan).
Meningkatkan efek toksis: kloramfenikol meningkatkan efek dari klopropramid, fenitoin, dan antikoagulan oral.
Menurunkan efek: fenobarbital dan rifampisin kemungkinan menurunkan efeknya.
Dengan Makanan Lain
Kemungkinan akan menurunkan absorbsi obat pada intestinal

Pengaruh
Terhadap Kehamilan
Faktor risiko : C
Dalam penelitian sampel hewan uji terdapat embriotoksik dan teratogenik, tapi ini belum cukup terbukti dalam penelitian selanjutnya.

Pengaruh terhadap Ibu Menyusui
Dapat di ekresikan kedalam air susu ibu, AAP tidak merekomendasikan.

Terhadap Anakanak
Dapat menyebabkan gray baby s*ndrome. AAP tidak merokomendasikan
Terhadap hasil laboratorium
Pada penggunaan lebih dari 2 minggu Dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan laboratorium : CBC, liver dan ginjal.

Paramater motoring
CBC (Hb, Trombosis)
Liver (SGPT, SGOT)
Renal (BUN, ClCr)

Bentuk Sediaan
Injeksi, Kapsul, Serbuk Suspensi Oral

Peringatan
Hati – hati jika digunakan pada pasien yang tenderita gangguan hepar dan gagal ginjal.
Kurangi dosis jika digunakan pada pasien penyakit hati.
Hati – hati jika digunakan pada pasien defisiensi glucosa 6-phosfat dehidrogenase.
Kejadian serius hingga fatal berupa dyscrasias akibat penggunaan jangka pendek maupun panjang termasuk juga melalui penggunaan topikal.
Penggunaan jangka panjang dapat mengakibatkan suprainfeksi.
Penggunaan pada bayi dapat mengakibatkan gray baby s*ndrome yang dapat berakibat fatal.

Kasus Temuan Dalam Keadaan Khusus
-

Informasi Pasien
Untuk menghindari timbulnya resistensi, maka sebaiknya kloramfenikol digunakan dalam dosis dan rentang waktu yang telah ditetapkan.
Obat digunakan dalam keadaan perut kosong (1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan).
Amati jika ada timbul gejala ESO obat, seperti mual, diare atau respon hipersensitivitas.
Jika masih belum memahami tentang penggunaan obat, harap menghubungi apoteker.
Jika keadaan klinis belum ada perubahan setelah menggunakan obat, maka harap menghubungi dokter.

Mekanisme Aksi
Secara reversibel berikatan dengan 50S subunit ribosom pada organisme yang sensitif untuk menghambat terjadinya mekanisme transfer asam amino yang dibutuhkan untuk pembentukan rantai peptida, sehingga hal ini akan menghambat sintesis protein sel bakteri.

Monitoring Penggunaan Obat
Lamanya penggunaan obat.
Memonitor kepatuhan pasien dalam menggunakan obat.
Menilai kondisi pasien sejak awal hingga akhir penggunaan obat.
Evaluasi jika timbul tanda munculnya ESO obat.

Daftar Pustaka
Drug information hand book. (DIH). 2006.
AHFS DRUG. 2005
Farmakope Indonesia IV. 1995.
ISO. INDONESIA. Volume 41 2006.

itsreza
08-05-2012, 12:20 AM
kalau geli atau susah cari cacing, cukup beli kapsul yang isinya cacing bubuk di sinshe
saya dan anggota keluarga di rumah beberapa kali positif typhus/gejala typhus, setelah
minum cacing kapsul sembuh. kalau mau coba risiko tanggung sendiri ya

@bismen @kandalf, semoga cepet sembuh

ndugu
08-05-2012, 12:51 AM
ada vaksin thypus. tp harganya mahal n musti antri. sekitar 150rb apa ya, itu 3 thn lalu pas mau vaksin itu buat naomi

---------- Post added at 10:17 PM ---------- Previous post was at 10:13 PM ----------

vaksin thypus ga wajib, jd ga ada subsidi. dokter malah ga nyaranin vaksin, yg penting bisa jaga makan n kebersihan
iya nih, musti hati2 saat nge-prep makanan. untung kemaren pas saya ga sengaja pake piring terkomintasi silang dengan daging mentah, ga papa ya :cengir:

jadi si naomi pernah dikasi vaksin tipus? dan cara kerjanya gimana ya, apa perlu divaksin secara periodik?
dan kenapa dokter ga nyaranin vaksin? kuatir resistan?

BundaNa
08-05-2012, 06:45 AM
@ndugu: ga jadi, krn keterangan dokter biarpun divaksin, kemungkinan kena thypus tipe lain bisa. ya dibatalin deh

---------- Post added at 05:31 AM ---------- Previous post was at 05:28 AM ----------

vaksin thypus kalo diliat dr kalendernya dilakukan sec periodik, lupa gw brp bln sekalinya. kalo ga salah utk >1 thn

---------- Post added at 05:37 AM ---------- Previous post was at 05:31 AM ----------

waktu itu gw yg minta vaksin pasca naomi opname 4 hari gegara vidal positif typhus tipe a n trombosit turun

---------- Post added at 05:41 AM ---------- Previous post was at 05:37 AM ----------

lucunya, naomi itu thypus setelah 2 tmn mainnya kena thypus, mpe skr jd b'tanya2, thypus itu krn virus ato bakteri?

---------- Post added at 05:45 AM ---------- Previous post was at 05:41 AM ----------

kt dokter waktu itu, vaksin thypus sm kyk maningitis. biarpun udah, bs t'kena tipe lain meski ga separah kl ga vaksin

ndugu
08-05-2012, 07:16 AM
ooo.. singkat sekali ya jarak vaksinnya
kalo masih banyak jenis2 tipusnya, sama aja boong vaksinnya kalo gitu :cengir: abis blom tentu yang kena itu jenis yang divaksin

yang dari saya baca sih termasuk bakteri deh, dan bisa menyebar kalo makanan ato minuman yang tercemar, jadi mungkin waktu maennya jadi tertular kali ya.

bahkan menariknya dari yang kemaren saya baca, ternyata ada orang yang biarpun sehat2 saja tapi mempunyai bakteri ini, bisa berperean sebagai pembawa bakteri (carrier), dan menularkannya ke orang laen. (baca http://en.wikipedia.org/wiki/Typhoid_Mary - mengenai seorang juru masak yang sehat2 saja, tapi seorang carrier bakteri, dan sempat menimbulkan wabah tipus di tempat2 kerjanya)

kayanya yang paling penting memang jaga kebersihan deh kalo gitu, ato makanannya bener2 mateng dimasak
pantesan di amrik kalo ada makanan yang kedeteksi ada salmonella (di sumbernya di kebon, ato pabrik proses makanan, ato sayur / daging di supermarket), bisa heboh banget. :mikir:

BundaNa
08-05-2012, 07:23 AM
thypus kalo telat ditangani mmg bs bahaya. jd kalo udah demam tinggi, ga doyan makan, muntah2, lbh baik cpt ke dokter

AsLan
08-05-2012, 10:34 AM
Typus stadium lanjut bisa bikin usus bolong2 dan pendarahan internal, bisa tewas.


btw, cacing haram gak ya ?

BundaNa
08-05-2012, 10:59 AM
Pemberian vaksinasi atau merupakan cara efektif untuk mencegah derita demam typhoid. Vaksin typhoid dapat diberikan pada anak usia 2 tahun. Satu kali suntikan menjamin perlindungan terhadap Salmonella paratyphi A dan B, dan melindungi penyakit ini sekurang-kurangnya 3 tahun.

sambel (http://fitrivai.wordpress.com/2007/10/23/imunisasi-lengkap-bentengi-anak-dari-penyakit-berbahaya/)

gwe salah ternyata::ungg:: gwe ga tau sih thypus punya berapa tipe

AsLan
08-05-2012, 12:47 PM
yah perlindungannya cuma 3 tahun, tapi buat anak kecil boleh lah...
buat orang dewasa sih mubazir.

BundaNa
08-05-2012, 01:26 PM
tapi ponakan gw divaksin pasca kena thypus, setaun kemudian kena lg. makanya naomi ga jd divaksin ::hihi::