PDA

View Full Version : Nama Tempat Dalam Bahasa Mandarin



Parameswara Li
03-05-2012, 05:46 PM
Nama Tempat Dalam Bahasa Mandarin

Setiap kelompok masayarakat mempunyai cara sendiri dalam menyebut tempat-tempat lain yang jauh dari mereka. Istilah-istilah yang dipergunakan biasanya merupakan kemiripan bunyi atau arti dari nama asli tempat tersebut. Walaupun kadang-kadang ada istilah yang sama sekali tidak mirip dengan bunyi aslinya dan bukan terjemahan dari kata aslinya.

Sebagai contohnya, orang Indonesia menyebut Magyarország dengan nama Hongaria/Hungaria. Lafal ini berdasarkan nama negara tersebut dalam Bahasa Inggris [Hungary]. Nihon disebut sebagai Jepang karena istilah Bahasa Inggrisnya adalah Japan.

Penutur Bahasa Mandarin melafalkan nama-nama tempat tentu berdasarkan kebiasaan mereka mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Mandarin. Oleh karena itu kadang-kadang ada pelafalan mereka yang menurut kita sama sekali tidak mirip baik dengan nama aslinya ataupun istilah dalam Bahasa Inggrisnya.

Berikut ini beberapa nama-nama tempat tersebut dalam Bahasa Mandarin. Ejaan yang dipergunakan adalah Hanyu Pinyin sedangkan huruf yang dipakai adalah Fantizi.

āěrbān*y* [ 阿 爾 巴 尼 亞 ] Albania, nama negara
āérj*lìy* [ 阿 爾 及 利 亞 ] Aljazair, nama negara
āgēnt*ng [ 阿 根 廷 ] Argentina, nama negara
ākèlā [ 阿 克 拉 ] Akra, ibukota Ghana
ākěnsèzhōu [ 阿 肯 色 州 ] Arkansas, negara bagian di AS
ālāsījiā [ 阿 拉 斯 加 ] Alaska, negara bagian di AS
Aīj* [ 埃 及 埃 及] Mesir, nama negara
Aìěrlán [ 愛 爾 蘭 ] Irlandia, nama negara
ām*n [ 阿 曼 ] Oman, nama negara
āmǔsītèlǎng [ 阿 姆 斯 特 朗 ] Amsterdam, ibukota Belanda
And*oěr [ 安 道 爾 ] Andorra, nama negara
ānd*luè [ 安 大 略 ] Ontario, nama negara bagian di Kanada
Andìsīshān [ 安 第 斯 山 ] Pegunungan Andes
Andìlièsīqúndǎo [ 安 的 列 斯 群 島 ] Kepulauan Antilles
Angēlā [ 安 哥 拉 ] Angola, nama negara
ānkǎlā [ 安 卡 拉 ] Ankara, nama kota di Turki
ānm*n [ 安 曼 ] Amman, ibu kota Yordania
ānwèn [ 安 汶 ] Ambon, kota di Indonesia
Aòdìlì [ 奧 地 利 ] Austria, nama negara
Aòd*lìy* [ 澳 大 利 亞 ] Australia, nama negara
ās*ib*ijiāng [ 阿 塞 拜 疆 ] Azerbaijan, nama negara

Bābāduōsī [ 巴 巴 多 斯 ] Barbados, nama negara
Bābùy*xīnjīnèiy* [ 巴布亞新幾內亞] Papua Nugini, nama negara
Bādāngbānr*ng [ 巴 當 班 讓 ] Padang Panjang, kota di Indonesia
Bādōng [ 巴 東 ] Padang, kota di Indonesia
Bāgānwālǔ [ 巴 干 哇 魯 ] Pakanbaru, kota di Indonesia
Bāgédá [ 巴 格 達 ] Baghdad, ibukota Irak
Bāhāmǎ [ 巴 哈 馬 ] Bahama, nama negara
Bājīsītǎn [ 巴 基 斯 坦 ] Pakistan, nama negara
Bālāguī [ 巴 拉 圭 巴 拉 ] Paraguay, nama negara
Bālèsītǎn [ 巴 勒 斯 坦 ] Palestina, nama negara
Bāl* [ 巴 黎 ] Paris, nama kota
Bāl*bābǎn [ 巴 厘 巴 板 ] Balikpapan, kota di Indonesia
Bāl*n [ 巴 林 ] Bahrain, nama negara
Bānámǎ [ 巴 拿 馬 ] Panama, nama negara
Bātú [ 巴 圖 ] Batu, kota di Indonesia
Bāxī [ 巴 西 ] Brazil, nama negara
Báijīnh*ngōng [ 白 金 漢 宮 ] Istana Buckingham, istana kerajaan Inggris
Báigōng [ 白 宮 ] Gedung Putih, istana presiden AS
Bǎimùd* [ 百 慕 大 ] Bermuda, nama negara
Bāngtáng [ 邦 唐 ] Bontang, kota di Indonesia
Bǎojiālìy* [ 保 加 利 亞 ] Bulgaria, nama negara
Běicháoxiǎn [ 北 朝 鮮 ] Korea Utara
Běihǎid*o [ 北 海 道 ] Hokkaido, kota di Jepang
Běihán [ 北 韓 ] Korea Utara
Bèijiāěrhú [ 貝 加 爾 湖 ] Danau Baikal
Běijiāl*ng'*n [ 北 加 浪 岸 ] Pekalongan, kota di Indonesia
Bèin*ng [ 貝 寧 ] Benin, nama negara
Bǐlìsh* [ 比 利 時 ] Belgia, nama negara
Bīnxìfǎn*y* [ 賓 夕 法 尼 亞 ] Pennsylvania, negara bagian AS
Bīngdǎo [ 冰 島 ] Islandia, nama negara
Bōlán [ 波 蘭 ] Polandia, nama negara
Bōlìwéiy* [ 玻 利 維 亞 ] Bolivia, nama negara
Ból*n [ 柏 林 ] Berlin, nama kota
Bōshìdùn [ 波 士 頓 ] Boston, kota di Amerika Serikat
Bōsīn*y* [ 波 斯 尼 亞 ] Bosnia, nama negara
Bùdān [ 不 丹 ] Bhutan, nama negara
Bùjiālèsītè [ 布 加 勒 斯 特 ] Bucharest, ibukota Rumania
Bùlāgé [ 布 拉 格 ] Praha, ibukota Cek.
Bùlóngd* [ 布 隆 迪 ] Burundi, nama negara

Parameswara Li
04-05-2012, 01:21 AM
Cháoxiān [ 朝 鮮 ] Korea, nama negara
Chángq* [ 長 崎 ] Nagasaki, kota di Jepang
Chuānq* [ 川 崎 ] Kawasaki, kota di Jepang

D*bǎn [ 大 阪 ] Osaka, kota di Jepang
D*bùlièdiān [ 大 不 列 顛 ] Britania Raya (Inggris)
D*qiū [ 大 邱 ] Daegu, kota di Korea Selatan
Dānm*i [ 丹 麥 ] Denmark, nama negara
Dānp*shā [ 丹 帕 沙 ] Denpasar, kota di Indonesia
Déguó [ 德 國 ] Jerman (nama negara)
Déhēilán [ 德 黑 蘭 ] Teheran, ibukota Iran
Déyìzhì [ 德 意 志 ] Jerman, nama negara
Dēngjiālóng [ 登 加 龍 ] Tenggarong, kota di Indonesia
Dìlānǎ [ 地 拉 那 ] Tirana, ibukota Albania
Dōngjīng [ 東京] Tokyo, ibukota Jepang
Dōngnány* [ 東 南 亞 ] Asia Tenggara
Dōngy* [ 東 亞 ] Asia Timur
Duōmǐn*jiā [ 多 米 尼 加 ] Dominika, nama negara

Yuki
04-05-2012, 03:00 AM
Nihon disebut sebagai Jepang karena istilah Bahasa Inggrisnya adalah Japan.
kalo tidak salah commodore perry ya yg mengenalkan istilah Japan, merujuk dari Nippon

buitenzorg aja jadi bogor, jauh banget (kasus lain)

Parameswara Li
04-05-2012, 09:31 PM
kalo tidak salah commodore perry ya yg mengenalkan istilah Japan, merujuk dari Nippon


Atau mungkin juga dari Bahasa Mandarin "Riben". Dalam Bahasa Kanton disebut Yatpun. Bisa saja orang Barat mendengarnya dari orang Cina Selatan yang mencoba berbahasa Mandarin. Karena orang Cina Selatan tidak bisa mengucapkan bunyi "R", maka yang terdengar adalah bunyi "J-pen". Mungkin itulah yang kemudian dicopy oleh orang Barat.

Sampai saat ini bunyi "R" dalam Bahasa Mandarin sering diucapkan oleh orang Cina Selatan dengan bunyi "J". Sehingga jangan heran kalau "Ruguo" mereka ucapkan "Jukuo", "Ren" menjadi "Jen", dsb.



buitenzorg aja jadi bogor, jauh banget (kasus lain)


Kalau itu memang asal katanya sudah berbeda. Buitenzorg berarti "Aman Tentram" sedangkan Bogor berarti "Enau/Aren" yang dulu banyak tumbuh di sana.

Yuki
05-05-2012, 03:19 AM
very useful post, thank you

Parameswara Li
06-05-2012, 08:02 PM
éluósī [ 俄 羅 斯 ] Russia, nama negara
èguāduōěr [ 厄 瓜 多 爾 ] Ekuador, nama negara

Fǎguó [ 法國 ] Perancis (nama negara)
Fǎluóqúndǎo [ 法 羅 群 島 ] Kepulauan Faroe
Fēilǜbīn [ 菲 律 賓 ] Philipina, nama negara
Fèichéng [ 費 城 ] Philadelphia, kota di AS
Fēnlán [ 芬 蘭 ] Finlandia, nama negara
Fójīng [ 經 佛 ] Kitab Suci umat Buddha
Fóluólǐdá [ 佛 羅 里 達 ] Florida, negara bagian di AS
Fúěrjiāhé [ 伏 爾 加 河 ] Sungai Volga
Fǔshān [ 釜 山 ] Busan, kota di Korea Sekatan
Fùshìshān [ 富 士 山 ] Gunung Fuji

Yuki
06-05-2012, 08:18 PM
untuk nama dari asia timur, hurufnya masih sama, tinggal penyebutannya yg beda

untuk nama dari luar asia timur (misalnya barat), sebisa mungkin disesuaikan dengan aslinya, dicocok-cocokkan sesuai dengan lafaznya

Parameswara Li
06-05-2012, 08:24 PM
untuk nama dari luar asia timur (misalnya barat), sebisa mungkin disesuaikan dengan aslinya, dicocok-cocokkan sesuai dengan lafaznya

Ada yang begitu, ada juga yang diterjemahkan artinya seperti Bīngdǎo [ 冰 島 ] = Iceland

Parameswara Li
11-05-2012, 01:38 AM
Gāngbǐy* [ 岡 比 亞 ] Gambia, nama negara
Gēběnhāgēn [ 哥 本 哈 根 ] Kopenhagen, ibukota Denmark
Gēlúnbǐy* [ 哥 倫 比 亞 ] Kolombia, nama negara
Gēsīdál*jiā [ 哥 斯 達 黎 加 ] Costa Rica, nama negara
Gēsītèl*jiā [ 哥 斯 特 黎 加 ] Costa Rica, nama negara
Gél*nglǎn [ 格 陵 蘭 ] Greenland (Tanah Hijau), pulau di lautan Artik
Gǔbā [ 古 巴 ] Kuba, nama negara
Guādéluópǔdǎo [ 瓜 德 羅 普 島 ] Kepulauan Guadeloupe
Guāndǎo [ 關 島 ] Guam, nama negara
Guāngzhōu [ 光 州 ] Gwangju, kota di Korea Selatan
Guǎngdǎo [ 廣 島 ] Hiroshima, kota di Jepang
Guīy*n* [ 圭 亞 那 ] Guyana, nama negara

Hāfó [ 哈 佛 ] Harvard (Mengacu pada Universitas Harvard)
Hāwǎnǎ [ 哈 瓦 那 ] Havana, ibukota Kuba
Hǎidì [ 海 地 ] Haiti, nama negara
Hánguó [ 韓 國 ] Korea, nama negara
H*nchéng [ 漢 城 ] Seoul, ibu kota Korea Selatan
Hénèi [ 河 內 ] Hanoi, ibu kota Vietnam
Hélán [ 荷 蘭 ] Belanda, nama negara
Héngbīn [ 橫 濱 ] Yokohama, nama kota di Jepang
Hóngdūlāsī [ 洪 都 拉 斯 ] Honduras, nama negara
Huáshèngdùn [ 華 盛 頓 ] (1) Washington D.C. [Ibukota AS] (2) Washington [Negara Bagian di AS]
(3) George Washington [Presiden Pertama Amerika Serikat]

cha_n
11-05-2012, 01:38 PM
bahasa2 di cina pun ada beberapa ya kalau ga salah
dan masing2 bisa beda lagi, bener ga ?

jadi inget pernah dibilangin kata chan dan tian bisa punya arti yang sama dalam bahasa yang berbeda
(sori oot)

Parameswara Li
25-06-2012, 03:17 AM
J*dá [ 吉 達 ] Jeddah, kota di Saudi Arabia
Jiālèbǐhǎi [ 加 勒 比 海 ] Laut Karibia
Jiālìfún*y* [ 加 利 福 尼 亞 ] California, negara bagian di AS
Jiānád* [ 加 拿 大 ] Kanada, nama negara
Jiān* [ 加 納 ] Ghana, nama negara
Jiān*lìqúndǎo [ 加 那 利 群 島 ] Kepulauan Canary
Jiāpéng [ 加 蓬 ] Gabon, nama negara
Jiāzhōu [ 加 州 ] California, negara bagian di AS
Jiǎfǔ [ 甲 府 ] Kōfu, kota di Jepang
Jiǎnpǔzh*i [ 柬 埔 寨 ] Kamboja, nama negara
Ji*nyìlǐ [ 諫 義 裡 ] Kediri, kota di Indonesia
Jīnbiān [ 金 邊 ] Phnom Penh, ibu kota Kamboja
Jiùjīnshān [ 舊 金 山 ] San Francisco, kota di Amerika Serikat
Jùgǎng [ 巨 港 ] Palembang, kota di Indonesia

Kābùěr [ 喀 布 爾 ] Kabul, ibukota Afganistan
Kām*ilóng [ 喀 麥 隆 ] Kamerun
Kātǔmù [ 喀 土 穆 ] Khartoum, ibukota Sudan
Kǎlāq* [ 卡 拉 奇 ] Karachi, kota di Pakistan
Kǎluóláin* [ 卡 羅 來 納 ] Carolina, negara bagian di AS
Kǎtǎěr [ 卡 塔 爾 ] Qatar, nama negara
Kāiluó [ 開 羅 ] Kairo, nama kota
Kǎnp*lā [ 坎 帕 拉 ] Kampala, ibukota Uganda
Kānpéilā [ 堪 培 拉 ] Canberra, ibukota Australia
Kēmóluó [ 科 摩 羅 ] Komoro, nama negara
Kēwēitè [ 科 威 特 ] Kuwait, nama negara
Kěnn*y* [ 肯 尼 亞 ] Kenya, nama negara
Kèluódìy* [ 克 羅 地 亞 ] Kroasia, nama negara
Kùyèdǎo [ 庫 頁 島 ] Saghalien; Sakhalin, pulau di Rusia
Kūndi*n [ 坤 甸 ] Pontianak, kota di Indonesia

kandalf
25-06-2012, 04:32 AM
kukira semua tempat yang ada 'Ka' menjadi 'Jia' kalau di mandarin kayak Jakarta jadi Yejiada.
Ternyata tidak ya?

Parameswara Li
25-06-2012, 01:39 PM
Lābāsī [ 拉 巴 斯 ] La Paz, kota di Bolivia
Lángbólābāng [ 琅 勃 拉 邦 ] Luang Prabang, kota di Laos
L*bānèn [ 黎 巴 嫩 ] Lebanon, nama negara
Lìbǐlǐy* [ 利 比 里 亞 ] Liberia, nama negara
Lìbǐy* [ 利 比 亞 ] Libya, nama negara
Lièzhīdūnshìdēng [ 列 支 敦 士 登 ] Liechtenstein, nama negara
Lúsēnbǎo [ 盧 森 堡 ] Luksemburg, nama negara
Lúw*ndá [ 盧 旺 達 ] Rwanda, nama negara
Luómǎ [ 羅 馬 ] Roma, ibukota Italia
Luómǎn*y* [ 羅馬 尼 亞 ] Rumania, nama negara


Mǎdájiāsījiā [ 馬 達 加 斯 加 ] Madagaskar, nama negara
Mǎdélǐ [ 馬德里] Madrid, nama ibu kota Spanyol
Mǎlāwéi [ 馬 拉 維 ] Malawi, nama negara
Mǎláixīy* [ 馬 來 西 亞 ] Malaysia, nama negara
Mǎláng [ 瑪 琅 ] Malang, kota di Indonesia
Mǎn*lā [ 馬 尼 拉 ] Manila, ibukota Philipina
Mǎtǎlán [ 馬 塔 蘭 ] Mataram, kota di Indonesia
M*ijīā [ 麥 加 ] Mekkah, nama kota di Saudi Arabia
Měiguó [ 美 國 ] Amerika Serikat (nama negara)
Méngdìkǎluó [ 蒙 地 卡 羅 ] Monte Carlo, nama bagian kota di Monako
Měnggǔ [ 蒙 古 ] Mongolia, nama negara
Ménggūlù [ 萌 姑 露 ] Bengkulu, kota di Indonesia
Mèngjiālāguó [ 孟 加 拉 國 ] Bangladesh, nama negara
Miánlán [ 棉 蘭 ] Medan, kota di Indonesia
Miǎndi*n [ 緬 甸 ] Birma (Myanmar), nama negara
M*nggūlián [ 明 姑 連 ] Bengkulu, propinsi di Indonesia
Mòěrzībǐgǎng [ 莫 爾 茲 比 港 ] Port Moresby, ibu kota Papua Nugini
Móluògē [ 摩 洛 哥 ] Maroko, nama negara
Món*gē [ 摩 納 哥 ] Monaco, nama negara
Mótuōluólā [ 摩 托 羅 拉 ] Motorola, nama merk dagang
Mòlìfēn [ 茉 莉 芬 ] Madiun, kota di Indonesia
Mòxīgē [ 墨 西 哥 ] Meksiko, nama negara
Mòzuǒkètuō [ 莫 佐 克 托 ] Mojokerto, kota di Indonesia

Parameswara Li
26-06-2012, 02:21 PM
N*bùlúsī [ 納 布 盧 斯 ] Nablus, kota di Palestina
N*mǐbǐy* [ 納 米 比 亞 ] Namibia, nama negara
Nánsīlāfū [ 南 斯 拉 夫 ] Yugoslavia, nama negara
Nány* [ 南 亞 ] Asia selatan
Nèiluóbì [ 內 羅 畢 ] Nairobi, ibukota Kenya
N*bó'ěr [ 尼 泊 爾 ] Nepal, nama negara
N*jiālāguā [ 尼 加 拉 瓜 ] Nikaragua, nama negara
N*luóhé [ 尼 羅 河 ] Sungai Nil
N*rìlìy* [ 尼 日 利 亞 ] Nigeria, nama negara
N*y*jiālā Pùbù [ 尼 亞 加 拉 瀑 布]Air Terjun Niagara
Niǔyuē [ 紐 約 ] New York, negara bagian di Amerika Serikat
N*ngbō [ 寧 波 ] kota di Provinsi Zejiang, Cina
Nuówēi [ 挪 威 ] Norwegia, nama negara


P*lǐy*m*n [ 帕 里 亞 曼 ] Pariaman, kota di Indonesia
P*y*kǒngbù [ 帕 亞 孔 布] Payakumbuh, kota di Indonesia
Pángyuè [ 龐 越 ] Probolinggo, kota di Indonesia
Pútáoyá [ 葡 萄 牙 ] Portugal, nama negara
Pǔhéjiāduō [ 普 禾 加 多 ] Purwokerto, kota di Indonesia

Parameswara Li
17-07-2012, 02:25 PM
Qīngdǎo [ 青 島 ] nama kota di pesisir Cina, terkenal sebagai penghasil bir


Rìběn [ 日 本 ] Jepang, Nihon (nama negara)
Ruìdiǎn [ 瑞 典 ] Swedia, nama negara
Ruìshì [ 瑞 士 ] Switzerland, nama negara

Parameswara Li
19-07-2012, 06:18 PM
S*ěrwǎduō [ 薩 爾 瓦 多 ] El Salvador, nama negara
S*lārèwō [ 薩 拉 熱 窩 ] Sarajevo, kota di Bosnia
Sāiěrwéiy* [ 塞 爾 維 亞 ] Serbia, nama negara
S*ilālìáng [ 塞 拉 利 昂 ] Sierra Leone, nama negara
S*inèijiāěr [ 塞 內 加 爾 ] Senegal, nama negara
S*ipǔlùsī [ 塞 浦 路 斯 ] Siprus, nama negara
S*ishéěr [ 塞 舌 爾 ] Seychelles, nama negara
Sānbǎolóng [ 三 寶 瓏 ] Semarang, kota di Indonesia
Shālād*jiā [ 沙 拉 迪 加 ] Salatiga, kota di Indonesia
Shāmǎl*ndá [ 沙 馬 林 達 ] Samarinda, kota di Indonesia
Shātèālābó [ 沙 特 阿 拉 伯 ] Saudi Arabia, nama negara
Shāwālúnduō [ 沙 哇 倫 多 ] Sawahlunto, kota di Indonesia
Shānkǒuyáng [ 山 口 洋 ] Singkawang, kota di Indonesia
Shèngmǎlìnuò [ 聖 馬 力 諾 ] San Marino, nama negara
Sīlǐlánkǎ [ 斯 裡 蘭 卡 ] Sri Lanka, nama negara
Sīwèishìlán [ 斯 威 士 蘭 ] Swaziland, nama negara
Sìshuǐ [ 泗 水 ] Surabaya, kota di Indonesia
Sūdān [ 蘇 丹 ] Sudan, nama negara
Sūl*shì [ 蘇 黎 世 ] Zurich, nama kota
Sūlǐnán [ 蘇 里 南 ] Suriname, nama negara
Sūlián [ 蘇 聯 ] Uni Soviet
Sūméndál* [ 蘇 門 答 臘 ] Sumatra, nama pulau
Sūgélán [ 蘇 格 蘭 ] Skotlandia, nama wilayah di Inggris
Sūl*bāy* [ 蘇 腊 巴 亞 ] Surabaya, kota di Indonesia
Sūyīshì Yùnhé [ 蘇 伊 士 運 河 ] Terusan Suez
Suǒluòkè [ 索 洛 克 ] Solok, kota di Indonesia
Suǒmǎlǐ [ 索 馬 裡 ] Somalia, nama negara


T*iguó [ 泰 國 ] Thailand, nama negara
Tǎnsāngy*y* [ 坦 桑 尼 亞 ] Tanzania, nama negara
Tāngjiā [ 湯 加 ] Tonga, nama negara
Tiān'ān [ 天 安 ] Cheonan, kota di Korea Selatan
Tūn*sī [ 突 尼 斯 ] Tunisia, nama negara
Tǔěrq* [ 土 耳 其 ] Turki, nama negara

Parameswara Li
22-07-2012, 01:48 PM
W*nlóng [ 萬 隆 ] Bandung, kota di Indonesia
Wēidìmǎlā [ 危 地 馬 拉 ] Guatemala, nama negara
Wēiěrshì [ 威 爾 士 ] Wales, negara bagian di Inggris
Wěinèiruìlā [ 委 內 瑞 拉 ] Venezuela, nama negara
Wénlái [ 文萊 ] Brunei, nama negara
Wūgāndá [ 烏 干 達 ] Uganda, nama negara
Wūkèlán [ 烏 克 蘭 ] Ukraina
Wūlāguī [ 烏 拉 圭 ] Uruguai, nama negara
Wǔj*dīngy* [ 武 吉 丁 宜 ] Bukittinggi, kota di Indonesia
Wùjiāsì [ 勿 加 泗 ] Bekasi, kota di Indonesia
Wùlǐdá [ 勿 里 達 ] Blitar, kota di Indonesia

Xībānyá [ 西 班 牙 ] Spanyol (nama negara)
Xībólìy* [ 西 伯 利 亞 ] Siberia, nama daerah di Asia Utara
Xīn* [ 悉 尼 ] Sydney, kota di Australia
Xījīn [ 錫 金 ] Sikkim, nama wilayah di India
Xīl* [ 希 臘 ] Yunani, nama negara
Xīndélǐ [ 新 德 里 ] New Delhi, ibukota India
Xīnjiāpō [ 新 加 坡 ] Singapura, nama negara
Xīn*oěrliáng [ 新 奧 爾 良 ] New Orleans, kota di AS
Xīnxīlán [ 新 西 蘭 ] Selandia Baru (nama negara)
Xiōngyálì [ 匈 牙 利 ] Hongaria, nama negara
Xùlìy* [ 敘 利 亞 ] Suriah (Syria), nama negara

ndoz
17-08-2012, 09:57 PM
gw taunya :
yajiada
wanlung
sanbaolong
sisui

nah kota gw (solo) malah ga tau mandarinnya apa...wkwkwkwk ::arg!::

Parameswara Li
18-08-2012, 03:20 PM
gw taunya :
nah kota gw (solo) malah ga tau mandarinnya apa...wkwkwkwk ::arg!::

Nama panjangnya 蘇拉加達 [Sūlājiādá] / 索拉卡爾塔 [Suǒlākǎěrtǎ], nama panggilannya 梭罗 [Suōluó]



http://sphotos-b.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc7/393960_3813625293327_2073430514_n.jpg

ndoz
18-08-2012, 11:45 PM
梭罗 [Suōluó]
nah ini lebih acceptable :ngopi:

Shaka_RDR
19-08-2012, 01:54 AM
interesting....
gw tinggal di singapore dan sampe sekarang gw ga pernah "ngeh" kenapa dhoby ghaut bisa jadi duo mei ge ::grrr:: klo little india jadi xiao in du sih gw ngerti.

Parameswara Li
19-08-2012, 11:08 PM
Yámǎijiā [ 牙 買 加 ] Jamaika, nama negara
Yǎjiādá [ 雅 加 達 ] Jakarta, ibukota Indonesia
Y*mǎsūnhé [ 亞 馬 孫 河 ] Sungai Amazon
Y*mǎxùnhé [ 亞 馬 遜 河 ] Sungai Amazon
Y*q* [ 亞 齊 ] Aceh, propinsi di Indonesia
Y*t*i [ 亞 太 ] Asia Pasifik
Y*tèlánd* [ 亞 特 蘭 大 ] Atlanta, kota di Amerika Serikat
Y*zhōu [ 亞 洲 ] Asia, benua Asia
Yánw*ng [ 岩 望 ] Pasuruan, kota di Indonesia
Yánhúchéng [ 鹽 湖 城 ] Salt Lake City, kota di AS
Yēchéng [ 椰 城 ] Jakarta, ibukota Indonesia
Yējiādá [ 椰 加 達 ] Jakarta, ibukota Indonesia
Yěmén [ 也 門 ] Yaman, nama negara
Yīlākè [ 伊 拉 克 ] Irak, nama negara
Yīlǎng [ 伊 朗 ] Iran, nama negara
Yīsīlánbǎo [ 伊 斯 蘭 堡 ] Islamabad, ibukota Pakistan
Y*héyuán [ 頤 和 園 ] istana musim panas
Yǐsèliè [ 以色 列 ] Israel, nama negara
Yìd*lì [ 意大 利 ] Italia (nama negara)
Yìndù [ 印 度 印 度 ] India, nama negara
Yìndùn*xīy* [ 印 度 尼 西 亞 ] Indonesia (nama negara )
Yìnn* [ 印尼 ] Indonesia (nama negara)
Yīngguó [ 英 國 ] Inggris (nama negara)
Yǒngzhēn [ 永 珍 ] Vientiane, ibukota Laos
Yuēd*n [ 約 旦 ] Yordania, nama negara
Yuènán [ 越 南 ] Vietnam, nama negara


Z*nbǐy* [ 贊 比 亞 ] Zambia, nama orang
Zhāyīěr [ 扎 伊 爾 ] Zaire, nama orang
Zháhuǎng [ 札 幌 ] Sapporo, kota di Jepang
Zh*nbēi [ 佔 碑 ] Jambi, propinsi dan kota di Indonesia
Zhǎowā [ 爪 哇 ] Jawa, nama pulau
Zhījiāgē [ 芝 加 哥 ] Chicago, kota di Amerika Serikat
Zh*gé [ 直 葛 ] Tegal, kota di Indonesia
Zhìlì [ 智 利 ] Chile, nama negara

ndoz
21-08-2012, 03:06 PM
gw baru tau pelafalan jakarta itu ye jia da....setau gw dr dl ya jia da.....
gw ngomong ya jia da...orang" koq pada ngerti...padahal gw yg salah ;D

Parameswara Li
21-08-2012, 09:39 PM
gw baru tau pelafalan jakarta itu ye jia da....setau gw dr dl ya jia da.....
gw ngomong ya jia da...orang" koq pada ngerti...padahal gw yg salah ;D

Kalau sekarang secara resmi memang ditulis 雅加達 dan dilafalkan Yǎjiādá. Tapi seperti juga banyak kata-kata serapan lain, selalu ada saja varian-varian yang sifatnya tidak baku. Jadi kadang-kadang memang orang menyebutnya dengan 椰加達 [Yējiādá] atau 耶加達 [Yējiādá], kemudian ada juga orang yang menyingkatnya dengan 椰城 [Yēchéng] atau 耶城 [Yēchéng].

Varian dalam menyebut nama tempat adalah hal yang biasa. Dalam Bahasa Indonesia ini sering terjadi. Contoh yang paling populer adalah Moskwa/Moskow, atau Prancis/Perancis. Ada juga nama kota di Indonesia yang disebut orang dengan berbagai penulisan seperti Djojdja, Jogja, Jokja, Jogjakarta, Yogya, Yogyakarta, Yokjo, Ngayogyakarta, dsb. Ini juga nama serapan karena bentuk aslinya adalah Ayodhya/Ayudha.

ndoz
22-08-2012, 06:02 PM
Malah kadang orang jateng/jatim sering bilang ye' chen...padahal yg bener ye cheng :ngopi:
gw aja ketularan bokap gw bilang ye' chen ;D

Parameswara Li
07-01-2013, 03:34 PM
interesting....
gw tinggal di singapore dan sampe sekarang gw ga pernah "ngeh" kenapa dhoby ghaut bisa jadi duo mei ge ::grrr:: klo little india jadi xiao in du sih gw ngerti.

Bunyi 多美歌 [Duōměigē] itu dalam Bahasa Mandarin. Kemungkinan besar padanan 多美歌 untuk Dhoby Ghaut mulanya diberikan dalam Bahasa Hokkian. Komunitas Cina awal di Singapura berbahasa Hokkian. Huruf 美 bisa dibaca Bi dan huruf 歌 bisa dibaca Koa dalam Bahasa Hokkian. Ketika kemudian Bahasa Mandarin menjadi salah satu bahasa resmi di Singapura, nama Hokkian itu tidak diganti, hanya dibaca secara Mandarin.

Parameswara Li
09-01-2013, 08:58 PM
Malah kadang orang jateng/jatim sering bilang ye' chen...padahal yg bener ye cheng :ngopi:
gw aja ketularan bokap gw bilang ye' chen ;D

Ini sih bukan orang Jateng/Jatim aja. Di RRC dan RoC sana logat mereka juga berbeda-beda. Jadi, misalnya orang Sichuan, ketika berbahasa mandarin standarpun masih kebawa logat daerahnya. Ye jadi Ye', Cheng jadi Chen, itu hal yang wajar sekali karena juga terjadi pada orang sana. Yang paling sulit membedakan akhiran n dan ng itu orang Taiwan. Dulu ada guru saya orang Taiwan yang mengucapkan Xin (hati) sama dengan Xing (bintang).

Parameswara Li
10-01-2013, 04:07 PM
kukira semua tempat yang ada 'Ka' menjadi 'Jia' kalau di mandarin kayak Jakarta jadi Yejiada.
Ternyata tidak ya?

Ya memang tidak. Selalu ada perkecualian untuk segala hal.