PDA

View Full Version : Siklus hidup ubur2



AsLan
02-05-2012, 10:56 AM
Ubur-ubur memiliki Siklus Hidup sebagai berikut :

- Telur
- Planula Larva
- Polyp
- polyp hydroid colony
- ephyra
- medusa

Medusa atau Ubur2 Dewasa memiliki jenis kelamin jantan dan betina, perkawinan mereka menghasilkan telur yg telah dibuahi.
Telur yg telah dibuahi ini kemudian mencapai tahap embrionik dan menjadi Planula Larva yg meninggalkan tubuh induknya.
Planula Larva kemudian mendarat didasar laut untuk berubah menjadi Polyp yg merupakan tahap stationary dan menempel pada dasar laut.

http://www.diverosa.com/Nederland/Bommenede/BOM-080913%20Oorkwal%20(poliep),%20Aurelia%20aurita.jp g

Polyp ini kemudian menumbuhkan polyp2 baru sehingga menghasilkan polyp hydroid colony, antar polyp disini terhubung dengan batang tabung yg bisa mentransfer makanan.
Colony Polyp hidup selama beberapa tahun sampai akhirnya menghasilkan Ephyra atau bayi ubur2. Ephyra dihasilkan secara aseksual.
Ephyra kemudian berkembang menjadi ubur2 dewasa atau Medusa.

Pada ubur2 biasa, setelah mencapai tahap Medusa maka Ubur2 akan mati.
Namun khusus pada jenis Turritopsis nutricula, Ubur2 dewasa atau Medusa bisa kembali ke tahap Polyp setelah kawin dan mengulang skilus hidupnya, ini sebabnya Turritopsis nutricula, disebut sebagai Biological Immortal.

meliakh
02-05-2012, 12:24 PM
iya pernah baca.. satu di antara sedikit makhluk hidup yang virtually immortal
barangkali bisa dipelajari buat kegunaan medis

http://4.bp.blogspot.com/-SFJIyGvW-28/TyGAuYT7sWI/AAAAAAAABlM/TXFOhLIDyZc/s400/turritopsis_nutricula.jpg

et dah
02-05-2012, 12:25 PM
ngomongin ubur-ubur, gw paling benci jellyfish
kalau udah di gigit beuuuh males dah
berasanya kek kesetrum
kadang bekas gigitnya di siram pake cuka atau di kencingin ;D

E = mc²
02-05-2012, 01:05 PM
mana gak ada penjelasan "transdiferensiasi" dan "metaplasia"-nya? ;))

hktoyshop
21-09-2012, 12:53 AM
ribet juga ea ternya ta ubur ubur....

Bi4rain
21-09-2012, 01:00 AM
bisa mengulang siklus kehidupan? interesting...

gogon
11-04-2013, 04:09 PM
kayak burung phoenix di harry potter ya

Bi4rain
14-04-2013, 01:31 AM
^iya gon, buener banget :D

lebih menarik lagi klo sampai diteliti en sampai bisa implementasi ke manusia
langsung kebayang di otak gw ada mad scientist atau Nicholas Flamel (Harry Potter juga) yang mencari jalan keabadian dan menemukan hal-hal yang ga mungkin(?) dalam pencarian keabadian....immortality
atau
lebih hebatnya implementasi ke dunia medis, bagaimana membalikkan siklus, mis: bisa ga siklus pertumbuhan gigi ga hanya terhenti pada usia 20an?

TheCursed
16-04-2013, 02:31 AM
Ubur-ubur memiliki Siklus Hidup sebagai berikut :

- Telur
- Planula Larva
- Polyp
- polyp hydroid colony
- ephyra
- medusa

Medusa atau Ubur2 Dewasa memiliki jenis kelamin jantan dan betina, perkawinan mereka menghasilkan telur yg telah dibuahi.
Telur yg telah dibuahi ini kemudian mencapai tahap embrionik dan menjadi Planula Larva yg meninggalkan tubuh induknya.
Planula Larva kemudian mendarat didasar laut untuk berubah menjadi Polyp yg merupakan tahap stationary dan menempel pada dasar laut.

http://www.diverosa.com/Nederland/Bommenede/BOM-080913%20Oorkwal%20(poliep),%20Aurelia%20aurita.jp g

Polyp ini kemudian menumbuhkan polyp2 baru sehingga menghasilkan polyp hydroid colony, antar polyp disini terhubung dengan batang tabung yg bisa mentransfer makanan.
Colony Polyp hidup selama beberapa tahun sampai akhirnya menghasilkan Ephyra atau bayi ubur2. Ephyra dihasilkan secara aseksual.
Ephyra kemudian berkembang menjadi ubur2 dewasa atau Medusa.

Pada ubur2 biasa, setelah mencapai tahap Medusa maka Ubur2 akan mati.
Namun khusus pada jenis Turritopsis nutricula, Ubur2 dewasa atau Medusa bisa kembali ke tahap Polyp setelah kawin dan mengulang skilus hidupnya, ini sebabnya Turritopsis nutricula, disebut sebagai Biological Immortal.

Baca ini bikin gue inget diskusinya Leonard. Raj, Howard, dan Sheldon, yang berharap walaupun jadi Biological Immortal account Gmail-nya nggak di delete kalo mengulang sikulus hidup... :D