PDA

View Full Version : Kematian



ndableg
12-03-2011, 06:13 PM
Saya punya ide yg mungkin extrim ttg kematian. Ada yg seide?

Kematian menurut saya bagi orang mengalami (setelah melewati masa krisis) kematian, bukanlah sebuah hal yg menakutkan lagi. Bisa jadi ketika jasad meregang itu merupakan kesakitan yg dashyat, sehingga seorang manusia tidak mampu lagi melawan. Akan tetapi ketika masa2 tsb lewat, menurut saya itu masa2 yg indah. Menurut saya ujian yg tersulit justru pada saat kita hidup. Bahkan dalam kesenangan pun kita diuji terus. Alangkah indahnya ketika ujian2 tsb berakhir.

Bukan berarti sebaiknya manusia pada mati aja, akan tetapi memang disitulah letak PERMAINANnya. Life is about a game. Kita dipaksa terus menang. Ud kalah, jatoh, belum selesai juga game nya, musti bangkit lagi, survive, demi orang2 yg mencintai kita. Demi mendapatkan point2 dalam game. Dan ketika orang2 tua yg telah kelelahan dalam bermain game akhirnya bisa bernafas lega ketika diberikan kesempatan utk mengakhiri game dgn GAME POINT! Ctuing ctuing..

Tetapi kenapa kematian selalu digambarkan dgn hal2 yg menyedihkan, hal2 yg mengerikan dan hal2 yg tidak diinginkan? Well.. i tell you, this is the part of the game! Bagi orang2 yg mati, kematian tentu bukan hal yg mengerikan, tabu atau tidak diinginkan, tetapi bagi yg ditinggalkanlah itu merupakan hal yg menyedihkan, tabu, mengerikan, dlsbgnya... Terutama bagi yg warisannya banyak.. meninggalkan problem.. Bahkan bagi orang yg membunuh shg menyebabkan kematian seseorang pun akan mengalami hal2 kejiwaan, entah merasa dikejar2 ataupun sekedar perasaan bersalah (kecuali emang orang gila).

Orang2 sendiri suka dgn hiburan melihat pembantaian2 manusia2 tidak bersalah ataupun korban2 bencana dalam berita. Tapi dgn standar ganda mengungkapkannya dgn nada2 sedih, turut berduka, kesian, dlsbg.. Padahal enjoy membicarakan ttg kematian orang2 tsb, tentang bagaimana orang2 tsb mengalami proses kematian. Bahkan amat sangat menikmati ketika ada foto2/filem2 detil ttg kematian. Sama aja kek nonton pelem horor, tereak2, tutup mata, tapi filem tetep diputer...

Lalu kenapa orang bunuh diri tidak baik? Karena jelas2 mereka berlaku curang. Mereka mengakhiri game karena tidak mampu mengatasi ujian2 ketangkasan yg diberikan the creator, tapi.. tetep the decision is HIS..

ishaputra
13-03-2011, 12:14 PM
Orang di jaman dulu tidak tahu menahu mengenai fenomena biologis-alamiah yang disebut "kematian". Mereka cuma tau "pokoknya si X sudah tidak bernyawa" (entah karena dibunuh, sakit, tua, atau lainnya).

Dari ketidaktahuan itu, maka timbullah sejumlah kepercayaan. Antara lain adalah kepercayaan adanya kehidupan setelah mati, siksa kubur, surga-neraka, dllsb.

Manusia selalu membuat kepercayaan pada titik-titik di mana mereka TIDAK MEMILIKI PENGETAHUAN mengenai itu.

ndugu
13-03-2011, 03:42 PM
saya selama ini tidak menganggap kematian itu sesuatu yang menakutkan, dalam arti, itu adalah bagian dari kehidupan. buatku yang menakutkan itu di rasa sakitnya aja (barangkali kecelakaan, ato lagi sakit parah tapi ga ada painkiller, ato apa cedera apa aja lah tapi ga mati2 :cengir:). kalo seandainya pun kecelakaan, tapi langsung mati, menurutku itu tentu lebih baik daripada cedera hidup2, ato mo mati tapi ga mati2 :cengir:

dan ide bahwa 'moment'2 terakhir sebelum mati adalah sakit, sebenarnya itu adalah konsep baru buatku. dan saya ngga ngerasa bunuh diri itu curang. kupikir itu pilihan hidup orang itu. tapi tentu lebih etis kalo sebelum bunuh diri, ya selesaiin dulu hutang2 yang ada di dunia ya biar ga ngerepotin orang laen :cengir:

ndableg
13-03-2011, 07:09 PM
Tapi kenapa ada orang takut mati?

pasingsingan
13-03-2011, 07:55 PM
Orang di jaman dulu tidak tahu menahu mengenai fenomena biologis-alamiah yang disebut "kematian". Mereka cuma tau "pokoknya si X sudah tidak bernyawa" (entah karena dibunuh, sakit, tua, atau lainnya).

Dari ketidaktahuan itu, maka timbullah sejumlah kepercayaan. Antara lain adalah kepercayaan adanya kehidupan setelah mati, siksa kubur, surga-neraka, dllsb.

Manusia selalu membuat kepercayaan pada titik-titik di mana mereka TIDAK MEMILIKI PENGETAHUAN mengenai itu.

pengertian garis bawah cetak biru
mencakup konsep nibbana gak? ;)

ishaputra
13-03-2011, 08:06 PM
pengertian garis bawah cetak biru
mencakup konsep nibbana gak? ;)

Tidak dong. "Nibbana" kan konsep "hilang plas", padam, seperti padamnya api lilin yang ditiup.

ndableg
13-03-2011, 08:15 PM
Apa konsep ini jaman dulu ga ada? keknya simpel aja nih konsep

keremus
13-03-2011, 08:22 PM
Sepertinya kematian memang harus dianggap indah.
Masalahnya, yang menakutkan itu sebab-nya
seperti yang ditulis Ndugu :D

Andai ketika kita sedang tidur pulas atau duduk-duduk santai
lalu kita langsung mati, ya tidak mengapa mungkin ya:D

Bagaimana kalo menuju mati harus melalui sakit parah ber-
kepanjangan, kecelakaan, pembunuhan...

Dan buat saya, kematian itu masih terasa menakutkan karena
saya kuatir dijebloskan ke neraka :D

Dalam agama Islam, konsep kematian itu disejajarkan dengan
kembali. Seolah di bumi ini, kita sekadar mampir, bermain-main
dengan berbagai peran lalu harus kembali.


Sehubungan konsep kembali ini, saya suka sekali ayat
yang sungguh menggambarkan kembalinya seseorang secara
menggetarkan :




Wahai jiwa yang tenang.
Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya.

Maka masuklah ke dalam jamaah hamba-hamba-Ku,

dan masuklah ke dalam surga-Ku."

( Al Fajr 89)



Ya Tuhan...aku suka sekali ayat itu...:menunduk:

pasingsingan
13-03-2011, 08:36 PM
Tidak dong. "Nibbana" kan konsep "hilang plas", padam, seperti padamnya api lilin yang ditiup.
maksudnya mati dulu trus hilang plas atau
hilang plas tanpa mati? :-?

ndugu
14-03-2011, 07:25 AM
hilang plas tanpa mati.. teleportasi donk :lololol:

AsLan
15-03-2011, 06:39 PM
@ishaputra

Memangnya orang jaman sekarang sudah tahu apa itu kematian ?
Rasanya sama aja seperti orang jaman dulu, jaman sekarang orang hanya tahu "oh otaknya sudah tak berfungsi" itulah mati.
Sama toh jaman dulu "oh sudah tak bernafas"

---> Tahu tentang matinya otak bukan berarti tahu tentang kematian.

Sampai sekarang Ilmuwan yg paling pintar sekalipun tidak bisa membalikkan proses dari Mati --> Hidup
Dan tak ada yg bisa membuat suatu kehidupan dari kematian.

Hidup hanya bisa berasal dari Hidup.
Antara Hidup dan Mati ada jalan satu arah.

Lalu pertanyaannya, kalau Hidup hanya bisa berasal dari Hidup, maka darimana kehidupan itu berawal ?

satmata
16-03-2011, 05:50 PM
Mati itu enak kok.......kalo nggak enak pasti sdh banyak yang bangun lagi, karena nggak enak

keremus
16-03-2011, 07:45 PM
Mati itu enak kok.......kalo nggak enak pasti sdh banyak yang bangun lagi, karena nggak enak

Sebenarnya banyak kepengen bangun, tapi gak bisa

satmata
17-03-2011, 05:00 PM
bangunnya kenapa ?? mesti di pertanyakan mus.....:))

Darrul_Iman
06-04-2011, 08:51 PM
salam

apapun yang kita fikirkan

apapun keputusan dari hasil fikiran kita

maka kebenaran itu yang mengetahui adalah masing-masing SETELAH KEMATIAN ITU TIBA

dan kebenara itu tidak ada yang kembali dari KEMATIANNYA menceritakan hal itu kepada kita

apapun pilihan yang kita ambil maka bagaikan berjudi, kartu akan dibalik dan yang melihat adalah MASING-MASING

baik yang menganggap kehidupan setelah mati itu ada atau tidak TETAP KEMATIANLAH PINTU MENUJU KEBENARAN

SENANGKAH.....SUSAHKAH.....BIASAKAH.......??

KITA SEMUA MENUNGGU

dan mengenai keindahan dari kematian adalah KEMBALI DARI "MATA" MASING-MASING

kala
07-05-2011, 02:49 PM
wel
yang pertama bedakan dulu kematian dan kehidupan .... itu yang bagemana
tiap kepercayaan bisa beda meliatnyaa

Tapi kenapa ada orang takut mati?

saya mulai ....
mayat ( jasad ) .... besi
yang idup...... magnet ( besi juga ) setojooo ??

adinda
08-05-2011, 11:07 AM
kematian hanyalah raga yg terpisah dari badan

namun jiwa, roh tidak pernah mati

ia lepas dalam pengembaraannya

tak terhalang detak,jam maupun ruang

ia bisa hadir dlm mimpi atau bersama tarian gelombang

yang fana,

adalah kehidupan....

imho...

ancuur
08-05-2011, 01:59 PM
gw pernah denger... konon di jepang..

orang sakit yg tiduran gak bisa bangun dan menghabiskan banyak biaya (melebihi proteksi biaya asuransi), sehingga orang sehat setengah mati membiayai kehidupan si pesakit.. konon orang sakit ini bisa di suntik mati, atas ijin si pasien dan para saudaranya.. :((

AsLan
08-05-2011, 08:11 PM
gw pernah denger... konon di jepang..

orang sakit yg tiduran gak bisa bangun dan menghabiskan banyak biaya (melebihi proteksi biaya asuransi), sehingga orang sehat setengah mati membiayai kehidupan si pesakit.. konon orang sakit ini bisa di suntik mati, atas ijin si pasien dan para saudaranya.. :((

Kejadian seperti ini banyak terjadi di indonesia, cuma memang tidak di ekspose.

E = mc²
13-05-2011, 11:45 AM
kematian... errrr.... fungsi detak jantung yg berhenti?

hajime_saitoh
18-05-2011, 10:58 AM
mati itu serem lho.. kita sendirian menghadapinya.. natra dikubur sendirian lagi..

E = mc²
18-05-2011, 11:05 AM
kalo dikubur massal, hajime mau? kan ramean tuh. bisa bergosip bareng di sana :ninja:

Urzu 7
19-05-2011, 06:46 PM
mati sih wajar aja asal ga mati mengenaskan
mis:mati kepleset tai kucing

beastmen85
20-05-2011, 01:16 AM
mati itu serem lho.. kita sendirian menghadapinya.. natra dikubur sendirian lagi..

sya mah ga tau rasanya blom pernah mati :D

saya berpendapat kalo udah jadi mayat ga usah dikubur, jg gpp

sendirian gpp

cara mati mengenaskan, asala jangan gore

mengerikan

cara normal saja

satmata
14-06-2011, 01:03 PM
Mati kan enak...Buktinya ya nggak Ada yang pingin hidup lagi...?!?!?

mencari_makna
07-12-2011, 08:35 AM
Lawan dari mati adalah Hidup. Terjadinya hidup adalah karena adanya pelepasan energi. menurut einstain tidak ada energi yang hilang. jadi mati hanyalah perubahan atau transformasi bentuk. Dari bentuk phisik menjadi jiwa.

Jadi kematian bukanlah sesuatu yang hilang atau blas begitu saja.

danalingga
07-12-2011, 12:46 PM
Mati selagi hidup itu gimana lagi yak?

sedgedjenar
07-12-2011, 01:29 PM
kalo yang ngaku beragama, terus masih takut akan kematian
mungkin beragamanya masih ikut2 an doang

:luck:

Urzu 7
07-12-2011, 03:35 PM
kalo yang ngaku beragama, terus masih takut akan kematian
mungkin beragamanya masih ikut2 an doang

:luck:

Yeah rite...
Seperti orang yang jihad dgn janji pasti masuk surga dan dikeliling para bidadari;D

pasingsingan
09-12-2011, 07:08 AM
@urzu:

kasihan sekali ama orang yng nekad mati konyol
hanya krn terpikat bonus diatas :gebuk:

danalingga
09-12-2011, 09:27 AM
Yeah rite...
Seperti orang yang jihad dgn janji pasti masuk surga dan dikeliling para bidadari;D

Itu pak Sedge belum selesai sepertinya harusnya: "tidak takut kematian tapi juga tidak takut untuk hidup". ;))

mencari_makna
14-12-2011, 01:34 PM
Takut mati adalah naluri jika manusia tidak takut mati mungkin anak cucu adam tidak akan ada lagi.