PDA

View Full Version : Pengeras Suara Azan Perlu Diatur



ancuur
30-04-2012, 12:27 AM
http://l.yimg.com/bt/api/res/1.2/NzBdBCuPP8BxLGH_qaeL4Q--/YXBwaWQ9eW5ld3M7Y2g9NDAwO2NyPTE7Y3c9Mzg0O2R4PTA7ZH k9MDtmaT11bGNyb3A7aD0xOTg7cT04NTt3PTE5MA--/http://media.zenfs.com/id-ID/News/antara/20120427112944-boediono.jpg

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Boediono minta Dewan Masjid Indonesia untuk mulai membahas tentang pengaturan penggunaan pengeras suara di masjid. "Kita semua sangat memahami bahwa azan adalah panggilan suci bagi umat Islam untuk melaksanakan kewajiban sholatnya," kata Wapres Boediono saat memberikan pengarahan sekaligus membuka Muktamar VI Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Jumat. Hadir dalam acara itu Menteri Sosial Salin Segaf Al Jufri.

Dikatakan Wapres, apa yang dirasakan barangkali juga dirasakan oleh orang lain, yaitu bahwa suara azan yang terdengar sayup-sayup dari jauh terasa lebih merasuk ke sanubari dibanding suara yang terlalu keras, menyentak, dan terlalu dekat ke telinga. Menurut Wapres, Al-Qur`an pun mengajarkan kepada umat Islam untuk merendahkan suara sambil merendahkan hati ketika berdoa memohon bimbingan dan petunjuk-Nya.

Wapres dalam kesempatan itu juga menyoroti soal masalah kebersihan umat Islam "Kita semua pernah mendengar atau membaca hadis Rasulullah SAW yang terkenal yang mengatakan bahwa Kebersihan adalah bagian dari iman. Setiap mukmin harus menjaga kebersihan dirinya dan lingkungannya," kata Wapres.
Dikatakan, masjid sebagai tempat suci untuk melaksanakan ibadah yang diperintahkan Allah harus menjadi contoh sebagai tempat paling bersih di antara tempat-tempat lain. Kebersihan, terutama di tempat berwudhu, serta aroma yang sedap di lingkungan masjid akan menambah kekhusyukan ummat dalam beribadah. Dikatakan, kebersihan yang dimulai dari masjid akan menularkan kebiasaan bersih di lingkungan lain seperti rumah, sekolah, dan tempat kita bekerja.

Wapres mengakui salah satu keunikan agama Islam sebagai agama wahyu terakhir adalah adanya kesatuan arah dalam beribadah. Dari masjid di seluruh dunia, ketika menghadap Rabbul alamin dalam sholat maupun berdoa, semua menghadapkan tubuh ke arah yang sama yakni Baitullah Ka`bah di Mekkah. "Juga mengikuti peredaran waktu dan matahari, tidak satu detik pun di seantero planet bumi ini lepas dari suara azan karena waktu sholat yang berbeda-beda," kata Wapres. (rr) sumber (http://id.berita.yahoo.com/wapres-pengeras-suara-azan-perlu-diatur-042242484.html)

Ray Surya
30-04-2012, 12:40 AM
disuruh oleh agen konspirasi?

AsLan
30-04-2012, 12:52 AM
wah neo lib nih :))

Yuki
30-04-2012, 01:08 AM
pengaturannya kaya gini, jika memang benar-benar mau diatur

azan, pake speaker luar, silahkan keras juga tidak apa-apa, karena ini sifatnya menyeru
mengaji, berdoa, khotbah, pake speaker dalam, hanya yg berada di dalam internal masjid yg mendengar
tidak perlu ada pengumuman/doa/ngaji sebelum azan shubuh dan azan2 lainnya, kalaupun ingin, pake speaker dalam
tidak perlu ada pemberitahuan shahur ketika ramadhan, shahur itu privat, dan tidak perlu ada genjrang-genjreng satu kompi pasukan keliling-keliling komplek hanya ingin membangunkan untuk shahur, itu untuk membangunkan atau untuk melampiaskan sakit hati kesenjangan ekonomi?
khusus pada malam takbir, diperbolehkan hingga jam 9 malam, selanjutnya silahkan takbir hanya dari ucapan saja, itupun tidak perlu teriak-teriak

bagaimana? Ini kalo memang mau diatur

---------- Post added at 12:08 AM ---------- Previous post was at 12:05 AM ----------

dan tidak perlu ada petasan. Kalo saya jadi presiden itu petasan saya vonis haram 360 derajat

Parameswara Li
30-04-2012, 01:15 AM
dan tidak perlu ada petasan. Kalo saya jadi presiden itu petasan saya vonis haram 360 derajat

Kalo 360 derajat kan sama aja balik lagi seperti semula. 180 derajat kali maksudnya.

Fere
30-04-2012, 01:20 AM
Wapres dalam kesempatan itu juga menyoroti soal masalah kebersihan umat Islam "Kita semua pernah mendengar atau membaca hadis Rasulullah SAW yang terkenal yang mengatakan bahwa Kebersihan adalah bagian dari iman. Setiap mukmin harus menjaga kebersihan dirinya dan lingkungannya," kata Wapres.

"Kebersihan adalah bagian dari iman"

sejauh yang saya tahu kata2 tsb bukanlah sebuah hadist, melainkan semacam kata2 mutiara, CMIIW.

Ray Surya
30-04-2012, 02:31 AM
boediono mana tau soal hadits

E = mc²
30-04-2012, 08:10 AM
budiono gak akan curhat kalo diprotes keras oleh geng baju putih itu? :mikir:

cha_n
30-04-2012, 09:23 AM
Yang diributin adalah soal azan ga boleh kencang. Sebenarnya tujuannya kan panggil orang sholat. Ga kencang gimana kedengaran ?
Masih dimaklumi kalau untuk daerah muslimnya minoritas azan

choodee
30-04-2012, 09:32 AM
Ah gw setuju ini, kencang ga berarti harus memekakan telinga, gw dulu pernah tinggal dekat masjid, suaranya cempreng blas, keknya karena soundsystem jelek dan yg azan tereak sekencang kencangnya. Masalah kedengaran atau gak, coba liat itu daerahnya masjidnya ada berapa, tempat gw dulu ada 3 -_- jadi kalau azan ga ada bagus2nya yg ada malah kayak lomba kencang sahut2an.

Btw, selain azan jg ngaji dan lagu2 kasidahan itu perlu diatur, di dekat kosan gw ini tiap sore ada ngaji anak2 keknya, dan tau kan anak2, mreka teriak2 lah, sekuat tenaga, itu gw sampai ngusap2 dada mikir ortunya ngajarin sopan santun ga sih ::grrr::

danalingga
30-04-2012, 09:36 AM
Tapi lucu juga masalah azan ini.
Kos2an/rumah kalo dekat mesjid
malah jadi jatuh harganya karena
dianggap bakal polusi suara.

AsLan
30-04-2012, 09:40 AM
Kenapa gak ikut gaya hidup di jaman nabi ya ?

hajime_saitoh
30-04-2012, 09:50 AM
"Kebersihan adalah bagian dari iman"

sejauh yang saya tahu kata2 tsb bukanlah sebuah hadist, melainkan semacam kata2 mutiara, CMIIW.

yang saya tahu kalo gak salah bunyi haditsnya itu.. "bersuci adalah sebagian daripada iman"
dan iman sendiri terbagi menjadi 50 cabang.. yang pertama adalah shahadat dan yang terakhir adalah menyingkirkan hambatan (duri dll) dari jalanan...

pak Wapres ada-ada aja yang diurusin..... bukannya memang adzan tu harus lantang suaranya biar pada denger.. lah ne sudah besar aja suaranya yang dateng ke masjid masih dikit.. gimana kalo suaranya sayup2.. ntar yang rumahnya jauh dari masjid bisa sama sekali nggak denger.... kalah ama suara kebisingan kota...

---------- Post added at 09:50 AM ---------- Previous post was at 09:49 AM ----------


Kenapa gak ikut gaya hidup di jaman nabi ya ?

susah kop.... zaman sekarang khan gak semua masjid punya tower... terus suara adzan seseorang juga bisa2 kalah dengan suara TV, suara kendaraan dll...

BundaNa
30-04-2012, 10:59 AM
tapi ada baiknya juga mengerti perasaan umat agama lain sih, kasian yg rumahnya apes deket mushola atau masjid, subuh dibangunin mulu

Ronggolawe
30-04-2012, 11:30 AM
Di regulasi saja, adakan Muadzhin Idols, biar suara
azannya merdu, dan beri tunjangan yang layak. su
dah kerjanya diupah seikhlasnya, masih diributin.

Setahu gw, Azan itu termasuk ibadah dalam Islam,
dan Ibadah dalam Islam dilindungi oleh UUD 1945
pasal 29 ayat 2.

kalau ada muslim yang komplain doang, pasti cuma
ada 2 alasannya:
1. dia ngga shalat subuh dengan benar, dan
2. dia shalat subuh di rumah.

kalau dia shalat shalat subuh di rumah, dia tidak
akan komplain, dan kalau di shalat di Masjid, maka
dia akan bisa memberikan masukan langsung ke pi
hak pengurus, sehingga kualitas azannya bisa di
tingkatkan.

choodee
30-04-2012, 11:38 AM
^
Udah pernah komplain ke mesjidnya tapi ga digubris toh -_- ga semua masjid suara azannya jelek loh, di rumah gw yang baru azannya bagus, kedengaran tapi gak mekain telinga, kalo ke mesjidnya, itu suaranya gak pecah, beda jauh banged sama masjid di rumah gw yang lama ::grrr:: makanya gw bilang perlu dikasi aturan, masjid lain bisa azannya bagus kok yang lain kesannya cuman kek lomba azan esde ::grrr::

Terlebih masjid di dekat kosan gw ini, padahal masjidnya jauh, tp nyampe ke kosan gw donk ya, herannya kalo azan suaranya hampir ga kedengaran, mendayu2 gitu, udah pengajian anak2 sore ntu suaranya bukan main ::grrr::

Ronggolawe
30-04-2012, 11:42 AM
makanya gw bilang, "komplain doang"... kalau loe
ikut shalat di sana, secara itu masjid dekat tempat
tinggal loe, loe bisa tahu persoalan mendasarnya
apa, sehingga loe bisa kasih masukan, apakah trai
ning muadzinnya, atau ganti sound systemnya.

spears
30-04-2012, 11:47 AM
gw suka Adzan yg Muadzinnya bagus en indah gitu :-*
klo Adzannya jelek en asal2an rasanya pengen gw bilang STFU. gak usah keras2 deh klo yg Adzan orgnya Abal2.malah mengganggu en bikin hati gak tenang
Atau puter Cd Adzan napa?

satu lagi..kalo Bulan ramadhan Adzan harus keras doong. biar berasa gitu suasana Ramadhan (bulan puasa) nya.
yg mau protes, nggak usah tinggal di indonesia. salah sendiri jadi minoritas. *Marzuki Ali mode on

Ray Surya
30-04-2012, 11:54 AM
rumah gw deket masjid agung, & gw bahagia ::hohoho::

---------- Post added at 10:54 AM ---------- Previous post was at 10:51 AM ----------



Atau puter Cd Adzan napa?

satu lagi..kalo Bulan ramadhan Adzan harus keras doong. biar berasa gitu suara Adzannya.
yg mau protes, nggak usah tinggal di indonesia. salah sendiri jadi minoritas. *Marzuki Ali mode on
gak boleh donk, pakai rekaman.

choodee
30-04-2012, 11:54 AM
makanya gw bilang, "komplain doang"...


Udah pernah komplain ke mesjidnya tapi ga digubris toh

yang komplain padahal bokap gw loh -_- tp tetep aja suaranya cempreng, untungnya akhirnya pindah rumah, dan di rumah yang baru ini azannya bagus! kalo takbiran aja itu kaset distelnya ga kayak acara gebyar dangdutan. imho karena orang mesjidnya sadar, itu masjid buat wilayah satu kompleks aja, jadi ga perlu lah sampe warga luar komplek juga ikut dengerin, secara di luar sana udah ada masjidnya sendiri.

maksud gw itu ntu, pasang suara dikira2, kalo jarak 1 km dah ada masjid baru, yaudah, pasang suaranya sekira2 buat kampung yang dekat masjid itu doank, kampung dekat masjid yang lain kan bisa dengerin dari masjid mreka. kalo pasang suara serasa pengen didengar seantero jagad ya kayak masjid di rumah lama gw, saling sahut2an, jadinya malah ga kedengaran azan lagi karena saling sahut2an.

kalo di jokja, ya gw ga berani komplain karena gw pendatang, dan gw ga pernah sholat di masjid ntu, jauh, dan gw lebih suka sholat di tempat sendiri, bukan di masjid, masjid kalo lagi di luar aja.

ah gak liat kamsud post ronggo sebelumnya, bokap gw duluuuuu memang cuman sholat jumat aja di masjid ntu, secara dia kerja ya sholatnya di kantor kebanyakan, dan kalo magriban bareng2 di rumah, jadi jarang emang sholat ke masjid ntu. tapi ya kita kan warga situ, berhak donk komplain, lagian kan masjid dibangun atas urunan warga, apa urusan harus sering sholat di situ atau gak.

Ronggolawe
30-04-2012, 12:01 PM
Ibadah di Masjid itu tuntunannya memakmurkan mas
jid... jadi jangan cuma komplain, tapi aktiflah disana,
sehingga bisa mengatur arah kebijakan masjid.

spears
30-04-2012, 12:39 PM
Liam Neeson aja seneng denger Adzan..lagian cuma 5 menit ini


;D

Ray Surya
30-04-2012, 12:42 PM
“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk” (QS At-Taubah ayat 18).

Hotelier
30-04-2012, 01:24 PM
Hm, menurutku ini masukan yg bagus. Memang perlu bgt diperhatikan tingkat volume yang dikeluarkan mesjid, lebih2 kalau di wilayah yang sama ada lebih dari 1 mesjid dalam jarak berdekatan.Masyarakat sekarang kan tau waktunya sholat ga hanya dari suara mesjid, tapi juga dari tv, radio, aplikasi hp, dll. Untuk soal kebersihan gw ga bs ikut ngomentarin. Selama ini kalau nemenin temen yg mau sholat, biasa aku nunggu di luar ga ampe masuk ke dalam. Kurasa itu tergantung masing2 mesjidnya ya apakah diurus dengan baik atau ga. Menurutku ini masukan yg bagus dari wapres. Oh iya.... sore2 kalau gw naek busway biasa haltenya deketan sama mesjid. Nah sepertinya disana ada kelas pengajian kalo sore2 menjelang malam. Yang disayangkan, kadang suara anak2 yg ngaji itu lebih mirip teriak2 ga jelas daripada sedang membaca Alquran atau berdoa. Dari jauh pun uda kedengeran suaranya.

cha_n
30-04-2012, 01:28 PM
aku setuju regulasi/pengaturan suara, tapi bukan buat azan, tapi buat kegiatan lain, kayak tahlil, nyanyi2 sebelum sholat, dll

ancuur
30-04-2012, 02:25 PM
rumah gw deket masjid agung, & gw bahagia ::hohoho::


pasti sering gonta~ganti sendal :kabur:


aku setuju regulasi/pengaturan suara, tapi bukan buat azan, tapi buat kegiatan lain, kayak tahlil, nyanyi2 sebelum sholat, dll

seuju :jempol:
anak2 belajar ngaji pakai mikropon, pak ustad marah2 pake mik.. ::grrr::
ibu2 baca yasinan pakai mik .. klo suara baca ayatnya saja gak papa..
tapi suara bangku ke geser.. suara mik kena meja yg pletak-pletok itu juga kedengeran ::grrr::

spears
30-04-2012, 02:30 PM
ho oh. bener Om. cukup Adzan aja yg pake pengeras suara. yg lainnya jangan. kayak anak2 belajar ngaji DLL itu

Fere
30-04-2012, 04:15 PM
rumah gw deket masjid agung, & gw bahagia ::hohoho::
setuju banget bro.. rumah gw juga deket mesjid dan gw juga bahagia..
gw juga suka dengerin anak2 ngaji pas ada kegiatan TPA, malah menyedihkan kalo ada mesjid yang tiap
harinya cuman dipake buat adzan doang..


yang saya tahu kalo gak salah bunyi haditsnya itu.. "bersuci adalah sebagian daripada iman"
dan iman sendiri terbagi menjadi 50 cabang.. yang pertama adalah shahadat dan yang terakhir adalah menyingkirkan hambatan (duri dll) dari jalanan...

الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ

“Kesucian adalah sebagian dari iman.”
(HR. Muslim, Bab Fadhl Al Wudhu, No. 223. Ahmad No. 21834. Ibnu Abi Syaibah, Al Mushannaf, No. 3. Ad Darimi No. 653)


Hadits ini memiliki perbedaan makna dengan, “Kebersihan sebagian dari iman.” Seorang manusia bisa bersih dengan
mandi, menggunakan pakaian baru, dan lain-lain. Namun itu semua hanya bersih, bukan suci. Sedangkan kesucian
(bersuci) bukan hanya dengan mandi, tetapi dengan berwudhu, mandi wajib, dan tayammum, oleh karena itu wajar
jika kesucian adalah bagian dari iman. Sedangkan, kebersihan belum tentu bagian dari iman.

ancuur
30-04-2012, 04:23 PM
ho oh. bener Om. cukup Adzan aja yg pake pengeras suara. yg lainnya jangan. kayak anak2 belajar ngaji DLL itu

tau persis bgt aku... pernah ngalamin punya rmh persis dpn mesjid..
apa lagi yg namanya bulan puasa :jempol: tiap hari gak bisa bobo nyenyak ::grrr::
note: susah bedain malem sama siang :cilukba:

Ray Surya
30-04-2012, 05:06 PM
Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali menegaskan, pihaknya tidak akan melakukan pengaturan tentang penggunaan pengeras suara untuk adzan di masjid. Menurutnya, pengaturan tentang suara adzan hanya akan memperumit persoalan.
“Untuk masalah pengaturan pengeras suara adzan itu tidak perlu lah diatu-atur begitu. Nanti kalau diatur, malah makin “njelimet”. Jangan-jangan nanti malah pengeras suara untuk demo juga harus diatur. Jadi semakin aneh kan kalau ada aturannya,” kata Menag kepada wartawan usai rapat koordinasi internal di Gedung Kemenag, Thamrin, Jakarta, Senin (30/4).

Menteri yang juga Ketua Umum PPP ini mengatakan, pengaturan pengeras suara untuk adzan tersebut bisa diatur oleh masing-masing pengelola masjid. Bahkan, bisa disesuaikan dengan kondisi lingkungan yang ada. “Sehingga, tidak perlu harus pemerintah harus mengeluarkan aturan yang mengatur pengeras suara adzan seperti itu,” imbuhnya.

http://batamtvnews.com/berita/7663/menag-tolak-himbauan-wapres-soal-pengaturan-pengeras-adzan.html

ancuur
30-04-2012, 05:19 PM
http://www.youtube.com/watch?v=wzStT7xbRhY


http://www.youtube.com/watch?v=_djQ27hDs5o&feature=related

Subhanalloh perhatikan hadist dibawah ini......!!!
Amr ibn Salamah berkata, "Suatu ketika Nabi saw. bersabda, 'Jika waktu shalat tiba, hendaknya
ada di antara kalian yang melakukan azan. Lalu yang paling banyak bacaan Al Qur'an hendaknya
diangkat menjadi imam.'

Fere
30-04-2012, 05:20 PM
hohoho.. komennya pak menteri keren.. ::hohoho::

BundaNa
30-04-2012, 06:17 PM
ya, saling brertenggang rasa aja, ada non muslim hidup di indonesia

hajime_saitoh
01-05-2012, 11:14 AM
“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk” (QS At-Taubah ayat 18).

koreksi Ray.. kata2 "diharapkan" diatas pada saat di gunakan oleh Allah azza wa jalla akan berubah menjadi "dipastikan".. pas banget hasil pengajian semalem.... :ngopi:

elhakim
01-05-2012, 12:32 PM
hemm.. kok pada terganggu dengan suara adzan ya? bukannya itu bagus, dan lagi untuk agama yg lain juga bagus kan, pagi pagi udah dibangunin, biar rejekinya gak dipatok ayam.. hemm kayaknya ini gak bener, gak setuju tuh, biasa ajah, gak terganggu..

danalingga
01-05-2012, 02:06 PM
^ lo nggak mikirin yang habis kerja malam, lagi nyenyaknya tidur eh dibangunin. Apa nggak emosi tuh?

GiKu
01-05-2012, 02:35 PM
argumentasi yg dipakai untuk mengeraskan suara waktu adzan :

Dari Abdurrahman bin Abdullah bin 'Abdurrahman bin Abu Sha'sha'ah Al Anshari Al Mazini dari Bapaknya bahwa ia mengabarkan kepadanya, bahwa Abu Sa'id Al Khudri berkata kepadanya, "Aku lihat kamu suka kambing dan lembah (penggembalaan). Jika kamu sedang mengembala kambingmu atau berada di lembah, lalu kamu mengumandangkan adzan shalat, maka keraskanlah suaramu. Karena tidak ada yang mendengar suara mu'adzin, baik manusia, jin atau apapun dia, kecuali akan menjadi saksi pada hari kiamat." Abu Sa'id berkata, "Aku mendengarnya dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam." (H.R.Bukhari)


Abu Dawud meriwayatkan; "Dari Urwah bin Az-Zubair dari seorang wanita dari Bani Najjar dia berkata; Rumahku adalah rumah yang paling tinggi di antara rumah-rumah yang lain di sekitar Masjid, dan Bilal mengumandangkan adzan subuh di atasnya" (H.R. Abu Dawud)

Di zaman Rasulullah Shallalahu 'Alaihi Wasallam Mu'adzin sengaja memilih tempat yang tinggi agar suara yang yang dikumandangkan bisa didengar banyak orang.



Iqomah pun demikian

Dari Abu Salamah dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Jika kalian mendengar iqamat dikumandangkan, maka berjalanlah menuju shalat dan hendaklah kalian berjalan dengan tenang berwibawa dan jangan tergesa-gesa. Apa yang kalian dapatkan dari shalat maka ikutilah, dan apa yang kalian tertinggal maka sempurnakanlah." (H.R. Bukhari)


Bahkan Ibnu Umar pernah mendengar Iqomah dari Baqi', padahal jarak antara masjid Rasulullah Shallalahu 'Alaihi Wasallam dengan Baqi cukup jauh.
Dari Nafi', Abdullah bin Umar mendengar Iqamat ketika berada di Baqi', lalu dia bersegera menuju masjid." (H.R.Malik)

ancuur
01-05-2012, 03:07 PM
orang yang azan pasti pahalanya gede kali yah... ada yang tahu :cilukba:
btw anyway gw sih setuju klo azan dengan suara lantang dan keras.. sangat setuju..
tapi klo waktu pengajian ibu2, belajar ngaji anak2.. plus ustad marah2 pake mik.. 1jt % gak setuju ::arg!::

Ray Surya
01-05-2012, 03:30 PM
tapi klo waktu pengajian ibu2, belajar ngaji anak2.. plus ustad marah2 pake mik.. 1jt % gak setuju ::arg!::

klo yg itu gak dibahas Boediono

ancuur
01-05-2012, 03:36 PM
klo yg itu gak dibahas Boediono

telpon gih.. suruh dia bahas jga.. :cilukba:

Serenade
01-05-2012, 04:30 PM
Kalo azan ga gitu ngeganggu ... tapi waktu sahur itu lho ::nangis::
Baru tidur sdh kebangun lagi

cha_n
01-05-2012, 04:45 PM
azan sih gpp, tapi yang nyanyi2 itu apaan? emangnya ada haditsnya? ada dalilnya? apalagi yang teriak2 doang, misal yang nyanyi anak2 haduh, ngapain pake speaker luar.
itu malah sebenarnya ga sopan dan mengganggu
plus plis ya, kalau pun ada yang baca quran pake mic, yang makhraj dan tajwidnya bagus dong, malu2in banget ::nangis::

ancuur
01-05-2012, 04:45 PM
Kalo azan ga gitu ngeganggu ... tapi waktu sahur itu lho ::nangis::
Baru tidur sdh kebangun lagi

klo yg itu kita kyknya harus bersabar selama sebulan... ::grrr::

gw yg gak nahan suara bedug yg gak beraturan.. "dipake bercanda kyk nge dram" ::arg!::
klo yg kyk begini gw suka langsung keluar.. trs marahin anak2nya.. (ustad jga ikutan marahin)

hajime_saitoh
02-05-2012, 01:03 PM
orang yang azan pasti pahalanya gede kali yah... ada yang tahu :cilukba:
btw anyway gw sih setuju klo azan dengan suara lantang dan keras.. sangat setuju..
tapi klo waktu pengajian ibu2, belajar ngaji anak2.. plus ustad marah2 pake mik.. 1jt % gak setuju ::arg!::

muadzin tu sangat besar pahalanya.. bahkan nabi Muhammad shallohu alaihi wa sallam sendiri mendoakan ampunan bagi para muadzin....

GiKu
02-05-2012, 01:33 PM
^
sayang gak ada kaderisasi vokalis masjid

AsLan
02-05-2012, 10:47 PM
Mungkin maksudnya pak wapres yg harus ditertibkan itu penggunaan speaker masjid, jangan sampe dipake anak2 atau untuk urusan remeh yg non-adzan... ambil positifnya aja, mungkin orang tua sering sulit mengungkapkan pikirannya dengan jelas...