PDA

View Full Version : Akronim: melahirkan "kata" baru, memudarkan kata asli



gogon
29-03-2012, 11:25 AM
Arti Akronim menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php):

Kependekan yg berupa gabungan huruf atau suku kata atau bagian lain yg ditulis dan dilafalkan sbg kata yg wajar (msl mayjen mayor jenderal, rudal peluru kendali, dan sidak inspeksi mendadak)

pada wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/Akronim), ada contoh akronim yang salah yaitu STNK dan BPKM.
Parahnya lagi, BPKM itu dobel salah; itu bukan akronim dan ngga ada istilah BPKM, adanya BPKB

bahasan utama
Ada banyak akronim yang sudah sangat sering dipakai di masyarakat, sehingga banyak masyarakat yang tidak tahu bahwa itu adalah akronim, bukan kata dasar.
Misal:
tilang = mati langkah bukti pelanggaran
internet = interconnection network
modem = modulator - demodulator
rudal (seperti contoh di atas).

Ada juga akronim yang masih terlihat ciri akronimnya.
Misal:
baksos = pasti sudah pada tahu artinya bakti sosial
curanmor = pencurian kendaraan bermotor
gepeng = gelandangan dan pengemis
suramadu = sekasur sama madu surabaya-madura
miras = minuman keras
narkoba = narik kolor bapak narkotik dan obat terlarang,
----------pengganti akronim naza = narkotik dan zat aditif

Terakhir, ada akronim yang terdengar aneh dan dipaksakan. Sehingga tidak populer dan hilang begitu saja, atau jarang terdengar
misal:
upal = uang palsu



silakan opini para KM-ers mengenai akronim.
dan kalo punya akronim tipe yg pertama (tilang/modem dsb) mohon di-share :)

Ronggolawe
29-03-2012, 11:30 AM
yang paling ngaco bin maksain itu tentunya TNI,
Ditbekang = Direktorat Perbekalan dan Angkutan

meliakh
29-03-2012, 11:47 AM
TNI kenapa emang?

top of my head: laser, radar

Parameswara Li
29-03-2012, 11:55 AM
pada wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/Akronim), ada contoh akronim yang salah yaitu STNK dan BPKM.
Parahnya lagi, BPKM itu dobel salah; itu bukan akronim dan ngga ada istilah BPKM, adanya BPKB


Benar sekali, STNK itu singkatan, bukan akronim. Aneh sekali kalau Wikipedia (Indonesia) bisa sampai salah.

E = mc²
29-03-2012, 12:03 PM
narkoba juga sepertinya sudah dianggap kata dasar. narkoba sudah bersinonim dg "obat terlarang", padahal kan bukan begitu seharusnya.

gogon
29-03-2012, 12:58 PM
oh iya ya, harusnya kepanjangan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya

tsu
29-03-2012, 01:29 PM
narkotik juga obat sih aslinya, cuman dalam kadar tertentu bisa jadi terlarang

gogon
29-03-2012, 02:21 PM
ada lagi akronim yang begitu dibuat langsung ngetop dan terkenal: sembako
semua bakar toko sembilan bahan pokok

^ denger plesetannya (yg di-coret itu) pertama dari Rudi Sipit (group lawak Diamor).
untuk nyentil kejadian kerusuhan Mei 98 ::ungg::
lucu yg ironis.

Yuki
29-03-2012, 08:54 PM
tilang = bukti pelanggaran
berarti tidak bisa jadi kata kerja ya?

itsreza
29-03-2012, 09:11 PM
akronim yang saya tau
batagor = baso tahu goreng
colenak = cocol enak
buras = bubur keras

https://s3.amazonaws.com/TrollEmoticons/troll.png

Yuki
29-03-2012, 09:53 PM
kakija udah pada tahu?

tanaman kakija..... ::hihi::

Ray Surya
29-03-2012, 11:10 PM
co li: ngocok peli

Fere
29-03-2012, 11:42 PM
tiren = mati kemaren

biasanya buat nyebut daging ayam yang gak segar

Yuki
29-03-2012, 11:57 PM
pelor....

nempel langsung molor

Ray Surya
30-03-2012, 12:02 AM
pel tu: nempel metu

---------- Post added at 11:02 PM ---------- Previous post was at 11:01 PM ----------

nocan: nomer cantik

ndableg
30-03-2012, 12:34 AM
mokondo.. mao kondangan dong..

Yuki
30-03-2012, 01:11 AM
tol cipularang......

ciputat padalarang

Fere
30-03-2012, 02:18 AM
monjali = monumen jogja kembali
jakal = jalan kaliurang
galabo = gladak langen bogan (solo)

orang2 luar jogja banyak yg mengira monjali itu nama daerah/kampung, padahal.. ::hihi::

BundaNa
30-03-2012, 03:47 AM
itu si mona kenapa ngasih contoh akronim kerjaan dia sehari2? :run:

E = mc²
30-03-2012, 07:38 AM
tol cipularang......

ciputat padalarang
bukan.... cikampek - purwakarta - padalarang :D *banyak yg sering salah menafsirkannya sbg cileunyi-purwakarta-padalarang, soalnya rancu dg jalan tol Purbaleunyi :D

Yuki
30-03-2012, 08:04 AM
bukan.... cikampek - purwakarta - padalarang :D *banyak yg sering salah menafsirkannya sbg cileunyi-purwakarta-padalarang, soalnya rancu dg jalan tol Purbaleunyi :D
thanks

sudah saya duga, sampe semalam kepikiran di tengah-tengah tidur, kayanya tidak sesederhana itu deh pikir saya

Ray Surya
30-03-2012, 10:37 AM
maho: manusia homo

gogon
30-03-2012, 11:18 AM
berarti tidak bisa jadi kata kerja ya?
tilang harusnya memang jadi kata benda ya ;D
tapi beginilah bahasa indonesia, bisa dimudahkan :D


kakija udah pada tahu?
tanaman kakija..... ::hihi::
apa tuh? kalo kanada gw tau (kanan-kiri ada)


mokondo.. mao kondangan dong..
modal *[sensor]* doang




tol cipularang......

ciputat padalarang

bukan.... cikampek - purwakarta - padalarang :D *banyak yg sering salah menafsirkannya sbg cileunyi-purwakarta-padalarang, soalnya rancu dg jalan tol Purbaleunyi :D

thanks

sudah saya duga, sampe semalam kepikiran di tengah-tengah tidur, kayanya tidak sesederhana itu deh pikir saya
"Pu" nya beneran bukan Purbaleunyi? ::ninja::

Yuki
30-03-2012, 11:47 AM
apa tuh? kalo kanada gw tau (kanan-kiri ada)
nah itu nyaris serupa

kakija = kanan kiri jalan
tanaman kakija, yg ada di setiap pinggir trotoar