PDA

View Full Version : WOW. Nenek Moyang Penduduk Madagaskar Orang Indonesia



spears
25-03-2012, 10:03 PM
Beberapa perempuan Indonesia menjadi pendiri dari koloni Madagaskar 1.200 tahun yang lalu. Demikian ujar para peneliti pada Rabu lalu, akan salah satu episode aneh dalam sejarah pengembaraan manusia.

Antropolog banyak yang terpesona dengan Madagaskar, karena pulau itu jauh dari sejarah penaklukan manusia di planet ini selama ribuan tahun. Pulau itu kemudian menjadi tempat tinggal bagi penduduk asli Afrika serta orang Indonesia, yang terletak 8.000 kilometer dari Madagaskar.

Sebuah tim yang dipimpin oleh ahli biologi molekuler Murray Cox dari Massey University, Selandia Baru, meneliti DNA penduduk Madagaskar demi mencari petunjuk atas penjelasan teka-teki imigrasi tersebut.

Mereka mencari ciri-ciri yang diturunkan kromosom melalui garis ibu, dengan contoh DNA yang diambil dari 266 orang yang berasal dari tiga kelompok etnis Malagasi.

Dua puluh dua persen dari DNA itu memiliki variasi dari "motif Polinesia," karakteristik gen yang ditemukan di penduduk Polinesia, tapi sangat jarang ada di bagian barat Indonesia. Di salah satu kelompok etnis Malagasi, satu dari dua orang memiliki karakteristik ini.

Jika hasil itu benar, maka sekitar 30 perempuan Indonesia menjadi pendiri dari populasi Malagasi "dengan kontribusi yang lebih kecil, tapi sama pentingnya, dengan yang berasal dari Afrika," ujarnya.

Penelitian itu berfokus kepada DNA mitokondria, yang diturunkan melalui ibu, jadi masih ada kemungkinan ada beberapa pria Indonesia yang tiba bersamaan dengan para wanita pertama itu.

Simulasi komputer menunjukan kalau pemukiman dimulai sekitar 830 AD, saat Indonesia sedang mengembangkan jalur perdagangan di bawah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya di Sumatra.

Penelitian itu juga menunjukan kontribusi lain dari Asia Tenggara. Secara linguistik, penduduk Madagaskar berbicara dengan dialek yang bila ditelurusi berasal dari Indonesia.

Kebanyakan leksikon, daftar istilah sesuai abjad, berasal dari bahasa Maanyan, bahasa yang digunakan di daerah lembah Sungai Barito di tenggara Kalimantan, daerah pedalaman yang terpencil dengan beberapa tambahan dari bahasa Jawa, Melayu atau Sansekerta.

Bukti lain dari kependudukan Indonesia itu datang dari penemuan perahu cadik, peralatan besi, alat musik seperti gambang dan "kebudayaan makanan-makanan tropis" seperti budidaya nasi, pisang, ubi jalar dan talas yang dibawa dari seberang lautan.

"Madagaskar mulai ditempati sekitar 1.200 tahun lalu, terutama oleh sekelompok kecil perempuan Indonesia, dan kontribusi Indonesia, seperti bahasa, budaya dan gen, terus berlanjut mendomniasi Madagaskar sampai saat ini," ujar laporan tersebut.

Bagaimana cara 30 wanita itu menyebrangi Samudra Hindia untuk sampai ke Madagaskar masih menjadi misteri.

Salah satu teori menyebutkan kalau mereka datang dengan kapal pedagang, meski belum ditemukan bukti kalau wanita ikut dalam pelayaran panjang di kapal pedagang Indonesia.

Teori lain menyebutkan kalau Madagaskar dimulai dari koloni pedagang resmi, atau mungkin menjadi pusat pelarian pengungsi yang kehilangan tanah dan kekuatan di masa ekpansi wilayah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya.

Hipotesa ketiga, dan yang paling berani, menyebutkan kalau para wanita tersebut berada di kapal itu karena melakukan pelayaran antar-samudra secara kebetulan. Pemikiran itu didukung oleh simulasi pelayaran menggunakan indikasi arus laut dan pola cuaca musim monsun, ujar tim Cox.

Memang, di Perang Dunia II, bangkai kapal yang dibom di dekat Sumatra dan Jawa terdampar di Madagaskar, bahkan dalam satu kasus ada seorang penumpang selamat dalam sekoci penyelamat.

Penelitian itu dipublikasikan oleh jurnal Inggris, Proceedings of the Royal Society B. (Ant/RIZ)

sumber : http://www.metrotvnews.com/metromain/news/2012/03/25/86155/Nenek-Moyang-Penduduk-Madagaskar-Orang-Indonesia

--------------------------

::ungg::
pertanyaan : where is exactly Madagarkar itu? hehe::maap::

Urzu 7
25-03-2012, 10:20 PM
Madagaskar di afrika cuma ga tau sebelah mana;D

Pantes orang indon item2 saling kawin silang dgn albino:ninja:

E = mc²
25-03-2012, 10:22 PM
madagaskar, kalo di ppeta, dari sumatera terus aja ke barat nyebrang samudera hindia. menuju afrika. ada pulau gede di pinggir afrika. itulah madagaskar (lihat gambar di bawah, di sebelah timur afrika ke bawahan dikit, ada pulau yg misah dr afrika, itulah madagaskar)

ada bukunya kalau mau baca,



The Phantom Voyagers: Evidence of Indonesian Settlement in Africa in Ancient Times by Robert Di*ck-Read
http://armanyulianta.files.wordpress.com/2011/05/phantom-voyagers.jpg
Teori yang menarik. Menjelaskan bahwa Pelaut Nusantara sudah "menemukan Afrika" sejak lama dan menancapkan pengaruh budaya yang begitu kuat, hasilnya bisa dilihat dari salah satu hasil budaya Afrika paling populer, The Great Wall of Zimbabwe... Bahkan si penulis menjelaskan bahwa Pulau Sumatera terkenal sbg Tanah Emas (nama kuno sumatera, swarnabhumi = tanah emas) karena Emas yg didatangkan dari Zimbabwe... dan teknologi perahu Jung yg dibanggakan bangsa China dipengaruhi oleh teknologi perahu Nusantara, bukan sebaliknya sebagaimana yg diterima sejarah saat ini.

heihachiro
25-03-2012, 10:31 PM
spears pasti ga bisa baca peta ::hihi::

Madagaskar itu pulau besar di sebelah timur Afrika bagian selatan

Fere
25-03-2012, 10:38 PM
jadi inget dulu pernah baca artikel di salah satu tabloid olahraga..

Kurniawan DY waktu masih main di FC Luzern (Swiss) pernah tampil membela klub itu pada persiapan
pra musim di mauritius (pulau kecil di sebelah timur madagaskar), nah penduduk di sana pada mengidolai Kurniawan,
alesannya karena bentuk fisik dan mukanya mirip dengan mereka.. ;D

Ray Surya
25-03-2012, 10:38 PM
yg ada pinguinnya kan?

spears
25-03-2012, 11:28 PM
artinya penelitian Arkeolog Inggris tsb di atas 95% bener yah?
wah keren juga itu cewek2 bisa terdampar di Madagaskar
(langsung berimajinasi sekelompok cewe2 ngumpet2 ikut perahu pedagang, trus tiba2 ditengah jalan kejatohan bom...(kan lagi perang dunia ke 2)..trus mereka2 selamat terdampar di Madagaskar...kemudian membentuk peradaban...ah,eksotis sekali)

artinya kalo kita kapan2 ke Madagaskar, trus ketemu penduduk Native...kita2 ngerti dikit2 dong bahasanya. kan campur2 ya bahasa Jawa, Sanskrit ama Melayu...::hohoho::

---------- Post added at 10:28 PM ---------- Previous post was at 10:27 PM ----------


Madagaskar di afrika cuma ga tau sebelah mana;D

Pantes orang indon item2 saling kawin silang dgn albino:ninja:

bukan item. tapi sawo matang and kuning langsat



jadi inget dulu pernah baca artikel di salah satu tabloid olahraga..

Kurniawan DY waktu masih main di FC Luzern (Swiss) pernah tampil membela klub itu pada persiapan
pra musim di mauritius (pulau kecil di sebelah timur madagaskar), nah penduduk di sana pada mengidolai Kurniawan,
alesannya karena bentuk fisik dan mukanya mirip dengan mereka.. ;D

minta dong pic org2 Madagaskar ::ungg::

Fere
25-03-2012, 11:53 PM
minta dong pic org2 Madagaskar ::ungg::
orang2 malagasy (Madagaskar)

http://img132.imageshack.us/img132/5963/14566pg3.jpg
http://img7.imageshack.us/img7/9079/lamadagascar1hu7.jpg

tsu
26-03-2012, 12:03 AM
dan ini raja nya
http://2.bp.blogspot.com/_RkRC29PXdGM/TJStDzrg_gI/AAAAAAAAA1I/207k6ARpwso/s1600/xo7qpr84.gif
*digetok*

;D

spears
26-03-2012, 12:11 AM
iya kayak org Indonesia ya mukanya :D

Fere
26-03-2012, 01:22 AM
artinya kalo kita kapan2 ke Madagaskar, trus ketemu penduduk Native...kita2 ngerti dikit2 dong bahasanya. kan campur2 ya bahasa Jawa, Sanskrit ama Melayu...::hohoho::

Bahasa Malagasy sedikit banyak memiliki kemiripan dengan bahasa Melayu Indonesia dan Bahasa Jawa. Untuk bahasa Melayu,
misalnya saja horita (gurita), tanjona (tanjung), varatra (barat), hihy (gigi), fify (pipi), molotra mulut dan sebagainya.
Sementara untuk bahasa Jawa, misalnya untuk hitungan roa (loro,dua), telo (telu, tiga), fito (pitu, tujuh) dan seterusnya.

~Dapur 7 Samudra~

noodles maniac
26-03-2012, 07:15 AM
My God... Endonesa beneran nenek moyangnya pelaut ya? ::ungg::

Endonesa emang keren, jangan2 beneran endonesa tuh dulunya atlantis *ngawur bin ngelantur ;D

Ray Surya
26-03-2012, 05:13 PM
gw curiga, fere pelarian dari madagaskar.

Fere
26-03-2012, 06:18 PM
^

gw curiga elu pelarian dari malaysia.. ::bwekk::

kandalf
26-03-2012, 06:41 PM
Gue pelarian dari amrik
(siapa nanya::ngakak2::)

Parameswara Li
26-03-2012, 08:46 PM
Lha ? Itu bukannya udah jadi pengetahuan umum dari sejak dulu kala ?

dewa_angin
26-03-2012, 08:50 PM
kandalf di deportasi dari ngayogyakarto hadiningrat karena menderita narcoleps :D

eh, koq yang terdampar di madagaskar berjenis kelamin perempuan? Perang dunia? Terdamparnya tahun berapa sih?

Parameswara Li
26-03-2012, 09:51 PM
eh, koq yang terdampar di madagaskar berjenis kelamin perempuan? Perang dunia? Terdamparnya tahun berapa sih?

Itu karena penelitian Murray Cox itu fokus pada perempuan. Penelitian tentang Y-Chromosome yang diturunkan dari laki-laki ke anak laki-lakinya menghasilkan data bahwa sekitar 17% dari orang Malagasy (penduduk Madagaskar) mempunyai Kromosom Y yang termasuk Haplogroup 01. Haplogroup 01 ini adalah haplogroup asli penutur bahasa-bahasa Austronesia. Bahkan Indonesia (bagian barat) sekalipun hanya mempunyai sekitar 20% Kromosom Y Haplogroup 01. (Jawa 23%, Nusa Tenggara 23%, Bali 18%).

Jadi penutur Bahasa Austronesia yang bermigrasi ke Madagaskar terdiri dari perempuan dan laki-laki.

bradon heat
27-03-2012, 08:38 AM
jadi ini kayak kasus di daerah sudamericana ??? :tanya:

spears
27-03-2012, 10:08 AM
jadi ini kayak kasus di daerah sudamericana ??? :tanya:

apaan tuh Bradon? :tanya:

noodles maniac
27-03-2012, 09:04 PM
iya apaan sih sudamericana? :tanya:

Parameswara Li
27-03-2012, 09:09 PM
iya apaan sih sudamericana? :tanya:

Sudamerica itu istilah dalam Bahasa Spanyol yang berarti Amerika Selatan (South America). Sudamericana sendiri mengacu pada segala hal yang berhubungan dengan Amerika Selatan.

ndableg
28-03-2012, 02:01 AM
banyak juga orang indonesia (jawa) di afrika selatan Cape Malay (http://en.wikipedia.org/wiki/Cape_Malay)

bradon heat
28-03-2012, 08:22 PM
banyak juga orang indonesia (jawa) di afrika selatan Cape Malay (http://en.wikipedia.org/wiki/Cape_Malay)

bukannya itu hanya pemukiman saja ?? ::ungg::::ungg::

@rumus dan spears : maaf ralat maksud saya di suriname bukan sudamericana , maaf ketuker karena sama2 tentang amerika selatan ::maap::::maap::

ndableg
29-03-2012, 03:15 AM
sama spt suriname