PDA

View Full Version : Atheism akan menggantikan agama ?



AsLan
23-03-2012, 02:43 PM
Di abad2 terakhir kita melihat pertumbuhan jumlah populasi Atheism yg begitu besar di negara2 maju.

Jumlahnya kira2 mencapai 64% di Swedia, 48% di Denmark, 44% di Prancis, 42% di Jerman.
(setelah saya membanding2kan beberapa laporan, ternyata angkanya tidak setinggi itu, mungkin itu angka non-religious, bukan angka Atheism militan).

Angka penganut Atheism di negara2 berkembang atau terbelakang sangat kecil, dibawah 1%, dinegara2 tersebut hampir emua orang percaya agama atau keberadaan Tuhan.

Seorang psikolog bernama Nigel Barber membuat sebuah teori yg menyatakan bahwa Agama hanya dibutuhkan oleh manusia untuk menghibur diri atau lari dari kenyataan hidup yang kejam.
Maka di negara2 maju yg berpendidikan tinggi dan memiliki jaring pengaman sosial yg baik, agama sudah tidak diperlukan. Itu sebabnya negara2 maju cenderung memiliki angka Atheism yg tinggi.

Setujukah anda bahwa Kemakmuran akan melibas agama dan menggantikannya dengan Atheism ?

beastmen85
23-03-2012, 04:19 PM
ga setuju.
10chr

TheCursed
23-03-2012, 05:00 PM
Di abad2 terakhir kita melihat pertumbuhan jumlah populasi Atheism yg begitu besar di negara2 maju.

Jumlahnya kira2 mencapai 64% di Swedia, 48% di Denmark, 44% di Prancis, 42% di Jerman.
(setelah saya membanding2kan beberapa laporan, ternyata angkanya tidak setinggi itu, mungkin itu angka non-religious, bukan angka Atheism militan).

Angka penganut Atheism di negara2 berkembang atau terbelakang sangat kecil, dibawah 1%, dinegara2 tersebut hampir emua orang percaya agama atau keberadaan Tuhan.

Seorang psikolog bernama Nigel Barber membuat sebuah teori yg menyatakan bahwa Agama hanya dibutuhkan oleh manusia untuk menghibur diri atau lari dari kenyataan hidup yang kejam.
Maka di negara2 maju yg berpendidikan tinggi dan memiliki jaring pengaman sosial yg baik, agama sudah tidak diperlukan. Itu sebabnya negara2 maju cenderung memiliki angka Atheism yg tinggi.

Setujukah anda bahwa Kemakmuran akan melibas agama dan menggantikannya dengan Atheism ?

Setuju. It's the sign of time, man.
Termasuk dalam pertanda kiamat sudah dekat kok.

terlepas dari pendapat apakah situasi itu artinya benar/salah, baik/buruk.

meliakh
23-03-2012, 05:40 PM
Kemakmuran akan melibas agama dan menggantikannya dengan Atheism ?

no.. atheism bukan pengganti agama, not in that sense
ga bakal ada 'nabi' atheis, dogma atheis, tempat ibadah atheis... dsb

AsLan
23-03-2012, 06:59 PM
Okelah bukan pengganti agama, tapi maksud saya apakah jumlah Atheist akan terus tumbuh besar dan penganut agama akan menjadi sangat sedikit ? terutama di negara makmur...

meliakh
23-03-2012, 07:24 PM
imho ga bakal terjadi dalam waktu dekat, ga dalam generasi kita pastinya
kalo liat di sini (http://en.wikipedia.org/wiki/Claims_to_be_the_fastest-growing_religion#Islam), penganut islam makin banyak
dan susah juga ngukur atheis, secara banyak yang ga ngaku atheis, dan apa agnostik juga bakal diitung atheis

AsLan
23-03-2012, 07:46 PM
Tapi setujukah kalian bila Atheism dihubungkan dengan kemakmuran dan tingkat pendidikan yg tinggi ?

Hipotesa nya kan "di negara makmur, agama tak dibutuhkan untuk membius manusia dan memberi kekuatan dalam menghadapi kesulitan2"

Teori ini bisa muncul karena menurut survei, negara2 makmur memiliki tingkat atheism yg sangat tinggi, sebaliknya negara2 miskin hampir tak memiliki penduduk yg atheis.

Yuki
23-03-2012, 08:23 PM
simple aslan,

yg menjadi ateis adalah mereka yg tidak memikirkan kematian, apa yg terjadi setelah kematian

berbeda dengan para pemeluk agama

meliakh
23-03-2012, 08:23 PM
imo gak juga sih. buktinya brunei negara makmur dan tingkat literasi juga tinggi, penduduknya ga ada yang atheis..

BundaNa
23-03-2012, 09:28 PM
kyknya bkn tingkat kemakmuran, tapi dasar negara2 itu deh, slan. brunei makmur tp monarki absolut, ga brani atheis deh

E = mc²
23-03-2012, 09:34 PM
imo gak juga sih. buktinya brunei negara makmur dan tingkat literasi juga tinggi, penduduknya ga ada yang atheis..

saya pikir di brunei pasti ada penduduk yg atheis. cuman jumlahnya gak banyak--apalagi yg "go public. begitupun di arab, iran, dll... ::ungg::

tsu
23-03-2012, 10:24 PM
Teori ini bisa muncul karena menurut survei, negara2 makmur memiliki tingkat atheism yg sangat tinggi, sebaliknya negara2 miskin hampir tak memiliki penduduk yg atheis.

Vietnam dulu negara miskin, dan separuh penduduknya komunis = tak bertuhan = atheis

sebaliknya Swiss, negara paling stabil, paling aman dan paling makmur di EU, malah cuman 5% yang irreligious

Christianity is the predominant religion of Switzerland (91% of total resident population). 5% of the total population are irreligious. The largest minority religion is Islam (4%, figures as of 2000).

http://en.wikipedia.org/wiki/Religion_in_Switzerland

E = mc²
23-03-2012, 10:26 PM
eh? sejak kapan komunis = atheis?

ndableg
23-03-2012, 10:29 PM
Bukan masalah makmur tidak makmur. Mungkin aslan melihat eropa dan amerika. Jelas di sana bertambah kalo pasangan atheis memiliki anak, ya ikut atheis. Belum lagi kebebasan berbicara dan berpikir. Tapi kalo diperhatikan sebenernya yg berkurang itu penganut kristen, di mana di eropa amerika sebagian besar penduduk beragama kristen. Di mana yg namanya keluarga tradisional di eropa dan amerika adalah keluarga kristen.

---------- Post added at 09:29 PM ---------- Previous post was at 09:28 PM ----------


simple aslan,

yg menjadi ateis adalah mereka yg tidak memikirkan kematian, apa yg terjadi setelah kematian

berbeda dengan para pemeluk agama

Ah ga juga.. buktinya banyak korupsi di negara2 beragama. Berarti mereka juga ga memikirkan. Sama2 ga memikirkan.

tsu
23-03-2012, 10:34 PM
eh? sejak kapan komunis = atheis?

eh.... wait

*googling*

kayanya saya hanya memahami beberapa lapis saja dari komunisme, maafkan saya
::maap::

meliakh
23-03-2012, 10:35 PM
wajar koq.. bahwa komunis = atheis = gak bermoral itu propaganda orba buat basmi PKI

E = mc²
23-03-2012, 10:37 PM
contohnya ambil aja China. China negara komunis. tapi apakah semua penduduk China atheis? banyak orang sih rancu dg istilah sosialis, komunis, atheis, sering dicampur ketiganya, padahal beda banget, terutama antara dua pertma dg yg terakhir... ::ungg::

tsu
23-03-2012, 10:38 PM
@meli, yoi, saya tadi langsung nulis aja soalnya, nggak make riset dulu ;D

ternyata setelah baca panjang lebar di forum tetangga... yeah, komunis ada macam2, dan kayanya yang ke PKI adalah Marxisme

ndableg
23-03-2012, 11:14 PM
Tidak salah kalo ada yg mengira komunis adalah atheis, karena memang kumpul beragama dilarang di negara komunis. Agama bukan dasarnya negara. Mungkin orang2nya beragama, tapi pemerintahannya tidak dilandasi agama. Ga spt indonesia, iran ataupun inggris dan amerika.

---------- Post added at 10:14 PM ---------- Previous post was at 09:59 PM ----------

Sebenernya keadaan di negara komunis kira2 sama dgn waktu jaman orba di indo..

BundaNa
23-03-2012, 11:29 PM
teorinya aslan bisa terpatahkan ya?

beastmen85
24-03-2012, 12:00 AM
makmur juga perlu berbagai aspek, makmur secara spiritual tidak harus dgn jd atheis, suka2 orangnya lah

meliakh
24-03-2012, 12:07 AM
makmur secara spiritual? definisinya gimana tuh?

beastmen85
24-03-2012, 12:20 AM
^ masalahnya gw secara spiritual udh makmur, tp susah mau jelasin gmn 'makmur secara spiritual' itu
gw udh bukan atheis, atau theis atau gnostik atau agnostik, gw liar, dan suka2 gw, dan gw ga beragama
seperti itulah, tp cara dapetinnya emg melalui beragama dulu sih

*salah satu alasan saya kenapa skrg ga pernah debat agama lagi, krn udah 'makmur secara spiritual' ::hihi::

meliakh
24-03-2012, 12:26 AM
jadi maksudnya apatis?
dalam artian ga tertarik untuk turun ke jalan (ato forum) untuk nge defend ato promote suatu keyakinan/agama?

E = mc²
24-03-2012, 12:32 AM
makmur secara spiritual versi bismen: tapabrata di kuburan tua :ninja:

purba
24-03-2012, 12:35 AM
Setuju. :))

Mungkin Islam yg agak berat, karena sejak kecil sudah dicekoki siska eh siksa neraka. Kalau Kristen mau sukses juga, jangan hanya selamat lewat Yesus, tetapi kreatif sedikit seperti Islam, sejak kecil dicekoki juga dgn dongeng-dongeng siksaan neraka.

beastmen85
24-03-2012, 12:45 AM
makmur secara spiritual versi bismen: tapabrata di kuburan tua :ninja:

ah lw mana tau mind ::bwekk::

tp toh intinya kan gw bilang "suka2" ::hihi::

yah dianggap apapun terserahlah ::ngakak2::

AsLan
24-03-2012, 11:49 AM
Mungkin lebih tepat: kemakmuran (duniawi) + kebebasan = Atheism

Seringkali agama dikaitkan dengan tanggung jawab yg mengikat, orang dilarang ini itu sehingga merasa tidak bebas, kalau negara tidak ikut2 menegakkan hukum agama maka orang lebih suka hidup sebagai atheis.

TheCursed
24-03-2012, 11:00 PM
Mungkin lebih tepat: kemakmuran (duniawi) + kebebasan = Atheism

Seringkali agama dikaitkan dengan tanggung jawab yg mengikat, orang dilarang ini itu sehingga merasa tidak bebas, kalau negara tidak ikut2 menegakkan hukum agama maka orang lebih suka hidup sebagai atheis.

Dan masih di tambah lagi, dengan maju-nya sains, jargon - jargon agama sering jadi absolete.
Kayak yang terjadi sama Galileo, Copernicus, dkk.

ndugu
24-03-2012, 11:29 PM
^ masalahnya gw secara spiritual udh makmur, tp susah mau jelasin gmn 'makmur secara spiritual' itu
gw udh bukan atheis, atau theis atau gnostik atau agnostik, gw liar, dan suka2 gw, dan gw ga beragama
seperti itulah, tp cara dapetinnya emg melalui beragama dulu sih

*salah satu alasan saya kenapa skrg ga pernah debat agama lagi, krn udah 'makmur secara spiritual' ::hihi::
istilah baru dari kamus bismen :lololol:
*jempol*

tapi saya merasa PERSIS seperti ini nih :mikir:
saya ga tau dan ga peduli lagi dengan agama ato aliran kepercayaanku sendiri lagi.
bukan atheist bukan agnostik buan theist dll, terserah orang mo label saya apa
i dont even know, and i dont care :cengir:
karena saya merasa contented secara spiritual - kupikir itu maksudnya bismen dengan makmur secara spiritual ya :cengir:
dan karena itu saya juga ga pernah debat agama lagi (padahal dulu getol)
males aja. dan you kinda see the good and bad of each religion
mending saya bikin pandanganku sendiri
and i'm happy with it, and content :cengir: that's all that matters to me

sedgedjenar
25-03-2012, 07:37 AM
Kalo masih self-proclaimed mah blm makmur secara spiritual, makmur secara pengakuan kali?

Huhauhauhauhua..

purba
25-03-2012, 09:30 AM
Ada dua hal diskusi ttg agama, pertama menyangkut klaim benar-salah, kedua menyangkut agama sbg bagian dari dinamika sosial. Hal yg pertama memang membosankan dan tidak bisa dikategorikan sbg diskusi, melainkan debat atau, istilah yg lebih sejuk, dialog. Dan, itu biasanya dilakukan oleh para pemeluk agama yg bersangkutan. Hal yg kedua lebih menarik karena keber-agama-an dipandang sbg fenomena yg terjadi di dalam suatu masyarakat. Misalnya, apa manfaat dan mudarat yg diperoleh dari beragama, bagaimana konsep tuhan muncul dan tenggelam, bagaimana konsep tuhan berevolusi, bagaimana kedudukan agama di masa mendatang, bagaimana korelasi antara kemakmuran atau pendidikan tinggi dengan keyakinan pada ajaran agama, dsb.

:))

AsLan
25-03-2012, 02:37 PM
kalo menurut gw sih kemakmuran dan kebebasan tidak menyebabkan orang jadi atheis tapi membuat orang atheis berani mengakui ke atheisan nya.

ndableg
25-03-2012, 04:25 PM
kemakmuran bisa bikin orang lupa diri.. ga perlu atheis.

purba
26-03-2012, 12:58 AM
kemakmuran bisa bikin orang lupa diri.. ga perlu atheis.

Lupa diri sama saja dgn ateis sesaat.. :))

---------- Post added at 11:58 PM ---------- Previous post was at 11:51 PM ----------


kalo menurut gw sih kemakmuran dan kebebasan tidak menyebabkan orang jadi atheis tapi membuat orang atheis berani mengakui ke atheisan nya.

Tentu saja. Seorang ateis lebih baik diam-diam saja ketika berada di tengah masyarakat yg panik thd ancaman neraka. Jika seorang ateis bekoar-koar, itu bisa dilihat sbg penyebaran ajaran sesat. Orang yg ketakutan neraka tentunya tidak akan mau sesat dan secara refleks dia akan membawa pentungan untuk menghabisi si ateis tsb yg dilihatnya sbg sumber kesesatan yg dapat menyebabkan dirinya terperosok ke dalam neraka.

:))

choodee
26-03-2012, 01:27 AM
Mnurutku selama masih ada masalah di dunia, agama itu pasti masih bisa eksis, dan masalah itu bukan cuman masalah tidak makmur dan pendidikan.

sedgedjenar
26-03-2012, 01:01 PM
Ya tujuannya agama kan membuat oraang menjadi tertib.
Agama itu turun ketika jumlah orang didunia makin banyak dan banyak ketidakaturan, kekacauan.

Kalo saya belum bisa hidup tenang, suka gelisah, masih takut, masih sirik, dengki, dendam de el el. Berarti saya masih butuh agama

beastmen85
26-03-2012, 02:15 PM
Kalo masih self-proclaimed mah blm makmur secara spiritual, makmur secara pengakuan kali?

Huhauhauhauhua..

^ lw kan ga tau rasanya ::hihi::


when the tao is lost. there is goodness
when goodness is lost. there is morality
when morality is lost there is ritual.
ritual is the husk of true faith.
the beginning of chaos [meditasi]

#Tao Te Ching

---------- Post added at 01:14 PM ---------- Previous post was at 01:11 PM ----------


Ya tujuannya agama kan membuat oraang menjadi tertib.
Agama itu turun ketika jumlah orang didunia makin banyak dan banyak ketidakaturan, kekacauan.

Kalo saya belum bisa hidup tenang, suka gelisah, masih takut, masih sirik, dengki, dendam de el el. Berarti saya masih butuh agama

lw takut kan krn agama bilang iri, sirik, dengki itu hak yg salah, krn byk aturan salah benar yo mesti wae gak tenang

---------- Post added at 01:15 PM ---------- Previous post was at 01:14 PM ----------

#gw baru baca THE GOD DELUSION

sedgedjenar
26-03-2012, 04:33 PM
Bentar, mau ngakak dulu
Hauhauhauhuahaua..

Jadi kalo makmur secara spiritual itu ukurannya gak debat agama ya? Tapi kalo kespiritualnya di goyang dari luar masih goncang, apa bedanya deh sama yg debat agama? Kan mereka debat karena keagamaannya di goyang dari luar (yg beda agama)

Hauhauhauhua..

BundaNa
26-03-2012, 05:18 PM
ini kayak membahas...udah disusui si ibu, begitu disapih, kurang ajar sama ibunya::hihi::

beastmen85
26-03-2012, 07:03 PM
Bentar, mau ngakak dulu
Hauhauhauhuahaua..

Jadi kalo makmur secara spiritual itu ukurannya gak debat agama ya? Tapi kalo kespiritualnya di goyang dari luar masih goncang, apa bedanya deh sama yg debat agama? Kan mereka debat karena keagamaannya di goyang dari luar (yg beda agama)

Hauhauhauhua..

seakan2 lw malah sirik ::hihi::
keknya tdk ada yg bilang goyang2 selain lw ::hihi::

well, im done with this thread.
i dont care, and dont giv a damn ::ngakak2::

sedgedjenar
26-03-2012, 08:20 PM
Selamat done dan damn
Ingat ya seperti halnya agama, spiritual juga bisa jadi ego

Hauhaujhaujaua.. Dikirain udah makmur, padahal cuma ganti kulit doang. Isinya masih sama kayak yg suka debat agama

mencari_makna
27-03-2012, 01:25 PM
Kemampuan perpikir tidak cukup mampu memahami dogma agama, tetapi pikiran mampu menjawab semau problem manusia. sehingga Tuhan ditinggalkan. Namun ber Tuhan adalah Naluri manusia. Sehingga jika tidak adalagi naluri bertuhan pada manusia , kita tunggu saja kemusnahan manusia

ndableg
27-03-2012, 03:45 PM
Lupa diri sama saja dgn ateis sesaat.. :))

Atheis kayak kentut dong.. :))
Jadi atheis = orang lupa diri ya..?

purba
27-03-2012, 06:07 PM
Atheis kayak kentut dong.. :))
Jadi atheis = orang lupa diri ya..?

Perhatiin nyang gw tulis donk: lupa diri = ateis sesaat.. mosok jadi ateis = lupa diri? sesaatnya mana? :))

Ateis memang kayak kentut, sangat nikmat buat diri sendiri, tapi bikin mabok pengikut Muhammad... :))

ndableg
27-03-2012, 06:12 PM
Kalo lupa dirinya seumur idup apa atheisnya tetep sesaat?

purba
27-03-2012, 08:55 PM
Kalo lupa dirinya seumur idup apa atheisnya tetep sesaat?

Kalo seumur hidup, bukan lupa diri namanya, tapi sadar diri. Ateis itu sadar diri kalo tuhan gak ada. :))

ndableg
28-03-2012, 02:11 AM
Kalo ga sampe seumur idup tapi lebih lama dari sesaat, apa tuh namanya pur?

purba
28-03-2012, 05:10 AM
Kalo ga sampe seumur idup tapi lebih lama dari sesaat, apa tuh namanya pur?

Ya tetep aja ateis sesaat. Emangnya sesaat berapa lama? :))

hajime_saitoh
28-03-2012, 10:55 AM
Ya tetep aja ateis sesaat. Emangnya sesaat berapa lama? :))

apakah om purba yakin diri anda itu atheist sejati yang yakin bahwa situasi apapun tidak akan membuat om purba merasa Tuhan itu ada????

purba
28-03-2012, 11:17 AM
apakah om purba yakin diri anda itu atheist sejati yang yakin bahwa situasi apapun tidak akan membuat om purba merasa Tuhan itu ada????

Ya yakin donk... :))

Mungkin ente membayangkan suatu saat ane mendapatkan kesulitan, trus tanpa sadar ane mengatakan,"Ya Yesus swt.. tolonglah hamba." Di situ kan keraguan ente thd keateisan ane?

etca
28-03-2012, 11:19 AM
OOT dikit,

purb, ishaputra,
komen di thread ini (http://www.kopimaya.com/forum/showthread.php?4282-atheist-jadi-peserta-uji-nyali) donk.
pingin tahu dari sudut pandang kalian ;D
thx.

minniesca
28-03-2012, 04:09 PM
Ya yakin donk... :))

Mungkin ente membayangkan suatu saat ane mendapatkan kesulitan, trus tanpa sadar ane mengatakan,"Ya Yesus swt.. tolonglah hamba." Di situ kan keraguan ente thd keateisan ane?

iya,,,gimana kalo lo di atas pesawat yang mau meledak ..inget tuhan ga?? ato malah maki2 tuhan::ungg::

hajime_saitoh
28-03-2012, 07:33 PM
Kemampuan perpikir tidak cukup mampu memahami dogma agama, tetapi pikiran mampu menjawab semau problem manusia. sehingga Tuhan ditinggalkan. Namun ber Tuhan adalah Naluri manusia. Sehingga jika tidak adalagi naluri bertuhan pada manusia , kita tunggu saja kemusnahan manusia

so the point is, saat manusia semuanya menjadi atheist kiamat akan terjadi??::ungg::

---------- Post added at 06:33 PM ---------- Previous post was at 06:28 PM ----------


Ya yakin donk... :))

Mungkin ente membayangkan suatu saat ane mendapatkan kesulitan, trus tanpa sadar ane mengatakan,"Ya Yesus swt.. tolonglah hamba." Di situ kan keraguan ente thd keateisan ane?

WOW (bukan world of warcraft) tapi Bukan maen... om purba can read some of my thougt.......... mantaps dah.... namun saya tidak hanya berpikir hanya pada saat om purba dapet kesulitan namun lebih ke pada saat om purba menjelang ajal.....

beastmen85
28-03-2012, 11:19 PM
^ mgkn bkn mikir surga neraka tp mikir berubah ujud. spt es > air > udara

purba
29-03-2012, 12:33 AM
so the point is, saat manusia semuanya menjadi atheist kiamat akan terjadi??

Kok bisa begitu?



WOW (bukan world of warcraft) tapi Bukan maen... om purba can read some of my thougt.......... mantaps dah.... namun saya tidak hanya berpikir hanya pada saat om purba dapet kesulitan namun lebih ke pada saat om purba menjelang ajal.....

Ane jadi balik bertanya, mengapa ente berkeyakinan bahwa setiap manusia akan menyadari keberadaan tuhan ketika menjelang ajal? Jawab ya... :))

Kemudian, apakah ente tidak mengenal kematian tiba-tiba? Pada kasus ini, apakah seseorang sempat menyadari keberadaan tuhan?

Semua bukti ttg tuhan selalu dikatakan setelah mati. Lha lucu kan?

Ente sebagai muslim, mengapa percaya adanya Allah swt? Karena ketakutan kan? Kalo ente gak setuju, coba apa bantahannya?

ndableg
29-03-2012, 03:26 AM
jawabannya apa tuh pur.. kok dah nanya balik duluan.

sedgedjenar
29-03-2012, 05:01 AM
Lagian mau mati inget Tuhan? Yg di inget apanya? Lha wong liat, ketemu aja belum. Inget namanya? Gimana bisa inget kalo yg ada dikepala itu anak, harta, sama cerita pak ustadz di mushola kalo mati ada malaikat, ternyata gak ada malaikatnya. Wah, makin bingung deh tuh

Gak percaya?
Ntar kalo mau mati buktiin aje ye

purba
29-03-2012, 10:44 AM
jawabannya apa tuh pur.. kok dah nanya balik duluan.

Melihat tuhan ketika menjelang ajal? Kayak apa tuhan? Kayak wajah Yesus? Atau kayak laki-laki bersorban berjenggot panjang seperti Osama bin Ladin? Atau kayak apa?

Misalnya ketika si purba mendekati ajal, tiba-tiba muncul sosok chef Farah yg dadanya montok, apakah itu tuhan? Nanti kalo gw bilang tuhan kayak chef Farah, lu gak percaya lagi... :))

BundaNa
29-03-2012, 11:11 AM
orang mau mati itu udah sibuk sama sakit ketika nyawanya ditarik dari badannya. abis nyawanya keluar br ngeh dia salah

minniesca
29-03-2012, 05:00 PM
@ om pur..
gue penasaran...lo sebagai atheis apa yang lu anggap sebagai tuhan?
masa ga ada yang lo agung2 kan dalam idup lo?
apa itu materi?
materi yang lo kejer bikin lo puas ga?
::maap::

AsLan
29-03-2012, 05:25 PM
@ om pur..
gue penasaran...lo sebagai atheis apa yang lu anggap sebagai tuhan?
masa ga ada yang lo agung2 kan dalam idup lo?
apa itu materi?
materi yang lo kejer bikin lo puas ga?
::maap::


Semua orang pada dasarnya merasakan keberadaan Tuhan karena jiwa manusia punya sifat Agama, Hukum dan Moral
termasuk Purba dkk pasti sering memikirkan keberadaan Tuhan, tapi tentu saja tidak mau mengakuinya.

Back to topic, hipotesa awal dari topik ini adalah: keamanan dan kenyamanan duniawi membuat orang merasa bisa melupakan keberadaan Tuhan.

Ibarat seorang karyawan yg dipercaya memegang sebuah bisnis, kalau bisnis banyak masalah dia akan sering nelpon bossnya untuk konsultasi dan minta bantuan,
tapi kalau bisnis lancar dia cenderung melupakan bossnya dan menikmati hasil bisnis tersebut untuk dirinya sendiri.

purba
29-03-2012, 10:17 PM
Semua orang pada dasarnya merasakan keberadaan Tuhan karena jiwa manusia punya sifat Agama, Hukum dan Moral
termasuk Purba dkk pasti sering memikirkan keberadaan Tuhan, tapi tentu saja tidak mau mengakuinya.

Ini bukan fakta, tapi klaim dari seorang teis. Jadi..biarkan saja... :))



Back to topic, hipotesa awal dari topik ini adalah: keamanan dan kenyamanan duniawi membuat orang merasa bisa melupakan keberadaan Tuhan.

Ibarat seorang karyawan yg dipercaya memegang sebuah bisnis, kalau bisnis banyak masalah dia akan sering nelpon bossnya untuk konsultasi dan minta bantuan,
tapi kalau bisnis lancar dia cenderung melupakan bossnya dan menikmati hasil bisnis tersebut untuk dirinya sendiri.

Dari sudut pandang teis, kenyamanan duniawi (memang ada yg bukan duniawi?) membuat orang lupa pada tuhan. Tapi dari sudut pandang ateis, kenyamanan duniawi membuat orang ingat, sadar, dan tercerahkan bahwa tuhan tidak ada. Justru ketika orang susah, mereka butuh pelarian dari kesusahan tsb, yaitu dengan mengimajinasikan tuhan sebagai penolong dalam kesusahannya.

:))

---------- Post added at 09:17 PM ---------- Previous post was at 09:05 PM ----------


@ om pur..
gue penasaran...lo sebagai atheis apa yang lu anggap sebagai tuhan?
masa ga ada yang lo agung2 kan dalam idup lo?
apa itu materi?
materi yang lo kejer bikin lo puas ga?
::maap::

Yg dikejar bukan materi tetapi kepuasan, kenikmatan, kesenangan, ketentraman, kesehatan, kenyamanan, kegembiraan, kesejukan, kehangatan, dan semacamnya deh... Itu yg ane agung-agungkan... :))

Kalo ente ngejar apa? Tuhan? Mengagung-agungkan tuhan? Dapat apa ente dari itu semua? :))

sedgedjenar
29-03-2012, 11:17 PM
Yg disembah om purba itu science, selangkangan, duit dan gelar akademis bergengsi

Hauhauhaua...

meliakh
29-03-2012, 11:44 PM
^ lah, koq jadi maen personal attack.. :iamdead:
keabisan amunisi kalo debat secara logis dan sehat ya?

ndableg
30-03-2012, 01:40 AM
Justru ketika orang susah, mereka butuh pelarian dari kesusahan tsb, yaitu dengan mengimajinasikan tuhan sebagai penolong dalam kesusahannya.

Kalo ente susah pelariannye ape? Mengimajinasikan lady gaga?

hajime_saitoh
30-03-2012, 09:33 AM
Yg dikejar bukan materi tetapi kepuasan, kenikmatan, kesenangan, ketentraman, kesehatan, kenyamanan, kegembiraan, kesejukan, kehangatan, dan semacamnya deh... Itu yg ane agung-agungkan...

Kalo ente ngejar apa? Tuhan? Mengagung-agungkan tuhan? Dapat apa ente dari itu semua?

kalo ana sih dapet ketenangan, kesabaran, sifat malu, dll..... InsyaAllah.... :ngopi:

purba
30-03-2012, 10:43 PM
Kalo ente susah pelariannye ape? Mengimajinasikan lady gaga?

Susah? Pelariannya apa? Yaaa....gak usah lari. Hadapi aja tuh susahnya... :))

ndableg
31-03-2012, 12:32 AM
Kalo yg diahadapin pelor gimane? belajar debus dong..
Kalo cuman susah gara2 bokek, hadapi deh..

purba
31-03-2012, 05:52 AM
Kalo yg diahadapin pelor gimane? belajar debus dong..

Hadapi pelor? Kalo bisa ngeles, ya ngeles, lewat dah tuh pelor. Kalo udah ngeles, masih kena juga, mati dah... Beres kan? :))


Kalo cuman susah gara2 bokek, hadapi deh..

Bokek? Trus pengen makan? Jadi kuli panggul bisa, supaya dapet duit buat makan... Beres kan? :))

Jadi kalo lagi kesusahan, ya hadapi kesusahan tsb, bukan berkhayal ditolong tuhan... :))

ndableg
31-03-2012, 02:41 PM
Jadi ente ngayalin sapa neh pur? ::cabul::
Diem2 tukang ngayal..

BundaNa
31-03-2012, 03:06 PM
Tuhan nyuruhnya berusaha dan berdoa, biar usahanya berkah. usaha aja pas gagal nti gantung diri? ::ngakak2::

minniesca
31-03-2012, 06:37 PM
Hadapi pelor? Kalo bisa ngeles, ya ngeles, lewat dah tuh pelor. Kalo udah ngeles, masih kena juga, mati dah... Beres kan? :))



Bokek? Trus pengen makan? Jadi kuli panggul bisa, supaya dapet duit buat makan... Beres kan? :))

Jadi kalo lagi kesusahan, ya hadapi kesusahan tsb, bukan berkhayal ditolong tuhan... :))

yang gue bold..gue setuju ama elo..ya di hadapi dan berusaha...tapi ada faktor X yang ga bakalan di duga..dan itu gue percayai ada tangan tuhan...(bukan berarti kalo gagal itu nyebut na..ah udah takdir gue:D )

menurut gue..manusia idup itu ada roh nya..dan gue percaya yang ngasi roh itu ke badan gue ya ...Dia Yang Memiliki gue lah.. aka Tuhan
jd Dia lah yang gue sembah...dalam hidup gue mengagungkan Dia...kalo ada kejelekan dan kebaikan dalam idup gw ya itu konsekuensi yang gue jalanin dari apa yang udah gue usahain dan gue jalanin dalam bersosialisasi...:)

purba
01-04-2012, 08:04 AM
Tuhan nyuruhnya berusaha dan berdoa, biar usahanya berkah.

Mosok berusaha aja musti disuruh tuhan? Pantes saja negeri muslim banyak yg terbelakang... :))


usaha aja pas gagal nti gantung diri? ::ngakak2::

Wah itu lebih terhormat dari pada mengklaim belum diijinkan tuhan. Makanya di negeri ateis (Jepang misalnya) ketika seorang pejabat merasa gagal mengemban tugas, mereka mengundurkan diri, bahkan bisa bunuh diri.

---------- Post added at 07:04 AM ---------- Previous post was at 06:56 AM ----------


yang gue bold..gue setuju ama elo..ya di hadapi dan berusaha...tapi ada faktor X yang ga bakalan di duga..dan itu gue percayai ada tangan tuhan...(bukan berarti kalo gagal itu nyebut na..ah udah takdir gue:D )

Di situ bedanya. Teis mengklaim faktor X tadi sebagai kerjaan tuhan. Ketika teis gagal melakukan sesuatu, mereka akan mengatakan karena tuhan tidak mengizinkan. Atitude yg ditunjukkan adalah teis tidak merasa salah terhadap apa yg dilakukannya, kegagalan hanyalah pekerjaan tuhan.

:))

sedgedjenar
01-04-2012, 10:16 AM
Buat sedulur yg beda pendapat dengan purba, anggap aja semua itu sebagai bahan instropeksi. Kita sudah beragama tapi apakah sudah bertuhan dengan benar?

Sekali lagi, tuhan itu gak perlu dibela. Kalau anda sudah merasa beragama dan bertuhan pasti uraian dan argumen purba ini akan terasa seperti angin lalu. Gak kerasa seperti angin badai yg merusak atau angin kentut yang mengganggu.

Siapa yg bertuhannya udah benar? Yg menyembah maha kaya, dan dia juga kaya. Yg menyembah maha mengabulkan, doanya sering terkabulkan. Yang menyembah dan paham tuhan, hidupnya bebas dari rasa takut dan khawatir sehingga udah gak merengek2 ke tuhan.

Yang merasa tersentil dengan argumen purba mungkin merasa ada hal2 yg benar adanya dan egonya jadi kesenggol sehingga merasa perlu bereaksi balik. Kalo yang santai2 aja cengar cengir bisa jadi sudah mengenal tuhannya, kayak saya.

Ah, maap.. Jangan dianggap ya
Cuman becanda koq

Huahauhauhaua...

BundaNa
01-04-2012, 10:38 AM
kalo udah lakum dinukum waliyadiin sih, ga perlu ada fordis om sedgejenar ::hihi::
ya itung2 purba sbg p'uji keimanan ;D

sedgedjenar
01-04-2012, 11:07 AM
Liat kenyataannya aja bun, sesama internal agama juga saling ribut kan? Kristen aja ada macem2, islam juga ada macem2, buddha juga ada macem2 aliran. Terus dimana lakum lakumannya?

Lain halnya kalo mengkaji tuhan, apabila berangkat dari pemahaman tuhannya setan, iblis, manusia, batu, kucing adalah semuanya satu atau sama. Maka akan bisa di diskusikan dimana benang merahnya antar agama, knapa dulu jadi ada agama? Terus sekarang apa manfaat ada agama setelah sekian ratus tahun turun?

Tapi ya itu butuh latian mental, paling nggak dari orang2 macam purba ini supaya mereka yg beragama berani sejenak keluar dari dogmanya supaya jadi gelas kosong yg siap di isi.

Wah, jangan di cap liberal ya plis
Hhihihiji...

BundaNa
01-04-2012, 09:44 PM
saya sebenernya pengen nanya (eh bikin thread sendiri kali ya), bagi Purba Tuhan itu pernah ada trus mati, atau emang ga ada dari awal adanya dunia ini, atau ada tapi ga boleh ikut campur sama urusan manusia? soalnya gw denger2 ada aliran atheis yang menganggap Tuhan tugasnya cukup menciptakan, selebihnya urusan manusia. Bener ga sih?

SendalJepit_
02-04-2012, 05:56 AM
Hampir semua kehidupan ini pengikut Tuhan selalu gagal untuk tahu dengan baik, karena Tuhan itu hanya nama dan dasarnya hanya modal tulisan yang dibukukan saja, hingga selalu gagal untuk tahu tentang hidup yang terbaik.Manusia yang percaya pada Tuhan tentu hanya percaya buta dan lupa akan diri sendiri hingga arahnya tidak jelas kemana mana

purba
02-04-2012, 06:40 AM
saya sebenernya pengen nanya (eh bikin thread sendiri kali ya), bagi Purba Tuhan itu pernah ada trus mati, atau emang ga ada dari awal adanya dunia ini,

Mosok tuhan ada, trus mati? Itu hanya sindiran saja yg ditujukan pada kaum teis. Bagi ateis, tuhan tidak ada.


atau ada tapi ga boleh ikut campur sama urusan manusia? soalnya gw denger2 ada aliran atheis yang menganggap Tuhan tugasnya cukup menciptakan, selebihnya urusan manusia. Bener ga sih?

Ini deisme. Coba googling. Deisme kurang-lebih mengajarkan bahwa tuhan ada tapi tidak campur tangan lagi dgn aktivitas dunia. Analoginya seperti tukang pembuat arloji. Setelah arloji dibuat, dia jalan sendiri. Sementara tukang arloji-nya istirahat minum kopi sambil makan roti sumbu.

:))

BundaNa
02-04-2012, 07:02 AM
@sandaljepit: apa ga kebalik tuh? ;))

ini sih kayak pemutar balik logika aja -_- mati jadi apa? jiwa kemana? ngapain?

---------- Post added at 06:02 AM ---------- Previous post was at 05:59 AM ----------

@purba: nah lu bs nganalogiin deisme gt. kalo jam aja aja yg bikin, yang bikin lu siape? monyet? ;))

hajime_saitoh
02-04-2012, 09:31 AM
Originally Posted by purba
Wah itu lebih terhormat dari pada mengklaim belum diijinkan tuhan. Makanya di negeri ateis (Jepang misalnya) ketika seorang pejabat merasa gagal mengemban tugas, mereka mengundurkan diri, bahkan bisa bunuh diri.


yap dan teori inilah yang dilanggar oleh Kogoro Katsura, ketika klan chosu mengalami banyak kekalahan dia bukannya melakukan seppuku namun dia melarikan diri dan terus melakukan perlawanan secara gerilya... dan apa akhirnya, restorasi meiji pun terjadi, karena persatuan chosu dan satsuma.....

purba
02-04-2012, 06:45 PM
@purba: nah lu bs nganalogiin deisme gt. kalo jam aja aja yg bikin, yang bikin lu siape? monyet? ;))

Lha kok gitu? Katanya mau tau ajaran ttg tuhan yg istirahat setelah bikin dunia? Dlm literatur, itu namanya deisme. Kalo mau tau lebih jauh lagi ttg isme-isme yg ada di masyarakat, ya googling aja.. aneh si mbakyu ini... :))

Kalo bagi ateis, tuhan tidak ada. Deisme tidak masuk kategori ateis, lha masih percaya tuhan, cuma tuhannya jadi pengangguran sekarang.

---------- Post added at 05:45 PM ---------- Previous post was at 05:31 PM ----------


yap dan teori inilah yang dilanggar oleh Kogoro Katsura, ketika klan chosu mengalami banyak kekalahan dia bukannya melakukan seppuku namun dia melarikan diri dan terus melakukan perlawanan secara gerilya... dan apa akhirnya, restorasi meiji pun terjadi, karena persatuan chosu dan satsuma.....

Dlm kultur Jepang, ada yg namanya RONIN. Ketika mereka kalah perang, mereka mundur utk berlatih lebih giat lagi, kemudian maju perang lagi. Artinya, mereka menyadari bahwa kekalahan mereka dlm perang karena salah strategi atau kurang berlatih, bukan karena tuhan tidak mengijinkan.

Kalo muslim ketika perang melawan Yahudi dan kalah, mereka menyalahkan tuhan dgn mengatakan tuhan belum mengijinkan. Kemudian besok maju perang lagi dan kalah lagi, mereka pun mengatakan Yahudi sedang disiksa tuhan dgn cara diberi kemenangan. Lusa maju perang lagi, kalah lagi, muslim berkata kita disayang tuhan karena diuji terus dengan kekalahan....

:))

hajime_saitoh
03-04-2012, 10:07 AM
^@ om Purba
sayangnya Kogoro Katsura bukanlah seorang ronin.......
Kido was born in Hagi, in Chōshū Domain (present-day Yamaguchi prefecture) as the latest son of Wada Masakage (和田 昌景?), a samurai physician. He was adopted into the Katsura family at age seven, and until 1865 was known as Katsura Kogorō (桂 小五郎?). He was educated at the academy of Yoshida Shōin, from whom he adopted the philosophy of Imperial loyalism.

In 1852, he went to Edo to study swordsmanship, established ties with radical samurai from Mito domain, learned artillery techniques with Egawa Tarōzaemon, and (after observing the construction of foreign ships in Nagasaki and Shimoda), returned to Chōshū to supervise the construction of the domain's first western-style warship. (wikipedia)
bold, see he is not a samurai nor a ronin, dia adalah seorang politikus....

dan seorang muslim InsyaAllah tidak pernah menyalahkan Allah atas dosa yang mereka perbuat, mereka kembalikan semua keburukan ke diri mereka sendiri dan mereka bertaubat atas semua keburukan tersebut..... masalah Yahudi,..... segala sesuatu itu dipergilirkan atas manusia, dan bagi kaum yahudi kemenangan mereka atas kaum muslimin hanyanlah suatu penundaan atas azab yang pedih dan menghinakan, mereka orang kafir membuat suatu tipu daya, namun tipu daya Allah azza wa jalla lebih dahsyat... Allohu 'allam

BundaNa
04-04-2012, 04:38 PM
ya menurut deisme begitu, manurut atheis, yang bikin manusia siapa?

purba
04-04-2012, 09:18 PM
ya menurut deisme begitu, manurut atheis, yang bikin manusia siapa?

Menurut ateis? Gak ada yg bikin manusia. Manusia adalah hasil evolusi alam semesta. :))

doubtit
07-04-2012, 02:20 PM
Di abad2 terakhir kita melihat pertumbuhan jumlah populasi Atheism yg begitu besar di negara2 maju.


Jumlahnya kira2 mencapai 64% di Swedia, 48% di Denmark, 44% di Prancis, 42% di Jerman.
(setelah saya membanding2kan beberapa laporan, ternyata angkanya tidak setinggi itu, mungkin itu angka non-religious, bukan angka Atheism militan).

Angka penganut Atheism di negara2 berkembang atau terbelakang sangat kecil, dibawah 1%, dinegara2 tersebut hampir emua orang percaya agama atau keberadaan Tuhan.

Seorang psikolog bernama Nigel Barber membuat sebuah teori yg menyatakan bahwa Agama hanya dibutuhkan oleh manusia untuk menghibur diri atau lari dari kenyataan hidup yang kejam.
Maka di negara2 maju yg berpendidikan tinggi dan memiliki jaring pengaman sosial yg baik, agama sudah tidak diperlukan. Itu sebabnya negara2 maju cenderung memiliki angka Atheism yg tinggi.

Setujukah anda bahwa Kemakmuran akan melibas agama dan menggantikannya dengan Atheism ?

yg jelas Atheis bukanlah agama. atheis adalah menolak konsep "Tuhan itu ada"
saya bisa dibilang aponarism, karena saya menolak bahwa air kobokan Ponari bisa menyembuhkan penyakit.
saya bisa dibilang azeusism, karena saya menolak dogma bahwa petir diturunkan oleh Zeus.

apakah anda termasuk aponarism dan azeusism seperti saya?

AsLan
07-04-2012, 06:34 PM
yg jelas Atheis bukanlah agama. atheis adalah menolak konsep "Tuhan itu ada"
saya bisa dibilang aponarism, karena saya menolak bahwa air kobokan Ponari bisa menyembuhkan penyakit.
saya bisa dibilang azeusism, karena saya menolak dogma bahwa petir diturunkan oleh Zeus.

apakah anda termasuk aponarism dan azeusism seperti saya?

Maaf kalo saya tidak percaya sesuatu maka saya tidak akan memusingkan hal tersebut... ::hihi::

Dulu sebuah bandara disebuah kota di Uni Soviet menulis besar2 di tembok bandara :
"Kami tidak percaya TUHAN"

Ironisnya, bandara tersebut adalah satu2nya bandara didunia yg menulis kata TUHAN besar2::hihi:: ::hohoho::

doubtit
07-04-2012, 09:00 PM
Err, maksudnya percaya kepada tuhan adalah percaya kepada hal yg abstrak, seperti percaya kepada Zeus atau percaya pengobatan ponari. 'Tidak percaya tuhan' adalah setingkat seperti 'tidak percaya zeus' atau 'tidak percaya pengobatan ponari'
Atheis bukanlah agama.
Atheis adalah hasil dari penolakan hipotesa tuhan

Atheis juga tidak pernah mempersoalkan keatheisan mereka. Hanya para theis yg mempersoalkannya.

Nah, dari sini saya bisa tau kalau anda seorang Theis :)

BundaNa
07-04-2012, 10:17 PM
atheis juga m'persoalkan theisan seseorang. m'hina kepercayaan orang, ngomong konsep theis ngaco, Tuhan=zeus=ponari? -_-

---------- Post added at 09:17 PM ---------- Previous post was at 09:12 PM ----------

atheis ga percaya hal2 abstrak? jgn hirup udara, krn tdk t'lihat, ga takut setan krn abstrak, jgn jatuh cinta kan gajebo

meliakh
07-04-2012, 11:44 PM
bundana yang baik.. abstrak bukan sama dengan gak terlihat lho
beda.. udara punya massa (in case u didn't know)
bedakan juga antara yang ga keliatan dengan yang ga ada tapi dikarang.. dumbledore itu fiktif, tapi keliatan

BundaNa
08-04-2012, 03:35 AM
doubtit blg Tuhan itu abstrak, sm dg zeus n ponari. ponari nyata ato abstrak? zeus abstrak ato fiktif?

---------- Post added at 02:35 AM ---------- Previous post was at 02:31 AM ----------

gw cuma mau ikutin logika doubtit, mel. Tuhan=zeus=ponari? ketiganya dibilang abstrak? dr mana dia sebut abstrak?

doubtit
08-04-2012, 07:44 AM
doubtit blg Tuhan itu abstrak, sm dg zeus n ponari. ponari nyata ato abstrak? zeus abstrak ato fiktif?

---------- Post added at 02:35 AM ---------- Previous post was at 02:31 AM ----------

gw cuma mau ikutin logika doubtit, mel. Tuhan=zeus=ponari? ketiganya dibilang abstrak? dr mana dia sebut abstrak?
bukan Ponarinya yg abstrak, tetapi hasil nyata dari penyembuhannya itulah yg abstrak. apakah hasil nyata dari penyembuhannya memang benar2 ada?


atheis juga m'persoalkan theisan seseorang. m'hina kepercayaan orang, ngomong konsep theis ngaco, Tuhan=zeus=ponari? -_-

---------- Post added at 09:17 PM ---------- Previous post was at 09:12 PM ----------

atheis ga percaya hal2 abstrak? jgn hirup udara, krn tdk t'lihat, ga takut setan krn abstrak, jgn jatuh cinta kan gajebo
tidak terlihat bukannya tidak ada, kita tahu, bahwa udara ada, karena setelah dilakukan berbagai eksperimen, terbuktilah, bahwa setiap kali kita meniup, ada "sesuatu" yg keluar dr mulut kita, yg berasa hangat/dingin, yg bisa mendorong benda2, yg biisa dideteksi dengan indera kita.

jadi, misalnya saya sekarang adalah dokter, pejabat dinas kesehatan, dan saya bilang "pengobatan ponari itu ga bener, pengobatan ponari itu tidak bisa terbukti", maka apakah saya menghina kepercayaan orang lain?

jadi, misalnya saya berkata " tidak ada, sinterklas yg tingal di kutub utara dan membagikan hadiah pada anak2, itu semua adalah dongeng", maka apakah saya menghina kepercayaan orang lain?

kebenaran dan ilmu logika harus disampaikan, tidak ada hubungannya dengan perasaan orang lain. bila kenyataannya zeus, ponari, dumbledor dan sinterklas tidak ada, knapa saya harus bilang bahwa mereka ada?

kalau kenyataannya dunia ini tidak datar, kenapa saya harus bilang bahwa dunia ini datar? apakah saya menghina penganut dunia datar?

kalau kenyataannya tuhan tidak terbukti ada, kenapa saya harus bilang Tuhan itu ada? apakah saya menghina orang2 yg percaya bahwa Tuhan ada?

purba
08-04-2012, 08:02 AM
Maaf kalo saya tidak percaya sesuatu maka saya tidak akan memusingkan hal tersebut... ::hihi::

Ah masa? Tapi kok ente pusing banget dgn teori evolusi? :))

BundaNa
08-04-2012, 08:07 AM
itu yg gw blg keblinger, ponari sm zeus kog disamain sm Tuhan. p'cinpta kog disamain sm yg diciptakan plus tokoh fiktif

---------- Post added at 07:07 AM ---------- Previous post was at 07:04 AM ----------

kalo sekedar blg Tuhan itu tdk ada ya silahkan. tapi ga perlu blg theis itu bodoh, nah itu p'hinaan -_- lu blg gitu

doubtit
08-04-2012, 08:52 AM
darimana anda tau, kalau tuhan bukan tokoh fiktif?



saya tidak pernah bilang, bahwa anak tetangga saya yg percaya sinterklas adalah bodoh. mereka hanya percaya buta atas apa dogma dari orang tua dan lingkungan mereka. mereka hanya tidak rasional.

pengikut Shoko Asahara juga begitu http://en.wikipedia.org/wiki/Shoko_Asahara
percaya bahwa Shoko Asahara adalah utusan kebenaran, sehingga pengikutnya percaya dan mau begitu saja disuruh membunuh masyarakat luar di stasiun bawah tanah tokyo http://en.wikipedia.org/wiki/Sarin_gas_attack_on_the_Tokyo_subway
salah satu orang yg ikut menyebarkan gas maut ini, adalah Ikuo Hayashi, seorang dokter senior di kementrian ilmu pengetahuan. Dia adalah spesialis jantung dan pembuluh darah di salah satu rumah sakit di Tokyo http://en.wikipedia.org/wiki/Ikuo_Hayashi
apakah saya harus bilang bahwa Ikuo Hayashi, dokter senior, spesialis Jantung dan Pembuluh darah ini adalah bodoh? saya hanya bisa bilang, bahwa dia tidak rasional

beginilah kalau pengikut suatu agama percaya buta kepada ajaran agamanya. dari seseorang yg elit dan terpandang, mereka bisa menjadi pembunuh berdarah dingin, hanya dikarenakan tidak rasional sehingga percaya buta kepada dogma yg jahat.



jadi, apakah dalam agama anda ada perintah untuk membunuh orang lain?
hati2lah, mungkin anda akan menjadi Ikuo Hayashi berikutnya..

Inilah yg mendorong Richard Dawkin dan Alisina untuk mempertanyakan hal2 tersebut.
http://www.youtube.com/watch?v=yvJBZqmK6ik&feature=related

AsLan
08-04-2012, 01:40 PM
Ah masa? Tapi kok ente pusing banget dgn teori evolusi? :))

yang gw pusingkan bukan teori evolusinya, itumah udah pasti salah :ngopi:

yang bikin gw pusing itu usaha para penganut kepercayaan itu yg berusaha mempromosikan kesalahan itu pada masyarakat, ini yg musti dilawan.

BundaNa
08-04-2012, 02:26 PM
atheis ngaku rasional, tiap ditanya manusia dan alam seisinya siapa yg bikin, kagak bisajawab. kebanyakan teori -_-

purba
08-04-2012, 05:44 PM
atheis ngaku rasional, tiap ditanya manusia dan alam seisinya siapa yg bikin, kagak bisajawab. kebanyakan teori -_-

Justru ente yg kagak rasional. Mosok menanyakan siapa pencipta alam semesta pada ateis? Coba ente renungin lagi pelan2 pertanyaan tsb, rasional atau kagak? :))

Ateis menolak keberadaan pencipta alam semesta, eh mosok malah ditanya siapa pencipta alam semesta?

Pertanyaan tsb lebih pas ditanyakan pada AsLan atau hajime_saitoh.

BundaNa: Lan, siapa pencipta alam semesta?
AsLan: Allah Bapa di surga bersama anaknya tercinta Yesus Kristus dan Roh Kudus.

BundaNa: hajime, siapa pencipta alam semesta?
hajime_saitoh: Allah swt

BundaNa: purb, siapa pencipta alam semesta?
purba: Kagak ada yg menciptakan alam semesta.
BundaNa: Kok gak dijawab?
purba: ?????????????????????????????????????????????????? ??

:))

meliakh
08-04-2012, 06:04 PM
funniest thread on kopimaya

BundaNa
08-04-2012, 07:57 PM
menolak keberadaan penciptaan alam? ngapain masih ada di alam ini, pur? -_-

udah nolak penciptaan alam, yang nyiptain, masih berani hidup di alam ciptaan-Nya? aneh

doubtit
08-04-2012, 08:20 PM
tetangga sebelah gang saya juga pernah bilang, "pencipta alam semesta ini namanya PAIJO. bila anda menolak keberadaan PAIJO sang pencipta alam semesta, knapa anda masih berani hidup di alam ciptaanNya?"

orang Yunani jaman dahulu juga pernah bilang, "pelindung jagat raya ini adalah ZEUS. bila anda menolak keberadaan ZEUS sang maha kuasa, knapa anda masih berani hidup di bumi ini?"

orang jawa dulu juga bisa bilang, "pulau Jawa ini di bawah naungan NYI RORO KIDUL bila anda menolak keberadaan NYI RORO KIDUL, knapa anda masih berani berada di pulau jawa ini?"


anda lihat kan, setiap orang juga bisa berkata seperti anda.

purba
09-04-2012, 10:08 AM
menolak keberadaan penciptaan alam? ngapain masih ada di alam ini, pur? -_-

udah nolak penciptaan alam, yang nyiptain, masih berani hidup di alam ciptaan-Nya? aneh

Lha??? :))

Bagi ente yg teis, melihat ateis memang seperti itu, orang yg gak tau diri, menolak tuhan tapi masih tinggal di alam ciptaan tuhan. Lha kalo ane yg ateis, apakah akan melihat seperti itu juga? Ya kagak. Jadi, lagi-lagi ente mengajukan pertanyaan yg gak pas buat ateis.

Kalo ente mau mengkritisi ateisme, bisa bertanya begini: Purba, kalo alam semesta gak ada yg ciptain, gimana bisa ada? Atau sudah ada tanpa awal? Atau gimana?

Atau bisa juga: Purba, dlm Islam ada surga/neraka setelah kematian. Kalo ateis gimana, apa yg ada setelah mati? Atau mati berarti hilang begitu saja? Atau gimana?

Nah, itu kurang-lebih contoh-contoh pertanyaan yg relevan buat ateis.. :))

BundaNa
09-04-2012, 11:45 AM
lho, kalau gak ada yang ciptain apa ga aneh lagi? kursi aja ada yang bikin, apalagi sekelas tata surya sama manusia.

eh doubt it, ya mikir pake kepalamu dong, masak dibilang paijo juga nurut, lu tuh analoginya aneh. kaco deh, ngaku rasional tapi muter2 kayak setrikaan argumennya

purba
09-04-2012, 01:05 PM
lho, kalau gak ada yang ciptain apa ga aneh lagi? kursi aja ada yang bikin, apalagi sekelas tata surya sama manusia

Siapa yg bikin kursi? Manusia? Bukan! Manusia gak bisa bikin kayu. Pernah lihat manusia bikin kayu? :))

Karena manusia tidak bisa bikin kayu, maka kursi tidak ada yg bikin.

hajime_saitoh
10-04-2012, 01:55 PM
Originally Posted by BundaNa View Post
menolak keberadaan penciptaan alam? ngapain masih ada di alam ini, pur?

udah nolak penciptaan alam, yang nyiptain, masih berani hidup di alam ciptaan-Nya? aneh

tenang Bundana Allah azza wa jalla itu maha pengasih untuk semua makhluk ciptaanNya.. nah bagi mereka yang mengingkari Allah azza wa jalla dan mereka tetep hidup dan bahkan diberi rizki yang banyak itulah yang namanya istibrooj.. jadi Bundana fokus ajalah kepada Islam... jangan terlalu terpancing dengan logik2 ala atheist... :ngopi:

Einhalt Stratos
10-04-2012, 02:00 PM
Menggantikan agama 100%? Ngga mungkin ;D
Koeksis dengan damai... Ngga mungkin juga ;D

Kayakna mentok kayak gini aja gontok2an, tapi mungkin persentase nya aja yang berubah.
Agama yang Tuhan nya sama aja masi lom bersatu dan terpecah2 sampai sekarang ^^;

doubtit
14-04-2012, 01:10 PM
lho, kalau gak ada yang ciptain apa ga aneh lagi? kursi aja ada yang bikin, apalagi sekelas tata surya sama manusia.

eh doubt it, ya mikir pake kepalamu dong, masak dibilang paijo juga nurut, lu tuh analoginya aneh. kaco deh, ngaku rasional tapi muter2 kayak setrikaan argumennya

benar, kenapa saya juga harus percaya Paijo? tentu saja saya akan meragukannya.
jadi kenapa banyak orang yg manut2 saja dengan orang 14 abad yg lalu? bahkan jika orang tersebut menyuruh pembunuhan kepada orang yg keluar dari agamanya?
http://www.youtube.com/watch?v=udi8ZGzyNFE

kenapa banyak orang manut2 saja untuk membunuh orang lain seperti ini? apa anda tidak akan meragukan orang ini? jangan2 orang abad ke 7 ini sama saja seperti Shoko Asahara. http://en.wikipedia.org/wiki/Shoko_Asahara

---------- Post added at 12:10 PM ---------- Previous post was at 12:03 PM ----------


tenang Bundana Allah azza wa jalla itu maha pengasih untuk semua makhluk ciptaanNya.. nah bagi mereka yang mengingkari Allah azza wa jalla dan mereka tetep hidup dan bahkan diberi rizki yang banyak itulah yang namanya istibrooj.. jadi Bundana fokus ajalah kepada Islam... jangan terlalu terpancing dengan logik2 ala atheist... :ngopi:
Ikuo Hayashi, dokter spesialis jantung, manut2 saja disuruh orang lain, karena dia "percaya buta" dan "beriman"dengan Shoko Asahara
http://en.wikipedia.org/wiki/Ikuo_Hayashi
begitu juga penganut agama ini, manut2 saja disuruh membunuh orang lain, karena dia "percaya buta" dan "beriman"dengan pendirinya
http://www.youtube.com/watch?v=r018ohLUuL4&feature=fvst

apakah anda tetap akan "percaya buta" dan "beriman" kepada orang abad ke 7 ini?

sedgedjenar
19-04-2012, 10:53 AM
dalam proses pendakian agama emang ada proses yang disebut taklid buta
percaya 1000% tanpa harus tanya
kalo di islam di sebut sami'na wa atho'na
kami dengar dan kami patuh

karena sejatinya manusia itu bodoh, terhijab, tercovered, kafir, tertutupi
tertutupi oleh panca indera, tertutupi oleh prasangka
sehingga sulit melihat suatu hal secara apa adanya

hanya saja taklid buta ini kepada siapa ?
yaitu kepada pembimbing spiritual (guru mursyid)
masalahnya adalah untuk menemukan guru sekualitas mursyid ini sangatlah sulit
sulit tapi sangat mungkin

sekarang dalam menjalaninya, kembali ke karma masing2
kembali ke modal pahala, modal parami nya
kalau yang modalnya udah banyak, sebentar juga akan ketemu sama Guru Mursyid
tapi kalo yang modalnya cekak pasti jalannya berliku, syukur2 cuma berliku ke NII panji gumilang
kalo sampe kena kasus teroris terus mati, atau kasus soko asahara ya kudu nunggu reinkarnasi selanjutnya jadi manusia lagi

::ngakak2::

BundaNa
19-04-2012, 11:03 AM
Siapa yg bikin kursi? Manusia? Bukan! Manusia gak bisa bikin kayu. Pernah lihat manusia bikin kayu? :))

Karena manusia tidak bisa bikin kayu, maka kursi tidak ada yg bikin.

nah kayu siapa yang bikin? ga ada lagi? ckckck, lu sih bukan masalah kepada Tuhan, tapi cuma pengen keliatan beda aja pemikirannya

---------- Post added at 10:03 AM ---------- Previous post was at 10:02 AM ----------


benar, kenapa saya juga harus percaya Paijo? tentu saja saya akan meragukannya.
jadi kenapa banyak orang yg manut2 saja dengan orang 14 abad yg lalu? bahkan jika orang tersebut menyuruh pembunuhan kepada orang yg keluar dari agamanya?
http://www.youtube.com/watch?v=udi8ZGzyNFE

kenapa banyak orang manut2 saja untuk membunuh orang lain seperti ini? apa anda tidak akan meragukan orang ini? jangan2 orang abad ke 7 ini sama saja seperti Shoko Asahara. http://en.wikipedia.org/wiki/Shoko_Asahara

---------- Post added at 12:10 PM ---------- Previous post was at 12:03 PM ----------


Ikuo Hayashi, dokter spesialis jantung, manut2 saja disuruh orang lain, karena dia "percaya buta" dan "beriman"dengan Shoko Asahara
http://en.wikipedia.org/wiki/Ikuo_Hayashi
begitu juga penganut agama ini, manut2 saja disuruh membunuh orang lain, karena dia "percaya buta" dan "beriman"dengan pendirinya
http://www.youtube.com/watch?v=r018ohLUuL4&feature=fvst

apakah anda tetap akan "percaya buta" dan "beriman" kepada orang abad ke 7 ini?

paijo lagi, ponari lagi, soko ashara lagi...muter2 di situ. lalu manusia ujug2 jadi? ini masalah mencari cahaya atau egois ya?

meliakh
19-04-2012, 11:14 AM
Menggantikan agama 100%? Ngga mungkin ;D
Koeksis dengan damai... Ngga mungkin juga ;D

why not?
99% temen saya theis.. ga pernah cakar2an, bawa parang ke rumah wa

BundaNa
19-04-2012, 11:18 AM
^
nah kenapa kamu masih berani bilang theis sukanya membunuh?

sedgedjenar
19-04-2012, 11:21 AM
awas
nanti ujung2nya cuma beda kulit doang
agama akan digantikan dengan aturan norma2 sosial yang mengatur kehidupan antar manusia beserta sanksi2 nya
sehingga manusia hidup teratur dan tidak kacau

lhoo... ya itu definisi agama

pokoknya bukan, beda
kalo disebut agama, gue gak mau

::ngakak2::

BundaNa
19-04-2012, 03:09 PM
@om segdedjenar: atheis sepertinya mual2 dan m'dadak gatel2 kalo bilang agama -_-

meliakh
19-04-2012, 03:34 PM
^
nah kenapa kamu masih berani bilang theis sukanya membunuh?

karena di ajarannya ada gitu

BundaNa
19-04-2012, 05:56 PM
ajaran yang mana? kamu sudah mempelajari semua ajaran dengan menyeluruh sampai berani bilang gitu? tidak semua dari internet dan google benar, belajar musti berani kemana2

meliakh
19-04-2012, 06:51 PM
jelas saya ga punya waktu (dan niatan) belajar semua ajaran..
cuma liat di sana, liat di sini, orang yang ga seiman di eksekusi, di marginalkan, masih kurang bukti?

mencari_makna
02-07-2012, 10:56 AM
so the point is, saat manusia semuanya menjadi atheist kiamat akan terjadi??::ungg::

---------- Post added at 06:33 PM ---------- Previous post was at 06:28 PM ----------





"Tuhan menciptakan dengan kalam", ketika tidak ada lagi manusia yang percaya dengan Tuhan tentunya, Ide tentang Tuhan sudah tidak ada lagi di otak / pikiran manusia. nah pada saat itu lah terjadi kerusakan / kegagalah dalam proses penciptaan / tindak cipta

BundaNa
02-07-2012, 07:33 PM
jelas saya ga punya waktu (dan niatan) belajar semua ajaran..
cuma liat di sana, liat di sini, orang yang ga seiman di eksekusi, di marginalkan, masih kurang bukti?

melihat itu bukan memahami, memahami itu termasuk melihat

red_pr!nce
08-09-2012, 02:19 AM
Kebanyakan orang jadi atheis karena gak percaya mengenai konsep Tuhan yang dipersonifikasikan seperti dalam gambaran agama-agama Samawi.

Tapi anehnya banyak atheis yang percaya mengenai konsep Tuhan yang tidak dipersonifikasikan, alias tidak dianggap memiliki citra seperti manusia.
Banyak dari mereka yang percaya mengenai konsep "Alam Semesta", "Mother Earth", "Zat Universal", dan sebagainya yang tidak seperti manusia.

Penganut Buddhist pun termasuk atheis karena mereka tidak percaya mengenai konsep Tuhan yang memiliki sifat-sifat seperti manusia dan digambarkan seperti manusia, seperti apa yang ada dalam gambaran agama-agama Samawi. Tapi mereka percaya akan hukum karma, hukum alam, dan sebagainya yang tidak digambarkan seperti manusia.

ndableg
08-09-2012, 02:31 AM
jelas saya ga punya waktu (dan niatan) belajar semua ajaran..
cuma liat di sana, liat di sini, orang yang ga seiman di eksekusi, di marginalkan, masih kurang bukti?

Jadi karena ada segerombolan berbuat begitu maka anda lari2 ke ajaran agamanya yg menganjurkan begitu?
Kalo memang itu bukti, maka tidak ada orang yg tidak seiman di negara2 mayoritas muslim. ataupun tidak ada lagi orang islam di belanda misalnya.

Bayangkan india dulu pernah dikuasai muslim bertaun2, tapi tetep aja penduduk mayoritas hindu.. kenapa dulu ga dibantai aja semua? Spanyol bertaun2 dikuasai muslim, kenapa tuh pendeta pada ga dibantai? Jerusalem pernah dikuasai muslim, kenapa ga yahudi dan kristen diusir2in aja? Kan diagamanya diperintahkan begitu... menurut CNN..

Buktinya kurang valid..

serendipity
09-09-2012, 11:25 PM
kalo ditanya setuju apa gak, jawabannya gak setuju. Karna menurut gw, orang yg ngaku2 atheis itu munafik (sorry ya) disatu sisi mereka ga mau dilabelkan dengan agama, tapi ketika ada hari raya lebaran atau natal misalnya kenapa mereka ke mesjid atau ke gereja?

Dengan melabelkan dirinya tanpa agama, seharusnya mereka tau konsekuensi bahwa yg agamanya kristen atau katolik ke greja sedangkan yg atheis ini ke greja 2 kali setaun , dan ini adalah masalah klasik ketika natal atau paskah orang2 yg ngaku atheis tiba2 beragama. IMO semua orang bebas masuk gereja, tapi tolong ga usah munafik dengan mengaku jd atheis ke org2 hanya untuk punya pandangan sendiri atau berakting kepaitan ama org agama itu. Menurut gw itu ga dewasa banget, dengan menjelek-jelekkan agama dan bilang ga punya agama jauh lebih bagus.. tapi ujung2nya mereka ngerasa tiba2 punya agama . disatu sisi mereka mengakui ada Tuhan tapi gak mau menyembahnya, mau-maunya sendiri idupnya.. dari situ aja keliatan bahwa mereka ga punya konsep yg jelas

BundaNa
10-09-2012, 09:11 PM
ada beragam alasan kenapa ngaku2 atheis. Menurut saya menggelikan aja ya ngaku2 atheis karena mempermasalahkan perilaku orang2 beragama (bar bar? membantai? lha diktatotr yang atheis malah suka bikin bukit tengkorak)

---------- Post Merged at 08:11 PM ----------

ada beragam alasan kenapa ngaku2 atheis. Menurut saya menggelikan aja ya ngaku2 atheis karena mempermasalahkan perilaku orang2 beragama (bar bar? membantai? lha diktatotr yang atheis malah suka bikin bukit tengkorak)

daylight
10-09-2012, 09:45 PM
Kok atheism bisa menggantikan agama? Kan seharusnya atheism itu anti agama dan Tuhan. Jadi gak mungkin menggantikan ya.

Mungkin tepatnya menghilangkan pengaruh agama. Tapi kalau begitu judulnya jatuhnya krg menarik dan bombastis ya? :)

---------- Post Merged at 09:45 PM ----------

Yg pasti selama masih ada agama, atheis pasti eksis. Ketika agama musnah, tidak seru lagi ya. Mungkin atheis jg akan terlupakan. Kalau memang tidak ada satupun manusia yg beragama dan percaya Tuhan, utk apa lagi kritik terhadap eksistansi Tuhan dan agama.

Darrul_Iman
10-09-2012, 10:38 PM
Di abad2 terakhir kita melihat pertumbuhan jumlah populasi Atheism yg begitu besar di negara2 maju.

Jumlahnya kira2 mencapai 64% di Swedia, 48% di Denmark, 44% di Prancis, 42% di Jerman.
(setelah saya membanding2kan beberapa laporan, ternyata angkanya tidak setinggi itu, mungkin itu angka non-religious, bukan angka Atheism militan).

Angka penganut Atheism di negara2 berkembang atau terbelakang sangat kecil, dibawah 1%, dinegara2 tersebut hampir emua orang percaya agama atau keberadaan Tuhan.

Seorang psikolog bernama Nigel Barber membuat sebuah teori yg menyatakan bahwa Agama hanya dibutuhkan oleh manusia untuk menghibur diri atau lari dari kenyataan hidup yang kejam.
Maka di negara2 maju yg berpendidikan tinggi dan memiliki jaring pengaman sosial yg baik, agama sudah tidak diperlukan. Itu sebabnya negara2 maju cenderung memiliki angka Atheism yg tinggi.

Setujukah anda bahwa Kemakmuran akan melibas agama dan menggantikannya dengan Atheism ?

salam..:)...

saya setuju.....:)

meliakh
11-09-2012, 09:58 PM
ada beragam alasan kenapa ngaku2 atheis. Menurut saya menggelikan aja ya ngaku2 atheis karena mempermasalahkan perilaku orang2 beragama (bar bar? membantai? lha diktatotr yang atheis malah suka bikin bukit tengkorak)

pancet ae argumennya..
dan orang yang beragama ga pernah bunuh orang ya?
masalahe ga ada paham atheism yang nitahin bunuh orang
unlike some religions

alilabel
11-09-2012, 10:23 PM
Banyak orang yang menggunakan agama untuk meraih keuntungan sebanyak-banyaknya, lihat aja ketika sebuah partai Islam dengan doktrin saminawatona (didengar dan di taati), meraih keuntugan bermilyar2 dari kesetiaan para pengikutnya.... dan tentu saja banyak juga yang beragama, tetapi agamanya hanya bermanfaat hanya untuk dirinya (keluarganya) sendiri... tetapi tdk dengan lingkungannya.. bahkan tdk sedikit jadi egois...

seandainya orang beragama mampu memberi bukti bahwa keberadaan mereka mampu membawa pengaruh yg besar terhadap ketentraman dan kesejahteraan di masyarakat, aku yakin hanya orang idiot yang memilih jadi atheis..

sebagai contoh, bayangkan.. jika para ulama yang memiliki pesantren meminta para muridnya jadi penegak hukum yg adil dan profesional, dan murid2nya banyak yg jadi hakim, jaksa, polisi, BPK, PPATK, KPK, dan para murid itu karena dasar pengetahuan agamanya sudah sangat baik, maka kemungkinan besar ketika mereka jadi penegak hukum, maka mereka kelak akan jadi penegak2 hukum yg beriman dan profesional. Dan ketika para penegak hukum bekerja secara profesional, maka dengan sendirinya kedamaian dan kesejataraan itu akan muncul dengan sendirinya.... karena ketika ada orang melakukan pelanggaran hukum, maka aparat2 hukum akan menindaknya dengan sanksi yg setimpal, ini tentu akan jadi efek jera bagi banyak orang, kecuali mereka yang mengalami berjiwa sakit. bukan seperti saat ini lulusan pesantren malah jadi teroris dan semakin banyak musuhnya.

Bayangkan jika orang2 beragama yg mendapat kemurahan rezeki karena ia terlahir dengan anugerah otak yang cerdas sehingga kecerdasan otaknya membuat ia mudah memepelari sebuah bidang dan bidang yg dipelajari itu mendatangkan rezeki yang besar padanya, lalu sebagai rasa syukurnya dan ia menyadari bawah ketika seorang muslim berinfak, bersedekah di kala sehat dan sangat bernafsu mengumpulkan harta maka Allah akan membalasnya hingga 700x lipat dibandingkan ketika ia sudah sakit atau sudah tdk berminat lagi dengan harta (karena sudah tua misalnya), ia menginfakkan sebagian hartanya untuk membantu menyelesaikan maslaah2 yg muncul di tengah lingkungannya, misalnya lingkungannnya banyak koruptor dan aparat yg korup, lalu ia menyalurkan infak sedekahnya ke hal2 dalam penegakan hukum untuk membantu ekonomi orang2 yg berjuang dibidang hukum. Tapi sayangnya... banyak orang beragama semakin beragama (semakin beriman) justru semakin pelit.. :D

Ronggolawe
11-09-2012, 10:27 PM
pancet ae argumennya..
dan orang yang beragama ga pernah bunuh orang ya?
masalahe ga ada paham atheism yang nitahin bunuh orang
unlike some religions
ya iya lah.... yang nitahin membunuh orang itu na
manya Comunism, seperti Mao, Stalin, Ho.. total
jendral puluhan juta warganya mati dibantai :)

hajime_saitoh
14-09-2012, 09:59 AM
Originally Posted by AsLan
Di abad2 terakhir kita melihat pertumbuhan jumlah populasi Atheism yg begitu besar di negara2 maju.

Jumlahnya kira2 mencapai 64% di Swedia, 48% di Denmark, 44% di Prancis, 42% di Jerman.
(setelah saya membanding2kan beberapa laporan, ternyata angkanya tidak setinggi itu, mungkin itu angka non-religious, bukan angka Atheism militan).

Angka penganut Atheism di negara2 berkembang atau terbelakang sangat kecil, dibawah 1%, dinegara2 tersebut hampir emua orang percaya agama atau keberadaan Tuhan.

Seorang psikolog bernama Nigel Barber membuat sebuah teori yg menyatakan bahwa Agama hanya dibutuhkan oleh manusia untuk menghibur diri atau lari dari kenyataan hidup yang kejam.
Maka di negara2 maju yg berpendidikan tinggi dan memiliki jaring pengaman sosial yg baik, agama sudah tidak diperlukan. Itu sebabnya negara2 maju cenderung memiliki angka Atheism yg tinggi.

Setujukah anda bahwa Kemakmuran akan melibas agama dan menggantikannya dengan Atheism ?

ahh enggak juga itu tergantung kultur dan latar belakang budaya dan agama suatu amsyarakat sejak awal.. kita lihat di zaman keemasan khalifah Abbasiyah dimana kemakmuran terjadi dimana2 malahan sinar Islam semakin terang... terus kemakmuran dinasti Mogul tidak menyebabkan tumbuhnya atheis atopun kemakmuran yang sekarang di alami penduduk Arab karena kekayaan minyak dan investasi mereka tidak menyebabkan mereka meninggalkan Islam/....