PDA

View Full Version : 9 Buah Asli Indonesia



elhakim
01-03-2012, 12:13 PM
Buah memang banyak jenisnya, tapi dari sekian banyak buah berikut 9 buah yang asli indonesia.. Cekidot...



1. Buah Durian

Mungkin sebagian dari kita banyak yang kurang tahu tentang asal-usul buah durian. Buah durian yang khas dengan wangi menyengat ini ditemukan di Sumatra dan Kalimantan. Kelezatan rasanya, membuat negara lain berlomba-lomba membudidayakannya. Mungkin sekarang ada ratusan varian durian tersebar di seluruh dunia.


2. Buah Manggis

Buah manggis yang awalnya ditemukan di daerah Kalimantan dan Sunda ini rasanya asam-manis yang sangat segar. Selain itu, buah keunguan ini juga mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang bagus buat tubuh kita.



3. Buah Kedondong

buah dengan biji berduri ini berasal dari belahan timur Indonesia. Di dunia internasional, buah dengan kedahsyatan rasa masamnya disebut dengan nama Ambarella. Pada awal abad 20, kedondong diperkenalkan ke mancanegara, mulai dari Australia sampai Jamaica. Bahkan, kedondong sempat ditanam juga di Florida, tapi kelihatannya orang Amrik belum ngeh dengan buah rujak ini.


4. Buah Jambu air

dihasilkan dari pepohonan tropis Indonesia. Bunganya berwarna putih, sedangkan buahnya yang berbentuk mirip bel punya variasi warna keputihan, merah dan hijau, tergantung pada jenisnya. Biasanya, jambu berwarna merah memilki rasa paling manis. Jambu air dikenal mancanegara dengan nama Java Apple. Di beberapa negara, jambu dibuat menjadi buah untuk salad.


5. Buah Belimbing atau Carambola

asli berasal dari Maluku. Awalnya, buah ini menjadi favorit di Asia, lalu kemudian dikenal hingga Amerika, khususnya di Florida. Buah ini dijuluki Starfruit karena jika dibelah, bentuknya mirip seperti bintang. Orang barat menyebut rasa belimbing sebagai penggabungan pepaya (http://www.sunpride.co.id), jeruk, dan anggur.


6. Buah Pisang

adalah buah asli Indonesia. Buah yang sekarang diolah jadi macam-macam dessert, seperti banana split, banana cake, atau banana pudding ini mulai dibawa ke Eropa pada abad 10. Sekarang Amerika Latin yang jadi produsen terbesar, karena menguasai 65% produksi pisang (http://www.sunpride.co.id) dunia. Buah ini juga dipercaya oleh para selebriti untuk menambah energi.


7. Buah Rambutan

karena kulitnya seperti ditumbuhi rambut, maka buah asli Indonesia ini dikenal dengan nama rambutan. Pada tahun 1906, Indonesia pernah mengekspor biji rambutan ke Amerika Serikat. Tapi sayang, rambutan nggak bisa hidup di sana. Sekarang beberapa negara, seperti Thailand dan Malaysia terkenal sebagai pengekspor rambutan yang sudah dikemas dalam kaleng.


8. Buah Salak

disebut dengan sebagai Snake Fruit karena kulitnya yang bersisik. Buah ini asli berasal dari Indonesia, bahkan salah satu variannya, salak condet, menjadi Identitas kota Jakarta. Ada aneka macam rasa salak, mulai dari yang manis, sepat, asam, atau gabungan keempatnya. Sayangnya, banyak yang mengira buah ini berasal dari Thailand atau Malaysia, bukan Indonesia.


9. Buah Duku

yang berbentuk bulat kecil berwarna kekuningan ini merupakan salah satu buah asli kebanggaan Indonesia. Pohonnya pun dijadikan flora identitas provinsi Sumatra Selatan. Biasanya, duku dipanen setahun sekali. Di dalam negeri dan Asia duku banyak diminati, tapi sayang ekspornya belum menembus pasar Amerika dan Eropa. (Seputarduniawanita.com)

gogon
01-03-2012, 05:33 PM
3 diantaranya masuk kategori weirdest fruit
Durian dan Rambutan dan salak
http://www.toptenz.net/top-10-weirdest-fruit.php

tapi memang subyektif sekali penilaiannya
::grrr::

Yuki
01-03-2012, 08:07 PM
dari daftar paling enak buah belimbing, dengan syarat harus pake gula pasir

gogon
02-03-2012, 09:05 AM
dari list itu, gw paling doyan sama durian ;D
(tapi jarang beli hahaha)

paling ga doyan sama duku
susah ngunyahnya, ada biji kecil di tengahnya
yg kalo bijinya kekunyah, rasanya paittt
::grrr::

meliakh
02-03-2012, 09:09 AM
rambutan tu uenak lho.. cuma ga sukanya kulit bijinya sering ngikut, kasar2 piye gitu :(

Yuki
02-03-2012, 09:22 AM
durian saya tidak suka, tapi es durian saya suka

duku itu kalo bijinya kecil saya suka

rambutan saya suka, tapi paling males buka kulitnya, tangan kerasa ancur

Lighto
02-03-2012, 10:44 AM
Suka semua ::oops:: Yang rada geli makannya buah Nenas. tapi gada di 9 list itu siy::hihi::

cha_n
02-03-2012, 11:04 AM
rambutan tu uenak lho.. cuma ga sukanya kulit bijinya sering ngikut, kasar2 piye gitu :(

lhoo kan ada yang jenis biji ga ngelotok... enak lho kayak jenis rapia.

aku merasa beruntung banget hidup di indonesia, ketemu semua buah2an enak itu... surga ::hohoho::

Porcelain Doll
02-03-2012, 11:54 AM
kenapa geli sama nenas, lighto? ;D
kan enak :D

bradon heat
02-03-2012, 02:29 PM
^^ untuk nanas memang agak geli loh , saya juga merasakan hal yg sama ..
istilah sundanya raheut ::hihi::

gogon
02-03-2012, 03:12 PM
nanas memang unik sih (nama nya)
semua bahasa di dunia bilangnya ananas, kecuali english : pineapple (belagu nih english ;D)

http://mamchenkov.net/wordpress/wp-content/uploads/2011/06/pineapple_ananas.jpg

heihachiro
02-03-2012, 03:18 PM
^ apel ber-cupine ya gon ;D

Fere
02-03-2012, 04:03 PM
nanas memang unik sih (nama nya)
semua bahasa di dunia bilangnya ananas, kecuali english : pineapple (belagu nih english ;D)

http://mamchenkov.net/wordpress/wp-content/uploads/2011/06/pineapple_ananas.jpg

jawa :

nanas = pitik walik sobo kebon ::hihi::

tsu
02-03-2012, 04:06 PM
apple yang mirip pine

ato... cupine yang mirip apple ? %omg

E = mc˛
02-03-2012, 04:46 PM
sebutan nanas di malayalam (india) disebut kaitha chakka. dan di brazil, sering disebut abacaxi :D

BundaNa
02-03-2012, 05:33 PM
ada yg tau kawis? itu sangat endonesa:ngopi:

choodee
02-03-2012, 06:14 PM
Durian ftw ::itrocks::

Alethia
02-03-2012, 08:03 PM
rambutan dan salak,enaknya kalau udah jadi buah kalengan, buat campuran es buah. duku, jambu, manggis..sering bikin mules euy. PIsang..dicampur keju..didalem martabak..owwhh sluurpp

tsu
02-03-2012, 08:16 PM
ada yg tau kawis? itu sangat endonesa:ngopi:

kawis ini yang jadi sirup ya Bun ? kata orang buahnya dibanting dulu baru diambil daging nya

Porcelain Doll
02-03-2012, 11:07 PM
sangar banget ya pake dibanting dulu ;D
bisa buat pelepasan emosi nih

BundaNa
03-03-2012, 10:34 AM
kawis ini yang jadi sirup ya Bun ? kata orang buahnya dibanting dulu baru diambil daging nya

mau dikirimin dari rembang, tsu? kalau lagi musim Blora kecipratan imporan dari sono soalnya::hihi:: beli 6 harganya 20rebu apa ya...gedhe2, makan satu buah aja berame2::ngakak2:: dibanting, dikerok buahnya, trus dijus campur madu apa gula...disaring....kasih cola...hmmmmmmmmmmm::cabul::

Porcelain Doll
03-03-2012, 11:06 AM
emang cara makannya biasanya dicampur cola, bun?
wah...jadi ada rasa cola baru nih....kawis cola ::hihi::

BundaNa
03-03-2012, 12:58 PM
yoi, po...kalo males bikin di rembang juga udah jual limun kawin, cola rasa kawis...syedap ::hihi::

elhakim
05-03-2012, 10:50 AM
ada yg tau kawis? itu sangat endonesa:ngopi:

buah kawis...??? ini penampakannya... http://myzone.okezone.com/izone-data/images/content/2011/08/06/6064/85b7d531-3645-46f7-b751-1627faf98a2c.jpg

tapi ane kaga tau tuh.. enak gak ya???

tsu
06-03-2012, 10:27 AM
wah bun, kayanya bolehbjuga tuh, campur kola

BundaNa
06-03-2012, 11:44 AM
@elhakim: enak kog

gogon
07-03-2012, 10:43 AM
yoi, po...kalo males bikin di rembang juga udah jual limun kawin, cola rasa kawis...syedap ::hihi::

cola rasa kawis, kok namanya limun kawin...
typo ngga nih Bun, secara n sama s jauh ::hihi::

Fere
07-03-2012, 11:38 AM
limun kawin = cola + kawis ?

silverjade
07-03-2012, 02:35 PM
How 'bout Menteng?
Bukan yang jalan, yang ini
http://alamendah.files.wordpress.com/2011/02/menteng-kepundung-baccaurea-racemosa.jpg
Sumpah gw baru tau kalo itu namanya menteng ;D. Dah sering liat di tukang sayur tapi dia nyebutnya lain. Tadinya gw kira sejenis bumbu ;D

Kecapi asli Indonesia ga?
bukan yang ini http://1.bp.blogspot.com/_aKa3PgsuxII/TTA2haMtntI/AAAAAAAABZ0/r37He2fFp-w/s1600/PICT09212_resize.jpg ya, tapi yang ini
http://alamendah.files.wordpress.com/2011/09/buah-kecapi.jpg

gogon
07-03-2012, 02:49 PM
menteng gw doyan
asem2 seger
well asem nya dominan banget sih ;D

kalo kecapi, waktu kecil gw berani nelen sampe biji nya
tapi tempo hari OB di kantor gw bawa kecapi
kok gw jadi ga berani nelen tuh biji ;D


buah yg unik lagi: jamblang (betawi: juwet), buni, kesemek ;D

heihachiro
07-03-2012, 03:09 PM
buah kersen, apakah itu buah kesemek? ::ungg::

silverjade
07-03-2012, 04:37 PM
http://bisnisukm.com/wp-content/uploads/2009/03/kesemek-brastagi.jpg
Buah yang "berbedak" ;D
Gw blum pernah makan buah kecapi, padahal kemaren sempet musim di Depok. Lah pertama kali liat buah kecapi langsung aja ya pas kemarin di Depok musim itu ;D

Ray Surya
09-03-2012, 12:03 AM
duwet
http://dhekfanda.files.wordpress.com/2011/10/duwet.jpg
Jamblang, jambu keling atau duwet adalah sejenis pohon buah dari suku jambu-jambuan (Myrtaceae). Tumbuhan berbuah sepat masam ini dikenal pula dengan berbagai nama seperti jambee kleng (Aceh), jambu kling (Gayo), jambu kalang (Min.), jambulang, jambulan, jombulan, jumblang (aneka nama lokal di Sulut), jambulan (Flores), jambula (Ternate), jamblang (Btw., Sd.). Juga jambu juwat, jiwat, jiwat padi (Ind., juwet atau duwet (Jw.), juwet, jujutan (Bl.), dhuwak, dhalas (Md.), duwe (Bima)

gogon
09-03-2012, 09:29 AM
wuih gambarnya ::cabul::

dah lama gak nemu jamblang :( padahal rasanya unik, manis-segar bercampur masam-kesat (atau apa ya sebutannya?).
bikin gigi kita jadi warna ungu ;D

BundaNa
09-03-2012, 09:43 AM
limun kawis, po. maklum jempol tangan nutupin keypad ::hihi::

silverjade
09-03-2012, 12:37 PM
@gogon: sepet. Berasa bibir nyangkut di gigi depan ;D

oya, kepel juga asli Indonesia kah?
ngeliat seumur-umur baru sekali pas ke Banaran. Sayangnya pas belum mateng. Kalo mateng kata nyokap wangi n enak
http://alamendah.files.wordpress.com/2010/02/pohon-dan-buah-kepel.jpg

Ray Surya
09-03-2012, 11:17 PM
Jakarta itu berasal dari nama buah yak? ::ungg::

BundaNa
09-03-2012, 11:25 PM
jd buah asli indonesia banyak ya, ga 9 lagi ::hihi::

bii4bee
14-03-2012, 01:03 PM
sekarang lagi musim duku... :bz

elhakim
14-03-2012, 03:24 PM
jd buah asli indonesia banyak ya, ga 9 lagi ::hihi::

lebih dari 9, lebih, lebih, lebih...

ayo apa lagi yang tau..

---------- Post added at 02:24 PM ---------- Previous post was at 02:23 PM ----------


sekarang lagi musim duku... :bz

youps.. betul banget.. dipinggir jalan banyak yang jual.. ada yg ceban, 8ribu.. ada juga yg 5ribu.. tapi kulitnya uda pada itemm ::hihi::

silverjade
15-03-2012, 11:47 AM
Kweni sama Kemang sama ga sih? ::ungg::

et dah
15-03-2012, 01:28 PM
buah pepaya montok, buah semangka montok, buah melon montok, buah nangka montok

neofio
06-03-2015, 07:42 PM
ada yg pernah coba buah maritam? sejenis rambutan

:ngopi:

PERMANDYAN
06-03-2015, 08:27 PM
.
boeah asli indonesia adalah semoea boeah jang nama latinnja adalah ataoe memiliki nama dalam bahasa indoneisa....

cherryerichan
07-03-2015, 06:34 PM
di fb kapan hari ngeposting poto buah dari dusun tempat ngajar. dapet srikaya,kecapi sama raman.hari ini dapet manggis,binjai sama raman lagi. ampir dikasih cempedak. cuma udah geleng geleng nolak.selain gak suka,berat bo dapet selaim cempedak aja susah bawa.

neofio
07-03-2015, 07:54 PM
@cherryerichan (http://www.kopimaya.com/forum/member.php/809-cherryerichan)

rebusan kulit manggis ada mamfaat nya untuk kesehatan
:ngopi:

Bi4rain
08-03-2015, 01:21 PM
sudah ada ekstraknya

cherryerichan
08-03-2015, 04:26 PM
banyak nih kulitnya..hehehe neofio

neofio
08-03-2015, 10:09 PM
buah rambutan maritam


http://hasanzainuddin.files.wordpress.com/2008/08/maritam3.jpg

etca
08-03-2015, 10:10 PM
Kapan lalu sempat norak, baru tahu ada buah Gowok, pas di Tajur ;D

Rasanya masam, kupikir itu mirip duwet deh, hanya saja kalau duwet kan merah ya dalamnya, dan airnya kalau nempel di baju susah ilang. *cmiiw.

neofio
08-03-2015, 10:13 PM
buah durian merah ...

::ungg::

rasanya manis? atau pedas?

https://eloratour.files.wordpress.com/2013/10/66c92-55.jpg?w=385&h=308

cherryerichan
10-03-2015, 12:28 AM
etca banyak tuh buahnya di sini. mirip anggur. dijual di tukang buah kayak pentol bakso. ditusuk kayak sate. di celupin dulu ke aer gula.
ada yg tahu buah keranji?
mirip asem tapi kecil kecil

tuscany
10-03-2015, 01:32 AM
Tauuuuu *ngacung norak

Biasanya diadu bukan dimakan ::elaugh::

cherryerichan
10-03-2015, 09:51 AM
dimakan malah asem..wkwk enak.kebetulan mo otw ngajar ni ke dusun. suami udah mesenin minta bawain cempedak. mana belum belum eke dah puyeng kebayang baunya. di dusun banyak batang cempedak. saking banyaknya kayak ngeliat apaan yah banyak cempedak ngegantungan. buah duku,langsat juga ada...

ada yg tau buah rukam?

etca
10-03-2015, 02:24 PM
etca banyak tuh buahnya di sini. mirip anggur. dijual di tukang buah kayak pentol bakso. ditusuk kayak sate. di celupin dulu ke aer gula.
ada yg tahu buah keranji?
mirip asem tapi kecil kecil

ya ampunn kenapa ada manusia yang cinta buah asem yak? ::grrr::
itu malah disatein kayak pentol bakso

rukam? ga tahu.
rumah bukan? ;D *ngasalll polll* :lololol:

cherryerichan
11-03-2015, 07:48 PM
rukam bahasa indonya gondorukem..gandarukam.
mirip lobi lobi sih. belum pernah makan semuanya. kalo gandorio alias gandaria udah? disini dijadiin manisan. kalo dah mateng wangi mangga tapi bukan mangga. kecil bulet.

serendipity
14-03-2015, 03:02 PM
Sirsak itu buah Indonesia juga kan?
Kemaren pas makan sirsak, temen yang bule gak tau sirsak itu apaan ::oops::

cherryerichan
14-03-2015, 03:18 PM
sirsak..soursop..nangka belanda. hehe buat kanker katanya. daunnya bauk banget sih tapi.

jakhost
16-12-2015, 09:52 AM
hmmm durian is the best dehh.. baunya mancappp::hihi::

ecallica
16-12-2015, 10:10 AM
Awas nanti di klaim sama negara tetangga.. ::hihi::

jakhost
15-01-2016, 10:33 AM
wah baru tau nih, thanks ya..

graziani
23-11-2016, 06:07 PM
yang dimaksud "buah asli" tuh gmn ya? Seakan2 itu ngga ada di negara lain....

Bi4rain
26-11-2016, 07:02 PM
belimbing itu carambola ya? taunya cuma istilah inggris starfruit

engres
02-02-2017, 05:49 PM
Kalo diantara ke9 buah diatas, saya paling suka sama buah durian dan buah duku wkwkwk
Apalagi kalo buah duriannya besar dan mateng ::cabul::

itsreza
03-02-2017, 01:20 PM
http://www.fruitipedia.com/Images%202/Namnam%20flruit.jpg

Namnam

Buah ini tumbuh di negara-negara wilayah Asia Tenggara dan Selatan. Saat matang bertekstur lembut renyah seperti apel, rasanya asam. Buah yang ada di negara-negara tropis, tergolong langka karena bukan buah yang memiliki nilai komersial yang rendah sehingga tidak menarik untuk dibudidayakan.

Pohonnya ada di rumah orang tua, yang unik dari Namnam itu bunga dan buah terletak di batang utama, jadi saat berbuah tinggal ambil di bawah. Pohon namnam berbuah hampir sepanjang tahun.

etca
03-02-2017, 02:03 PM
^
rasa asam dan renyahnya kayak buat pear?
kirim dong, Za kalau lagi berbuah ::hihi::

itsreza
03-02-2017, 03:39 PM
beda cak, kalau belum matang keras, kalau matang lunak. Kalau etca mau ke Bogor kabari aja dulu, biasanya saya bawa ke rumah buat jus.

jonsemar
08-02-2018, 05:32 PM
Kalau saya suka banget sama buah durian, manggis sama rambutan wkwkw
Tapi kalau di pilih mana yang paling disuka bangettt yaitu durian, ntah kenapa kalo makan durian jadi ngerasa ga pengen selese2 makannya ::cabul::