PDA

View Full Version : Wheel of Life



komporminyak
13-02-2012, 11:52 PM
http://www.dharma-media.org/media/general/dwnld/thanka/deity_wrathful/wheel_of_life.jpg

ada yang bisa menerangkan?
Ini Wheel of Life versi buddha yah :)
thxb4.

Sebenarnya saya sedang mencari gambaran kosmologi Neraka versi Buddha yang dijabarkan dalam visualisai gambar,
Konon Naraka (neraka-nya Buddha) itu bertingkat2. *cmiiw.

*malam ini lagi ngelembur dengerin Dhamma Class, "Surga dan Neraka menurut perspektif Buddhis" oleh Y.M. Sri Pannaavaro MT
tapi kok susah dapat pointnya yah? ;D

Porcelain Doll
14-02-2012, 05:59 AM
kom, kalo mau nanya yg beginian, kenapa ga ke red_prince KG aja?
dia pasti bisa lebih jelasin detil...apalagi orangnya pinter ngomong :D
agamanya juga Buddha
perfect buat tanya2

danalingga
14-02-2012, 10:09 AM
Ini harusnya Sedgenar bisa jawab juga nih.

*nunggu*

sedgedjenar
14-02-2012, 03:57 PM
agamanya TS apa ?
gak ketemu point nya karena mungkin gap nya terlalu jauh

komporminyak
14-02-2012, 04:26 PM
Iya TSnya non buddha :)

Soal Naraya / Neraka memang ada beberapa tingkatan.
Dan "celaka"nya di Buddha terdapat 31 alam di luar Nibbana.
Artinya akan ada banyak sekali yang harus dijabarkan.

Ngalamat non buddhist nyusun buku buat umat buddhist neh .. :ngopi:

---------- Post added at 04:26 PM ---------- Previous post was at 04:25 PM ----------


kom, kalo mau nanya yg beginian, kenapa ga ke red_prince KG aja?
dia pasti bisa lebih jelasin detil...apalagi orangnya pinter ngomong :D
agamanya juga Buddha
perfect buat tanya2
ok dipertimbangkan, ntar pm si red_prince deh.
makasih infonya :)

Dadap serep
13-03-2012, 11:25 AM
Nyimak mau cari masukan juga.
Kliatannya ada pemahman yg "rada lain" ya , mengenai faham Buddhism ini , sekilas saya baca di leaflet Falun Dafa (Fa Buddha) , terutama "keilmuan" mengenai ajaran nya. Juga terkait dengan Wheel of life nya ,ada yg menguasai ajaran guru Li Hongzhi (Zhen Shan,Rhen)?.

komporminyak
13-03-2012, 12:42 PM
ok lanjut yah, ini ada penjelasan dari gambar di atas

http://2.bp.blogspot.com/_Jo7lJoQhtjw/TS9b8QDPc7I/AAAAAAAARXc/hk49oCD-X2c/s1600/Samsara%2Bwheel-of-life-Tanka-TN-6.jpg

---------- Post added at 11:42 AM ---------- Previous post was at 11:25 AM ----------

kalau yang 31 alam buddha
bisa dilihat di sini
http://www.dhammapath.com/resources/Books/Posters/31%20Planes%20of%20Existence.jpg

komporminyak
13-03-2012, 01:01 PM
31 Alam Buddha antara lain :


04 – ARUPA LOKA (Alam Tanpa Bentuk)


16 – RUPALOKA (Alam Bentuk)


11 РKÃMALOKA (Alam Nafsu)

sedgedjenar
05-08-2012, 10:49 PM
http://www.dharma-media.org/media/general/dwnld/thanka/deity_wrathful/wheel_of_life.jpg


gambar paticcasamupada menggambarkan mengenai siklus samsara. gambar raksasa seram di belakang adalah wujud dari bathara kala atau penguasa waktu. itu hanya simbol saja, tidak ada dewa waktu dalam arti yg sebenarnya. maksudnya adalah samsara dikuasai oleh waktu. alam semesta dan seluruh alam kehidupan didalamnya dikuasai oleh waktu. baik itu masa lampau, kini, maupun yg akan datang. wujud bathara kala ini begitu menakutkan, artinya waktu adalah sesuatu yg selalu menakutkan bagi semua makhluk.

kebanyakan dari kita terjebak dengan masa lalu, tidak cukup waktu pada masa sekarang, dan mengkhawatirkan masa depan. waktu demikian menakutkan. itu sebabnya dewa waktu/bathara kala digambarkan sangat menakutkan.

matanya gelap dan ganas, menunjukkan tiada diskriminasi bagi siapapun yg masuk ke dalam samsara, apakah dia baik ataupun jahat, orang hebat ataupun orang biasa. 3 mata menandakan kekuasaan waktu berpengaruh pada hal2 materi maupun non materi. tangannya mencengkeram piringan siklus samsara, penggambaran alam semesta dan semua makhluk di dalamnya di berbagai lokasi di galaksi manapun juga. walaupun samsara berjarak tanpa batas, sejauh itulah kekuasaan waktu dari bathara kala.

diatas kepalanya ada simbol matahari dan bulan, yang menandakan waktu. diatas kepala sebelah kiri terdapat gambar buddha berdiri, yang menandakan bahwa kesadaran agung pembebasan berada diluar jangkauan waktu, bersifat abadi dan kekal, tetap dan tidak terpengaruh terhadap perubahan apapun. diatas kepala sebelah kanan terdapat gambar buddha duduk-para bodhisatva dan suciwan. dibawah gambar ini terdapat lukisan sekumpulan orang yg sedang berjalan dan terhubung dengan seutas benang yg mengarah pada tengah piringan samsara yg dicengkeram oleh bathara kala. yang artinya makhluk manapun juga yang tidak dikuasai oleh kebencian-ketamakan-kebodohan (digambarkan sebagai ular-babi-ayam ditengah piringan samsara), maka dia akan berjalan keluar dari arus samsara dan menjadi bagian dari mereka yang tercerahkan dan menikmati pembebasan samsara.

piringan roda samsara terdiri dari 4 lapis. lapis paling dalam menggambarkan babi-ayam-ular, yang berarti bahwa lobha-dosa-moha (ketamakan, kebencian, ketidaktahuan) adalah energi penggerak yg menyebabkan munculnya samsara dan berputarnya makhluk2 di dalam alam2 kelahiran yg berbeda di berbagai alam-dimensi-dan galaksi. ada benang tipis yg menghubungkan inti samsara dengan buddha duduk di atas kepala bathara kala yg berarti mengatasi 3 akar ketidakbajikan akan mengantar pada pembebasan mutlak.

pada lingkaran kedua terdapat 2 lempengan terang dan gelap. pada lempengan terang terdapat orang2 dengan pakaian yg bagus dan muka cerah berseri2, yang berarti bila hidup kita lebih sedikit tamak-benci-dan kebodohan, maka hidup kita akan lebih bahagia dan damai. sedangkan pada lempengan gelap terdapat gambar orang menghunus pedang dan orang barbar yg menarik mayat, yang berarti bila kita mengikuti nafsu angkara murka yang dipengaruhi oleh 3 akar ketidakbajikan, maka kita akan menjadi makhluk yg dipenuhi dengan kejahatan.

pada lingkaran ketiga terdapat 6 lempengan yang menunjukan 6 jenis kelompok alam kelahiran yang berbeda. dimulai dari bawah berputar searah jarum jam yaitu : berbagai macam kelahiran menderita dan menyakitkan di berbagai lapis alam neraka, berbagai macam kelahiran dalam spesies binatang dimana mereka hidup dalam ketakutan rantai makanan, berbagai macam kelahiran sebagai ashura dimana antar mereka selalu saling berperang memperebutkan wilayah dan kekuasaan, berbagai macam kelahiran menyenangkan di alam dewa dan brahma yang berkelimpahan dan makmur, berbagai macam kelahiran dalam ras manusia dimana terdapat suka duka dan perjuangan untuk mempertahankan kualitas hidup, dan terakhir adalah berbagai macam kelahiran sebagai hantu kelaparan dan hantu penasaran yg menyedihkan.

di lingkaran paling luar terdapat 12 lempengan yang menggambarkan hukum sebab akibat yg melibatkan material-mental-ruang-dan hukum alam yang saling berkaitan satu dengan lain membentuk serangkaian proses siklus kelahiran dan kematian dalam samsara. sebab dan akibat menjadi sangat jelas dengan 12 mata rantai ini. masing2 lempengan memiliki makna yg mendalam.

Note :
Saya cuma paham garis besarnya aja
Secara detail ini saya kopiin dr forum sebelah

beastmen85
05-08-2012, 11:24 PM
saya baru tau kalo bathara kala itu dewa waktu.

kalo bathara guru itu apa?
*sori OT

sedgedjenar
05-08-2012, 11:41 PM
Iya kop, di gaya bahasa kan juga gitu
Kala senja datang
Kala kukecup keningmu... Tsaaahh

Batara guru setau saya gak ada diranah buddhisme
Adanya dipewayangan, mungkin lebih ke hinduisme ye

red_pr!nce
19-08-2012, 02:42 PM
kom, kalo mau nanya yg beginian, kenapa ga ke red_prince KG aja?
dia pasti bisa lebih jelasin detil...apalagi orangnya pinter ngomong :D
agamanya juga Buddha
perfect buat tanya2

Ada yang manggil nama gw nich. :D

Wah, kalo soal gambar di atas, gw gak tau tuh, daripada salah, karena aliran gw berbeda.

Tapi kalau diperhatikan lebih mirip lambang YIN-YANG, sebuah keseimbangan dunia.
Filosofinya adalah dualisme antara dua kutub yang berseberangan, di mana keduanya melebur menjadi satu kesatuan, kemudian menciptakan dinamisme kehidupan.
Ada siang ada malam.
Ada baik ada jahat.
Siang dan malam silih berganti.
Baik dan jahat silih berganti.

Keduanya memperoleh makna masing-masing dari dualisme itu.
Tanpa kejahatan, maka kebaikan kehilangan arti.
Tanpa malam, maka siang tak akan bermakna.

sedgedjenar
01-09-2012, 10:13 AM
Ada yang manggil nama gw nich. :D

Wah, kalo soal gambar di atas, gw gak tau tuh, daripada salah, karena aliran gw berbeda.

Tapi kalau diperhatikan lebih mirip lambang YIN-YANG, sebuah keseimbangan dunia.
Filosofinya adalah dualisme antara dua kutub yang berseberangan, di mana keduanya melebur menjadi satu kesatuan, kemudian menciptakan dinamisme kehidupan.
Ada siang ada malam.
Ada baik ada jahat.
Siang dan malam silih berganti.
Baik dan jahat silih berganti.

Keduanya memperoleh makna masing-masing dari dualisme itu.
Tanpa kejahatan, maka kebaikan kehilangan arti.
Tanpa malam, maka siang tak akan bermakna.

sorrie mau tanya
red-prince penganut konghucu/ confociunism ?

ndableg
01-09-2012, 03:07 PM
Itu di kepalanya betara kala ada badut IT nya stephen king...? ::hihi::