PDA

View Full Version : Biji Kopi



AsLan
12-01-2012, 05:52 PM
Tadi gw ke pasar tradisional yang becek dan bau.

Trus iseng2 beli kopi giling, bentuknya masih biji kopi trus langsung di giling oleh pedagangnya.

Gw kira akan dapet kopi wangi dengan harga murah, tapi ternyata waktu dicium dirumah baunya... sama kayak bau pasar ! campuran antara bau daging mentah, ikan asin, ayam potong, sayur busuk dll... ::grrr::

Ini problem dari pedagang kopi,
kopi yg sudah di panggang itu sangat kering, benda kering seperti ini sangat menyerap uap air diudara, termasuk molekul bau2an disekitarnya.
Memang selagi masih berbentuk biji kopi maka hanya bagian luarnya saja yg terkontaminasi udara bebas, bagian dalamnya mungkin masih murni, tapi gw udah keburu ilfil, kopinya gak gw coba sama sekali, cuma dicium doang trus dibuang.

Selain itu biji kopi yang murah bentuknya meragukan, bijinya berbentuk 2 gumpalan aneh, kalo biji kopi mahal kan bentuknya seperti yang di gambar2 itu, butiran lonjong coklat tua dengan garis liku2 disatu sisi. http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSl_GF02omXMFU5HJd_LWA9XsGCNicNc 26n-9X7-IbhMKIat2v_0g

Kalau dibandingkan, gw lebih milih kopi murah yang dikemas dengan baik seperti kopi kapal api atau kopi abc, meskipun murahan tapi bau kopinya masih terjaga oleh kemasan plastik-aluminium.

GiKu
12-01-2012, 05:55 PM
wow....

kopi varitas baru ya
aroma pasar tradisional
:ngopi:

hajime_saitoh
12-01-2012, 07:58 PM
wah ana sih bukannya gak suka ngopi, gw ngopi tapi tidak sampai tingkatan rutin.... so kurang begitu tau tentang kopi.... paling2 ngopi kopi sachetan....

AsLan
12-01-2012, 08:41 PM
wah ana sih bukannya gak suka ngopi, gw ngopi tapi tidak sampai tingkatan rutin.... so kurang begitu tau tentang kopi.... paling2 ngopi kopi sachetan....

kopi sachetan lumayan koq, minimal baunya masih bau kopi...

deddy
21-01-2012, 11:55 AM
bung aslan....mungkin yang dijual dipasar tardisional tersebut jenis biji kopi apkiran dan tergolong kopi yang masih mudah...... jadi tidak mengeluarkan aroma sama sekali dan rasanyapun pasti tidak enak ..

AsLan
21-01-2012, 03:28 PM
iya... bentuknya aja aneh.

Ada juga sih kopi mahalnya, tapi lihat cara penyimpanannya kayak gitu gw udah males nyoba.

bidawang
09-02-2012, 12:57 PM
kopi yang sering gw minum bentuknya juga aneh, ada bentuk bubuk sempurna, tapi kadang nyangkut bentuk kerikil, yah gw kunyah-kunyah aja sekalian kalau kaga nahan tinggal di cuh gitu.
::doh::

deddy
14-02-2012, 03:44 PM
kopi yang sering gw minum bentuknya juga aneh, ada bentuk bubuk sempurna, tapi kadang nyangkut bentuk kerikil, yah gw kunyah-kunyah aja sekalian kalau kaga nahan tinggal di cuh gitu.
::doh::

itu bukan kopi yg berbentuk kerikit tapi emang kerikil beneran ....... ::ngakak2::::ngakak2::

biomedical
17-04-2012, 09:04 PM
::hihi::hhihihihi..
namanya juga tradisional om, trcampur berbagai aroma

mungkin sisi lainnya jadi tau yang namanya biji kopi yah ?

heang
11-06-2012, 03:58 AM
salam knal bang aslan......,kayak nya yang anda bli to jenis kopi peaberry (kopi yang bakal bijinya utuh tidak pecah kayak kopi pada umumnya),klo di daerah jember orang bilang kopi lanang.klo temperatur sangrainya kurang biasanya kopi terlihat agak kering (tidak keluar cairan yg terkandung pd kopi)dan rada bau gosong plus apek, tpi klo sampe bau yang laen2 itu mah udah terkontaminasi tangan pedagangnya.......saya heran aroma kopi saset kok bisa bertahan lama malah saya ragu jangan2 ada tambahan aroma esense pada kopi pabrikan.
salam kenal bwt smua kususnya moderatornya bang deddy

Joyko
11-07-2012, 11:07 PM
yang disebut kopi terbaik itu yang tumbuh di daratan tertentu, suhu tertentu, kadar tanahnya juga dll juga yah, katanya kopi siborong2 juga bagus tuh (gw liat di starbucks selalu habis)

deddy
12-07-2012, 09:36 AM
salam knal bang aslan......,kayak nya yang anda bli to jenis kopi peaberry (kopi yang bakal bijinya utuh tidak pecah kayak kopi pada umumnya),klo di daerah jember orang bilang kopi lanang.klo temperatur sangrainya kurang biasanya kopi terlihat agak kering (tidak keluar cairan yg terkandung pd kopi)dan rada bau gosong plus apek, tpi klo sampe bau yang laen2 itu mah udah terkontaminasi tangan pedagangnya.......saya heran aroma kopi saset kok bisa bertahan lama malah saya ragu jangan2 ada tambahan aroma esense pada kopi pabrikan.
salam kenal bwt smua kususnya moderatornya bang deddy

ok salam kenal kembali ......


yang disebut kopi terbaik itu yang tumbuh di daratan tertentu, suhu tertentu, kadar tanahnya juga dll juga yah, katanya kopi siborong2 juga bagus tuh (gw liat di starbucks selalu habis)

kopi aceh, medan bengkulu dan lampung jenis kopi pilihan semua tuh ..... dan didaerah pegunungan seperti toraja juga penghasil kopi enak ....

Bi4rain
14-07-2012, 10:42 PM
Di swalayan kan ada tuh dijual kopi hasil gilingan, susah seduhnya yak? Ga bisa seduh biasa pake air hangat kayak kopi sachet, rasanya malah asem gitu. Kudu ada trik kali...

lily
14-07-2012, 11:36 PM
^^
Iya di supermarket biasa ada mesinnya juga tuh... Saya belom pernah sih coba beli...

Gimana sih nyeduhnya ? Pake disaring segala ya ?

Btw kalo yang dibilang @bidawang , saya juga pernah tuh kayak nyangkut ampas kopi , padahal saya minum yang sachet an lo...

AsLan
15-07-2012, 12:27 AM
Kopi yg hasil giling sendiri harus diseduh dengan air mendidih, gak bisa pake air hangat.
Katanya sih paling bagus pake air 90'C

Masalah ampasnya, ada beberapa teknik.
Misalnya ampas kopi dibiarkan mengendap, itu namanya kopi tubruk.
atau di tekan kebawah dengan saringan, ini tekniknya french press.
Ada juga yg disaring pakai kertas saring kopi, atau dibiarkan menetes dari saringan Mocca Pot.

Kopi yg bagus, semua ampasnya tenggelam.
Kopi yg kurang bagus, banyak ampas kopi yg ngambang di permukaan.

Kopi instan gak ada ampasnya sama sekali.

lily
15-07-2012, 12:34 AM
^^
Tadi swmpat salah baca , 90C kebaca WC... Sampe kaget ::hihi::

Ow berarti kemaren kopi nya bagus ya , soalnya ampasnya tenggelam semua...

TFS on Aslan :)

Bi4rain
15-07-2012, 12:34 AM
Oh salah gw, air panas koq. Dari dispenser air. Tapi yg kubicarakan disini bukan yg sachet ya....kopi bubuk, ada yg rada susah seduhnya, entah kenapa rasa kopinya asem. Kalau sachet gw suh setuju pasti dikasih zat lain entah essence kopi atau ada penetral rasa kali ya? abisnya diseduh juga rasanya tetap gitu-gitu aja.
Ga kayak kopi bubuk gilingan yg....tricky.

AsLan
15-07-2012, 02:07 AM
Oh salah gw, air panas koq. Dari dispenser air. Tapi yg kubicarakan disini bukan yg sachet ya....kopi bubuk, ada yg rada susah seduhnya, entah kenapa rasa kopinya asem. Kalau sachet gw suh setuju pasti dikasih zat lain entah essence kopi atau ada penetral rasa kali ya? abisnya diseduh juga rasanya tetap gitu-gitu aja.
Ga kayak kopi bubuk gilingan yg....tricky.

makaya ada profesi yg namanya Barista...
biar orang gak usah susah2 berusaha bikin kopi enak, tinggal beli dari mereka :))

---------- Post Merged at 12:07 AM ----------


^^
Tadi swmpat salah baca , 90C kebaca WC... Sampe kaget ::hihi::

Ow berarti kemaren kopi nya bagus ya , soalnya ampasnya tenggelam semua...

TFS on Aslan :)

ya ampun lily... doyan ya minum air WC... ::grrr:: maksudnya biar hemat ya ?
hemat juga gak perlu sampe getoh kalee... ::hihi::

lily
15-07-2012, 11:30 AM
^^
Salah baca kali...

Om Aslan nakal :tendang: ::hihi::

BundaNa
15-07-2012, 12:11 PM
ada yg lagi flirting::hihi::::hihi::

Bi4rain
15-07-2012, 11:19 PM
^::hihi::


makaya ada profesi yg namanya Barista...
biar orang gak usah susah2 berusaha bikin kopi enak, tinggal beli dari mereka :))


Iya sih Om, tapi bubuk kopi gilingan gitu kan dijual bebas kayak di swalayan juga (ada juga kopi luwak)
Masa kudu beli en bawa ke Barista-nya lagi?

Repot bener....

---------- Post Merged at 09:19 PM ----------

^::hihi::


makaya ada profesi yg namanya Barista...
biar orang gak usah susah2 berusaha bikin kopi enak, tinggal beli dari mereka :))


Iya sih Om, tapi bubuk kopi gilingan gitu kan dijual bebas kayak di swalayan juga (ada juga kopi luwak)
Masa kudu beli en bawa ke Barista-nya lagi?

Repot bener....

youngblue
31-08-2012, 01:10 AM
salam knal bang aslan......,kayak nya yang anda bli to jenis kopi peaberry (kopi yang bakal bijinya utuh tidak pecah kayak kopi pada umumnya),klo di daerah jember orang bilang kopi lanang.klo temperatur sangrainya kurang biasanya kopi terlihat agak kering (tidak keluar cairan yg terkandung pd kopi)dan rada bau gosong plus apek, tpi klo sampe bau yang laen2 itu mah udah terkontaminasi tangan pedagangnya.......saya heran aroma kopi saset kok bisa bertahan lama malah saya ragu jangan2 ada tambahan aroma esense pada kopi pabrikan.
salam kenal bwt smua kususnya moderatornya bang deddy

ha...ha...ha peaberry yg di maksud kopi lanang tuch kopi dari musang (luwak) jantan.


Kopi yg bagus, semua ampasnya tenggelam.
Kopi yg kurang bagus, banyak ampas kopi yg ngambang di permukaan.


kalau itu mah kopi dari jagung yg ampasnya ngambang