PDA

View Full Version : [LOMBA] Flash Fiction



etca
12-12-2011, 02:17 AM
LOMBA FLASH FICTION


Apakah FLASH FICTION?
Flash fiction adalah karya fiksi yang sangat singkat, bahkan lebih ringkas daripada cerita pendek.
Walaupun tidak ada ukuran jelas tentang berapa ukuran maksimal sebuah flash fiction,
umumnya karya ini lebih pendek dari 1000 atau 2000 kata. Rata-rata flash fiction memiliki antara 250 dan 1000 kata.
Sebagai perbandingan, ukuran cerita pendek berkisar antara 2.000 dan 20.000 kata.
Rata-rata panjangnya antara 3.000 dan 10.000 kata.(dikutip dari wikipedia)

Terkhusus untuk kopimaya, kita akan membuat mekanisme sendiri ;)


TEMA :
Kopi atau Tahun Baru
(boleh memilih salah satu dari tema atau keduanya)


PERSYARATAN PESERTA
Terbuka untuk semua member kopimaya - Chief Cook, Chief Barista, Barista, Pelanggan -.
Kecuali yang menjadi juri dalam lomba ini.


PERIODE KOMPETISI
12 Desember 2011 – 12 Januari 2011


PERIODE POLLING
13 Januari 2011 – 20 Januari 2012
Pada masa polling, peserta dilarang kampanye agar karyanya dipilih


PERSYARATAN dan MEKANISME

Cerpen adalah karya asli dan belum pernah diperlombakan sebelumnya dan belum pernah dipublikasikan di media apapun.
Isi karya tidak mengandung unsur SARA, pornografi atau personal attack.
Panjang cerpen 20 – 200 kata.
Genre Flash Fiction bebas, boleh humor, misteri, dll.
Jika ide dari kisah rakyat/hikayat/legenda, maka tulisannya harus disadur ke dalam bahasa sendiri.
Peserta boleh mengirim lebih dari 1 (satu) naskah.
Naskah dikirimkan melalui PM ke etca (http://www.kopimaya.com/forum/private.php?do=newpm&u=6)
Polling akan diadakan dengan nama pengarang anonim agar user memberikan voting penilaiannya berdasarkan kualitas karya. Tidak dipengaruhi oleh nama pengarang.
Juri dalam lomba ini pun juga tidak mengetahui siapa pengarang dari masing-masing karya, jadi hasil penilaian akan betul-betul obyektif.



KRITERIA PEMENANG
The Most Judge's choice - 1 orang (Penilaian Kualitatis tertinggi dari para juri)
The Most Reader's choice - 1 orang (Penilaian kuantitatif tertinggi total dari polling)


HADIAH PEMENANG
Setiap peserta akan diberikan 50 points
Pemenang akan mendapatkan 250 points
Juri akan mendapatkan 75 points


PENGUMUMAN PEMENANG
Pemenang akan diumumkan pada hari Kamis 22 Januari 2012.
Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

E = mc˛
12-12-2011, 05:21 PM
Ca, kalau flash fiction yg ala twitter yg cuma separagraf dua paragraf boleh gak? :D

bradon heat
12-12-2011, 06:43 PM
ini kayak ujian essay bahasa indonesia euy ::hihi::

----------------------------------------------------------------------------


Jika ide dari kisah rakyat/hikayat/legenda, maka tulisannya harus disadur ke dalam bahasa sendiri.

isi cerita boleh apa aja ??? bukan ori juga bisa ??

dengan
Kopi atau Tahun Baru
apakah ada legenda / cerita rakyat dengan tema itu ::ungg::

---------------------------------------------------------------

etca
12-12-2011, 07:01 PM
Ca, kalau flash fiction yg ala twitter yg cuma separagraf dua paragraf boleh gak? :D

setidaknya 20 kalimat. Subyek, predikat, obyek, keterangan pada tiap kalimatnya ;D
j/k

---------- Post added at 07:01 PM ---------- Previous post was at 06:56 PM ----------


ini kayak ujian essay bahasa indonesia euy ::hihi::
Waktu kuliah gw ga ada makul bahasa Indonesia ::hihi::

isi cerita boleh apa aja ??? bukan ori juga bisa ??
Mau ala jepun atau korea bole ko.
Mau masukin tokoh Yoona juga bole :lololol:


apakah ada legenda / cerita rakyat dengan tema itu ::ungg::
Menatap nanar pada yang usul statemen d atas.
;D
j/k

kali aja ada versi gubahan menjadi kancil nyolong kopi ;D

Kaine
12-12-2011, 07:08 PM
orisinalitas nomer satu dong, brad ::nono::...

gogon
13-12-2011, 11:11 AM
buat yg bingung kyk gimana sih Flash Fiction itu, berikut gw kasi satu contohnya (googling, bukan ngarang)

http://forum.chip.co.id/images/smilies/extra/fishing.gif


contoh flash fiction (http://takhanyacinta.wordpress.com/2011/03/09/flash-fiction/)



Zamrud, Bukan Mirah Delima, Sayang.
“Oh, indahnya! Ini untukku?” Mataku berbinar-binar saat suamiku menunjukkan sebentuk cincin emas berhiaskan mirah delima.
“Tentu saja.” Sahutnya sambil tersenyum. Diraihnya jemariku. Namun ketika cincin itu tidak muat di jari manisku, bahkan tidak muat di semua jari walau kelingking sekalipun, ia mulai mengernyitkan dahi.
“Padahal aku memesannya khusus untukmu.” katanya, heran. “Kau suka mirah delima, kan.? Aku sih tidak.”
Aku terperangah. Lima tahun yang lalu, suamiku membelikanku zamrud karena tahu itu favoritku. Kali ini, ia memberiku mirah delima, kupikir itu batu favoritnya.
Kuteliti cincin itu. Ukurannya kecil sekali. Di dalamnya tergrafir tulisan “Wenny”.
Namaku Rina.

contoh2 lainnya (http://daengbattala.com/?cat=12)

etca
13-12-2011, 11:47 AM
thx Gon, buwat samplenya..

ayooo ikutannn donkk temanteman...... ::bye::

surjadi05
13-12-2011, 11:53 AM
jadi kesimpulannya mesti karya kita, apa boleh plagiat? tentu dgn asumsi dimodifikasi dikit?::ungg::::ungg::

etca
13-12-2011, 11:54 AM
Makin ori, makin dalam nilai plus donkk ;)

surjadi05
13-12-2011, 01:38 PM
ok deh, i am in::hohoho::::hohoho::

etca
13-12-2011, 01:50 PM
@pak Sur,
Sip Sip ::up::


Wokeh ude ada dua karya masuk.. ::hohoho::

gogon
13-12-2011, 02:33 PM
pelan-pelan sudah menampakkan progress yang menjanjikan :)

porcupine
13-12-2011, 02:35 PM
yah..baru liat kalo ada temanya ::arg!::

kerjain ulang deh ::grrr::

etca
13-12-2011, 02:56 PM
pelan-pelan sudah menampakkan progress yang menjanjikan :)
iye gon,
tapi yang satu dibatalin :


ok sip sip... ::up::
*ngebayangin tiap hari dapat 1 PM Flash Fiction dari kamu :iamdead:
::ngakak2::::ngakak2::

Ca,,ternyata ada temanya ya ::hihi::
yg tadi di cancel aja yah
gw bikin ulang kalo gitu
::ngakak2::::ngakak2::
gw tadi cengo juga pas baca,
mana kopi n tahun barunya yah? ::doh::::ngakak2::

jadi sodara2 dan kawan2 semua...
Lomba Flash Fiction ini pake Tema yah..
Temanya Tahun Baru atau Kopi..



yah..baru liat kalo ada temanya ::arg!::

kerjain ulang deh ::grrr::
okie dokieee.. ::up::
::hihi::

Nharura
13-12-2011, 03:01 PM
asyikkk... ikutann ahh... tapi masih dirapiin dikit...::hihi:: soalnya gak konsen klw lagi meler gini idung bikin cerita,,haha::ngakak2::::hihi:: .. terakhirnya tanggal 22 january.. sipppp..... biar nambah kopi luwaknyee... hihihi>.<

btw thanks buat Gogon.... informasinya dua jempol^^

BundaNa
13-12-2011, 03:48 PM
neh contoh yang namanya cerita yang udah sering beredar, tapi musti disadur ke kata2 sendiri


Tidak Boleh!

Percakapan antara ibu dan anaknya yang begitu hangat, alias penuh dengan argumentasi. Si anak ingin sekali menutup auratnya, tetapi si ibu tetap ngotot tidak memperbolehkan.

"Ibu, aku ingin jadi muslimah sejati. Menutup aurat dengan benar," rengek si anak.

"Tidak, jangan lakukan," ibunya menjawab dengan tegas.

Tetapi si anak tidak pantang menyerah. "Ini perintah agama, Bu."

"Tidak, Ibu bilang tidak, ya tidak."

Si anak mulai memerah matanya, menahan tangis. "Ibu tega, ibu menghalagi keinginanku."

"Tidak, Saiful! Sampia mati Ibu tidak akan mengijinkanmu mengenakan kamu pakai jilbab!"

atau yang ini

di taman yang indah, suatu sore, dua manusia duduk bersisian. Pemandangan yang sungguh romantis, di tengah guguran daun-daun.

Di Sebuah Taman

"Wan, aku sungguh sayang padamu," kata salah seorang dari mereka kepada laki-laki yang bernama Iwan itu.

"Ya....uhmmm," si Iwan terbata-bata ingin menjawab tanpa menyakiti hati yang mengajaknya bercakap-cakap itu.

"Kamu pasti tahu, aku rela mati untuk mendapatkan cintamu," desak lawan bicaranya.

"Masalahnya, Viktor, aku bukan yaoi," jawab Iwan tegas.

ini cerita yang waktu gue masih aktip di lapak tulis menulis dan dapet juara harapan, masuk dalam antologi cerita B***f** Biarkan aku mencintaimu dalam diam.

Siang di Kantin Sudut Bandara

Aku bertemu dia lagi, setelah sekian lama kami tak lagi bersua. Masih wajah yang sama, masih senyum yang sama. Kami berpapasan di depan kantin bandara Ngurah Rai. Dia baru saja keluar dari pintu kedatangan, dan aku baru saja keluar dari counter tempatku bermarkas.

Dia tersenyum, namanya Adinda. Perempuan yang pernah mengisi hatiku bertahun-tahun yang lalu. Tetapi kemudian tega meninggalkanku, demi seorang laki-laki yang dia anggap lebih mapan dibandingkan diriku.

"Hai, Raka. Lama tak bertemu, ya," sapanya. Ternyata dia masih mengenaliku. Aku tersenyum menjawab sapaannya.

Lima belas menit kemudian, kami sudah duduk berhadapan di kantin sudut bandara.

Dari bibirnya, kemudian mengalir cerita yang memilukan. Bahwa hidupnya, tak sehebat yang dia bayangkan sebelumnya. Laki-laki yang dia harapkan membawanya dalam kebahagiaan malah sering menyiksanya lahir dan bathin. Belum lagi, setelah pulang dari Jepang, tempat lelaki itu bekerja sebelumnya, dia tak mau lagi bekerja. Belum lagi keluarga suaminya yang memperlakukannya seperti sampah.

Tuhan, sungguh tragis nasibnya kini.

"Sungguh Raka, kini aku menyesali keputusanku meninggalkanmu kemarin," bisiknya sendu, menatapku dengan penuh pengharapan.

Aku langsung berdiri. "Maaf, aku ada janji makan siang dengan istriku. Have a good day, Adinda."


btw, itu nanti kupm kamu ya ca, buat masuk lomba?::hihi::

etca
13-12-2011, 04:09 PM
btw, itu nanti kupm kamu ya ca, buat masuk lomba?::hihi::

didiskualifikasi dunk.. ude kadung tahu yang lainnya ;D
*gw juga itutan yah... juri kan ga tahu karya siapa itu :lololol:
j/k ;D

porcupine
13-12-2011, 04:10 PM
iya, etca ikutan aja..
biar tambah rame :)
kan bisa ngincer piala most reader choice ::hihi::

BundaNa
13-12-2011, 04:16 PM
didiskualifikasi dunk.. ude kadung tahu yang lainnya ;D
*gw juga itutan yah... juri kan ga tahu karya siapa itu :lololol:
j/k ;D


saya ikutan yang itu ah, padahal sudah dipublikasikan semua::ngakak2::

bradon heat
13-12-2011, 08:55 PM
masih blm lepas dengan stigma "mengarang=ujian essay" ::ngakak2::

etca
13-12-2011, 09:12 PM
masih blm lepas dengan stigma "mengarang=ujian essay" ::ngakak2::

ah jangan bikin tegang kancah arena lomba yang nyantai ini donk :lololol:
di kampusmu ada mata kuliah bahasa Indonesiakah? ;D

---------- Post added at 10:09 PM ---------- Previous post was at 10:06 PM ----------


iya, etca ikutan aja..
biar tambah rame :)
kan bisa ngincer piala most reader choice ::hihi::

haha kalo yang judge's choice ude keburu dianulir duluan ya? :lololol:

---------- Post added at 10:12 PM ---------- Previous post was at 10:09 PM ----------


asyikkk... ikutann ahh... tapi masih dirapiin dikit...::hihi:: soalnya gak konsen klw lagi meler gini idung bikin cerita,,haha::ngakak2::::hihi:: .. terakhirnya tanggal 22 january.. sipppp..... biar nambah kopi luwaknyee... hihihi>.<
nha!!
Terakhir pengumpulan karya tanggal 12 Januari atuh neng ;D

bradon heat
13-12-2011, 09:21 PM
ah jangan bikin tegang kancah arena lomba yang nyantai ini donk :lololol:
di kampusmu ada mata kuliah bahasa Indonesiakah? ;D

ada donk ::grrr:: stigma ini mah udah dari SD mbakk ... ::hihi::

etca
13-12-2011, 09:25 PM
Pantes.. :lololol:
yawdh anggap aja bikin surat cintah don ::hihi::

Kingform
13-12-2011, 09:37 PM
gw ikutan.....:ngopi:
cuman kayaknya ide cerita gw pasaran....ntar kalo ada ide gw akan kirim cerita lagi

etca
13-12-2011, 10:15 PM
gw ikutan.....:ngopi:
cuman kayaknya ide cerita gw pasaran....ntar kalo ada ide gw akan kirim cerita lagi
ok sip! ::up::
ditunggu cerita berikutnya ;)

Kaine
13-12-2011, 10:59 PM
cek PM ya ca :D

etca
13-12-2011, 11:04 PM
Ok Sip! tengkyu ::up::

---------- Post added at 11:04 PM ---------- Previous post was at 11:02 PM ----------

Lima karya sudah masuk, tapi yang satu minta didrop.
jadi kami baru menerima 4 karya nih..
yang lainnya ditunggu yah.. ::bye::

BundaNa
14-12-2011, 12:27 PM
asik2...ternyata kopiers suka ngeOOT ya, kebukti semangat diajakin FF::hihi::

spears
14-12-2011, 12:55 PM
gw baru ngikutin :D

sorryyyyy...

porcupine
14-12-2011, 12:59 PM
gw baru ngikutin :D

sorryyyyy...

kita maapin..
mana karyanya? :ngopi:

spears
14-12-2011, 01:06 PM
kita maapin..
mana karyanya? :ngopi:

bikinin dong :D

porcupine
14-12-2011, 01:12 PM
bikinin dong :D

Gw aja lagi bikin ulang
gara gara salah tema ::doh::

padahal udah ribet tuh bikin tema horror...eh temanya Kopi dan taun Baru ::arg!::::arg!::

BundaNa
14-12-2011, 01:17 PM
jadi ketauan siapa yang salah tema:ngopi:

---------- Post added at 01:17 PM ---------- Previous post was at 01:16 PM ----------


Gw aja lagi bikin ulang
gara gara salah tema ::doh::

padahal udah ribet tuh bikin tema horror...eh temanya Kopi dan taun Baru ::arg!::::arg!::

tema sih bisa kopi atau taun baru, genrenya dibikin horror ya gpp...misal, abis minum kopi eh ketemu setan kopi, itu kan genrenya horor :run:

porcupine
14-12-2011, 01:22 PM
^ ketahuan sifat gw yg grasa grusu ::ungg::

::hihi::

BundaNa
14-12-2011, 01:25 PM
Landak, coba dibaca sonoh tata tertib lombanya...bahwa kalau horror itu gendre cerita sedang kopi atau tahun baru itu tema cerita...isinyaaaaaaaaaaaa::arg!::

porcupine
14-12-2011, 01:47 PM
Landak, coba dibaca sonoh tata tertib lombanya...bahwa kalau horror itu gendre cerita sedang kopi atau tahun baru itu tema cerita...isinyaaaaaaaaaaaa::arg!::

tuh kan ketauan gw ngga baca aturan ::hihi::::hihi::
noted BundaNa...kalo Tema dan genre itu ngga sama ::hihi::::hihi::

baik...saya coba bikin Genre horor dengan tema Kopi :ngopi:

surjadi05
14-12-2011, 04:24 PM
Terakhir pengumpulan karya tanggal 12 Januari atuh neng ;D

berarti 11-1-2012 jam 11.11 pm, masih sempat kan, ca?::hihi::::hihi::




baik...saya coba bikin Genre horor dengan tema Kopi :ngopi:

iya inti ceritanya lu habis minta kopi ketemu suster ngesot (cuma jgn ditendang ya, kalo kaga mau dituntut)::hihi::::hihi::

etca
14-12-2011, 04:37 PM
Halo halo halo...
kalau PM karya Flash Fiction
jangan lupa sertain JUDULnya yah..

banyak tuh yang ga pake judul ::hihi::

porcupine
14-12-2011, 04:38 PM
ckckckck...kalian ini pada ngga baca aturan yah ::doh::


:ngopi:

BundaNa
14-12-2011, 06:27 PM
iya inti ceritanya lu habis minta kopi ketemu suster ngesot (cuma jgn ditendang ya, kalo kaga mau dituntut)::hihi::::hihi::

padahal itu yang mau gue usulin ke si landak::ngakak2::

lagi minum kopi di kedai kopi pas taun baru trus ketemu suster ngesot pas baliknya, reflek, kagak pake nendang tapi disambit golok itu suster ngesotnya::ngakak2::

tema: adalah roh yang menjiwai isi cerita
genre: settingan cerita yang melengkapi isi cerita

bener kagak sih?

etca
14-12-2011, 06:28 PM
Sampai dengan pukul 18.28 waktu nokiyem gw.
Hari ini ada tambahan 3 karya yang masuk.
Total sementara sudah ada 6 karya.

BundaNa
14-12-2011, 06:31 PM
wew...progressnya makin bagus ::Hohoho::

etca
14-12-2011, 06:36 PM
Perkiraan bisa 10 lebih ko. ;)
sip lah!

BundaNa
14-12-2011, 06:39 PM
um ancuur kemana neh? dia ikut kah?::hihi::

etca
15-12-2011, 07:59 AM
Ok kayaknya ude 7 karya yang masuk.

dan wahai saudara dan saudariku...
plis deh.. jangan lupa ama judul

BundaNa
15-12-2011, 09:05 AM
kopiers...yang namanya nulis cerita, meski sependek apapun itu musti ada judulnya yaaa *bantuin etca*::oops::

gogon
15-12-2011, 02:35 PM
atau kalo ngga ngasih judul , juri nya aja yg kasih judul ::hihi::

opera
16-12-2011, 07:49 AM
hoaaa... ikut...

etca
16-12-2011, 07:59 AM
sip sip ditunggu yahh ope..
welkambek ::bye::

opera
16-12-2011, 08:40 AM
hahahaa, udah pm....

Nharura
16-12-2011, 11:21 AM
nha!!
Terakhir pengumpulan karya tanggal 12 Januari atuh neng ;D

xixixixi::oops::::ngakak2::::hihi:: salah ngeliat berarti kemarin mbayu... gara2 flu n idung meler yg gak konsen :))

sipp mbayuu... akan meluncur,, di bikin dulu deh... hehe.... *maxsimal berapa karya mba? * (gaya... nihh... nanya aja dulu nih mba,, padahal satupun belum kebuat.. xexexexe...)::ngakak2::

gogon
16-12-2011, 02:50 PM
udah berapa karya yg masuk 'tca? :D

BundaNa
16-12-2011, 03:53 PM
iyakah...sudah banyakkah?

etca
16-12-2011, 04:31 PM
@gogon dan bundaNa
tadi sih ada 2 karya masuk lagi, eh atau 3 yah ;D
ga ngitung .. nti malam yah gw cek lagi.

BundaNa
16-12-2011, 05:08 PM
wah keren, t'nyata KM gudangnya penulis

etca
16-12-2011, 06:05 PM
Tapi ya gitu d, musti diingetin judulna ::doh::

malah ada yang 2x kirim pm
isinya sama, judulna beda.
Lhaaa :lololol:

etca
16-12-2011, 10:59 PM
Okeh.. barusan gw itungin,
ude ada 14 karya yang sudah mangsup.

---------- Post added at 10:59 PM ---------- Previous post was at 10:54 PM ----------

ups tambah satu lagi barusan..

jadi 15 karya.

bradon heat
17-12-2011, 08:49 AM
blm memulai segala sesuatu nya ::arg!::

etca
17-12-2011, 08:57 AM
blm memulai segala sesuatu nya ::arg!::

ah gara2 mikirnya berat sih.. Mikirnya mau bikin essay ;D

BundaNa
17-12-2011, 02:04 PM
blm memulai segala sesuatu nya ::arg!::

FF ituh yang penting niat bandong sayang::hihi::

bradon heat
18-12-2011, 07:52 AM
ah gara2 mikirnya berat sih.. Mikirnya mau bikin essay ;D


FF ituh yang penting niat bandong sayang::hihi::

bener2 masih 0 besar ::hihi::

Nharura
18-12-2011, 08:13 AM
ya udah bikin cerita tentang Yoona aja... saat malam tahun baru,, atau saat neraktir yoona minum kopi.. mengkhayal lahh... selama masih di bolehkannn,,hihihi::hihi::,, bikin yang gak super mungkin juga mungkin aja kok.. namanya juga fiksi... apapun jadi mungkin,,haha...::ngakak2::::hihi::

etca
18-12-2011, 11:16 AM
Barusan dapat pm FF.
Waaaa harus bayar royalti ke gw tuh. :lololol:
mentang2 gw ga bisa ikut lomba FF,
ada yang membajak keorisinilitasan dari postingan gw :lololol:

BundaNa
18-12-2011, 12:17 PM
hihihihihi...terinspirasi ya ca?

ancuur
18-12-2011, 04:05 PM
um ancuur kemana neh? dia ikut kah?::hihi::

lagi lumayan sibuk bun...
gak ikutan dolo...
ini aja udah jarang onlen ::arg!::

BundaNa
19-12-2011, 04:31 PM
weitss...keren2 neh karyanya...ayo yang blummm gampang kan nulis FF::hohoho::::hohoho::

etca
19-12-2011, 04:40 PM
yang lainnya gw copas nti malam yah.. ::oops::
mau pulangggggg :pencuri:



::hihi::

porcupine
19-12-2011, 04:42 PM
weiittssss jam segini udah pulang :ngopi:

E = mc˛
19-12-2011, 04:53 PM
wow.. keren... beberapa karya sudah menunjukan "twist" khas FF. udah ada beberapa favorit saya nih :D

etca
19-12-2011, 04:58 PM
weiittssss jam segini udah pulang :ngopi:

ini dah di angkot ::hihi::
jam kercaku 7.30-16.30 :cengir:

BTT:
Weh, keknya kelupaan bikin index. ;D

porcupine
19-12-2011, 05:01 PM
gw juga mulai kerja jam 7.30 ::arg!::

tapi belum bisa pulang..;D

anyway...keren keren FF nya

gogon
19-12-2011, 05:30 PM
para penulis handal di KM sudah mulai menunjukkan bakatnya :)

Kaine
19-12-2011, 06:12 PM
bagus-bagus euy karyanya ::nangis::

Tapi yang bapakku pencuri kopi itu...judulnya malah jadi sop iler ;D

porcupine
19-12-2011, 06:27 PM
Iya ya..harusnya jangan pake judul itu tuh

heihachiro
19-12-2011, 06:34 PM
bagus-bagus :)

ini tiap peserta boleh kirim lebih dari 1 ya?

etca
19-12-2011, 06:46 PM
bagus-bagus :)

ini tiap peserta boleh kirim lebih dari 1 ya?

yup. Boleh kirim lebih dari satu.

bradon heat
19-12-2011, 07:07 PM
butuh inspirasi ::nangis::

edit : sudah ada thread nya ..

::maap::::maap::::maap::::maap::

porcupine
19-12-2011, 07:12 PM
Lo itu contohnya kan udah ada brondong..di thread Ff nya.
Beberapa udah dirilis ama etca.
Trnggelam karena thread nya di lock jadi ngga bisa komen

bradon heat
19-12-2011, 07:15 PM
Lo itu contohnya kan udah ada brondong..di thread Ff nya.
Beberapa udah dirilis ama etca.
Trnggelam karena thread nya di lock jadi ngga bisa komen

waduh saya baru buka KM ::doh::::doh::::doh::
ternyata ada threadnya

maaf atas kesalahan saya

::maap::::maap::::maap::::maap::

porcupine
19-12-2011, 07:18 PM
Saya nantikan karya dari Brondong :D

etca
19-12-2011, 07:27 PM
waduh saya baru buka KM ::doh::::doh::::doh::
ternyata ada threadnya

maaf atas kesalahan saya

::maap::::maap::::maap::::maap::

iye. Di sini n ude disticky dari siang tadi.
http://www.kopimaya.com/forum//showthread.php?3285-Psssttt-Bocoran-Karya-Karya-Flash-Fiction&goto=newpost

gogon
20-12-2011, 10:26 AM
wow tambahannya banyak juga..

---------- Post added at 10:26 AM ---------- Previous post was at 09:32 AM ----------

udah muncul 18 karya ..
total ada berapa ya.. :D


kalo demen sama lebih dari satu karya, gimana nge-vote nya
apakah mengorbankan karya yg lain, dan memilih satu aja?

tadi sempet kepikiran, kalo masing-masing voter dibekali "modal" 100 poin
dari 100 poin itu terserah dia mau didistribusikan berapa poin ke karya2 yang dia sukai
jadi misal suka banget sama karya A, juga suka karya B dan cukup suka karya C
maka dia bisa ngasih point 50 utk A, 30 utk B dan 20 utk C

tapi ribed ya ;D

porcupine
20-12-2011, 10:41 AM
iya lebih baik gitu..pake poin ajah
soalnya yg gw suka lebih dari satu ;D

etca
20-12-2011, 11:00 AM
iya lebih baik gitu..pake poin ajah
soalnya yg gw suka lebih dari satu ;D
hmmm bisa diakalin sih :)


wow tambahannya banyak juga..
Dah muncul 18 karya ..
total ada berapa ya.. :D


kalo demen sama lebih dari satu karya, gimana nge-vote nya
apakah mengorbankan karya yg lain, dan memilih satu aja?

tadi sempet kepikiran, kalo masing-masing voter dibekali "modal" 100 poin
dari 100 poin itu terserah dia mau didistribusikan berapa poin ke karya2 yang dia sukai
jadi misal suka banget sama karya A, juga suka karya B dan cukup suka karya C
maka dia bisa ngasih point 50 utk A, 30 utk B dan 20 utk C

tapi ribed ya ;D

bisa aja mekanismenya dibuat gini.
setiap member bisa klik thanks, di mana setiap thanks akan memberikan sekian points (misalnya 50 points) pada pengarang yang dia sukai.
pada durasi waktu yang ditentukan.
di mana pada saat berlangsungnya voting,
tapi eh
GAK BISAAAAAAAAAAAAA

pengarangnya kan dihidden :lololol:
kalau klik thanks, nti yang dapat point thanks gw donk, Gon ::ngakak2::::ngakak2::

porcupine
20-12-2011, 11:02 AM
tapi kan thanks bisa dihitung manual di page nya Ca? bisa tuh sebagai salah satu cara buat voting
jadi kita ngga ngevote ke satu cerita aja

etca
20-12-2011, 11:09 AM
ah ngapain pake cara yang ribet?
kalau bisa pake klik polling dengan opsi lebih dari satu :)

kalau thanks, ya enak di gw sih,
ga usah bikin polling, malah dapat points ::hihi::

trus jurinya yang bertugas ngitungin :D
nti di hari ude habis masa polling, fitur thanks bakalan gw matiin khusus di forum agenda.
supaya tidak terjadi penambahan yang iya iya...

eh gw lupa, ini kalau klik thanks ada tanggalnya ga sih?
*soalnya tanggal thanks bisa dimunculkan ama enggak
ini imbas ga ada auto lock kek di fitur polling :D

porcupine
20-12-2011, 11:14 AM
oh ada toh opsi klik voting lebih dari satu ;D
kiran ngga ada ::hihi::

gogon
20-12-2011, 11:23 AM
ada tuw yg multiple choice
tapi ya bobotnya sama yah :D
kalo milih 3 ya masing-masing ngasih 1 poin bulet hehehe

enaknya sih ngasih bobot pada postingan
nanti juri akumulasi secara manual ;D
:kabur:

etca
20-12-2011, 11:28 AM
terserah kebijaksanaan juri aja lah. gimana baiknya
*note saya bukan juri tapi cuma bagian dari fasilitator. jadi saya ga ikut polling dan ga ikut menilai. :)

btw kalau point mau dibuat otomatis dari si pemberi point.
mohon maaf tidak dapat dilakukan karena enginenya tidak support :)

porcupine
20-12-2011, 11:38 AM
eh kirain etca juri loh ;D
terus siapa nih juri misterius nya :ngopi:

etca
20-12-2011, 11:43 AM
kagak pine, bukan saya. kan kalian pm-nya karya ke saya :)

bukannya disebutkan juri pun kagak tahu namanama pengarang karya FF ini.
jadi semuanya diharapkan betul2 valid deh keobyektifitasannya ;)

gogon
20-12-2011, 12:57 PM
eh kirain etca juri loh ;D
terus siapa nih juri misterius nya :ngopi:

kalo disebut nama jurinya sih berarti bukan misterius lagi atuh pine .... ;D

Kaine
20-12-2011, 01:09 PM
multiple choice tapi dibatesin, 3 voting aja tiap user. Untuk menghindari ada user yang voting semua karya.

etca
20-12-2011, 01:15 PM
multiple choice tapi dibatesin, 3 voting aja tiap user. Untuk menghindari ada user yang voting semua karya.

bisakah? ::ungg::
belum ngoprekin ::hihi::

atau manual juga neh ujung2nya?

etca
21-12-2011, 08:35 AM
eh kok ga ada yang kirim karya lagi nih?? ::ungg::

gogon
21-12-2011, 10:15 AM
kalo gitu ga perlu nunggu sampe 12 januari tca
kelamaan hehehehe
kasih tenggat waktu bbrp hari lagi, kalo ga ada tambahan karya yg masuk mendingan diclose saja dan langsung dikonteskan ;))

etca
21-12-2011, 10:37 AM
masalahnya dua juri baru ada waktu luang per Januari ::hihi::

heihachiro
21-12-2011, 10:38 AM
udah tetep dibuka aja....

*masihbelomngirim :P*

porcupine
21-12-2011, 10:42 AM
iya dibuka aja dulu..biar banyak yg baca juga FF nya

cha_n
21-12-2011, 11:00 AM
buka dulu dong, aku blm dapet ide nih... kan blom tahun baru, ntar cari inspirasi pas taon baru ::hohoho::

Chiizu Chan
21-12-2011, 12:42 PM
Waaah, bagus2!!!! :iamdead:

porcupine
21-12-2011, 01:12 PM
Ayo Cicu Jan, cepetan bikin juga..

anyway, banyak juga yg nik nya pake chan ya? bikin bingung...

Chiizu Chan
21-12-2011, 01:16 PM
Gausah, bingung. Panggil saya, ciz..
:D Iya, udah dapet idenya sih.. ::ungg::Tar malem kayaknya baru diketik.

etca
21-12-2011, 01:23 PM
Jangan lupa pake "enter" yah ;D
serius!!


gw selama istirahat tadi chat sambil ngakak2 ga bisa berhentiberhenti..
garagara ada yang curhat ke gw soal Flash Fiction.
duh ada-ada ajaaaaaaaaa cerita behind the story di sini ::ngakak2::::ngakak2::


sayangnya belum sempat gw ketik cerita lutunya.
sik ntar sorean kali yah..

porcupine
21-12-2011, 01:24 PM
tulis tulis tulis ::hihi::

Chiizu Chan
21-12-2011, 01:31 PM
Whahahaha, jadi penasaran ::hihi::
Siiip, ditunggu ka ceritanya.. x3

gogon
21-12-2011, 02:00 PM
masalahnya dua juri baru ada waktu luang per Januari ::hihi::
ooo gitu ya, oke deh buka aja, mudah2an nambah lagi karyanya..
minimal sama user2 yg gw quote di bawah ini xixiixixi..


udah tetep dibuka aja....
*masihbelomngirim :P*

iya dibuka aja dulu..biar banyak yg baca juga FF nya

buka dulu dong, aku blm dapet ide nih... kan blom tahun baru, ntar cari inspirasi pas taon baru ::hohoho::

sussah cari inspirasi? nongkrong di toilet ;D


Waaah, bagus2!!!! :iamdead:
jangan merendah ah
kyknya loe juga bisa bikin yg bagus nih
ehhhh.. anak baru ya.. welcome to KM :)

etca
21-12-2011, 04:12 PM
tulis tulis tulis ::hihi::

kutulis di tertawa ngakak aja yah,
keknya lebih tepat di sana ::hihi::

judul baru lebih dilirik ama orang neh ;D

Chiizu Chan
21-12-2011, 04:56 PM
kutulis di tertawa ngakak aja yah,
keknya lebih tepat di sana ::hihi::

judul baru lebih dilirik ama orang neh ;D

Udah ditulis, ka?? Dmnnya?? :D


jangan merendah ah
kyknya loe juga bisa bikin yg bagus nih
ehhhh.. anak baru ya.. welcome to KM :)

Iya, kop. Saya anak baru hari ini. Kalo besok, jadinya anak baru kmaren. :) *apa dah*
Makasih ya.. Hehe

etca
21-12-2011, 05:24 PM
Belum sempat tulis non,
tadi langsung ngabur aja bwt pulang.
Mendung buanget euy?!
Ini msh otw. Ntar mlm kalo ga kesleepingan yah ;D

ul.malik
22-12-2011, 12:15 AM
udah saya PM tuh ca, masuk kriteria kan.?

BundaNa
22-12-2011, 12:45 AM
Nambah lagi ya, ca? Taun baruan di km jd semarak ::hoho::

etca
22-12-2011, 05:11 AM
udah saya PM tuh ca, masuk kriteria kan.?
ok sip makasih.. ::up::

@BundaNa,
iya.. masih nambah lagi.. ::hihi::

Urzu 7
22-12-2011, 05:22 PM
batas akhir setor tgl 12 kan? masih lama?mikir dulu::cabul::

etca
22-12-2011, 05:38 PM
Okie dokie, ditunggu ya ju ::bye::

gogon
23-12-2011, 02:01 PM
yg baru-baru jangan dibocorin dulu
nanti ketawan siapa yg bikin ;D

etca
23-12-2011, 03:01 PM
Gak lah. Baru akan dipublish di hari akhir pengumpulan ko.
Kan tiap 2 minggu sekali.

etca
26-12-2011, 06:59 PM
Alo alo alo.. ::bye::
Ko belum nambah naskah lagi yah?

bradon heat
26-12-2011, 07:03 PM
eheemm... blm sempet ...
:run:

Kingform
26-12-2011, 08:16 PM
^
bagian paling sulit pas bikin cerita itu adalah saat mengetikkan kata pertama

bradon heat
26-12-2011, 08:21 PM
^
bagian paling sulit pas bikin cerita itu adalah saat mengetikkan kata pertama

semuanya juga langkah pertama begitu sulit ::grrr::
::hihi::

BundaNa
26-12-2011, 09:35 PM
Makanya ada saran dari beberapa penulis ngetop, menulislah begitu kamu punya ide. Kalau sudah mencapai 3 paragraf, bacalah dan hapus paragraf pertama, ganti!

Kaine
28-12-2011, 06:06 PM
si porcupine bikin blog FF bikinan dia...semua karya dia dari sini

Dan sekarang gw jadi tau yang mana yang bikinan dia ::grrr::

porcupine
28-12-2011, 06:11 PM
Holly.....gw lupa kalo di FB gw ada elo Kaine ::arg!::::arg!::

wah...Kaine mau nengokin blog gw :malumalu::sokmanis:

Kaine
28-12-2011, 06:19 PM
ngecek aja gitu...

Siapa tau loe copas karya orang

::hihi::

gogon
28-12-2011, 07:02 PM
just curious, sebenernya ada perbedaan ngga antara FF dan cerpen?
tadinya gw kira FF itu cersapen (cerita sangat pendek ;D) .
nah kalo cerpen umumnya berapa kata yah...?

BundaNa
28-12-2011, 07:32 PM
Perbedaannya, selain lebih pendek (sebenernya maksimal setauku 1000 kata, sedang cerpen minimal 1500 kata apa ya), ff lebih ada efek kejutan dibanding cerpen. Plotnya lebih sederhana dan ringkas. Ff juga bisa berupa monolog.

Er...buat ngitung halaman, ff butuh maksimal 3 halaman A4, sedang cerpen butuh minimal 8 halaman A4.

Penulis yg mempopulerkan FF kalau gak salah primadona aoa ya namanya, bareng suaminya yg penulis juga, gue lupa namanya siapa. Penulis buku BAM, bercanda atau mati.

Chiizu Chan
30-12-2011, 11:59 AM
Penulis yg mempopulerkan FF kalau gak salah primadona aoa ya namanya, bareng suaminya yg penulis juga, gue lupa namanya siapa. Penulis buku BAM, bercanda atau mati.

Primadonna Angela ama Isman H. Suryaman. :)
Judul bukunya "Jangan Berkedip"
http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/21233/jangan-berkedip.html

etca
30-12-2011, 12:54 PM
Perbedaannya,
selain lebih pendek (sebenernya maksimal setauku 1000 kata, sedang cerpen minimal 1500 kata apa ya),
ff lebih ada efek kejutan dibanding cerpen.
Plotnya lebih sederhana dan ringkas.
Ff juga bisa berupa monolog.

Er...buat ngitung halaman, ff butuh maksimal 3 halaman A4, sedang cerpen butuh minimal 8 halaman A4.

Penulis yg mempopulerkan FF kalau gak salah primadona aoa ya namanya, bareng suaminya yg penulis juga, gue lupa namanya siapa. Penulis buku BAM, bercanda atau mati.

Hooo udah ada bocoran blink-blinknya tuh mengenai FF.
ayo yang mau bikin FF, silahkan kirim lagi ::hohoho::



Primadonna Angela ama Isman H. Suryaman. :)
Judul bukunya "Jangan Berkedip"
http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/21233/jangan-berkedip.html

thx for sharing Chiizu..

Chiizu Chan
30-12-2011, 02:14 PM
thx for sharing Chiizu..

udah ada updatean FF yang masuk lagi belom, caa?? :D
Mau baca... ::cabul::

etca
30-12-2011, 02:19 PM
haahhaha launchingnya per 2 minggu sekali non
takutnya nanti ketahuan itu punya siapa aja ;)

Chiizu Chan
30-12-2011, 02:28 PM
Ooh... Kapan tuh kira-kira?? Hehehehe.. ::clap2::
Udah nambah berapa dari yang terakhir diposting?? :3

gogon
30-12-2011, 11:04 PM
nanya mulu. Udah ngirim blom? ;D

BundaNa
31-12-2011, 10:07 AM
ah ya, Primadona Angela *thx chiizu*

Ya ya Mas Isman, blogger aktip yang ramah baik hati dan tidak sombong tapi saya gak mudeng sama joke2nya :D

etca
09-01-2012, 10:18 PM
Dear kopiers,

Pengumpulan FF paling lambat tanggal 12 Januari yah.
Dalam satu minggu ini baru 3 FF yang masuk lagi.
Yang belum ngumpulin, ayooo donkk tulistulis.

etca
10-01-2012, 02:47 PM
Sip sip barusan masuk 1 karya lagi..
yang lainnya tetap ditunggu yah...

etca
13-01-2012, 02:27 PM
Dear kopiers,

Thread ini saya lock yah. ::bye::
Terimakasih banyak atas atensi kalian.

Silahkan dipilih Flash Fiction favorite kalian di sini (http://www.kopimaya.com/forum/showthread.php?3285-Mana-Flash-Fiction-Pilihan-kamu) ::hohoho::::hohoho::