PDA

View Full Version : Mira W + Marga T (dan novel romance Indonesia lainnya)



Nharura
05-12-2011, 09:51 AM
Mencintai Karya-Karya Beliau sejak SMP,, jika tidak ada kerjaan, dan gak ada pelajaran, sering nongkrong baca novel Mira W, awalnya karena dulu pernah nonton sinetron yang di duplikasi dari karya Mira w,, yang judulnya Cinta dua Dara (Lara dan Lina), si kembar yang keren,, duhh... betapa menyukai sinetron ini,, hingga ngubek2 Novel Mira W, akhirnya malah suka sama konflik2 yang di usung Mira W, yang gak takut di tinggalkan pembaca dengan konflik mendalamnya,, tapi lama kelamaan makin suka,, karena gak bosen baca karya Mira W, di bandingkan Harlequee,atau sandra brown,, lebih menyukai karya Lokal, seperti Mira W ini,, gak terlalu panjang, tapi berkesan^^ alias gak bosenn bacanya::hihi::

Sebut saja, Karya Mira W "di sydney cintaku berlabuh","Cinta menyapa dalam badai","bukan istri pengganti, "Kemuning (dokter prisa)", "Masih ada kereta yang lewat", "disini pertama kali cinta kita bersemi"

cerita yang banyak konflik, dengan penyelesaian yang manis, tak harus semuanya Happy ending....

dibanding Novel2 Djenar, atau Dee... diriku mah lebih menyukai Karya Mira W, meski tema yang diusungnya teman yang Kontroversi,, tapi akhirnya bagus, gak lebay dan aneh2... sip deh.. berkesan, sampai sekrang masih ingat cerita2nya,,,::hihi::

ada yang suka juga gak?

nerissa
05-12-2011, 10:10 AM
Novelnya Djenar dan dee kan agak agak berbau sastra2 gitu
aku jg suka novel mira w.

santai dan gampang dimengerti
merakyat banget dah :)

tukeran yok
:D

E = mc˛
05-12-2011, 10:36 AM
hihi, dr dulu saya gak pernah bisa bedain antara 1 buku Mira W dg buku dia yg lain, kafer bunga-bunganya di mata saya sama semua ::hihi::

ndugu
05-12-2011, 11:11 AM
nyokap lengkap tuh koleksi buku mira w dan marga t ::elaugh:: bener2 dikoleksi dari buku terbitan pertama mereka..
buatku hasil buku2 mereka yang di awal2 karir mereka lebih mengesankan deh.
sedangkan beberapa yang terakhir saya baca (sekian taon yang lalu), agak berlebihan plot ceritanya :cengir:

rumus... cariin donk ebook2 karya mira w dan marga t, yang pdf ya kalo bisa :cengir: saya pengen baca lagi nih..

E = mc˛
05-12-2011, 11:45 AM
@Ndugu:

as you wish (http://www.kopimaya.com/forum/showthread.php?2546-eBook-WareHouse-Kopimaya-(Boleh-Rikues-di-Sini)&p=104868&viewfull=1#post104868)

ndugu
05-12-2011, 11:50 AM
thanks!
tapi convert-in ke pdf donk mus ::ungg::

banyak nuntutnya ya :cengir:

BundaNa
05-12-2011, 12:06 PM
jaman SD (ketauan ye::hihi::) kelas 5 atau 6 udah mule bawa Mira W sama Marga T, SMP-SMA ke Harlequin...saat itu jiwa saya masih romantis2nya

sekarang...kebanyakan nyari dongeng::hihi::

E = mc˛
05-12-2011, 12:14 PM
thanks!
tapi convert-in ke pdf donk mus ::ungg::

banyak nuntutnya ya :cengir:

dikonversi aja pake ini (http://www.convertdjvutopdf.com/)

Nharura
05-12-2011, 02:31 PM
Novelnya Djenar dan dee kan agak agak berbau sastra2 gitu
aku jg suka novel mira w.

santai dan gampang dimengerti
merakyat banget dah :)

tukeran yok
:D
ayookk... aishh... andai rumah kita deketan,, langsung dehh diriku ke tempatmu..hihi... tuker2an::oops::,, atw numpang baca Mira W-nya,, disini koleksinya sedikit sekali,, masih banyak koleksi yang gak begitu lengkap.. dulu bacanya di perpus aja,, skrg,, baru 5 biji punya buku Mira w::ngakak2::,, lebihnya baca di perpusda,, tapi musti 2 jam euy ke perpusdanya skrg::nangis::


hihi, dr dulu saya gak pernah bisa bedain antara 1 buku Mira W dg buku dia yg lain, kafer bunga-bunganya di mata saya sama semua ::hihi::
ituuu dia khasnya,, paling suka dengan Mira W,,karena covernya bunga2,, dan maniss2 judulnya... ^^

nyokap lengkap tuh koleksi buku mira w dan marga t ::elaugh:: bener2 dikoleksi dari buku terbitan pertama mereka..
buatku hasil buku2 mereka yang di awal2 karir mereka lebih mengesankan deh.
sedangkan beberapa yang terakhir saya baca (sekian taon yang lalu), agak berlebihan plot ceritanya :cengir:

rumus... cariin donk ebook2 karya mira w dan marga t, yang pdf ya kalo bisa :cengir: saya pengen baca lagi nih..

wuahhh.. keyeennnn.... saya juga pengen... *berharap ke pasar senen lagi deh, nyari buku mira w zaman bahulaa::oops::* tapi karya2 Mira W bagus2,, yang dulu2 biasanya ada novelnya di perpusda,, banyak juga berjejer2,, duhhh betahh deh lama2 di perpusda,, gak nyangka aja bisa berjam2 disana::hihi::,, kalau Marga T juga pernah baca,, tapi lupa judulnya,, terlalu "tebal" haha.... jarang bisa bikin penasaran,, klw Mira W,, tiap lembar selalu bikin penasaran::hihi::

red>,<hair
17-12-2011, 09:23 PM
;D kok gw malah g suka y mira w ma marga t ... sukanya mara gd ama v lestari

Porcelain Doll
20-12-2011, 08:20 AM
berarti lo penggemar misteri, red :D

g cuma suka beberapa novelnya aja
yg masih g inget banget sampe sekarang tuh, dan fave g...Semburat Pelangi di Pantai Senggigi sama satu lagi lupa judulnya ;D
pokoknya tentang pasangan pengantin baru yg sok cuek2an sampe akhirnya jatuh cinta beneran

Mira W dan Marga T biasanya banyak berkutat di dunia kedokteran cerita2nya
dan terutama Marga T, penggambaran tokoh2nya dan namanya...almost perfect ;D
bikin ngawang2 gitu dan gregetan *eh jadi OOT soalnya g lebih demen Marga T*

novel2nya emang lebih bagus yg produksi2 awal ;)
kesini2 makin gajebo...kepengaruh sinetron kali ya :p

btw...gimana kalo judulnya diganti, ditambah buat ngebahas novel2nya Marga T juga

*buru2 ke thread rumus buat download novel2 lama mereka*

E = mc˛
20-12-2011, 08:31 AM
jadi gimana nih, judul tretnya saya ganti aja?

*mondar-mandir sambil bawa kapur buat coret-coret judul thread*

ndugu
20-12-2011, 12:47 PM
Mira W dan Marga T biasanya banyak berkutat di dunia kedokteran cerita2nya
dan terutama Marga T, penggambaran tokoh2nya dan namanya...almost perfect ;D
bikin ngawang2 gitu dan gregetan *eh jadi OOT soalnya g lebih demen Marga T*

novel2nya emang lebih bagus yg produksi2 awal ;)
kesini2 makin gajebo...kepengaruh sinetron kali ya :p

bener kan.. saya juga ngerasa novel2 jaman awalnya lebih bagus.. yang belakangan rada2 dipaksakan menurutku, dan terlalu banyak pake alasan psikologi ::elaugh:: bosen juga jadinya.. kalo baca buku mira w dan marga t, bener2 ga bole back to back deh, kalo ga, saya sering ketuker2 karakternya.. soalnya mirip2 semua :lololol: dokter mulu, terutama marga t. kalo mira w masi sedikit bervariasi kadang..

Porcelain Doll
20-12-2011, 12:51 PM
ya itu dia...Marga T itu hobi menggabung2kan dunia tokoh2nya
semuanya kerja di RS atau klinik yg sama, atau kakak iparnya A
lain waktu adiknya B..etc etc...;D

ndugu
20-12-2011, 01:04 PM
iyaaaaaa.. :lololol:
bener, saya inget pernah baca buku2 yang inter-related gitu.. karakter utama yang awalnya dari satu buku, masi kebawa sampe ke buku laennya walo sebagai figuran :cengir: ibuku pernah cerita, katanya ada bukunya yang bener2 dikumpulin semua karakter2 dari buku2nya yang laen.. lucu ya,menarik juga sih idenya. cuman kupikir, hanya pembaca2 setia buku marga t baru bisa menghargai dan mengapresiasi konsep itu.. buat orang yang kebetulan baca buku itu sebagai buku pertama marga t mereka, yah bakal ga tau kalo itu ternyata ada kumpulan karakter2 dari buku2 laen :cengir:

Porcelain Doll
20-12-2011, 01:49 PM
memang
tadinya...g ga terlalu tertarik baca novel2nya Marga T
malah, g ga tertarik sama sekali baca novel

mulai tertarik itu pas baca Agatha Christie
terus lanjut ke beberapa novel indo, salah satunya ya Marga T
buku pertamanya yg g beli itu, Seribu Tahun Aku Menanti, cmiiw
g langsung suka banget sama chemistry greget antar tokoh utamanya
tapi lama2 sih STD banget...semua tokoh utamanya pasti rata2 sok benci2an..padahal suka...;D

cuma tetep aja selalu pengen baca lagi, baca lagi
yg temanya agak berat itu OTEBA, berseri pula...::doh::, mulai dari Kishi, Oteba, dan terakhir apa gitu..lupa
bukunya yg lain yg terbaru dan akhir2 ini g udah ga ngikutin
selain karena tema ceritanya males (tentang korban salah satu peristiwa berdarah di Jakarta), g cenderung menghindari novel2 bertema terlalu berat untuk dicerna
kecuali kalo g beneran niat bacanya atau pengarangnya super hebat bisa bikin g baca terus dan terus :P

danalingga
20-12-2011, 02:10 PM
Wah, kalo gue sukanya Kho Ping Ho sama SB Candra.

Nan_Chan
20-12-2011, 04:20 PM
Cuma pernah baca novel Marga T yang judulnya Karmila.
tapi karena waktu itu masih SD,, ceritanya masih terlalu berat dan bahkan waktu bacanya juga lama...
jadi ga begitu menikmati.. sekarang gara gara baca trid ini jadi pengen baca...

nerissa.... tinggalnya dimana??? ::hihi::

keremus
29-01-2012, 01:51 AM
Karena dokter, banyak novel Mira W yang bercerita dengan latar
kedokteran. Entah tokohnya. Entah kampusnya. Ringan dan bahan
yang sangat baik buat film2 Indonesia waktu itu. Saya ndak ingat
lagi yang mana novel2 Mira W yang diangkat ke film, rasanya banyak.


Saya lebih suka Marga T karena novel2nya sedikit lebih 'berat'
(dibandingkan Mira W) dalam arti lebih rumit. Entah mengapa, diantara
novel2 Marga T yang pernah saya baca, saya paling suka GEMA SEBUAH
HATI. Mungkin karena latar historisnya : Indonesia, tepatnya, Jakarta
pasca revolusi. Universitas Trisakti baru berdiri (namanya Res Publica),
mahasiswa-nya berkubu-kubu menurut aliran politik. Romantika mahasiswa.
Kultur Tionghoa ( kalo ndak salah Mira W dan Marga T Chinese).



Dan akhir yang menyedihkan :)

---------- Post added at 12:32 AM ---------- Previous post was at 12:21 AM ----------

Salah satu novelis favorit saya : Marianne Katoppo (alm).
Sepertinya tidak terlalu banyak bikin novel. Salah satu
novelnya yang terkenal dan saya suka banget: RAUMANEN.

Gaya bahasanya puitis, teknik bercerita meski tidak baru,
menarik. Membaca masalah dalam novel ini berasa 'Indonesia
banget' meski problemanya tak khas Indonesia dan melanda
banyak manusia di muka bumi ini. Akhir cerita terduga. Tiga
kata dari saya untuk meringkas novel ini : indah, cerdas, magis.


Mengambil latar -lagi-lagi dunia mahasiswa. Pikir2, jangan2
saya ini memang suka cerita berlatar aktivis mahasiswa gitu
ya ? Hehehe. Kan GEMA SEBUAH HATI-nya Marga Tpun menyentuh
dunia mahasiswa yang aktivis.


Selain itu, mungkin karena saya kagum tokoh Marianne Katoppo
yang menguasai banyak sekali bahasa :)


Novel RAUMANEN ini memenangkan penghargaan Dewan Kesenian Jakarta (1975),
Yayasan Buku Utama (1978), South East Asian Writer (1982)

(ngutip dek wiki)



Btw, ada yang inget tampang perempuan sebagai cover RAUMANEN ?
Siapa dia ya? Wajahnya klasik betul.

---------- Post added at 12:51 AM ---------- Previous post was at 12:32 AM ----------

Akhirnya nemu tampang novel Raumanen cetakan awal:


http://4.bp.blogspot.com/-azBEVplSoPw/TfcdyYG5-2I/AAAAAAAABiQ/vTJTYbwA6hs/s400/1454.JPG

Porcelain Doll
29-01-2012, 09:18 AM
^mirip2 lydia kandau ya :cengir:

E = mc˛
29-01-2012, 12:08 PM
saya mengenal buku Raumanen karena guru bahasa Indonesia saya sangat favorit dan mempromosikan buku tsb secara aktif di pelajaran sastra modern Indonesia ;D

tapi yg versi cetakan buat DepDikNas, gak pake cover cewek itu -_-

Coba kalau pake cover itu, mungkin bakal lebih banyak cowok SMA yg baca buku itu ::hihi::

Parameswara Li
29-01-2012, 02:46 PM
Kultur Tionghoa ( kalo ndak salah Mira W dan Marga T Chinese).


Mira W=Mira Wijaya
Marga T=Marga Tjoa/Tjoa Liang Tjoe [蔡良珠]

keremus
29-01-2012, 03:42 PM
Mira W=Mira Wijaya
Marga T=Marga Tjoa/Tjoa Liang Tjoe [蔡良珠]

Dua pengarang ini kehidupan pribadinya jarang terekspos ya,
bahkan foto mereka pun sangat jarang. Beda banget dengan
novelis zaman sekarang yang bak selebriti. Saya cuma sekali
lihat foto Mira W, macam pas foto gitu, Marga T, ndak tau
aku tampangnya gimana...

Kalo ndak salah Mira W udah wafat ya?

Yang jelas keduanya tergolong produktif dan stabil karir
kepenulisannya ya. Artinya, selalu melahirkan novel setelah
satu novel selesai.

Novelis lain ada juga tuh ; Maria A Sardjono (yang tokoh dan
alur cerita antara satu novel dan novel lainnya mirip rip),
Nina Pane, Titie Said.


Kalo yg genre detektif V.Lestari, S.Mara GD, ini pun saya ndak
tau orangnya...

Parameswara Li
29-01-2012, 03:52 PM
Setahu saya Mira W masih hidup kok. Dia dokter sekaligus dosen.

tuscany
30-01-2012, 02:03 PM
Gema Sebuah Hati...sampe nangis bacanya. Tapi ada sambungannya kok. Novel ini latar sejarahnya cukup kuat, jadi nggak cuma sekedar cinta2an doang.

Satu lagi novel Marga T berlatar sejarah yaitu Balada Sungai Musi. Keren juga.

Baca Karmila setelah nonton sinetronnya Paramitha Rusadi. Ranjau-ranjau Cinta juga. Keknya si Paramitha cocok banget meranin tokoh2 cewek dari novel Marga T.

Rumahku Istanaku, novel anak-anak yang bagus banget.

Dan favorit saya: Tesa

Masih banyak lagi karangan MT yang saya lupa judulnya. Ada yang belum tuntas baca sampe sekarang karena cuma ketemu seri pertama. Kalo yang terbitan tahun 2000 ke atas males bacanya. Walaupun beberapa tokoh lama suka muncul lagi.

Nharura
07-05-2012, 04:30 PM
kenapa ya, novel Mira W udah gak ada lg di gramedia samarinda? Padahal aku dah nyiapin wkt bli novelnya,tapi malah gak dipajang,,kalah kali ya sma novel2 asing:(