PDA

View Full Version : Tipe Apakah Kamu?



etca
26-11-2011, 06:20 AM
TIGA JENIS GAYA BELAJAR

Dalam buku Quantum Learning dipaparkan 3 modalitas belajar seseorang yaitu :
“modalitas visual, auditori atau kinestetik (V-A-K).
Walaupun masing2 dari kita belajar dengan menggunakan ketiga modlaitas ini pada tahapan tertentu,
kebanyakan orang lebih cenderung pada salah satu di antara ketiganya”.


1. Visual (belajar dengan cara melihat)

Lirikan ke atas bila berbicara, berbicara dengan cepat.
Bagi siswa yang bergaya belajar visual, yang memegang peranan penting adalah mata / penglihatan ( visual ),
dalam hal ini metode pengajaran yang digunakan guru sebaiknya lebih banyak / dititikberatkan pada peragaan / media,
ajak mereka ke obyek-obyek yang berkaitan dengan pelajaran tersebut,
atau dengan cara menunjukkan alat peraganya langsung pada siswa atau menggambarkannya di papan tulis.
Anak yang mempunyai gaya belajar visual harus melihat bahasa tubuh dan ekspresi muka gurunya untuk mengerti materi pelajaran.
Mereka cenderung untuk duduk di depan agar dapat melihat dengan jelas.
Mereka berpikir menggunakan gambar-gambar di otak mereka
dan belajar lebih cepat dengan menggunakan tampilan-tampilan visual,
seperti diagram, buku pelajaran bergambar, dan video.
Di dalam kelas, anak visual lebih suka mencatat sampai detil-detilnya untuk mendapatkan informasi.

Ciri-ciri gaya belajar visual :

Bicara agak cepat
Mementingkan penampilan dalam berpakaian/presentasi
Tidak mudah terganggu oleh keributan
Mengingat yang dilihat, dari pada yang didengar
Lebih suka membaca dari pada dibacakan
Pembaca cepat dan tekun
Seringkali mengetahui apa yang harus dikatakan, tapi tidak pandai memilih kata-kata
Lebih suka melakukan demonstrasi dari pada pidato
Lebih suka musik dari pada seni
Mempunyai masalah untuk mengingat instruksi verbal kecuali jika ditulis, dan seringkali minta bantuan orang untuk mengulanginya


Strategi untuk mempermudah proses belajar anak visual :

Gunakan materi visual seperti, gambar-gambar, diagram dan peta
Gunakan warna untuk menghilite hal-hal penting.
Ajak anak untuk membaca buku-buku berilustrasi.
Gunakan multi-media (contohnya: komputer dan video).
Ajak anak untuk mencoba mengilustrasikan ide-idenya ke dalam gambar.



2. Auditori (belajar dengan cara mendengar)

Lirikan ke kiri/ke kanan mendatar bila berbicara, berbicara sedang2 saja.

Siswa yang bertipe auditori mengandalkan kesuksesan belajarnya melalui telinga ( alat pendengarannya ),
untuk itu maka guru sebaiknya harus memperhatikan siswanya hingga ke alat pendengarannya.
Anak yang mempunyai gaya belajar auditori dapat belajar lebih cepat dengan menggunakan diskusi verbal
dan mendengarkan apa yang guru katakan.
Anak auditori dapat mencerna makna yang disampaikan melalui tone suara, pitch (tinggi rendahnya),
kecepatan berbicara dan hal-hal auditori lainnya.
Informasi tertulis terkadang mempunyai makna yang minim bagi anak auditori mendengarkannya.
Anak-anak seperi ini biasanya dapat menghafal lebih cepat dengan membaca teks dengan keras dan mendengarkan kaset.

Ciri-ciri gaya belajar auditori :

Saat bekerja suka bicara kepada diri sendiri
Penampilan rapi
Mudah terganggu oleh keributan
Belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusikan dari pada yang dilihat
Senang membaca dengan keras dan mendengarkan
Menggerakkan bibir mereka dan mengucapkan tulisan di buku ketika membaca
Biasanya ia pembicara yang fasih
Lebih pandai mengeja dengan keras daripada menuliskannya
Lebih suka gurauan lisan daripada membaca komik
Mempunyai masalah dengan pekerjaan-pekerjaan yang melibatkan Visual
Berbicara dalam irama yang terpola
Dapat mengulangi kembali dan menirukan nada, berirama dan warna suara



Strategi untuk mempermudah proses belajar anak auditori :

Ajak anak untuk ikut berpartisipasi dalam diskusi baik di dalam kelas maupun di dalam keluarga.
Dorong anak untuk membaca materi pelajaran dengan keras.
Gunakan musik untuk mengajarkan anak.
Diskusikan ide dengan anak secara verbal.
Biarkan anak merekam materi pelajarannya ke dalam kaset dan dorong dia untuk mendengarkannya sebelum tidur.





3. Kinestetik (belajar dengan cara bergerak, bekerja dan menyentuh)

Lirikan ke bawah bila berbicara, berbicara lebih lambat.

Anak yang mempunyai gaya belajar kinestetik belajar melalui bergerak, menyentuh, dan melakukan.
Anak seperti ini sulit untuk duduk diam berjam-jam karena keinginan mereka untuk beraktifitas
dan eksplorasi sangatlah kuat. Siswa yang bergaya belajar ini belajarnya melalui gerak dan sentuhan.

Ciri-ciri gaya belajar kinestetik :

Berbicara perlahan
Penampilan rapi
Tidak terlalu mudah terganggu dengan situasi keributan
Belajar melalui memanipulasi dan praktek
Menghafal dengan cara berjalan dan melihat
Menggunakan jari sebagai petunjuk ketika membaca
Merasa kesulitan untuk menulis tetapi hebat dalam bercerita
Menyukai buku-buku dan mereka mencerminkan aksi dengan gerakan tubuh saat membaca
Menyukai permainan yang menyibukkan
Tidak dapat mengingat geografi, kecuali jika mereka memang pernah berada di tempat itu
Menyentuh orang untuk mendapatkan perhatian mereka Menggunakan kata-kata yang mengandung aksi



Strategi untuk mempermudah proses belajar anak kinestetik:


Jangan paksakan anak untuk belajar sampai berjam-jam
Ajak anak untuk belajar sambil mengeksplorasi lingkungannya (contohnya: ajak dia baca sambil bersepeda, gunakan obyek sesungguhnya untuk belajar konsep baru).
Izinkan anak untuk mengunyah permen karet pada saat belajar.
Gunakan warna terang untuk menghilite hal-hal penting dalam bacaan.
Izinkan anak untuk belajar sambil mendengarkan musik.

aya_muaya
26-11-2011, 06:45 AM
kinestetik.. Belajar harus melalui upaya pencatatan, sembari mendengarkan musik dan menghubungkannya sehingga membuat sebuah cerita,
lalu bum! Jadilah..

*meski beberapa hari kemudian aku bakal bilang : keanya ada yang bilang bla bla bla.... -meski tyt itu hasil membaca

heihachiro
26-11-2011, 07:37 AM
visual, lebih inget kalo dikasih nota dinas daripada sekedar dibilangin :P

cha_n
26-11-2011, 08:08 AM
setahuku kebanyakan orang emang bertipe visual (pernah baca di mana gitulah)
paling sedikit kinestesik.

metoda pembelajaran di sekolah umumnya metode visual, karena itu harus pinter2 kalau punya anak dengan metode balajar yang lain jadi tersingkir dan terlihat bodoh, mungkin bukan soal bodoh, hanya metode belajarnya harus diubah.

aku cenderung ke auditori, ga bisa konsentrasi kalau ada musik, suka menggerakkan mulut kalau baca, kalau perlu kuucapkan lagi biar lebih ngerti.

porcupine
26-11-2011, 09:21 AM
Aku visual Ca...

dan ya...istriku bilang I'm not a good listener ;D
bos ku bilang aku musti perbaikin cara presentasi ;D

KLOP! ::ngakak2::

itsreza
26-11-2011, 10:37 AM
saya cenderung auditori, kesulitan kalau belajar di ruang kelas
lebih mengerti saat belajar sendiri dengan earphone terpasang
sering bersuara saat membaca, dan berbicara pada diri sendiri

etca
26-11-2011, 10:45 AM
Gw antara visual n kinetik.
Tapi lebih ke visual.

Yg di bagian geografi itu, asli gw banget.
Paling parah n ga bisa ingat pemetaan geografi ;D

BundaNa
26-11-2011, 11:38 AM
aku kinestetik, naomi auditori

etca
26-11-2011, 11:57 AM
kalau nadhira?
belum ketahuan pa ya?? ::hihi::

Urzu 7
26-11-2011, 12:10 PM
Auditore Ezio

beastmen85
26-11-2011, 04:21 PM
keknya gw visual dgn sedikit auditori tak ketinggalan sedikit bumbu kinestetik agar lebih romantis, serta tentunya selalu belajar dgn mendengarkan musik hard techno sambil menutup mata juga membayangkan grafik2 dan ilustrasi penuh warna, semua itu diimbangi dgn tarian sebagai faktor kinestetik, sebuah tarian penuh hasrat seirama dgn dentuman musik hard techno

red>,<hair
13-12-2011, 10:16 PM
keknya kek eluu de Ca Visual ma kinetik tp cenderung visual ::hihi::

etca
13-12-2011, 10:18 PM
keknya kek eluu de Ca Visual ma kinetik tp cenderung visual ::hihi::
pasti samasama parah di geografi kan?
jadi keinget cerita elu, pasca Yogya gempa...
lo dah ga ngenalin pengkolan yang menuju ke kantormu sendiri ::doh::
::ngakak2::::ngakak2::

red>,<hair
13-12-2011, 10:47 PM
::grrr:: iye ... ancer2nya uda musna gt gmn gw g kesasar

Porcelain Doll
14-12-2011, 01:01 PM
g kinestetik...
apa2 mesti dipraktekkin ;D kalo ga susah ngingetnya
ada sedikit kecenderungan visual juga

spears
14-12-2011, 07:47 PM
gw tipe Visual. he he. so many things going on in my head, i just don't find the righ way to say it... :iamdead:

Porcelain Doll
14-12-2011, 08:06 PM
ah...g juga ngerasain itu, spears...
kayanya kalo di kepala itu hebat banget gambarannya....
sayang...verbal g emang parah kekurangannya ;D
apakah itu menjadikan g seorang yg visual?
tapi g lebih gampang mempelajari sesuatu dengan melihat dan mempraktekkannya...

Yuki
14-12-2011, 08:16 PM
saya kinestetik kayanya

soalnya ketika menghapal, saya harus uring-uringan, gak bisa diem

Alip
14-12-2011, 08:28 PM
Kinestetik akut...

Sering "hilang" kalau melihat atau mendengar... tapi pasti fokus abis kalau sudah sampai ke "rasa" dan "merasakan"... paling suka berekspresi dengan gerak... makanya betah ngapalin jurus atau tarian...

Tapi jadi minoritas di dunia... ::nangis::
Kalau meeting atau lihat presentasi musti pegang sesuatu atau bergerak kesana-kemari supaya bisa tetep fokus... jangan harap saya duduk manis di ruang meeting ::bye::

spears
14-12-2011, 08:30 PM
@Porcellain Doll : im definetely Visual yan, soalnya definisinya dari no 1 sampe 10 itu guweeee bangeeetttt ::hohoho:: palagi yg di bold tuh amat sangat akhu bangeettt ::hihi::

TIGA JENIS GAYA BELAJAR

Ciri-ciri gaya belajar visual :

Bicara agak cepat
Mementingkan penampilan dalam berpakaian/presentasi
Tidak mudah terganggu oleh keributan
Mengingat yang dilihat, dari pada yang didengar
Lebih suka membaca dari pada dibacakan
Pembaca cepat dan tekun
Seringkali mengetahui apa yang harus dikatakan, tapi tidak pandai memilih kata-kata
Lebih suka melakukan demonstrasi dari pada pidato
Lebih suka musik dari pada seni
Mempunyai masalah untuk mengingat instruksi verbal kecuali jika ditulis, dan seringkali minta bantuan orang untuk mengulanginya





TIGA JENIS GAYA BELAJAR

Anak yang mempunyai gaya belajar visual harus melihat bahasa tubuh dan ekspresi muka gurunya untuk mengerti materi pelajaran.
Mereka cenderung untuk duduk di depan agar dapat melihat dengan jelas.
Mereka berpikir menggunakan gambar-gambar di otak mereka
dan belajar lebih cepat dengan menggunakan tampilan-tampilan visual,
seperti diagram, buku pelajaran bergambar, dan video.
Di dalam kelas, anak visual lebih suka mencatat sampai detil-detilnya untuk mendapatkan informasi.



ah ya ini juga..
gw jaman sekolah (sampe skrg klo ada rapat or seminar) gw pasti pilih duduk paling depan, atau minimal baris ke dua...makin depan makin seneng ::hihi::
klo pake tampilan visual (diagram,video,etc)gw semangat...that's true :ngopi:
dan suka mencatat sampai detil :iamdead: bener bgt...bikin capek sbnrnya...

but, i accepted the way i am deh ::ungg::

Yuki
14-12-2011, 09:50 PM
tunggu.....jadi kalo kinestetik itu di dalam kelas harus jalan-jalan selagi guru menerangkan? ;D

Alip
15-12-2011, 05:14 AM
Iyah ::hihi::

Makanya anak-anak kinestetik kayak saya dulu menderita banget di sekolahan yang sangat berpihak pada kaum visual dan auditoris... harus duduk manis kayak gula merah...

Baru sadar waktu di kuliah ada professor yang paham hal ini dan nyuruh saya jalan-jalan di sekeliling kelas, duduk di kursi beliau, lempar-lempar bola, atau muter-muter pulpen. Alhasil di mata kuliah beliau saya dapat A++ di tengah semester dan tidak perlu lagi ikut ujian...::bye::

BundaNa
15-12-2011, 09:45 AM
kalau nadhira?
belum ketahuan pa ya?? ::hihi::

nadhira kinestetik ca...dia kan lagi demen ekplore::hihi::

eh tapi apa Naomi kinestetik yah? Tapi daya tangkapnya lewat telinga cepet, peka mendengar suara sekecil apapun sehingga kalau belajar dalam keadaan TV atau ada musik nyala, alamat dia sibuk nyanyi deh mengikuti musik, tangan berhenti mengerjakan PR

---------- Post added at 09:45 AM ---------- Previous post was at 09:43 AM ----------


Iyah ::hihi::

Makanya anak-anak kinestetik kayak saya dulu menderita banget di sekolahan yang sangat berpihak pada kaum visual dan auditoris... harus duduk manis kayak gula merah...

Baru sadar waktu di kuliah ada professor yang paham hal ini dan nyuruh saya jalan-jalan di sekeliling kelas, duduk di kursi beliau, lempar-lempar bola, atau muter-muter pulpen. Alhasil di mata kuliah beliau saya dapat A++ di tengah semester dan tidak perlu lagi ikut ujian...::bye::

sekolah sekarang sudah moving class grandpa, juga sistemnya active learning...jadi sudah bsia menampung anak kinestetik juga kog

kecuali guru2 sepuh, yang menganggap anak2 kinestetik adalah anak nakal::hihi::

Alip
15-12-2011, 11:25 AM
sekolah sekarang sudah moving class grandpa, juga sistemnya active learning...jadi sudah bsia menampung anak kinestetik juga kog

kecuali guru2 sepuh, yang menganggap anak2 kinestetik adalah anak nakal::hihi::

Maka itu, jadi ngiri sama anak-anak sekarang ::nangis::
Waktu saya sekolah dulu rasanya jadi pingin berantem ajah, habis naluri dasar gak boleh disalurin...
:iamdead:

BundaNa
15-12-2011, 04:05 PM
ya wajar grandpa, jaman kan semakin maju. Besok2 anak2 gak perlu masuk sekolah, cukup tatap muka pake webcam::ngakak2::

Porcelain Doll
15-12-2011, 04:15 PM
g bisa sih duduk manis di kelas...asal ada sesuatu buat pengalihan aja...
makanya hobi nyoret2 sesuatu di kelas...
kalo ga...bisa dipastiin g bakalan ngantuk banget trus ketiduran ::hihi::

*masih bingung apa g kinestetik apa visual*

BundaNa
15-12-2011, 04:20 PM
g bisa sih duduk manis di kelas...asal ada sesuatu buat pengalihan aja...
makanya hobi nyoret2 sesuatu di kelas...
kalo ga...bisa dipastiin g bakalan ngantuk banget trus ketiduran ::hihi::

*masih bingung apa g kinestetik apa visual*

kog sama sama saya pas sekolah ya? kalau gak coret2 buku atau menggoyang2kan kaki, dijamin gelisah

Yuki
15-12-2011, 04:40 PM
alip: atau bisa aja dikasih A (pake + +) supaya dia gak bertemu ama elu lagi

;D

Alip
15-12-2011, 06:48 PM
Biarin... yang penting transkripnya jadi bagus ::ngakak2::