PDA

View Full Version : [share] a liter of light



ndugu
30-10-2011, 01:04 PM
http://www.youtube.com/watch?v=o-Fpsw_yYPg

dari http://isanglitrongliwanag.org/

Cuman mo share aja video ini :cengir:
sangat simpel, tapi ide bagus dan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas kehidupan mereka..
oya, ini di filipina

E = mc²
30-10-2011, 01:51 PM
wow. keren. idenya sangat sederhana sekali yah? ;D

etca
30-10-2011, 02:17 PM
Critain dunk. Gw lg d tengah sawah nih keretanya. Huhu.
Dapat signalnya edge doank ;D

porcupine
30-10-2011, 02:23 PM
Keren....
@ Etca, ngga seru kalo diceritain..mending nonton langsung ::hihi::

etca
30-10-2011, 02:38 PM
Signal di pedesaan Losari, Brebes masi edge
belum bisa liat youtubena ;D

porcupine
30-10-2011, 02:42 PM
Ngga apa Etca...sabar aja ya...lebih bagus ditonton sendiri ::hihi::

*bikin etca ngga bisa tidur karena penasaran*:run:

etca
30-10-2011, 03:51 PM
udahhhhhhhhhhhhh liat!! huhuhuhuhu
beneran tuh cuma dikasi air doank,
kalau ujan ntar dempulannya yang buat nyelipin botol itu jadi rembes gimana? ::oops::

porcupine
30-10-2011, 07:45 PM
^ itu airnya ditambah bleach Etca...

etca
31-10-2011, 03:19 AM
gw mikir, buat beli dempulannya ama buat beli lampu mahalan mana?
kalau cuma semen, dipanggang matahari bukannya retak ya?
makanya material buwat nambal genteng atau talang genteng harganya agak mahal bila dibanding sekedar semen *cmiiw

ndugu
31-10-2011, 04:40 AM
dempulan itu apa ca? maksudnya tambalannya itu?
emangnya mahal ya? kan cuman kepake dikit aja, dan bisa disimpen, ato dipake buat yang laen2. kalo semen gimana tuh?
tapi kurasa point utamanya sih, ide ini difokuskan ke daerah2 yang underdeveloped dan yang ga kejangkau jaringan listrik kali ya, ato yang rumah/gubuknya ga da pemasangan elektrik yang memadai. kalo daerah yang udah dibangun dan ada fasilitas sambungan listrik yang baik mah ga perlu lah cara ini ::elaugh::

landak: bleach itu cuman untuk supaya botolnya tidak tumbuh lumut / algae deh..

porcupine
31-10-2011, 09:11 AM
gw kira efek campuran air, bleach dan matahari bikin efek kimia sehingga botolnya berpendar :lololol:
ternyata cuma biar ngga lumutan aja ::ngakak2::

terlalu canggih kali ya otak gw ::hihi::

etca
31-10-2011, 09:23 AM
jadi kesimpulannya cuman air putih doank??

btw genteng yang diganti genteng kaca kan bikin terang ruangan di bawahnya juga kan?
*keinget rumah di desa2 biasanya ada 2 biji genteng kaca.

Nowitzki
31-10-2011, 10:00 AM
di rumahqu masih dikasih loh genteng kaca, soalnya mepet pet sama rumah sebelah, jadi dikasih genteng kaca biar terang.

bradon heat
31-10-2011, 10:25 AM
gw mikir, buat beli dempulannya ama buat beli lampu mahalan mana?
kalau cuma semen, dipanggang matahari bukannya retak ya?
makanya material buwat nambal genteng atau talang genteng harganya agak mahal bila dibanding sekedar semen *cmiiw

lah emang listrik masuk ke rumah2 itu ???
begaimana beli lampu kalau gk da listrik ??

ndugu
31-10-2011, 10:34 AM
landak: :lololol: kecanggihan ndak! :lololol: saya waktu pertama liat ini, juga penasaran, emangnya ada apa dengan bleach? sampe ngegoogle untuk ngerti apa fungsi bleach di sini, dan mo tau bakal ada reaksi seperti apa antara bleach dan air dan matahari. ga taunya cuman buat lumut - padahal kan itu reaksi alami banget ya, tapi ga kepikiran :cengir:

etca, nowitzki: ho oh.. bisa juga tuh kalo pasang genteng kaca. apt saya skarang juga ada loh atap semi lebar (skylight) gitu, tapi dari plastik, jadi terang kalo siang2. cuman efeknya panas sih kalo lagi udara panas, efek rumah kaca.

tapi kalo dibandingkan dari segi efisiensi antara genteng kaca dan botol gitu, kupikir lebih efisien botol air itu ya. dengan lebar lobang yang ga seberapa, tapi pancaran cahayanya jauh lebih besar karena efek refraksi (pembiasan? ato pemantulan?) dengan area exposure yang lebih gede dalam botol.

---------- Post added at 10:34 PM ---------- Previous post was at 10:30 PM ----------


lah emang listrik masuk ke rumah2 itu ???
begaimana beli lampu kalau gk da listrik ??
iya, bener. kupikir trik ini memang berguna kalo pas lagi ga ada listrik :cengir:
kemaren2 saya sempat baca, ternyata ide ini muncul dari seseorang di brazil, saat di sana lagi kena masalah mati listrik gede2an / major power outage..

kekurangannya, ya cara ini tergantung dengan matahari. tapi yah, namanya juga cara alternatif, dibandingkan kalo ga ada penerangan sama skali ya ::elaugh::

AsLan
31-10-2011, 11:43 AM
Ribet amat, sebagian atapnya diganti pake lembaran atap plastik kan beres...

porcupine
31-10-2011, 11:44 AM
^ panas lah bro kalo siang siang...pake genting kaca 2 buah aja udah bikin dapur dirumah panas

ndugu
31-10-2011, 11:50 AM
Ribet amat, sebagian atapnya diganti pake lembaran atap plastik kan beres...
kena angin sepoi dikit, terbang donk plastiknya :cengir:

arieaim
31-10-2011, 01:23 PM
wiiihhh.. Bapaknya pinteeerr..
Terharu gt liat video td.. :jempol: